Galilean Moons

Sebagai failed star dan juga planet terbesar di Solar System, Jupiter memiliki sekurangnya 67 satelit alami. Bumi hanya memiliki satu satelit alami, yaitu bulan. Dan kenapa “bulan” hanya disebut “bulan” dan bukan “satelit” adalah karena sebelum teleskop ditemukan, manusia berpendapat hanya bumi-lah yang memiliki satelit. Kecuali Mercury dan Venus, semua planet yang kita ketahui di Solar System memiliki satelit. Sama seperti miskonsepsi bahwa “matahari” lebih terang dari “bintang”.

Dari keenam-puluh-tujuh satelit alami Jupiter, 4 diantaranya yang terbesar adalah Ganymede, Callisto, Io, dan Europa. Dinamakan sebagai Galilean Moons untuk menghormati sang penemunya Galileo Galilei pada 1610. Meski ada fakta lain bahwa astronomer China bernama Gan De telah mengalahkan Galileo dua milenium lebih awal dengan mengatakan ‘bintang kecil merah’ terlihat dekat Jupiter, hal ini tidak valid tanpa bukti kuat.

galileo-e1435358932718

Sebelum dikenal luas sebagai Galilean Moons, Galileo berniat memberi nama temuannya Cosmica Sidera dan Medicea Sidera untuk menghormati pihak yang mensponsori penelitiannya; Cosimo de Medici dari klan Medici, salah satu klan paling berpengaruh dalam sejarah. Dan keempat nama itu bukan dari Galileo melainkan dari Simon Marius atas usulan Johannes Kepler yang juga menemukan keempat satelit dalam rentang waktu yang hampir bersamaan dengan Galileo.

Keempatnya punya ciri khas masing-masing, dan mari mengarah pada inti artikel; siapakah member Gen 2 Nogi yang sekarang belum tampak populer tapi bisa jadi the next big things dalam beberapa waktu kedepan? Asumsiku, kecuali seorang, mereka akan merasakan privilese senbatsu mulai tahun depan.

Ganymede

ganymede-moon

Bulan terbesar Jupiter, sebenarnya Ganymede bisa dengan mudah menggantikan Mercury sebagai planet karena berdiameter lebih besar darinya dengan diameter 5.262 Km, 8% lebih besar dari Mercury. Ganymede juga adalah satu-satunya satelit yang sampai saat ini terbukti memiliki medan magnet sendiri di Solar System.ย Diprediksi memiliki kandungan oksigen di atmosfir, Ganymede adalah salah satu yang paling menarik scientists untuk mencari kehidupan di luar Bumi setelah Titan dan Europa.

Kiichan punya segalanya untuk layak menyandang gelar sebagai member Gen 2 paling besar setelah Miona. Dia satu-satunya Gen 2 yang sudah merasakan senbatsu lebih dari sekali selain Miona, satu-satunya Gen 2 yang dikontrak menjadi exclusive model, serta push yang cukup dari manajemen. Dan kupikir dia akan bertahan di senbatsu 16th single, jika benar kejadian, maka tahun depan Kiichan bisa bersaing untuk posisi Fukujin.

Callisto

callisto

Dinamakan sesuai putri raja Arkadian dan teman berburu Artemis, Callisto tidak terpengaruh oleh badai radiasi Jupiter seperti tiga bulan yang lain karena terletak paling jauh dari planet. Dengan diameter 4.820 Km, Callisto adalah Galilean Moons terbesar kedua, juga yang tingkat density-nya paling rendah karena komposisi bebatuan dan es.

Di masa depan, Callisto juga diproyeksikan menjadi base untuk eksplorasi Jupiter dan angkasa yang lebih jauh karena tidak terpengaruh radiasi mematikan Jupiter.

Sama seperti Callisto, posisi Aachan memang terkesan paling tidak mungkin untuk merasakan senbatsu dengan karakternya yang pendiam. Tapi potensinya besar dalam artian kita bisa mengharap adanya reversed charm. Dulu, Ashurin punya image stereotipe imoto yang umum, dan bertahan cukup lama sampai akhirnya pribadi Little Miss S-nya keluar dan meledak.

Dan Aachan juga dimasukkan unit MG, entah hanya sekedar lucu-lucuan saja atau memang ada rencana manajemen untuk unit ini. Yang jelas, Aachan termasuk member yang bisa menjadi pilihan untuk senbatsu, ditambah fakta dia termasuk prominent HS seller.

Europa

europa

Galilean moon terkecil dengan diameter 3.121 Km dan kedua paling dekat dengan Jupiter setelah Io. Dinamakan dari ratu Crete yang berasal dari Phoenicia. Europa adalah satelit es, salah satu objek langit dengan permukaan paling mulus di Solar System. Kehidupan mungkin ada di Europa dengan teori bahwa adanya sub-surface ocean dan ditemukannya kehidupan microba yang sejenis di dasar laut di bumi.

Bangsa Phoenician dikenal sebagai salah satu kebudayaan tertua yang menggunakan alfabet, dan salah satu asal-usul semua alfabet modern. Bangsa Romawi, Yunani, Iberia, dan Celtics juga mendapat influence besar dari Phoenician. Nama Europa juga adalah metafora dari kecerdasan.

Renachi akan menjadi Europa yang sesuai. Mahasiswi universitas Keio ini bahkan mengambil cuti untuk pendidikannya, mengikuti jejak Manatsu dan Ikuchan. Renachi memang tidak masuk terlambat seperti Iori, tapi absennya selama Taiyou Knock jelas cukup untuk membuat kita mengharap kejutan darinya.

