Sakamichi Review : Futari Saison MV

MV untuk 3rd single Keyakizaka46, Futari Saison dirilis pada 17 November. Cukup lama sejak pengumuman senbatsu, atau bisa dibilang lama karena Nogi merilis MV Sayonara no Imi hanya satu minggu setelah senbatsu diumumkan. Sementara untuk Keyaki mengambil jarak waktu normal, sekitar dua minggu sebelum single rilis. Anyway, rilisnya MV ini seperti penantian yang tak sia-sia. Terlebih, tadi siang godaan untuk pulang saja dari kantor terasa sangat manis setelah melihat sekilas MV ini.

img_20160627_195317
When I realize, that can’t be done…

Setelah beberapa review yang mengatakan bahwa Futari Saison dari segi lagu kurang oke -which is, aku belum bisa bilang apapun, karena aku baru benar-benar mendengarkan lagunya secara penuh dari MV ini- membuatku sangat menantikan MV ini. Dan satu kesan pertama dari segi lagu adalah; sama seperti saat mendengarkan Seifuku no Mannequin setelah 3 single pertama Nogi.

Tapi itu bahasan untuk review selanjutnya. Kembali bekerjasama dengan Takahiro Ueno, bukan hal yang aneh melihat koreografi yang eye candy di MV ini. Selain itu sutradara Kataru nara, Shingo Ryohei kembali memegang kemudi sutradara. Dengan kekuatan di balik layar seperti ini, bukan hal muluk-muluk mengharapkan sesuatu yang wow, dan tidak akan menjadi kejutan jika terpenuhi. Opsi kedua yang menang.

Sekilas pandang, MV ini memang extraordinary, penggunaan latar belakang (Yume no Ohashi, Odaiba) dan koreografi menjadi nilai jual utama. Bahkan jika dibandingkan Nogi, harus diakui Keyaki setingkat lebih baik dari segi koreografi yang lebih kompleks, meski untuk chemistry, masih jauh tertinggal. Dari dance scene member baik sendiri maupun bertiga atau 7 orang (khusus 3rd row), apa yang disajikan benar-benar memanjakan mata.

Dan menurutku pribadi, dari dance scenes ini terdapat influence dari Ano Kyoushitsu, dalam artian terasa familiar, terlebih dirilis di waktu bersamaan. Mayoritas dance scenes seperti terinspirasi dari ballet dan teatrikal.Β SceneΒ favoritku tentu saat di tangga, apa ini persiapan untuk Kohaku? Sebagian juga mengingatkanku saat melihat lomba paskibraka saat sekolah, meski aku tak ingat apa istilah yang benar untuk itu, yang sesuai dengan bagian ini;

Meski begitu bukan berarti MV ini flawless. Distribusi screentime masih belum bisa dikatakan memuaskan, perpindahanΒ scene terlalu cepat di beberapa bagian, dan bagiku, jujur saja, penggunaan seifuku baru rasanya bukan sesuatu yang wajib disini. Malahan seperti merusak flow keseluruhan dengan kostum seragam sekolah. Seifuku baru akan cocok bila background yang digunakan gelap seperti SiMa, tapi di tempat terang seperti ini, kurang nyambung.

Futari Saison membenahi apa yang menjadi flaw terbesar dari Sekai ni; Drone dan distribusi screentime, yang mana jauh lebih baik meski tentu belum bisa dibilang sempurna. Hanya saja, hilangnya drone malah dikompensasi dengan penggunaan kamera seperti action cam. It was too fast for something we should enjoy. Padahal dari segi lagu, Futari Saison juga bukan termasuk lagu bertempo cepat seperti Kataru nara, tapi sepertinya sutradara menjadikan ini ciri khasnya.

Yang menjadi poin plus di sinematogafi Futari Saison hanya angle dan pemilihan background. Angle pengambilan gambar bisa menampilkan apa yang menjadi nilai jual utama sebuah MV dari idol group -wajah member, tentu saja- dan keindahan scenery pulau Odaiba. Sedikit mengingatkan pada Digimon Adventure. Selain itu scene menari dibawah cahaya matahari dan scene terakhir saat menyatukan tangan, angle yang dipilih termasuk bagus -though it was a bit excessive, the sunlight, of course-

Untuk storyline, masih harus kukatakan ini bukan kekuatan utama Keyaki jika dibandingkan kakaknya. Dan harus kukatakan, ini sedikit penurunan bahkan jika dibandingkan Sekai ni yang masih bisa ditangkap jalan ceritanya. Futari Saison hanya seperti a beautiful dance footage, with some work under it’s sleeves, ketimbang MV penuh cerita a la Nogi. Memang style yang disiapkan untuk mereka berbeda, tinggal berada di pihak mana kita?

Sementara untuk screentime, terutama untuk 3rd row, sepersekian detik menjadi kata yang paling baik -jika tak ingin dikatakan nol- dimana dua baris terdepan mendapat banyak baik dari shoot yang berkaitan dengan storyline atau individual shoot. Well, mungkin tidak semua. Dibandingkan Mii apalagi Tecchi, Aoi masih jauh di bawah keduanya, meski sama-sama berstatus Tridente.

Mii mendapat bagian banyak di pembuka, bersama Fuuchan dan Satoshi, menjadi member dari 3rd row yang naik pangkat di single ini benar-benar mendapat jatah yang layak, sesuai status mereka yang meroket. And guess what, rasanya Aka masih memang belum bisa mendapat jatah screentime seorang front row, but I won’t complain, it was a position she doesn’t deserve yet, we still -she still- need to wait.

Sementara itu Fuuchan mencuri perhatian dengan solo scene dirinya menari balet, Satoshi menjadi lead dancer saat bagian paskibraka yang kusebut diatas, dan Tecchi… well, what else I can say? Prodigy strikes again. Tecchi dengan solo scene menarinya benar-benar kejutan menyenangkan. On the flipside, beberapa member 3rd row seperti Nijika mendapat screentime yang lumayan, jadi bisa dikatakan untuk distribusi screentime, Keyaki lebih random dari Nogi.

