Supernova of The Double Suns

Kelanjutan dari Planetarium 46, kali ini tentang dua member on top Nogi. Energi yang setara dengan milyaran matahari yang lepas saat sebuah bintang dengan klasifikasi khusus meledak disebut supernova. Jika disamakan dengan member Fukujin yang grad, maka kita sudah (dan akan selalu) mendapatkannya. Supernova pertama yang tercatat dalam sejarah adalah SN 185, yang terlihat jelas dari bumi pada tahun 185 Masehi oleh astrolog China. Inilah supernova pertama yang manusia tulis dan bagi Nogi, ini adalah peristiwa grad-nya Fukujin pertama dan our holy mother Maimai.

image
Selamat Tinggal

Kali ini aku mencoba untuk memikirkan tentang apa yang akan terjadi jika dua matahari kembar akan tenggelam, entah satu yang mana yang lebih dulu. Kita andaikan matahari kembar Nogi adalah mereka yang berada di puncak hirarki Nogi, Maiyan dan Naachan. Kenapa? Karena itu fakta. Jika harus mengatakan siapa yang lebih kita suka dari keduanya, akan muncul beribu alasan untuk salah satunya. Namun apa perlu sekeraskepala itu untuk menolak presensi keduanya di Nogi?

Tapi semua awal memiliki akhir. Sama seperti siklus hidup sebuah bintang, hanya mereka yang besar yang akan menjadi supernova di akhir. Ada dua bintang berklasifikasi mirip yang akan berakhir dalam waktu dekat; Betelgeuse dan Antares. Dua bintang kelas red hypergiant ini berpredikat bintang paling terang kesembilan dan kelimabelas dari bumi. Meski banyak kemiripan diantaranya, kedua bintang ini berasal dari konstelasi berbeda. Betelgeuse berada di konstelasi Orion sementara Antares di jantung konstelasi Scorpius.

5-Betelgeuse

Pertama Betelgeuse, yang lebih terang dari keduanya, adalah Maiyan. Masih perlu penjelasan? Dia sejak awal adalah queen of 46. Sama seperti Betelgeuse yang terang dan besar terlihat dari bumi, Maiyan tetap bersinar terang selama ini, jika bisa kukatakan satu-satunya yang tak meredup dari awal Nogi ada. Bandingkan dengan Ikoma, Nanamin, Sayurin, Kanarin, bahkan Ikuchan yang stagnan popularitasnya. Khusus Ikuchan, absennya di 9th single tentu berdampak. Dan untuk melihat siapa saja original senbatsu Nogi, check this out.

Menurut perhitungan, Betelgeuse bisa meledak bahkan detik ini juga, namun manusia baru akan melihatnya 640 tahun dari sekarang karena Betelgeuse berjarak 640 tahun cahaya dari bumi. Maiyan, ada yang berani bertaruh dia masih akan ada di Nogi dalam dua tahun, tidak, bahkan satu tahun kedepan? Dia tidak akan memiliki waktu selama itu. Mungkin tahun depan adalah tahun terakhirnya, dan summer single 2017 adalah single terakhir Maiyan, juga sebagai penanda center Girl’s Rule. Dan perjalanan Maiyan akan selalu tampak sulit untuk diulang, bahkan sampai bertahun kemudian. Sama seperti sindrom tetangga. Ehm.

Berbeda dengan Betelgeuse yang lebih terang (dan dalam pop culture mungkin juga lebih terkenal), Antares di jantung konstelasi Scorpius cenderung sebagai bintang yang tak menonjol. Sama kelasnya, namun tak begitu menonjol. Nah, hanya dengan deskripsi ini sudah jelas kenapa Naachan yang cocok. Di post sebelumnyaΒ  aku mengatakan Naachan adalah push besar unknown member pertama Nogi, kali ini aku hanya akan sedikit menambahkan.

Sama seperti Maiyan, aku tak bisa melihat Naachan akan bertahan lebih lama dari dua tahun lagi. Kita bisa menerima fakta jika dia adalah fandom + management darling, namun semua yang diberikan padanya membuatnya terasa berlebihan dimata fandom. Untukku sendiri meski aku tak akan mengatakan “I hate her” lebih pada “Come on, this is enough”

Selain itu aku punya teori bahwa manajemen akan memberikan 7 solo single lebih dulu padanya sebelum dia akan mengumumkan grad. Kenapa tujuh? Well…

七瀬

Dua member ini akan menjadi supernova di 46 Universe. Saat sebuah bintang telah selesai menjadi supernova, mereka akan meninggalkan lubang hitam atau blackhole. Untuk kasus Betelgeuse dan Antares, maka menjadi supermassive black hole, sama seperti Maiyan dan Naachan saat mereka pergi. Kekosongan yang ditinggalkan Matahari Kembar Nogi akan terlalu masif untuk bisa ditambal begitu saja. Ini juga salah satu alasanku pro pada Gen 3. Sama seperti observasi astronomi, sebanyak mungkin observasi member dilakukan, kemungkinan menemukan “sesuatu yang lebih besar” akan semakin banyak.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

66 Comments

  1. “Sama seperti sindrom tetangga. Ehm.” <- sapa? πŸ™‚

    Nanamin gk masukkah calon member yg bkal grad? ah iya bicara soal matahari kembar ya…

    Untuk penerus Maiyan, mungkin bisa berharap banyak dari Asuka, sama2 cantik, model…
    Nanase? belum ada nama member yg terbayang….

