Sakamichi Review : Sayonara no Imi

16th Single Nogi, Sayonara no Imi, akan rilis pada tanggal 9 November, menjadi single penutup tahun ini sekaligus tinggal menunggu apakah Nogi -dengan Keyaki kalau bisa- akan ikut serta dalam panggung akhir tahun. Dari segi sejarah, Sayonara no Imi termasuk fall single, yang kelima dalam urutan; Seifuku no Mannequin, Barette, Nandome, dan Imahana. Single ini sekaligus sebagai single terakhir salah satu Fukujin For-ever, Nanamin. Apakah bisa melampaui pencapaian fall single sebelumnya?

Covers Coverage

Superb cover. Lebih mirip photoshot untuk majalah ketimbang cover sebuah album. Dengan M-6 ada di senbatsu kali ini, tak heran mereka habis-habisan untuk cover. Well, mungkin M-6 terakhir bersama di cover, karena Nanamin tidak akan ada lagi di 17th single. Tidak ada perbedaan spesifik di tiap cover, jadi aku hanya akan menunjuk bagian pentingnya saja.

Graceful, elegant, fashion, & sophiticasted menjadi kata kunci kali ini. Aku kurang tahu apa trend winter fashion tahun ini memang seperti ini. Ada empat warna dominan di tiap cover; Hijau di A, Oranye di B, Biru di C, Peach di D, dan Ungu di Regular. Member yang paling berkesan dari semua cover adalah -no bias attached- Ashurin, Naachan, Sayu, dan Kiichan. Sementara, letdown terbesar adalah mereka berusaha terlalu keras untuk Hoshimina.

Dan what the hell is going on untuk cover Type C? Sama sekali tak menunjukkan 4 poin yang kusebut diatas dan terkesan out of place dari semuanya. Satu kritik lagi, mungkin cover kali ini tak begitu sinkron dengan definisi ‘cover’. Ya, bagus dari segi visual dan fotografi, tapi sebagai cover single yang seharusnya membawa sedikit saja isi dari lagu yang ada, sedikit kurang nyambung. Kecuali cover ini dibuat hanya untuk mengapresiasi Nanamin, satu dari M-7 yang grad.

Untuk adanya koper di Type A & D, aku tak berpikir hanya karena Nanamin grad maka koper diidentikkan dengan graduate. Di Type A mungkin, tapi di Type D, Maichun menjadi nama yang paling sering dikatakan akan mengikuti jejak Nanamin karena ada koper juga. Lalu sofa di Regular dan kursi di Type B & D, lalu arti dari member yang melompat di Type C? Purely just a cover art.

Track List

  • サヨナラの意味 Sayonara no Imi / Senbatsu

Type A, B, C, D, Regular Track 01

Butuh beberapa saat bagiku untuk benar-benar mengapresiasi single ini. Sebagian karena aku mencoba untuk melupakan bahwa ini single graduate dan sebagian untuk mencari standar dari fall single selama ini. Untuk yang pertama cukup mudah, tapi sulit untuk yang kedua. Mannequin, Barette, lalu Nandome dan Imahana, benchmark yang tinggi untuk dilampaui Sayonara.

Untuk ukuran Nogi, song wise, Sayonara masuk dalam kategori standar-menengah-atas. Bagus dari segi musik, hanya saja juga bukan tipikal lagu yang superb. Tak membawa impact sekuat Imahana apalagi Nandome, perlu didengarkan beberapa kali sampai lagu ini bisa masuk di kepala.

  • 孤独な青空 Kodoku no Aozora / Senbatsu

Type A, B, C, D, Regular Track 02

Tipikal lagu Nogi, standar dengan purple line yang kental. Nomor ini adalah yang least likeable untukku. Tidak ada yang salah dari lagu ini, hanya saja mungkin selera telingaku kurang bisa mengapresiasi lagu semacam ini saat ini. Cenderung forgettable, sama seperti Boku dake no Hikari dari Hadashi. Dalam satu kata, Kodoku no Aozora bagus tapi tak begitu spesial.