Dari segi fashion, seperti yang kukatakan di atas, mungkin akan lebih baik jika seifuku merah tidak ditampilkan. Kali ini, seharusnya Keyaki mengikuti Nogi, seifuku resmi tidak harus digunakan dalam MV. Jika saja semua adegan menggunakan kostum seragam sekolah, akan lebih cocok dengan storyline dan lagu secara keseluruhan. Bagiku seperti pasukan ZAFT tiba-tiba menari di tengah Odaiba, apa mereka menunggu Orb atau Digimon pengacau?

Overall, di satu sisi Futari Saison adalah MV dengan koreografi apik, meneruskan tradisi Sakamichi dan membawa warna khas Keyaki seperti Sekai ni, tapi di sisi lain, masih membawa kekurangan yang cukup mengganggu. Flaw yang patut menjadi bahan pembelajaran di MV ini adalah sinematografi yang kurang oke, termasuk diantaranya perpindahan antar scene dan kostum yang masih terkesan hasty. Kini tinggal menunggu coupling MV, akankah ada yang bisa membuat kita memberi standing ovation?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

90 Comments

  1. ane cuma bisa bilang kalo mv ini jauh dari ekspetasi ane. jalan ceritanya gak ada. untungnya, efek dan pengambilan gambarnya bagus. dan yang paling buat ane kesel, neru cuma keliatan sekali pas sama risa dan rika. untung risa dan yuka lumayan keliatan

    Like

    1. Efek samping kuatnya Sayonara no Imi dari segi cerita, MV tanpa cerita kaya gini jadi terasa kurang banget. Tapi kaya @conan bilang dibawah, emang ini MV gak ada storyline-nya.

      Duet baru Yuuka-Mona, sama Neru yang mewarisi 2Watanabe dari Tecchi lebih keliatan gan πŸ˜€

      Like

    2. kalo ada storyline yang ada kayak sekai ni wa ai shikanai, habu gak ada sama sekali (anggap aja begitu) padahal row 2. mending gini, ada storyline terus lama2 bosen

      Like

    3. Untungnya di sekai ni neru, yuka sama risa bisa keliatan banyak gan πŸ˜€ Kalo mv dengan storyline bisa nambah screentime ketiga cinta ane, kenapa gak? πŸ˜€

      soal habu, ane rasa itu gara2 dia emang mau berhenti dipush. Kobayashi juga gak keliatan sih. Ah, tapi ane gak terlalu ambil pusing asalkan cinta2 ane bisa menang banyak πŸ˜€

      Like

  2. “Dan satu kesan pertama dari segi lagu adalah; sama seperti saat mendengarkan Seifuku no Mannequin setelah 3 single pertama Nogi.” Ane gk tau kesan ente min saat pertama denger Mannequin, kesan seprti apa?

    Soal perpindahan terlalu cepat, mungkin sutardaranya terllau banyak ide.. XD
    Klo utk seifuku ane gk da masalh..

    Klo dri srotyline yg ane baca di natalie (dengan kemampuan seadaanya), emang gk ada soryine yg kuat, MV hanya menggambarkan gadis2 yang menari bebas bermandikan sinar matahari lembut

    Secara keseluruhan, standing appluse buat MV ini, soal screen time, apalagi Ue, ane coba berpikir positif klo mata ane akan dimanjakan di MV 5crads..

    Member yg mencuri perhatian di MV ini:
    – Techi, sebenarnya, kyknya gk perlu ane tulis ini XD
    – Miichan, makin imut aja nih adek ane, EH?!
    – Fuuchan,super mencuri perhatian pas scene muali dari diam terus nari balet, apa ini anak ada basic balet juga ya, cukup bagus balet dia
    – Shiichan, senyum mematikan
    – Aoi, pas bagian shot solonya, sweet kuro πŸ™‚

    kemana 3 bidadari ane, Ue, Neru dan berika? ini bukan MV mereka ber-3….

    Like

    1. A whole new world, singkatnya. Single yang beda dari yang udah pernah dirilis.

      Ane nangkap dua hal ini ganggu banget pengalaman nonton secara keseluruhan, apalagi soal seifuku. Di Sekai ni juga begini ceritanya, ane curiga apa dua single ini emang aslinya ada 2 MV, tapi diedit jadi satu.

      Setelah Sayonara no Imi? Timing yang salah banget buat MV tanpa storyline. Tapi yah, balik ke selera sih. Ane jauh lebih prefer ke Nogi untuk ini, MV dengan storyline.

      Mari berharap untuk Five Cards, ane lebih berharap untuk H.Keyaki. πŸ˜€

      Mii adek ente? Sip lah ane siap-siapin peralatan buat nonton drama XD

      Itu ane kasih tiga-tiganya di screenshot atas, masih kurang?

      Like

    2. Nah, skrng kan jelas.. XD

      Keya blum ada MV yg modelnya ada drama gitu ya? mending ada drama jadi klo perpindahan screen time pas nyanyi cepet setidaknya bisa paham.. XD

      Sayonara mungkin gra2 menggambarkan suasan Nogi yg bakal ditinggal member, jadi storyline harus kuat juga,..

      H. keya juga sih, tpi stelah lihat keberadaan Ue dan Berika di MV ini sangat menyusahkan mata, jadi 5cards lebih utama XD

      Hahaha, biar deh, yg penting ane senang.. XD

      Bukan2, salah paham ini, pertanyaan ane itu lebih kearah “menyinggung” keberadaan 3 bidadari ane di MV ini, bukan nuntut screenshot mereka dipostingan ini.. XD

      Like

    3. Tunggu aja review panjang lebar soal lagu, jelas gak sedikit komentar ane soal ini.

      Storyline MV Keyaki yang paling kuat sejauh ini cuma Te wo Tsunaide Kaerou Ka, itu juga kalau bisa dibilang storyline.

      Mungkin, tapi ini kebalikan sama summer kemarin. Hadashi gak punya storyline, Sekai ni punya. Sayonara punya storyline, Futari gak punya.

