Sakamichi Review : XVI MV’s

Sakamichi Review untuk coupling MV dari single keenambelas Nogi, Sayonara no Imi. Semua MV dari single ini akhirnya telah rilis dan akan kureview kali ini. Entah kenapa banyak yang menanyakan mana review dari Ano Kyoushitsu, dan MV lainnya setelah rilis resmi. Was my review that good?

Untuk MV single utama Sayonara no Imi, sudah kubahas sebelumnya, jadi tak ada yang bisa kutambahkan. Sejujurnya, aku merasa kesanku terhadap lagu ini terbantu oleh nilai MV-nya. Dan melihat live performance pertama di Halloween Music Festival kemarin cukup memuaskan menurutku. Kini tinggal menunggu apa bisa dibawakan dengan sempurna di Kohaku -how I wish it’d happen- dan panggung terakhir Nanamin.

Jadi, untuk review MV coupling Sayonara no Imi, here we go…

あの教室 Ano Kyoushitsu / Saito Asuka, Hori Miona

Type A Track 03

Secara pribadi aku beranggapan ini sedikit over the top, seperti hal-hal random yang disatukan dalam MV semi-stop motion. Paperbag human itu tambahan yang bagus, by the way. Kerandoman MV ini ditambah dengan storyline yang sedikit susah dicerna, berbeda dengan Nogi sebelum-sebelumnya. Pesan yang kutangkap dari MV ini mungkin tentang bullying, sama seperti Sayonara no Imi?

Situasi Ashurin yang dimarahi oleh sensei, terkesan tak punya teman, dan menari sendiri di atap seperti menceritakan pribadi seseorang yang merasakan bullying. Finalnya adalah adegan Ashurin jatuh dari ketinggian beberapa lantai (?). Lalu datang Miona, yang seperti mengerti situasi Ashurin. Keduanya merasa melihat diri mereka di masing-masing dan menjadi dekat. Orang yang terkena bullying biasanya tidak mudah menerima orang baru di hidup mereka, begitu juga hubungan AshuMiona, sampai akhirnya keduanya mencapai kesepahaman non-verbal.

Bagusnya, MV ini seperti manifestasi nyaris sempurna dari dua member quirky ini. Koreografi teatrikal yang dipertunjukkan juga menarik, meski tak begitu synchronous, atau memang seperti itu koreografinya? Secara umum, sinematografi Ano Kyoushitsu sangat bagus, penggunaan efek yang minimalis dan peralihan scene yang menggambarkan storyline -setidaknya menurut versiku- dengan tepat.

Ashurin dan Miona yang nyaris tanpa ekspresi sepanjang MV juga memberi warna baru bagi Nogi. Mengikuti Keyaki? Tidak, tak bisa dibilang begitu. Dari segi lagu dan visual MV ini, khas Nogi tanpa influence dari Keyaki. Bisa dilihat sedikit kemiripan dengan Umareta, Hoka no Hoshi Kara atau Arakajime, a rather odd video but still beautiful. Aku memberi nilai apresiasi tinggi untuk MV duet dua ex-center ini.

Dan sejujurnya, aku merasa MV ini tidak akan aneh jika Za Cool yang membawakan.

ブランコ Buranko / Under Members

Type B Track 03

Sejak awal MV ini membuat berpikir keras apa korelasi antara ayunan dan MV bertema apocalyptic seperti ini. Dan disaat menggunakan tema ini anehnya ekspresi member di awal malah ceria. What the hell? Jadinya mengurangi storyline secara keseluruhan. Apalagi setelah itu, set berpindah ke bibir pantai, make-up cemong, dan simbol dari perjuangan; api. Ditambah Kanashika, Lottie, Million-love, Johnson (lol, bahkan tak perlu repot-repot mencari julukan baru) tanpa kita ketahui ada member terselubung di Nogi?

Sebaliknya, MV ini didukung teknik split screen yang menarik, Buranko  masuk kategori salah satu MV dengan efek terbaik Nogi. Dari pembukaan saja sudah terlihat menariknya dari segi ini. Di akhir, ada adegan member yang sedang berlari dan Ranze sebagai yang di depan, tiba-tiba berhenti dan keluar sayap dari punggungnya. What the hell? Jadi aku berpendapat Buranko adalah lagu bagus, MV dengan teknik edit dan sinematografi lumayan, dan storyline MV yang sucks.

Untuk urusan kostum, aku tak bisa bilang ini sinkron dengan storyline MV atau bahkan lagunya. Apalagi jika dengan MV bertema apocalyptic seperti ini, setidaknya niat sedikit lah dengan kostum yang lebih berkesan. Ini sih terlalu bersih, padahal muka member sudah sesuai dengan set di pantai itu. What the hell?

2度目のキスから 2-dome no Kiss Kara / Manatsu Respect Gundan

Type C Track 03

Terlalu berusaha meniru konsep dari grup lain. Penggunaan warna pastel yang berlebihan yang un-Nogi-able saja sudah membuat MV ini gagal menarik perhatian. Tanpa storylinedance scene yang awkward dan seolah dipaksakan, konsep jack-in-the-box yang jadi tak menarik setelah scene melata di lantai, tak pernah kubayangkan Nogi akan mengalami penurunan kualitas MV sampai seperti ini.

Jika mau jujur, MV ini sama absurd-nya dengan Hakumai Sama, hanya saja MV Hakumai Sama -aku mencoba sebisa mungkin berpendapat netral- masih bisa membuatku tertawa dengan adegan Patrick Star dan lainnya. 2-dome, well it’s hard to say. Aku masih bisa mengapresiasi lagu yang kurang bagus tapi memiliki MV yang bisa diterima. 2-dome menarik meski tanpa vokal yang bagus ditambah MV seperti ini, what’s the worst that I can say? This sucks.

君に贈る花がない Kimi ni Okuru Hana ga Nai / Cinq Étoiles

Type D Track 03

Hmm, menggabungkan konsep dance in the box plus CG yang over tak akan pernah menjadi nilai plus. Aku sendiri sudah terlalu sering melihat konsep ini sehingga MV kali ini terasa sangat membosankan, apalagi untuk level Nogi, hal ini unforgivable. Dulu kita bisa mendapat MV menarik untuk level coupling, bahkan single debut CE pun mendapat MV yang jauh lebih bagus dari ini.