Io

converted PNM file

Jika kita berpendapat tinggal di kawasan ring of fire di bumi sudah cukup tak nyaman karena tingginya aktivitas vulkanik, bersyukurlah kita tak tinggal di Io. Memiliki lebih dari 400 gunung berapi -ya, gunung berapi di luar angkasa bukan khayalan- yang tak henti bergejolak, atmosfir tipis Io menjadi berwarna kuning keemasan, hampir mirip dengan yang terjadi di Venus. Io adalah obyek langit dengan aktivitas vulkanik tertinggi di Solar System.

Dengan diameter 3.642 Km, Io berstatus satelit terbesar keempat di Solar System. Dinamakan sesuai salah satu kekasih Zeus (dalam mitologi Romawi adalah Jupiter), kemungkinan mendaratkan probe di Io hampir nol karena besarnya radiasi dan medan magnet Jupiter yang mempengaruhi satelit terdekat dengan King of Solar System.

Miria is nowhere near atmosfir ekstrim Io, tapi sebagai member termuda Gen 2, Miria punya senjata yang sama seperti Ashurin. Hanya saja Ashurin punya karakter yang masih belum bisa diduplikasi Miria. Well, sebenarnya ada karakter yang mungkin dikejar oleh Miria, as seen on her blog. Kupikir jika Miria mengambil jalan itu, itu akan jadi booster bagi posibilitasnya untuk bersaing di senbatsu.

Meski akan sedikit menimbulkan riak karena faktor usia dan karakter yang cukup berseberangan, jika tanpa tedeng aling-aling Miria dimasukkan senbatsu saat ini, akan mengulang kasus spontaneous combustion yang pernah terjadi sebelumnya, hal ini bisa dihindari dengan transisi perlahan sebelum Gen 3 malah bisa menyalip Gen 2.

193399d0ebb6b11b45e67bf11b29cfa9

Dan mungkin ada yang bertanya dimana Miona,mengingat inti artikel kali ini adalah member Gen 2 yang paling potensi menjadi the next big thing, well, Miona tidak masuk kategori ini karena dia sudah ada di level berbeda.

Sementara untuk Ranze, menurutku dia juga memiliki potensi sama besarnya dengan 4 member diatas, tapi di kelas berbeda. Keempat member diatas punya daya saing yang relatif merata sementara Ranze sendiri sudah mendapatkan tempat di dua unit resmi; Cinq Etoilรฉs dan SG, dari modal awal, akan tak adil membandingkan mereka. Jika aku memilih, daripada Galilean Moons, Ranze adalah Titan, bulan terbesar Saturn. Saturn tidak memiliki banyak satelit besar seperti Jupiter, it was race in it’s own.

Asal-usul Galilean Moons dipercaya terbentuk dari circumplanetary disk, kumpulan gas dan debris yang tersisa dari protoplanetary disk. Keempat Galilean Moons bisa terlihat dari Bumi bahkan tanpa teleskop. Dengan binocular sederhana saja kita bisa melihat keindahan Galilean Moons.

Dan sama seperti Galileo yang menemukan mereka, siap dan tertarikkah untuk mengeksplorasi kemungkinan tak terbatas dari keempat bulan terbesar Jupiter?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

92 Comments

  1. Bagus bgt artikelnya.saya suka…
    Dari dulu emg slalu penasaran ama ayane,dia kn introvert bgt kira2 dasar keinginanx pngin jd idol apa y?
    Trus kalo renachi awal knal dri nogibingo4,wajahx lgs nmpel diingatan.

    Like

  2. – Ayane kayaknya yg peluang jadi baru di 16, setelah push yg didapat selama ini. Karakternya juga menarik, pemalu mirip Naachan, tapi minus sisi liar Naachan. Dan di Koujichuu, dia pasti jadi bahan joke yg manteb.๐Ÿ˜Š
    – Rena (trims, udah ditampilin, meski fotonya udah punya semua ๐Ÿ˜) kayaknya belum. Ada yg kurang aja dari dia yg belum pas di Senbatsu. Tapi dia SO kan HSnya? Kalo teori HS = senbatsu emang bener, mungkin bener kata mimin, baru tahun depan.
    – Miria dan foto diblognya. Dia masih 16, ya? Mungkin kayak Asuka, dia bisa meledak dan dapet karakter baru, akhir tahun depan, pas dia 18 tahun. Mungkin dia mau ambil karakter kayak Nagasawa Marina, Gouhou Loli aka Legal Lolita? ๐Ÿ˜Š Selama ini, karakter yg kayak gini kan ada di Misa, tapi dia udah dewasa, kan. Miria bisa jadi penerus dengan versi ekstrim (harapan ane)! ๐Ÿ˜
    Jangan lupa Junna min, dia juga dapat banyak push. Pertunjukan sama 7 member tahun ini juga salah satunya. Karakter bakanya mungkin bisa jadi pengisi kursi Variety di senbatsu.

    Like

    1. Nah, ini yang menurut ane masih kurang dari Aachan, masih belum keliatan apa yang bisa jadi reversed charm dari dia. Yah, kalo buat ane sih satu, sebagai sesama Builder ane suka aja liat dia.

      Kalau Miria jadi selevel Nagasawa Marina sih ngeri malahan, dan lagi bisa aja malah keliatan cheap kaya grup lain.

