Jack of All Trades

Seseorang yang disebut Jack of All Trades biasanya membawa tambahan di belakangnya, yaitu Master of None. Dengan kata lain dia mengetahui dasar banyak bidang tetapi tak bisa menjadi ahli dalam satupun.

Bukan sesuatu yang buruk, menguasai dasar banyak hal menurutku lebih baik daripada hanya menguasai satu bidang secara keseluruhan. Sisi buruknya, karena bisa dalam banyak hal, maka saat seorang Jack of All Trades benar-benar menguasai satu bidang maka dia akan selalu dianggap medioker atau hanya sekedar bisa. Karena itu istilah Jack of All Trades, Master of None sudah menjadi humor publik.

Di Nogi dan Keyaki kita punya beberapa member yang layak disebut Jack of All Trades. Ada 4 kriteria untuk menjadi Jack of All Trades, dan jika memenuhi 3 dari 4 maka kuanggap layak untuk dipanggil demikian. Dan disini bukan hanya sekedar mereka yang memenuhi syarat, tapi mereka yang lebih tak terlihat sebagai Trump Card, dan beberapa member populer tak akan masuk disini.

Ikuta Erika

Oh, mana bisa kita melewatkan dia kan? Tak berlebihan jika kusebut sebagai JupiterΒ  yang menyaingi Matahari Kembar, Ikuchan memiliki semuanya untuk menyandang gelar Jack of All Trades. Kita lihat apa saja yang ada dalam daftar;

Vocal : Ini aspek yang paling kusukai dari Ikuchan, jujur saja. Dia punya warna vokal yang diatas rata-rata untuk ukuran idol. Dari lagu ballad seperti Nandome no Aozora Ka, Anata no Tame ni Hikitai sampai ke lagu rock seperti Korogatta Kane wo Narase dan Teitaion no Kiss, vokal Ikuchan adalah satu yang paling mudah dikenali, bukti dari kualitas pita suara kelas satu.
Performance : Untuk Ikuchan akan kulebarkan meliputi aspek musikalitas. Dia memang bukan satu-satunya yang bisa memainkan instrumen di Nogi, tapi dia paling visible dari semuanya. Sementara yang lain hanya bisa menunjukkan kemampuan mereka lewat Nogidan atau unit seperti Kyuushamen, Ikuchan tetap berjalan dengan image pianis.
Variety : Untuk satu ini kita sepakat dia gesrek, cooking monster, dan pelukis handal yang akan membuat Picasso dan Van Gogh menangis dalam kubur. Variety, check.
Popularity : Nah, ini dia kekuatan utama Ikuchan, dia mampu mengkonversi semua yang dimilikinya menjadi popularitas, kemampuan yang tak dimiliki setiap orang.

Conclusion : Nilai penuh untuk keempat aspek, Ikuchan adalah Jack of all Trades yang sebenarnya.

Akimoto Manatsu

The heads had it. Bukan kebetulan jika di awal dia diproyeksikan sebagai kandidat center, Manatsu punya berbagai kelebihan yang membuatnya memang layak masuk list ini.

Vocal : Dalam satu kata dari sekilas pandang : Kau tak mau pensiun saja sebagai idol? Benar-benar seperti suara Giant versi perempuan. Dalam pandangan kedua, ada dua pemikiran; antara dia benar-benar seburuk itu atau hanya dibuat-buat untuk kepentingan variety. Di Kuchiyakusoku dia memiliki vokal yang terbilang lumayan, meski aku tak tahu apa ada autotune yang terlibat.
Performance : Entah bagaimana dengan kalian, tapi setiap kali aku melihat solo dance Manatsu aku selalu terpukau. Dia punya kemampuan dance di atas rata-rata. Tak bisa kukatakan dengan rinci, hanya lihat saja saat konser, kurasa kita bisa sepakat dia tak buruk.
Variety : Kekuatan utama tsurishi satu ini. Hiatus dan melewatkan 3 single perdana, membuktikan diri sebagai koki handal, selalu menempati posisi atas dalam tiap tes pengetahuan, dan jangan lupa, karakter I-am-here-to-be-bullied yang dimilikinya. Manatsu mendapat nilai penuh dalam variety.
Popularity : Prominent HS seller sudah membuktikan level popularitas Manatsu. Dia satu-satunya member yang tetap berada di 2nd row, hanya sekali absen di Kidzuitara Kataomoi dimana dia turun ke 3rd row. Dengan kata lain dia bisa dikatakan ekivalen dengan Nanamin dan Maiyan.

