O Chart : Nogizaka46 Best 15

Sejak beberapa hari belakangan, aku maraton mendengarkan ulang semua lagu Nogi dari Guru-Guru Curtain hingga Hadashi de Summer, juga nomor dari Toumei na Iro dan Sorezore no Isu. Dan hasilnya, ada pergeseran selera setelah mendengarkan ulang. Memang tak banyak karena dengan pace hanya sekitar 5 lagu per 4 bulan tak bisa mengharapkan banyak.

Langsung saja, ini dia 15 lagu Nogi favoritku, sekalian menunggu pengumuman senbatsu untuk 16th single.

15. Nani mo Dekizu ni Soba ni Iru

9th Single Natsu no Free & Easy Coupling

Hancurnya Natsu no Free & Easy memang bukan karena satu faktor saja. Banyak hal yang membuat summer single satu ini drop. Dari 9th single, hanya Nani mo Dekizu ni Soba ni Iru yang kusukai. Lagu sedih ini dibalut dengan aransemen yang upbeat, tak pernah kalimat “gomen ne” terdengar lebih bersemangat dari ini.

14. Sukima

nogi13thcdonlyreg

13th Single Ima, Hanashitai Dareka ga Iru Coupling

Unit beranggotakan Yumi, Bebitan, Sayu, Reika, Naachan, Kanarin, dan Yuttan ini sudah menunjukkan potensi besar di Hoka no Hoshi Kara. Dan saat diumumkan mereka akan dibentuk lagi untuk membawakan coupling dari Imahana ini ekspektasiku meningkat tinggi. Hasilnya tak mengecewakan, intro piano dan line pembuka Naachan langsung hit di telingaku. Akira Sunset dan Carlos K sukses di Imahana, kini tinggal berharap magis yang sama di tahun ini.

13. Boku ga Iru Bassho

1st Album Toumei na Iro

Menjadi nomor di Toumei na Iro tak menguntungkan lagu dengan kualitas seperti ini. Tanpa MV, tanpa promosi, Boku ga Iru Bassho tenggelam dibawah lagu yang dirilis sebagai coupling di single.

12. Ikuate no nai Bokutachi

15th Single Hadashi de Summer Coupling

Salah satu recent song yang paling kusukai adalah duet SayuMari ini. Vokal dan aransemen yang benar-benar sesuai untuk duet half angel-half human ini. Dari segi lirik, mungkinkah ini sekuel dari Umareta Mama de? Aku merasa setelah Umareta, Ikuate adalah kelanjutan ceritanya dengan ending yang dark.

11. Seifuku no Mannequin

4th Single Seifuku no Mannequin

Single keempat ini diwarnai kembalinya Akimoto Manatsu setelah hiatus sejak pembentukan Nogi. Dan lebih lagi, dia masuk Fukujin langsung, dan disaat bersamaan perubahan nama dari Shichi-Fukujin menjadi Hachi-Fukujin membuat banyak fanbase member lain yang tidak begitu menyukai Manatsu, terutama bagi fanbase member yang digesernya, Naachan.

Tapi itu drama di luar panggung, dari segi lagu, ini single pertama Nogi yang memutus rantai lagu idol-ish tiga single pertama. Jika kubayangkan mungkin seperti SiMa dengan impact yang lebih kecil saat itu.

 

10. Shibuya Blues

mannequintheater

4th Single Seifuku no Mannequin Coupling

A little piece of classic guitar selalu menjadi oase untuk kuping. Coupling Seifuku no Mannequin ini dibawakan unit duo Maiyan dan Kaz. Dalam live, seringkali diiringi permainan gitar dari Nanamin dan Maimai. Liriknya cukup depresif, salah satu lagu dark terbaik Nogi.

9. Kimi no na wa Kibou

5th Single Kimi no na wa Kibou

Still need a reason? Bagiku sendiri Kimikibou adalah lagu pertama, dalam arti harfiah back to 2013, yang membuatku berpikir “these girls can sing” meski belum sangat serius memperhatikan Nogi. Dan jika belum cukup, menjadi jingle di stasiun dan dibawakan di Kohaku sudah menjelaskan lagu ini kan?

8. Shitto no Kenri

13th Single Ima, Hanashitai Dareka ga Iru Under Song

Sayang tidak bisa menjadi single utama. Shitto no Kenri masih menjadi Under song terbaik dari segi lirik yang kuat. Dengan lirik terkuat ada pada bagian ini;

Ima no watashi wa uzai
Jibun ga suki janai

Hell, terkadang aku ingin sekali menendang diriku sendiri dan berteriak seperti ini. Dan sebagai bonus, seifuku monokrom di MV-nya mungkin salah satu seifuku terbaik Nogi, simple, yet elegant.

7. Ano Hi Boku wa Tossa ni Uso wo Tsuita

10th single Nandome no Aozora ka? Under Song

Under song dari Nandome ini sedikit underappreciated. Tapi seperti biasa, Under song punya kualitas yang tak bias dipandang sebelah mata, hanya saja karena ini coupling dari Nandome, cukup sulit mengingatnya. Lagu ini sedikit banyak lebih berkesan tentang persahabatan daripada percintaan, sama seperti Shitto no Kenri.

naze ka kore de yokatta to
ima de wa omoete shimau
datte kokoro no katasumi ni
konna itami ga aru kara
moshimo shoujiki dattara
itami mo nani mo nai mama
boku wa motto zurui hito ni natteta

Bait diatas jika diterjemahan akan menjadi

Somehow, nowadays, I end up
Being able to think “Things are fine the way they are”
But, since in the corners of my heart
A pain like this exists,
If I had been honest,
Without feeling any pain
I would’ve become a more dishonest person

God, wotta deep one. Kita semua pasti pernah merasakan hal seperti ini. Lagu ini sering kuputar saat aku merasa seperti itu. Dan meski resminya center lagu ini adalah Sayu, fokusku tidak padanya melainkan pada…

Yeah, it makes my life complete.

