Snow White

Setelah Kojichuu episode 77 beberapa waktu lalu, saat Karin menunjukkan kamarnya yang penuh dengan karakter Disney, aku mulai terpikir untuk menulis artikel tentang Disney. Karena aku sendiri termasuk long time Disney fans, maka lebih mudah untuk menulis ini. Ada beberapa yang masuk dalam benakku, dan kumulai dengan menulis tentang mengelompokkan member ke dalam satu line paling terkenal dalam sejarah Disney: Princess Line.

Princess Line atau biasa disebut dengan Disney Princess adalah media franchise yang dimiliki Walt Disney Co sejak awal 2000. Dari namanya saja, kita akan menebak ini adalah tentang semua karakter princess dalam canon Disney. Separuh benar, karena tidak semua karakter princess masuk dalam list ini. Dari banyak karakter dan film, sejauh ini hanya 11 karakter yang masuk franchise ini; Snow White, Cinderella, Aurora, Ariel, Belle, Jasmine, Pocahontas, Mulan, Tiana, Rapunzel, dan Merida.

1424979796-disney-princesses
Jasmine, Rapunzel, Snow White, Mulan, Aurora, Cinderella, Pocahontas, Tiana, Belle, Ariel, Merida

Nah, kenapa aku menulis ini? Lebih karena terinspirasi Karin, dan juga karena image yang dimiliki Sakamichi Series terutama Nogi lebih pada karakter idol era Showa dan ojou-sama. Jadi tak akan aneh membayangkan mereka sebagai Disney Princess bukan?

Aku tak akan menulis lebih dari satu princess untuk satu artikel, terlalu banyak dan panjang, jadi hanya satu-persatu. Dan untuk yang pertama, tentang Disney Princess nomor satu, Snow White atau Putri Salju (bukan jajanan lebaran :D), kenapa nomor satu, karena berdasarkan urutan filmnya, Snow White adalah yang pertama dirilis oleh Disney pada 1937 dan memegang rekor penjualan film pada saat itu. Snow White mungkin juga Disney Princess yang paling terkenal, selain Cinderella.

Teknik yang digunakan, termasuk multiplane camera, adalah terobosan teknologi pada saat itu. Meski ada sedikit flaw saat adegan original pangeran mencium Snow White, kameranya menjadi bergetar dan membuat lelucon bahwa sang pangeran gugup. Snow White menjadi karya klasik yang di-remake berulang kali dan meraih berbagai penghargaan, termasuk Academy Awards, menjadi satu dari sedikit film yang meraih penghargaan di dua ajang beruntun.

Tapi bukan Disney yang pertama kali melahirkan kisah Snow White, melainkan Brothers Grimm yang pertama kali mempublikasikan kisah Snow White pada abad kesembilan belas, tepatnya pada 1812 sebagai bagian dari kumpulan cerita Grimm’s Fairy Tales. Dalam bahasa Jerman, judulnya adalah Sneewittchen, dan cerita versi finalnya selesai pada 1854.

Kisah asli Snow White kurang lebih sama dengan versi Disney, dengan bagian penting dari cerita yang sama; cermin ajaib, apel beracun, peti kaca, ratu jahat, si pemburu, mantra tidur, pangeran, dan 7 kurcaci. Plot utama cerita ini adalah; ada seorang putri yang baik hati bernama Snow White, yang memiliki ibu tiri jahat yang terobsesi pada kecantikan dan membenci Snow White.

Hal ini karena cermin ajaib yang selalu jujur, mengatakan bahwa “My Queen, you are the fairest here so true. But Snow White is a thousand times more beautiful than you.” ratu yang sangat marah karena itu, memerintahkan seorang pemburu untuk membunuh Snow White. Saat akan membunuhnya, si pemburu tidak bisa melakukannya dan menyuruh Snow White agar menjauh dari kerajaan, dan sebagai gantinya membawa jantung binatang kepada ratu sebagai bukti Snow White telah mati.

