XVI Senbatsu : Aston Martin

Pabrikan mobil asal London, Inggris ini terkenal berkat keterkaitannya dengan agen spionase James Bond dan kembarannya, Johnny English. Dari DB5 di Goldfinger hingga DBS di Casino Royale. Di dunia nyata sekalipun, Aston Martin tetap terlibat dengan tema keamanan. Seri terbatas One-77 seharga £ 1.150.000 digunakan oleh pasukan polisi paling glamor di muka bumi, Dubai Police Department.

Didirikan oleh Robert Bamford dan Lionel Martin, mobil buatan mereka berhasil mendaki bukit Aston Clinton di Buckinghamshire pada 1914, dan pada 1915, Aston Martin resmi berdiri. Setelah itu pecah Perang Dunia 1 dan kedua founding fathers bergabung dengan militer, membuat basis produksi Aston Martin berhenti sampai 1920. Kemudian mereka mengakuisisi Lagonda dan merubah nama resmi perusahaan menjadi Aston Martin Lagonda Limited. Saat ini Lagonda adalah subsidiaries seri mewah dari Aston Martin, sama seperti Lexus dan AMG.

Seperti umumnya pabrikan Inggris, Aston Martin memiliki ciri khas sendiri, yaitu high performance, hampir sama sinonim dengan luxury untuk Rolls Royce dan funky untuk Mini. Pabrikan sayap mengepak ini bisa dibilang adalah produsen grand tourer yang merk lain selalu coba untuk kalahkan. Namun, tak semua hal baik terjadi karena pada Aston Martin.

Desain Aston Martin begitu khas sampai menjadi olok-olok dunia otomotif. Pada dasarnya semua tipe Aston Martin memiliki desain sama dari DBS, DB9, Vantage, Virage, Vanquish, Rapide, Zagato, DB11, Cygnet, sampai  One-77 dan Vulcan. Hanya Porsche 911 yang punya lebih banyak tipe dengan desain serupa. Hanya saja dari kesamaan desain, tiap tipe Aston Martin memiliki karakter tersendiri yang bisa dibilang cukup mengesankan.

Nah, sama seperti Aston Martin, pengumuman 16th senbatsu Nogi yang dilakukan kemarin tanggal 16 Oktober seolah menjadi manifestasi dari sebuah Aston Martin; terkesan membosankan dan tak memberi ruang desain yang baru. Hanya sedikit kejutan yang dihadirkan oleh Aston Martin di setiap tipe yang dirilisnya, tapi pecinta Aston Martin akan selalu menemukan hal baik dari kemonotonan itu.

screenshot-81

3rd row

Nakamoto Himeka-Inoue Sayuri-Shinuichi Mai-Sakurai Reika-Ikoma Rina-Hoshino Minami-Kitano Hinako-Ito Marika
Hit : Hime, Ikoma, Hoshimina, Kiichan bertahan
Miss : Ranze (sigh), Manatsu bertahan di 2nd row, Reika kembali ke 3rd row
Unexpected : SayuMari returns, Maichun strikes again

Kembalinya SayuMari hanya satu single setelah terdepak membuatku berpikir mereka lebih dari sekedar opsi pelengkap senbatsu, tapi untuk dibilang favorit manajemen juga tidak. Keduanya memiliki jumlah senbatsu appearance bersama total sebanyak 19 kali, lebih dari 2 kali lipat dari total senbatsu Hime, Kiichan, dan Maichun. Dan dari sebanyak itu kesempatan, kursi Fukujin masih begitu jauh bagi mereka.

Kembalinya Maichun sedikit unexpected dalam artian kurasa manajemen akan lebih memilih member yang lebih muda untuk senbatsu, dan Maichun sudah merasakan kursi senbatsu -yang kebetulan, newcomer senbatsu terakhir sejak Taiyou Knock juga adalah dirinya- entah apa yang direncakan untuk Maichun karena dia juga ikut dalam Hakaba Joshikousei.

Turunnya Reika sedikit banyak bisa dimaklumi, dia absen banyak di Hadashi dan sekarang juga memiliki jadwal stage play, jadi mungkin manajemen menempatkannya di posisi yang paling baik untuk menyeimbangkan jadwal. Kiichan dan Hime untuk pertama kalinya bisa dua kali berurutan ada di senbatsu, as expected, dan Ikoma dan Hoshimina menjadi pelengkap 3rd row kali ini.

2nd row

Wakatsuki Yumi-Matsumura Sayuri-Hori Miona-Saito Asuka-Eto Misa-Akimoto Manatsu
Hit : Yumi & Miona back to Fukujin
Miss : Sayurin, Manatsu, Misa bertahan di 2nd row. Reika kembali terlempar dari Fukujin
Unexpected : Ashurin menjadi member kedua yang terlempar dari front row di single selanjutnya setelah menjadi center

Di sini, kejutannya paling sedikit. Kembalinya Yumi & Miona ke Fukujin sudah kuprediksi dan tepat, karena sejak awal Yumi adalah pilihan untuk bergantian mengisi Fukujin sementara Miona adalah representatif Gen 2 yang kembali ke Fukujin setelah 8 single. Masih adanya dua penghuni tetap 2nd row, Misa & Manatsu juga adalah hal yang sulit diubah.

Turunnya Ashurin ke 2nd row sedikit membuatku kecewa. Padahal kupikir dia bisa menjadi member terdepan untuk mengambil tongkat estafet regenerasi setelah menjadi center di Hadashi. Yah, kurasa LLC memang my pace. Bertahannya Sayuringo sedikit ambigu karena kemungkinan besar justru Cinq Etoiles yang akan kembali di 16th single alih-alih SG, aku tak menemukan banyak alasan dia ada di posisi ini selain karena dia termasuk 30-slot member.

Front row

Takayama Kazumi-Nishino Nanase-Hashimoto Nanami-Shiraishi Mai-Ikuta Erika
Hit : Double Suns masih bertahan di front row
Miss : Ikuchan gagal menggeser Double Suns. Ashurin terdepak dari front row. Misa (kembali) gagal menjadi center.
Unexpected : Masuknya Kaz ke jajaran front row untuk pertama kali. Nanamin menjadi center

Tradisi center baru untuk fall single masih berlanjut, Nanamin melanjutkan tradisi ini dengan menjadi center keenam. Dan jujur saja, dua fall single terakhir di-center-i oleh member yang bisa dikatakan performer yang superb, sesuatu yang masih belum bisa ditunjukkan sepenuhnya oleh Nanamin, jadi aku sendiri cukup harap-harap cemas akan single ini. But hey, akhirnya Ravenclaw memiliki center!