      Junna masih belum menurut ane, untuk alasan yang sama ane gak masukin Top Two dari Gen 2 ane; Iori+Kotoko…

      Like

    2. @mac
      Wuidih, builder nih! Ane ga mampu min beli kayak gituan. Paling download papercraft doang. Mungkin biar ga kayak Hori, Acchan bisa dijadiin center Under atau unit. Perlahan terus baru tahun depan masuk.
      Maksud ane ga plek sama kayak Nagasawa Marina, lah! Gila aja member Nogi disuruh kayak gitu. Maksudnya, nge-flirt dikit dengan gaya kawaii + aura seksi ala Mbak Misa. Artinya, ya masih ada sisi imoutonya, tapi ada juga sisi lebih dari itu. Jadinya nggak murahan tapi ngegemesin, tapi levelnya agak atas. Bingung, nggak?
      Tapi ini kan prediksi meledak tahun depan. Bisa aja Junna meledaknya dari Under, kan? Meski kalo senbatsu sulit banget, tapi karena ini, mnjmn jadi ngelirik, terus angkut ke senbatsu! ๐Ÿ˜€
      Kalo Waka gimana min? Ane kok agak pesimis dia bisa ke fukujin 2 single ke depan atau center kayaknya sulit banget. Apalagi mnjmn terang2an nunjukin mau ada regenerasi. Masa nunggu grad.

      Like

    3. @mas, hahaha, ex-builder kali ya tepatnya, udah lama ane gak beli sejak paham duit tuh gak tumbuh di pohon XD

      Kalo ane sih ketimbang Miria jadi kawaii yang terlalu flirty, mendingan dia ganti image sekalian. Dia suaranya cukup dalem kan dan gaya bicaranya juga cukup dewasa, bisa aja ganti image jadi oneechan buat Gen 3.

      Junna sih, gimana ya, kalo meledaknya kaya kasus Iori malah kasihan. Lagian dia gak punya ‘X’ sebesar Iori meski dari segi visual bersaing banget…

      Nasib Yumi, dan sisa class of 94, plus Gen 1 langganan Under, udah nyanyi aja deh “the answer my friend, is blowin’ in the wind~”

      @wahyu, yah malah malesin emang kalo Nogi jadi mirip Nagasawa Marina,meski cuma 1%…

      Like

    4. Ane baru liat harganya langsung muncul bayangan nggak ada uang saku beberapa bulan. ๐Ÿ˜€
      Miria sebagai kakak, kalo liat usia Gen3 terutama Riria, bisa juga sih. Ini bisa juga jadi bahan joke Koujichuu.
      “gak punya โ€˜Xโ€™ sebesar Iori ” huruf X disini multitafsir nih! Ga sengaja pikiran ane langsung ke arah situ!๐Ÿ˜€ Tapi ane masih percaya dia bisa kok, meski X dia ga sebesar punyanya Iori. ๐Ÿ˜Š
      โ€œthe answer my friend, is blowinโ€™ in the wind~โ€ harus googling dulu, sumpah ane ga tau. Kalau yg ada “wind”-nya, ane tahunya cuma lagunya Scorpion sama Kansas doang. Tapi setelah liat liriknya, emang cocok. *getir

      Like

    5. Ane sendiri tiap lewat hobby shop bawaannya pengen ngerampok yang skala 1:60 PG ๐Ÿ˜€

      Nah kan, ini yang ane pikir bisa kejadian. Kalau dia dianggap kakak Gen 3, jadi sexy sedikit gak akan dipermasalahkan. Palingan dikatain anak kecil punya adek kecil ๐Ÿ˜€

      Oi oi, mentang2 masih bulan purnama darah serigalanya ditahan dulu dong ๐Ÿ˜€

      Lagunya orang yang dijadiin judul lagunya Yuichanzou tuh.

      Like

    6. Ane cuma bisa ngiler didepan etalase, trus dipandang curiga sama yg jaga. Mungkin muka dan gesture ane kayak kriminal kali, ya? ๐Ÿ˜€

      Jadi ada potensi Miria buat ke situ, kan? Ane bisa tenang, jadi setelah Misa grad, masih ada penerusnya. ๐Ÿ˜€ Ane juga berharap Rena, karakter, visual dan dance, pas buat center fall.

      Lah, miminnya sendiri bikin kalimat ambigu banget. X kan maknanya banyak. Ane pikir, mungkin cantiknya kalah dari Iori, tapi mimin tulis “meski dari segi visual bersaing banget…”. Berarti bukan cantiknya, Variety, kemampuan ngomong? Junna juga ga kalah. Jadi setelah ditelaah, ujung-ujungnya ke situ juga. ๐Ÿ˜€

      Bob Dylan, pas cari di Google, ane kira Beach Boys, karena kalo bule, gambar masih hitam putih, Beach Boys pasti. ๐Ÿ˜€

      Like

    7. Terlalu jujur itu namanya XD

      Ada potensi kesitu, ada juga potensi bisa nyasar kemana2 karakternya. Inget aja kasus Ashurin.

      Bukan sekedar kemampuan variety, vocal, dance, atau visual, ada X yang Iori punya dan Junna enggak. Sedikit ngarah ke persona kali ya.

      Beach Boys, Beatles, Frank Sinatra, angkatan 50-60 pasti hitam putih. Dylan angkatan 60 sih.

      Like

  3. Ane Jadi Pengen Nyoba Prediksi Member Gen 2 Yang Akan Jadi The Next Big Thing Berdasarkan Popularitasnya. Data Yang Ane Gunakan Sebagai Patokan Popularitas Adalah Handshake Hadashi Round 15th (Ane Kasih Kode A), Nogizaka Favorite Member Poll Yang Pernah Dibuat Kanjo S48 (Ane Kasih Kode B) Dan Poll Yang Pernah Dibuat Salah Seorang Fans Jepang (Ane Kasih Kode C)

    *nb: Nomor Tidak Menunjukkan Peringkat Karena Prediksi Akan Ane Taruh Di Kesimpulan
    1. Hori Miona
    A = 30/30 (8th Round Sold Out)
    B = Peringkat 4
    C = Peringkat 8
    Popularitas Member Yang Satu Ini Langsung Melejit Semenjak Dijadikan Center Baretta Dan Hingga Kini Masih Mampu Mempertahankan Popularitasnya. Satu2nya Center Yang Pernah Turun Ke Under.