Sungguh mengecewakan mengingat Kimi ni Okuru Hana ga Nai terbilang lagu yang bagus, hanya saja dengan MV seperti ini kurasa kita akan lebih mudah melupakannya ketimbang mengingatnya. Dan apa itu kupu-kupu resmi menjadi logo CE? Dari semua binatang untuk dijadikan logo, kupu-kupu jelas bukan pilihan terakhir, tapi seriously, logo kupu-kupu terlalu banyak dan tak begitu menarik perhatian, tambah lagi alasan MV ini moderate -jika tak mau dibilang jelek-

Fashion di MV ini, sedikit banyak mirip seifuku resmi 16th single, lengan yang kedodoran, tapi setidaknya seifuku 16th masih enak dilihat. Bahan yang digunakan CE -all that glitter- terkesan murahan, tambah lagi motif chess yang digunakan. Perpaduan warna pink dan biru juga tak bisa dibilang eye candy.

Conclusion

Secara umum, hanya Ano Kyoushitsu coupling MV yang masuk level standar Nogi sejauh ini. Masih ada storyline khas Nogi dan sinematografi apik, plus lagu yang adiktif, dengan mudah Ano Kyoushitsu menang sebelum bertanding dari MV lain di single ini. Tiga coupling MV lain tidak memenuhi standar Nogi selama ini, apalagi untuk ukuran fall single. Harus kukatakan aku sangat kecewa kali ini.

Untuk peringkat MV dari single ini; Sayonara no Imi-Ano Kyoushitsu>Buranko>Kimi ga Okuru Hana ga Nai>2-dome no Kiss Kara

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

94 Comments

  1. MV Ano Kyoushitsu
    Ada adegan Ashu menari pake baju merah, gayanya kayak orang dewasa gitu, apa ini artinya dibalik itu dia harus menjalani dua kehidupan, sebagai siswa dan pekerja malam, atau melambangkan perpindahan dia dari remaja ke dewasa?
    Ane juga suka tariannya, ga sinkron absurd. XD kendo Hori, Men!
    Yg kurang hanya satu. Hoshimina. Kalo ada dia, lengkap udah trio kwek kwek Nogi. XD

    MV Buranko
    Kalo dari storyline, kayaknya ini gaya menceritakan masa lalu. Jadi diawal pas semua tersenyum itu setelah tahu kalo Ranze juga naga, dan merelakan si naga pergi.
    Kalo julukan Kanashika, itu apa dari kanashi ka? Khas Kanarin yang ceritanya sedih mulu. Atau, kana shika? Nothing but flower? Johnson itu beneran nicknamenya Noujou, ya? Ane kira cuma sebutan fans di forum.
    Ane juga suka dengan pengambilan gambarnya. Keren!
    Dan Renachi moon walk ❤ !!! Junna flamethrower ❤ !!! XD Jauh lebih baik dari CE yg fokusnya di Hori. Ini semua member lumayan rata. Junna dan Rena keliatan banget! AshuHori – Buranko > MRG > CE
    Lagu: AshuHori – Buranko > Sayonara – Nanamin solo > MRG – kodoku no aozora > CE

    Like

    1. Nggak tahu kok ilang komen ane yg bawah setelah post. Coba lagi ini.

      MV CE
      Hori kebanyakan, ga ada cerita terlalu sederhana dan jelek banget. Yang pertama jauh lebih bagus. Lagunya catchy, tapi MV jujur ane ga suka. Dan, benerankan min, bajunya keaannya murahan, bukan potosop. 🙂 Di 16th ini keliatan Hori dipush habis2an. Apa dia center 17th? Kalo berdasar ilmu cocokologi, sama2 ada 7nya. XD

      MV MRG
      Berwarna dan emang kean Noginya ga kerasa. Tapi, untung masih ada Iori yg sedap dipandang. 🙂

      MV: Sayonara > AshuHori – Buranko > MRG > CE
      Lagu: AshuHori – Buranko > Sayonara – Nanamin solo > MRG – kodoku no aozora > CE

      Like

    2. Jhonson itu bukan julukan fans di forum gan tp semua itu berawal dari nogidoko, Noujou yg lagi menjelaskan sesuatu (ane lupa ttg apa) terus bilang ada member yg manggil dia “Jou-san” eh Shitara pura2 salah dengar dan bilang “hah, johnson?” dan terci[talah nama itu…
      Mungkin Mimin sbg penggemar berat Johnson mau menambahkan sejarah dari nama ini XD

      Like

    3. Kenapa sih baju merah kok terlalu diidentikkan sama dunia malam? Ane rasa semua tergantung sama desain juga. Little red riding hood misalnya.

      Iya seifuku CE kali ini asli asal banget bikinnya. Padahal seifuku debut mereka bagus banget.

      Johnson itu julukan dari orangtuanya kali. Kan tahun-tahun kelahiran Jo lagi boomingnya Power Rangers. Nah orangtuanya ngasih nama Ami mungkin terinspirasi dari nama asli pemeran Ranger Pink, Amy Jo Johnson XD

      Btw @conan sebagai mantannya Johnson kok pura2 gitu sih XD

      Like

    4. Mungkin krn warna Merah identik dgn gairah min…

      Lah kan mimin skrang yg sedang jalan / menjalin hubungan sama johnson XD

      Like

    5. Lah seifuku 13th single, merah tapi lagunya ballad. Gairah? 😀

      Hubungan antara fans dan idola, karena tetep, Kimberly Ann Hart selalu jadi sosok cewek idaman ane dari kecil XD

      Like

    6. Ya maksudnya kan biasanya merah diidentikkan dengan gairah… ditambah lagi dandanan ashurin pas pake baju merah itu lebih dewasa jadi mungkin itu yg jadi alasa agan Mas mikir demikian, mungkin..

      mak dari kecil udah ada idaman, Kimberly Ann Hart pula…. behhhh ntah harus kagum atau malah merasa aneh.. XD

      Like

    7. Duh, kalau pikirannya menjurus ke sana setelah cuma liat Ashurin pake baju merah, ane harus melindungi adek satu ini lebih lagi XD

      Ya idola anak kecil juga paling segimana sih. Ente bisa bilang Kimberly gak cantik? XD

      Like

    8. Klo sama ane gk perlu khawatir.. XD

      Ya waktu ane masih kecil ya ane jauh lebih suka sosok ranger pink nya ketimbang sosok Kimberly.. masih polos, maknya ane kaget ternyata pas baca komen agan XD

      Like

    9. Kimberly? Kok nyebar sampe ke Power Rangers? XD Itu ep berapa gan Nogidokonya? Pengen liat ane.
      Bukan warna merahnya min, tapi make up Ashu yg tebel dan gaya bajunya dewasa banget. Tariannya pas scene itu juga keliatan sedih, jadi mungkin aja, gitu.
      Jadi min dan gan conan ini pengagum Johnson. 🙂 Kalo gitu gimana kalo adek2nya dititipin ke ane aja, saat gan dan min bahas lebih dalam soal Johnson. Pasti ane jaga dengan baik. 🙂

      Like

    10. @conan, tetep harus waspada dong XD

      Wah lebih patut dipertanyakan ini, malah suka Ranger Pink ketimbang Ranger cowok XD

      @mas, nogidoko apaan?

