The Science of Cute and Reality

Nogibingo episode keenam kemarin benar-benar bahaya. Kucing adalah hewan peliharaan paling adorable (atau nomor dua, tergantung preferensi) dan membuat member cosplay menjadi kucing akan membuat siapapun memerah.

image

Dan ini mengingatkanku akan artikel sains beberapa tahun lalu tentang apa itu cute dan kenapa kita sangat menyukainya. Bagian awal artikel ini adalah sains nyata, I mean it. Jadi siapkan buku dan duduk manis.

Pernah bertanya-tanya kenapa kita punya kelemahan pada anak binatang? Karena mereka membuat otak dialiri reaksi kimia yang membahagiakan. Jika mengalami hari yang buruk, cobalah cari video anak kucing di internet dan kita akan merasa lebih baik. Menariknya, banyak orang menggunakan cara ini, yang disebut cuteness agression. Dan meski kedengaran aneh, ini sangatlah normal.

image

Beberapa kunci dalam baby schema atau hal yang membuat cute adalah;

Jidat lebar, bayi manusia memiliki dahi yang lebar, begitu juga spesies lain seperti kucing.
Kepala besar, otak manusia memiliki proporsional yang besar dan otak bayi berkembang pesat dan kepala besar ada untuk itu.
Pipi gembul, badan yang kecil dan kepala bundar ditemani dengan pipi yang gembul tak akan bisa ditolak manusia secara alami.
Mata besar, mata bayi sekitar 75% ukuran mata dewasa, begitu juga dengan mayoritas spesies hewan
Tekstur lembut, baik kulit bayi manusia maupun bulu lembut bayi binatang akan membuat kita merasa protektif.
Badan bulat, anak kucing akan terlihat sangat cute karena bayi manusia juga biasanya gemuk.

Bagaimana cute mempengaruhi otak

Saat manusia melihat sesuatu yang menggemaskan, secara otomatis itu akan menarik perhatian, membuat tersenyum, dan kemungkinan akan membuat kita ingin menyentuh obyek tersebut. Hal ini disebabkan karena ada reaksi pada bagian otak tengah yang terlibat pada proses motivation and reward yang disebut mesocorticolimbic system. Kemudian akan memicu peningkatan neurotransmitter dopamine yang membuat perasaan nyaman. Hal ini terprogram secara alami di otak sehingga bisa dipicu dengan hewan kecil yang lucu atau bahkan benda tak bernyawa dengan beberapa ketentuan. Tokoh kartun seperti Hello Kitty atau Huey, Dewey, and Louie juga bisa dibilang cute bukan?

Kembali ke ngidol, meski episode Nogibingo kemarin mengundang banyak aawww dan cukup cringe-worthy, aku sendiri terbelah pada bagian ini. Tentu sekali-kali momen seperti ini justru asiknya ngidol, di sisi lain aku juga berpendapat bahwa terkadang idol variety are push it too far.

Di S48 juga terjadi silang pendapat soal episode ini. Ada yang berpikir bahwa Nogi mulai over dengan fanservice dan kehidupan idol yang keras, which is, interesting pov. Jika membicarakan ini tentu tak akan ditemukan kata sepakat, kita berasal dari semua tempat di bumi, dengan budaya yang berbeda. Dan disini aku akan mengatakan opiniku soal ini.

Pertama, aku selalu berpendapat Nogibingo memang memberi dimensi baru untuk mengeksplorasi apa yang Nogizaka Kojichuu tak akan pernah bisa. Cosplay, mousou request, dan cream cannon tak akan pernah bisa ditampilkan di Kojichuu karena mereka stick ke image high-class dan konservatif Nogi. Dan lagi, kurasa pasti lebih mudah bagi member untuk hal-hal yang berbau S&M juga sedikit mesum di depan Ijiri Okada daripada di depan Bananaman.

Jika member melakukan cosplay kucing seperti kemarin, itu menggandakan efek bahagia dari peningkatan neurotransmitter dopamine, seseorang yang cute ditambah dengan image anak kucing? Heaven help me. Positif tentu, karena itu yang kita cari dengan ngidol. Tapi, disisi lain agak mengecewakan memang melihat Nogi yang selama ini di-set image konservatif harus ikut melakukan ini. Yah, tapi ini juga bagian dari sacrifice atas image yang Nogi miliki.

Konklusinya adalah, aku berpendapat bahwa episode ini membawa level nosebleeding naik setingkat dari mousou request dan sekali-sekali cukup menyenangkan. Tapi jika melihat dari sudut pandang image yang Nogi punya, ini sedikit mencederai reputasi konservatif mereka. Dan bagaimana dengan kalian?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

35 Comments

  1. Lapor! beum nonton Min!

    Tp soal pertanyaan bapak “bagaimana dengan kalian?”
    Ane lebih setuju member ber “genit2an” dia acar TV dripada harus bergenitan di event jabat tangan, *efek iri gk bisa alami HS soalnya πŸ˜€

    Dan setuju sma tulisan mimin, setidaknya mousu nogibongo bisa jadi hal yg lebih memanjakan fans yg gk didapat di kojichuu, berlebihan? ambil nilai +, member berusaha nyenangin fans, soalnya ini maish pake konsep dari requst fans kan?, teurs sambil latih skill akting member, skill akting dapet + ilmu variety dapet, + kan….