Apalagi jika diingat ini adalah coupling Senbatsu, yang dicenteri Nanamin juga. Jika centernya adalah Ashurin atau Ikuchan, aku masih bisa menyukainya. Hanya lagu ceria seperti ini dengan Nanamin adalah kombinasi yang kurang cocok. Yang menjadi pertanyaan; siapa yang akan menggantikan Nanamin sebagai center lagu ini setelah dia grad?

  • あの教室 Ano Kyoushitsu / Saito Asuka, Hori Miona

Type A Track 03

As much as I hate to say this; terlalu over dalam penggunaan auto-tune dan kesannya lagu ini menjadi terlalu artifisial. Kita semua tahu level vokal Ashurin dan Miona hanya average di Nogi, dan Ano Kyoushitsu sama saja dengan duet AshuMina di Taiyou Knock, Seifuku wo Nuide Sayonara wo. Tapi di sisi lain, aku suka lagu ini dari segi aransemen. Tipe lagu yang cocok untuk musim gugur dengan irama pop dan gitar yang kental.

Dan somewhat familiar melody, Ano Kyoushitsu bisa dengan mudah meracuni telinga. Lagu ini sangat adiktif, mungkn rilisan terbaik dari Sayonara no Imi -which is hard to chose-. Overalldecent tapi tidak bisa dikatakan memuaskan dari sisi ke-natural-an. Sisi buruknya mungkin hanya itu, tapi dikompensasi dengan MV yang bagus.

  • ブランコ Buranko / Under Members

Type B Track 03

At least, sebuah lagu dengan sentuhan rap di Nogi. Kita pernah mendapat lagu rock, EDM, 70’s, punk, tapi belum pernah untuk rap. Ranze mendapat penghiburan dengan menjadi center Under untuk pertama kali, dan dia mendapat lagu seperti ini, nice one. Beberapa mengatakan kemiripan dengan Green Flash, oh well, memang tak bisa dipungkiri tapi juga karena ini adalah rap di ranah J-Pop, levelnya jelas beda bahkan dibanding K-Pop sekalipun.

Dibandingkan rap, lebih tepat jika dikatakan fast talking, karena ini bukan rap jika didengarkan setelah satu lagu saja dari Dr. Dre atau Eminem. Perubahan dari awal lagu yang sedikit bertempo cepat hingga pertengahan yang seperti tipikal lagu Nogi yang slow bisa dibilang fresh. Karena biasanya, lagu Nogi jika bertempo cepat akan begitu sampai akhir, begitu juga jika bertempo lambat.

Bagiku sendiri yang memang suka sounds rap seperti ini, nilai tinggi untuk Buranko. Dan juga, seperti biasa, Under Song memang bukan coupling biasa, selalu membawa nilai yang sama -kalau tidak bisa dikatakan malah lebih baik- dari main song. Kini tinggal menunggu MV seperti apa untuk nomor ini.

  • 2度目のキスから 2-dome no Kiss Kara / Manatsu Respect Gundan

Type C Track 03

Tebakanku untuk kemungkinan MG -atau seharusnya disebut MRG- untuk membuat debut di single ini benar. Unit rival (?) SG ini beranggotakan Manatsu, Io, Miria, dan Aachan, formula yang sama dengan SG, satu member level Fukujin dengan 3 member level 2nd-3rd row Under yang memiliki potensi besar.

Back to 80’s sounds, penggunaan terompet yang terasa sedikit lebih menonjol dari vokal membuat lagu ini kurang menarik. Berbeda dengan Hakumai Sama yang membawa irama pop, 2-dome dengan irama Jazz dan Funk terasa wasted jika mengingat tidak adanya solid vocalist di unit ini. Musik yang menarik secara keseluruhan, hanya tidak didukung kemampuan vokal yang memanjakan telinga.

Dan kukira telingaku mulai salah saat kudengar ‘papaya’ di akhir lagu, like, what?

  • 君に贈る花がない Kimi ni Okuru Hana ga Nai / Cinq Étoiles

Type D Track 03

Kembalinya Cinq Étoiles setelah satu tahun, aku sendiri nyaris tak berharap mereka akan kembali dan akan bernasib sama seperti Nogidan -whatever happened to them, after addition- Malah kukira Cinq Étoiles sudah bernasib sama seperti Lady Jane Grey, yang dipenggal setelah hanya 9 hari menjadi ratu Inggris. Apakah penantian selama ini layak dengan lagu ini?

