Hit in America

Setelah nggak buka Youtube dua minggu ini, aku melihat kejutan yang sure-prise di subscribe channel-ku. Yep, setelah BABYMETAL tampil perdana di Late Night Show, sekarang mereka menginvasi salah satu channel paling terkenal di dunia maya, Finebros React Series. Ya mungkin ini berita udah agak basi tapi karena aku baru tahu yah, agak kebetulan dengan apa yang lagi kepikiran.

Aku tak ingat apa Finebros pernah mengundang artis ke videonya. BABYMETAL react to Youtubers react to BABYMETAL menurutku salah satu prestasi yang luar biasa. Berbeda dengan 10 tahun lalu dimana MTV masih jadi panggung impian tiap musisi sebagai stepping stone saat mereka mencoba menembus Amerika,  sekarang hanya butuh Youtube dan membuat videomu accessible ke seluruh dunia untuk jadi viral.

image
Contoh yang membelakangi dunia luar

Pencapaian BABYMETAL ini menurutku sudah meraih puncak tertinggi dunia musik era digital. Bisa dikatakan figur dari sebuah kultur mungkin, seperti Pink Floyd? Tahu kan yang kumaksud, mereka menjadi icon, in their own way. Bukan jumlah views atau apa, tapi culture changing. Dua album yang diterima cukup baik di kalangan penggemar musik secara general, ciri khas yang mungkin tak akan pernah bisa ditiru yang lain adalah resep sukses cepat.

Satu komentar yang cukup menarik adalah “Di Amerika kami tak pernah melihat Metal dipadukan dengan Pop sebelumnya”. Yeah, Amerika dengan semua yang dimilikinya tak pernah melakukan itu. Mungkin Limp Bizkit sudah paling aneh untuk mereka, selain kolaborasi rap-rock paling keren sepanjang masa, Walk This Way by Run D.M.C feat Aerosmith. Dan juga menunjukkan karakteristik orang barat. Pada dasarnya mereka memandang rendah semua yang berasal dari belahan bumi lain, tapi begitu ada barang bagus mereka akan menerimanya secepat membalik telapak tangan.

Sure, masih terlalu cepat (atau malah kurang ajar) membandingkan BABYMETAL dengan Pink Floyd. Hanya saja setelah fenomena Gangnam Style kukira aku tak akan terkejut lagi, namun fenomena cewek abg yang main musik metal merubahnya. Aku sendiri kurang mengikuti berita tur dan semacamnya, yang kutahu mereka sedang tur di Amerika saat ini, ada info lebih jauh?

Its nice, melihat BABYMETAL bisa cukup diterima pasar Amerika, dan oleh publik bukan hanya metalheads atau fans J-Pop. Salah seorang temanku yang benar-benar metalheads -black metal malah- bilang dia cukup suka BABYMETAL, entah betulan suka atau emang lagi konslet, kuharap suatu saat mereka bisa konser di Indonesia.

image

Untuk sekarang, BABYMETAL was Hit in America, dan materi yang sedikit lebih dewasa di Metal Resistance, still, I miss Onedari Daisakusen. Album yang cukup baik untuk ukuran sophomore, entah akan bagaimana dengan album ketiga mereka. Yui dan Moa akan jauh lebih berbeda dengan pertama kali kulihat mereka di Doki Doki Morning, mungkin akan aneh melihat Suzuka suatu saat tak akan sedominan sekarang, akankah worth it?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

31 Comments

  1. babymetal pernah konser di indonesia tahun 2013, sesaat sebelum viral, tapi kalo konser overseas pertama beberapa hari sebelumnya di singapur.
    kalo sekarang kayaknya masih lama tur asia soalnya di asia orang pada beli bajakan jadi mereka nguatin di amerika-eropa soalnya rata2 rakyatnya kaya jadi penjualan albumnya bisa maksimal

    Like

    1. iya pernah, jaman isu babymetal mau bubar gara2 suzuka harus pergi dari sakura gakuin, akhirnya mereka asia tour kecil-kecilan ke singapur, indonesia terus kalo gak salah taiwan. Akhirnya di akhir rangkaian tur diumumin babymetal gak dibubarin tapi suzuka tetep harus cabut dari sakura gakuin.
      bener juga sih, asia mah lebih gampang kena kpop

      Like

    2. kaga sakura gakuin tuh sistemnya kalo lulus smp kudu keluar dari sakura gakuin dan move on sesuai bakat dan minat masing2 dan masih tetep dibawah naungan amuse… nah sekarang semuanya udah keluar dari sakura gakuin, suzuka tahun 2013, yui sama moa tahun kemaren, gen 1 sakura gakuin terakhir yui sama moa yang keluar, semuanya rata2 sukses sih

      btw amuse biasanya ajaib kalo bikin act. Perfume, One ok rock, sekarang babymetal, nanti apa lagi ya…

      Like

    3. babymetal ini sub unit dari SG kan ya ? lah kalau member sub unit nya keluar dari SG, apa babymetal ini masih bisa dikatakan sub unit dari SG ?