      Entahlah ane rasa sih karena gak ada skenario resmi jadi semua punya interpretasi sendiri2 soal storyline.

      Ane fans Ranger Pink, yang kebetulan namanya sama kaya Ami. Cuma itu. Yang mantannya (@conan) tuh gimana? XD

      Like

    11. @Mas:
      Nogidoko sejarah johnson terlahir? episde 161 gan

      @Mac:,
      Masak ane ngembat teman duetnya Bidadari ane, gk lah.. XD

      Inikan bahsannya suka ranger pinknya atau sosok kimberlinya, ya ane waktu ekcil lebih suka setelah dia berubah jadi ranger lah… klo power rangrnya ya ane suka power ranger tomy, tp bukan yg hijau, tpi yg putih, klo yg hijau suka itama yg dikeluarin pedangnya waktu manggil robot aja XD

      Like

    12. Tetep aja, biarpun bukan serigala terang-terangan, penyebar virus sama bahayanya XD

      Dulu ane ngefans sama Ranger Biru, tapi semua berubah setelah tahu dia ternyata homo XD

      Ah, gak sabar nunggu movie baru Power Rangers tahun depan..:D

      Like

    13. Loh, ane bukan penyebar, justru ane aktifis “hormati member yg udah di claim” XD

      Eh? iyakah? tpi kelihatan sih dari mukanya XD

      Kostumnya buat ane bukannya tambah keren, tpi lebay…

      Like

    14. Bukannya jadi aktivis setelah tobat jadi penyebar virus? XD

      Iya dibully habis dia waktu ketahuan sampe mau bunuh diri. Pokoknya yang jadi pemeran Power Rangers Mighty Morphin nasibnya pada jelek setelah grad.

      Iya sih, berasa kaya liat Iron Man+Venom Spiderman, kesan klasiknya ilang.

      Like

    15. Enggaklah, apa yg harus ane tobatin wong ane selalu dijalan lurus dunia ngidol.. XD

      weh hampir mau bunuh diri? dah sempat tpi gagal atau baru niatan aja?

      Hahah, tulah, ampun dah, klo bocoran Zord nya dah ada belum?

      Like

    16. Lurus tapi penuh cobaan XD

      Belum sampai kejadian, tapi depresi berat yang kalau gak ketahuan udah di alam sana dia sekarang.

      Zord? Zordon? belum, Rita Repulsa juga belum. Dari cast sih ini lebih ke belakang dari movie pertama, karakternya yang original. Tapi liat trailernya kayanya bakal rotten ini film.

      Like

    17. Ya begitulah, apalagi org baek, pasti selalu ada cobaan hidupnya.. XD

      Wah masuk kepilihan hidup gitu tp malu, susah juga.. XD

      Belum ya..
      Apa ini? dikosan sbeelh bahas pemutar video, disini bahas power rangers, dimaan “benang merah” dunia idolnya? XD

      Like

    18. Tenang, cobaan gak bakal lebih berat dari kemampuan umatnya *cie pesan moral XD

      Mungkin dia harus ngidol biar kembali ke jalan yang benar XD

      Habis gak ada berita baru sih. Mana gak ada Keyakake pula. Yang ada ane nambah draft sampe hampir 50 sekarang XD

      Like

    19. Maunya pake kata “ITU” diakhir kalimat, biar kyk motofator2 di Tipi.. XD

      Harus jelas, ngidol cewek, jgn ngidol cowok.. percuma klo ngidol cowok.. XD

      Wah, nabung soal draft juga pak? 50? speechless saya.. XD

      Like

    20. ‘Itu’ apaan? Apa ‘itu’ yang dibahas di tempat ente? XD

      Ya iya lah XD

      Buat persiapan dong, kalau kena writers block tinggal ngelanjutin XD

      Like

    21. hadeh, nilah akibat klo TV dijual but nutupin biaya hidup.. XD
      “ITU” jadi kalimat penutup mario tebu, klo dah mengeluarkan kata2 bijaknya, “Hidup itu indah, ITU!” gitulah kira2.. XD

      hadeh, ane liat satu draft di blog ane aja dah risih, ini sampe 50? bisa karena terbiasa kaliya..Hahahahahahahaha

      Like

    22. Kalau ane nonton TV, gak bakal ada waktu buat riset dan nyari gambar yang bikin seger mata. Ngaku deh, suka juga kan XD

      Kita beda jurusan kali om. Situ ngebut lewat jalan tol ane ngesot lewat dasar laut XD

      Like

    23. Halah, aaasan aja si bapak, pdhal emng gra2 tuntutan hidup sampe tipi dijual.. XD

      Oh, pantes ya ente kenal spongbob, squidw, patrick, tn.crab dll. sering ngest di dasar laut ternyata XD

      Like

    24. Besok2 apa lagi yg mau dijual? XD

      Ane cuma ikut skelia bimbel mereka, wong ane mau bimbel berburu srigala merka ajarin berburu ubur2, ya gk lanjutin lagi lah ane bimbel sma mereka..XD

      Like

    25. Separah itu ternyata XD

      Udah, wong abyar dimuak, kepala bimbelnya tuan krab, tau sendiri dia gimana, makanya rugi+apes ane ini…

      Like

  2. Ano Kyoushitsu
    MV paling ane suka, lagu paling suka, dan koreo dancenya juga ane suka…
    kalo diperhatiin koreonya sprti gk sinkron tp klo diperhatiin pas Ashurin lakukan gerakan A, Miona lakukan gerakn B, tp ntar dibalik, Ashurin lakukan grakan B yg Miona lakuin sblumnya terus Miona ngelakuin grkan A yg Ashurin lakuin sebelumnya, kemudian mereka bedua sama2 lakukan grakan C, pesan Koreonya mungkin meski awalnya terlihat berbeda pda akhirnya bisa saling memahami dan berjalan bergandengan tgn bersama.. XD

    ===================================================

    Buranko
    Kaget diawal2 dah disuguhin bayangn makhluk….

