AMG

Adalah divisi tuning dan riset Mercedes Benz, berdiri independen dalam pengembangan, perakitan, dan kustomisasi seri Mercedes Benz AMG. Berkantor pusat di Affalterbach, Baden-Württemberg, Jerman. Aslinya adalah perusahaan pengembangan yang berspesialisasi untuk Mercedes, Daimler-Benz mengambil alih kepemilikan penuh AMG pada 2005.

AMG adalah akronim dari pendirinya, Hans-Werner Aufrecht dan Erhard Melcher sementara Großaspach adalah kota kelahiran Aufrecht. Dua pendiri juga diyakini beberapa pihak sebagai asal-usul sistem penamaan seri AMG yang terdiri dari dua digit angka, berbeda dengan seri Mercedes Benz yang biasanya terdiri dari 3 angka. Resminya penggunaan dua digit angka ditujukan untuk kapasitas mesin.

Seri Mercedes AMG umumnya berdesain agresif, keluaran tenaga yang lebih, handling dan stabilitas yang lebih baik, dan penggunaan material carbon fiber yang lebih banyak dibandingkan model Mercedes biasa. Seri AMG biasanya adalah seri termahal sekaligus memiliki performa terbaik di tiap kelas Mercedes. Salah satu ciri khas AMG adalah pembeli bisa melakukan customize menyeluruh untuk tiap aspek, sesuatu yang menyaingi bahkan Bentley.

design_mb-amg-vision-grand-turismo_05
AMG Vision Gran Turismo

Prinsip AMG yang terkenal, One Man One Engine, alias tiap engine builder hanya merakit satu mobil dan menuliskan tanda tangan mereka di mesin yang mereka rakit. Hanya ada 50 engine builder di AMG, menyimbolkan status yang dimiliki tiap mobil AMG yang mayoritas adalah hand made. Hampir mirip dengan apa yang dilakukan Rolls Royce beberapa dekade silam.

AMG adalah salah satu yang terdepan dalam riset mobil, seiring peraturan negara Jerman yang melarang mobil beremisi pada 2025. juga pernah meracik mesin untuk Pagani Zonda dan Huayra, dan sejak 2013 bekerjasama dengan Aston Martin untuk riset mesin. Toyota di era 80’an juga pernah merasakan dahsyatnya mesin racikan AMG. Gambar diatas, Mercedes AMG Vision adalah salah satu game-changing car di era ini, jawaban Mercedes untuk BMW i8.

AMG in Keyakizaka

Semua sudah tahu siapa member Keyaki yang paling kudukung, Akane. Hari ini, 12 November, Aka berulang tahun yang kesembilan belas. Happy birthday to our #1 hate-to-lose girl! Jadi tak terasa saat dia pertama kali muncul ke publik, dia masih 17 tahun. Dari Akane Moriya kita mendapat inisial AM, lagu G dari Gemeinschaft.

Sekarang apa itu Gemeinschaft? Berasal dari bahasa Jerman, umumnya digunakan untuk merujuk pada komunitas. Konsep Gesellschaft dan Gemeinschaft digunakan oleh Max Weber dalam Economy & Society yang dipublikasikan pada 1921, menulis bahwa Gemeinschaft didasari pada “perasaan subyektif” yang “afektual dan tradisional”. Sementara Gesellschaft lebih kepada “hubungan profesional”.

Jadi istilah AMG disini bukan Aufrecht Melcher Grossaspach GmbH, tapi Akane Moriya Gemeinschaft, atau komunitas fans Aka, yang didasarkan pada konsep Gemeinschaft. Mungkin kebetulan kalau AMG bisa menjadi Akane Moriya Gemeinschaft, tapi entah kenapa lebih enak didengar daripada Akane Moriya Gundan misalnya, lebih berkesan Aka-nya. Sesuai dengan image-nya.

Tiga kata untuk Aka selalu sebagai tsurishi, sexy & sporty. Satu lagi sebenarnya; ojou-sama, tapi Yuuka sudah mengambilnya dan posisinya sebagai Her Majesty Keyaki tak bisa diganggu gugat. Jika diibaratkan, Yuuka adalah tipikal seorang ojou-sama sejati sementara Aka adalah tipikal ‘gadis dari keluarga kaya yang menjadi sahabatnya di sekolah’

Benar saja, di Keyakake episode 19, saat melakukan check apa yang dilakukan member saat tahun baru 2016, diluar dugaan Aka menunjukkan rumahnya yang mewah. Beberapa info mengatakan keluarga Moriya cukup terpandang di Sendai, meski belum bisa dikonfirmasi. Yang pasti, background Aka memang salah satu yang paling mentereng di Keyaki. Hal ini terbukti dari aktivitasnya sebelum bergabung di Keyaki.