    Dan satu hal yg pasti, setiap nonton episode mousou, percaya atau tidak ane slalu menutup mata pake tangan tapi ujung2nya ngintip juga, n kadang senyum2 tak jelas πŸ˜€

    Like

    1. Kan gak ada spoiler om XD

      Mousou beda, meski sama-sama cringe-worthy tapi perfectly normal sih kalo diliat dari sudut pandang dua orang yang pacaran. Makanya kojichuu juga adopsi ini. Meski mousou-nya dari member sendiri sih, yang jelas pasti patuh sama rule yang ada.

      Yah soal ambil nilai plus, ane sih negatifnya dulu deh. Bingo sih normal aja sebenarnya, cuma ya karena nogi punya image ojou-sama jatuhnya agak gimana gitu.

      Like

    2. @Mimin:

      Maksud kalimat ane “belum nonton” bukan mau protes soal spoiler, tp ane gk bisa komen terlalu jauh gra2 belum nonton,
      *ceileh bahasanya, terlalu jauh πŸ˜€

      Ya image ojousama bakal runtuh klo dai pihak TV liat episode kyk gini bisa dpet rating bagus πŸ˜€

      Like

    3. Terlalu jauh untuk bersama istri yang terpisah lautan, widihh, dalem filosofinya XD

      Ini juga, rating. Impossible kalo rating episode geli begini rendah dan kalo stasiun tv kepancing, gawat.

      Like

    4. Jauh di jarak, berat di ongkos…hahahahaha

      Itulah, Ini rating pasti ok makanya setiap season nogibingo ini peisode pasti ada….

      Like

  2. Betul juga ya, ada rasa yg berbeda. Serasa pingin nyentuh. Tapi ane sih setuju mereka dapat lebih lepas di Bingo. Yg menarik, ga sampe kebablasan kayak 48, masih ada cita rasa ojousamanya. Cara ginian juga perlu dilakuin, karena ane dapat bilang setelah Nogidoko habis, acara variety Nogi utama lebih konservatif. Jarang banget ada hal2 gila kayak di Nogidoko dulu. Jadi, Bingo dapet jadi wadahnya dan bikin 46 ga terlalu ngebosenin. Tapi balik ke NogiNeko, jujur, pandangan ane pada mereka berubah. Jadi pengen…Ashuka…gemes, Nanase…beuh!! Bahkan Renachi bikin ane ngiler meski ga maen, dan Miria yg tersenyum sekejap pas Ijiri bilang HE~ juga tampak menggiurkan. Lebih-lebih Yumi…tuh kan, ane jadi malu sendiri ngebayanginnya.

    Like

    1. Ada episode AKBINGO yg justru ane suka, member dikasih kesempata untuk meluapkan delusinya lewat drama, member itu jadi sutradara n bisa milih member laen untuk jadi pemerannya… πŸ˜€

      “Cara ginian juga perlu dilakuin, karena ane dapat bilang setelah Nogidoko habis, acara variety Nogi utama lebih konservatif. Jarang banget ada hal2 gila kayak di Nogidoko dulu. ” <- setuja

      "Tapi balik ke NogiNeko, jujur, pandangan ane pada mereka berubah. Jadi pengen…Ashuka…gemes, Nanase…beuh!! Bahkan Renachi bikin ane ngiler meski ga maen, dan Miria yg tersenyum sekejap pas Ijiri bilang HE~ juga tampak menggiurkan. Lebih-lebih Yumi…tuh kan, ane jadi malu sendiri ngebayanginnya." <- belum nonton jadi gk tau mau nanggepin kyk apa, tp Miria jgn diapa2ain, dia adek ane *yah keceplosan deh πŸ˜€

      Like

    2. @conan
      Karena ane gak pernah nonton segmen itu di akbingo, gak bisa komen, tapi sounds good. Kok kaya segmen christmas di kojichuu kemaren ya? Asal jangan over aja sih.

      Preet, sejak kapan Miria adek ente? Selama ini dari kos lama (maaf, nusuk ya :D) gak pernah nyinggung Miria kok mendadak ngakuin? Ada apa ini? XD

      Like

    3. Sebenarnya setelah engkong konno bilang keyaki yang punya image playful dari Sakamichi, ane ada rasa gak enak soal kemungkinan variety baru mereka nantinya. Keyakake jelas di jalan nogidoko, nah ekivalen buat Nogibingo mereka yang bisa jadi ambil script akbingo karena gak terkekang image ojousama. Agak gak suka sih ane.