3997c72e9e7be826b049a2f2fe8f8347

Setelah berhari-hari di hutan, Snow White menemukan pondok milik 7 kurcaci, dalam versi Disney mereka mendapat nama Doc, Grumpy, Happy, Sleepy, Bashful, Sneezy, dan Dopey. Setelah membereskan rumah yang berantakan, Snow White tertidur di ranjang milik para kurcaci. Kemudian saat 7 kurcaci itu pulang, mereka menemukan Snow White, dan setuju untuk dia tinggal bersama mereka sebagai ganti dia mengurus pekerjaan rumah.

Sementara itu, ratu mengetahui bahwa Snow White masih hidup jauh di dalam hutan melalui cermin ajaib “My queen, you are the fairest here so true. But Snow White beyond the mountains at the Seven Dwarfs is a thousand times more beautiful than you”. Mendengar ini, ratu merencanakan pembunuhan kedua terhadap Snow White. Ratu menggunakan kekuatan sihirnya dan menyamar menjadi seorang nenek tua, dan poin paling penting dalam kisah ini, apel beracun, masuk sebagai senjata pembunuhan Snow White.

Itu adalah versi Disney. Dalam versi asli, rencana pembunuhan kedua terhadap Snow White dilakukan ratu dengan menyamar dan mendatangi pondok kurcaci dan memberinya bodices berenda dan meyakinkan Snow White untuk menerimanya. Lalu ratu mengikat Snow White dengan sangat erat, meninggalkannya dengan keyakinan Snow White akan mati. Untungnya 7 kurcaci kembali tepat waktu untuk menyelamatkan Snow White.

Usaha pembunuhan ketiga, adalah masuknya apel beracun. Menyamar sebagai nenek tua, ratu sekali lagi berhasil meyakinkan Snow White agar memakan apel beracun, kali ini 7 kurcaci tidak bisa menyelamatkan Snow White. Mengasumsikan dia telah mati, mereka menempatkannya di peti mati kaca. Suatu hari, datanglah sang pangeran yang terpesona pada kecantikan Snow White dan saat membuka peti kaca, -it was far less romantic- potongan apel beracun jatuh dari mulut Snow White dan dia tersadar, sementara dalam versi Disney, Snow White dicium untuk menyadarkannya.

Tak lama, pangeran dan Snow White menikah. Ratu yang mengira dia telah berhasil menyingkirkan Snow White akhirnya, terperangah saat cermin ajaib mengatakan “Thou, lady, art loveliest here, I ween; but lovelier far is the new-made Queen”. Dia memutuskan untuk memenuhi undangan pernikahan pangeran, untuk menyadari bahwa Snow White masih hidup.

Kembali terjadi perbedaan pada nasib ratu dalam versi asli dan Disney. Dalam versi Disney yang ditujukan untuk kalangan anak-anak, ratu dikejar oleh para kurcaci setelah memberi Snow White apel beracun dan jatuh ke jurang. Sementara di versi asli, ratu selamat sampai Snow White menikah dengan pangeran dan dihukum menari sampai mati oleh pasangan kerajaan.

Nah, ada tiga orang yang menjadi kandidat untuk menjadi Snow White versiku; Shiraisi Mai, Higuchi Hina, Takayama Kazumi. Kenapa mereka? Well, satu-satu. Mereka bertiga punya karakteristik Snow White; beautiful, baik hati, naif -apa yang bisa dikatakan dari orang yang mempercayai orang yang baru ditemuinya-, bisa dikatakan terampil dalam urusan rumah tangga, dan sama quirky seperti Snow White -dia suka bernyanyi dan ngobrol dengan hewan, belum lagi kecenderungan OCD-

Mereka bertiga juga punya kulit yang putih, –a bit excessive tho- salah satu karakteristik utama Snow White. Jujur aku tak bisa memilih siapa dari mereka yang paling pantas menjadi Snow White di Sakamichi Series. Ketiganya punya semua hal diatas, dan jika akan ada stage play Snow White -yang bukan hak ekslusif Disney- aku akan menulis nama Maiyan, Hinachima, dan Kazumin sebagai kandidat utama memerankan Snow White.