Ikuchan masih ada di front row, meski dalam prakteknya nanti kurasa dia akan lebih sering absen karena stage play, siapa yang akan menggantikannya dalam live? Kaz masuk front row, sebagai original Fukujin untuk pertama kalinya Kaz merasakan posisi ini. Rewards untuk PB-nya? Mungkin tidak juga, lebih pada manajemen berusaha melakukan sesuatu untuk Kaz ketimbang dihitung sebagai rewards.

Double Suns masih ada di dua sisi center, pattern yang bertahan sejak Nandome jika mengesampingkan Taiyou Knock dan Inochi serta Imahana. Dan ini sedikit mengkhawatirkan. Di Harujion, Maimai tidak kalah sinarnya dari mereka karena itu single terakhirnya. Di Hadashi, Ashurin membawa angin segar dan secara kasat mata bisa membawa atensi publik setara dengan Double Suns. Nanami? Melihat sejarah dia akan dengan mudah redup berada diantara keduanya dari segi performance, yang mana itu yang akan menjadi penilaian utama seorang center. Sebagus apapun popularitas Nanamin, jujur ada sedikit uneasy feeling tentang ini.

Conclusion

Secara keseluruhan, susunan senbatsu kali ini sedikit mengejutkan. Penggunaan 19-nin senbatsu untuk pertama kali juga diluar perkiraan. Jumlah member ganjil selalu membawa koreografi yang lebih menarik, hanya saja, apa 19 tidak terlalu banyak? De facto Nogi memiliki 47 member saat ini, tapi karena aku ragu apa Gen 3 akan diikutsertakan di single ini, maka jumlah Under hanya 16 orang?

Dan untuk Ranze, kurasa kekecewaan kembali gagal menembus senbatsu bisa sedikit terobati dengan kembalinya Cinq Etoiles. Sisi lain dari gagalnya Ranze menembus senbatsu adalah ini pertama kalinya Gen 2 ada di senbatsu dengan jumlah lebih dari 2 orang. Setelah kulihat lagi, jumlah dua baris depan ada 11 member, apa ini artinya Jyuu-Fukujin sudah ditanggalkan? Asal jangan membuat istilah konyol seperti Jyuu-Fukujin+1 saja.

img_20161015_174911

I hate being a party pooper, tapi Nanamin center berarti menggali mitos lama bahwa dia hanya akan menjadi center jika sudah siap grad, tapi aku ragu itu akan terjadi setelah single ini, karena itu akan mengulang cerita Maimai. Yang ada mungkin ini adalah kesempatan yang diberikan padanya untuk persiapan, karena Nanamin termasuk salah satu yang terdepan untuk kita dengar kabar graduatenya.

Bisa dikatakan, jika susunan senbatsu kali ini dibandingkan dengan Aston Martin, 3rd row adalah city car Cygnet dengan segala kejutannya sama seperti saat Cygnet diperkenalkan. 2nd row, dengan line-up yang sedikit monoton tapi membawa angin perubahan adalah seri soft top Vanquish Volante. Front row adalah DB9 GT, icon dari bahasa desain Aston Martin sekaligus menunjukkan kekuatan front row member Nogi.

This slideshow requires JavaScript.

All images used is credited to it’s respective owners
Advertisements

86 Comments

  1. Kok agak gak rela ya pas baca: agen spionase James Bond dan kembarannya, Johnny English.
    Kembarannya? kyknya kata kembarannya perlu pake tanda kutip dua tuh min 😀

    Dek Miria, yg sabar ya, manajemen lebih milih yg udah mateng ketimbang bibit unggul 😀

    Miona selamat, selain masuk fikujin, isu Cinq Etoiles dpt jatah disingle ini jg jd kabar baek…
    Nogidan kapan ya???

    Dan untuk Nanmin, congrats, moga sehat selalu n gk buyar ingetan dancenya saat perform 😀

    Tebak2annya kembali ke under, sapa yg jadi enter Under setalah SAyuMarika anek pangkat? Masih Hinachima atau ada alsan khusu ranze belum UP? ane sih ngarepnya deek Miria 🙂

    Like

    1. Gak rela itu maksudnya sama yang mana? Johnny English lebih keren yak? XD

      Bah, Miria? Ranze yang begitu aja dilirik juga belum buat posisi senbatsu. Padahal jadi anggota dua unit resmi tuh. Miria sih masih butuh waktu.

      Nogidan? Bagai mengharap Toyota Crown mengalahkan Aston Martin Rapide S di segmen four door saloon.
      Dengan kata lain: jangan ngarep ketinggian.

      Sulit buat Hinachima, cuma ada satu member yang pernah jadi under center 2x berturut-turut dan popularitasnya lumayan jauh sama Hinachima. Ranze mungkin enggak, kalau Cinq Etoiles beneran kembali. Best bet ane antara Karin, Johnson, atau Iori, no bias.

      Like

    2. Iya, Johnny lebih keren koplaknya, tpi setidaknya Johnny ada kelebihan lah, dia lulusan shaolin kan? 😀

      Nah mungkin Rnaze kyk pertanyaan ane soal Under, mungkin dia gk di UP buat diasah dulu jadi cntr under, klo Miria gk perlu jdi center, langsung masuk senbastu n jadi center disitu aja XD

      Ahahahaha, mitos ya? XD

      Knp nama Miria gk disebut? plis kasih kepercayaan ke dia… XD

      Like

    3. Oh lulusan shaolin juga ya? Ane kira lulusan sekolah lawak doang XD

      Mau ngulang cerita tetangga? Main drop aja jadi center?

      Mitos itu, Nogidan Revival. Sia2 nambah anggota kalau gak dimanfaatkan.

      Lah, sama kaya alasan untuk Ranze, asah dulu dong baru jadi center XD

      Like

    4. Iya, di JE2 kan diceritaan saat dia menuntut ilmu dan menaenangkan diri di shaolin 😀

      Cerita tetangga? Apakah ini seburuk dugaan ane? 😀

      Ntah, pdahal Kotum kren, membernya keren, tpi gk dapat2 lagu disingle tepok jidat dah

      Klo utk Miria gk perlu diasah, dia udah terasah, lagian dia udah 2 panutan kakk iparnya, Iku sma miona yg udah pernah jd center 😀

      Like

    5. Iya tau om. ‘Itunya’ ditendang aja gak ngerasa sakit, ane nontonnya aja ngilu XD

      Udah, gak perlu diterusin. Rahasia publik juga.

      Tepok jidat doang? Ane udah jedotin kepala ke tembok. XD

      Mainan drone doang udah dianggap terasah? XD

      Like

    6. Nah itu tau.. 😀

      Rahasia ko tp publik, apa maish rahasia klo gitu ceritanya 😀

      Ane mau tepok jidad tp ditahan Ashurin, katanya gk usah segitunya, gk jadi lah XD

      Kan terasahnya gra2 dah ada conton dari 2 kakk iparnya, iku sama Miona *kok geli ya, tp sudahlah XD

      Like

    7. Yah, tanyakan pada rumput yang bergoyang, gimana pendapat mereka soal senbatsu 48 dibandingkan Sakamichi.

      Tambahan dari adek ane jangan dilupain dong “mendingan lompat ke jurang aja sekalian” XD
      My Little Miss S!