Conclusion : Hanya jeblok di vokal, Manatsu memang layak dipertimbangkan manajemen untuk menjadi kandidat kuat center bahkan sejak awal Nogi berdiri.

Ikoma Rina

Now, now, Ikoma bukan hanya sekedar You-Know-Who yang masih bertahan karena horcrux semata. Dia punya kemampuan yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Vocal : Mizutama Mouyou masih sinonim dengan kemampuan vokal Ikoma di kepalaku. Kanjou Rokugousen meski gagal memenuhi ekspektasi pribadiku, cukup sering kulihat komentar yang mengapresiasi vokal Ikoma. Memang dia tidak memiliki teknik Ikuchan atau karakter Rotti, atau bahkan ada di level Naachan tapi cukup adil mengatakan bahwa dia tidak 6 kali menjadi center tanpa sesuatu untuk dipelajari.
Performance : Sepengetahuanku Ikoma memiliki kemampuan dance yang terbilang baik, juga bisa menghafal gerakan dengan cepat. Atas dasar apa? Pakai mesin waktumu ke tahun 2014.
Variety : Meski pendapat untuk ini akan sangat bervariasi, aku sendiri merasa jika Ikoma tak ada di Kojichuu atau Nogibingo, akan ada yang kurang. Meski bukan tipe orang yang witty dari awal, kadang celetukan Ikoma seperti sudah saklek harus ada di variety Nogi.
Popularity : Nilai minus terbesar dari Ikoma adalah popularitas. Meski aku sendiri tak akan mengatakan aku membencinya, namun lebih ke rasa muak akan berlebihannya push yang masih terus diberikan padanya. Tapi yah, selama LLC belum menghancurkan semua horcrux pada Ikoma, rasanya kita harus menelan saja kenyataan.

Conclusion : Menjadi face grup bukan berarti yang paling populer atau paling berbakat. Dua bidang ini adalah hal paling minus dari seorang Ikoma jika dibandingkan 6 center lainnya, bahkan hanya Miona lebih tidak diterima fandom saat menjadi center, dan itu karena fandom menganggapnya seperti Matsui Jurina, ikon 48G yang mayoritas fandom tidak ingin dikaitkan dengan. Hanya saja semua nilai minus Ikoma di mata fandom tak akan bisa membelokkan fakta bahwa dia layak disebut Jack of All Trades.

Imaizumi Yui

Bukan Tecchi yang menurutku layak disebut Jack of All Trades melainkan satu dari tridente Keyaki, Zuumin. Kupikir dia seperti Ikuchan, you just can’t hate her, dan jujurlah, siapa yang bisa mengatakan tidak menyukai anak ini?

Vocal : Masih cukup sulit bagiku untuk membedakan suara siapa yang mana di Keyaki. Zuumin dan Yuipon memiliki sedikit keuntungan karena punya Shibuyagawa. Dari teknik dan output yang dihasilkan, Zuumin cukup layak untuk dikatakan sebagai salah satu roda penggerak Keyaki dari segi vokal.
Performance : Zuumin mungkin bukan dancer terbaik Keyaki, hanya average jika dibandingkan Tecchi dan Miyu. Dia tidak buruk, tapi karena dia disandingkan dengan keduanya maka dia tampak overshadowed dari mereka.
Variety : Sampai sekarang aku masih terngiang saat Zuumin melakukan monomane Aka-chan dengan Hirate, so cute yet annoying at the same time. Di lain kesempatan, Zuumin menunjukkan kemampuan variety yang terbilang lumayan. Gelar sebagai salah satu yang menduduki tiga peringkat terbawah dalam uji kepintaran di Keyakake juga menjadi nilai plus.
Popularity : Bersaing ketat dengan Tecchi, Berika, Mona, dan Yuuka, Zuumin menjadi HS queen untuk saat ini. Dan tidak hanya di HS, dia populer secara keseluruhan.

Conclusion : Zuumin mungkin masih satu-satunya Jack of All Trades di Keyaki saat ini. Dan kutunggu saat datangnya member lain yang layak disebut Jack of All Trades.

