In The Game

Audisi final untuk hiragana Keyakizaka46 akhirnya akan berujung pada satu pekan krusial mulai tanggal 29 April hingga 5 Mei. Bisakah gelar juara EPL jatuh ke tangan Leicester City? Ehm, maksudku, akhirnya kita mendapat kejelasan soal nasib mereka. Dengan 18 kandidat untuk menjadi member H.Keyaki, akhirnya kita akan mendapat under group yang real, bukan hanya Neru seorang. Ada beberapa poin yang cukup menarik untuk dibahas.

Pertama, final stage h.keyaki ini akan menjelaskan bagaimana cara kerja sistem ini. Basically kita menerima bahwa Kanji Keyakizaka46 adalah senbatsu dan Hiragana Keyakizaka46 adalah under. Itulah yang dikatakan manajemen. Bagaimana prakteknya, well, semoga mereka bertahan dengan kata-kata mereka. Seperti logo Keyaki, hijau sebagai representatif senbatsu dan pink (atau ungu?) adalah representatif under. Bukan hal membingungkan seperti yang terjadi pada Team 8 atau Team X & XII.

Kedua, fakta bahwa di 2nd single, dengan adanya H.Keyaki maka akan terjadi lagi dua pihak yang saling bertentangan; mempertahankan 20-nin senbatsu yang sekarang dan menfamiliarkan sistem H.Keyaki atau reformasi mengerucutkan kuota senbatsu dan kepastian adanya member yang akan naik dan turun kelas. Sejujurnya, dua skenario ini beresiko either way. Skenario pertama lebih aman dari segi pengenalan sistem Keyaki, menempatkan senbatsu dan under di posisi yang seharusnya. Negatifnya, Neru sebagai de facto member H.Keyaki juga adalah top-seller HS dengan rate saat ini ditulis, 16/17, dinaikkan satu blok dari sesi sebelumnya. Kembali tidak memasukkan member sepopuler Neru harus diakui riskan untuk kedepannya.

image

Skenario kedua dengan pengetatan kuota senbatsu dan memilih senbatsu berdasarkan HS seperti Nogi, sudah jelas akan terjadi perubahan besar. Katakanlah dengan flow yang sekarang, Neru akan masuk front row bersama Berika, Tecchi, Zuumin, dan Yuuka. Sementara Yuipon dan Kuri akan turun ke 2nd row. Dan jujur saja, member front row di single debut langsung tak lagi di-push di 2nd single? Aku tak berpikir manajemen akan mengambil resiko itu.

Kemungkinan susunan front row jika menggunakan HS sebagai patokan

Ketiga, dengan nama berbeda dan status sebagai under group, kuasumsikan H.Keyaki akan mendapat prioritas sebagai ambassador untuk membawakan lagu Keyakizaka46 di konser maupun tur. Nogi sudah melakukan itu di Under Live National Tour, dan manajemen tampaknya membuat itu sebagai percontohan untuk H.Keyaki. Yah, akan menjadi sangat kejam jika melihat bagaimana timpangnya privelese senbatsu dan under jika begini, namun menjadi street performer rasanya tak jelek-jelek amat apalagi jika melihat meledaknya Keyaki.

Mulai terlintas di kepalaku, mereka akan melakukan ini; di waktu yang sama lima member Fukujin membawakan Silent Majority di Tokyo dan lima di Shizuoka sementara sisanya tercampur antara senbatsu Silent Majority dan member H.Keyaki. Oke, bukan penjelasan yang baik tapi you got what I mean.

18 orang yang masuk final stage, tebakanku mungkin sekitar 10 orang yang akan diterima, sebenarnya, ini agak aneh kalau ada member yang tidak akan diterima. Well, ini cuma 18, bukan puluhan. Menyisihkan satu orang dari 18 terpilih seluruh Jepang saja rasanya sudah sulit bukan? Dan aku tak berpikir LLC akan rela melepaskan mereka di babak seperti ini. Mungkin juga aku yang berpikir berlebihan, tapi ini agak mencurigakan. Apapun itu, tanggal 5 Mei jadi berasa lama sekarang. Dan kemudian, H.Keyaki akan ada di dalam game.

All image used is credited to it’s respective owners.

Advertisements

33 Comments

  1. Pertama soal logo, kyknya yg hijau dan pink itu udah gk dipake, sekrg logo Keyaki hijau yg nimpa ungu…..

    Kedua, ane rasa untuk single, pake asumsi yg pertama, Senbatsu masih keyaki, sedangkan hiragana mungkin nyanyi coupling song, soal Neru, klo LLC bisa “kejam” dengan Himetan yg HSnya bagus, kenapa dengan Neru mereka gk bisa “kejam”… meski ane suka Neru, tp utk saat ini itu yg ane pikirkan…
    Mungkin Keyaki dan Hiragana bakal campur disingle ke-3 untuk single ke-2 masih belum, Mngkin…

    Klo untuk ambassador ane agak kecewa klo itu terjadi, dimata ane status under group lebih tinggi dibanding under member….

