A Midsummer Night’s Dream

Bulan Mei, masa terakhir musim semi dan awal musim panas. Selain kelanjutan cerita kakak yang cenderung ‘santai’ dan adik yang ‘lapar’, member-member generasi baru, ada juga satu hal yang menjadi fokus, ciri khas Nogi yang tahun lalu terabaikan; Principal.

Sangat disayangkan tahun lalu Principal tidak diadakan, meski Joshiraku cukup mengobati, tapi kok rasanya ada yang kurang tanpa Principal. Kalau aku sih, jika memang Nogi tak akan mengadakan Principal lagi tahun ini, kenapa tidak ‘mewariskannya’ pada Keyaki yang -rasanya kita semua begini- ingin kita kenal lebih jauh, Keyakake kurang memenuhi semua yang diharapkan fandom. Dan lagi, stage play Joshiraku 2 sudah dikonfirmasi akan diadakan pada pertengahan bulan ini.

Jika memang Keyaki akan mengambil alih Principal tahun ini, aku punya skenario yang ingin kulihat mereka memainkannya; A Midsummer Night’s Dream karangan Shakespeare. Kenapa? Karena berbeda dengan kisah Shakespeare lain yang kebanyakan tragedi, cerita ini adalah komedi. Aku ingin lihat member yang masih kaku dan seolah tenggelam dibawah supermasi seorang Hirate akan merusak cangkang mereka. Dan mengutip Yoshio Konno, Nogi memiliki french-style dan Keyaki british-style. Dan Shakespeare berasal dari Inggris, maka A Midsummer Night’s Dream lebih cocok dibandingkan A Little Prince.

Cast:

Athens
Theseus, raja Athena : Sugai Yuuka
Hippolyta, ratu Amazon, calon istri Theseus dan ratu Athena : Suzumoto Miyu
Egeus, ayah dari Hermia : Kobayashi Yui
Lysander, kekasih Hermia : Moriya Akane
Demetrius, yang mencintai Hermia : Watanabe Risa
Hermia, putri Egeus : Nagahama Neru
Helena, teman Hermia : Shida Manaka

Villagers
Quince : Koike Minami
Snug : Yonetani Nanami
Bottom : Imaizumi Yui
Flute : Hirate Yurina
Snout : Harada Aoi
Starveling : Oda Nana

Fairy Folks
Oberon, raja peri :Habu Mizuho
Titania, ratu peri : Watanabe Rika
Puck, pengawal Oberon, juga dikenal sebagai Robin Goodfellow : Ozeki Rika

Plot

Raja Athena, Theseus mempersiapkan pernikahannya dengan Hippolyta ratu Amazon. Egeus seseorang yang terpandang datang menemui Theseus bersama putrinya, Hermia. Egeus menginginkan Hermia menikah dengan Demetrius namun Hermia menolak karena dia mencintai Lysander. Egeus mengingatkan Hermia akan hukum Athena kuno bahwa seorang gadis hanya boleh menikah dengan pilihan ayahnya atau mati. Theseus memberi batas waktu sampai pernikahannya untuk mendengar keputusan Hermia, juga memperingatkan Hermia tentang hukum itu.

Dasar keras kepala, Hermia memutuskan kabur bersama Lysander ke rumah bibi Lysander. Disana mereka menceritakan kisahnya pada Helena. Helena yang pernah dan masih mencintai Demetrius membocorkan rencana mereka padanya. Di waktu yang direncanakan Helena dan Demetrius membuntuti Hermia dan Lysander.

Di hutan setelah merasa aman, Hermia dan Lysander beristirahat sementara Helena dan Demetrius mencari mereka. Demetrius merasa terganggu diikuti Helena, dan Oberon sang raja peri melihat itu.

Oberon dan Titania sebagai penguasa peri tinggal di hutan luar Athena dan hutan dimana Hermia, Lysander, Demetrius, dan Helena kebetulan berada. Pasangan penguasa peri ini berada dalam konflik karena Titania menolak keinginan Oberon menjadikan seorang pangeran India yang diserahkan pada Titania untuk menjadi ksatria. Kesal, Oberon memerintahkan Puck untuk mendapatkan bunga ajaib yang bisa membuat orang tidur yang matanya dioleskan bunga itu akan jatuh cinta pada makhluk pertama yang dilihatnya saat membuka mata.