      Geli? ane merasa jijik XD

      Like

    8. Tanya sama om ebit dong berarti? XD

      Klo sama ane kok Ashurin gk S ya malah terkesan manja2 giman agitu, dia terpengaruh sama Miria x yg gitu juga sama abngnya ini 😀

      Itu bahsa halusnya, ya aslinya jijik juga XD

      Like

    9. Klo urusan rumput begoyang sama bang ebit, klo urusan begadang sama bang roma..

      Loh kan dah ane bilang, mungkin Ashu gitu gra2 terpengaruh sama tingkah Miria ke ane, mungkin Ashu dirumahnya gk dapat perlakukan kyk gitu dri abangnya XD

      Mereka dah biasa jadi gk muntah.. bisa krna terbiasa XD

      Like

    10. Kalau urusan kriminal sama Bang Napi XD

      Emang ane ajarin Ashu biar gak manja. Cewek harus kuat dan mandiri! Biar gak gampang di-serigala-in sama makhluk-makhluk buas di luar sana XD

      Paling cuma pucet, terus meriang ya mereka XD

      Like

    11. XD

      Klo Aka diajarin nge-bully ya? XD

      Tahap3 speerti itu juga udah mereka lewati, pkoe dah biasa lah… XD

      Like

    12. Harus itu, biar gak banyak yang godain dia. Kan kalau begini yang naksir Aka kan cuma yang M aja, dikit tapi sakit jiwa semua XD

      Bisa karena terbiasa menderita XD

      Like

    13. Huh, untung ane masih waras jd gk suka Aka deh XD

      Bahagia bukan menderita… XD
      *kehabisan bahan XD

      Like

    14. Ingat, karma itu ada. Jangan asal ngomong, entar jatuh hati ane dor ente XD

      Kehabisan bahan? Beli dong, masa sampe segitunya gak mampu beli XD

      Like

    15. “Ingat, karma itu ada. Jangan asal ngomong, entar jatuh hati ane dor ente” <- jgn sampe deh, kecual klo Miria maksa ane buat adopsi adek baru 😀

      Inget tgl berapa ini XD

      Like

    16. Jgn salahin ane dong, klo Miria yg maksa gimana, kan ane gk bisa nolak keinginan adek ane satu2nya itu XD

      Agan yg memaksa ane melakukan hal itu..hhhh

      Like

  2. Harapan Ane Menggabungkan Duo SayuMari Feat Himetan Di Senbatsu Akhirnya Diwujudkan Meskipun Harapan Itu Sempat Dijatuhkan Mimin Di Artikel Sebelumnya Haha 😀
    https://redmoonthink.wordpress.com/2016/09/23/galilean-moons/#comment-1133

    Reika – Ikoma Jadi Double Center Di 3rd Row Mungkin Itu Ada Pesannya Buat Ashu-Miona Yang Tepat Didepannya Yaitu “Jika Kamu Melihat Ke Belakang Yang Kamu Lihat Hanyalah Masa Lalu” Hahaha 😀

    Front Row Diisi Sama Member Yang Udah Rilis PB 😀 Selain Udah Rilis PB, Mereka Juga Member Yang Paling Sering Nongol Di Acara TV Bersama Manatsu

    Karena Mama Sayu, Dedek Marika Dan Maichun Naik Pangkat, Ane Nebak Kalo Yang Jadi Center Under Antara Ayane Atau Renachi

    Like

    1. Yah, susunan senbatsu Sakamichi kali ini miss berat. Jujur aja, ane belum dapet masuknya SayuMari & Maichun ini arahnya kemana. Popularitas? Rewards? Apa?

      Combi ex-center Nogi jadi core 2nd row, dan kemungkinan yang bakal berperan besar di masa depan ditaruh di belakang Nanamin untuk mempelajari apa yang seharusnya gak dilakukan seorang center 😀

      Selain Kaz, empat member ini permanen front row, tahun ini mereka selalu di front row jadi yah, rada ngebosenin sih. Dan kalau dengar front row Nogi=member pemilik PB rasanya gimana gitu. Toh bukan mereka juga yang minta status itu.

      Untuk center under agak tricky sih, yang jelas ane berharap magis under song dua tahun ini terulang lagi. Yah meski under song Nandome, centernya gak keliatan kaya center.

      Like

    2. Mama Sayu Sama Dedek Marika Emang Kodratnya Ada Di Senbatsu Sih Kalo DIliat Dari HS Selain Itu Selama SIngle Kmaren Mereka Berdua Punya Banyak Job Individu Terutama Photoshoot Majalah. Kalo Maichun Mungkin Reward HS Soldout Kali Ya. Untuk Susunan Senbatsu, Jujur Aja Ane Gk Nyangka Sama Sekali Kalo Nanamin Bakal Jadi Center Soalnya Di Single Ke-16 Ini HSnya Dipastikan Gk Full Slot Alias Cuma 20/20.

      Kalo Dari Imagenya, Nanamin Ini Cocok Sama Lagu2 Macam Inochi Tapi Kalo Dancenya Seribet Inochi Agak Riskan Juga 😀

      Tentu Saja Job Individu Menjadi Salah Satu Pertimbangan Manajemen. Kalo Berdasarkan Yang Ada Di HKT Documentary, Yang Jadi Pertimbangan Manajemen Untuk Menentukan Senbatsu Itu Berdasarkan Popularitas HS, Jumlah Fans Yang Meng-oshikan Mereka Di Fanpage, Trus Dari Media Sosial Member Seperti 755 & Blog, Image Lagu Dll. Intinya Seberapa Banyak Sumbangan Member Terhadap Aktivitas Grup Dan Seberapa Tingginya Keinginan Untuk Bergabung (Mungkin Yang Dimaksud Latihannya Dan Kayaknya Ini Jadi Salah Satu faktor Yang Membuat Ikoma Tetep Aman Si Senbatsu)

      Under Song Nandome Lebih Kayak DOuble Center Ashu-Mari 😀

      Like

    3. Kalau buat ane sih, setelah dipikir2, mungkin manfaatin momen Hakaba, Joshikousei. SayuMari + Maichun main disana dan kalau gak salah masih belum selesai kan ini stage play? Mungkin buat dapetin target penonton lebih makanya mereka masuk senbatsu 16th.

      Ane punya feeling ini bakal jadi ballad yang sedikit punya warna Inochi, tapi gak sekompleks itu juga.

      Yah, Nogi punya seleksi senbatsu yang lebih bisa dinalar ketimbang 48G, jadi ane sulit buat ngelihat opini dari satu pihak apalagi dari 48G. Meski Ikoma bisa dibilang punya dedikasi buat grup, dia tetep menghadapi tembok resistansi dengan terus ada di senbatsu. Intinya sih kompleks ya, maju kena mundur kena.