      Asal gak kaya Cinq Etoiles aja jatuhnya. πŸ˜€

      Tumben para serigala belum nongol? XD

      Ya bagus deh, kalau ngarep screenshot lebih, ane mau cari di mana? XD

      Like

    4. Apa2an ini ava ane? alfa nya power ranger 2017? XD

      MV solo Neru juga bisa dihitunglah XD

      Hahahaha, kebalik2 antara sang kaka dan sang adik

      Sempat Ue di MV 5cards harus pake mata byakugan juga ngeliatnya, ane jampi2in dah tuh para staf.. XD

      Tuh dah pada nongol… semedi dulu kx tdi, maklum malam jumat.. XD

      “ane mau cari di mana?” <- pait pait pait.. XD

      Like

    5. Udah terima aja, bukan ane juga yang milihin satu2. XD

      Solo Neru? Ciee masa lalu bininya diungkit XD

      Kira2 MV coupling mana yang bakal duluan keluar ya?

      Ya gak usah protes, Aka aja cuma sekali dua kali muncul, padahal front row. Kuritaro juga.

      Like

    6. Dah kyk alfa power ranger 2017, pink pula warnanya, pait pait pait..

      Msa lalu apa? wong bicarain MV kok malah bawa2 masa lalu..

      Klo gk salah pas sekai, habis sekai selanjutnya kataruna kan, jadi mungkin MV coupling yg msih dibawain snbatsu, Otona wa Shinjitekurenai

      Loh Aka 1st row ya? kok gk banyak ke sorot? *menebar garam diatas luka XD

      Like

    7. Oh iya ya, sekarang udah ngelupain si pink ya XD

      Loh bukannya cerita Mata atte Kudasai itu soal Neru dan mantannya? *kabur XD

      Bukannya MV Tecchi dulu yak? Kataru nara kan terakhir kalau gak salah?

      Luka? Enggak lah, ane udah jabarin dengan jelas opini ane soal ini. Daripada menang pake cara parkir bus, mendingan kalah dengan cara menyerang πŸ˜€

      Like

    8. Si pink yg mana? pattrick? XD

      Itu cuma MV, gk cukup kuat buat bikin ahti ane panas.. XD

      Iya ya? oh iya, techi dulu, kataruna baru mv neru… klo gk salah

      Markis bus? dikira chelsea.. XD

      Like

    9. Pink yang mana ajalah, entar ada yang tersinggung XD

      Panas enggak tapi membara? XD

      Semoga aja H.Keyaki diprioritaskan, Under nih Under, masa masih aja dialienasi.

      Kalau Chelsea yang dari Indo sih ane ngefans XD

      Like

    10. Ya udah, pink patrick star aja lah XD

      enggak juga, wog dah jadi abu.. XD

      Skrng polanya, apa msih menggunakan showroom atau pake kode di twitter XD

      Chelsea indo? apa?
      Arema?

      Like

    11. Entar kalau ane bilang terang-terangan ada yang angkat senjata kaya di tempat ente XD

      Udah hancur, musnah jadi abu? Ckckck kasihan XD

      Yang langsung-langsung ajalah, kode mulu, capek baca komik tuh detektif pengundang mayat isinya harus ikutan mikir XD

      Chelsea nama orang pak, itu tuh yang aktris itu XD
      Nontonnya twilight doang sih XD

      Like

    12. “Entar kalau ane bilang terang-terangan ada yang angkat senjata kaya di tempat ente” tempat ane? ane gk punya kos2an loh, kan dah digusur XD

      Gk perlu kaishan, dah biasa.. XD

      Ya man tau kan.. Kode stelah ditunggu ternyata cuma ngumumin klo tiket event desmber dah sold out XD

      Allahmak, chlesia sang artis toh, kirain gk tau lagi nama2 artis lokal, tipi dah dijual kan? XD

      Like

    13. Oh iya itu mitos ya? XD

      Intinya tetep aja cemburu ya XD

      PHP lagi? Bakar aja LLC XD

      Loh kalau TV yang satu itu kan enak ada Youtube resmi, HD pula XD

      Like

    14. Dah tau pake dibahas….

      Cemburu kan tanda ada rasa.. XD

      Dan kyknya ebenr MV Otona wa Shinjitekurenai dulu, soalnya lagunya adh diputer di radio

      Like

    15. Rasa apaan? Rasa sayange, rasa sayang sayange~ kah XD

      Baru dengerin sekali sih, itu juga gak jernih suaranya. Mana pas buru2 mau berangkat, belum sempat dengerin lagi. Tapi rasanya gak selalu lagu yang radio rip keluar dulu, MV-nya juga bakal duluan.

      Like

    16. Rasa.. rasanya kpla mau pecah gra2 kolom kos2an XD

      Mau tanya pendapat soal algu tpi segan, itukan bahan drft, eh bahan next postingan maksud ane, sori keceplosan.. XD
      Ane yakin MV Senbatsu duluan… 5cards sama Hiragana bisa dikatakan MV yg bakal jadi puncak perilisan MV *komen apa ini..XD

      Like

    17. Nyanyi aja udah, ke karaoke sono, recommended song: Na Na Na (Na Na Na Na Na Na Na Na), emang gak ada artinya, tapi pas buat lagi suntuk XD

      Sapi. Tau aja. Lagian ditanya juga ane gak bakal jawab XD

      Ane iyain aja dah, tau problematika kos-kosannya XD

      Like

    18. Ane udah liat banyak yang modelnya begitu, dan mau dibalas kaya apa juga, yang namanya orang ngeyel selalu menang XD

      Masih lama kali, Kataru nara aja pas singlenya udah mau rilis.

      Like

    19. Untung ane orng nya sabar, baek, pandai, rajin mnabung.. XD

      Ya ane sih gk masalh, cuma mikirin beban pikiran bapak kos “itu tuh” yg banyak nyewain kamar drft.. XD

      Like

    20. sbentar2.. kyknya agan terllau banyak pikiran sampe salah menafsirkan komen ane..