    Million-love XD
    analisis dari s48
    Miria = みり愛
    みり = miri/mili
    愛 = Ai / love
    みり愛 = million-love XD

    klo dari MV setuju sama miminnya, muka kyk habis dari perang, tp baju kyk habis dari laundry, bersih amat XD
    Dan untungnya warna kaos dalam member putih bukan kuning, coba kuning, nyanyi ‘banana song’ mereka XD

    =========================================

    2-dome no Kiss Kara
    Satu2nya yg mencuri perhatian di MV ini ya Jidat.. XD
    Terus posisi tidur sang Bos (kebetulan ada digambar screenshot diatas) malah kyk posisi tidur Sayurin.. XD
    dan satu scene diujung MV yg member kembali tertidur dipagi hari, sapa tuh yg badannya nekuk ke kasur? encok baru tau… XD

    =============================

    Kimi ni Okuru Hana ga Nai
    Kesan MV yg blink2 n kostum yg juga blink2 mungkin kembali ke nama unit, Étoiles = bintang

    Peringkat MV:
    Ano Kyoushitsu > Sayonara no Imi > Kimi ni Okuru Hana ga Nai > Buranko > 2-dome no Kiss Kara
    * ‘Kimi ni..’ lebih tinggi dari ‘buranko’ krn buranko banyak gk logisnya + di kimi ni puas bisa liat Miona XD

    Like

    1. Ceileh, dalam analisisnya nih XD
      Jadi #1 nya Ano Kyoushitsu nih?

      Ba ba ba ba ba na na, jadinya bukan Million-love tapi Minion-love XD

      Wah ane butuh banyak kontrol diri buat sekedar nonton MV 2-dome sampe akhir, gak pernah tombol skip lebih menggoda waktu nonton ini XD

      Lah, pesan kesan buat unit bini sendiri cuma begini nih? XD

      Like

    2. Itulah diri ane yg sebenanrnya, dalem XD
      Iya, no.1 is Ano Kyoushitsu

      Untung gk pake baju kuning + kacamata bingkai botol XD

      Mak, dah di bully, kena tombol skip2 lagi, apalagi yg bisa dibanggakan dari 2-dome? XD

      Yah mau gimana lagi, setiap mau mikirn apa yg bakal diulas dari MV itu ane malah terhanyut dalam menatap Miona jd gitulah.. XD

      Like

    3. Apanya yang dalem? *loh

      Terus siapa yang jadi tiga bersaudari itu kalau Miria=Minion? XD

      Yang bisa dibanggain? Ada dong, Iori jadi keliatan cakep banget disini (ya biasanya juga sih, tapi kali ini lebih), apalagi berjejer sama Manatsu XD

      Enggak Kanarin kan? Gak mau minta roknya lagi? XD

      Like

    4. pemikirannya, perasaaannya, makna kata2 yg terucap dari mulut ane.. XD

      Yg jelas bukan Mnatsu.. XD

      “apalagi berjejer sama Manatsu” <- Hahahaha, gra2 berjejer sama manatsu semakin kelihatan cantik ya Iori.. XD

      Emngny ane kyk agan Mas yg mau celananya sapa tuh yg dicover single nogi.. XD

      Like

    5. …semuanya itu manis di luar saja XD

      Yang jadi mereka Trio Kwek-kwek, yang jadi Gru si Manatsu, kepalanya sama gede XD

      Kaya sugar & salt gitu lah, sama-sama serbuk tapi satu manis satu asin XD

      Hahaha, celananya Naachan kalo gak salah XD

      Like

    6. “…semuanya itu manis di luar saja” yg syirik mah biasanya yg komen gitu.. XD

      Penasehatnya Tsuchida, sesama kepala gede.. XD

      Untung bukan serbuk misiu.. XD

      Nah itu dia, klo gk salah waktu rilis MV Secret Graffiti, ada juga tuh jacket member yg si agan Mas juga mua.. XD

      Like

    7. @conan, ane cuma meneruskan kata2 aja XD

      Minion-love, ba ba ba ba ba na na ~ XD

      Serbuk mesiu tuh golongannya Aka, Berika, kan *brody XD

      Semuanya pengen fashion member. Jangan2 kalian semua crossdresser XD

      Like

    8. @Mas:
      Jadi inget Dr.slump.. “kepala besar.. kepala besar..”

      @Mac:
      “Serbuk mesiu tuh golongannya Aka, Berika, kan *brody” Neru juga

      “Kalian”? ane sih enggak, XD

      Like

    9. Gk juga sih, cuka waktu kartun itu masih tayng lagu kepala besarkan nge-hits.. XD

      maksudnya suka motifnya, mau beliin rok kyk gitu buta si Miria.. XD

      Like

    10. Junna ❤ kepalanya kayaknya lebih besar dari Manatsu. Lihat Ashu duduk dipangkuannya pas Nogichuu 42, keliatan kepala Ashu kecil banget kayak upil. XD

      Like

    11. Gedean kepalanya Doraemon dong XD

      Yah, kalau dibandingin sama adek ane, semua juga pasti keliatan gede kepalanya. Bahkan Maiyan, Ranze juga. Levelnya beda dong XD

      Like

    12. @Mas:
      Member Nogi manapun klo dah duduk sebelah sama Ashurin bakal kelihatan gede kepanya gan XD
      Berbanding terbalik sama Manatsu, member yg kepalanya normal tpi klod ah duduk sebelah manatsu jd kelihatan kecil.. XD

      ====================

      @Mac
      Klo dah bandingin sama doraemon gk tau lagi ane sapa yg bisa dijaddin lawannya XD

      Like

    13. Sama satu lagi, siapapun yang ada di sebelah Manatsu bakal keliatan lebih cakep/manis. Fakta berbicara. Contohnya Iori yang naik berkali lipat di 2-dome. XD

      Like

  3. Ane pinjem kacamata pojipisux kazumin dlu.
    Ane setuju single ini dsokong mv yg luar biasa plus pnampilan live mrk yg memuaskan. Ane suka posisi mrk pas live kmren, screen timex smpurna.
    #ano kyoushitsu mv
    Setuju bgt ama agan mac, tp yg jd prtanyaan dstu sragam asuka kegedean ato badanx yg trlalu kecil?. Dan ane brsyukur hoshimina g dlibatin di unit ini krna karakterx brbanding trbalik.
    #buranko
    Storyline Ane liatx lbih ke sbuah pnduduk yg hdup brdmpingan dg naga macam film how to train ur dragon. Nah peran si ranze ini mungkin dragon tamer. Dan sinematografix ane suka bgt. Sakamichi kok bsa sih dpet sutradara2 keren kyak gini?
    #CE mv
    Itu bkan CG gan tp project maping namanya. Mngkin bagus dlihat pke kacamata 3D. Emg sragamx ada pnurunan dbnding yg kmren tp jk dpadukan dg tknik video macam ini agak lmayan lah. Tp ane hrap sragam ini ckup tmpil di mv aja, dimusiumkan pas live. Masa sragam di sayonara yg bagusx luar biasa g dpke live tp CE yg kyak gtu buat live.
    #MRG mv
    Ane betah2in liat ni mv. Knp ada kipas bsar dstu?. Dn yg jd kprihatinan ane adl ayane ma miria, knp 2 makhluk polos itu hrus trlibat proyek laknatx manatsu. Tp pojipisux nih mv mmbrikan efek rilief dlam artian bkan tnang tp bsa mmbully sesuka hti sperti karakterx manatsu dan seger jg sih krn isi single ini rata2 agak surem.