      Ane dulu kurang merhatiin siapa center under resmi, cuma liat MV dan nebak siapa centernya. Baru2 ini aja ane tahu siapa center sebenarnya Ano Hi Boku wa Tossa ni Uso wo Tsuita.

      Like

    4. Ya Mungkin Juga Itu Jadi Salah Satu Faktor Seperti Yang Pernah Ane Bilang Dulu Member Yang Tergabung Sama Proyek Besar Terutama Film Atau Drama (Mungkin Bisa Ditambahkan Stageplay Juga) Kemungkinan Posisinya Aman 😀

      Yap Ane Juga Punya Feeling Kayak Gitu Dan Semoga Aja Booming Biar Ntar Di Kouhaku Bisa Dapet Jatah Di Part 2 😀

      Emang Sih Sistem Penentuan Senbatsunya Nogi Gk Bisa Disamakan Dengan 48G Soalnya Kalo DI 48G Hasil Senbatsu Sousenkyo, Angket Pengunjung Theater Dan Keinginannya Babeh Juga Jadi Pertimbangan 😀 . Lalu Untuk HKT, Suaranya Sashi Benar2 “Didengarkan” Oleh Manajemen Dan Bisa Jadi Bahan Pertimbangan. Kira2 Di Nogi Sendiri, Ada Gak Ya Yang Suaranya Benar “Didengarkan” Manajemen Kayak Sashi DI HKT?

      Karena Ane Ngeliat Livenya Dulu Jadi Ane Langsung Tau Kalo Yang Jadi Center Mama Sayu 😀 Tapi Kalo Di MVnya, Ashu-Mari Malah Kayak Double Centernya 😀

      Like

    5. Jadi intinya tetep, LLC mau diapain juga tetep Paman Gober yang selalu lebih mementingkan profit. 😀

      Dari teasernya, tapi tau deh itu teaser resmi apa cuma hoax, kok kaya teaser buat majalah fashion. Soal booming atau enggak, hmm, ane harus bilang progress Nogi tahun ini cuma ketolong sama Hadashi, Harujion jauh dari harapan ane di spring single.

      Kayanya sih enggak ada member khusus yang bakal didengarkan manajemen, juga ditambah nature member Nogi yang lebih kalem sih ya.

      Ralat gan, bukan Ashu-Mari yang jadi centernya, tapi dua adek resmi ane XD

      Like

    6. Kalo Itu Sudah Pasti Gan Terutama Si Babeh 😀

      Semoga Aja Itu Beneran Posternya Soalnya Bagus Kesannya Gloomy Banget 🙂 Yap Harujion Menurut Ane Merupakan Single Nogi Paling Lemah Untung Tahun Ini Ketolong Hadashi Sama Kikkake Juga Sih

      Menurut Ane Disitulah Kekurangan Captain Reika 😀

      Kalo Ashu-Mari Adek Agan Berarti Agan Kakak Ipar Ane Dong Hahahoeekk 😀

      Like

    7. Jadi kepikiran pengen bahas Donal Bebek deh 😀

      Hampir selevel sama poster drama tuh. Atau jangan-jangan fall single ini Nogi bakal bareng drama baru?
      Anjloknya Harujion dimanfaatkan LLC buat debut super Keyaki.

      Tapi ane rasa mending begini, jadi gak ada sosok yang terlalu dominan buat keputusan manajemen. Ane lebih suka ide member ya strict di performance aja, di balik layar ya urusan manajemen.

      Jangan macam-macam sama mereka gan, abang sama kakak iparnya punya koneksi yankee XD

      Like

    8. Komik Donald Bebek Menurut Ane Bagus Banget…Dulu Pernah Punya Satu Tapi Sekarang Entah Kemana 😦

      Kalo Ngeliat List Drama Yang Release Season Fall Ini Sih Kayaknya Gk Ada Drama Nogi (Adanya Ex-Nogi MaiMaaai 😦 ) Tapi Gk Tahu Lagi Kalo Ntar Tiba2 Nongol

      Tapi Setidaknya Ada Member Yang Bisa Mewakili Member Untuk Menyampaikan Uneg2nya Ke Manajemen…Masa Harus Niru Caranya Churi SKE Nyampain Uneg2 Timnya Di Atas Panggung 😀

      Tenang Gan Ashu-Mari Bakal Aman Kalo Sama Ane 😀

      Like

    9. Ane lebih suka komik Duck Universe ketimbang Marvel/DC Universe 😀

      Ya mungkin kaya Tokudare, mendadak pengumumannya. Kalau iya, ini semacam tantangan langsung sama Keyaki, semoga aja iya. Meski ane gak bakal nonton juga.

      Ya siapa tahu di backstage level ponkotsu Capt gak separah waktu onstage. Member sih bilangnya dia lebih parah tapi ya soal Nogi mungkin dia lebih berusaha. Karena dari segi popularitas pun, yang selevel Double Suns, Iku, Nanamin, juga kayanya bukan tipe yang peduli sama hal begituan.

      Ane yang gak rela kehilangan adik-adik ane XD

      Like

    10. Komik Donald Bebek Itu Mampu Menyampaikan Imajinasi Masa Kanak2 Ane. Sejauh Ini Cuma Donald Bebek Dari Dunia Komik Sama Karya2nya Ghibli Dari Dunia Film Yang Bisa Kayak Gitu.

      Kalo Beneran Bagus Tuh, Tema Dramanya Ntar Juga Bisa DIpake Buat Xmas Show.

      Bisa Dibilang Reika Ini Kurang Mengayomi Member Lain. DI Nogi Sebenarnya Ada Member Yang Bisa Mengayomi Member Lain Tapi Keduanya Udah Grad (Baca: MaiMai & Rarin). Sekarang Ane Cuma Bisa Percaya Sama Reika Kalo Doi Bisa Jadi Captain Yang Baik Meskipun Ponkotsu.

      Tenang Gan Meskipun Mereka Sama Ane, Mereka Ane Ijinin Buat Ketemu Agan Kok HahahaHOOEKK 😀

      Like

    11. Ane ngelewatin masa kecil baca komik Disney, sebelum beralih ke cerita detektif dan robot kucing bersuara om-om XD

      Ya semoga aja beneran kejadian 🙂

      Kalau mengayomi iya setuju dua orang itu. Tapi ane lihat masih ada banyak sosok pilar emosional di Nogi. Reika salah satunya. Kalau mereka gak ada rasanya bakal ada yang hilang.

      Tidak, mereka belum layak digodain. Ane sebagai abangnya menolak. Case closed!

