II Senbatsu : Half-Blood Princess

Akhirnya teka-teki siapa saja atau apa dan bagaimana susunan senbatsu sophomore single Keyakizaka46 terjawab. Menambah menjadi 21-nin senbatsu, Fans-favorite Nagahama Neru masuk senbatsu. Atau tepatnya dia di-kennin-kan, dan ini membuat banyak pihak tak mengerti. Actually, who did?Β 

I mean, kennin? Apa lagi ini, mau membawa-bawa sesuatu yang terkait 48G? Jika ingatanku tak salah pernah ada hal semacam ini dengan Team 8 di AKB. Apa ini maksudnya membuat The Half-Blood Princess bekerja ganda untuk Order of the Phoenix dan Death Eaters?

Nah, ini momen yang tepat untuk membahas julukan yang kuberikan untuk Neru sejak dia diperkenalkan sebagai member Hiragana Keyakizaka46; The Half-Blood Princess. Nah, kenapa nama ini? Karena semua Potterheads atau maniak film akan mengenal salah satu tokoh antihero paling fenomenal ini.

Kesamaan Neru dengan Snape, pertama adalah mereka Half-Blood, Snape berdarah Muggle dari ayahnya sementara Neru hanya separuh member original. Bukan gen 1.5, melainkan H yang setara dengan K. Kedua, mereka berperan antagonis. Snape adalah karakter paling dibenci nomor 2 sepanjang cerita dan Neru akan dianggap antagonis karena dia diberi massive push dan seolah memanfaatkan statusnya. Ketiga, aku butuh karakter ini untuk melengkapi You-Know-Who dan The Chosen One di Sakamichi Series.

Dan ini bukan berarti aku tidak menyukai Neru, sebaliknya justru aku cukup suka karena dia pintar dan cukup menghibur di variety. Hanya saja dalam drama antara K & H, ada tokoh antagonis yang dibuat oleh sutradara, dalam sosok Nagahama Neru. So I’ll play along.

img_20160627_195849.jpg

3rd row

Oda Nana, Saito Fuyuka, Harada Aoi, Uemura Rina, Nagasawa Nanako, Koike Minami, Ozeki Rika, Yonetani Nanami, Sato Shiori, Ishimori Nijika

Tidak berubah dari SiMa dan sesuai prediksi, kurang lebih sama dan Ozeki benar-benar turun. Hanya saja tebakanku soal Ue dan Nijika meleset. Dan 10 orang terlalu crowded untuk satu baris jika memiliki 5 front row dan 6 di 2nd row, mereka hanya akan kembali menjadi backdancer yang tak akan berperan banyak.

Nanako dan Miichan menjadi core di 3rd row, yah meski dengan jumlah sebanyak ini tak akan berpengaruh banyak, keduanya cukup disukai fandom. Ue meskipun memiliki popularitas namun masih ada Titan yang sanggup mempertahankan posisinya. Untuk yang lain, aku tak punya alasan kenapa mereka bisa naik ke 2nd row, dan bahkan jatuhnya Ozeki sangat predictable.

So, tak ada pendapat dan kesan spesial untuk 3rd row kecuali ancaman yang mulai ditebar oleh fanbase masing-masing member.

2nd row

Habu Mizuho, Nagahama Neru, Sugai Yuuka, Moriya Akane, Suzumoto Miyu, Kobayashi Yui

Kejutan paling besar di 2nd row menurutku imbang antara bertahannya Mizuho dan masuknya Neru. Meijin mendapat push dan kentara sekali manajemen tidak akan menyerah semudah ini pada member yang paling potensi menjadi model. Hanya saja jika Mizuho sendiri tidak bisa meraih popularitas di level yang seharusnya, posisinya semakin tak aman di single depan.

Neru yang “dipaksakan” (tak ada kata yang lebih baik kan) lompat ke 2nd row sama saja seperti saat Severus Snape dibebaskan dari tuduhan sebagai Death Eaters oleh Albus Dumbledore. Andaikan LLC adalah Dumbledore, fandom adalah Order of The Phoenix, dan Neru adalah Severus Snape, aku tak bisa mempercayai begitu saja.