6. Oto ga Denai Guitar

cbike

3rd Single Hashire! Bicycle Coupling

Intro lagu ini mengingatkan masa dimana rock menjadi musik harianku, band menjadi tujuan hidup, dan impian lain setelah tumbuh dengan early noughties American rock. Satu bait Oto ga Denai Guitar mungkin satu kalimat impian seorang anak laki-laki;

Shounen jidai akogareta Rock wa
Ore no Pride

The rock I longed as a kid
Is my pride now

Oh, dan ini satu-satunya lagu dimana Yumi ada sebagai center. Yah, WCenter tepatnya dengan Naachan. Tambah lagi alasan menyukai lagu ini.

5. Sekai de Ichiban Kodoku na Lover

6th Single Girl’s Rule Coupling

Aku tak pernah terlalu menyukai EDM, tapi Sekai de membalikkan itu. Dan jujur aku sudah tahu lagu ini sebelum tahu judulnya. Semua ini karena proyek “Nogizaka aim for 2014” dimana Yumi, Reika, Misa, Rotti, dan Nenekoro melakukan trik skipping rope yang memanjakan mata diiringi lagu ini.

4. Korogatta Kane wo Narase

10th Single Nandome no Aozora ka? Coupling

Mencari nomor rock dari sekian lagu Nogi? Aku paling merekomendasikan Korogatta diatas Oto ga Denai Guitar atau Koumori Yo. Coupling Nandome ini membawa nafas rock yang berkebalikan 180° dari semua lagu di Nandome, sayang sampai sekarang tak ada lagi coupling yang bernafas seperti Korogatta.

Sejujurnya, sulit menentukan antara Oto ga Denai Guitar atau Korogatta mana yang lebih kusukai sebagai lagu rock Nogi. Tapi sepertinya output Korogatta memang lebih mudah untuk telingaku. Dan ini single yang cukup memorable karena satu-satunya lagu selain Nandome tentu, dimana Chiichan bisa ada di satu MV dengan para monster Nogi, termasuk Matsui Rena.

Dan penyesalan dari MV ini, jika saja one certain case tidak terjadi, di tahun 2015 mungkin saja kita bisa melihatnya sebagai center. She was on her peak at the time though…..

fyp-kunnogizaka46-10th-single-korogatta-kane-wo-narase1280x720-h-264-aac-mkv_000109818

3. Kidzuitara Kataomoi

8th Single Kidzuitara Kataomoi

8th single berarti banyak bagiku karena di single inilah aku benar-benar pindah kapal. Kidzuitara adalah single yang hampir membalikkan hukum kesempurnaan; lagu yang superb, first time center yang tak bisa lebih baik, dan timing yang tepat.

Dari segi lagu, two, bahkan jika bisa, four thumbs up Akira Sunset untuk lagu ini. A breeze of classic, easy listening pop song. Naachan sebagai center sukses membuat image fragile girl you want to protect bagi lagu dan dirinya. Dan timing, ini momen dimana Matsui Rena dikennin ke Nogi, dengan lagu yang superb seperti ini, tak heran exodus dimulai.

Dari segi MV, perumpamaan Naachan sebagai Dandelion memang sedikit absurd, tapi sukses menguatkan image dirinya sebagai fandom darling.

2. Umareta Mama de

8th Single Kidzuitara Kataomoi Under Song

Umareta, is, and still, the best Under song ever. Dari segi lirik memang tak sekuat Shitto no Kenri atau Ano Hi Boku wa Tossa ni Uso wo Tsuita , tapi tak diragukan Umareta adalah under song yang membawa tiga current senbatsu dan Fukujin; Himetan, Hoshimina, dan Misa. Satu center; Ashurin. dan dua half angel-half human; Sayu dan Marika. Dengan kata lain, ini lagu yang jadi saksi bahwa dalam prosesnya, semua bisa terjadi.

Dan liriknya juga punya dasar yang kuat untuk itu. Menceritakan tentang proses kedewasaan. Lirik terkuat ada di bait ini:

Zutto jiyuu ni ikiraretara
Ima dou shiteru darou?

If I can keep on living life freely
I wonder what I’m doing now?

1. Nandome no Aozora ka?

10th Single Nandome no Aozora ka?

Bagiku pribadi, Nandome masih nomor terbaik Nogi, baik sebagai single utama maupun coupling. A song to surpass dari segi musikalitas dan impact. Single pasca-Nandome yang paling mendekati kualitas single ini masih Imahana, baik dari segi main single maupun secara keseluruhan sebagai album.

Untuk MV, membawa angin klasik, MV idol yang staple dengan latar belakang sekolah. Tapi simplisitas MV ini juga menjadi magnet yang membantu perfeksi lagunya.

Dan kurasa, any bastard  guy lucky enough untuk mendapat kesempatan seperti ini di dunia nyata pasti menyelamatkan dunia di kehidupannya sebelumnya. 😀

Aku bisa mengulang-ulang lagu ini tanpa bosan, which is in my case, cukup jarang terjadi. Dan kebetulan, baik Nandome dan Imahana adalah fall single, yang berarti bisakah kita menunggu 16th single Nogi?