Hal ini tergantung selera sih ya. Lagu kedua CE ini membawa nuansa yang setipe dengan 16th secara keseluruhan. Di awal lagu influence dari Buranko yang di-center-i Ranze terasa dengan fast talking, nuansa pop yang sedikit mirip dengan Shitto no Kenri juga membuat sedikit nostalgia dengan salah satu Under Song terbaik Nogi itu. Hanya saja, ada dua member yang terasa out of tune dari keseluruhan, who’s that? Sedikit mengecewakan dari segi ini.

Untuk jawaban dari pertanyaanku diatas; Ya. Satu tahun absen dikompensasi dengan baik di lagu ini. Tinggal menunggu MV, apa bisa menggambarkan dengan baik lagu ini.

  • ないものねだり Naimononedari / Hashimoto Nanami

Type Regular Track 03

Sejujurnya, lagu seperti ini jauh lebih cocok dinyanyikan member selevel Ikuchan atau Rotti. Instrumen yang tak begitu kentara dan menitikberatkan pada vokal bukan tipikal lagu yang cocok untuk Nanamin. Naimononedari terasa seperti umumnya solo song Nogi -atau harus kukatakan solo song Naachan- yang memiliki tempo lambat dan irama menyayat hati.

Lagu ini seperti lagu yang biasa kita dengarkan di cafe sambil bercengkerama dengan teman menikmati malam hari. Dan kalau aku berpendapat, ini seperti sedikit noda untuk karakter Miss S di akhir perjalannya kan? Padahal aku berharap lagu graduate yang sedikit lebih cool.

Seifuku

Ada dua warna seifuku kali ini, peningkatan dari satu warna Hadashi. Thank God, akhirnya tidak memakai motif tartan lagi. Merah marun dan biru dongker dengan aksen garis vertikal (biru-emas untuk seifuku merah dan merah-emas untuk seifuku biru) dan garis horizontal berwarna senada di bagian tengah baju, mengapit kancing-kancing emas. Ditambahkannya dua garis vertikal memanjang di bagian pinggang membuat kamuflase two-piece padahal aslinya tipe terusan one piece.

Crest Nogizaka diletakkan di posisi biasa, dan entah kenapa seperti asal tempel saja, terlihat kurang menyatu. Penggunaan kerah dan ujung lengan berwarna putih terlihat cukup menyatu dengan motif keseluruhan. Overall, seifuku kali ini sedikit monoton dan outdated, seperti perpaduan antara seifuku Inochi dan Natsu no, berkesan seperti baju era 90 awal.

Conclusion

Secara umum, Sayonara no Imi tidak buruk sama sekali, bahkan bisa dikatakan ‘memenuhi ekspektasi’ untuk sebuah fall single. Bukan juga sebuah single yang ‘superb’ seperti Nandome, mengesampingkan ini adalah graduate single, jauh lebih baik dari perkiraan. Nanamin got a proper sent-off song, fit with her image. Hanya sedikit kecewa di lagu solo pertama dan terakhirnya.

Diversitas lagu ini membawa angin perubahan; dua unit dengan 6 member Gen 2. Akhirnya. Proper push setelah 3 tahun. Kini tinggal menunggu bagaimana push ini akan berlangsung kedepannya. Di single berikutnya, kemungkinan besar kita akan melihat Gen 3 mulai bergerak, apa member yang masih berkutat di 3rd row Under bisa bertahan, itulah yang ingin kulihat.

Untuk review MV dari Sayonara no Imi, menyusul. Artikel ini sudah terlalu panjang untuk ditambah review MV (selain karena MV dari Cinq Étoiles dan Under juga belum rilis)

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

31 Comments

  1. Cover
    Masih penasaran, apa ada makna dari simbol2 hruf n angka yg membentuk seperti jam atau cuma sekedar asal tnpa makna…
    Member yg berkesan, sayurin sama Himetan dan stuju sola Hoshimina di cover..