    5 Mei jadi terasa lama, lama amat nunggu dana cair… πŸ˜€

    Like

    1. Yang bener? Ane jarang perhatiin logo sih, mendingan mantengin Aka XD

      Well, hime & Neru beda perlakuan. Neru jelas termasuk management darling dan unik dari awal. Hime enggak, dan akui aja, kalo dilihat dari sudut pandang sales, Neru menang.

      Buat ane sih mungkin k.keyaki levelnya nationwide dan h.keyaki skalanya regional, perform buat menjangkau fans daerah.

      Curhat pak? XD

      Like

    2. Iya, ntah kenapa kyknya yg hijo nimpa pink gk dipake lagi, yg sekrg nimpa ungu.. πŸ˜€
      Aka? Yumi bisa meradang baca ini.. πŸ˜€

      Klo amanjemn darling kyknya belum bisa disebut gitu, dia naek gra2 cuakup + nasib dia, ntah klo itu strategi yg udah diset dari manajemen..XD
      Klo dari segi sales emang pasti beda, Neru dikalangan member yg masih debut, Hime dikalangan para monster.. πŸ˜€
      dan klo memasukin Neru ke front-row single kedua, makin complang antara Neru sama member H.keyaki, bukan awal yg bagus buat h,keyaki menurut ane

      Semoga gk gitu, kasihan klo Keyaki punya tujuan nationwide sedangkan h.keyaki cuma utk regional..

      Hahahahahahaha, gitulah, dah pusing liat lembaran2 kertas bon… πŸ˜€

      Like

    3. Aduh banyak typo, ini ane benerin (gk bisa hapus komen ya?)

      Iya, ntah kenapa kyknya yg hijo nimpa pink gk dipake lagi, yg sekrg nimpa ungu. πŸ˜€
      Aka? Yumi bisa meradang baca ini.. πŸ˜€

      Klo manajemen darling kyknya belum bisa disebut gitu, dia naek gra2 cuakep + nasib dia yg unik, ntah klo itu strategi yg udah diset dari manajemen..XD
      Klo dari segi sales emang pasti beda, Neru dikalangan member yg sama2 masih debut, Hime dikalangan para monster..:D
      dan klo memasukin Neru ke front-row single kedua, makin complang antara Neru sama member H.keyaki, bukan awal yg bagus buat H,keyaki menurut ane

      Semoga gk gitu, kasihan klo Keyaki punya tujuan nationwide sedangkan h.keyaki cuma sebatas utk regional..

      Hahahahahahaha, gitulah, dah pusing liat lembaran2 kertas bon…:D

      Like

    4. Baru nyadar kalo gak bisa. Entaran deh ane benerin. Lumayan buat ente latihan biar gak typo mulu hehehe
      Ah, apa salahnya dukung adek sendiri XD

      Untuk sementara, kita liat aja gimana jalannya dua ini, dan mungkin di 2nd single baru kita tahu apa Neru management darling atau enggak.

      Yah itu cuma pemikiran ane. Rasanya emang bakal gitu cara mainnya. Senbatsu dan under, beda kelas. Dari aksara aja, satu kanji yang level tinggi sama hiragana yang gampang.

      Makanya punya bini jangan banyak2 XD

      Like

    5. Typo ane dah akut πŸ˜€

      Kyknya kemarin yg dikalim sebagai adek cuma Bebitan sama Ashurin, gk ada Aka dalam daftar Nama yg agan ajukan saat klaim πŸ˜€

      Klo ane sih ok2 aja klo dia jadi maanjemen darling, asal harus sama berika sama si bidadari terompet πŸ˜€

      Hhh, repot banget dah ngidol, belum setahundebut dah bikin ribet aja ini Keyaki πŸ˜€

      Yah mau gimana lagi, panggilan hati….hahahahahaha

      Like

  2. Nggak bisa bilang kalau H.Key Under, karena audisinya ga bareng, jadi lebih ke gen 2. Jadi, kemungkinan ke senbatsu mungkin masih lama, kecuali Neru mungkin. Atau, Manajemennya pingin buat 2 grup yang beda dengan label Keyakizaka, dan masing masing ada senbatsunya sendiri? Mungkin aja, bukan? Tapi ada satu pertanyaan yang ga nyambung dengan topik, yang pengen ane tanyakan pada gan+sis sekalian. Kalo misalnya Harada Mayu ga keluar, apa mungkin Neru masuk?

    Like

    1. Well, karena manajemen bilang mereka under, ya ane masih percaya untuk sekarang ini. Kanji senbatsu dan hiragana under.

      Neru masuk pasti, cuma mungkin enggak secepat sekarang. Mungkin baru dikenalkan setelah Silent Majority rilis, atau bareng sama h.keyaki lain.