      “…bininya 7 pula” emang bapak kos yg banyak nyewain kamar drft punya istri 7? yg istri 7 kan bapak kos yg kos2annya dah kena gusur, sedangkan yg ane bahas bapak kos yg banyak nyewain kamar drft.. XD

      Like

    21. Komen ane dah jelas: “cuma mikirin beban pikiran bapak kos ‘itu tuh’ yg banyak nyewain kamar drft..”
      Dah jelas sapa yg jadi sosok pembeciraan, bapak kos penyedia kamar drft, berarti agan yg kurang ion XD

      Like

  3. Sassuga sakamichi!
    Kesan prtama liat mv ni katarunara 2.0 versi romance? Eh terxata sutradarax sama.
    pas liat techi solo dance trus kbayang miona nari2 gerakan kendo dismping techi trus diselingi asuka yg lari2.
    Yg ckup ganggu bgi ane kilatan2 chaya yg bkin sakit mata shg mmbuat pesona member agak trtutupi.
    Dan ane setuju soal seragam ama agan mac tp msih bsa dmaklumi krn keyaki msih baru jd agak trbatas kyak nogi dulu kn jg gtu.
    Yg pling ane tunggu H.keyaki mv…
    Kakizaki memiiii…!!!
    Tapi itu waka-neko knp ikut nampang gan?:D

    Like

    1. Karena sutradaranya sama, jadi feel yang ada terlalu mirip. Jatuhnya kurang seru.

      Flaw MV ini ya itu, emang sih sunlight keliatan bagus kalau dijadikan scenes, tapi angle sama intensitasnya kurang diperhatikan.

      Maksud ane, bukan karena agak terbatas, tapi perpindahan antar seifuku terlalu berantakan, masih sama kaya Sekai ni. Kecewa sih.

      Soal MV H.Keyaki, ane gak tau apa Half-Blood Princess atau Vampire Princess yang bakal jadi center, karena gak ada keterangan lanjut.

      Ekspresi ane pas nyadar gak bisa seenak jidat pulang dari kantor persis sama kaya bini ane ini gan πŸ˜€

      Like

    2. Kyakx tuh ekspresi waka neko pas tw reika drbut ama ikuo. Hahahaha
      Iya ya,centerx hiragana blom diumumin yak. Ah mngkin diumumin pas lagu mw premier mngkin gan kyak buranko kmaren. Half blood ma vampire org yg sma ato bda gan? Ane g ngerti istilahnye.
      Dan untuk seifuku lgi2 desain keyaki agak monoton krna smw mmber sma g dbedain kyak nogi,knp y? Pdhal ane ckup yakin desainerx sma wlopun ane blum cri tw sih ;D
      Tuh sragam yg rsmi bkal ccok kayaknya klo dpke dtngah salju yg putih kn kontras tuh.

      Like

    3. @kochan, Itu cuma untuk kepentingan skrip, gara-gara MC sesat Himura XD

      Half-Blood Princess: Neru, karena dia H yang statusnya K
      Vampire Princess : Julukannya Memi

      Ada perbedaan di kostum merah, tapi emang dikit banget sih. Butuh teliti buat ngebedain.

      Nah itu dia, warna fall harusnya rada kalem. Tapi Nogi sendiri juga begini tahun lalu, bedanya mereka gak pake seifuku resmi di MV.

      @ahmad, nah itu dia gan, kebanyakan efek juga bikin MV ini kurang enak ditonton…

      Like

    4. Oh itu y jlukanx…
      Dg mv ini kyakx efek surprise buat live agak brkurang y,seifuku udah kluar,dance 80% udah tmpil jg.
      Yah hrapan ane big surprise ada di hiragana,ayo tunjukkan taringmu dek. Krna under di sakamichi adlah kawah candradimuka. Smoga centerx bkan neru, dy udah trlalu diistimewakan. Btw ane mnta pndapat agan soal livex buranko kmren gmn gan?:D

      Like

    5. Kalau live, sejauh ini Keyaki masih belum bisa impress ane sejauh MV-nya, suka sih tapi ya belum ngena di hati.

      Yang ane harapkan dari H.Keyaki cuma satu: bisa ada kejelasan sistem. Soal lagu bagus atau enggak itu nomor sekian, yang penting jelas juntrungannya dulu.

      Buranko yang mana gan? Nogizaka Show atau Bomber-E Under Special?

      Like

    6. Yg di nogizaka show klo yg bomber-E blom liat ane,emg bda y?
      Ane rasa klo soal hiragana yg bkin pusing itu status kenninx neru cba kenninx kyak shinuchi mai mah g mslah yg ada mah unik. Lgian di awal pmbentukan hiragana kn emg mcam under cma y blik lagi mslah kennin yg mngaburkan sistem.
      Live keyaki emg blum impressive ane pun liatx g trlalu brkesan kcuali dancex tp ane hrap di chrismas show live prtama nanti ada pningkatan scra akan jd acara live tahunan mrk lgian stafx kn lgi2 sma kayak nogi jg jd y smoga bsa mmbri impact yg impressive di livex jg.

      Like

    7. Ya sama aja sih, cuma yang di Bomber-E keliatan lebih natural, enak aja diliatnya. Apalagi perform di depan fans. Kurangnya cuma di angle kamera. Kalau yang di Nogishow, gak terlalu spesial sih, biasa aja. Dance-nya rada mirip Futari Saison, itu yang paling jelas.

      Makanya, ane udah nyiapin dua draft untuk kasus ini, kalau aja sebelum next single udah ketahuan gimana sistemnya. Soalnya ini lumayan bikin keruh suasana sih.

      Itulah, terlalu excessive di MV, contoh payung di Sekai ni, terus scene tangga+solo Tecchi di Futari Saison, kalau gak sesuai ekspektasi setelah liat MV jatuhnya kecewa.

      Like

    8. Btul gan,ane g yakin dance solo techi bkal tmpil live dtmbah itu pke nyanyi pula jd bkal susah di vocal.
      Untuk buranko mnrut ane ckup impresive sih dtmbah ekspresi mrk yg msuk dlam feel lgux. Btw rotti dg rambut baru jd trlihat segar.
      Well ane nunggu full review agan utk 3rd single keya ini,klo skrg seuprit2 g puas. Can’t wait to see the big picture!

      Like

    9. Yah tinggal nunggu jadwal live pertama.

      Yang bikin ane lumayan lega setelah liat Buranko, ternyata emang pandangan ane soal Miria bener, dan semoga dia bisa begitu terus.