    Sayonara no Imi
    Standar menengah keatas? setuju… musiknya berkualitas

    Kodoku no Aozora
    Ane cari2 filenya dalam folder kok gk ada, ah sepertinya dah kehapus, download MP3nya, belum, jadi gitulah.. XD

    Ano Kyoushitsu
    Lagu terfavorit disingle ini, dari segi lagu maupun MV, lagu yg kental dengan suara gitar sellau buat ane suka XD
    Ane sangat bersyukur Miona dan Ashurin dpt lagu sebagus ini.. XD
    Tpi entah cuma perasaan ane atau enggak, lagu ini kasih kesan kyk lagu Tomohisa Yamashita – Ai Texas XD

    Buranko
    Satu2nya nilai minus dari lagu ini buat ane yakni “rap (?)”, bukan soal mirip Green Flash tpi sejauh ini kuping ane kurang bersahabat dengn lagu tipikal seperti itu klo gk ada “rap (?)” nya, lagu ini bakal duduki peringkat ke-2 lagu terbagus di single ke-16 menurut ane..
    Tpi penilaian ini bisa berubah misal MV nya bagus.. XD

    2-dome no Kiss Kara
    Sebenanrnya musiknya asyik klo harus dipaksa tp kyk kata mimin, satu2nya masalh dalam lagu ini gk ada emmber yg punya suara yg kuat buat bawa lagu ini.. XD

    Kimi ni Okuru Hana ga Nai
    ^&%&^%$&^%$, lagi2 kemana file preview yg ane download ekmarin, kehapus kah?

    Naimononedari
    Gk kyk Mai2 yg dapat MV buat lagu solonya, Nanami hadir tanpa MV… Dan dari segi suara pun lebih mendingan Mai2..

    Seifuku
    Kyknya ane pernah liat member pake seifuku abu2…

    Like

    1. Ane rasa cuma kebetulan aja, sama kaya koper. Buat ngasih fontasi yang cocok sama tema covernya juga kali.

      Lah, sendirinya ngasih tahu kalau singlenya udah keluar malah belum download? 😀

      Jadi klasemen sementara : Ano Kyoushitsu>Buranko>Sayonara>yang lainnya nih?

      Seifuku mirip Inochi yang pake lace warna putih itu kan?

      Like

    2. Samp sakit mata ane kamerin merhatiin tuh tulisan di cover.. XD

      kemarin mau sedot eh pas ke warnet tutup, kyknya pindah tempat warnet yg sering ane kunjungi, harus keliling lagi ane buat cari tempat warnet yg downloadnya gk bikin sakit kepala.. XD

      Kyknya tinggian sayonara ketimbang buranko, tdi dah sedot mv nya tp belum sempet mnikmati secara seluruh, baru sekilas…

      Iya, yg abu2 itu… mending itu dijadiin seifuku lebih enak di mata

      Like

    3. Ngapain merhatiin tulisan, bukannya Ikuchan XD

      Ckckck, sebegitu terkekang sama aturan kuota kah? XD

      Ane baru mau cari 2 MV terakhir & lanjut review. Tapi masa peringkat lagu basisnya MV sih?

      Tapi bosenin, terlalu mirip Inochi, abu-abu surem gitu. Ane bilang sih seifuku Nogi paling plain.

      Like

    4. Jiwa “conan” ane yg membuat ane kyk gitu XD
      Klo ikuchan mah setiap hari ane perhatiin 😀

      Ya gitulah, nasib…

      Emang hrus pake peringkat? klo rada gk memungkinkan ya tuls unek2 aja tp emang lebih enak pake peringkat sih.. XD

      Dari pda garis2 kyk yg sekrng, masih mnding biru kotak2 kemarin…

      Like

    5. Iya deh, tusuk gigi aja bisa jadi senjata pembunuhan kan ya XD
      Kira2 pas R&J nanti merhatiin gak ya? *ups

      Rasanya ada salah paham ini, ane tanya emang situ bisa suka atau enggak sama lagu juga karena faktor MV?