Ada beberapa member yang tidak kumasukkan dalam list ini meskipun mereka memiliki beberapa kriteria diatas. Naachan, dia lebih sebagai maskot Nogi saat ini. Rotti meskipun memiliki vocal dan performance jauh di atas Ikoma, tapi dalam variety sangat biasa dan nilai popularitas malah minus.

Tecchi disebut sebagai prodigy, tapi dia memainkan peran sebagai The Chosen Center maka dia harus lewat kali ini. Dan dari Keyakizaka46 yang sekarang hanya dua orang ini yang menurutku layak disebut Jack of All Trades. Yuipon juga sebenarnya bisa dimasukkan, tapi dia masih lack dalam faktor X untuk bersinar.

Aku mencoba seobyektif mungkin, dan jika kalian punya member yang dianggap layak, feel free to add your own Jack of All Trades.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

27 Comments

  1. Miona om Miona….

    Vocal: Ya, OK Lah, diatas Manatsu yang pasti πŸ˜€
    Performance: gk buruk2 amat…
    VAriety: Sama kyk Ikuchan, klo urusan gambar nomer wahid, ekspresinya juga sering buat ane ketawa (apa ane aja x ya?) πŸ˜€
    Popularity: Top member dari gen-2 yah walau akhir2 ini mulai dikejar sama member laen dalam penjualan HS…

    Di keya sapa ya…

    Odamama (jgn mikir kemana2 deh pas baca nama ini)
    Vocal: hmmm, mugnkin gk sebaguss zuumin, tp dengan suara yg berat gitu, yknya OK juga suaranya
    Pefformance: gk buurk juga buat ane
    Variety: lumayan sering buat Kakenai rame, YAdaaaa~~~ masih terngiang terus ditelinga ane, enak banget suara n iramanya πŸ˜€
    Popularity: Yuph, tau sendiri dari hasil HS sementara Sekai… tp memenuhi 3 dari 4 juga boleh kan? πŸ™‚

    Like

    1. Kalo miona, apa ini obsesi setelah ikuchan ane masukin list πŸ˜€
      Miona agak lack di X untuk semuanya, dengan kata lain buat ane dia average dan belum layak disebut jack of all trades

      Wah kalo odamama, mau gak mau ya ane kepikiran. πŸ˜€
      Keyaki, masih sulit liatnya kalo buat ane

      Like

    2. @conan
      Tuh, kan, apa ane bilang. Udah terang-terangan jatuh cinta sama Odamama, masih aja ganggu Uemura-ku. πŸ˜€ cepetan Oshihen sana, dan lepas juga Berika dan Neru! πŸ˜€

      Like

    3. @Mac:

      Ntah kenapa makin kesnini ane liat Miona macam Ikuchan, sosok idol ortodox yg ane liat di dirinya lama2 berubah menjadi sosok idol koplak, dari dulu emang udah aagk kelihatan dikit sih, tp sekrng makin terasah πŸ˜€

      =====================

      @Mac Mas:

      Nah kan, ane dah tau konsekuensi ane nulis soal Oda, pasti deh berpikirnq buruk sama ane….

      Like

    4. Ane juga sih. Apalagi sekarang image jason vorhess malah makin kental, udah liat fotonya yang bawa2 gergaji mesin kan?

      Sebenarnya sih gak akan berpikir buruk kalo aja situ enggak minta dipancing melulu XD

      Like

    5. Udah tp kyknya dah lupa tyertimpa sama memory Oda πŸ˜€
      Itulah, kadang2 geleng2 kepala ane klo liat si iku sama miona beraksi.. πŸ˜€

      Like

    6. Kalo bicara soal Oda, ane kok jadi inget sama Akimoto Sayaka, ya, Oshimen ane dulu. Lucu, ga takut jelek, dan leadershipnya juga. Ane harap, Odamama bisa segila itu nantinya. Trus, pas baca di S48, ada satu member H.Keya yg kayaknya gila banget ya, yg mukanya mirip sama Katayama Haruka. Member kayak ginian ini bisa jadi JAT, juga kan?

