Fino Alla Fine

Un giorno perfetto! Campioni d’Italia! Fino alla fine, dalam bahasa Italia berarti sampai akhir. Kalimat ini populer di twitter sebagai jargon dari sebuah klub sepakbola. Hashtag #FinoAllaFine menjadi TT tiap kali klub itu bertanding. Oh ya, klub yang aku dengan bangga menepuk dada sebagai fansnya. Dan bukan sekedar glory hunter fans, sudah jadi fans mereka sejak aku hanya mengerti tiap kali ada gol tercipta aku harus ikut bersorak. Yes it was a long time ago.

Juventus-Logo.jpg

Dan hari ini, untuk kelima kalinya dalam lima musim terakhir, memastikan meraih kembali scudetto, menyamai rekor klub 80 tahun lalu dan klub rival, tantangan sebenarnya adalah musim depan. Belum pernah ada klub Italia yang berhasil scudetto 6 kali berturut-turut, dan jika berhasil melakukannya, sejarah baru akan tercipta. Dan disinilah kita kembali ke ngidol. Antara kakak dan adik, antara kakak yang cuma bertahan seminggu melawan adik yang bertahan lebih dari sebulan di playlist.

Dimulai dari grup kakak. Single keempatbelas Nogi, Harujion ga Saku Koro secara musikalitas tidaklah terlalu kena untukku pribadi. Mungkin malah bisa kukatakan spring single paling monoton secara keseluruhan. Untuk single utamanya, I don’t know, setelah Kidzuitara Kataomoi dan Inochi wa Utsukushii ada yang kurang dari Harujion. Memang masih menunjukkan progress yang meningkat hanya saja kurang di segi punch.

image

Coupling juga meh. Setelah mendengarkan semua lagu berulang kali, lagi…dan lagi…dan lagi harus kukatakan not works for me. Under song yang biasanya kusukai juga kali ini hit and miss. Untuk Nogi di single kali ini, harus kukatakan aku jauh lebih tertarik pada si adik. Tapi aku juga tak semata melupakan mereka, hanya saja perhatianku secara umum lebih terfokus pada Keyaki. Nogi masih menaiki tangga dan bagiku Harujion adalah saat untuk beristirahat sejenak. FYI, perjalanan Juve di awal musim ini juga tak lepas dari kata pesimis. Tapi aku dan semua Juventini selalu percaya pada kata-kata itu. So I’ll do the same untuk Nogi.

Single berikutnya adalah summer single, sesuatu yang selalu kutunggu untuk memecahkan kutukan ‘tak adanya summer single Nogi yang oke’. Aku masih belum menyerah untuk berharap, #FinoAllaFine

Sekarang adiknya yang cukup bertolak belakang, kesuksesan luar biasa Keyakizaka46 lewat single debutnya Silent Majority kurang lebih sama dengan achievement klub kesayanganku, meraih sesuatu yang dirasakan mustahil. Nah, tantangan berikutnya, mampukah sophomore single Keyaki mengulang sukses Silent Majority dan membawa progress mereka semakin menanjak, atau hanya akan sekedar “bolehlah”, atau malah flop? *amit-amit dah.

12916987_10153958827510605_3983646740956762029_o

Single kedua selalu penting, antara menunjukkan arah musik grup, melampaui penjualan single debut, dan memenuhi tuntutan fans yang semakin kritis. Nah setelah merebut gelar sebagai idol group dengan angka penjualan single debut tertinggi sepanjang masa, situasi Keyaki udah seperti ditakdirkan berjalan diatas tali seumur hidup. Atau seperti gambar diatas, berjalan di atas air yang tak pernah tenang.

Masih ada yang ingat dengan Nightmare Nogi dengan sophomore single mereka? Mereka masih agak termaafkan karena Guru guru Curtain tak sefenomenal Silent Majority, tapi bayangkan single kedua Keyaki setipe Oide, Shampoo dari segi penerimaan dan persepsi publik? Cazzo. Biarkan mimpi buruk tetap menjadi mimpi buruk dan tak jadi kenyataan.

Kemungkinan single kedua Keyaki akan rilis bulan Juli-Agustus, menjadi summer single. Dan selain karena ini akan menjadi sophomore single Keyaki, ada satu hal lagi yang membuat ekspektasiku akan single ini naik. Selama ini summer single Nogi tak pernah membuatku puas. Oide, Shampoo, Girl’s Rule, Natsu no Free & Easy, dan Taiyou Knock, masih sangat jauh dari penerimaan kuping dibanding spring single atau fall single mereka.

Karena jujur saja meskipun masih ada banyak asa tersimpan untuk 15th, tentu aku lebih tertarik pada sophomore single Keyaki. Jika mengacu pada Silent Majority, lagu tipe cool macam apa yang akan dihadirkan? Karena masih ada faktor cukup annoying, elektabilitas summer single akan berkurang tanpa adanya bikini di MV. Dan jujur saja, even as a male dan sebagai penikmat musik, it sucks. Nogi masih mampu merilis single yang, well, cukup bagus bertahan dengan pride dan ciri khas mereka, namun itu juga membuat summer single mereka cukup jelek di pasar.

Dan jangan judge karena Taiyou Knock di-center-i Ikoma aku bilang summer single Nogi jelek. Mari bicara secara general, aku sendiri tak suka dengan semua lagu diatas karena tune yang membosankan dan kurang menarik. Kembali ke Keyaki, dengan prediksi single kedua mereka adalah summer single, akan menarik untuk melihat lagu macam apa yang akan Keyakizaka46 bawakan.