      Review lagu atau review MV gan? Dua-duanya masih lama tuh πŸ˜€

      Like

    10. Review single gan…:D
      Tp klo emg msih lama y yg ada aja dsikat.
      Emg apa yg agan harap dri dedek miria?slain senyumx yg ckup mrip ama aka.

      Like

    11. Ane baru denger satu coupling, tapi belum bisa dengerin bener2, kalau review single masih nunggu file HQ. πŸ˜€

      Ane pernah nulis soal Miria beberapa bulan lalu, intinya Miria bisa jadi member yang vokalnya kuat, cuma dia suka bikin suaranya naik satu oktaf pas bicara atau pas nyanyi. Sayang aja sih.

      Like

    12. millia bisa jg jadi member yg geblegnya kuat saat liat devil dancenya dg kiichan dibingo7(ep1).
      ………..
      Ranze.!…..liat Ranze dibomber-E? selalu aja makan pakai tangan kiri ?????

      Like

    13. Tenang gan klo soal vocal msih bsa dlatih toh miria masih muda,msih labil jg tuh anak. Prlu gaul ma rottie biar ikut ketularan vocalx.hehehe
      Ane suka tuh lgu keya yg kedua,tp knp tuh lagu g djadiin lgu utama y pdhal dri segi irama lbih bgus. Td jg bru liat sragam bru hiragana dri mjalah monoqlo, jd tmbul prtanyaan lagi kn sragamx beda tuh trus si neru bakal condong pke yg mana y.

      Like

    14. @khalifah, bisa jadi kekuatan utama Miria diproyeksikan di variety, padahal ane berharap di performance…

      Ane jujur sulit nilai member kidal apa enggak kalau cuma liat dari cara makan. Karena di luar negeri, lebih rata penggunaan kedua tangan daripada di Indonesia, makanya ambidexterity lebih umum ditemui.

      @kochan, kalau kata bapak kos sebelah, mendingan Miria gaul sama kakak iparnya (Ikuchan) XD

      Hmm, ane masih butuh waktu buat mencerna Otona wa Shinjite Kurenai…

      Karena Neru de facto di K, juga dia agen ganda Half-Blood Princess, palingan bakal lebih sering pake seifuku merah.

      Like

  4. Gimana yah, soal storyline, bahkan dari 3 single Keyaki, ga ada satupun MV-nya yg story-based.
    Semua pure visual. Dan dance-based

    Ini wajar, karena berkat Saimajo, penonton lebih mengharapkan dance choreo Keyakizaka berikutnya seperti apa, sementara isi lirik lagunya yg memberikan cerita, atau hanya pesan moral. Secara intrinsik, bisa jadi karena member masih lemah dalam membawakan drama MV.

    Soal screentime, ane masih berpegang bahwa untuk ukuran pembagian MV, hanya Ue saja yg kurang kebagian sebenarnya sudah wow. Saimajo bahkan lemah untuk pembagian screentime middle-row, sebagai perbandingan, Atau Sekai Ai. Futari Sezon menang untuk urusan ini.
    Tapi keadilan bagi semua ini tidak gratis. Aspek storyline-lah yang paling mudah dikorbankan pada akhirnya,

    Dan pada akhirnya, tidak ada MV yang sempurna. Karena tujuan akhir MV hanyalah sebagai penopang kualitas lagu.

    Haiz banyak bener tulisan ane. @@

    Like

    1. Pada dasarnya cuma perbedaan preferensi sih gan. Antara yang storyline-heavy khas Nogi atau almost-nonexist-storyline Keyaki. Cuma karena ane sendiri lebih condong ke yang pertama, jadinya ya rada bias reviewnya.

      Screentime untuk 2nd row memang naik lumayan dari dua single sebelumnya, tapi itu juga side effect dari popularitas yang semakin naik, jadi perlu akomodasi untuk itu. Tapi bahkan untuk alasan ini pun, masih ada mistreatment buat beberapa member baris depan. Sedikit bikin panas, tapi untuk alasan “all for one and one for all”, ane masih bisa terima.

      Panjang juga gapapa gan, delusi pun diladeni di sini *kaya kos sebelah XD

      Like

  5. Hal Yang Menjadi Nilai Lebih Dari MV Ini Adalah Pewarnaannya Yang Beragam, Entah Kenapa, Berubahnya Pewarnaan Ternyata Berubah Pula Emosi Yang Tersampaikan πŸ™‚

    Setuju Soal Kostum. Untuk MV Ini Ane Prefer Tetep Pake Seragam Sekolah.

    Scene Favorit:
    – Techi Solo Dance, Kalo Gk Salah Takahiro Dulu Juga Pernah Ngedance Dengan Gerakan Yang Hampir Sama Dengan Gerakan Solo Dance Techi Di MV Ini
    – Techi Lompat Dengan Background Langit Senja Dan Cuma Kelihatan Silhouetnya
    – Techi Menyibak Rambut Setelah Scene Lompat
    – Techi Yang Berada Di Kerumunan Berusaha Meraih Puncak
    – Fuuchan Nari Balet
    – Yuichanzu Ngelempar Tas

    Ane Jadi Penasaran Kalo Centernya Keyaki Bukan Techi Kira2 Bisa Sehype Ini Gk Ya? Soalnya Ekspresi Techi Mempunyai Andil Besar Dari Kesuksesan 3 Major Single MV Yang Telah Dirilis.

    Like

    1. Ane sedikit kurang sreg sama saturasi di MV ini malah gan. Karena dari timeline, ini harusnya masuk winter single, dan ane ngarep sesuatu yang ada saljunya, jujur aja. Ternyata masih masuk fall, jadinya agak kecewa, meski harus ane akui saturasi di MV ini bagus.

      Hahahaha, semua scene favoritnya ada hubungannya sama Tecchi. Bahaya ini dia mulai diincar banyak orang XD

      Semua tergantung gimana cara manajemen mengemas center terpilih, bahkan jika itu bukan Tecchi. Pendapat ane, Tecchi emang center material banget, cuma kalau terlalu berlebihan juga enggak bagus. Prodigy, ane bisa bilang dia begitu. Tapi flawless, hmm, enggak deh.