      Review rilis nanti malam, peringkat ada sih tapi ya subyektif.

      Untuk seifuku, ane sih bersyukur mereka gak pake seifuku lain. Yang mana? Ada di review coupling MV XD

      Like

    6. R&J itu apaan??? Gk paham ane…

      Owalah, gitu toh maksudnya.. XD
      Bisa iya bisa enggak sih, lumayan sering klo denger audionya aja ane gk suka tp pas liat MV nya malah bisa jadi suka sama suatu lagu…

      nanti malam? besok malam amksudnya..

      seifuku kyk MG maksudnya?

      Like

    7. Kura-kura dalam perahu, pura-pura tidak tahu XD
      R&J, itu loh, kiss XD

      Contohnya lagu apaan nih?

      Dibilang nanti malam, sekarang sih udah dinihari tadi XD

      Like

    8. R&J? kiss??? ini lagi bahas film horor ya?

      Dulu tuh lagu AKB48 yg kibouteki refrain, pas denger preview radionya ane gk suka tp pas dapat clean ver + MV nya jadi suka XD

      Ane bales koemnnya aja jam 11:49PM…..

      Like

    9. Romeo & Juliet, Romeo Juliet! *sikat aja lah XD

      Kalau gak salah, Kibouteki sama Nandome barengan kan ya?

      Tumben amat biasanya masih ngalong? XD

      Like

    10. Oh, Romeo & Juliet, sejenis wafer ya? XD

      Duluan Nadome, nadome oktober, kibou bulan november

      Ya itukan dah ngalong, jam 11:49pm blum tidur dah termasuk ngalong itu

      Like

    11. Pengalihan isu, pengalihan isu detected XD

      Yah kalau ane, dengerin Nandome sama Kibouteki waktu itu, jelas banget yang mana pihak yang ane pilih.

      Biasanya sampe jam 1 masih komen XD

      Like

    12. Dah tau itu isu yg gk mau dibahas, eh diungkit2…

      faktor suka MVnya juga gra2 ada Acchan sih.. XD

      Ya tergantung, klo dah keliling trs gk ada yg menarik, jam 12 juga dah close XD

      Like

    13. Habis kaya mancing ikan kakap merah pake umpan cacing sih XD

      Justru itu salah satu alasan kenapa ane gak suka, bawa2 yang udah mati jadi zombie XD

      Kaya satpam aja keliling, apa emang satpam? XD

      Like

    14. Nah gitulah sensasi yg ane rasakan klo lgi bahas soal drft XD

      Selama Zombienya itu bidadari ane, ane sih yes XD

      Iya, satpam hati para 7 bidadari ane XD

      Like

    15. Iklan bedak anak bayi kah? XD

      Baru tau? selain politik dia juga ngidol.. XD

      Maknya, ini lagi ambil bimbel jd pemburu srigala..XD

      Like

    16. Kayanya sih iklan rantai sepeda motor XD

      Oalah, baru tahu, ‘ana’ itu kependekan dari ‘anang’ toh? XD

      Ada bimbelnya juga ya? Siapa gurunya? XD

      Like

    17. XD

      Bukan ane maksudnya..

      Spongebob & patrck XD
      Makanya sampe skrng gk berhasil2 ane berburunya, wong mau berburu srigala, yg ngajarin ahli buru ubur2… ginilah hasilnya, srigala makin tk terkendali.. XD

      Like

    18. Ente berguru sama Patrick & Spongebob, Ue sama Squidward, kok bisa ya? XD

      Siapa murid Mermaidman & Barnacle Boy? Ikuchan dan Miona kah? XD

      Like

    19. Yah gitulah, namanya kami sehati jadi gitu.. XD

      Kemarin maunya mereka berdua kyk gitu, cuma gk ane izinin, ntar 2 kakek2 tuh kejang2 gk kuat 2 bidadari ane itu pula.. XD
      Untungnya gk ada yg minta berguru sama tuan crab kyk ente min.. XD

      Like

    20. Cuma sama Ue? XD

      Ane gak berguru ke Mr. Crab, levelnya masih jauh dari guru besar Scrooge McDuck XD
      Mungkin Kaz yang ke Mr. Crab XD