      Like

    12. Kucing Bersuara Om-om? Ciborg Kurochan Maksudnya?

      Dan Semoga Dapet Jam Tayang Yang Bagus Juga 🙂

      Yap Setuju. Reika Termasuk Salah Satu Pilar Nogi Yang Menjaga Kondisi Internal Nogi. Kalo Member U-20 Mungkin Ikoma Sama Chichan.

      Kalo Begini Terpaksa Kawin Lari Deh 😀

      Like

    13. Doraemon XD

      Juga kesempatan terakhir untuk Nanamin di layar kaca, kalau dia stick sama kata-katanya grad total dari entertainment industry.

      Chiichan iya, tapi Ikoma udah 20. Pilihannya cuma Ashurin, Hinachima, Iori, Kotoko, Chiichan, Miria member yang U-20, dan rata2 mereka masih spoiled, belum punya mental sekuat kakak-kakaknya.

      Bukan kawin lari, lari aja yang bener. Kalau berani2 kawin lari gak sampe 100 meter juga udah dicegat pasukan bela diri. XD

      Like

    14. Oalah Doraemon 😀 Robot Kucing Berparas Musang 😀

      Semoga Aja Pernyataannya Nanamin Kmaren Bisa Dipikirin Lagi Sama Doi. Sayang Banget Sama Karirnya Yang Udah Susah2 Dibangun. 😦

      Usia 20 Itu Gak Termasuk U-20 Ya Gan?
      Selain Nama2 Yang Agan Sebutin Jangan Lupa Masih Ada Ikuchan, Hoshino, Maaya Sama Kawago Juga Gan Dan Menurut Ane Diantara Anak2 Itu Cuma Chichan Yang Punya Sifat Agak Dewasa 🙂

      Ane Bakal Minta Bantuan Manatsu Gundan Buat NgeZukyun Pasukan Bela Diri Agan Biar Ane Bisa Kawin Lari Sama Ashu-Mari 😀

      Like

    15. Suaranya sexy loh, serak-serak basah XD

      Ane yakin Nanamin bakal teguh sama kata-katanya. She’s smart, dia tahu jadi aktris ex-idol itu susah, jadi ane gak begitu terkejut. Tapi nasib siapa yang tahu, beberapa tahun lagi ane gak akan terkejut kalau ada berita comeback-nya ke industri hiburan.

      Buat ane, usia 20 berarti udah Seijin Shiki dan dewasa. Jadi mereka yang udah lewat 20 dan mau ikut Seijin Shiki tahun depan, udah ane anggap graduate dari status U-20.

      Pasukan bela diri kenalan ane udah dilatih sama Kuroishi. Zukkyun sih lewat XD

      Like

    16. Doraemon > Dewi Persik 😀

      Ex-Idol Jadi Aktris Emang Susah Tapi Masih Bisa Meskipun Doi Bilang Tidak Tapi Masih Ada Kemungkinan 🙂
      Btw Kasian Mousou Cameramen Nogibingo 😀 Berdasarkan Tweetnya Mouri-P, Si Mousou Kameramen Ikutan Sedih Saat Nanamin Ngumumin Grad. 😦

      Yah Intinya Member Muda Nogi Masih Banyak Yang Kekanak2kan Dan Masih Belum Punya Mental Sekuat Kakak2nya.

      Kuroishi Lagi Sibuk Gan…Dalam Sebulan Jadwalnya Yang Kosong Cuma Sehari Jadi Gk Ada Waktu Untuk Ngelatih Pasukan Agan 😀

      Like

    17. Jauh lebih menarik Doraemon sih kalau buat ane XD

      Kemungkinan selalu ada. Mungkin juga dua-tiga tahun pasca grad dia mulai kecil-kecilan lagi, main teater misalnya.

      Alah, palingan dia pindah ke Mona, seleranya orang M sih keliatan ye XD

      Yang ane khawatirkan itu gimana kalau mereka tiba-tiba diproyeksikan jadi pengganti top tier member, apa ada jaminan gak bakal demam panggung kaya kisah legendaris yang ‘itu’?

      Pasukan ane udah lulus kok, Kuroishi Certified ISO 2000, gak akan tergoda bahkan sama sexynya Misa XD

      Like

    18. Kalo Main Theater Kayaknya Agak Berat. Ane Sih Pinginnya Kalo Doi Pengen Balik Ke Entertain, Doi Nerusin Karirnya Sebagai Model.

      Tapi Kasian Juga SIh Soalnya Di Foto Terlihat Menderita 🙂

      Kisah Legendaris Yang Mana Gan? Iori? Kanarin?

      Kalo Udah Kena Zukyunnya Manatsu, Pasukan Agan Emang Gk Bakal Tergoda Tapi Langsung Kabur (Aduh Kayaknya Ane Jadi Agak Ketularan Agan Riduch Nih 😀 )

      Like

    19. Model ya boleh juga sih, tapi sayang kalau kemampuan aktingnya gak lanjut.

      Kan sekarang Nogibingo, makanya keliatan menderita. Entar kalau Keyabingo lagi juga pasti sumringah 😀

      Ikoma yang kabur dari press conference di awal Nogi dulu. Demam panggung, pressure, numpuk dan gak bisa ditahan.

      Jadiin film aja, Ada Apa Dengan Manatsu? XD

      Like

    20. Kalau Gitu Mending Syuting Drama Aja Sekalian 😀

      Entah Bagaimanapun Pasti Tetep Terngiang2 Gan…Waktu Ngedenger Nama Yonetami Nanami Jadi Keinget Lagi Haha 😀

      Setidaknya Sekarang Doi Jadi Lebih Pede Di Depan Umum 🙂

      Btw, Setelah Ane Inget2 Perasaan Dulu Kepala Manatsu Saat Awal Gabung Nogi Gk Segede Ini Deh. Apa Gara2 Doi Masuk Nogi Trus Jadi Besar Kepala 😀

      Like

    21. Padahal dia resmi grad aja belum ini udah ngomongin sesuatu 3-4 tahun ke depan 😀

      Untungnya dia bukan Yone oshi, jadi gak baper mulu bawaannya XD

      Setelah ditempa di realitas yang beda banget dari Nogi, dia pasti pulang bawa sedikit perubahan di karakternya.

      Perasaan ane sih sama, liat aja episode Doko pas Manatsu datang pertama kali. Cuma sekarang keliatan lebih gede karena keseringan dibully aja XD

      Like

  3. Kyakx unit untuk single ini slain cinq etoiles jg ada manatsu respecto gundan *sumber blog manatsu…
    Nogi is nogi jd snbatsux y itu2 aja,jd skrg yg pling dnnti itu singlex itu sndri..
    I hope its a dark single, something “witchy” its gonna be awesome.
    Scra tema nogi lbih kearah ojou sama/girls rule yg artinya mngangkat ttg para gadis/wanita..
    Mngingat ttg sjarah pembataian para wanita yg dtuduh penyihir pd bbrpa abad lalu. Its dark but sad..