      Like

    4. jadi sudah berdiri sendiri ya, tp namanya tetap babymetal. tp agensinya gimana ya ?
      yg lain atau dr SG ?

      saya baru suka lagunya babymetal akhir” ini wkwkwkwk

      Like

    5. Labelnya masih sama Toy’s Factory, cuma kalau Sakura Gakuin seinget ane lebih sering rilis dibawah UMJ.

      Hahaha, sayang tahun ini sama sekali belum rilis album 😀

      Like

    6. o jadi labelnya masih sama ya,

      iya, jadi dengerin album” yg sudah rilis aja 😀 sama lihat” konser” nya :v
      dan juga babymetal ini enggak ada varshow atau acara khusus gitu kah ? :v jadi kurang bisa mengikuti dan hanya bisa menikmati lagunya 😀
      tp aneh juga nanti ya kalau band metal ada varshow segala wkwkwkwk

      Like

    7. Seinget ane loh ya, ane juga gak terlalu sering fokus sama BM belakangan ini.

      Lagu favoritnya apa nih ? 😀

      Gak ada variety BM, mereka diundang ke acara TV aja udah syukur kok, resepsi di Jepang gak se-hype di luar negeri soalnya.

      Like

    8. resepsi gimana maksudnya gan ?

      lagu fav, mungkin hampir semua yg suzuka nya ikut nyanyi saya suka lagunya, suaranya khas soalnya 😀 ada juga lagu yg dua pendamping suzuka itu yg nyanyi (ga tau namanya :v), nah itu saya enggak suka lagunya

      Like

    9. Penerimaan maksudnya. Publik jepang gak terlalu ngasih perhatian ke BM meski mereka gede di luar.

      Hahaha, Onedari Daisakusen dari album pertama? Ane justru malah suka itu, soalnya ngasih image kawaii metal yang oke banget. 😀

      Like

    10. o jadi gitu, mungkin orang jp enggak suka BM mungkin ya.

      yap lagu itu, enggak suka saya. 😀 menurut saya malah mengacaukan genre metal :v masak musiknya metal/rock disisipi suara anak kecil yg imut” gitu wkwkwkwkw
      itu menurut pendapat saya sih 😀

      Like

    11. ya kalau soal selera mainstream, jelas metal bukan selera semua orang kan?

      Dari awal kan emang genre BM itu Kawaii metal, jadi malah ginian yang ane cari. Salah satu lagu BM paling mainstream mungkin. 😀

      Like

    12. yap betul,

      dulu awal lihat babymetal sempat berpikir gini “ini metal kok lucu ya wkwkwkwk” dan lama-lama ternyata lagunya enak juga kalau metal ada campurannya kayak gini, jadi berasa beda :v

      Like

    13. Makanya ane termasuk pencinta Onedari Daisakusen 😀

      Selain BM dulu ada juga LADYBABY, tapi sekarang si om2 itu udah keluar, jadinya gak unik lagi. 😀

      Like

    14. o ini LADYBABY ya :v
      dulu pernah lihat pict om ini wkwkwkwk
      saya kira cuma cosplay/iseng” orang ini :v

      Like

  2. Mereka masuk billboard UK kali ya. Pokoknya sukses tembus ke Eropa dan Amrik. Untuk seputar Jepang, Finebros juga bikin React untuk J-Pop, cuma sayang dimasukkan cuma idol grup, jd kurang menggambarkan kekompleksan J-Pop. Mereka juga garap Kyary PP, dan Japanese CM.

    BabyMetal nge-slay-lah di Barat. Di dalam negeri masih butuh waktu lebih lama. untuk skala internasional, Semoga kesuksesan awet dan ga cuma jd kembang semusim. Ga maksud apa-apa ke K-Pop, tapi fans mereka ga mampu nge-push mereka buat tembus chart di Barat. Ya, menang di softsales, tapi untuk hardsales BM berhasil mengungguli semua grup k-pop.

    Like

    1. Finebros cari yang unik kali ya buat react to j-pop. Lagian sound mayoritas j-act bakal kedengaran kaya bahasa alien buat sebagian besar orang barat.

      Kalo soal chart k-pop di barat, chart wise, ada beberapa idol yang bisa tembus billboard 200, jadi gak bisa bilang mereka gak bisa sih. Tapi soal penerimaan, BABYMETAL masih menang kemana-mana.

      Like

    1. ladybaby mah suka2 dia aja wkwk. btw biarpun ladybeard keliatannya paling aneh di ladybaby tapi kalo ditelusuri kiprahnya, 2 cewek membernya ladybaby punya masa lalu kontroversial, gravure di bawah umur. kawago hina yang demen idol kontroversial demen dua-duanya. sempet dibahas sama dia di kojichuu

      Like

    2. @Mac:

      Cukup BM duludeh klo urusan metal 😀

      ========================

      @Ahmad:

      Iya, dua gadis LB emang bintang garpu, klo gk slah di kojichuu si kawago bahas pas salah satu member LB tampil pake baju renang sambil maen gitar atau bass lupa ane..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s