Aktif sebagai atlet soft tennis di masa sekolah, Aka mencapai babak 16 besar di sebuah turnamen. Soft tennis dibedakan dari tenis biasa oleh penggunaan bola karet yang berbeda dengan bola tenis hijau biasa. Juga aktif sebagai anggota JRC (Junior Red Cross). Dan ingat saat questionaire pertama Keyaki tentang merk fashion apa yang disukai, Aka menulis Sons de mode, JILL STUART, Samantha Thavasa, dan Snidel, brand yang tidak bisa dimiliki sembarang orang.

screenshot-1

Didaulat sebagai member #1 yang paling benci kalah, Aka pernah melakukan hal nekat seperti misi bunuh diri di Keyakake episode 41, mencatatkan waktu tercepat dalam lari 50 meter, dan bahkan memberikan pressure saat pemilihan Ponkotsu Queen di Keyakake. Berika saja sampai mengatakan takut pada Aka. Well, itu sih relatif ya, karena Berika udah ajaib dari sononya. 😀

Banyak alasan bagiku memilih Aka sejak pertama Keyaki diperkenalkan. Pertama, dia menunjukkan kemampuan tenis di momen pertamanya, dan harus kukatakan idol yang jago atau setidaknya memiliki minat pada olahraga menempati posisi pertama dalam kriteriaku. Tapi tidak hanya itu, she have both brawn and brains. Menempati posisi ketujuh saat tes kepintaran Keyaki, semakin membuatku menyukainya.

Jika diingat di episode awal, Tsuchida dan Sawabe berkomentar bahwa catchphrase Aka sudah sangat idol. Tak heran, karena Aka pernah mengikuti Stardust Promotion Arts 3 beberapa tahun silam, tapi gagal. Jadi dia memang sudah merencanakan karirnya sebagai idol sejak lama. Ada yang bilang Aka berusaha terlalu keras untuk memberi warna Akimoto Manatsu -a sexier and prettier version- di Keyaki, memang disayangkan. Ini seperti kesalahan perencanaan karena Keyaki tidak mengikuti jalan kakaknya dan memiliki image yang lebih militer. But still, a man should stick to his words. Aku memilih Aka sejak pertama, dan tak merasa salah memilih saat ini.

Sebagai salah satu member terpopuler, Aka masih selalu berada di dua baris terdepan di tiga single Keyaki. Dan di Futari Saison, untuk pertama kalinya dia menjadi front row. Meski jujur saja bagiku ini lebih seperti hadiah dari manajemen, bukan karena kemampuannya sendiri. Bersyukur memang, tapi aku pribadi masih menunggu ledakan yang lebih hebat lagi dari Aka, or else it won’t be AMG rather than AMC.

AMG sendiri membuat masterpiece selama bertahun-tahun, dari M512 5.5 V8, Seri 6.3, hingga AMG GT dan DTM. Tiap seri Mercedes AMG adalah epitomi dari kesempurnaan di pabrikan three pointed stars, hasil karya engineering Jerman yang menjadi tolak ukur untuk teknologi di dunia otomotif. Aka adalah salah satu member terdepan Keyaki, tapi masih belum bisa kuanggap sebagai AMG GT, melainkan hanya seri E-63 untuk saat ini. Bisakah berevolusi, kuharap begitu. Yang pasti, aku masih akan tetap berada di Akane Moriya Gemeinschaft that’s for sure.

Last but not least, alles gute zum geburtstag, Aka-chan!

sub-member-5928_01_jpg

All images used is credited to it’s respective owners

65 Comments

  1. HBD buat Akanen cuma itu yg mau ane ucapin, yg laennya dah dibahas smua sama abangnya (?)… XD
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    Eh ketinggalan, maksih loh pujiannya buat bidadari ane, “Berika udah ajaib dari sononya” XD

    Like

    1. Ya, jangan lirik2 lagi, inget loh XD

      Ane tiap ada di hotspot mulai celingak-celinguk kaya Berika, berharap bisa liat sinyal wifi tapi ane sadar, cuma Berika yang punya kemampuan kaya begitu dan ane hanya manusia biasa XD

      Like

    2. Kasih nasehat juga buat akanennya, jgn sering2 pake sifat tsurishi nya… XD

      Hahahaha, ane aja yg suaminya minta diajarin ilmu sampe skrng gk bisa2, emang cuma orng pilihan yg bisa gitu dan di dunia itu org pilihan itu cuma Berika seorang… XD

      Liked by 1 person

    3. Itu tuntutan karakter, yang ane gak bisa campur tangan. Ya nasibnya sama lah kaya kakak iparnya XD

      Semacam X-Men ya Berika. Apa jangan2 dia kaya Superman, alien? XD

      Like

    4. @conan
      Agan juga harus kasih nasehat ke Neru, jangan flirting ke ane. Mukanya yang kalem seperti menyimpan gelora cinta yang siap meledak setiap dia memandang ane. Ane ga mungkin khilaf nambah bidadari. Tapi imajinasi ane jadi liar setiap dia melihat ane dengan matanya yg sendu, apalagi sambil gigit bibir bawahnya. Ane terpesona! 🙂
      Kalo Berika sebenernya di cuma lugu. Itu yg bikin dia mudah disayangi. XD

      Like

    5. @Mac:
      Yah kl ogitu ane gk bsa jamin deh.. XD
      Enggaklah, ane bukan lelaki gampangan yg mudah terpancing.. XD