    2. Kitano Hinako
    A = 30/30 (11th Round Sold Out)
    B = Peringkat 14
    C = Peringkat 9
    HSnya Berhasil Sold Out Lebih Cepat Dari Sayuringo Dan Hoshimina. Model Majalah Zipper.

    3. Shinuchi Mai
    A = 28/28 (14th Round Sold Out)
    B = Peringkat 32
    C = Peringkat 19
    HSnya Laris Manis. Termasuk Peringkat 5 Terbawah Di Poll Kanjo S48.

    4. Sasaki Kotoko
    A = Belum Ada Satu Block Pun Yang Sold Out ๐Ÿ˜ฆ
    B = Peringkat 21
    C = Peringkat 20
    Termasuk Rata2 Atas Di Setiap Polling Tapi HSnya Sangat Mengkhawatirkan. Keanggotaannya Di Sayuringo Gundan Juga Belum Terlalu Membantu HSnya

    5. Terada Ranze
    A = 28/28 (14th Round Sold Out)
    B = Peringkat 22
    C = Peringkat 24
    HSnya Berhasil Sold Out. Hasil Poll Ada Di Peringkat Rata2. Pernah Jadi CM Girl Pizza Hut Bareng Nanase.

    6. Yamazaki Rena
    A = 14/14 (9th Round Sold Out)
    B = Peringkat 23
    C = Peringkat 25
    Peringkat Ke-3 HS Paling Cepat Sold Out Di Gen 2.

    7. Watanabe Miria
    A = 12/16
    B = Peringkat 18
    C = Peringkat 26
    Peringkatnya Di Poll Kanjo S48 Termasuk Tinggi

    8. Suzuki Ayane
    A = 08/08 (6th Round Sold Out)
    B = Peringkat 28
    C = Peringkat 29
    Member Gen 2 Yang HSnya Sold Out Paling Cepat. Pernah Diundang Acara Gundam. Cool Beauty Jadi Daya Tariknya.

    9. Ito Karin
    A = 07/10
    B = Peringkat Ke 35
    C = Peringkat Ke 31
    Peringkatnya Di Poll Termasuk Yang Paling Buruk.

    10. Ito Junna
    A = 04/07
    B = Peringkat 29
    C = Peringkat 32
    Jarang Tampil Di Acara TV Maupun Majalah Menjadikan Popularitasnya Kurang Begitu Bagus.

    11. Sagara Iori
    A = 05/12
    B = Peringkat 31
    C = Peringkat 36
    HS Lebih Baik Dari Junna Namun Peringkatnya Di Poll Sangat Buruk.

    Kesimpulan:
    Miona Dan Kiichan Akan Jadi Langganan Senbatsu Bahkan Mungkin Miona Sesekali Bisa Menyodok Ke Fukujin. Jika Managemen Memberikan Tambahan Slot Senbatsu Untuk Gen 2, Slot Tersebut Kemungkinan Besar Bakal Jadi Milik Ranze Atau Ayane. Alasannya Selain HSnya Sold Out, Mereka Juga Tergabung Di Sub Unit Bahkan Ranze Tergabung Di 2 Sub Unit (SG & Cinq Etouiles). Renachi Juga Punya Kesempatan Menerobos Senbatsu Tapi Tidak Sebesar Ayane Dan Ranze. Kenapa Tidak Ane Masukin Maichun Di Daftar Yang Bakal Nerobos Senbatsu? Karena Ane Pikir Usianya Udah Terlalu “Tua” Jadi Managemen Bakal Lebih Memilih Yang Lebih Muda ๐Ÿ˜€

    ~OWARI~

    Like

    1. Ane concern banget sama Maichun karena faktor popularitas, padahal dia bisa aja sering naik turun senbatsu sama kaya SayuMari kalau aja manajemen gak mempertahankan You-Know-Who. Dari segi umur, well emang udah senja menjelang, senbatsu nya di Taiyou Knock juga cukup berhasil padahal.

      Like

    2. Trio Onsen Paling Sering Naik Turun Padahal Ane Pengen Mereka Bisa Sih Stay Di Senbatsu Bareng ๐Ÿ˜€
      Maichun Meskipun Usianya Tergolong “Tua” Tapi Kayaknya Gradnya Masih Lama Nih Soalnya Setau Ane Doi Enjoy Jadi OL + Idol.

      Like

    3. Yang pernah cuma pas di Barette ya, itu juga cuma Marika-Hime… Kalo SayuMari sih sering…

      Yah kalau ane sih liatnya Maichun bisa sedikit nunda gradnya, toh peran OL dia juga udah jalan lama dan gak ada masalah. Cuma ya malah kasihan.

      Like

    4. Sampai SIngle Ke-15 Ini Trio Onsen Belum Pernah Tiga2nya Masuk Senbatsu Bareng Semoga Aja Next Single Bisa Kewujud ๐Ÿ˜€

      Justru Kalo Masuk Senbatsu Ane Justru Kasihan Sama Perusahaannya Soalnya Sering Ditinggal Haha ๐Ÿ˜€ Daripada Maichun Yang Masuk Senbatsu, Ane Prefer Ranze, Ayane Atau Hinachima Yang Masuk ๐Ÿ˜€

      Like

    5. 16th single? Kalo ane sih gak bertaruh untuk itu, mungkin aja tiga-tiganya bareng, di Under tapi…

      Iya juga sih, jadinya gabut dong Maichun ๐Ÿ˜€
      Sayang banget di kantor ane gak ada OL yang bentuknya kaya Maichun #random

      Like

    6. Himetan Kalo Dilihat Dari HSnya Sih Aman Tapi Kalo DIlihat Dari Personal Jobnya Sangat Miris. Kayaknya Himetan Ini Senbatsu Paling Miskin Job Akhir2 Ini. Bahkan Kayaknya Jobnya Mama Sayu, Dedek Marika, Kanarin & Hinachima Lebih Banyak Dari Himetan.