      Hahaha, karena suntuk gak bisa lanjutin draft lain setelah garap ini review, akhirnya utak-atik setingan, sayang masih tetep gak bisa bikin ava jadi google pictures. πŸ˜€

      Like

    2. Justru Kalo DIlihat Dari Segi Timeline, Sekarang Ini Masih Fall Gan. Japan Baru Memasuki Winter Sekitar Tanggal 20an Desember πŸ™‚

      Nih Anak (Techi) Kalo Lagi Perform Ekspresif Banget, Gerakan Dancenya Tegas Dan Punya Aura Bintang. Auranya Ini Gk Hanya Keluar Pada Saat Doi Perform Sama Keyaki Aja Tapi Keluar Juga Saat Photoshoot Majalah, Catwalk Dan Act.
      Ane Berharap Oozono Momoko Sebagai Calon Kuat Ace Gen 3 Bisa Punya Aura Yag Serupa πŸ™‚
      Quartet Ace:https://goo.gl/ef3iVk

      Ava Ane Mirip Original Chara Buatannya Nanamin πŸ˜€

      Like

    3. Oh ya? Seinget ane November udah dihitung mulainya winter?

      Yah, sebagus apapun Tecchi, dia punya flaw, meski untuk sekarang masih belum terlalu kelihatan apa itu. Semoga aja bukan sesuatu yang major.

      Yang ane penasaran itu foto berempat diambil pas momen apa ya? HS? Atau pas Best Hit Song? Momoko doang yang bikin bingung..

      Untung gak ada yang kaya Doieya-san atau karakternya Reika XD

      Like

    4. Belum Gan, Patokannya Winter Anime/Drama Jepun Baru Dimulai Kisaran 20an Desember πŸ˜€
      Bisa Juga Nogibingo7 DIjadikan Patokan Gan, Sekarang Ini Nogibingo7 Baru Episode 6 Berarti Kurang 6 Episode Lagi Biar Pas 1 Cour (Cour = 3 Bulan = 12 Ep) πŸ˜€

      Emang Gk Ada Seorangpun Yang Flawless Tapi Diantara Member Keyaki Yang Lain Doi Paling Punya Aura Bintang + Pede Tampil Di Depan Umum. Contoh Paling Simpel Yaitu Saat Catwalk Girls Award, Dibandingkan Habu, Pon & Risa Yang Kelihatan Agak Gugup (Terutama Habu). Techi Enjoy Aja Catwalk Sambil Pasang Muka Yang Ekspresif Sehingga Berhasil Menarik Perhatian Banyak Orang (Jumlah RT & ❀ Artikel Tentang Penampilannya Di Girls Award Di Twitter Modelpress Merupakan Salah Satu Yang Tebanyak Cuma Kalah Sama Ashu & Maiyan Kalo Gk Salah)

      Ane Kurang Tau Juga Gan Tapi Kayaknya Gk Pas Best Hit Song Soalnya Mereka Kemarin Gk Pake Kostum Ini

      Doiya-san Mungkin Lagi Sibuk Nongol Di TV Gan Maklum Original Chara Paling Tenar πŸ˜€

      Like

    5. Dulu sih pas tinggal di luar negeri ane rasa November udah dingin XD

      Faktor umur juga jadi perhitungan, umur segitu masih gak ada beban kan, apalagi di rumah Tecchi berperan sebagai adik, makin2 dah pedenya. Bakat alam juga berperan. πŸ˜€

      Beredar juga Ikoma 2shot sama Mayuyu pake seifuku Sayonara no Imi, satu-satunya even yang masuk di kepala ane cuma Best Hits Song, kalau gak salah cuma ini Nogi ketemu AKB, tapi Tecchi gak pake seifuku SiMa, dan lagi, Momoko…
      Au ah gelap, summon detektif @conan aja buat mecahin misteri ini XD

      Sama kaya kreatornya, makin lama makin kinclong XD

      Like

    6. Wih Agan Pernah Tinggal Di Luar Negeri Toh. Ane Paling Jauh Baru Ke Negeri Tetangga Itupun Cuma Sebentar. πŸ™‚

      Mungkin Faktor Itu Berpengaruh Juga Kali Ya? :/
      Sejauh Ini, Member Keyaki Yang Menurut Ane Paling Pede Kalo Tampil Di Depan Umum Itu Techi, Sugai Sama Akanen.

      Kayaknya Foto Itu Diambil Saat Mereka Diundang Wawancara + Photoshoot Di Majalah Nikkan Sports Gan
      https://goo.gl/z5PrFu

      Semakin Kinclong + Semakin Banyak Job πŸ˜€

      Like

    7. Pernah di Inggris, sekolah masuk Hogwarts XD

      Royal Couple emang pede di depan umum, cuma impactnya belum sekuat Tecchi. Yuuka jelas karena dia Her Majesty, Aka karena gila πŸ˜€

      Rasanya agak kecepetan nih Momoko, dan gak bakal ada surprise lagi kalau udah dibocorin gini. πŸ˜€

      Like

    8. Ane Baru Tau Kalo Ternyata Agan Adalah Tom Marvolo Ridle

      Kalo Soal Gila, Ane Rasa Dani Sama Ozeki Gk Kalah Gila Tapi Entah Kenapa Kalo Tampil Di Depan Umum Kelihatan Agak Kurang Pede :/

      Belum Tentu Yang Dipush Di Awal Bakal Jadi Ace Gan (Meskipun Ane Berharap Momoko Yang Jadi Ace Gen 3 πŸ˜€ )

      Like

    9. Bukan, Voldemort kan Ikoma, ane lebih tua lagi, Merlin XD

      Bukan tipe pede outside group, bisa jadi karena ngerasa inferior dibandingkan Tecchi dkk, bisa juga karena mereka enggak diberikan tugas public speaking.

      Ini sih kaya ngulang cerita Miona, airdropped push langsung, bedanya gak seintens dia yang langsung jadi center. Untuk Gen 3, well, ane nunggu teropong bintang ane siap untuk memantau mereka.