Miyu ditempatkan di posisi yang cukup baik. Sebelumnya aku mengatakan jika Miyu mungkin malah akan menemukan potensi sebenarnya tanpa berada dibawah lampu sorot front row. Jujur saja, aku ingin melihat Miyu menjadi dance leader untuk Keyaki, dan melihat mereka membuat unit dancer sendiri. That’ll be awesome!

Such a sad thing Yuipon harus turun kali ini, tapi memang sudah bisa ditebak. Jika dibandingkan dengan empat front row SiMa, popularitas Yuipon memang yang terendah. Bahkan kalah dari Suzumoto. Disini aku berbicara secara general, di HS memang dia masih top seller. Yuipon masih akan menjalani masa sulit sebagai training untuknya selama beberapa single kedepan.

Yuuka dan Aka masih tetap menjadi core di 2nd row, meski mungkin akan bersaing ketat dengan Miyu-Yuipon sebagai combi terkuat di 2nd row. Belum lagi potensi hubungan segitiga Yuuka-Aka-Miyu.

Persaingan di 2nd row adalah yang paling ketat, separuhnya adalah nama yang cukup besar untuk dikalahkan begitu saja, sementara dua adalah mantan member front row serta satu Titan yang masih disayang manajemen. Battle Royale.

Front row

Shida Manaka,Watanabe Rika, Hirate Yurina, Watanabe Risa, Imaizumi Yui

Tak ada keluhan soal front row, kecuali Zuumin digeser oleh Berisa. Sebelumnya kupikir tridentΓ© Miyu-Tecchi-Zuumin akan bertahan setidaknya sampai single ini, ternyata tidak. Malah Miyu sesuai prediksiku turun ke 2nd row setelah popularitas yang stagnan.

Mona masuk ke front row, kuharap dia sudah siap. Dia mengatakan tidak ingin naik ke front row jika merasa belum mampu, tapi HS dan popularitas tidak berpikir begitu. Aku merasa Mona akan memberi dampak signifikan di front row, atau tepatnya aku berharap.

Zuumin, I could cry tears for her, padahal dia satu-satunya member yang paling bisa memberi perlawanan untuk posisi center selain Tecchi. Hanya saja setelah Neru berikrar setia pada Dumbledore dan ehm, popularitasnya melesat seperti meteor, sepertinya mereka mulai melupakan Zuumin dan memberikan peran itu pada Neru.

Berika dan Berisa sebagai pendamping center, well, aku mengatakan ini karena efek Tokuyama Daigoro dimana mereka juga diposisikan di samping Tecchi. Mari berharap pada kapabilitas mereka, mengingat ekspektasi dan atensi publik serta fandom yang besar. Tanpa salah satu dancer terbaik Miyu dan fandom sweetheart Zuumin, beban berat ada di pundak 2Watanabe.

Sementara untuk Tecchi, bahkan anti sekalipun akan mengatakan Tecchi memang belum tergantikan di Keyaki. Sebagai Matahari Tunggal Keyakizaka46 saat ini, memang pilihan utama masih tetap padanya. Tapi Tecchi masih harus membuktikan diri, apakah dia memang layak disebut The Chosen Center atau malah akan jatuh menjadi You-Know-Who, itulah pertanyaannya.

The Half-Blood Princess Role

 

Memasukkan Neru yang de facto masih member H.Keyaki dan membuat sistem kennin, jujur saja, it pissed me off. Memang aku selalu mengatakan untuk percaya dan telan saja semua keputusan manajemen, tapi aku tak bisa bertahan untuk tidak mengomentari hal semacam ini.

Memang jika diukur akan lebih banyak yang favor Neru untuk masuk kali ini. Tapi ini juga semakin menambah kebingungan akan sistem senbatsu-under di Keyakizaka46, dan embel-embel kennin membuatnya tambah rumit. Rasanya seperti membaca ketujuh novel Harry Potter untuk menebak siapa sebenarnya Severus Snape, dan harus menunggu untuk memastikan Neru sebenarnya ada dimana.

Sama seperti Snape yang menjadi agen ganda bagi Lord Voldemort dan Albus Dumbledore, Neru seharusnya ada sebagai representatif H.Keyaki dan bersama mereka setidaknya sekali saja, namun yang terjadi malah dia di-kennin-kan sebagai member H di grup K. Popularitasnya yang meroket bisa jadi yang membuat skenario ini berjalan.