      Tapi Meskipun Gabut Kayaknya Gk Bakal Dikick Soalnya Maichun Udah Dijadikan Aset Perusahaan Haha

      Like

    7. Nasib bukan jadi management darling ya gitu deh. Sementara SayuMari sekarang masih Under paling terkenal, Kana dari dulu perma di radio, Chima center Under+mulai disayang manajemen.

      Yah itu pro kontra sih karena perusahaan di Jepang terkenal strict, gak tau deh gimana izinnya kalo ada kerjaan di Nogi.

      Like

    8. Menurut Ane Chima Emang Udah Saatnya Dapet Push Dari Manajemen. Sejauh Ini Penampilannya Di Secret Grafiti, Nogiten 2 Dan Gravurenya Gak Mengecewakan.

      Makanya Ane Prefer Maichun Di Under Aja Biar Job Idolnya Gak Menganggu Kerja Kantornya ๐Ÿ˜€

      Like

    9. Push pertamanya kurang berhasil sih, tapi itu juga masalah timing yang kurang oke. Sekarang waktunya manajemen ngasih kompensasi ke Chima, mungkin gitu.

      Tapi kalo di Under mulu, fans kaya kita yang gak bakal dapet banget charm mereka.

      Like

    10. Mungkin Gitu Kali Ya Atau Mungkin Juga Karena Semakin Kesini Chima Makin Seksi Makanya Dapet Push ๐Ÿ˜€ Mungkin Disiapkan Sebagai Penerus Misa Kali Ya

      Iya Juga Sih Kasian Fansnya

      Like

    11. Kalo Soal Siapa Yang Lebih Seksi, Jelas Chima Lebih Unggul Dibandingkan Miria. Karakternya Miria Lebih Mirip Sama Ashu Daripada Misa. ๐Ÿ˜€

      Hahaha Tapi Kalo Namanya Fans Pasti Tetep Dukung

      Like

    12. Ya, Miria itu kyk abngnya, ane,
      klo Miria kalem diantara org2 kacau, ane kalem diantara pra penghuni kosan ini yg kacau delusinya..XD

      Like

    13. @mac
      MG ini maksudnya Meteor Garden?
      Hinachima ternyata mirip Mulan Jameela, ya? Baru ngeh ane.
      @conan
      Agan ini yg jadi pembawa virus kacau.

      Like

    14. @Mac:

      Sebenanrnya ane adalah Buriburi Zaemon ๐Ÿ˜€

      ======================

      @Mas;

      Duh jdi malu ane dipuji gtu ๐Ÿ˜€

      Like

    15. @Mac:
      Miria Kan Kalem Tapi Agak S Gitu Makanya Ane Bilang Lebih Mirip Ashu Daripada Misa ๐Ÿ˜€

      @Conan:
      Udah Sore, Jangan Lupa Diminum Obat Penenangnya Gan

      @Mas:
      Njir Mulan Jamil ๐Ÿ˜€

      Like

    16. @mas, ngapain tembusnya drama 2000an? Awas @conan gak ngerti dia udah sepuh pas drama itu tayang XD

      Chima mirip MJ? Kagak ada yang kerenan dikit gitu? XD

      @conan, Buriburi Zaemon? Mak selera komiknya XD

      @brokoli, masa sih Miria agak S, ane liat dia palingan di Kojichuu sama Bingo doang dan rasanya gak S deh. Tapi kalo Nogiten emang ane gak ngikutin…

      Like

    17. @Mac:

      Meteor garden itu apa? ane baru usia 1 tahunan saat itu..XD

      Komik bagus tuh..XD

      =====================

      @Brokoli:

      Disini ada agan yg namanya Miria ya gan? kok “@Miria”?

      Like

    18. @conan, 1 tahun dari mana? Coba ane minta definisi tahun, windu, dan abad dari ente, kali aja miskonsepsi XD

      Sukanya komik ecchi nih XD

      @brokoli, hahaha, makanya semalam ane liat notifikasi @miria jadi gak ane balas, kirain buat orang lain. ๐Ÿ˜€

      Yah, kalo Miria ikutan masuk Miss S-Line sih makin-makin aja dong Nogi, kaya makin unreachable imagenya. Selama ini aja antara Nogi & Keyaki yang jarang interaksi (which is GOOD) kaya kurang bisa membaur gitu.

      Antara member ‘normal’ kaya Aka-Ranze, Naachan-Yuipon, sama Mona-Manatsu pernah foto bareng, tapi yang Miss S-Line kaya gak bisa interaksi gitu.

      Like

    19. @Brokoli:
      duh adek ane bikin gagal konsen ya? adek ane emang suka gitu.. XD

      =======================

      @Mac:
      ! tahun = 12 bulan, Neru yg ajarin XD

      Ecci dri mana? itu komik terbaik tau..XD

      Like

    20. @Mac:

      Iya sih Berika ngomong gitu, “Ba..ka” yg kyk di kakenai, tp ane malah sneneg digituin, ane cubit2 gemes pipinya.. XD

      itulah seni komiknya..XD

      Like

    21. @Mac:
      Ranze & Manatsu Mah Bukan Member Normal Gan Tapi Member Yang Condong Ke “M” ๐Ÿ˜€

      @Conan:
      Ane Gak Fokus Bukan Karena Miria Gan Tapi Karena Ikuchan Lagi Meluk Ane Dari Belakang ๐Ÿ˜€

      Like

    22. @conan, Situ cubit gemes Berika, dianya paling diem aja, orang dia ponkotsu XD

      Tamat sampe volume 45 ya komiknya?