      Langkahi dulu kucing ane kalo mau aneh2 sama Ashurin. πŸ˜€
      Kalo mau ngebayangin Yumi gak apa2, cuma yah jangan ketinggian, dia udah milih ane XD

      Like

    4. @conan
      Ep 335 atau 355 gitu, pokoknya 300an keatas, ane cuma liat yg pertama. Kalo Miria ga ane apa-apain, cuma pas ketawa kemaren, dia lucu banget, gigi dan gusinya keliatan.
      @mac
      Kalo ane ngeliatnya kok Keya itu, kayak Noginya grup 46, ya? Ini dari variety show mereka, Kakenai, bila dibandingin dengan Nogi dulu, mereka tampak lebih kaku. Nogi dari awal kan banyak yg gila, Kazumi, Yumi pas ngelepas persendian jempolnya, Kanarin, Maaya dan banyak lagi. Mungkin belum ya…nunggu tahun depan kayaknya…
      Kalo Ashurin, ga tau nih, sejak nonton Nogidoko 147 & 148, SA dia kok makin muncul gitu. Waduh, kalo masalah Yumi, admin blog ini sering berhalusinasi, ya? Kasian…

      Like

    5. Sumpah ane butuh waktu buat mencerna “keyaki kaya noginya 46” maksudnya keyaki masih hijau banget gitu ya?

      Ah gawat ini adek ane mulai banyak dideteksi XD
      Sebagai sesama delusi, yang ngaku2in Yumi gak sebanyak ikuchan XD

      Like

    6. @Mimin:

      Makanya coba nonton dong AKBINGO πŸ˜€

      Loh, bukannya dikosan baru ane bilang, sebenanrnya ane gk mau kasih tau sapa aja list adek ane, soalnya org disekitar ane gk bisa mematuhi yg namanya “Hak Klaim yg sudah Sah”,
      itu tadi ane keceplosan makanya kesebutlah nama Miria sebagai salah satu adek ane..

      ===============================

      @Mas:

      Ok, bagus klo agan gk macem2in Miria, jadi uang ane gk perlu keluar dari dopmet utk beli bahan2 untuk digunain dukun2 ane πŸ˜€

      Like

    7. Duh segitunya sama acara AKB πŸ˜€

      Biarlah, paling ntar mereka2 yg ngeklaim bakal kcewa dengan kenyataan.. πŸ˜€

      Like

    8. @mac
      Sori, ane pas nulis itu lagi ga konsen karena Yumi meluk dari belakang sambil cium leher ane. Tapi kalo ane pikir, itu mungkin perbandingan dgn 48. Daripada 48, Nogi lebih kalem dalam variety. 48 kayaknya lebih ke variety murni, meski cukup dibatasi. Nah, Keya ane liat ada di posisi Nogi, dalam perbandingan itu, dan Nogi di posisi 48. Keya kayaknya jauh lebih kalem dan ga nunjukkin image playful kayak kong konno bilang. Tambah bingung, kan? Ini gara-gara Yumi, nih, terus nempel.
      Kalo soal Asuka, mungkin efek ep Danzo kemaren, ane cari pelarian dari adek Hoshimina, ternyata nemu cewek ini. Ke Junna, dia jutek terus sih wajahnya, ga bisa buat gemes-gemesan.

      Like

    9. Bener2 berusaha buat istri ane ya. Tapi ya sudahlah, ane gak perlu repot2, toh kami udah gak perlu kata2 untuk menggambarkan kehidupan kami XD

      Ciah cari pelarian ke adek orang, gini kok mau klaim istri ane XD

      Like

  3. gak apa2 kalo sekali-sekali lumayan buat delusi…
    kalo menurut ane sih image nogizaka udah ancur sejak photobook nogizaka wa, jadi kalo sekarang kayak gini ya udah terlanjur. yang penting lagunya masih bagus+membernya masih pada cakep kecuali manatsu wkwk

    Like

    1. Ya, nogizaka ha itu misstep yang ngaruh banget sih ke image. Tapi karena itu pas zaman mereka masih belum menentukan arah masih agak termaafkan kali ya.

      Like

    2. Ane lewat di ruangan meetingnya Nogi, terus sedikit ngintip, eh liat Manatsu mojok sendiri di sudut ruangn sambil tersedu2, ane mikir ini anak kenapa, tp setlh baca komen agan Ridwan, sepertinya ane tau kenapa Manatsu mojok di sudut ruangan πŸ˜€

      Like

    3. Enggaklah, masak cuma gra2 mau menghibur Manatsu ane rela melukai 2 hati wanita lainnya, Iku sama Miona πŸ˜€

      Like

  4. No, untuk episode ini. Setuju, ini too much. Dan bagi ane, unbearable. Jadi ane skip. ga mau nonton dan tidak berminat. Inget wajahnya Maiyan saat disodori iguana ato bunglon kemaren? Reaksi ane sama.

    Like

    1. Kalo ane kok lebih ga rela yg ep Danzo kemaren ya. Hoshino kayaknya bener2 terpengaruh, ane liatnya di Nogichuu yg ep terbaru. Dia kayaknya mesra banget sama Misa, bahkan sampe nyenderin kepalanya ke bahu Misa.

      Like

    2. Udah jadi tabiat ane, episode2 variety yg kelihatannya seru pasti selalu ane lama2in, ntah kenapa, mungkin sensasi penasarannya terlalu ane nikmatin πŸ˜€

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s