      Like

    2. Kyk jawaban sang empunya kos, berhubung manajemen yg bilang under groupjadi sebagai fans ngikut πŸ˜€

      Kyknya tetep masuk si Neru, Harada gk “serem2” amat

      Like

    3. timelinenya pas harada mayu bocor sama neru audisi ulang kayaknya barengan deh.
      lagian ane mah alhamdulillah dia keluar. dekil banget beneran kaga ada cakep2nya wkwk.
      jahat sih tapi idol grup kek gini kalo ada yang dekil mampus ganggu banget, apalagi yang lainnya seenggaknya masih enak diliat untuk batas tertentu, aoi senyumnya manis, nijika mirip nakano ikumi tim 8, fuyuka juga keliatannya playful dan masih enak diliat lah…. dan ane yakin bakat nyanyinya gak ada. maap ngerant di blog orang wkwk.

      Like

    4. ^ Nusuk wak, itukan belum kena ketok magic gan πŸ˜€
      Ya mungkin beda kli klo dibandingn sama Suzuki Mizuho…

      Like

    5. @Ridwan
      wut, Harada Mayu dibilang dekil lol
      yah, visual dia ga selevel Berika, tapi ga sedisaster itu atuh gan… Namanya baru direkrut dan belum kena permak. Sumvah, sadis tapi mau ga mau ngakak juga ane khehehe

      Big Loss di era pra debut justru menurut ane Suzuki Mizuho. Ya ampun itu anak imut banget… pengen ane uyel-uyel. Dan bisa jd stok member U-16 Keya. Eh belum apa-apa udah cabut duluan. Dan kasusnya mirip sama Yoshimoto Ayaka; grad sblm debut, masih 14, dan punya visual yang menjanjikan.

      Tapi sejujurnya ane masih berharap ada kejutan. Si Suzuki balik atas nama H. Keyaki

      Like

    6. Sayang mizuho sih emang. W.watanabe, yuichanzou, banyak nana-, sayang gak bakal ada 2mizuho. Yah kalo ane sih harada mayu emang gak ngerasa kehilangan banget sih, berat di mizuho. Kalo dia balik di h.keyaki oke juga. Tapi ceritanya kaya siapa itu di 48g, ada kan? Lupa ane siapa.

      Like

    7. Kikuchi Ayaka gen 3 Akb sama Jo Eriko dr NMB tp ga tau dr gen berapa.

      ya, kehilangan Suzuki emang sangat ane sayangkan. Padahal kalau stay dan ga terlalu di-push di awal dia punya kans buat jd Ashurin-nya Keyaki. Kehadiran dia akan menambah jumlah member muda. Karena Keyaki ini kan punya ratio usia member yang lebih tinggi dibanding Nogi dulu. Nogi dulu punya banyak stok member u-15. Sedangkan Keyaki sekarang mau nyebut U-15 ga tega saking minimnya.

      Like

    8. Jo eriko galau, Acchan grad dia ikutan grad eh balik lagi ke NMB πŸ˜€

      Iya, pas ada berita si S.miuho grad langsung tak cari yg man sih si s.mizuho, pas lait fotonya, “allahmak, kok barang bagus dah gugur duluan sih” πŸ˜€

      Like

    9. Bukan jodoh gimana, wong udah lolos audisi tp malah keluar, mungkin yg tepat, belum takdirnya di Keyaki πŸ˜€

      Like

    10. @ARidwan
      Jangan gitu gan, dia belum kenal permak aja, jadi wajahnya nggak terlalu menarik. Kalo udah dimakeup dikit, pasti berubah. Liat aja Wada Maaya, pertama masuk Nogi, dia kayak alien, tapi sekarang jadi adik manis yang pengen ane gucel-gucel. Lalu, Naachan, Yangki pada awalnya, manis banget sekarangnya. Nanamin, awalnya kayak sekarat gitu, sekarang mungkin jadi cewek paling hot, setelah Yumi milik ane seorang. Kalo di Keya, ane baru nyadar sama si Oda. Awalnya nggak banget, setelah kenal makeup, rambut berubah dan lebih PD, manis jadinya. Kalo Neru, berdasarkan tampilan, dia layak masuk. Tapi, seperti gan Mac bilang, dia mungkin hadir pas H.Keya. Dan, ini teori nggak bener, mungkin aja Mngmt percaya sama angka kembar atau 3 sebagai angka keberuntungan. Di awal, Keya punya 22 member, Mizuho keluar jadi 21 (2+1=3) jadi masih aman, terus Mayu keluar, jadi 20, nggak 3 lagi. Akhirnya masuklah Neru untuk melengkapi jadi 3. Sama kayak Nogi yang awal membernya 33? Sori lupa ane….

      Like

    11. Ane coba meringkas istilah2 buat member 46:
      – dekil
      – alien
      – yangki
      – sekarat
      Segitunyakah? πŸ˜€

      Like

  3. btw, gan Mac izin ya. Kosan ente ane cantumin di 46 blogroll di blog ane, jadi biar pun kite orang sekarang harus loncat-loncat blog kesana kemari (gegera kosan Pak Conan kena gusur Pemda), kite bisa lompat dengan terarah

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s