      Like

    21. Nahkan, ane cuma ikuti alur permbahasan, agankan cuma bahas Ue di komen agan jadi ya ane bales gitu,…

      MrDuck maha guru dari “aliran” kyk gitu ya? XD

      Like

  2. #Cover
    Ane rasa nogi ingin mmperkuat fanbasex dikalangan perempuan dg cover single yg mrip cover majalah.
    #sayonara no imi
    Setuju ama agan slain itu ni lgu ddukung mv yg mmpuni jd bsa mnghangatkan para fans nogi di akhir taun.
    #kodoku na aozora
    Ane g trlalu suka krna ckup flat dkuping ane tp liat mv nya jg klo bgus bsalah mmperbaiki pnilaian.
    #ano kyoushitsu
    Ane suka bgt ma aransemen musikx dtmbah karakter vocal 2 jisedai nogi yah walopun kata agan kbanyakan autotune but its ok lah. Dan lgi2 mv yg mnunjang, suka bgt sma expresi my little monster asuka disini datar tp memabukkan.
    #buranko
    Aroma green flash emg krasa tp kuantitas quick speakingx emg lbih bnyak di buranko. Slain itu stlah stelah komposisi under dirilis brulah ane ngerti knp ni lagi jd spt ini, wong nojou , rottie ma kanarin dtaro dibarisan dpan. Dmn qt tau nojou best rapper di nogi dtmbah ranze centaa nuansa kelampun trcipta.
    #2 dome no kisu suru
    Prtama dengar lgs “meh, apa yg dharepin dri sub unitx manatsu”. Lmayan sih mv nya dg expresi ayane yg memaksakan diri. Spertinya yg sneng2 di mv ni cma iori ma manatsu y
    #kimi no okuru…
    Suka lagunya dg overlapping suarax mrk. Tp knp sragamx macam gtu?
    #naimononedari
    Ane benci lgu ini,bkan benci jelek tp nuansa yg dtimbulkanx bikin baper dtmbah ni lagu kelulusanx nanamin.
    Tp ane bsa byangin siapa yg bkal nyanyiin ni lagu stelah nanamin pergi yaitu kalo g rotti y kapten.
    Dan conclusionx setuju ama agan mac, spertinya nih single lbih siap dbnding single sand offx mai2 kmren.
    #seifuku
    Gak fit dbdan, ksanx kedodoran. Tp ane pnya bnyangan akan ckup unik tuh sragam klo dksih topi macam penyihir. Hehehe
    Jd kyak skolah sihir gtu…
    Overall suka bgt lah mah ni single, stidakx tradisi fall single yg sprti agan mac blang slalu trjaga.

    Like

    1. Iya, kuat banget ngasih image fashionable di cover kali ini. Tapi ya itu, gak begitu nyambung sama isi singlenya.

      2-dome dan Kodoku no Aozora kayanya emang ditakdirkan jadi nomor yang kurang ngena di single ini. Kalau untuk siapa yang bakal nyanyi Naimononedari setelah Nanamin pergi, jujur ane pengen lagu ini dipensiunkan. Sama kaya Tsuyugaru Tsubomi.

      Kok banyak yang bilang kurang suka sama seifuku kali ini ya? Apa karena gak seelegan seifuku tahun kemarin?

      Like

    2. Bkan agak g nyambung tp dismbung2in dg simbol koper itu. Tp buat org awam trutama para kaum hawa cover ini sgt menarik mata jd kesan nogi yg elegant,pure n fashionable smakin kuat dtmbah bakal cocok buat kado saat natal jd mngkin itu tujuanx.
      Klo soal naimononedari syg bgt klo dipensiunkan. Materi lagu ini bgus bgt jd ane lbih prefer ni lgu dinyanyiin buat special ocasion macam ultah nogi.
      Dan buat seifukux, sragam ima hana msih yg trbaik kesan warm, elegant n grace nya kental bgt. Sdngkan yg skrg warnax udah ckup bgus tp garis2x itu yg ckup ganggu, cba polos & tinggal kasih aksen dbberapa bagian pasti akan lbih baik. Stidakx kesan gracenya msih dpet.