      Like

    7. Setipe juga sih, ane juga pernah nulis kalo odamama bisa jadi lebih besar dari sekarang. Wah kalo disamain akigori @conan masih minat gak ya πŸ˜€ #odamamavirus

      Ah, si iguchi mao? Ya sih emang mirip haachan (surprise, ane tahu member 48G non populer) tapi tergantung sama kemampuan dia juga. Makanya ane udah gatel banget pengen liat penampilan publik pertama H.Keyaki

      Like

    8. Nah kan, Oda punya prospek ke depan, cuma pas ane nulis nama Oda pada mikir kemana2.. πŸ˜€
      Disamain sama Akigori? yg jadi harapan agan Mas kan secara kariri, jadi ya masih minat lah… πŸ˜€

      Masih belum hapal nama2 member H.keya, fokus ke Oda #EHHHHH

      Like

    9. Oda bisa kayak Kazumin. Kalo suasana di acara agak stagnan, langsung aja ngelempar ke dia, pasti rame lagi. Dan, sayangnya, kemungkinan dia jadi front row juga kecil, tapi ane pikir dia susah keluar dari senbatsu atau fukujin, mungkin?

      Like

    10. @Mas, yep setuju odamama bisa kaya Kaz, tapi bukan front girl material. Kalo ane sih dia bakal naik turun Fukujin.

      @conan, tanda2 kalo Ue, Berika, sama Neru harus dicerai, gak boleh gantungin 3 orang sampe segitunya XD

      Like

    11. Duh, ber-4 itukan maksudnya dalam ruang lingkup Keyakizaka46, jgn cari2 alasan baut nyerang keutuhan rumah tangga ane deh… πŸ˜€

      Like

    12. @conan
      Tanda-Tanda – Mus Mujiono
      @Mac
      Yg perlu dilakukan Oda, cuma jadi dirinya sendiri. Dari sisi sifat, dia udah menarik (ga enak nih pakai kata ini, ntar jadi bahan serangan πŸ˜€ ), kayak Kaz, yg emang dari sononya Koplak. Ane, lebih khawatir ke Ozeki nih. Di awal, dia keliatan prominent banget dengan keanehannya. Entah, semakin kesini, di Kakenai kok ga keliatan. Dia perlu lebih gila lagi!!!

      Dan, ane baru sadar kalo Berika itu cantik banget!!!

      Like

    13. @conan, nyerah ajalah. Atau tambah odamama secara resmi, jangan main belakang aja πŸ˜€

      @mas, udah jangan bilang odamama menarik, ada yang punya. XD
      Beberapa yang ane liat karakternya lost: mizuho, ozeki, fuuchan, Suzumoto, minami.

      Uyee, Berika ikut sekarang nih ya. Ue, Neru, Odamama, dan Berika. Lengkap! XD

      Like

    14. Duh lagu2 nya. bergaul sama agan Mas dan si mimin buat jiwa ane menjadi jiwa tua, padahal ane masih remaja yg bau kencur πŸ˜€

      Wah iya, setuju sama Ozeki, makin kesini kok amkin kehilanagna jati diri dia… klo yg laen yg disebut mimin ane belum liat perubahan, soalnya dari awla mereka juga gk terlalu kuat di mata ane karakternya..

      CIIIIAAAAAAAATTTTTTTT, Ue sekrng Berika, ane tunggu di pengkolan depan deh gan, kita selesaikan masalah ini secara lelaki… πŸ˜€

      Klo soal Oda, masih perlu peninjauan lebih lanjut, masuk list bini, list adek, atau list baru, list simpanan…Hahahahahaha

      Like

    15. Bau tanah kali XD

      Makanya ane bilang mereka lost, karakternya nanggung dari awal dan makin kesini makin gak jelas.

      Apa harus dibikin afiliasi anti serobot dan rebut istri orang, @conan? XD

      Like

    16. Cie cie cie, yg bau tanah nyamber… πŸ˜€

      Yg masih di jalan yg lurus cuma Berika yg masih jelas ponkotsunya πŸ˜€

      Percuma min, surat2 hak kepemilikan yg berbadan hukum saja gk mempan, cuma kesadaran masing2 indidvidu yg bisa menyelesaikan fenomena ini…XD

      Like

    17. Ciah, sesama yang bau THR gak boleh gitu XD

      Ponkotsu, ponkotsu everywhere. Semoga virus ini gak nyebar πŸ˜€

      Masalahnya, kapan sadarnya? Yumi ane yang udah terikat lebih dari setahun lalu aja masih diklaim. πŸ˜€