    Like

    1. Wah kena demam Kazumin gan? 😀

      Kalau soal screentime kemarin, ane rasa emang bagua, kalau dibandingkan beberapa belakangan ini.

      Hahaha entah emang disengajain gitu sama desainernya biar kesan bullying makin kuat 😀
      AshuMina udah, sekarang AshuMiona, kapan MinaMiona? 😀

      Ane juga liat banyak yang komen Buranko terinspirasi How To Train Your Dragon, tapi ane sendiri belum pernah nonton jadi gak tahu mau komen apa.

      Ya buat ane MV Kimi ga Okuru Hana ga Nai kesannya terlalu rame, bikin makin malesin nonton. Screentime juga banyakan di Miona.

      Satu lagi yang bilang 2-dome memang MV layak bully XD

      Like

    2. Kesengsem ama kazuya gan…:D
      Minamiona udah bnyak di acara2 variety nogi kyak nogidoko ma yg kmren 46jikan tv…
      Oh y, di awal mv buranko itu ada macam tulisan dipapan sblum member2 mncul tp ane g ngerti apa artinya. Yg ckup jlas ada htuf hitonya.
      Dan stelah ane cri2 info di S48 nama kanashika muncul krna oppaix yg aduhai.
      Oh y agan prnah nge-rank mv nogi/keya?

      Like

    3. Hahaha malah sama Kazuya 😀
      Sama Ikuo enggak? 😀

      Maksudnya duet gitu, cuma mereka dari Trio Kwek-kwek yang belum duet kan.

      Wah kalau Kanji sih nyerah ane, ane cuma bagus di listening & speaking, reading writing Jepang jelek banget. 😀

      Kanarin emang bahaya 😀

      Dalam perencanaan, tapi untuk sekarang belum tahap ngerjain serius, nunggu 3rd single Keyaki dulu.

      Like

    4. Walah ikuo udah harem gtu,ane bisa2 jtah 2 mnggu lagi…
      Mngkin minamiona cocok di summer single gan…
      Ane apa lgi g ahli dlam bhasa jpang,cma hrufx tw dkit2 lah…
      Btw keya kok lama y,minimal sragam kek biar fresh dikit. Udah bosen ma sragam sekai ni…

      Like

    5. Hahahaha

      Misalkan di summer single tahun depan ada duet MinaMiona, kira-kira bakal gimana ya lagunya?

      Kalau soal seifuku, malah Keyaki yang lagi disorot dunia kan. Sekarang lagi masa tenang emang…

      Like

    6. Si ikuo perlu dbri kata2 sakti asuka biar tobat dikit. Hahaha

      Klo lgu untuk minamiona mngkin typical yg imut2 gtu ato mlah ambil tema grotesque skalian scr mrk berdua pnggemar film mcam tuh.
      Iya,ksihan bgt keya smoga bsa kuat.
      Mngkin grakan mrk dmulai stlah nogi rilis singlex.

      Like

    7. Tapi dia maunya sama Reika sih 😀

      Seenggaknya kaya Muhyojou gitu ya. Lagunya lucuk+MV koplak.

      Minggu depan paling udah normal lagi dan kemungkinan paling lama dua minggu lagi, MV 3rd single Keyaki udah keluar.

      Like

  4. Wih Akhirnya Rilis Review O.O
    Ane Ikutan Yak 🙂

    ~ Ano Kyoshitsu
    MV Yang Sesuai Dengan Chara Ashu-Miona 😀
    Scene Paling Ane Demen Di MV Ini Adalah Ketika Ashu Tiduran Di Tanah Lalu Kemudian Bangun Dan Langsung NgeDance 😀

    ~ Buranko
    MVnya Terlalu Simple. Kalo Dibandingkan Dengan MV 16th Single Yang Lain Mungkin MV Ini Budgetnya Paling Rendah.

    ~ Kimi ni Okuru Hana ga Nai
    Ada Rasa2 MVnya Bump Of Chicken – Ray Karena (Menurut Mimin Kost2an Sebelah) Sutradaranya Sama. Di MV Ini Auranya Member Kelihatan Banget Terutama Miona. So Far, Best Sub Unit MV. 🙂

    ~ 2-dome no Kiss Kara
    MV Yang Ceria Sesuai Dengan Chara Bosnya 😀 . Gap Charanya Ayane Dengan Type MV Dan Lagu Seperti Ini Menurut Ane Menarik 😀 .

    Peringkat MV
    Sayonara No Imi > Ano Kyoshitsu > Kimi ni Okuru Hana ga Nai > 2-dome no Kiss Kara > Buranko

    Like

    1. Emang rencana nunggu semua MV keluar baru review, kalau satu-satu malah bikin males sih 😀

      Antara Buranko & Kimi ni Okuru Hana ga Nai, ane rasa yang paling irit budget ya yang kedua. Gak ada perpindahan set, kostum cuma satu, mainnya efek komputer. Yang mahal palingan sutradaranya kalau gitu 😀

      Ane harus akuin jarang merhatiin act selain Nogi di J-pop, kalaupun ada biasanya lebih condong ke musiknya. Jadi gak bisa komen soal kemiripan Kimi ni Okuru Hana ga Nai sama MV-Bump of Chicken….

      Like

    2. Eh MVnya Sudah Keluar Semua? Kodoku No Aozora Gk Ada MVnya Kah?

      Menurut Info Yang Ane Tau, Pembuatan Projection Mapping Video Itu Rata2 Memakan Cost Hingga $10,000 Per Menitnya Gan. Apalagi Kali Ini Sutradaranya Cukup Punya Nama.
      Kalo MVnya Buranko Sepertinya Diambil Di Lokasi Yang Sama (*Pelabuhan) Cuma Disudut Yang Berbeda2.

      Kalo Keyaki Sama Arashi Merhatiin JUga Gk Gan? 😀

      Like

    3. Kodoku no Aozora sama Naimononedari gak kebagian MV.

      Bagusnya apa sih project mapping begini? Apa beda kalau dilihat di 3D atau gimana sampe mahal begitu?

