Backdancer Ever After

Di akhir sebuah dongeng kita biasanya akan menemukan kalimat “dan mereka hidup bahagia selamanya” atau and they live happily ever after. Kalimat ini cocok jika digunakan untuk mereka yang pernah merasakan posisi center, front row, atau Fukujin. Karena apapun yang terjadi mereka akan tetap mendapat push dari manajemen sesedikit apapun dosisnya. Atau paling tidak, prestise pernah menyandang gelar Fukujin tetaplah kebanggaan.

Nah bagaimana dengan mereka yang cuma mentok di 3rd row? Frasa yang lebih tepatnya adalah “dan mereka menjadi backdancer untuk selamanya.”

Nogizaka46 Sayuri Inoue Another Side 003
Superhero yang mengawasi kota

Satu orang yang menyebutkan betapa mirisnya 3rd row meskipun mereka adalah senbatsu adalah Sayunyan. Dan tak ada orang yang lebih makan asam garam sebagai “The Forgotten Senbatsu” daripada dia. Sepuluh single Nogi dia ada sebagai senbatsu, di 3rd row. Sementara Yumi, Hoshimina, Maimai, Manatsu, Misa, Asuka, yang notabene punya jumlah senbatsu yang sama sudah naik turun Fukujin.

Not to mention satir Sayunyan bahwa “total screentime dari 6 kali senbatsu hanya sekitar 1 detik” pada dasarnya jika mau negatif, 3rd row memang hanya penggembira. Line akan selalu didominasi Fukujin, dance hanya akan mendapat highlight sepersekian detik, MV apalagi, bagian yang buram doang malah.

Turun dari Fukujin ke 3rd row sudah biasa, namun tembok besar yang ada diantaranya apakah masih terlalu besar untuk dihancurkan bagi mereka yang belum pernah merasakan manisnya titel Fukujin? Jika berkaca pada popularitas di fandom, mungkin tidak. Sayunyan, Bebitan, dan untuk porsi yang lebih sedikit bagi Himetan dan gen 2 seperti Miona akan menjadi penghinaan jika kita mengatakan popularitas mereka lebih rendah.

Sementara untuk The Fallen Fukujins seperti Ikoma, Yumi, Reika, dan Sayurin yang turun kelas ke baris paling belakang, aku rasa itu bagian dari kompetisi. Seperti yang kukatakan diatas, mereka masih akan mendapat push atau privelege di variety dan TV appearances sebagai representasi Nogi. Karena mereka pernah menyandang status Fukujin dan secara matematis juga sebagai seller HS tingkat tinggi, I hardly have complain. Meski rotasi Fukujin akan sangat diapresiasi mengingat toh mereka ada di level HS yang sama, tak ada kesenjangan bahkan di ronde keberapa mereka sold out.

Sedikit menyinggung HS, mungkin kebangkitan kembali shichi-fukujin sudah dekat lewat Sorezore no Isu? *credit to rust from S48

01. (na.) 15/15 (+15) Nishino Nanase (Sold Out!)
02. (na.) 12/15 (+12) Shiraishi Mai
03. (na.) 11/15 (+11) Hashimoto Nanami
04. (na.) 10/15 (+10) Eto Misa
04. (na.) 10/15 (+10) Akimoto Manatsu
06. (na.) 07/15 (+07) Ikuta Erika
06. (na.) 07/15 (+07) Saito Asuka
08. (na.) 01/15 (+01) Wakatsuki Yumi

Oke, ngaku deh kalau ini random, cuma seneng aja lihat Yumi masuk list ini, member ketujuh yang bisa menjual blok di ronde pertama. Kembali serius, Naachan sudah sold out di ronde pertama, fans yang ingin mendukung darling mereka atau bisa menjadi alasan untuk memberi Naachan solo keenam di 15th single?

image
Akankah kondisi ini seperti balon?

Sebenarnya, Yumi yang sold out secepat ini di Sorezore no Isu menurutku adalah langkah awal untuk mengembalikannya ke Fukujin, yang dia tak miliki di dua single terakhir. Jika fanbase Sayunyan dan Bebitan bisa melakukan hal yang sama, mungkin mereka bisa naik kelas dan (untuk Sayunyan) akhirnya melepas kutukan 10 kali 3rd row. Persaingan untuk senbatsu Nogi sangat ketat, dan aku berharap kisah mereka tak ada yang akan ditutup dengan kalimat “…and then they lived as backdancer ever after”

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

31 Comments

  1. marika gak apa2 3rd row terus juga, kalo jatoh biasanya jadi center under di lagu under yang dewa.
    itu nanase soldout cepet banget ketauan banyak yang modus, kali aja bisa dapet gitu. (Kalo ane tinggal di jepang juga bakal ane abisin harta ane buat HS sama nanase juga sih wkwk)

    Like

    1. Yah, biarpun bebitan dapat push setara Fukujin lewat filmnya, tetep aja seakan kurang komplit kalo gak pernah ngerasain Fukujin di nogi.

      Beli 10 cd biar bisa handshake semenit gitu? Kalo kejadian nyantol sama fans sih paling fans yang penampilannya selevel matsujun ato nino XD

      Like

  2. “dance hanya akan mendapat highlight sepersekian detik, MV apalagi, bagian yang buram doang malah.” <- jadi inget curhat si sayurin klo gk salah soal enampilan dia di Mv lua ane yg dia udah dipojok, belakang, gk dapet sorotan lampu alias gelap, cuma persekian detik, komplit sudah kemalangan member 3rd row…

    Like

    1. Sayurin di Inochi kalo gak salah. Tapi dia jatuh ke tempatnya sekarang sebagian karena salah dia juga, so…

      Ane sih ngarep akhirnya bakal ada perubahan di Fukujin di 15th. Biarpun popularitas selevel, perubahan suasana bakal menyenangkan.