Nah, bagaimana dengan chart kalian? Punya chart sendiri? Share your own charts below.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

48 Comments

  1. 15. Hane no Kioku (C/W 12th)
    Suka liriknya yg ini “sora wa tobu tame ni aru, miageru tame ja nai = The sky exists for us to soar, Not just to look up at”

    14. Yubi Bouenkyou (C/W 4th)
    Ntah cuma kuping ane atau emabg ada slaah pengucapan di lagu ini..
    pas bagian lirik
    “kimi ni wa motto ippai
    yume to kibou ga arunda
    bootto shitetara
    minogashichauzo” <- nah dilirk ini ujungnya ada terdengar suara "zo" ada yg kyk "Aaa"

    13. Muguchi na Lion (C/W 9th)
    Gak pilih lagu ini Min? padahl enak dan klo diliat MV nya seharusnya mimin masukin nih lagu XD
    Sedih liat sakurai di MV ini, pait pait pait..XD
    Liriknya juga dalam, menggunakan singa sebagai sosok dalam lirik ini luar biasa

    12. Watashi no Tame ni, Dareka no Tame ni (C/W 7th)
    Setiap dengerin lagu ini, ane selalu berpikir situasi dimana ane duduk dibawah pohon rindang ditengah pdang rumput, menutup amata dan menikmati hembusan angin yg sepoi2 terus memainkan gitar sambil nyanyiin lagu ini, kedamaian hati n jiwa XD
    "aa… kokoro to kokoro ga kyoumei shite..ikiru itami wo wasurerareru deshou = Ah, When the feelings in one heart resonate in another, We’re able to forget the pain of living, aren’t we?"

    11. Korogatta Kane wo Narase
    Rock n MV nya lucu XD

    10. Anata no Tame ni Hikitai
    Lagu solo Iku, dan Iku banget ini lagunya…. Selalu terlarut dengan kedamaian setiap dengerin lagu n dentingan piano nya..XD

    9. Kikkake
    Kimi no na wa Kibou ver 2.0, itu yg sering fans bilang soal ini, tpi klo bagi ane meski mirip, ane lebih suka Kikkake

    8. Hadashi de Summer
    Lagu musim panas terbaik Nogi sejauh ini… suka liat dance member pas di reff bagian akhir…
    "You know…"

    7. Mou sukoshi no Yume
    Selalu jadi charge dikala gk ada semangat buat ngelakuin sesuatu XD
    "mou sukoshi yume wo misasete
    saigo made ganbatte miru
    moshimo namida ga hoho nurashite mo
    shinjitsudzukereba
    motto tsuyoku nareru hazu
    watashi wa makenai
    kondo dake wa maketakunai"

    6. Kidzuitara Kataomoi
    Setelah ane selangkah semakin dekat dengan Nogi dengan lagu Barrette, selanjutnya Nogi liris single ke-8 dengan main songnya Kidzuitara Kataomoi, n petualangan ane sebagai fans ungu smakin menjadi2 sama kyk mimin… XD

    5. Barrette
    Lagu yg gk sinkron antara lirik sama cerita MV nya yg maen tembak2an… XD.
    Seperi yg ane bilang di atas, lewat lagu ini ane mulai selangkah semakin dekat mengenal Nogi lebih jauh, sebelumnya cuma 2 lagu Nogi diantara lagu2 48 yg selalu ane denger, dan mulai single ke-7 lah lagu2 Nogi mulai menyerbu list lagu2 idol yg bakal sering ane dengerin… Dan lewat lagu ini juga, sang center Hori Miona menarik hati ane setelah melihat dia di MV ini dan menatap matanya yg bisa ngeluarin genjutsu.. XD

    4. Inochi wa utsukushii
    Sedikit terkejut mimin gk memasukkan lagu ini di list 15 lagu pilihannya.
    Dark + cool. Jadi lagu yg membuat member setuju klo dance lagu ini menjadi yg tersulit yg pernah mereka lakukan dan syuting MV di gunung Fuji sukses membuat Iku n member lain kesulitan bernafas..

    3. Oto ga Denai Guitar
    Sama kyk mimin, dengan lagu ini setidaknya jiwa rock ane masih bisa tersalurkan XD

    2. Ookami ni Kuchibue wo
    Seperti yg ane bilang di Barrette, sbelum nogi rilis single 7 keatas, ane cuma dengerin 2 lagu Nogi, oto ga denaa guitar n lagu ini, salah satu lagu coupling single Nogi terbaik buat ane makanya ane berani beri posisi tinggi sama lagu ini…
    Duh jadi inget Mai2 T.T

    1. Nandome no Aozora ka
    Akhirnya momen yg ditunggu2, Iku menjadi center, sebelum single ini dirilis, klo ane gk salah Aki-p dah bekoar kalau lagu disingle ke-10 adalah KAMI-song sejauh yg pernah ia buat untuk Nogi n Wallah… setidaknya buat ane Aki-p tidak berbohong karena lagu ini wuenak banget…

    Like

    1. Yah, kalo Muguchi na Lion ane emang kurang begitu suka dari aransemen. Mana MV-nya begitu pula XD

      Inochi, Imahana, termasuk antara iya dan enggak buat masukin. Kalo dibikin 20 besar mungkin bakal masuk 😀

      Milih Nandome juga jadi #1? Panas gak tuh pas liat MV-nya? Apalagi di foto terakhir itu XD

      Like

    2. Justru klo lagu2 irama cengeng ane suka yg iramanya kyk Mukuchi..
      Mukuchi atau muguchi sih?

      welah, berarti peringkat 15 ketas 2 lagu itu?

      Enggaklah, sebenarnya MV itu terinspirasi dari kisah nyata ane sama Iku.. XD

      Like

    3. Kalo lagu begituan sih ane gak begitu tertarik, kembung dari pengalaman di fandom lama XD
      Ane bilang sih Muguchi…

      Ya gitu deh. Tapi gak sampe duapuluhan.

      Ente jadi cowok yang suka setengah bugil di sekolah dan pake seragam cewek? Wew XD

      Like

    4. AKB maskudnya? ane rasa beda taste…

      pdahal inochi bagus gitu..