Yang terakhir, siapa yang akan menjadi Disney Princess selanjutnya out of question, karena aku tak akan membocorkan siapa menjadi yang mana. Juga kuharap tak ada yang terburu-buru membuat list versinya sendiri 🙂

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

55 Comments

  1. Gak tau banyak soal disney, cuma cerita secara garis besar, apel, nenek sihir, racun, 7 kurcaci..

    Misa enggak termasuk ya? setau ane kulit putih, cekatan juga soal pekerjaan rumah tanggakan?

    Like

    1. Haha, sekali-kali angkat dari spongebob dong, member2 variety sakamichi series gitu… seru tuh kyknya.. XD

      Mak, ngantri rupanya… ane harap Misa dah ambil nomor antrian.. XD

      Like

    2. Loh, ane gk request loh, cuma memberi usul.. XD

      Untung org jepun, klo indo ane bakal menang banyak nih jadi calo, khsusus buat Misa dpt potongan harga lah.. XD

      Like

    3. Tapi kok dari usul ini ane ngerasa ada hawa gak enak kaya urgensi buat iyain ini, apa dari ‘usul’ ini ada jampi2 juga yang dikirim? XD

      Pengalaman ya pak? XD

      Like

    4. Gak lah, jampi2 ane hanya bekerja utk yg macam2 sama bidadari2 ane XD

      “PRO” lebih tepatnya.. XD

      Like

    5. Ane gk mau nambah beban pikiran agan.. XD

      Ane kan emang jujur prg nya, jujur punya bidadari 7 + adik lucu, jujur bahagia dgn tallnet bidadri2 ane, cuma org2 diluar sana aja yg gk percaya.. XD

      Like

    6. Ane nulis “gk mau nambah beban pikiran”, emang minta komisi gk nambah beban pikiran agan? XD

      Biarlah cuma bidadari2 ane yg meng-iyakan kejujuran tulus ane ini.. XD

      Like

    1. Ane gak pernah nonton live action dari Disney Princess, malesnya kalau gak sesuai ekspektasi masa kecil 😀

      Emang rasanya ane salah pilih gambar Maiyan, kesannya jadi ratu yang terobsesi sama kecantikan 😀

      Like

    2. Film Live Action Disney Yang Pernah Ane Tonton Juga Cuma “Snow White And The Huntsman” Sama “Another Cinderella Story” Kok Gan 😀

      Ane Menilai Maiyan Lebih Cocok Jadi Antagonis Bukan Karena Foto Diatas Aja Kok Gan 😀

      Like

    3. Tahun depan bakal ada lagi live action Disney gan, mungkin bakal jadi artikel Disney Princess kedua yang ane rilis.

      Karena image Kuroishi ya? 😀

      Like

    4. Beauty and the Beast, yang jadi cast utama Emma Watson. Masih susah move on dari film fantasi dia kayanya. 😀

      Terlalu sexy, dalam kata lain 😀

      Like

    5. Emma Watson ❤
      Ane Baru Aja Ngeliat Trailernya Di Youtube, Kayaknya Bagus Nih. Fix Masuk Waiting List 🙂

      Kalo Member Ibarat Dispenser. Maiyan Ini Kayak Tombol Hotnya Soalnya Kalo Lagi "ON" Pasti Bakal Jadi Hot 😀

      Like

    6. Semoga aja gak mengecewakan, terutama gak melenceng terlalu jauh dari cerita asli.

      Itu iler dilap dulu gan, sampe ngeces begitu ngomongin Maiyan XD

      Like

    7. Belum pernah ngerasain sakitnya ditusuk tombak gan, berani klaim Ashurin? XD

      Kemarin yang sama Miona udah, sekarang sama Maiyan, yang sama Nanamin kok gak keluar2 sih, Miss S & Little Miss S XD