      Ntahlah, sejumlah penelitian yg dilakukan para peneliti sam Berika amsih belum emenemukan jawaban, “Siapa taua apa sebenanrnya Berika ini?” XD

      ========================

      @Mas:
      Dah bahaya ini klo dah dibawa2 kedunia imajinasi, imajinasi srigala pula.. *tepok jidat

      Like

    6. Pertama bilangnya gak bisa jamin, tapi dibawahnya bilang bukan lelaki gampangan, serigala XD

      Paman Sam? Bukan Paman Donald? XD

      Like

    7. Itukan becanda, manasin engine Mercedes Benz AMG dulu XD

      “sama” itu mksudnya, ketinggalan pula huruf “a” nya XD

      Like

    8. Hmm, pantes ane gk tau artinya, soalnya bukan isitlah yg menggambarkan kepribadian ane sih.. XD

      Like

    9. Satu2nya efek supermoon buat ane cuma ane bisa memanfaatkan momen romntis ini breng bidadari2 ane.. XD

      Like

    10. Kok tau ada hiburan? Iya, iku nyanyi, berika maen piano, dan ue mane terompet.. hiburan yg romantis sambil menikmati supermoon XD

      Like

    11. Itu karena agan blum merasakan sensasi “sesungguhnya”, agan hanya berpendapat berdasarkan desas-desus yg beredar serta liat dari video yg telah diedit XD

      Like

    12. KOk banyak pikiran, gra2 terharu lah lait bidadari2 ane yg multi tallent, nanelukis, amn terompet… laur biasa mereka smeua.. XD

      Like

    13. Hitler pun memilih bunuh diri untuk kedua kali mendengar pasukannya bisa main terompet seperti itu XD
      …atau melukis sejago itu XD

      Like

    14. Enggaklah, ntar hitler bisatampil bareng pake seragam balck XD *mulai gk jelas sodara2.. XD

      Like

  2. Selamat Ultah adek gemes!!! ❤ Senyum dia selalu buat ane ikut tersenyum, mirip efek senyum Marika. 😀
    Min, dia bisa masak ga? Kalo iya, mungkin akan naik peringkat di ranking member favorit ane. 😀

    Like

    1. Kalo ane bicaranya sama hati, kalau menyangkut bidadari dari 46. XD Tapi tenang untuk saat ini Yumi, Ue, Oz, Jun, Rena udah cukup. Aka mungkin buat bahan imajinasi ane. XD

      Like

    2. Maksudnya, suka ane ke Aka cuma sampai di imajinasi doang, sama juga dengan Neru diatas. Lain kalo Oshimen dan adek, yg udah masuk ke hati terdalam. Jadi, santai aja min, ga akan ane rebut,…mungkin… 🙂

      Like

    1. Klo ane msh dipegang risa tp duo zacool emang punya senyum yg indah hahahhaa tp akanen juga indah kok masuk list senyum indah dunia idol versi ane hahahahah

      Like

    2. Kalau senyum bibir aja, iya Berisa masuk top list, tapi kalau dari ekspresi keseluruhan, tetep #MonAka buat ane. Eye smile, dan ekspresi 😀

      Like

  3. Dia takayama kazuminya keya untuk urusan push dr manajemen. Popularitas boleh aja kalah dr sepuluh member lain. Tapi perlakuan spesial ga akan ketinggalan begitu dia kelihatan ada progress.

    Bagiku dia overrated. Belum kelasnya manatsu. Manatsu diposisikan di tempat ga nyaman dari awal. Tapi sukses menjadi idol yg memberi interaksi terbaik pada fans. Makanya biarpun banyak yg nyinyir soal manatsu, ga akan mengurangi respeknya fans yg bener2 beli produk nogi ke dia.

    Sedang akane masih terlalu dimanjain. Aku sih belum bisa nyambung selama dia blm membuktikan diri seperti Shida atau Berika.

    Like

    1. Sebagai Aka-side, ane nyadar kalau emang selalu akan ada nada miring soal popularitas dan perhatian lebih manajemen ke Aka. Dan ane gak akan defense soal itu karena sampai saat ini, itu emang bener.

      Overrated, yes. Popularitas yang terbilang medioker, yes. Ane sebelumnya prediksi dia bakal jatuh ke 3rd row di single ini mempertimbangkan semua aspek. Tapi dia masuk front row, antara usaha terakhir manajemen atau emang dia menunjukkan progress di balik layar, who knows?

      Dan untuk membuktikan diri, dia salah satu variety leader di Keyaki yang sampe sekarang masih bisa dibilang pemalu. Sifat gila alaminya mungkin bisa jadi stimulus sama kaya banyolan Kaz di Nogi.

      Sementara Mona dan Berika, emang nunjukin progress yang lebih nyata, tapi membandingkan mereka sama Aka sedikit gak adil. Kaya yang ane bilang, Aka mungkin salah strategi karakter dari awal, Mona punya popularitas yang boom di akhir SiMa/awal Sekai ni, sementara Berika dengan karakter ponkotsunya emang udah populer dari awal.

      Like

Leave a comment