      Like

    2. Ya, kyknya inochi,,…
      emang saklah sayurin sih, cuma ya gitulah, dia mengungkap kepedihan rasanya di baris 23 😀

      Sayurin & Kapten (terutama kapten) balik lagi ke fukujin, himetan & kanachan masuk senbatsu, center Ikuchan,.. Miona 1st row… maka bahagialah ane 😀

      Like

    3. Baris 23? Under membernya under dong? XD

      Kalo hime, balik ke senbatsu dulu jadi prioritas. Kanarin sih susah, bahkan manajemen pun pasti bakal lebih milih gen 2 daripada dia.

      Like

    4. Plis deh Min, ya mbok dimaklumi sama pengujung yg satu ini, typo adalah ciri khas pengunjung satu ini selain banyak bininya 😀

      Ah~ bikin patah semangat ane aja, atau klo gen-2 mau diangkat, tolong angkat Miria atau Kotoko

      Like

    5. Pertama kali dipanggil ‘Min’ disini, hore. XD
      #kasihan

      Miria sih masih bisa masuk radar manajemen. Kotoko sih ampun-ampunan deh, HS jeblok abis, popularitas gak naik2, ngambang aja. Eits, jangan salah gen 2 yang paling ane dukung itu Iori sama kotoko…

      Like

    6. Hahahaha, iya kah? masak baru pertama x? 😀

      Kotoko di joshiraku 2 dia tampil lagi, Miria juga di pake di Joshi2, mudah2an ini betanda baik untuk single ke-15

      Like

  3. Nah, padahal ane nge-fens tuh sama jidat jenongnya KTK. Ato jangan2 itu ya yang bawa sial.
    Maaya dan Rottie juga, satu punya potensi variety gedhe, satu udah ga perlu dijelasin lagi talentanya.

    Ah, untuk senbatsu, ane juga ada keinginan buat melihat ada rotasi yang berarti. 1/3 single dlm setahun, senbatsu diperebutkan oleh para member 30 slot. Tapi ranking ga menentukan posisi. Meski resikonya bisa aja dedek Iku ketarik ke belakang tapi ane udah pernah lihat dia di belakang sebelumnya (pas 2nd single), jd ga bakal sakit-sakit banget. Marikka jadi center atau minimal 1st row. Bakal chaos tp on god way

    Like

    1. Yah, tiga orang ini juga sama2 backdancer sih, beda kelas aja…

      Ranking gak menentukan posisi, bener, tapi untuk susunan front row udah staple buat Naachan, Maiyan, Ikuchan, Nanamin. Misa? Masih sangat mungkin turun ke 2nd ato 3rd. Mungkin cuma satu posisi yang fleksibel bisa diganti, front row udah fix.

      2nd row paling fleksibel, penghuni tetap cuma manatsu. 4 lainnya gampang buat diutak-atik. Nah, buat yang belum pernah ngerasain Fukujin, peluangnya gede banget aslinya.

      Like

    2. @Madoka:

      “Meski resikonya bisa aja dedek Iku ketarik ke belakang tapi ane udah pernah lihat dia di belakang sebelumnya (pas 2nd single)” ane gk bisa liat wajah Iku kyk pas pengumuamn senbatsu single ke-2, wajah sedih dengan bibir bawah yg agak lebih maju (persis kyk yg di kojichu), ane gk sanggup jadi jgn berharap demikan… 😀

      ==============================================

      @Min: *angkat dikit 😀

      “2nd row paling fleksibel, penghuni tetap cuma manatsu.” Min… (*angkat lagi :D), Kazumin dilupain?

      Like

    3. @Conan,
      itu jaman dedek-ku masih kecil, sekarang ane udah banyak transfer semangat ke dia. Jd apa pun yang terjadi, dia bakal kuat. Apalagi ane selalu di sisinya. Pas dia ditarik dedek Iku ga sampek pingsan kok. Reaksinya masih wajar untuk anak 14 tahun. Sekarang kan ane siap nge-puk-puk.

      Kaz masih bisa ditarik mundur deh. Untuk ukuran member yang sering wara-wiri ke acara TV, HS dia standar aja.

      Like

    4. @conan
      Bener, kaz cuma penghuni semi permanen, emang dua single terakhir Fukujin, tapi udah waktunya ganti

      @Madoka
      Kecuali ikuchan hiatus lagi, dia fix jadi front row. Yakali manajemen mau taruhan segila itu nutupi jack-of-all-trade mereka.

      Like

    5. @Madoka:

      Ttep saja, ane gk sanggup klo lait ada air mata di mata Ikuchan, raanya dunia ane berkahir klo hal itu terjadi 😀

      @Madoka @Mimin:

      Jadi ada kemungkina Kazumin terdepak? hmm klo ane masih yakin dia mentok di row 2 aja…

      Like

    6. Gembel, bisa aja ngomong begitu padahal palingan sekarang lagi berduaan sama Berika XD

      Mentok di 2nd row maksudnya dia gak bakal naik ato gak bakal turun?

      Like

    7. @Mimin Mac:

      Lah gk apa2 ane berduaan sama Berika, toh Iku juga tau kok… 😀

      Hhmm, naek mungkin klo turun kyknya enggak

      Like

    8. Hadiah apa? rahasia dong, pengen tau aja urusan rumah tangga ane 😀

      Lah ntar klo Kazumin grad terus dikasih lagu (single) kelulusan yg dia centernya kan jadi di front row dia XD

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s