      Like

    8. Kan Ashu Dan Sayu Sama2 Istri Ane, Jadi Wajarlah Gan 😀

      Tsutaya Itu Bukan Majalah Gan Tapi Perusahaan Retail Kayak Tower Record Atau Rakuten Gitu :/
      Foto Yang Ane Share Tadi Itu Adalah Bonus Poster Bagi Pembeli 16th Single Di Tsutaya Yang Menang Undian (Jumlah Poster Terbatas)

      Like

    9. Duh dasar serigala, bini gak cukup satu XD

      Ya dulu ane kira itu majalah biasa. Habis banyak scan yang lewat, datang dan pergi sih. 😀

      Like

    10. Ya ya ya, itu alasan yang udah terlalu sering ane denger dari serigala, baik yang udah expert maupun yang newbie XD

      Gak tau nih, lagi off mood buat hunting gambar kaya biasanya. Lagi fokus sama artikel Disney Princess aja buat nulis.

      Like

  2. Ane kagak paham snow white kl list diatas cuma kenal rapunzel,mulan + cinderela( yg lain tau tp cuman 2 itu yg ane pernah tonton) wkkwkw..
    Ane mencalonkan jadi pangeran aja min biar para princess bahagia hahahhahaha

    Like

    1. Mulan dan Cinderella masih dalam proses penulisan, mungkin yang rilis berikutnya. 😀

      Agan bahagia jadi pangeran, tapi apa member bahagia sebagai princess, itu pertanyaannya 😀

      Like

  3. 8 kurcaci?
    Maiyan, Hina, Kaz, ane ga bisa bayangin mereka jadi putri. Bayangin Maiyan, ntar pikiran kemana-mana, Hina, suaranya ga nguatin, Kaz, putrinya ntar koplak, sulit emang cari sosok yg bener2 putri di Nogi. Meski katanya imagenya oujousama, tetep karakter tiap member terlalu jomplang dengan wajahnya. Tapi, kalo harus milih diantara semua, emang Maiyan yg paling pas. Agak gahar, tapi selain itu pas buat karakter ini.

    Like

    1. 7 kurcaci. Yang di gambar ada satu yang dobel.

      Dari semua member, ya cuma 3 itu yang buat ane pas jadi karakter Snow White. Multiple choice buat Maiyan, karena ane bakal masukin lagi di artikel berikut.

      Btw kenapa sama suaranya Hinachima? Mancing insting serigala kah? XD

      Like

    2. Pake potosop dong, min. Crop dikit gitu. 😀
      Eh gitu? Ane kira member2 ini cuma buat satu karakter putri. Oke deh, ane nanti. Tsuki jangan lupa dimasukkan juga. 😀
      Ga lah, insting serigala ane ga perlu dipancing. Nyala terus selamanya. 😀
      Ane suka aja sama suara agak sengau dan rendah khasnya Hinachima. Rasanya suaranya membelai tengkuk ane gitu. Geli2 enak. 😀 Asal suaranya ga terlalu rendah alias ngebass, terus ada jakunnya! Kowaiiii!!! XD

      Like

    3. Baru overhaul laptop, belum sempat install aplikasi.

      Harusnya hari ini rilis satu lagi, tapi karena MV Futari Saison rilis, mungkin ane pending dulu.

      Aaauuuuuu aaauuuuuu aaauuuuuu XD

      Like

    4. Kalo insting ane matiin, bisa2 ane grad dari Idol. 😀 Kayak Bruce Banner di Avengers, dia harus tetep marah biar gampang jadi Hulk. Ane juga gitu, insting predator cewek muda member 46 harus selalu ON, biar ane selalu suka sama grup ini. XD

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s