    Like

    1. Ane jarang ngecek blog member sih gan. Manatsu ‘respecto’ Gundan? Ini nama unitnya?

      Dari teaser image buat single ini sih kayanya bakal sedikit dark sih, sedikit berkebalikan sama teaser dua fall single terakhir. Kalau dibikin kaya witch trial bagus juga kali ya. 🙂

      Like

    2. Iya,tu unit mncul pas acara 46 hour tv yg ke2 brg ama sayuringo gundan tp klah pamor jd yg di msukin single yg sayuringo…
      Anggotanx manatsu (dancho),iori,miria ma ayane. Klo emg jd msuk bkal ckup variatif mngkin isi singlex. Scra tipikel unit ini manatsu bgt yah agan tw sndri manatsu gmn…
      Well,,lets hope its gonna be awesome single and enjoy the rest!
      Brhrap yg trbaik buat sakamichi biar bsa tmpil brg dikohaku akhir taon ini.
      Oh y da rumor tuh list kohaku rilis trus ada sakamichi series+babymetal dlam satu tim.klo bener himetan bakal tmpil brg sg adik dong y…

      Like

    3. Enggak, maksud ane di tengah2 namanya ada ‘respecto’-nya?

      Best bet ane buat kemungkinan Sakamichi tampil bareng di Kohaku tahun ini cuma kaya pas mereka double performance Kikkake+Sekai ni di musim panas kemarin.

      Ane tahu fans udah banyak yang gatal pengen lihat Nakamoto sisters tampil sepanggung plus bonus berinteraksi. Tapi selama mereka masih ada dibawah SME dan Toy’s Factory, lebih mungkin berharap Yuichanzou bisa perform bareng Bob Dylan.

      Like

    4. Oh ya? Maksudnya respecto itu apa gan? Dijelasin sama Manatsu?

      Bukan lagi mustahil deh. Pertama, popularitas keduanya kaya langit sama sumur. Kedua, agensi beda. Ketiga, faktor uang, karena cuma bakal fans yang peduli, bukan publik. Keempat, aftereffect, yang ada Hime dikatain dompleng popularitas adiknya.

      Like

    5. Jiah,,,langit ama sumur,jauh amat gan
      Ksian tu himetan slalu ktinggalan,g hnya sma tmenx ni adikx pula…
      Klo hsil pngamatan sih kyakx si manatsu aja yg gila hormat. Dlu di nogibingo5 kn jg prnah xoba buat grup kcil2an akimoto sisters.
      Oh y akhir2 ni chiharu srg mncul y,pa dy lgi kna push y?

      Like

    6. Karena itu kenyataan. Sejauh ini, pencapaian terbesar Hime cuma jadi assistant MC di bingo season 6 & Nogidan. Sama adiknya? Gak tega buat nulisnya ane.

      Kecuali Iori, member MG lainnya kayanya gak bakal se-respect itu sama Manatsu 😀

      Push gimana gan? Rasanya Chiichan masih jalan dengan pace dia yang biasanya, terlupakan.

      Like

    7. Lha makanye itu ane tnya…coz bbrpa kli liat acara nogi dy ckup sring kesorotx dn lg kmren dy jd starter dimajalah sma gen 3.
      Chichan emg bgus suarax tp krakterx g kuat dy jd y timbul tngglam kyak org kelelep…
      Hahaha…brarti miria ma ayane trpaksa trjerumus gtu y. Jgn2 gra2 di episod valentin kojichu dikasih hadiah ma ayane trus manatsu masukin dy.
      Menurut q ayane adalah misteri terbesar di nogi stelah KTK.

      Like

    8. Kalau buat ane push untuk Chiichan masih setengah hati. Jujur ane salut dia bertahan sampe selama ini dengan perhatian manajemen yang ala kadarnya.

      Diancam Manatsu kali mereka. “Kalau gak masuk pasukanku nanti kusebar rumor kalian juga sebenarnya juga tsurishi” XD

      Ane sedikit benci bilang begini, tapi Kotoko, meski salah satu member Gen 2 yang paling ane perhatikan, kelasnya cuma ‘good for nothing’

      Like

  4. Yang terlintas pertama di pikiran ane waktu Nanamin disebut jadi center, “wow, Ravenclaw…!!” 😀

    Selamat min, prediksinya banyak yg tepat kan.. 🙂
    Soale ane juga berharap center baru di single ini.. seperti kata mimin, “Tak ada yang menjadi center fall single dua kali sejauh ini.”

    Okay sekarang tinggal tebak2an siapa yang jadi center Under di single ini… 😀
    Agan Conan: Miria
    Agan Mac: Karin, Johnson, atau Iori
    Agan Brokoli: Ayane Atau Renachi

    Kalo ane sih berharap center undernya juga orang baru.
    Mau dari gen 1, oke..
    Mau dari gen 2, lebih setuju…
    Mau dari gen 3, hmm…. (kalo manajemen jadiin gen 3 sebagai center under, terus di 17th single member ini dijadikan center senbatsu, fandom bakal rame nih😀)

    Like

    1. Kalo Ngomongin Gen 3, Setelah Ane Ngeliat Gravurenya Oozono Momoko Di Majalah Bomb + Flash Kmaren. Ane Rasa Nih Anak Udah Punya “Bakat” Jadi Center Tinggal Diasah Dikit Lagi Aja. Mungkin Single Ke 17 Udah Bisa Dipromosiin Sebagai Member Tapi Masih Belum Untuk Senbatsu.

      Like

    2. @wahyu, Yah karena Nogi hampir staple soal senbatsu jadi emang prediksi ane seringnya tepat. Yang Keyaki yang melenceng. Jauh. Pake banget 😀

      Gen 3, kayanya belum bakal diikutin di single ini. Status mereka sampe sekarang masih KKS, sama kaya Gen 2 pas Girl’s Rule/Barette. Paling cepet summer single tahun depan (sebagian dari) mereka baru bakal naik pangkat jadi member.

      @brokoli, Momoko punya aura idol banget sih. Seenggaknya ane bisa ngeliat aura Hashimoto Kanna+Misa di Momoko. Dari segi visual, ngeri ini anak. 😀

      Like

    3. @Brokoli:
      Baru Momoko aja ya yg muncul di majalah?Pingin liat member gen 3 yg lain juga..

      @Mac:
      Formasi Keyaki bikin gak nyangka 😀
      Setidaknya dua orang Ravenclaw di Keyaki sekarang jadi pendamping center 🙂

      Belum ya? ya semoga di 17th single ada yg dipromosikan langsung ke senbatsu..

      Ntar julukan untuk Momoko jadi “idol seksi yang hanya ada Sekali dalam Seribu Tahun!” 😄

      Like

    4. Enggak, kalau gak salah 8 member Gen 3 udah dikonfirmasi dapet photoshot di majalah. Ane pengen cepet liat yang Mizuki 😀

      Ane sih berharapnya pelan tapi pasti aja, gak perlu lah ngulang cerita Miona. Kasihan, pasti lebih banyak hate ketimbang love.