      @brokoli, yah bisa berinteraksi gitu maksud ane. Coba Nanamin, sama Gen 2 aja ada gap gitu, apalagi sama Keyaki.

      Ups, ups, ups ada perang nih. Eh tapi kan cuma ‘conan’ bukan ‘conannya ikuchan’ jadi aman kali ya XD

      Like

    23. @Brokoli:

      Agan salah liat x, yg mluk agan itu bukan Iku, tpi Ozeki… XD

      ========================================================

      @Mac:

      Berika cuma teriak “Kyaaaa” XD

      Ntah, ane gk ngikutin kok XD

      Like

    24. @Mac:
      Iya Ya Member Yang Agak “S” Belum/Tidak Mau Membaur Sama Keyaki. Jangankan Keyaki Bahkan Gen1 Sama Gen2 Aja Masih Ada Yang Kurang Bisa Membaur ๐Ÿ˜€

      @Conan:
      Beneran Ikuta Kok Gan ๐Ÿ˜€
      Mungkin Yang Sering Ente Klaim Istri Itu Bukan Ikuta Tapi Izuta (Rina) ๐Ÿ˜€

      Like

    25. @Mas:

      Wah lupa ane, Oz punya abang… sori2.. XD

      =======================================

      @Brokoli:

      Mak jang gan, parah x berarti mata ane klo Izuta ane sangka Iku.. parah parah parah…

      ========================

      @Mac:

      Kompor kompor.. XD

      Like

    26. @Mac:
      Ini Bukan Perang Min Tapi Pembantaian Sepihak Soalnya Ikuchan Udah Resmi Milih Ane ๐Ÿ˜€
      Yang Sering Diklaim Agan Conan Itu Izuta ๐Ÿ˜€

      @Mas:
      Izuta…Dari Namanya Aja Ga Beda Jauh Sama Ikuta Haha ๐Ÿ˜€
      Atau Jangan2 “Rina’ Yang Selama Ini Agan Klaim Istri Itu Bukan Uemura Rina Tapi Izuta Rina ๐Ÿ˜€

      Like

    27. Edited

      @Mac:
      Ini Bukan Perang Min Tapi Pembantaian Sepihak Soalnya Ikuchan Udah Resmi Milih Ane ๐Ÿ˜€
      Yang Sering Diklaim Agan Conan Itu Izuta ๐Ÿ˜€

      @Conan:
      Izuta…Dari Namanya Aja Ga Beda Jauh Sama Ikuta Haha ๐Ÿ˜€

      @Conan & Mas:
      Jangan2 “Rina’ Yang Selama Ini Agan2 Klaim Istri Itu Bukan Uemura Rina Tapi Izuta Rina ๐Ÿ˜€

      Like

    28. @Mac:

      abang apa biarlah yg bersangkutan yg jawab.. XD

      ===================

      @Brokoli:

      Nama emang beda satu huruf gan, tp casing beda jauh wak, mana mungkin ane salah..

      Klo soal Ue, yg dirumah ane itu dah terbukti Uemura, soalnya setiap malam dia sellau berlatih maen terompet.. XD

      Like

    29. @Brokoli:

      Aji gile gan, mata ane masih normal lah, jd gk mungkin salah liat… XD

      Makjang, penjual terompet tahun baru? yg dirumah ane gk ada kumis nya kok gan jadi itu aslu Ue… XD

      Like

  4. Mau komen dari td malam, tpi ditengah malam dengan nutrisi otak yg dah 0%, ane cuma bisa menikmati wajah adek Miria dan akhirnya baru bisa komen sekrng.. XD

    Gk komen banyak soalnya udah dijabarin elngkap oleh miminnya, ditambah pendapat dari agan2 n sis yg luar biasa..

    Yg jelas, gen-2 klo mau “action” harus sekarang, mereka gk bisa “maen aman” lagi dengan alsan gen-1 atau tepatnya senbatsu walkhususon fukujin terlalu tinggi buat gen-2, gen-3 udah bergabung dan siap mengintai dri belakang dan mereka rata2 msih muda ketimbang gen-2..

    Like

    1. Hahaha, makanya ane heran, tumben2an gak pertamax, ternyata nutrisinya udah low ya. XD

      Gimana nih Miria? Setuju kah kalau dia ikuti jalan Misa? ๐Ÿ˜€

      Take back buat kata2 terakhir “mereka rata2 masih muda ketimbang Gen 2” in fact, thanks to them, rataan umur Nogi berkurang cukup banyak dan bisa punya member yang umurnya sama dengan waktu Yunani juara EURO 2004 ๐Ÿ˜€

      Btw rasanya pernah ada yang komen dengan nama ‘conannya Ue’, itu siapa XD

      Like

    2. Sumpah, butuh sekitar 5 menit baut ane nentuin balas malm itu juga atau ditunda.. XD

      menurut ane dia gk punya aura ke stiu walau suka “mancing2” dengan fotonya, mugnkin inilah pandangan seoang abang yg ingin melindungi adeknya..XD

      “bisa punya member yang umurnya sama dengan waktu Yunani juara EURO 2004” <- gagal paham, nutrisi aman nutrisi? XD

      Ane, Itu Ue yg suruh, biar jelas katanya klo dirinya itu milik ane.. XD

      Like

    3. Gak punya aura kesitu dari mana? Tsurishi banget Miria lewat blognya. Tapi kalau di Nogiten gimana, ane gak tau?

      Iwamoto Renka lahir 2004 kan? Pas waktunya, kalo Tecchi/Memi kan lahirnya sebelum Brazil juara PD 2002.