      Like

    3. Ane belum sempat ngecek respon orang jepang sendiri gimana sama cover ini (laptop ane error), jadi belum bisa komen deh.

      Kalau liat situasinya sih, kayanya jelas Litte Miss S yang bakal diwariskan ini lagu. 😀

      Kalau polos bakal kaya seifukunya Cinq Etoiles gan, asli jelek banget, ane lagi nulis review MV-nya.

      Like

  3. Cover
    Suka, paling suka posenya Marikka, senyumnya itu loh yg bikin beda XD
    Kalo baju, suka celananya Naachan, pengen punya yg kayak gitu XD
    Ga terlalu suka sama kupluknya Yumichayank.
    Lagu
    Sayonara no Imi – MV superb, nada lumayan tapi harus berusaha keras buat inget2 gimana nadanya.
    Ano Kyoushitsu – suka, gampang diingat, MV menarik, Hoshimna dipecat dari trio kwek kwek?
    Ane ga terlalu merhatiin soal auto tune, tapi kalo ada, berhasil bikin enak lagunya.
    Kodoku no Aozora – lumayan suka, termasuk langka di playlist ane, karena biasanya lagu coupling yg dinyanyiin member senbatsu ga suka. Tapi lupa nadanya.
    Buranko – harus berusaha melupakan Greenflash saat awal, baru bisa nikmati lagunya. Belum liat MVnya. Tapi suka lagu ini, auranya mirip They Don’t Care About Us – Michael Jackson.
    2 Dome no Kiss Kara – biasa, tapi nada mudah diingat. Setuju dengan vokal ancur, dan mungkin papaya hanya gumaman kayak poppipapa. Dan Io bikin ane ngiler. 🙂
    Kimi ni Okuru Hana ga Nai – setuju kalo ini paket lengkap 16th, tapi ini juga satu2nya lagu di 16th yang ga bisa ane dengerin sampai habis. Cuma setengah lalu ane matiin, ga tau kenapa kok rasanya ga enak (kerasa akb). Mungkin ntar ane dengerin lagi dan ditahan-tahan sampai akhir.
    Naimo no Nedari – salah satu solo terbaik menurut ane, dan mungkin ini dibuat tanpa menunjukkan kesan cool Nanamin, lebih ke menyedihkan, karena dia juga grad dari dunia hiburan. Setuju juga, bahkan pengen banget Ikuchan atau Rotti nyanyi ini.
    Seifuku
    Ga suka awalnya, tapi setelah dilihat, bagus juga. Garis dwiwarna ga terlalu menyakitkan ternyata.
    Dan tanya min, kenapa Nandome dibilang masterpiece, superb dan semacamnya? Menurut kuping ane, lagu ini di level biasa. Atau ini masalah selera? Mohon pencerahannya.

    Like

    1. Justru kenapa Bebitan senyum makanya ane gak masukin ke list member yang paling oke. Seharusnya dia pasang ekspresi cool dengan pose begitu.

      Untuk review MV, nanti malam rilis. Zero hour. Jadi ane gak bahas disini 🙂

      They Don’t Care About Us? Masa sih? Jauh lebih ngebeat lagu ini ketimbang Buranko. Satu wishlist ane Keyaki bakal punya lagu model ini sih 😀

      Naimonomedari, ane bilang sih bagus ya, tapi ya itu, udah keseringan dengerin lagu model begini di cafe-cafe, jatuhnya bosen 😀

      Nandome, dulu kalau gak salah pernah ada polling lagu (di S48 kalau gak FB, lupa) Nogi mana yang ‘Nogi’ banget dan Nandome peringkat pertama. Dan lagu ini bisa dibilang klimaks dari Nogi di 2014; kennin, Kidzuitara, partisipasi di SSK, puncaknya Ikuchan comeback dan langsung dapet Nandome.

      Bisa dibilang puncaknya exodus pertama gitu sih. Dan lagi, rivalnya rilis lagu yang terlalu idol sementara Nogi datang dengan lagu yang lebih ‘ngena’ yah yang ini sih selera ya.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s