      Ane sih gak liat Momoko sexy ya, cuma berasa liat Misa aja tapi bukan sexynya. Apa ya, seduktif mungkin? 😀

      Like

    5. Sopo wae min yang 8 orang itu? Kalo ane sih pingin liat member yg termuda, sapa tu namanya..Renka?Reika?itulah..
      Ntar pendapat ane sama ga ya seperti dulu ngeliat foto Ashurin, Miria, Techi di majalah 😀

      Hehehe.. biar ada gregetnya min tiap single keluar 😀

      Seduktif ya? okay ntar ane coba menelaah Momoko lebih dalam lagi 😀

      Like

    6. Mizuki, Momoko, Reino, Yoda, Reika, Riria, Shiori, sama Kaede. Baru Momoko yang rilis ke publik.

      Pelan tapi yang pasti-pasti aja lah kalau ane 🙂

      Bukan seduktif dalam artian ‘itu’ ya tapi, apa sih namanya, rada kerasa aura tsurishi juga..

      Like

  5. Kalo boleh jujur nih min, ane mulai kehilangan ketertarikan sama Senbatsunya Nogi. Mungkin sejak Taiyou Knock, gradually ilang rasa penasaran itu. Palingan itu2 aja, itu anggapan ane kalo soal Senbatsu Nogi. Ane cuma liat posisi Yumi bagus atau nggak, selain itu ga terlalu peduli. Mungkin yg 15 kemaren agak menarik karena ada Center baru. Selebihnya, ya gitu deh. Butuh yg seger, seperti Junna Rena masuk Senbatsu, Ito Riria & Kubo Shiori masuk juga. Fukujin sekarang flat, ga ada gejolak, meski Nanamin jadi center dan ane cukup seneng karena dia salah satu member favorit ane, tetep aja, dia veteran fukujin. Main aman kayaknya mnjmn.
    Kostum CEtoiles emang gitu? XD AKB banget! XD Btw itu judul lagunya?

    Like

    1. Dua sisi mata pedang antara ‘too well estabisished system’ dan ‘rigiditas’. Yah ane paham, tapi jujur aja ane lebih seneng liat sistem begini ketimbang random airdropped push kaya tetangga. Di post sebelumnya ane pernah bilang juga, sebagain fans Sakamichi itu ex-48 yang eneg sama sistem ini, makanya contoh mereka yang habis karena main push asal comot lumayan banyak di Nogi.

      All that glitter dari photoshop tuh. Aslinya kostumnya gak pake glitter begitu kok, ane liat yang snapshotnya. Soal judul lagu, ane kurang tahu, karena bakal ikut beneran atau enggak di 16th single juga belum dikonfirmasi.

      Like

    2. [@admin permisi boleh ikutan nimbrung ya]

      @mas …Hmmm..sepikiran dg saya kurang begitu respect dg formasi Sakamichi akhir akhir ini.
      klo lihat setback kebelakang era Baretta sipa yg nyangka Miona center? smua “teori” yg agan2 sebuatkan diatas gugur semua. Kenkyusei yg sama sekali tidak terdeteksi radar naik jadi center dg dibacakanya “surat sakti” dari LLC (nogidoko ep….)
      Sperti yg agan Kochan bilang diatas “nogi adalah nogi” yg paling ditunggu2 adalah hasilnya (single,unit song,variety,eventnya dll)

      Like

    3. @mac
      Ane juga ga terlalu menentang yg kayak ginian, tapi ya sekali2 ada rotasi, khusunya fukujin. Member yg disitu hampir 90% ga berubah. Kalau mnjmn cari aman, rotasinya ga perlu sedrastis masukin gen 2&3 ke situ, tapi rotasi dalam senbatsu yg 90% ga berubah ini. Misalnya aja, Double Sun dijadiin second striker, mendukung center baru. Baris 3 bisa diotak atik satu dua membernya buat gantian dengan member under atau gen 2 & 3 (Junna Rena Riria Kubo – ini maunya ane sih, XD ).
      Gapnya terlalu lebar di Nogi menurut ane. Ga hanya antara Senbatsu dan Under. Fukujin dan 3rd row keliatan banget. Bahkan di fukujin, 1st row dan 2nd juga lumayan. Dari awal, embel2 fukujin ini yg agak ga sreg karena jiplak Kami7nya AKB. Dan karena statusnya sama dengan Kami7, MV maupun dancenya jadi terlalu fokus dibarisan ini. Ane harap ini bisa berubah di 16, dan dancenya jadi kayak Keya, 3rd, 2nd, 1st bisa gantian posisi.
      Eh iya, 15 kemaren senbatsunya 17, kan? Sekarang 19 dengan Maichun, Sayu, Marikka, jadi siapa member yg turun? Ane ga terlalu perhatiin.
      @khalifah
      Setuju, karena ini fall, ane berharap lagunya yg keren, macam Inochi atau Sekai de, lagu yg bisa bikin ane merinding. Dan, Nanamin juga pas buat lagu tema cool, dark atau bahkan keras sekalian! XD
      Air drop Miona, mungkin ga akan ada lagi. Pas single 7 itu, bisa dibilang Nogi belum punya squad yg pas dan masih cari2. Jadi mnjmn coba deh cara ekstrem dan kontroversial itu. Dalam bisnis kan, kontroversial bisa jadi media pemasaran yg kuat dan efektif.

      Like

    4. yah betul, bertahan juga merupakan strategi yg ” kuat & efektif “. mempertahankan momentum sakamichi series dg sedikit mungkin mengdrop member senbatsu malah kalo bisa menambah (jadi 19nin di nogi & 21nin di keyaki) boleh dibilang manajemen cari aman

      kalo bisa sih “senbatsu aston vila” bertranformasi jadi “senbatsu Volk Wagen” seperti mobil nasional jerman VW yg stylis tidak terlalu mewah tapi merakyat dicintai segala lapisan bahkan mendunia.

      Like

    5. @khalifah, wah penghuni kos sebelah nih, silakan2 😀

      Jujur, dulu waktu Miona dijadikan center, ane gak begitu kaget. Kenapa? pattern semacam ini udah sering ane liat di grup tetangga. Reaksi ane ya cuma, “oh well….” dan belum bisa narik minat ane kembali ngelirik Nogi setelah Kimikibou.

      @mas, maksudnya Double Suns dijadikan second striker? Mendampingi center gitu? Kan selama ini juga begitu. Soal rotasi 3rd row kembali lagi ke faktor utama posisi Senbatsu; HS dan jalan pikiran manajemen lagi kemana. Kalau mau rigid sama teori HS=Senbatsu, You-Know-Who udah lengser berabad lalu.