      Kok sekarang ganti lagi XD

      Like

    4. Nah makanya ane bilang, mungkin di mata ane Miria gk ada aura kesitu krn ane meliatnya dari sudut pandang seorang abang.. bukan srigala liar… XD

      Klo di Nogiten dia banyak diam, gk terlalu banyak aksi sejauh ini..

      Oh, ane gk terlalu ingat2 sama tgl lahir member diluar bini2 ane..XD

      ahahaha, biar fresh aja, bosan kan baca conan mulu.. XD

      Like

    5. Abang tukang bakso? Atau abang becak? XD

      Hmmm, apa gak ada member yang standout di nogiten?

      Iyalah, 7 aja sering lupa gimana mau nambah lagi. Kasian storage masih floppy dipaksa nerima data bluray ๐Ÿ˜€

      Keyaki udah lengkap nih, kapan yang nogi? XD

      Like

    6. Abang sol sepatu… T.T

      Gk tau juga sih, klo segmentnya ngobrol2 gitu ane cepet2in, 30 menit dengerin ngobrol mereka pake bahasa kalbu lebih capek ketimbang ngesol 15 sepatu.. XD

      Nah itu ta, BD Miria aja ane lupa…XD

      Ini dia… XD

      Like

    7. Wah tukang sepatu profesional XD

      Ane jarang liat nogiten -karena alasan yang obvious- konsepnya kan sama2 kaya kojichuu gitu kan ya?

      Abang yang tak pantas ditiru. XD

      Apa nanti akhirnya ada nama dari grup sebelah? XD

      Like

    8. expertnya ane..XD

      sejauh yg ane iktuin ep1-8 season 2 ini menurut ane beda sih sama kojichuu, lebih kyk all night nippon. klo di studio ya member bercakap2 sesama mereka tnpa dipandu MC..

      dah biasa itu, ane sengaja gk ingat biar nanti pas ultah si Miria ngambek kesel ke ane gra2 gk ingat, ane suka liat dia ngambek..XD

      oh pasti dong..XD

      Like

    9. Oalah, kalo gitu sih kemungkinan standout bakal tipis banget karena literal, itu medan perang antar member. Gak ada mediator/MC yang bisa mancing posibilitas seseorang, semua pengen berusaha untuk diri sendiri deh.

      Gembel, eh gombal. XD

      Tinggal dua lagi dong. Kalo udah habis entar gimana, ngulang dari awal atau nama2 selingkuhan (?) XD

      Like

    10. Yg ane liat Shinuichi yg megang kendali, mungkin gra2 dia sering mengudara di radio ANN jadi ada “kelebihan” dalam mengobrol… XD

      Bukan gombal, tpi ane emang suka liat adek ane satu itu klo dah ngambek..XD

      Tinggal satu lagi..
      Bakal di diulang, atau pake nama member laen buat manas2in..XD

      ===============================================================

      @Mas:

      Duh, gk puas2 ya fitnah ane dengan Oda…

      Like

    11. Selain faktor U kali ya. Tapi tetep aja, tanpa MC, bakal susah buat nemuin uncut diamonds di Under.

      Dasar, abang M. XD

      Firasat ane jelek nih. XD

      Loh loh loh tunggu dulu, yang satu bilang udah resmi yang satu ngebantah. Apa ini infotaiment? Siapa yang harus ane percaya? XD

      Like

    12. Mungkin, itulah yg buat ane sejauh ini cuma kolkesi episode 5-7 di season2 nogiten,.
      Klo koko gimana konsepnya? gk ada MC juga kan?

      Miria juga suka kok di godain, disuilin sama abang kyk ane.. XD

      Gk usah berperasan jelek, berpikir + aja..XD

      Infotaiment ketinggain, ini hanya “gosip” di kalngan ibu2 perumahan XD

      Like

    13. Karena acaranya boring, gak ada MC, atau alasan klasik kuota? XD
      Koko juga gak ada kan.

      Perasaan ente aja itu mah XD

      Ane gak suka positif, yang penting realistis XD

      Ente ibu2? XD

      Like

    14. Klo dibilang boring terlalu ekstrim XD
      Klo kuota mah kan ane klo diwnload2 pake kuota warnet..XD
      Gak ada juga ya, soalnya ane cuma nonton ep 1 terus gk lanjut lagi, n klo gk salah ep 1 itu battle nyebarin sesuatu ya, lupa..XD

      Cobalah tanya sama Miria nya..XD

      Loh yg ngegosip kan bukan ane..XD

      Like

    15. @conan
      Koko bisa dibilang versi betanya Nogiten. Jadi sama saja. Bedanya, di Koko member belum bisa ngerawat diri, di Nogiten udah cemerlang. ๐Ÿ˜€
      @mac
      Min, ga bikin artikel soal evolusi member Keya? Bentar lagi kan, KeyaKake mau ep 52 alias 1 tahun. Bikin dong, member dengan perubahan paling mencolok atau kayak ranking gitu. ๐Ÿ˜€

      Like

    16. @conan
      Ya karena ane gak ngikutin jadi kurang paham mau komen gimana.
      Koko episode 1 itu Battle nyebarin tissue kalo gak salah.