Setelah mendapatkannya Oberon juga memerintahkan Puck untuk mengoles mata Demetrius agar dia jatuh cinta pada Helena, yang oleh Oberon dilihatnya tidak sopan pada Helena. Namun Puck salah mengolesi mata Lysander, membuatnya jatuh cinta pada Helena, makhluk pertama yang dilihatnya saat membuka mata. Oberon sekali lagi memerintahkan Puck untuk mencari Demetrius dan voila, kini baik Lysander dan Demetrius jatuh cinta pada Helena.

Hermia yang ditinggal sendiri terbangun dan mencari Lysander, yang sekarang ada dibawah pengaruh sihir untuk jatuh cinta pada Helena. Helena yang curiga karena tiba-tiba dirayu dua laki-laki mengira itu semua adalah usaha mereka bertiga untuk memperoloknya.

Di Athena, sekelompok orang berencana untuk memainkan sandiwara Pyramus and Thisbe untuk pernikahan Theseus dan mereka berlatih di hutan dekat Titania berada. Puck berbuat usil dengan mengutuk Bottom menjadi berkepala keledai. Sialnya, setelah matanya diolesi bunga ajaib itu, makhluk pertama yang Titania lihat saat membuka mata adalah Bottom yang berkepala keledai, bukan Oberon. Hanya saja Oberon mendapat apa yang diinginkannya yaitu pangeran India itu dan dia membebaskan Titania dari sihir itu, dan sekaligus menghapus efeknya dari Lysander dan Demetrius. Sementara Puck melepaskan kutukan kepala keledainya dari Bottom.

Setelah sihirnya hilang, ternyata Demetrius jatuh cinta betulan pada Helena. Theseus dan Hippolyta membawa kembali pasangan Lysander-Hermia dan Demetrius-Helena ke Athena, Theseus memerintahkan Egeus untuk menikahkan Hermia dengan Lysander. Keempat orang yang terlibat dalam kekacauan, ditambah Bottom sepakat menganggap semua yang terjadi semalam hanyalah mimpi. Kemudian di Athena, terjadilah tiga pernikahan. Di akhir cerita, Oberon, Titania, dan Puck beserta seluruh fairy folks memberi berkat pada ketiga pasangan itu dengan keberuntungan.

Saat curtain call dan semua tokoh menghilang, Puck memberitahu penonton bahwa semua kisah yang terjadi hanyalah ada dalam mimpi. A Midsummer Night’s Dream. Tamat.

Sekilas memang sulit dipahami dimana komedinya. Aku sendiri menganggap cerita ini adalah satir bahwa tak ada cara instan untuk mendapat yang kau mau, jikalau pun ada, biasanya tak akan berjalan mulus. Dan cerita ini sebenarnya jauh lebih menarik kalau melihat langsung. Kekacauan cinta segi-empat karena ulah Puck, Titania yang mengejar Bottom berkepala keledai, dan kubayangkan, jika member Keyaki akan improvisasi disini.

Keyakizaka46+Rika+Watanabe+Gemstone+on+BLT+Magazine+006

Salah satu adegan favoritku adalah saat Titania bangun dan melihat Bottom. Pernah membayangkan Berika yang ponkotsu kebangetan tiba-tiba jadi hiperaktif pada manusia berkepala keledai? That’d be hilarious.

Well, sebenarnya aku merasa sangat sayang jika Principal tinggal sejarah. Bagaimanapun itu salah satu ciri khas yang harus dipertahankan. Kurasa tak ada salahnya jika diwariskan ke Keyaki, jika Nogi memang tak akan melakukannya lagi. Bagaimana dengan kalian?

 

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

9 Comments

  1. Belum pernah nonton Principal (Ada videonya gk sih?), kalo Joshiraku 1 udah nonton, dan sukses bikin ngakak,walau antara Team Ra, Ku, dan Go sama2 memiliki inti cerita yang sama tp setiap team ada inprovisasi lawaknya masing2 dari member…

    Principal sama Joshiraku kyknya sama aja, member harus lewat audisi klo gk salah, tp gk tau sama Joshiraku 2, tiba2 langsung diumumin membernya…
    Mungkin Joshiraku diangkat krena lebih ke-Jepangan,.

    Mewariskan Principal ke Keyaki? gk setuju2 amat tp klo terjadi gk masalah juga…
    Pengennya klo ia pun Keyaki punya drama panggungnya sendiri….