      Klo itu certa tambahan aja buat lucu2an, yg sesuai dengan cerita ane itu ya cara beretemu Iku di suatu sekolah, terus diam2 ane motret mukanya pake HP eh tak taunya Iku ngelakuin hal yg sama ke ane 😀

      Like

    5. Ya kalo yang itu taste-nya terlalu artificial, kalo Nogi masih dalam kadar gula yang sedikit diatas rata-rata 😀

      Namanya juga pilihan. Ane mah gitu, milih bini juga satu aja, gak 7 sekaligus *loh

      Ketemu di sekolah, tapi gak dalam status sama sebagai murid kan? Kalo iya kasihan amat Iku XD

      Like

    6. Kok kayaknya sering serang ane soal 7 bini ya? iri atau gimana sih? XD

      Jadi maksud agan ane kepsek iku siswinya? wong kami seumuran jadi ya ketemu saat kami sama2 diospke waktu kelas 1 sma XD

      *mulai keluar jalur lagi komennya, giniinh, komen yg sesuai postingan paling cuma 2-3 komen, selebihnya ntah apa yg dibahas XD

      Like

    7. Enggak, abis tuh dibawah ada yang ngincer Miona XD

      Tuh kan kasian amat Iku, tua banget kalo seumuran sama ente XD

      *tradisi ngaco harus dijaga XD

      Like

    8. Dah biasa, kehidupan keluarga ane selau ada cobaan dari pihak luar..XD

      Ya enggklah, kan dah berapa x ane bilang, ane masih muda, sangat muda..

      Klo yg gk tau nih tradisi bakal bingung baca2 koemnnya, “nih org bahas apa sih?” XD

      Like

    9. Iya deh iya percaya XD

      Entah harus bereaksi gimana sama ini, iyain aja deh biar seneng hatinya XD

      Tradisi emang gak semua orang paham maksudnya XD

      Like

  2. Ikut nimbrung ya agan Mac 🙂
    *Mungkin pertamax udah diambil sama agan Conan :3

    Sebelumnya belum pernah ngurutin chart Nogi kayak gini. Palingan sekedar masukin semua lagu ke WMP,shuffle on, terus dicatet deh 30 lagu yang diputar sama WMP 😀 #KurangKerjaan
    Pernah juga bikin playlist dengan ngambil 5 lagu dari masing2 lagu Senbatsu, Under, Coupling A, B, C, T/S/D, dan Album. Tapi gak diurutin dan tetap suffle on..

    Sambil mikirin urutan lagu Nogi yang masuk favoritku, izin komentar terkait chart agan Mac ya.. 😀
    Manatau ntar ane dapat pencerahan..
    15. Nani mo Dekizu ni Soba ni Iru
    Salah 1 lagu di 9th Single yang kusuka, namun sayang gak ada MV-nya 😦
    Bdw, 9th Single kenapa bisa drop ya? Kalo liat di S48 oricon sales, memang penjualannya menurun dibanding 8th Single.

    14. Sukima
    Ternyata unitnya sama dengan yang nyanyiin Hoka no Hoshi Kara toh.. (gak merhatiin secara detil). Tapi untuk unit ini ane lebih senang dengerin yang Hoka no Hoshi Kara.

    13. Boku ga Iru Bassho
    Sayang disayangkan juga sih gak ada MV-nya. Termasuk 5 lagu dari album yang masuk playlist.

    12. Ikuate no nai Bokutachi
    Termasuk 5 lagu dari Coupling T/S/D yang masuk playlist. Entah kenapa suka aja dengan musiknya dan belum membaca makna liriknya (baru sekedar baca review lagu ini di sini).

    11. Seifuku no Mannequin
    Cukup bingung antara milih ini atau Kimi no na wa Kibou di 5 teratas lagu Senbatsu. Dancenya asyik walau awal2 liat masih gak sreg dengan gerakan telapak tangan goyang2 di pinggang(atau pinggul?) 😮

    10. Shibuya Blues
    Jarang banget dengerin lagu ini. Tapi masuk di 30 lagu yang di play random sama WMP 😀

    9. Kimi no na wa Kibou
    Akhirnya yang terpilih ini daripada Seifuku no Mannequin di 5 teratas lagu Senbatsu.

    8. Shitto no Kenri
    Lagu under terbaik ke-2 menurut ane. Senbatsu WCenter, Under juga WCenter 🙂

    7. Ano Hi Boku wa Tossa ni Uso wo Tsuita
    Lagu under yang paling ane suka.
    “Dan meski resminya center lagu ini adalah Sayu, fokusku tidak padanya melainkan pada…”
    Aarrgghh…agan Mac kenapa screenshootnya yang itu. #meler
    Benar juga ya, centernya Sayunyan tapi di MV fokus ke mereka berdua (kayaknya).

    6. Oto ga Denai Guitar
    Cieee.. Yumi. Jadi lebih baik Yumi duet sama Naachan atau sama Reika? 🙂

    5. Sekai de Ichiban Kodoku na Lover
    Salah satu lagu coupling yang kusuka. MV-nya juga keren. Di 6th Single malah lebih sering dengerin lagu ini dibanding lagu single utamanya.

    4. Korogatta Kane wo Narase
    Komennya sama kayak Shibuya Blues. Mungkin selanjutnya akan masukin Korogatta, Oto ga Denai Guitar dan Koumori Yo ke playlist.

    3. Kidzuitara Kataomoi
    Urutannya sama sebelum ImaHana datang. Bingung antara lagu ini atau ImaHana. Lebih gampang teriang di telinga lirik lagu ini apalagi bagian yang sebelum reff terakhir.
    Kidzuitara.. Kidzuitara..

    2. Umareta Mama de
    Bingung milih ini atau Koko ni iru riyuu atau Hatsukoi no hito wo ima demo di 5 lagu Under yang masuk playlist. Paling suka adegan di MV ini yang waktu member buka pintu satu per satu.