      Arashi jujur enggak terlalu ngikutin. Selain karena peredaran terbatas, MV nya juga begitu aja. MV Arashi paling baru yang ane liat itu dari rilisan tahun kemarin.
      Kalau Keyaki jangan ditanya XD

      Like

    4. Ane Kira Cuma Naimononedari Yang Gk Kebagian MV 🙄

      Kalo Pake Projection Mapping Itu Kayak Ada Dimensi Tambahan Yang Menyatukan Object Nyata (3D) Sama Animasi (2D) Gitu Gan. 😀 Selain Itu Bayangan Dari Objek Yang Menutupi Sumber Cahaya Juga Menjadi Nilai Lebih Sendiri. 😀
      Kenapa Mahal? Menurut Ane Karena Kalo Pake Projection Mapping, Designer Harus Bisa Membuat 2 Dimensi Terlihat Menyatu Pada Media Nyata (3D) Dan Itu Lebih Sulit Daripada Menyatukan 2 Dimensi Di Media 2D

      Karna Agan Pernah/Masih Ngefans Arashi, Ane Kira Agan Ngikutin MVnya Juga 😀
      Yang Rilisan Tahun Kmaren? Aozora no Shita, Kimi no Tonari Kah?

      Like

    5. Yah, gak semua bisa dapet MV. Yang selevel Kimi ga Inai aja enggak.

      Ane barusan nyari videonya dan mulai paham. Dan contoh yang ane liat emang bagus sih. Tapi di MV CE, kayanya gak begitu deh ceritanya.

      Kokoro no Sora, salah satu lagu paling bagus dari album keempatbelas Arashi. Cari MV-nya karena musiknya wow.

      Like

    6. ngomong2 arashi ane demen banget lagu yang judulnya sakura karena jadi OST drama favorit ane, uroboros.
      kalo mv sendiri peringkat ane: Sayonara no imi > ano kyoshitsu > buranko> kimi ni okoru hana ga nai > terakhir nidome no kiss kara
      musil cuma tuker ano kyoshitsu sama sayonara no imi aja, sisanya sama

      Like

    7. @Mac:
      Seenggaknya Bisalah Dibuatin Yang Versi Seadanya Kayak Harukanaru Bhutan, Kikkake, Sayuringo Ga Sakukoro 😀

      Sejenis Tapi Tak Sama Mungkin Budgetnya Agak Dikurangi Tapi Masih Dikisaran Itulah 😀

      Kirain Aozora no Shita, Kimi no Tonari 😀 Soalnya Ane Sering Ngedengerin Lagu Ini Tahun Kmaren Soalnya Jadi Ost. Drama 😀
      ==============================================

      @Ridwan:
      Uroboros Ini Drama Tentang Apa Gan? Kasih Testi Dong Kali Aja Ane Minat 😀

      Like

    8. Seenggaknya Harukanaru Bhutan masih bagus biarpun cuma direkam pake smartphone. Kikkake pelit urusan budget, Sayuringo ga Sakukoro lebih kaya penyiksaan di depan publik buat member SG selain Sayuringo XD

      Wah ane malah gak tahu sama sekali kalau dipake buat drama, gak minat nonton juga sih. Ane sih selama denger mereka rilis album, baru jadi link hunter. Single kadang aja sih.

      Like

    9. Kikkake Meskipun Low Budget Tapi Menurut Ane Bagus Gan Tapi Tetep Sayuringo Ga Sakukoro Paling Top 😀
      Kalo Harukanaru Bhutan Lumayanlah Apalagi Di MVnya Ketambahan Dedek Marika ❤

      Lagu Andalan Di Album Japonism Kurang Ngena Ke Ane Makanya Ane Gk Tertarik (Biasanya Juga Gk Ngikutin Sih 😀 )

      Like

    10. Cuma kaya slideshow buat ane, bukti nyata Hukum Pertama Sakamichi *lama-lama ane bikin kaya 3 Hukum Newton juga ini XD

      Harukanaru Bhutan ane suka dari segi lagu, sama fakta kalau promosiin salah satu negara paling gak beken di dunia. MV yang simple jadi nilai plus.
      ….
      tapi apa2an tuh ‘dedek’ Marika? Pake love love pula XD

      Japonism emang kalau cuma didengerin sekali dua kali jauh kualitasnya sama Digitalian, tapi ini pattern khas Arashi (seenggaknya, buat ane) dimana album baru mereka butuh waktu buat bener-bener masuk di kuping.

      Like

    11. ouroboros tuh drama tentang balas dendam, adaptasi komik dengan judul sama, yang main ikuta toma, shun oguri, ueno juri sama aktris yang mirip ichiki rena. trus tokuyama muncul di episode pertama haha
      kalo nilai dari ane 9/10, satu poin ilang karena kebanyakan flashback

      Like

    12. @Mac:
      Ya Gak Slideshow Juga Gan 😀
      Mungkin Sakamichi Pelit Demi Kesejahteraan Membernya 🙂

      Harukanaru Bhutan Lagunya Enak Tapi Masih Belum Bisa Nembus List Nogi Best Song Ane 😀
      Dedek Marika ❤ Kan Adek Ane Juga Gan Jadi Wajarlah Pake Lope Lope

      Digitalian Belum Pernah Nyoba Dengerin Tapi Ane Pernah Nonton Cuplikan Konsernya. Gilakk Konsernya 48G & Sakamichi Masih Kalah Jauh Kalo Dibandingin Sama Konsernya Arashi. Mungkin Itu Sebabnya DVD Live Concert Mereka Laris Manis.

      =====================================================
      @Ridwan:
      Kayaknya Bagus Tuh
      Fix Masukkin List Download Dulu 🙂

      Like

    13. Kalau sejahtera mereka gak akan kaya anak kecil dikasih permen pas episode terakhir Nogibingo 4 XD

      Mau ketemu yankee Shizuoka apa pasukan pribadi dari Miyagi gan pake ngaku2 Bebitan? Silakan pilih XD

      Wajarlah, boyband terbesar J-Pop gitu. Lebih disukai dan masuk akal dari SMAP, bisa nyanyi beneran, dan namanya dimulai dari ‘A’, gak heran JE jor-joran buat mereka.

      Like

    14. Satu Hal Yang Pasti Di Episode Akhir Nogibingo 4 Itu Maiyan Akting Gan 😀 Soalnya Dulu (Akhir 2014) Kehidupannya Maiyan Pernah Diliput Suatu Acara Dan Doi Beli Baju Ratusan Ribu Yen Itu Kayak Udah Biasa 😀 Padahal Waktu Itu Nogi Masih Belum Setenar Sekarang Loh 😀

      Kalo Demi Dedek Marika Mah, Biru2 Dikit Ane Rela 😎
      Apalagi Bekingan Ane Selevel Manatsu Jadi Aman 😀

      Apa Coba Hubungannya Nama Diawali “A” Sama JE Jor2an 😀

      Like

    15. Itu kan Maiyan, yang lain kan waktu itu kehidupannya belum sebaik sekarang 😀

      Ane sih gak yakin ‘cuma’ bakal biru ‘dikit’ gan. Kalau Manatsu sih lewat ya, lain cerita kalau Iori XD

      Kan karena ‘A’rashi itu juga yang pertama di hiragana, makanya maknanya jadi grup #1 di ranah J-Pop gan.