      Like

    10. Ternyata Agan Sosok Yang Begitu Legendaris πŸ˜€

      “Lo Lagi Lo Lagi Yang Jadi Pusat Perhatian” Mungkin Gitu Kali Ya Yang Dirasakan Member Lain Terhadap Techi (Semoga Aja Enggak). Namun Setelah Dikasih Kesempatan Malah Kicep Karena Merasa Gk Lebih Baik Dari Techi (Semoga Aja Enggak #2)

      Kayaknya Aki-P Lagi Demen Menurunkan Utusannya Untuk Jadi Pembeda Di Grup. Setelah Tahun Kemaren Di SKE Ada Sosok Goto Rara, Kenkyuusei Yang Tiba2 Frontrow. Di Tahun Ini Ada Hannachan Di HKT Yang Tiba2 Jadi Center Saikou Ka Yo. Lalu Baru Kmaren Di Best Hits Kayousai Ada Sosok Yamaoto Ayaka, Seorang Kenkyusai Yang Tiba2 Jadi Center Di Acara Musik Tahunan :/

      Tapi Kayaknya DI Sakamichi Kagak Bakal Ada Air Dropped Lagi Selama Grafiknya Masih Naik Seperti Sekarang πŸ™‚ Kecuali Kalo Kondisinya Stagnan Atau Cenderung Menurun Kayak 3 Group Yang Ane Sebutin Diatas

      Like

    11. Sebenarnya bapak kos sebelah lebih legendaris, cuma dia rendah hati aja XD

      Tinggal liat gimana kedepan, semoga gak begitu….

      Belum tentu gak ada airdropped lagi, wong jalan pikiran manajemen ruwet gitu kok πŸ˜€

      Like

    12. Denger2 Bapak Kos Sebelah Itu Dulunya Adalah Raja Atlantis Tapi Semenjak Atlantis Tenggelam Sekarang Dia Jadi Admin Suatu Blog Idol. Benarkah Rumor Itu?

      Diantara Member Keyaki, Ane Agak Khawatir Sama Zuumin. Kayaknya Doi Member Paling Ambisius :/

      Kalo Ane Yakin 90% Untuk 2 SIngle Kedepan Tidak Ada Airdropped Lagi πŸ™‚
      Btw Daripada Airdropped, Ane Bakal Lebih Shock Kalo Manatsu Yang Jadi Center Hahaha πŸ˜€

      Like

    13. @brokoli, sebelum ngidol, rumornya dia pernah jadi Pharaoh juga, terus ikut pembangunan Borobudur, pernah jadi detektif pengundang mayat juga XD

      Manajemen memperlakukan Zuumin kaya Yuko, itu yang ane tangkap sejauh ini. Tapi bisa juga ini shock therapy buat dia dan fansnya, kaya yang ane pernah bilang.

      Entahlah, kalau manajemen silau duit sih bisa aja sejarah berulang. Kalau perlu Manatsu WCenter sama Kuroishi XD

      @conan, batuk pilek pak haji? XD

      Like

    14. @Conan:
      Minum Oskadon Oye Gan πŸ˜€

      =======================================
      @Mac:
      Konon Katanya Saat Beliau Menjabat Sebagai Pharaoh, Konsep Awal Piramid Itu Bakal Di Bangun Dengan Bentuk Kubus. Namun Saat Pembangunan Piramid Baru Menyelesaikan Bagian Alas. Tiba2 Sang Pharaoh Berpaling Dari AKB Ke Sakamichi. Hal Ini Berdampak Pada Proses Pembangunan Piramid Yang Awalnya Direncanakan Akan Berbentuk Kubus Tiba2 Diubah Menjadi Berbentuk Limas Segi Empat Karena Menurut Beliau Bentuk Ini Lebih Kerasa “Sakamichi” nya πŸ˜€

      Maksudnya Gan? Ane Gagal Paham Sama Kalimat “Shock Terapy Buat Dia Dan Fansnya”

      Manatsu-Kuroishi Double Center Trus Konsep MVnya Bawang Putih-Bawang Merah πŸ˜€
      Pasti Kocak πŸ˜€

      Like

    15. Sudut kemiringan piramida tersembunyi punya Pharaoh yang hilang a.k.a bapak kos sebelah 48 derajat di bawah, 46 derajat di atas XD

      Intinya Zuumin memang ambisius, populer, dan fanbasenya luas. Yang jadi pertanyaan, dia selalu dianggap rival utama Tecchi, tapi belum ada titik balik yang cukup kuat untuk itu. Nah, kalau di shock therapy diturunin ke 2nd row, apa dia dan fanbasenya bisa menunjukkan kalau dia emang layak, itu yang ditunggu.

      Ane lebih milih konsep Tom & Jerry πŸ˜€

      Like

    16. Di Dinding Bagian Dalam Piramidnya Terdapat Link Download Yang Ditulis Dengan Hieroglyph πŸ˜€

      Fansnya Di Kasih Shock Therapy Juga Percuma Saja Gan, Soalnya Keyaki Masih Belum Ada Momen Yang Bisa Bikin Fansnya Jor2an Seperti Sousenkyo. Kalo Cuma HS Soldout Tapi Member Lain Juga Soldout Juga Gk Pengaruh Banyak Ke Posisi Doi. Kalo Ingin Naik Doi Sendirilah Yang Harus Membuat Dirinya Lebih Menarik Biar Dapat Banyak Job Dan Lebih Berkontribusi Pada Grup.

      Kalo Tom & Jerry, Kasian Tomnya πŸ˜€

      Like

    17. Hahaha, atau foto ratu alias bini-bininya XD

      Selain HS, mentalitas juga harus diinget kuat banget di fandom Sakamichi. Kasusnya udah sering kejadian di Nogi, kalau Zuumin bisa kuat, termasuk fanbasenya, ane ambil Sayuringo dan fanbasenya, mereka bisa bertahan dan malah sekarang back to Fukujin.

      Siapa yang Tom siapa yang Jerry? Ada Spike juga enggak kira2? πŸ˜€

      Like

    18. Foto2nya Udah Gk Ada, Udah Pada Diangkut Para Anubis πŸ˜€

      Seperti Yang Ane Bilang Tadi Doi Harus Membuat Dirinya Lebih Menarik Dan Mendapat Banyak Job Serta Lebih Berkontribusi Pada Group. Tentu Saja Untuk Iu Dibutuhkan Mental Yang Bagus.