    1. Nandome no Aozora ka?
    Setuju dengan review dari agan Mac, lagu ini ga bosenin walau diputar berulang-ulang.
    Pernah teman minta sms nasehat waktu milad dia, sama ane malah ane kirimin reff lagu ini 😀

    Like

    1. Hahaha, ane juga posting ini buat selingan aja kok 😀

      Ano Hi Boku wa Tossa ni Uso wo Tsuita itu momen dimana Bebitan dan Ashurin resmi jadi adek ane 😀

      Antara WakaRei sama Naachan-Yumi? Kalo ane sih jelas milih Yumi&Mac, sama-sama suka Apple XD

      Like

    2. Akhirnya bisa nentukan 15 lagu Nogi 😀
      15 Boku Dake no Hikari
      Suka dengan musiknya.

      14 Hadashi de Summer
      Entah kenapa liat versi livenya, Ashurin makin manis to the max :3 dibanding lagu2 Nogi sebelumnya yang dicenterin sama dia.

      13 Popipapapa
      Sama kayak Boku Dake no Hikari. Suka dengan musiknya.

      12 Nani mo Dekizu ni Soba ni Iru
      Komennya sama kayak yang udah ditulis sebelumnya 🙂

      11 Watashi, Okiru
      Oh Wake up! Wake up! Wake up myself!
      saa Just in time! Just in time! me wo samashite!

      Kalau lagi mager trus kebayang lagu ini.

      10 Hoka no Hoshi Kara
      Suka dengan MV-nya yang melayang-layang. Nanase, Sayunyan dan Bebitan manis banget di sini 🙂

      09 Kikkake
      Baca liriknya ternyata lagu ini bagus juga.

      08 Kimi no Na wa Kibo
      Setelah liat versi live yang pake orkestra, jadi tambah suka lagu ini.

      07 Shitto no Kenri
      Komennya sama kayak yang udah ditulis sebelumnya 🙂

      06 Sekai de Ichiban Kodoku na Lover
      Komennya sama kayak yang udah ditulis sebelumnya 🙂

      05 Ano Hi Boku wa Tossa ni Uso wo Tsuita
      Komennya sama kayak yang udah ditulis sebelumnya 🙂

      04 Kidzuitara Kataomoi
      Kidzuitara.. Kidzuitara..
      kidzuitara kataomoi

      Yaah..jadi teriang lagi deh bagian itu 😀
      Akhirnya KidzuKata terdepak dari 3 besar >__<

      @MAC:
      Wuiih..resmi jadi adek agan Mac. Tapi mereka boleh dijadikan adek bersama kan? 😀

      Yaudah Yuminya lagsung disahkan aja gan 🙂

      Bdw, yang 9th Single jadi drop, menurut agan Mac kenapa ya?atau tau infonya yang dulu berkembang di fandom?:o

      Buat semua:
      Selamat menyantap olahan daging qurban bersama istri dan adek2nya :3

      Like

    3. Perasaan tadi nomor 3-1 dah ditulis dah..
      kok gak muncul ya? 😀

      03 Ima, Hanashitai Dareka ga Iru
      Setelah nonton Kokosake dan liat lagi MV-nya, kenapa jadi nyesek ya..
      hanashitai dareka ga iru tte shiawase da..

      02 Nandome no Aozora ka?
      Tambahan, entah kenapa dari keempat lagu teratas, ane paling suka dengerin pas bagian sebelum menuju reff terakhir. Begitupun kalo dengerin yang off vocalnya.

      01 Inochi wa Utsukushii
      Musik, dance, lirik dan MV-nya yang membuat lagu ini ada di urutan pertama. Terkadang kalo dengerin lagu ini malah kepingin ikutan dance juga >_<

      Like

    4. Adek bersama?!? Wah wah ketularan sindrom serigala nih gan? 😀
      Yumi sih udah resmi, cuma ya banyak yang suka klaim 😀

      Dulu sih, buat ane nih, setelah Kidzuitara, materi Natsu emang gak matang. Purple line enggak, staple idol enggak, serba nanggung. Dan materi setengah2 ini bersaing sama berita partisipasi Ikoma di SSK 48. Banyak yang bilang lebih milih buat dukung Ikoma daripada 9th single karena dia wakil Nogi. Waktu itu cukup riot sih, pro kontra banget lah.

      Like

    5. @MAC:
      Hahaha..ane kira kalo untuk adek masih diperbolehkan lah klaim adek bersama 😀
      Yaudah sini sapa aja yang belum diklaim sama kakak2 di sini.. Jangan2 Kiichan dan Miona juga udah ada yang klaim? 😀

      Oh begitu toh.. Iya juga sih. Mungkin waktu itu wota di sana dilema antara beli 9th Single atau vote Ikoma di SSK.

      Like

    6. Kiichan belum. Kalo Miona….bininya si om yang komen pertama tuh. Liat aja nama aliasnya 😀

      Tapi Ikoma tetep jadi pihak yang kalah. Dapat rank senbatsu gak ngaruh sama persepsi mayoritas fandom soal dia.

      Like

    7. Walah..malah udah jadi bini orang. Kayaknya Oom satu tuh udah banyak banget ya bininya 🙂

      Kasihan juga Ikoma.. 😮

      Makasih ya agan MAC udah ngasih penjelasan. Jadi tahu penyebab kenapa penjualan 9th Single menurun dibanding 8th Single..

      Like

  3. 10 aja yah
    10. koko janai doko ka
    trio lucuk nogizaka, lagunya bagus banget juga

    9.Tsuribori
    pertama sadar ane jatuh cinta sama seorang nishino nanase

    8.Tachinaorichuu
    melow bagus

    7.Nandome no Aozora ka
    ikuchan center seperti yang (seharusnya) sudah ditakdirkan

    6.Taiyou Knock
    interlude sama MVnya mantap, terutama MVnya, terbaik!!

    5.Natsu no Free and Easy
    suka banget sama gitarnya, dan lagi-lagi MVnya keren!

    4.Boku no iru riyuu
    lagu under paling bagus sepanjang masa

    3.Anata no tame ni hikitai
    cuma modal piano sama sedikit sentuhan biola, tapi suaranya ikuta bikin lagu ini jadi kelas!