    Like

    1. Ada lah, pokoknya. Yang gak bisa move on dari OG itu *eh

      Kalo nanamin, well, justru ane liatnya Ashurin yang bakal jadi penerusnya. Populer sebagai front row, tapi ya udah itu aja. Nothing so special.

      Soal penerus naachan, untuk karakternya mungkin gak bakal ada lagi. Beneran supermassive black hole kalo dia, kecuali ada gen 3 yang mirip sama naachan nantinya.

      Like

    2. Ya udahlah klo gk mau kasih tau, biarlah rasa penasaran ini ane rasakan seorang diri…..hahahahaha

      penerus naacahn adanya di Keyaki, berisa, setidaknya dimata ane sejauh ini πŸ˜€

      Like

    3. Oh ganti gya gra2 request fans eh tp banyak yg komplain juga πŸ˜€
      Sebenaarnya pas di foto hustle press juga pake gaya rambut berbeda

      Like

    4. Yah klo itu tuntutan dari penata rias hustle mau gimana, dia yg masih lugu dengan dunia model ya ikut2 aja..XD

      Like

    5. Kalo ane dukung banget dia berubah, atau, setidaknya, khusus buat pemotretan aja, pas ngidol, dia kembali ke poni rata. Anak ini auranya, hampir mirip dengan Yagami Kumi, bisa buat ane khilaf, kalo ane pandang terlalu lama di monitor.

      Like

    6. Saran buat agan Tpppu, jgn pernah pake kata2 “khilaf”, itu senjata paing ampuh buat nyerang balik πŸ˜€

      Like

  2. Kalo liat dari sisi idol sempurna, ane milih Maiyan. Dia perfect dalam segala hal. Wajah sempurna, ane suka bentuk hidungnya, cantik, seksi, suara lumayanlah dan dia agak koplak juga. Dan yg penting, dia bisa masak, cocok untuk dijadiin istri. Kalo dia grad, mungkin baru 10 tahun lagi akan ada pengganti yg sepadan. Setuju dengan pas dia lulus, pasti ada lubang besar di Nogi.
    Kalo Naachan, ane liat dia sebagai cewek biasa, tapi dengan aura yg luar biasa, yg mungkin buat mngmt ngepush habis-habisan dia, dan berhasil jadi salah satu matahari Nogi. Ini dia yg bikin dia unik. Dan tidak akan bisa ada yg gantiin, tapi, pasti ada yg bisa ngelebihin dia. Kalo soal single dia, ane setuju, ya gitu gitu aja. Pengennya dia dapet single tempo cepat aliran punk, kaya Korogatta, atau sekalian single rap. Dia punya sisi liar yg ga terlalu terekspos, tertutupi sama karakter kalem dan harus dilindungi.
    Dan harapan gen3, ane pinginnya ada member yg jago beladiri, maksudnya bener2 nekunin beladiri. Maaya, Hinapyon atau Kazumin mungkin juga bisa, tapi mereka ga bener2 jadiin sebagai karakter. Nah, di gen3 nanti ane harap ada yg jadiin karakter, misalnya pas jiko shoukai, dia mecahin balok es pake sikunya. Pasti menarik tuh, atau kalo perumpamaan mudahnya, ane pengen ada Kinoshita Momokanya Nogi.

    Like

    1. Satu-satunya harapan ane adalah setelah supernova dua orang ini akan terjadi nebula (sisa-sisa ledakan yang akan kembali membentuk bintang atau malah sistem planet baru) dari gen 2 & 3.

      Ngomongin solo naachan, sekarang setelah dengerin solo ikuchan, udah negatif aja pikiran ane. Yakin kalo dia dapet ballad lagi bakal di-bash abis deh.

      Maaya sama hinapyon udah bego aja karakternya, gak cocok deh yang beladiri. Kalo ane sih, jujur nih, pengen liat gen 3 yang suka sulap. Bakal keren aja gitu.