Hal yang paling kuinginkan saat ini adalah mengerti bagaimana sistem K.Keyaki dan H.Keyaki bekerja. Jika sudah jelas, maka Neru tidak akan selalu menjadi antagonis di cerita ini. Sama seperti Severus Snape, yang menjadi pahlawan di akhir cerita Neru juga akan bebas dari semua kesalahan yang ditujukan padanya akibat enigma sistem dalam Keyakizaka46.

HiraganaKeyakiMay2016
What are they?

Untuk saat ini, aku ingin menjadi seperti Dumbledore yang menanyakan bagaimana perasaan Snape pada Lily Evans, dalam versi cerita Keyaki, “Setelah semua yang terjadi, apakah kita masih akan mendukung Keyakizaka46?”

Dan jawaban Snape hanya satu.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

39 Comments

  1. Kenapa cuma gambar Oda yg beda dari member 3rd row lainnya…? πŸ˜€

    Soal Neru si member penuh drama dan Berika si pnkotsu yg masih bertahan di baris pertama, jadi inget wawancara aki p disebuah buku tentang strategi bisnis AKB (efek baca2 file lama)..

    saat aki p ditanya kenapa dia menjadi Acchan jadi center padahal msih bnyak member punya kmampuan bernyanyi dan menari lebih baik,
    jawaban aki p: Karena saya pikir dia adalah yang paling cocok sebagai center. Fans mencari cerita Cinderella, di mana seorang gadis, yang malang, sering diganggu dengan hanya berselendang kain lap berubah menjadi seorang putri.Kami ingin fans mengalami dan melihat sendiri bagaimana seorang gadis yang jelas tidak mempunyai apa-apa bisa menjadi sesuatu karena dukungan mereka. Inilah sebabnya mengapa kita tidak dapat memulainya dengan gadis yang cantik atau seorang putri.

    Point: Fans suka gadis yg malang & fans ingin melihat sendiri bagaimana seorang gadis yang jelas tidak mempunyai apa-apa bisa menjadi sesuatu.

    Gadis malang, ini mah Neru banget, sejak diperkenalkan dialah member yg penuh perjlanan panjang utk bisa mnjadi idol..
    Gadis yg tidak punya apa2 (dalam hal ini nyanyi n dance kali ya) bisa jadi sesuatu, karakter ponkotsu masih jadi daya tarik rupanya… πŸ˜€

    Cuma ya itu, Kennin? apalagi ini… K&H Keya belum jelas + Kennin lagi.. akhir yg bahagia buat Neru atau justru dia jadi korban kelinci percobaan manajemen..

    Untuk Berika, setelah liat 1st perform semalam, ada perkemabngan, gk ada kesalahan berarti yg ia buat meski belum sempurna juga… mudah2an pandangan “hanya untuk menambah menarik visual Keya saja” yg disematkan ke dia gk terbukti bener…

    Ue…. di blog udah nulis unek2 dia, kecewa lantaran belum bisa maju tpi liat dia 1st perfom kemarin yg terlihat ceria ya mungkin dia udah bisa nerima n mencoba (Lagi) melakukan yg terbaik..

    soal member lain cukup dri pandangan miminnya saja..

    Oh iya, soal Oda…. πŸ™‚

    Like

    1. Ue center! Masak dari dulu, Oshimen ane ga ada yg jadi center, jadi pun pas masih indie dan grad. Kecuali T mungkin.
      Bosen gan, ente bilang Oda Oda terus, ga diklaim, klaim. Cepetan, Ue lepas, Oda jadiin penggantinya πŸ˜€

      Like

    2. @conan, Kan, kan, yang dilihat pertama pasti odamama XD

      Sebenarnya kalo H.Keyaki gak disebut under, mungkin ane gak bakal se-salty ini sama Neru. Andaikan dulu emang dibikin jadi 2 grup berbeda ane masih bisa nerima kennin-kennin bego ini.

      Ane sih belum mau komen soal 1st live, masih nunggu full version. Masih banyak juga yang bikin garuk kepala di live kemaren.

      @mas, masih mending ada yang pernah jadi center, ane dari zaman doyan banget 48G juga oshi gak pernah jadi center. Not even once.