    2.Seifuku no Mannequin
    lagu keren nogizaka dan cuma kalah sama

    1.Kimi no na wa kibou
    alasan kenapa ane demen nogizaka, sampai bubarpun sepertinya lagu ini bakal tetep nomor 1 di list ane

    Like

  4. Bingung, karena ane ga punya semua lagunya, dan hampir semua lagu yg ane punya, ane suka. Kadang yg enak ane download yg ga enak ga ambil. Tapi setelah beberapa lama,…udah ga usah panjang lebar. Ane ga pernah perhatiin liriknya, karena emang ga ngerti. Jadi list ane ini berdasarkan musik dan melodi+dance yg ane suka.
    10. Wakaregiwa Motto Suki ni Naru
    Alunan melodi India bikin ane tertarik karena beda aja. Dan, enak juga melodinya.
    11. Hane no Kikou
    Enak banget + suka MVnya. MV lagu ini buat ane sadar kalo member Nogi cantik2, setelah selama ini fokus ke Yumi terus.
    12. Nandome no Aozora ka?
    Ga ngerti arti liriknya dan ga berusaha cari tahu, tapi hati ane terenyuh pas denger lagu ini. Enak banget.
    13. Shitto no Kenri
    Mantab! Melodi enak dan dancenya ane suka banget! Sayang ga pernah ada kesempatan liat yg full.
    14. Koko ni Iru Riyuu
    Salah satu lagu yg MVnya menggambarkan tabiat member sesungguhnya. 😁 Suka melodinya dan Junna juga masuk, meski baris belakang.
    15. Romance no Start
    Lagu yg pertama kali ane cari chordnya. Enak!
    16. Mukuchi na Lion
    Aroma band kental, ane suka. Naachan cium Yumi, ane iri.
    17. Sekai de Ichiban Kodoku Na LOVER
    Tertarik sama melodinya pas liat Yumi di Nogidoko maen Double Dutch. Pertama denger, ini lagunya Nogi?! Sama sekali ga tahu judulnya dan mengandalkan pendengaran liriknya terus ane Google, ambil dan suka banget. Lagu yg bikin ane semangat!
    18. Hoka no Hoshi kara
    Bingung antara ini sama Sekai de, tapi ane pilih ini diatas Sekai de, karena sekarang lagi gila ngedengerin lagu ini. Selalu ane maen basnya ngiringi lagu ini dan pas maen ane seperti kerasukan, nge-trance gitu. Ga inget apa2 cuma kedengeran suara lagu ini. Paling suka pas “Minna to Issho ni…” pengucapan huruf “I” di kata “Issho” pake qalqalah. Kayak pake huruf “ain”. 😊
    19. Korogatta Kane wo Narase!
    Punk! Ga nyangka Nogi ada lagu kayak gini. Dan baru sadar kalo melodinya dipake di Nogichuu. Sering ane dengerin akhir2 ini barengan sama Hoshikara.
    20. Inochi wa Utsukushii
    Satu2nya lagu Nogi yg bikin ane merinding. Suara rendah Naachan kedengeran manteb abis. Dancenya juga bisa ane bilang, paling top! MV mantab, semua keliatan keren bahkan yg baris ketiga. Lagi ini juga jadi lagu latihan BeatBox ane, tapi ga pernah bisa2 juga. 😝
    21. Seifuku no Mannequin
    Dari melodi dan musik, MV juga, ga bisa ane bilang sempurna. Bahkan mungkin lagu ini ane bakalan tempatin di bawah Nandome. Tapi, ane putusin ini lagu yg ada di posisi paling atas, karena arti lagu ini pada kegiatan ngidol ane besar banget. Lagu ini yg bikin ane, yg dulu punya pikiran bahwa liat acara idol lain, dengerin lagu idol lain dan liat foto/gambar member lain selain 48 adalah sebuah pengkhianatan, berubah. Ngakak juga kalo inget masa2 itu. Lagu yg juga bikin ane mantab grad dari 48. Dan, dance lagu ini, selalu pas buat setiap lagu Nogi atau Keya. Tinggal ngatur temponya aja. 😎😁🐺

    Like

  5. Ane Ikutan Bikin List Yak Min 😀
    Karena Ane Bingung Nentuin Best 15 Jadi Ane Bikin Best 20 😀

    20. Shakiism
    Demen Banget Sama Musiknya Terutama Intronya. Btw Yang Jadi Guru Di MVnya Itu Tokuyama Daigoro Yak?

    19. Mazariau Mono
    Gak Tau Lagu Ini Bisa Dikatakan Lagunya Nogi Atau Nggak. Jika Iya Maka Lagu Ini Masuk List Best Nogi Song Versi Ane. Semoga Bisa Kesampaian Mazariau Mono Live Sebelum NyanNyan Grad.

    18. Ushitakunai Kara
    Lagu Terbaik Di Awal Kemunculan Nogi.

    17. Hatsukoi No Hito Wo Ima Demo
    Lagu Yang Cocok Buat Yang Gagal Move On 😦

    16. Sekai De Ichiban Kodoku Na Lover
    Satu Dari Beberapa Faktor Yang Membuat Single Ke-6 Masih Menjadi Summer Single Terbaik Nogi.

    15. Muhyoujou
    Lagunya Catchy Ditambah Lagi Choreonya Yang Lucuk Dapat Membuat Harimu Lebih Ceria 😀

    14. Senpuuki
    Lagunya Catchy + Choreonya Lucuk + Centernya Super Lucuk. Faktor Lain Yang Membuat Single Ke-6 Masih Menjadi Summer Single Terbaik Nogi.

    13. Ikuate No Nai Bokutachi
    Lagunya Terdengar Seperti Fusionnya Lagu Drama Korea & Lagu Anime. Sangat Cocok Dengan Vokalnya Mama Sayu Dan Dedek Marika 🙂

    12. Kanashimi No Wasurekata
    Demen Banget Sama Lagu Ini Apalagi Waktu Dibuat Versi Orchestra Kayak Di Jingu Tahun Lalu.