      Kata Bebitan tiap ditanya soal abangnya (?) Miria selalu nangis XD

      Korban infotaiment nih XD

      @mas, ada sih rencana, tapi ane lagi dalam proses draft seleksi yang ribet. Moga aja bisa deadline sebelum episode 52, yang kemarin masih episode 50 kan?

      Like

    17. @Mas:

      Ahahaha, Nogiten member udah kena dempul + ketok magic lah ya XD

      ==============

      @Mac:

      Nah iya nyebarin tisu..
      Kok kyknya Nogi demen amat sama tisu, pas buat dukung Ikoma di SSK AKB juga nyebar tisu kan? XD

      Coba diperjelas sama Bebitan, Meria itu nangis gra2 rindu sama ane, kan dikarenakan kesibukan kami di dunia masing2 kami jd jrg berinterkasi, maklum bini2 ane di 46 rata2 senbatsu, cuma Miria yg blum jd jrng ketemu di lokasi deh..XD

      Like

    18. Mkasudnya yg mewah dikitlah, bagi2 single gitu… XD

      Dah suruh Bebitan nanya yg jelas? gitukan jawab Bebitan.. XD

      Like

    19. + tiket PP Indonesia – Jepang…XD

      Abang adek sama aja, suka nyebar fitnah.. untung ane sama Miria tipe yg kalem…XD

      Like

    20. Ckckck, kasian, bininya banyak tapi tiket indo-jepang aja ngarep dapat gratisan XD

      Kalo fitnah, yang bener itu ‘na’ dari nama panjang itu artinya ‘uemura rina’ bukan ‘oda nana’ *eh yang bener yang mana sih XD

      Like

    21. @mac
      Iya, masih 50. Jadi mimin ada 2 minggu buat persiapan. ๐Ÿ˜€
      @conan
      Kalo nyebar yg mewah ya sekalian nyebarin HoloLens. ๐Ÿ˜€

      Like

    22. @Mac:

      seperti yg ane bilang, ane gk bisa dan gk pernah bisa tega nyusahin bini2 ane XD

      Na itu Naaanya…

      =================

      @Mas:

      Ane cukup nyebar single aja udah mewah buat ane gan ๐Ÿ˜€

      Like

  5. Member gen 2 yang belum pernah senbatsu, semoga di single selanjutnya ada yang masuk ke dalam jajaran senbatsu. Nek gak jadi center under..
    Kasihan aja kalau mereka dilewatin sama member gen 3 ๐Ÿ˜€

    Foto2nya mantab min…
    Bolak-balik liatin foto Kiichan sama Miria ๐Ÿ˜€
    Cuma pas liat Rena, sekilas fotonya kayak mirip Naachan dan Sisil ya? ๐Ÿ˜ฎ

    Like

    1. Nah, pegang siapa nih buat jadi first timer senbatsu berikutnya? ๐Ÿ˜€

      Ati2 kalau Miria, ada abangnya (?) noh XD
      Rena emang kadang mirip Naachan, ane sendiri kadang salah naruh fotonya di folder Naachan. Kalo Sisil tuh siapa?

      Like

    2. Masih bingung sebenarnya. Ngarepnya sih minimal ada 2 orang ๐Ÿ˜€
      Megang Ranze sama Miria aja deh ๐Ÿ™‚
      Di lagu Secret Grafiti, mereka berdua ada di 1st row ya ternyata.. apakah ini pertanda?:o

      Hahaha.. gak di sini gak di sana, musti hati2 ya๐Ÿ˜„
      Apa mungkin miripnya ketika di sesi pemotretan ya?Soalnya kalo ane liat di koujichuu atau MV, ga ada miripnya.
      Sisil tu member idol lokal gan ๐Ÿ˜€
      Oya foto di samping Ranze tu Miona kah?:o

      Like

    3. Kalau gak ada member 30-slot yang grad sih gak mungkin dua sekaligus. Kecuali LLC mau ambil resiko gede dengan drop Yumi/Hoshi/Hime ke Under.

      Bapak Delusi Indonesia tuh dia, tuh liat aja usernamenya disini. ๐Ÿ˜€
      Permainan kamera bisa jadi sih, sama kaya Miona yang sering dibilang mirip Sakura.
      Oh idol lokal, ane gak bakal ngerti kecuali yang terkenal banget sih.

      Iya itu Miona..

      Like

    4. Dulu ane mengira member gen 2 bakal dimasukin 1/1 ke senbatsu setelah single ke-8. Eh ternyata meleset ๐Ÿ˜€

      Hahaha…
      Menunggu username selanjutnya pake nama siapa… ๐Ÿ˜€

      Like

    5. Sama, satu-satunya Gen 2 yang ane delightful pas masuk senbatsu cuma Iori, tapi itu juga berakhir tragis…

      Udah habis tuh, gak tau lagi deh gimana habis ini XD

      Like

  6. anak gen 2 yang paling ane suka karin, paling cantik kalo kata ane, suara oke juga, entah kenapa gak dipush. tapi miona lucu sih, kiichan juga ngangenin kadang2, kelakuannya rada-rada kalo di nogieigo.
    intinya gen 2 siapapun yang dipush sebenernya gak masalah, karena kaga ada visual hole, sementara gen 1 punya beberapa yang sebagian besar udah keluar
    gen 3 nih yang ajaib, kualitas tinggi semua, seleksi mukanya ketat banget.

    Like

    1. Karin masuk SG aja udah keitung push yang lumayan kalo buat ane, mengingat karakternya ‘Kaz oshi’ plus ‘gorila’ kayanya stuck aja. Masalah kalo Gen 2 asal dipush aja kasus Iori bisa keulang lagi, ini yang ane khawatirkan…

      Gen 3, duh gak sabar nunggu blog mereka ๐Ÿ˜€

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s