      Dan kayanya Nogi udah mulai meninggalkan Fukujin kan, 11 member di dua baris terdepan kali ini. Dan selama pengumuman kemaren ane gak denger kata ‘Fukujin’ diucapkan sekali pun.
      Hadashi cuma 16-nin, sama kaya sekarang cuma ketambahan trio ini.

      @all, Ane pribadi berpendapat rotasi dan regenerasi dimulai di Hadashi, summer single yang selama ini jadi kutukan Nogi. Dan sedikit banyak bisa kejadian, sayang di single ini langkah mundur (kembalinya Ashurin ke 2nd row dan gak ada wajah baru di Fukujin) cuma diimbangi kembalinya 2 veteran naik turun kelas dan 1 muka lama senbatsu. Jadi yah, sedikit kecewa.

      Dan daripada Volkswagen, ane lebih suka Nogi berubah dari Aston Martin ke Beemer, bangsawan Jerman yang bisa bertransformasi jadi monster bengis waktu dibutuhkan.

      Like

    6. [@admin makacih udah dipersilahkan]

      rotasi dan regenerasi secara defakto udah dimulai sejak 7th single dg adanya lina up baru disenbatsu itu diakui sendiri oleh Reika saat sesi konsoltasi dg mmber gen2 (nogizaka show! ep…) (tau sendirikan bahkan Hoshino aja sampai didrop ke Under) . Konon rotasi terjadi jg di tingkat anggota LLC dg didaulatnya Mr.Konno jd Chief Executive yg membuka style dan cakrawala baru di Nogizaka.
      sempet heran juga eforia 7th single nogi gaunya sampai ke media indonesia http://showbiz.liputan6.com/read/734703/saingan-akb48-isi-lagu-anime-naruto/?related=pbr&channel=s

      Fukijin memang tidak diucapkan tapi istilah barunya adalah “Juuichinin Fukugami” atau “11 Dewa Kemakmuran”. (source: http://japanesestation.com/nanami-hashimoto-terpilih-menjadi-center-single-baru-nogizaka46/)

      Beemer = monster bengis waaahhh……serem juga apalagi bisa di”summon” oleh fans ??? tentunya dg menaikan HP/MP (game online RPG kali)…wwwww
      Boleh jg asal gak bertransformasi jd “senbatsu Timor/Bimantara” yg belum debut udah lenyap ditelan bumi wwwwwwwww….

      Like

    7. Ya revolusi senbatsu Nogi udah dimulai dari 3 tahun lalu, tapi untuk dibilang regenerasi ane pikir belum. Rotasi iya, tapi untuk dibilang regenerasi, jatah Gen 2 di senbatsu dari Barette cuma 1-2 member, di Imahana absen dan baru sekarang di 16th single jumlahnya jadi 3. Jadi era Barette-Harujion, ane anggap masa Transisi, menemukan kestabilan dari era sebelumnya dengan sedikit inovasi.

      Juuichinin Fukugami? Oh yeah, istilah baru dengan keadaan yang masih sama. Creative.

      Ada kan yang setipe Beemer, tuh si Ikuchan. Yang lain masih malu-malu buat nunjukin kapasitas ‘Fly like a Cadillac, sting like a Beemer’ 😀

      Like

    8. Pedang bermata dua, yg jelas min. Pas Nanamin keluar, juga Maiyan dan class 92 lainnya, member bawahnya belum cukup bangun popularitasnya. Balik ke Ikoma buat wajah Nogi? No thanks! Semoga aja, formasi veteran ini, hanya untuk gradnya Nanamin aja. Setelah itu, ane pengen liat wajah baru di Senbatsu spring nanti. Jangan sampai kayak grup sebelah, mengandalkan kennin dan memanggil balik OG.

      Like

    9. 17th senbatsu, ane punya harapan buat newcomer senbatsu, tentu. Tapi ada beda antara harapan, prediksi, dan realita. Untuk sekarang masih blur, jadi belum mau spekulasi gimana musim semi tahun depan.

      Balik ke Ikoma jadi face-nya Nogi, ane lebih suka makan jamur beracun deh.

      Like

  6. Kaya nya Ranze sih center UG, meskipun dia juga punya c/w dengan Cinq Etoiles nantinya (kalau ada). Miona sama Himetan aja bisa WCenter di UG meski ada lagu Cinq di 13th. Kalau dari gen 1, semoga WCenter Yuutan-Kanarin! Karena mereka termasuk member alokasi hs yang tinggi di under.

    Like

    1. Yah, yang jadi argumen ane soal kemungkinan Ranze center Under, dia emang favorit untuk unit, tapi untuk di Noginya sendiri, manajemen kurang ngelirik dia. Tapi tentu ane berharap dia bisa jadi center, sedikit obat lah seenggaknya.

      Kalau Yuttan-Kanarin sih ane rasa sulit, yang satu gagal ngelanjutin streak senbatsu di summer single, yang satu mantan kesayangan manajemen. Sekarang ini mereka lebih difokusin buat jadi pilar Under, tapi bukan kandidat center Under di mata ane.

      Like

  7. kalo menurut ane susunan senbatsu kali ini gak mengejutkan sama sekali. nanamin center juga tinggal nunggu waktu. sering banget dia trio depan sama maiyan+nanase. tinggal hoshino nih yang belum, dulu sering depan sampe 5 kali

    Like

    1. Sesuai prediksi, tapi ditambah bumbu kejutan 3 sendok makan. 😀

      Hoshimina jadi sole center, dulu sih masih mungkin, sekarang mah susah…

      Like

    2. Sekarang ada 4 orang yang potensi sering naik turun senbatsu; Sayu, Marika, Kiichan, sama Hime. Jadi begitu balik lagi ke format 16-nin harus siap-siap broken heart.

      Like

    3. cuma 3 sekarang sejak nanamin keluar. , paling diakomodasi semuanya jadi 18 tiap single. atau single depan anak 92 pada pergi juga, pas tuh jadinya ada regenerasi, biarpun sedih sih

      Like

    4. Ramalan ane bener soal siapa Fukujin yang bakal pertama kali ngumumin grad setelah Maimai. Dan waktunya juga, Q3-Q4 tahun ini. Setelah Nanamin, mulai deh spekulasi siapa yang bakal nyusul.

      18-nin senbatsu paling masuk akal kalau liat jumlah member sekarang ini. Kalau 17th single bakal pake 18-nin, yang ane harap cuma jangan disamain plek sama senbatsu ini.

      Like

    5. Secara teknis Ikuchan juga lebih dari sekali jadi center kan, 5 single pertama pake unofficial triple center, tapi toh tetep dikredit Ikoma sendiri.

      Like

    6. cuma hashire bicycle formasinya kan 4 depan, jadi hoshino itungannya double center sama ikoma, kalo yang 3 center mah sama aja dusta, tetep ikoma yang ditengah haha

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s