      Like

    16. Ya Waktu Itu (Pertengahan 2015) Job Nogi Gk Sebanyak Sekarang. Kalo Sekarang Nogi Sering Banget Muncul Di TV Maupun Majalah Apalagi Kalo Lagi Masa2 Promo SIngle Kayak Gini. Belum Lagi Job Individu Member Semakin Berlimpah Baik Itu Job TV (MC, Guest Star Variety/Talk Show, Drama Pendek), CM, Photoshoot Atau Jadi Ambassador Daerahnya (Kazumin Jadi Ambassador Salah Satu Daerah Di Pref. Chiba) Dll. 🙂

      Ngomong2 Photoshoot, Baru Beberapa Hari Ngomongin Chichan Yang Jarang Dapet Photoshoot Di Artikel Sebelah. Eh Akhirnya Doi Dapet Photoshoot Di UTB November Issue Vol. 34 🙂
      Link : https://goo.gl/sELVlK

      Manatsu Udah Ane Suruh Bawa “Gundan”nya Jadi Kayaknya Ane Gak Bakal Biru Atau Lecet Sedikitpun Nih 😀

      Oh Ternyata Dari Segi Nama Pun, Mereka Juga Nomer 1 Haha 😀

      Like

    17. Enggak juga, setahun lalu sama sekarang perbedaannya gak begitu banyak. Yang ngebedain tahun ini sama sebelum-sebelumnya cuma Under yang lebih diperhatikan (tur nasional, stage play) sama raibnya Principal diganti Joshiraku. Atensi publik aja yang naik sama mereka, soal individual job cuma ‘lumayan’ meningkat, yang keliatan jelas cuma Ikuchan, Yumi, sama capt yang dapet stage play.

      Nemu aja yang beginian gan 😀
      Ane terlalu sibuk sama draft belakangan jadi gak keburu nyari gambar lagi 😀

      Ane udah hipnotis pasukan ane biar gak terpengaruh sama yang begituan XD

      Like

    18. Ane Nulis Gini Soalnya Hampir Tiap Hari Mereka Nongol Di TV Dan Itupun Gak Cuma Satu Acara. Kmaren Aja (Minggu 6/11) Ada Kinki Kids No Bunbun (Nanase, Kazumin, Ikoma Jalan2 Di USJ Bareng Kinki Kids), Shibuya Note, Acara Yang Ngundang Kazumin Dan Sayuringo Buat Jalan2 Di Minamiya (Gk Tau Nama Acaranya 😀 ), Acara Yang Ngundang Ikoma (Gk Tau Namanya Juga 😀 ) & Shogi Focus (Karin) Selain Itu Nanase, Kazumin Sama Ikoma Juga Punya Acara Sendiri. 🙂

      Btw Di Photoshoot Itu, Chichan Waktu Pake Baju Biru Megang Rambut Kok Mirip Sama Habu Yak

      Manatsu Gundan Mah Punya Banyak Cara Untuk “Menerobos Pertahanan” Lawan 😀

      Like

    19. Ya seiring tambahnya atensi publik ya penampilan mereka dibanyakin. Bedanya ya gitu aja sebenarnya. Bukan soal popularitas, yang emang stady nanjaknya.

      Oh ya? Kalau ane sih liatnya jadi nostalgia sama Girl’s Rule. Kolam-kolam begitu. Tapi yang aneh, ini kayanya diambil pas summer ya, ya kali musim gugur berenang.

      Bedanya cuma tiga yang lain mungkin bisa, Manatsu udah diblokir duluan XD

      Like

    20. Ngomong Soal Popularitas, Ane Iseng2 Lagi Bandingin Popularitas Nogi, AKB, Keyaki, HKT Sama E-Girls Satu Tahun Terakhir Pake Cara Paling Sederhana Yaitu Lewat Google Trends https://goo.gl/Uw3Wec 🙂
      Dan Hasilnya Kalo Diambil Dari Rata2 Popularitas AKB > Nogi > E-Girls > Keyaki >>>HKT. Selama November 2015 Hingga Sousenkyo 2016, AKB Selalu Diatas AKB Cuma Diakhir Februari, Awal Mei Sama Awal Juni Aja Nogi Bisa Melebihi AKB. Namun Setelah Sousenkyo Popularitas AKB Yang Benar2 Meningkatkan Popularitasnya Hingga Puncak, Popularitas Mereka Hingga Sekarang Selalu Dibawah Nogi. Begitu Pula Dengan Keyaki Dan Nogi, Sejak November 2015 Hingga Saat Ini, Cuma Dua Kali Keyaki Mengkudeta Nogi Yaitu Pada Saat Pertengahan April (Efek Saimajo) Dan Juga Saat Halloween (Efek Kostum Nazi) 😀

      Ya Kayaknya Photoshootnya Dilakukan Waktu Summer. Kalo Dilakukan Waktu Musim Gugur Kayak Gini Bikin Rematik Kali Gan 😀

      Oke Ane Rasa Tiga Orang Udah Cukup Buat Menghabisi Pasukan Agan 😀

      Like

    21. Tapi karena pake kanji, ya bisa aja emang kalah dari area diluar Jepang. Ane kurang ngerti sama area Asia Timur pake kanji atau alfabet di pencarian, tapi diluar area itu jelas kan pake alfabet. Jadi kalau dibikin skala global mungkin bisa lebih head-to-head lagi hasilnya.

      Masih muda udah rematik? XD

      Jangan lupa, masih ada bos terakhir, yang gak bisa dilewatin siapapun. XD

      Like

    22. Melanjutkan Dari Bahasan Popularitas Dari Comment Diatas, Itu Yang Ane Ambil Yaitu Popularitas Secara Global Lalu Bagaimana Kalo Kita Kerucutkan Ke Popularitas Di Jepang Aja?