      Like

    2. “misalnya pas jiko shoukai, dia mecahin balok es pake sikunya. ” ane siap jadi suplier es baloknya πŸ˜€

      Like

    3. tar lah ane tanya satu2 member gen-3 nya πŸ˜€
      digorok? sama gen-3? gk mungkin, malah ane dikerumuni sama mereka, ikuchan, miona, mojok disudut ruangan latihan πŸ˜€

      Like

    4. Kan ane ada tulis kalimat “tar lah”, ini berari belum ke jadina, baru wacana, rencana, palning, keinginan, kemauan, apalgi.. πŸ˜€
      Gk konsen ini bacanya, lagi dipeluk sama Yumi dari belaknga ya *angkat dikit πŸ˜€

      Like

    5. Loh kok minta saran paman ane, kan kalimat itu untuk bapak bukan utk ane πŸ˜€
      Gk mau dipeluk Yumi? maunya sama Akane? yo wes gk pa2… πŸ˜€

      Like

    6. Apa bumi sedang menggeliat kegatelan, kok, semuanya pada garuk-garuk tanah. Udah nyimpangnya, kembali ke topik! Soal Nanase, single dia ane pingin dia dapet lagu funk yang ada rapnya gitu, kayak Around the World nya RHCP. Ntar, genre dia jadi funkawaii.

      Like

    7. Yah aslinya mau genre apapun juga sekarang udah jelas pake autotune jadi gak masalah. Yang masalah ya pas live. Sebagus-bagusnya genre, lagunya, dance, tapi kalo pas live jelek ya sama aja.

      Like

    8. Ane sih gk maslah Naase pake genre fuknkawaii, asal make up dia gk ikut2an balik pake funk style πŸ˜€

      Like

    9. Yaelah masak harus ane jelasin make up funk style ala nanase, itu masa lalu nanase gk usah diungkit-ungkit lagi πŸ˜€

      Like

    10. Ane sih beberapa kebutuhan make up wanita ane tau, maklum sering beliin/ikut nemenin beli buat 7 bidadari ane.. hohohohhohohoh

      Like

    11. Make enggak, tp bantu2 makein pernah, ane bukan laki2 yg ogah membantu perempuan, selama bisa bantu kenapa tidak, toh itu semakin mempererat hubungan kami…hahahahahahaha
      makin kacau ane ini….

      Like

    12. Yuph ane tau ini bakal jadi bahan lelucon, tp bagi ane ini bukan hal tabu, ane juga sering kedapur bantu2 masak… yg penting bini happy, ane happy, semua happy… πŸ˜€

      Like

    13. Ah yg geli itu biasanya iri, dengki, syirik, gk mampu sampe level kyk ane, biasanya sih gitu πŸ˜€

      Like

    14. Yakin agan biasa aja? rasa2nya agan yg paling lantang menyuarakan “geli” “mau muntah” disetiap komen ane yg menceritakan kehidupan bahagia ane πŸ˜€

      Like

  3. Kalo ane kok tetep lebih susah nyari pengganti Maiyan ya ketimbang Nanase. Ane setuju, Ashu bakal terinstal untuk jd penambal posisi nanamin. Meski kemungkinan dia jd center lebih gedhe ketimbang Nanamin yang sekarang.

    Maiyan? belum ada bayangan. Ikuchan? Duh, dia punya poros sendiri yang juga bakal lebih susah nyari gantinya.

    Mungkin menejemen sedang menyiapkan Ikoma untuk mengambil posisi Maiyan. Melihat dia sekarang lebih banyak diarahkan buat ke jalur modeling. Tapi perkembangan fanbasenya sangat lambat. Dr laporan situasi HS aja, fans Iko sampai sekarang masih cukup banyak yg bertipe “pemborong” tiket. Dan mungkin akselerasi pertumbuhan fanbasenya tidak sekuat Miona, Hime, Ashu, dan Hoshi sbg efek samping gori push.

    Jd siapa? Blum kebayang.

    Untuk Nanase, ada lebih banyak nama. Dr gen 2 ane terbayang Iori, Miria, Ranze, Ayane. Tinggal strategi menejemen aja.

    Yang ane lihat ttg Nanase. Posisinya sekarang adalah hasil “rekayasa”. err bukan dlm artian negatif, bukan pula performa idol Nana yang palsu. Nana-nya asli. tapi rekayasa dr berbagai elemenlah yang mengantarkan dia ke puncak popularitas. Modal awal: karakter dia yg cenderung pendiam (tp tidak pasif) plus skill jabat tangan. Diramu dengan push yang bertahap (dan tidak seagresif Iko, Miona, Hoshi, Manatsu) dan kapitaslisasi karakter dia yang like able. Dia kasih reward step by step. Center unit, fukujin, front row, center. HS sukses di-push maju, tapi pernah diturunkan bentar, reaksi positif, di-push lagi.

    tipe push dan rewarding yang tepat untuk situasi dan kondisi yang tepat. Jadilah Nanase yang sekarang. Lingkungan fandom Nogi sulit menerima tipe push yang “push her no matter what”. Ga bisa gori push. Jadi kalau mau cari member yang tepat untuk mengisi posisi Nana ke depan. kurang lebih metode “tarik ulur” ini bisa dipakai lagi. Dan itu yg ane lihat tengah diujicobakan ke HoriHime (dg spesifikasi yg berbeda tentunya). Mungkin selanjutnya diberlakukan pula untuk Kii-chan dan Renze.

    imo, front member tipe Nanase lebih bisa dicari penambalnya (tp tdk bener2 bs mengganti) drpd member sprt Maiyan (udah cantik dr sononya), Nanamin (cerdas dan intelek), Ikuchan (telented dg talenta yg jarang dipunya org yg bergelut di dunia idol).