      Like

    3. @Mas:

      Lah oda klo pun masuk gk masuk list bini gan, paling adek, agan tuh yg seharusnya jgn ganggu2 Ue, dah ada bini baru juga si Teh pochi eh Techi maksdunya, πŸ˜€

      ==========

      @Mac:

      Jgn salty sama Nerunya dong, sama manajemennya πŸ˜€

      Ya diungkapin aja yg bikin garuk2 itu, dri pda merasa gatal sendirikan πŸ˜€

      =======

      @Mas Mac:

      Mending gk ngerasain oshi jadi center sma sekali dri pda kyk ane, dulu oshiin Acchan gampang amat nyari posisi dia, lah sekerng Naanya… untuk kontak batin kami kuat jadi ane tau dimana dia πŸ˜€

      Like

    4. Kan ane udah bilang diatas, biang keroknya ya manajemen. Ane sih selow aja kalo sama Neru. Dia yang ngejar ane mulu *joke, joke XD

      Formasi dan siapa-yang-seharusnya-ada-di-mana itu yang bikin bingung. .

      Like

    5. Cuma kalimat mimin, “mungkin ane gak bakal se-salty ini SAMA NERU” kan kesannya jd kyk Neru yg salah πŸ˜€

      kyknya ok2 aja formasinya… mungkin gra2 peran monolognya kali jadi agak ambigu, si neru di baris 2 atau baris depan? πŸ˜€

      Like

    6. @conan
      Kalo soal monolog, kan perwakilan tiap baris.Te, sebgai center, zuumin baris 1, Neru + sugai baris 2, Oda dan siapa lupa ane, baris 3. Sayangnya, kemaren itu, lagunya kepotong, jadi kayak gitu, baru masuk, dapet monolog. Kalo full + MV atau show live mereka, baru tuh, sip!
      Soal lagu ke 3, kira2 muncul tahun ini ga ya? Bisa saja buat tabungan koleksi lagu, jadi pas ultah mereka yg ke 1 dan ngadain konser, udah ada banyak lagu buat bikin kayak konser beneran.

      Like

    7. @conan
      Ya kali harus nulis “sama manajemen yang gak jelas sama Neru” terus, panjang! πŸ˜€

      @conan, mas
      Ini juga termasuk, makanya ane tunggu live yang full. 2Watanabe juga kaya gak ngaruh gitu.

      3rd single sih pasti tahun ini, entah jadi fall single atau winter single. Ane sih pengennya winter.

      Like

    8. @Mas:

      Nah itu dia, makanya, gra2 cuma Neru yg maju di baris 2 pas perform jadi kyk gk jelas formasinya, aslinya bukan cuma dia..

      =-=============

      @Mac:

      Wajib itu, biar jelas, biar jelas klo bukan Neru yg harus nanggung beban .. πŸ˜€

      =====

      @Mas MAc:

      Sejauh ini gk ada berita soal 1st anniversary, paling ya itu yg tampil di acara TV asahi ya yg tgl 20 agustus itu, sehari sebelum annive..
      tp klo gk salah Nogi hari perayaannya bukan diabil dri tgl merek adibentuk kan, tp tgl perisian single mereka, berarti klo keya ikut gitu juga berarti 1st anniv mereka 6 april tahun depan dong.. dan mungkin itu udah single ke-4/5 keya..

      Like

    9. Ceilah nanggung beban. Makanya ringankan beban Neru dong, jangan asyik sendiri sama odamama XD

      Ini udah nafsu aja ngomongin 1st anniversary, 2nd single resmi rilis aja belum juga πŸ˜€

      Like

    10. Ya percuma klo ane sediain bahu, pemikiran, dan waktu ane untuk Neru tpi dia tetep dibebankan atas “kesalahan” yg ia gk perbuat.. πŸ˜€

      Ahahah, ya tebak2 berhadiah saja πŸ˜€

      Like

    11. Bukan percuma karena itu! Situ aja yang enggak tahu apa kemauan Neru. Kurang bisa membaca situasi ah. Yang dia inginkan bukan pembenaran dari kesalahan manajemen, tapi dia pengen ganti menu makan malam! Masa makan permen kaki melulu!