    Like

  2. Belum pernah nonton Principal (Ada videonya gk sih?), kalo Joshiraku 1 udah nonton, dan sukses bikin ngakak,walau antara Team Ra, Ku, dan Go sama2 memiliki inti cerita yang sama tp setiap team ada inprovisasi lawaknya masing2 dari member…

    Principal sama Joshiraku kyknya sama aja, member harus lewat audisi klo gk salah, tp gk tau sama Joshiraku 2, tiba2 langsung diumumin membernya…
    Mungkin Joshiraku diangkat krena lebih ke-Jepangan,.

    Mewariskan Principal ke Keyaki? gk setuju2 amat tp klo terjadi gk masalah juga…
    Pengennya klo ia pun Keyaki punya drama panggungnya sendiri….

    Like

    1. Ada, dulu ane pernah liat yang deux kalo gak salah, lupa tapi dapet link darimana.

      Iya tahu prinsipnya principal itu audisi, ini cuma bayangan cast yang cocok sama karakternya menurut ane.

      Soal warisan, yah sayang aja kalo principal pensiun. Maksudnya cerita drama keyaki sendiri gitu? Original story?

      Like

    2. Oh ada ya…

      enggk maksud ane kan principal sama joshiraku sama2 pake audisi, jadi maksud ane selama ada pengganti principal yakni joshiraku ya gk apa2, asal jgn gk ada drama panggung sama sekali..

      bukan original stoyry,. maksud ane event stage keyaki sendiri, klo yg agan bahas kan principal diwariskan ke keyaki,

      Like

    3. Hmm, yah selama intinya sama, stage play dan semua member dapet kesempatan yang sama ane sih jalan. Biarpun principal ato joshiraku, kalo keyaki sih emang dapet yang baru lebih oke. Tapi kayanya bakal sama aja deh.

      Like

  3. Argh!!! Sekali lagi pusing dengan nama2 yg ga familiar di blog ini. Ane cuma tahu nama Yunani, Athena dari Saint Seiya, dan Hocrux dari si Hari. Tapi ane setuju dengan agan sekalian. Pertunjukan seperti ini yg bikin beda dan menyenangkannya 46. Plus, ini bekal buat mereka pas lulus ntar, jadi ga perlu khawatir, khususnya buat Yumi milikku seorang, yg pengen jadi aktris. Kalo ane ga setuju waris mewarisi. Sekalian bikin aja event pertunjukan baru buat Keya. Misal, fans ngirim karakter peran yg dimainin dan siapa yg mainin, dan dari karakter yg terpilih, di bikin cerita baru. Lalu dibuat pertunjukkan, lah ini sama aja dong dengan Principal, ya?

    Like

    1. Anggap aja ngidol dari sudut pandang sains dan sejarah gan hahahaha
      Ini kebetulan ane baru baca lagi ini cerita dan berita joshiraku 2 keluar, keterusan deh XD

      Yah sebenarnya dari konsep sih pasti gak jauh beda dari principal, paling cuma utak-atik dikit. Mungkin kalo keyaki dapet yang baru khusus mereka, ane sih pinginnya ada ciri khas sendiri.

      Like

  4. ane dari dulu kaga suka sama principal, soalnya jahat nasibnya kudu ditentuin sama penonton yang dimana mereka sangat bias. lebih suka joshiraku karena yang audisi orang-orang balik layar yang biarpun bias juga tapi kita gak perlu ngeliat membernya nangis karena ngerasa gak ada yang dukung kalo gak kepilih. apalagi pas jaman principal pertama itu kesian banget, gak tega ngeliatnya.
    kalo ada drama baru lebih suka audisinya internal, biarpun ada bias sana sini, tapi seenggaknya gak perlu liat membernya yang gak kepilih nangis+stres gak perlu.
    kalo penilaiannya bener2 dari kualitas acting+vocal buat nyanyi dari orang kayak amon (atau punya selera mirip amon) malah lebih mantep

    Like

    1. Sulitnya kalo stage play begini semua pasti dikasih kesempatan yang sama. Bagus sih, kita bisa tahu mana yang bagus, mana yang biasa, mana yang jangan akting deh. Kalo soal dipilih gak dipilih sih, this is a competition. Memang ane juga mendingan dipilih staff, tapi tetep dirolling untuk semua.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s