    Woha, panjang. udah kaya satu kali posting ini mah. Wkwkwkwk. Maaf ya Om MaC. Tehee..

    Like

    1. Untuk maiyan, ane cuma bisa mikir dan berharap ada monster dari gen 3 yang worth it untuk jadi penerusnya. Dari lineup sekarang sih nay.

      Kalo liat dari HS yang lumayan menjanjikan buat gantiin naachan, ane pegang kiichan tapi umur udah lewat ya. Ini problem utamanya, umur. Gak bakal ada yang bisa ganti untuk jangka panjang dengan current member, gen 1&2.

      Panjang gak masalah, ane gak pelit space buat komentar kok XD

      Like

    2. Men, dari kalimat segini panjang, fokus ane buyar soal nogi hanya gra2 kalimat “Tehee..”, soalnya jadi inget sosok Maiko Inui di drama sailor zombie yg pernah ucapin kalimat imut itu….
      #abaikan

      πŸ™‚

      Like

    3. bukan Om,, Sailor Zombie tuh temennya kuis family 100-survey membuktikan.

      Ranze bisa, chara masokis-nya sangat berpotensi buat dikapitalisasi. Coba bikin unit dr member under dr angkatan 98-99. Terus dia jd center dan kasih lagu yang bagus.

      tinggal menejemen aja. Yg bikin kesel tuh, mau sampek kapan b-side isinya cuma buat mem-feature-kan front member. Mbok dibagi 2 lagu+MV di b-side dijatah buat UG dan unit non-senbatsu

      Like

    4. Ranze ya, nasib cinq etoiles gimana aja masih belum jelas. Tapi ini anak M-nya kebangetan, agak gimana gitu kalo diproyeksikan ganti naachan.

      Apalagi solo *halah larinya kesini lagi. Kagak single kagak album sama aja, 60 senbatsu:40 under. Adil.

      Like

    5. Sailor zombie itu seri kedua dari tukang bubur naek aji..puas puas puas… πŸ˜€

      Ane sih dukung Miria aja, uyeee… πŸ™‚

      Like

    6. “something akb-related” <- ane persempit, Naanya-related πŸ˜€
      Kotoko number.2 setelah Miria… cuma antra no1, dan 2 cuma bedatipis pointnya… πŸ˜€

      Like

    7. soal ranze, agak gimana apanya? Khekhe, tinggal nyari member muda yg S-nya tingkat akut. Lalu di-pair-kanlah mereka. Pasti lucu dan nge-hits. Siapa coba member 97-99 yang ber-chara S?

      Ane sih keukeuh, satu member ga bisa diganti sama yang lain. Cuma bisa nambal aja. Ganti personil tapi gawangnya masih sama. Cuma gaya ngejaganya aja yang beda, meski standar operasinya ga berubah. Justru kalo karakternya sama plek, malah susah outstanding. Bakal selamanya dicap copas generasi awal.

      kalo ambil kasus tetangga, si Shimazaki konon mau di-push jd Maeda 2.0, tapi justru karakter yg diterima publik dan sukses malah keasinannya. Nah, Ranze sama Nanase tipe pendiam, tapi punya keunikan masing2. Ke-M-an Ranze yg bisa jd tambang emas di masa depan. Apalagi mereka pernah terlibat CM bareng, cucok dah….

      Like

    8. Ashurin? Cocok ini kombi, mukanya sama-sama kecil, satu S satu M. Cuma karena Ashurin udah di-pair sama hoshimina & miona agak sulit sih.

      Ya, prinsipnya sama kaya nebula, sesuatu yang baru lahir setelah kematian yang lama. Dan beberapa nebula lebih indah dibandingkan supernova itu sendiri so ane selalu berharap yang baru bakal melampaui yang lama. *dalem

      Like

    9. Kalo Paruru jangan kebanyakan, ntar darah tinggi. Kalo mau cari S di gen 2, ane ngerekom si Junna. Tampang judesnya, kalo dipoles sedikit, mantep tuh. Ato, S under yg lumayan kuat, ya Kanarin.

      Like

    10. S, M, ini ngidol apa ukuran baju sih? πŸ˜€
      edotensei aja si Hatanaka Seira… πŸ˜€

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s