      Like

    12. Auch, pembahasan semakin melebar saudara! Permen kaki muncul lagi! Ane tambah ga paham. Coba kalo yg dibahas rengginang, ane pasti gabung! πŸ˜€
      Kalo bicara soal Neru, ga tahu apa semua ini settingan mnjmn atau ga, tapi dari cerita orang tuanya, ane bisa bayangin, sedihnya dahsyat banget. Dia dibawa pulang dan nurut sama orang tuanya. Tapi, pas sampai dirumah, dia baru tahu apa yg dilewatkannya, dan ga percaya itu terjadi, lalu bwaah tangisnya pecah. Hampir ikut nangis ane. 😦

      Like

    13. @Mac:

      Loh klo soal menu sehari2 Neru gk pernah komplain soalnya amenu kami selalu warna warni, hari ini permen kaki, besok minuman sereal, besoknya lagi mie instant, besoknya lagi promag, kurang apa coba πŸ˜€

      ====================

      @Mas:

      Mungkin inilah barokah buat Neru yg udah nurut(?) sama orang tuanya.. πŸ™‚

      Like

  2. Snape bilang apa nih? Ane cuma liat yg part 1 aja, belom ke part 2! Spoiler please! Kalo buku ga baca karena tulisannya kebanyakan πŸ˜€
    Kalo Neru ane bahagia, tapi setuju dengan istilah kennin, yg sebenarnya artinya pegang 2 posisi. Kalo istilah ini muncul, artinya K dan H, beda, bukan Under, karena under hanya sebutan buat yg ga masuk senbatsu. Jadi?
    Dan, Habu, semoga ga kayak sebelah, karena jangan sampailah, ane enek tiap liat acara Keya, kayak di acara Nogi, setiap nyorot atau suaranya kedengeran. Untunglah, Habu ga banyak omong.

    Like

    1. Gak mau spoiler demi kebaikan bersama πŸ˜€

      Jadi ya, ini sistem bikin pusing. Entah kalo LLC niat bikin sistem yang baru…

      Semakin meijin gak banyak omong, semakin bahaya posisinya di 2nd row, meskipun dia dipertahankan manajemen.

      Like

    2. Ane malaj dah lupa apa omongan om snape πŸ˜€

      Mungkin istilah Undernya Nogi sama Keya beda kali, klo Nogi under member, klo keya under group..
      Under member sebuatan untuk member non senbatsu tp masih dalam satu group, Nogi..
      Under Group sebuatan untuk group yg …. loh kok jadi pening kepala ane… πŸ˜€

      Ya sudahlah, mudah2an Habu Good Time di Keya… πŸ˜€

      Like

    3. @mac
      Mendinglah min, daripada ngomong ga pada tempatnya, sekali ngomong ga berbobot, suara lebih kenceng dari MC, ketawanya kayak monyet kejepit, lebih baik dia diem kan. Nah, pas ditanya MC, dia bisa ngasih jawaban yg pas dan menarik, itu baru! Sayangnya dia ga sering ditanya, ya jadinya kayak ga ada apa2nya gitu. (Astaghfirullah, semoga bukan ghibah)
      @conan
      Lain kali gan, jangan pakai lupa, tapi paul πŸ˜€

      Like

    4. Nanako semoga ga jadi bayangan, dia perutnya kan aneh, cocok buat getemono-an. Miichan, pengen dia lebih tsun. Jadi, dua ini min, yg baru di Keya, setelah AkaMona? Pantes foto mereka diatas lebih gede dari lainnya πŸ˜€

      Like

    5. Nggak juga, emang dari HS juga mereka berdua yang paling tinggi dari 3rd row. Dan mereka juga core di 3rd row makanya ane pegang biar mereka all-out di Keyabingo. Soal gambar sih emang kebetulan aja, apalagi odamama πŸ˜€

      Like

    6. Iya ada, Yumi sama Aka…

      Penghulu: “Sah para saksi? ”
      Para saksi: “SAaaaaaahhh~~~~!!!!”

      πŸ˜€

      Like

    7. Laki2 macam apa itu yg utnuk melindungi rumah tangganya aja harus minta bantuan…. hohohohohohoho

      Like

  3. ane mah nganggep neru cuma sekedar penggantinya harada mayu. jadi kalo dia dapet privilege yang lebih dibandingkan member hiragana yang lain ya wajar aja.
    seenggaknya udah sekali ditinggal wkwk

    Like

    1. iya juga sih. tapi misal kalo memi atau kumi anak hiragana yang ane suka langsung tembus senbatsu sekarang nah itu beda cerita. kalo neru kan audisi bareng2, tapi nasibnya kurang mujur aja emaknya galak wkwk

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s