      Hasilnya Adalah Mulai Awal Tahun Ini Hingga Saat Ini (Awal November), Nogi Selalu Diatas AKB. Cuma 3 Kali AKB Mampu Mengkudeta Nogi Yaitu DI Akhir Maret Dan Akhir Mei Serta Tentu Saja Saat Momen Sousenkyo 2016 Yang Meningkatkan Popularitas AKB Hingga Puncak. 🙂

      Like

    23. Ane Juga Udah Coba Itu Gan Dan Hasilnya Orang Jepun Lebih Memilih Pake 乃木坂46 Kalo Orang Luar Jepun Juga Ada Beberapa Yang Memilih Pake 乃木坂46 Buat Ngesearch Nogi Tapi Jumlahnya Dikit Banget.
      Btw Minggu Ini Popularitas Nogi Udah Dua Kali Nyentuh Puncak 🙂

      Anak Muda Juga Bisa Rematik Kali Gan (Kayaknya Sih) 😀

      Sekali Lagi Ane Tegaskan, Gak Ada Satupun Pertahanan Yang Gak Bisa Ditembus Oleh Manatsu Gundan 😀

      Like

    24. Makanya, kalau dibikin global mungkin keyword ‘nogizaka46’ bakal lebih banyak, meski jelas belum setara ‘akb48’

      Itu sih tua berlagak muda *kaya bapak kos sebelah #kabur XD

      Oh, tentu ada, namanya Kuroishi XD

      Like

    25. Ane Juga Udah Coba Itu Dan Ternyata Yang Pake “Nogizaka46” Kalo Dibandingkan Sama AKB Masih Kalah Tapi Semakin Kesini Bedanya Semakin Tipis 🙂

      Memangnya Bapak Kos Sebelah Itu Tua Ya? Ane Kira Uzur 😀

      Kuroishi Udah Kembali Ke Jalan Yang Lurus Gan 😀

      Like

    26. Cuma masalah waktu mungkin. 😀

      Hush, gak baik gosipin orang tua gan. Entar dia bersin2 loh XD

      Udah lama gak liat, jadi kangen. Di Kojichuu misal MRG perform terus Kuroishi keluar pasti seru 😀

      Like

  5. ada yg punya link lirik & artinya Buranco MV?

    buranco atau blanco sih?, “ayunan” kyaknya gak ada hubunganya dg simbol2 ayunan di MVnya.
    sengaja ane gak mau denger audionya sbelum ini MV keluar supaya gak bias penilaian ane. dan ternyata memang wow….
    tradisi lagu2 Under berlanjut slalu mampu mengimbangi hit songnya senbatsu disetiap singlenya. MVnya tergolong unit, teknik editingnya atau CG atau apalah namanya yg pasti lain dari MV2 nogi lainya . tekniknya mirip MV suriborinya MaiMai yg unik juga dimana screen melebar discene akhir sbg simbol kebahagiaan MaiMai.
    MVnya simple sih ya, budget terendah blm tentu jg. adeganya cuma dishoot saat mmber berlarian paling hanya butuh 5-10 menit namun butuh berhari hari untuk editing didepan computer effeknya.

    klo soal MV (16th) yg lain selain Buranco & sayoImi bagi ane tergolong “tidak wajib donlot” apalagi melihat HDD 1 tera ane yg merah progressnya 😀 😀

    Like

    1. Wah kalau lirik ane jarang tahu. Mungkin agan2 yang lain bisa bantu?

      Buranko hard core fans nih 😀
      Setuju soal lagu yang bagus, tapi MV ane udah utarain dan gak berubah. Jadi untuk MV, ane bakal cepet lupa ini.

      Gimana Ranze sebagai center untuk pertama kalinya gan?

      Like

    2. hardcore fans? gak juga, ane selalu mnuruti kata hati klo bagus ya bilang bagus klo jelek ya cuma sekali tonton lalu remove ke “trash” gak peduli siapapun yg membawakan lagu tsb.

      Ranze center? so far so good! dia lebih beruntung tidak masuk senbatsu dibandingi Kiichan yg kesorot kamera cuma 1 detik di MV SayoImi (lol). center Under lebih pestisius dibandingkan baris belakang senbatsu

      btw klo merhatiin sosok Ranze dibeberapa variety apakah dia seorang “kidal” ya? (kebiasaan lebih dominan menggunakan tangan kiri) ada yg tau?

      Like

    3. Memang dari hirarki yang namanya Under lebih rendah dari Senbatsu, tapi toh soal urusan screentime dan kesempatan manggung lebih banyak Under. Tahun ini aja ada tur nasional, stage play, dan variety tetap khusus Under. Yang kurang cuma penampilan publik baik dari TV atau photoshoot.

      Di Nogi emang begini, tinggal nunggu apa sistem Hiragana di Keyaki bakal sama atau malah selevel lebih tinggi lagi.

      Ane gak begitu merhatiin sih, soalnya gak ngikutin Nogiten atau Under variety lain…

      Like

  6. selevel lebih tinggi?bukanya sebaliknya selevel lebih rendah?

    itu jg yg sampe saat ini mmbuat ane heran tntang sistem hiragana-katakana di Keya (lol), all member = senbatsu? apakah mnajemen akan mmpertahankan sperti itu? sampai kpn? smpe bubar? seandainya ada yg hiatus toh tetep masuk senbatsu.
    ane blm bisa membayangkan klo member keya didrop ke hiragana (setidaknya smpe 10 single kedepan) begitu jg sebaliknya.

    Hubungan katakana-hiragana keliatan absurd kayak “grup idol didalam grup idol” bahkan dimulai sejak audisi perekrutanya hiragana.

    Like

    1. Yang ane maksud, sistem H & K di Keyaki emang masih ambigu, tapi kalau stick sama kata manajemen kalau K=senbatsu dan H=Under, ane masih nangkap maksudnya. Masih mungkin member K demoted ke H dan sebaliknya, H promoted ke K.

      Jadi emang masih butuh waktu buat ngerti cara kerja sistem ini. Dan ane bilang bikin dua entitas kaya gini dalam satu grup kurang lebih bisa ngehapus gap yang seolah gede banget antara senbatsu dan Under.

      Like

    2. H=Under ?! Under kok ada yg dikennin ke senbts? itulah inti absurnya gan. audisi kok audisi untuk dijadikan Under apakah ribuan pendaftar K itu yg melek cuma 21 orang yg lainya merem semua sehingga harus buka lagi audisi H .Ane duga itu bukan ide dari SME tapi murni “history accident”nya LLC bahkan smpe rela relain remix 1 mmber yg statusnya setengah H/K

      kyk gitu gapnya justu smkin gede baget harusnya meniru sistem kakak mereka disetiap variety keyakitte/keyabingo diikutsertakan smua gap ini akan hilang dng sendirinya

      Like

    3. Ya bukan hal baru kalau sistem K & H di Keyaki masih ngebingungin. Apalagi ditambah istilah Kennin yang udah terasosiasi sama satu hal ‘itu’ dari sebelumnya. Yang jelas ane masih nunggu gimana kelanjutannya, karena ane yakin ada yang masih belum kita tahu dari sistem ini.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s