      Yang Jadi Tom Si Maiyan Dan Yang Jadi Jerry Si Manatsu. Spikenya Member Lain Selain Mereka Tapi Kali Ini Spikenya Lebih Ngebela Tom πŸ˜€

      Like

    19. Oh, nama serigala di zaman Mesir Kuno itu Anubis yak? πŸ˜€

      Yah, semoga aja Zuumin bisa nunjukin kapabilitasnya, kaya yang diharapkan fandom.

      Spike=Ikoma? πŸ˜€

      Like

    20. Entah Itu Serigala Atau Anjing? Tapi Kelakuannya Gk Jauh Beda Sama Serigala Jaman Sekarang πŸ˜€

      Semoga Aja Doi Mampu Dan Ketika Naik Gak Cepet Puas πŸ™‚

      Wakachuki = Spike-nya Manatsu

      Like

  6. Avatar ane kok berubah min? Jadi kayak monster ga jelas gitu? XD
    Kalo kata mimin perpindahan scenenya cepet, mungkin, ini juga tebakan ngawur ane, ini cocok dengan orang Jepang, yg daya tangkapnya lebih baik dari kita2 ini. Hubungannya sama huruf yg mereka dan kita pake buat menulis dan bicara. Kalo kita pake huruf latin, dimana tiap huruf ga ada artinya, tapi pas beberapa huruf dirangkai, muncul arti. Dan, kita membacanya dengan cara mengaitkan antara huruf satu dengan lain. Orang Jepang, pake kanji dan tiap huruf adalah kata dan ada artinya. Jadi, mereka hanya perlu melihat bentuk kanji dan langsung tau artinya. Kebiasaan sejak kecil yg kayak gini bikin orang Jepang lebih cepat membaca dari yg pake huruf latin seperti kita. Jadi, kalo bagi kita perpindahan scenenya cepet, bagi orang Jepang mungkin itu normal. Karena mereka terbiasa melihat dan memproses informasi berupa bentuk (huruf kanji dan scene di mv ini) lebih cepat dari kita. Nah sekarang ane lupa isi artikel ini, ane baca dulu lagi.
    Oh, ya soal storyline, kalo ane baca di S48, ini katanya ceritanya tentang musim terakhir dua orang yg akan berpisah. Di awal mv, Tecchi membuang tasnya mungkin buat membebaskan dirinya dari rasa sedih karena perpisahan itu. Adegan dengan member mungkin memori dari Tecchi. Terus di akhir dia berlari diatas jembatan lalu berhenti di scene paling akhir, wajah Tecchi menunjukkan ekspresi yg beda dari sebelumnya. Sebelumnya Tecchi dan member lain terlihat gembira, tapi di scene itu, wajah Tecchi tanpa senyum, keliatan tertekan dan sedih. Mungkin scene ini menggambarkan kalo Tecchi akhirnya sadar kalo kehilangan seseorang itu. Mungkin akan lebih “Deg” kalo di akhir, yg scene tas Tecchi tergeletak di jalan, ada adegan tangan seseorang mengambil tas itu. Jadi, seseorang yg berpisah dengan Tecchi ternyata masih perhatian sama dia. Terlalu imajinatif? πŸ™‚
    Scene yg ane suka:
    – Close up Fuu! Manis banget! πŸ™‚
    – Mii jalan di awal
    – Aoi solo, anak ini kemaren ane bilang mirip kastengel. πŸ˜€
    – 1:42 – 1:44 kelinci kecil dan lucu melompat riang di tengah baris ke3. ❀ XD
    Overall, MVnya biasa, lagunya lumayan enak, pas dikuping ane. Dari sisi cerita SayoImi lebih baik. Sisi sinematograpi, SayoImi dan Buranko lebih unggul. Tapi, ini lebih dari CE dan MRG. XD

    Like

    1. Aslinya mau pasang ava pack serigala, cuma gak disediain XD
      Ya utak-atik settingan aja tadi.

      Ya ane pernah denger itu teori, kanji apa gitu namanya. Tapi kalau dibasiskan sama teori ini, Sayonara no Imi juga gak segini amat lah, yang ini terlalu cepet. Bahkan kalau buat orang Jepang asli biasa aja, buat bagian dunia lain ini masih kecepetan, harusnya manajemen bisa tahu dari jumlah view SiMa lah ya, sampe diupload khusus di Taiwan, kalau i-fans juga harus dipertimbangkan.

      Satu-satunya member yang ane bayangkan bakal pisah dari Tecchi di MV ini cuma Yuuka. Jelas kan, adegan terakhir…

      Kelinci kecil siapa? Ue? Nama baru lagi? XD
      Btw tuh diatas udah ada yang klaim Mii XD

      Like

    2. Di akhir, dia kan yang disorot, dan dari adegan Yuuka-Mona, kalau dari teori agan, mereka baru temenan, jadi dari Yuuka-Tecchi ke Yuuka-Mona.

      Oh yang kemaren, cuma bertiga sama Mona+Mii ya itu?

      Ane sih nonton aja lah kalau soal Mii XD

      Like

  7. keyaki belum bisa move on dg Takahiro jd sulit mebuat penilaian yg tidak subyektif dg sang maestro tsb, dari 1st single sampai single terbaru ini kelihatan unsur2 gerakan theaterikal,balet,drama kolosal dipadu dg unsur2 koreo kontemporer.

    sinematografi cukup lumayan fresh walaupun kurang kreatif dalam editing filmnya . Sayang tradisi single Keya tidak diserati dg bonus “behind the scene” atau semacam “testimoni members” sehingga kita bisa tahu apa dan bagaimana sebuah MV itu dibuat.

    conclusion …sperti fans awam bilang MV ini berasa “TECHIHIRO” banget.

    Like

    1. Kalau memang image yang mau dimasukkan Keyaki itu dance+performance, Takahiro masih jadi pilihan terbaik, tahu feel yang bakal ngena ke fandom. Tapi ya tentu ane berharap bakal ada variasi.

      Kalau BTS kan biasanya dilempar ke M-ON!, jadi ya emang telat datangnya, juga rasa ekslusifnya berkurang. Strategi marketing sih ini.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s