      Like

    18. @conan
      Dah, agan ini, baru muji gitu aja udah sensitip. Di, Keya ane cuma Ue, OZ, dan 2 lagi, yg jelas ga sama, jadi santei πŸ˜€
      @Mc & conan
      Kalo ane bilang, ini juga tugas MCnya, buat ngeluarin karakter member, dan juga si member gimana dia manfaatin kesempatan itu. Nah, member yg min sebut kehilangan karanya, ga bisa ambil kesemptan ini. Misalnya aja Koike, ane sempet berharap dia bisa jadi tsundere atau rebelnya Keya, tapi dia terlalu malu. Fuuchan juga, pertama liat, ane bilang nih anak cantik bnget. Tambah tertarik pas dia ngetawain mata ikannya. Tapi ga tahu, semakin kesini, dia semakin redup, mungkin karena dia pingin keliatan imut atau semacamnya? Mona contoh paling sukses dalam hal ini. Awalnya, dia super malu, sekarang gila dan menarik, kan? Kalo Oda, dari awal udah aneh. Beda aja dengan lainnya. Dia mudah jadi yg paling menonjol diantara member lainnya. Harapan terbesar ane ya di H.Keya. semoga aja mereka ga terlalu sungkan sama senpainya dan kayak Nogi awal yg ga terlalu kaku banget.
      Balik ke Jack of All Trades, Pon kayaknya peluang. Vokal, setidaknya sedikit diatas Nanase dan dia bisa maen alat musik. Sayangnya, dia memaksa main gitar, padahal baru belajar tahun lalu. Kenapa ga Saxophone aja, yg udah jelas, dia pernah menang lomba dan dapat penghargaan. Popularitas, ada dijalur menanjak, perfomance, lumayanlah, variety, ane belom tahu, tapi rumornya sebentar lagi ada Keyabingo, kan? Disini, mungkin bisa liat.

      Like

    19. bau THR cuma 5 detik doang, habis itu hilang tak berbekas πŸ˜€

      yankee, yankee every where, mudah2an gk nyebar ke bini2 ane.. πŸ˜€

      Ko maslah kapan sadarnya soal Yumi, tanyakan langusng ke orang terkait dong, ane kan gk ada hubungannya πŸ˜€

      ===============

      @Mas:

      Ini masalh hati gan, jadi ane sensitip x gan.. πŸ˜€

      Duh baca sola mata ikan jadi ngakak ane πŸ˜€

      si Nijika juga tuh, ane pikir dia bakal wah soalnya pas di episode awal + episode6 yg hari pertama pelatihan itu dia kan yg duluan memperkenalkan diri, kyk kelihatan urat malu dah putus tp kok kyknya melempem sampe saat ini..

      Like

    20. @mas, ya, member keyaki juga masih malu2 sih, kecuali Mona jadi malu2in sekarang XD
      Odamama lagi…XD
      Yuipon masih belum bisa dibilang Jack of All Trades, masih terlalu malu di variety. Kalau Keyabingo, ane antara yes dan no soal ini…

      @conan
      Kebanyakan bini sih gitu mau nambah lagi XD

      Beautiful yankee, apa salahnya XD

      Kan sebagai sesama suami yang diserang XD

      Like

    21. Demi kepuasana batin tk pa lah πŸ˜€

      Yah ane sih lebih seneng bini2 yg nunjukin mesra nya dengan cubit manja dari pada nunjukin dengan tonjokan mesra πŸ˜€

      Like

  2. Kalau masalah popularitas Iko, sebenernya itu hanya di fandomnya Nogi. Kalo diluar itu, dia cukup terkenal kan? Kalau JAT gen2 ada potensi satu, Junna. Dance lumayan dia, ane liat di Bomber under dan Futougou. Variety, baka + koplak + jago kaligrafi. Musikalitas ga tahu ane, tapi untuk popularitas, dia bisa aja melesat, kalo mnjmn kasih push dan kesempatan + dia masih muda. Termuda ke2 setelah Miria. Kayak yg dibilang di kosan Madoka, dia termasuk yg tercantik di Nogi dan ane setuju banget. Bisa model, tingginya yg 166 cocok banget.

    Like

    1. Itu dia, makanya ane gak bilang dia flop separah itu, biar gimana dia tetep face Nogi.

      Kalo ane, entah karena exposure gen 2 yang parah atau emang gen 1 terlalu kuat, gak ada satupun yang bisa ane sebut Jack of All Trades. Junna dan yang lain bisa sih dibilang Jack, tapi bukan of All Trades, bisa dibilang cocok lah, tapi dengan porsi jauh dibawah Ikuchan, Manatsu, dan Ikoma.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s