    11. Kimi No Na Wa Kibou
    Lagu Yang Mencerminkan Nogi. Lagu Nogi Pertama Yang Ditampilkan Di Kouhaku Uta Gassen

    10. Tsuyogaru Tsubomi
    Feelnya Kena Banget Waktu Dinyanyiin Bareng2 Di Birthday Live Kemaren (Padahal Cuma Dengerin Dari Rekaman). Setelah Itu Ane Coba Dengerin Lagi + Baca Lirik Dan Ternyata Lagu Ini Pantes Masuk List Best Song Nogi Versi Ane.

    09. Kidzuitara Kataomoi
    Lagu Yang Dapat Menyampaikan Image Naachan Ke Para Pendengarnya + Video Klipnya Juga Demikian

    08. Sukima
    Sama Kayak Admin, Intro Dan Line Pembukanya Langsung Nyantol Di Kuping.

    07. Anata No Tame Ni Hikitai
    Setiap Kali Ane Mendengarkan Lagu Ini, Seperti Ada Iku Yang Memainkan Piano & Bernyanyi Untuk Ane 😀

    06. Mousukoshi No Yume
    Lirik Yang Sangat Indah Mampu Dikonversikan Dengan Baik Oleh Suara Naachan Dan Musik Yang Merdu. TOP Banget Lah Pokoknya.

    05. Kikkake
    Versi Upgrade Dari Kimi No Na Wa Kibou. Dentingan Piano + Alunan Biolanya Langsung Ngeresap Di Kuping Ane. Liriknya Juga Menjadi Nilai Plus Dari Lagu Ini.

    04. Seifuku No Mannequin
    Lagu Cool Dengan Choreo Yang Cool Pula. Liriknya Juga Bagus.

    03. Hane No Kioku
    Demen Banget Sama Reff Dari Lagu Ini + Video Kilipnya Merupakan Video Klip Nogi Terbaik Versi Ane.

    02. Inochi Wa Utsukushii
    Musik + Dance + Video Klip + Lirik Patut Diacungi Jempol.

    01. Nandome No Aozora Ka?
    Sempat Bingung Nentuin Peringkat Satunya Antara Nandome Atau Inochi. Tapi Akhirnya Ane Lebih Memilih Nandome Karena Lagu Ini Lah Yang Membuat Ane Demen Sama 46 Dan Ikuchan. Prediksi Ane, Lagu Ini Yang Bakal Nogi Tampilin Di Kouhaku Tahun Ini Kalau Mereka Diundang Lagi.

    Like

    1. Yep, yang di Shakiism dan Tokuyama Daigoro itu sama.
      Mazariau mono, kreditnya sih akbXnogi, tapi karena gak pernah dirilis resmi atas nama Nogi, lagu itu punya akb. Dan lagu kolaborasi paling bagus dibanding kolaborasi 48xnogi yang lain.
      Kalo Nogi diundang kohaku lagi taun ini, ane juga ngarepin perform Nandome, asal gak kalah bagus sama 16th single nanti 😀

      Like

    2. Makanya Kok Mirip 😀

      Semoga Aja 16th Single Nanti Bisa Jadi Hits Biar Nogi Bisa Semakin Mengimbangi (Bahkan Melebihi Amin) AKB Yang Udah Punya 2 Lagu Hits Yaitu KFC Sama 365 Nichi.

      Kalo Bisa Tiap Lagu Ada Embel2 Kerjasamanya Kayak 15th Single Ini.

      Like

    3. 365 Nichi Menduduki Rank 2 Top Digital Singles Recochoku 2016 Half-Year Charts. Mengalahkan Radio Fish – Perfect Human, OOR – Wherever You Are, Nishino Kana – Torisetsu Dll. Cuma Kalah Dari Kiritani Kenta – Umi No Koe. Selain Itu Pada Bulan July Lalu, 365 Nichi Juga Udah Dapet Double Platinum Dari RIAJ Padahal Belum Genap Setahun.

      Maksud Ane Kerjasama Kayak Offshore Girl x From Aqua, Boku Dake No Hikari x Koukosei Quiz, Imahana x Anthem Of The Heart Dll

      Like

    4. Hebirote Booming Banget Di Ranahnya (Fans Idol). Kalo Diibaratkan, Hebirote Ini Sama Kayak Anime Sword Art Online Alias SAO. SAO Booming Banget Dikalangan Fans Anime Tapi Dikalangan Masyarakat Luas Kurang Begitu Terdengar.

      Oh Ya Kalo Semisal Ulasan Ane Salah Mohon DIkoreksi Soalnya Ane Baru Mulai Ngidol April 2012 Jadi Gak Tahu Hypenya Hebirote Saat Itu Di Kalangan Fans. Kalo Gak Salah Saat Hebirote Baru Launching, Jpop Yang Ane Tau Cuma YUI, Utada Hikaru Sama Ost Anime 😀

      Like

    5. @Brokoli::

      Duluan agan dong, ane pertengahan Mei 2012 baru kenal dunia idol, sebelumnya cuma lagu2 ost anime aja sama Laruku

      yg ane tau sih hebirote sampai merajai peringkat2 di tempat karaokean klo gk salah XD
      klo digital2 sales dll nya gk tau juga XD

      Like

    6. Wah kalo ngomongin lama2an ngidol nih…. Ane ada rencana juga buat artikel khusus soal itu 🙂
      Mungkin hebirote punya aftereffects yang lebih gede dibanding 365 nichi. Yah tahu sendirilah MV hebirote gimana…

      Like

    7. @Conan:

      Tapi Pada Saat Itu Ane Baru Ngikutin Idol Lokal. Mulai Ngikutin Idol Jepun Semenjak Agustus 2012. Dulu Ane Pernah Iseng2 Bikin Thread Di Kaskus Yang Judulnya “[Share]Lagu Jepang Yang Paling Enak ” Trus Ane Selipin Lagunya AKB Biar Nyebarin Virus Idol 😀

      Kali Aja Mau Mampir ke Thread Ane Hehe
      http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016266789/sharelagu-jepang-yang-paling-enak

      Penjualan Digital Salesnya Hebirote Pada Desember 2011 Juga Udah Dapet Million. Pada Masa Jayanya (2011-2013) Banyak Lagu AKB Yang Penjualan Fisik Maupun Digital Salesnya Tinggi Sih. Lagu Majisuka Rock & Roll Aja Udah Dapet Platinum. Soalnya Waktu Itu Idol Lagi Booming Banget Dan AKB Ada Di Puncaknya.