Apakah akan kembali bernuansa militer seperti Silent Majority? Not so cutesy jelas pilihan banyak fans. Semoga enggak terlalu jauh melenceng dari jalur Silent Majority. Secara pribadi sih aku berharap mereka mengubah formasi menjadi ala band seperti Nogidan (dan apa itu namanya, waktu AKB di GM5?) mungkin akan menarik jika ini terjadi karena bertepatan dengan rock fest musim panas.

Bagaimana kedepannya, kelanjutan cerita Nogizaka46 dan Keyakizaka46 adalah sesuatu yang layak ditunggu. Untuk saat ini, aku hanya akan mengatakan percaya saja #FinoAllaFine dan kisah mereka masih Solo l’inizio. Dan sekali lagi, #Hi5tory, #FinoAllaFine, #campioni, Forza Juve!

 

All image used is credited to it’s respective owners

Advertisements

16 Comments

  1. Belum ada unek2 untuk postingan ini, jadi sekedar bantu jawab, GM5 AKB dibawain band yang dikasih nama ‘Baby Blossom’

    Untuk single summer, not free&easy mash masuk di list HP ane beserta couplingnya, mukuchi na lion…

    Like

    1. Itu ane komennya siang, harus menghadapi pahitnya kehidupan nyata, sekrng ane komen malam, dikala cobaan kembali menimpa, jadi mumet kpla mau keluarin unek2 πŸ˜€

      Like

  2. Mungkin yang buat single summer nggak menarik adalah temanya. Summer identik dengan libur telah tiba, libur telah tiba, hore…hore…jadi, lagu Nogi harus ceria menyambut itu dan sialnya, tercampur bumbu 48 yg lagunya kekawai-kawaian. Itu juga alasan mengapa ane juga idem. Tapi, yang aneh, meskipun lagunya ga suka, ane suka intro tiap single summer. Enak, enak gimana gitu. Dan, kalo coupling song, emang banyak yang nyangkut, mukuchi, house dan lainnya, lebih manteb di kuping.
    Dan, kalo soal 15 dan 2 ini yang paling menarik. Dua single yang jadi pembuktian rivalitas dan kualitas keduanya. Keya yg paling menarik menurut ane, karena image ceria summer apa masuk dalam konsep cool mereka. Nogi yg agak mengkhawatirin, setelah 14 dapet push lebih dari gradnya MaiMai.

    Like

    1. Semoga aja kutukan summer single nogi berakhir di 15th. Keyaki paling ditunggu, antara dibawah bayang2 SiMa dan image macam apa yang bakal dibawain di sophomore. Kalo ane sih, ngarepnya 2nd single keyaki punya tune kaya Summer Song-nya YUI.

      Like

    2. not free&easy menurut ane lumayan ceria dari segi lagu… ntah karena emang lagu atau nanase yg agak kurang cocok utk jadi center lagu2 ceria atau terlalu tingginya rasa single ke-8 jadi pas single ke-9 kurang, ntahlah…

      Like

    3. Kalo liat dari awal debut single Nogi, mungkin, 15 akan jadi keberuntungan. Maksudnya gini nih
      – single 1-3, Nogi masih mencari jati diri. Ada nuansa 48 yg kental didalamnya, meski berbeda
      – single 4 Nogi mulai berani beda dengan single utama pakai aliran electric dance + akustik gitar spanyol atau apalah itu namanya. Pokoknya beda dan buat ane suka sama Nogi.
      – single 5 ini jati diri Nogi sesungguhnya. Elegan + meaningful
      – single 6 mencoba gabungan nuansa single 5 dan ceria di 1-3, yg jadinya dibilang terlalu AKB
      – single 7 mencoba aliran beda, kayak klasik-klasik retro gimana gitu
      – single 8 kembali ke jati diri Nogi dan berhasil sukses
      – single 9 hampir sama dengan 6 tapi dengan nuansa band yang lebih kental. Konsep elegan agak dikurangi.
      – single 10 full elegan dan pakai formula single 5, dan menurut ane mantab banget
      – single 11 beda dan baru. Konsep elegan+nuansa single 4 terasa banget
      – single 12 kembali ke formula single 6
      – single 13 kembali ke formula single 8, dan sukses.
      – single 14 dapat ane katain baru. Aliran dance dan klasik dipadukan, meski nggak terlalu nyangkut, tapi ane masih berpikir berhasil dari sisi penjualan karena MaiMai.
      Kalo liat alurnya dan mngmt pakai formula yang sama, untuk single kelipatan 5, ane pikir bisa manteb nih single ke15. Yang jadi pertanyaan, center dan senbatsunya itu yang harus cocok.
      Yang menarik, kalo liat Ikoma dipasang 5 center awal, mungkin jadi guinea pig-nya mngmt buat cari konsep yang pas. Jadi, ga bisa juga kan, nyalahin mngmt he…he…
      Dn, untuk Keya, kayaknya dari awal mereka sudah nemu konsep yang pas, yaitu cool. Kedengeran dari SiMa, Shibuyagawa dan lainnya, yang kental nuansa band-nya. Mungkin aja, Band = cool. Sori kepanjangan…

      Like

    4. Iya juga tiap kelipatan 5 single yang keluar oke. Kimikibou spring single, nandome fall single, semoga aja kali ini giliran summer single. Ane percaya gak percaya sih sama yang beginian, kalo kata TV, cocokologi XD

      Like

    5. Dan single 5 n 10 tidak lepas dari yg namanya Ikuchan, jadi mungkin single 15 Ikucah dapat peran penting πŸ™‚

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s