      @Mac

      Bikin Dong Min 😀

      Kalo Dari Statistik Youtube, Views Hebirote Tinggi Banget Di Akhir 2010 Trus Agak Menurun Lalu Tiba2 Naik Banget Di Awal 2012 Dan Kemudian Turun Drastis. Meskipun Begitu Hingga Kini Hebirote Masih Jadi Salah Satu Video Youtube Jepun Yang Paling Banyak Ditonton Cuma Kalah Dari Video Youkai Taisou Daiichi

      Like

    8. Masih bimbang antara dua pilihan untuk artikel satu itu, mau ngidol aja apa sampe ke topik diluar ngidol. Yah, nunggu waktu yang tepat aja deh. 🙂

      Like

    9. @Brokoli:
      365 nambah hits mugnkin gra2 dipake jadi theme osng drma yg ngehits juga kali ya?

      @Mac:
      Klo sola MV ane rasa enggak juga, sebelum hebirote AKBd ah banyak rilis MV begituan, emang hebirote enak aja dikuping.. ringan musiknya *gk tau mau pake kata2 apa yg tepat, jadi pake ringan aja XD

      Ditunggu rencana artikelnya.. 🙂

      Like

    10. 365 sama hebirote lebih ngehits ya jelas hebirote, tapi cenderung ke konteks negatif, kalo 365 murni masyarakat jepang demen lagu itu, seenggaknya itu yang ane tangkep dari dislike yutub dan view juga, secara di yutub 365 cuma short version bisa 11 juta view dan dislikenya dikit, bandingin sama akb yang sekitar 25-30% dislike. wajar sih rakyat jepang demen 365, jadi ost drama pagi yang ratingnya pasti tinggi tiap hari. lagu ini juga ngebuka jalan sayanee buat dibikinin album solo dan konser tunggal, secara dia centernya dan demandnya gede banget
      tapi emang hebirote udah ngebuka jalan akb ke pasar internasional sampe puncaknya sugar rush jadi ost wreck it ralph, tanpa hebirote akb ya bisa dibilang kayak nogizaka kira-kira

      Like

  6. Wah pada bikin chart Nogi.
    Klo versi ane:

    1. Kidzuitara Kataomoi
    Berkat lagu ini, ane nemu member yang pas buat ane, Nanase.
    Suara Nanase di intro dan bagian solo lainnya bikin ane merinding.
    Suka banget dah sama lagu ini.

    2. Sukima
    Nah ini juga karena part intro-nya Nanase, lirik dan musiknya yang perfect buat ane.
    Menjalani hidup ga perlu tergesa-gesa, yang penting keep moving.

    3. Nani mo Dekizu ni Soba ni Iru
    Lagu ini berharap bgt punya MV, tapi ga kepilih ya pas polling.
    Bikin semangat pas bagian “Ganbare! Ganbare! Ganbare!”.
    Arransemennya perfect.

    4. Seifuku no Mannequin
    5. Inochi wa Utsukushii
    6. Taiyou Knock
    7. Tachinaorichuu
    8. Nandome no Aozora ka?
    9. Tsuribori
    10. Kikkake
    11. Hane no Kioku
    12. Gomen ne Zutto…
    13. Girls’s Rule
    14 Kimi wa Boku to Awanai Hou ga Yokatta no Ka Na
    15.Tsuki no Ookisa

    Oia, Natsu no Free & Easy, kenapa penjualannya bisa turun dari single sebelumnya ya? menurut ane lagu dan MV-nya bagus

    Like

    1. Kalo soal Natsu no Free&Easy, kaya yang ane bilang diatas gan, materinya kurang kuat kalo dibandingkan Kidzuitara & Barette, ditambah lagi barengan sama partisipasi Ikoma di SSK.

      Like

  7. kalau ane mah :
    1. Inochi wa Utshukusii
    2. Kizuitara Kataomoi
    3. Nandome no Aozora ka?
    4. Sayonara no Imi
    5. Barette
    6. Seifuku no Manequin
    7. Popipapapa

    Soal hits, Koi Suru masuk kyk-nya

    kalau soal single 9 nogi, ane pikir karena faktor Ikuchan yg hiatus. Br ngeh setelah baca penjelasan agan

    Like

    1. Koi suru? Koi suru Fortune Cookie maksudnya gan?

      Banyak faktor yang bikin Natsu no Free & Easy jeblok, dan jujur aja, salah satu rilisan Nogi yang mayoritas fans bakal bilang paling gak menarik.

      Like

    2. Yuph. Koi Suru Fortune Cookie (hampir) selevel dengan Hebirote, jd keknya termasuk Big hits AKB. Dilihiat dr viewer youtubenya, dan perkembangan beberapa single AKB yang make konsep sama seperti Kokoro no Placard, Halloween Night, High Tension kayaknya udah menegaskan kalau koi suru fortune cookie populer.

      Like

    3. Ya, gak ada yang bisa diragukan soal KFC, menurut ane juga salah satu lagu AKB paling easy listening, dan gak terlalu bikin eneg walau didengerin berulang2.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s