Rapunzel

Sama seperti Snow White, Rapunzel juga berasal dari folktale Jerman yang dipublikasikan Brothers Grimm pada 1812.Friedrich Schulz menulis cerita berjudul sama pada 1790, yang mengadaptasi cerita tahun 1698 berjudul Persinette oleh Charlotte-Rose de Caumont de La Force. Lebih jauh, Giambattista Basille menulis plot sama berjudul Petrosinella pada 1634 dan kisah Persia berjudul Rudāba yang ditulis pada abad 10, termasuk dalam kumpulan puisi Shahnameh.

Kisah Rapunzel versi asli terbilang tidak mewah dibandingkan Disney Princess lain seperti Snow White atau Ariel, dia tidak berasal dari keluarga kerajaan. Atau Cinderella dan Belle, yang aslinya berasal dari keluarga terpandang. Plotnya dimulai dari sepasang suami istri yang tinggal bertetangga dengan seorang penyihir bernama Dame Gothel.

Sang istri yang menginginkan tanaman rapunzel (corn salad/Valerianella locusta) yang tumbuh di halaman si penyihir saat ngidam. Suaminya mencuri tanaman itu beberapa kali sebelum ketahuan oleh si penyihir, yang memanfaatkan itu untuk membuat perjanjian mengambil si bayi setelah dia lahir. Setelah lahir, Dame Gothel memberinya nama Rapunzel dan membesarkannya, dimana dia menjadi gadis tercantik di dunia dengan rambut berwarna emasnya. Saat berumur 12 tahun, Dame Gothel mengurung Rapunzel di menara dengan satu ruang dan satu jendela. Jika mengunjunginya, Dame Gothel akan bernyanyi;

“Rapunzel, Rapunzel, let down your hair, so that I may climb thy golden stair.”

Suatu hari, seorang pangeran melintasi hutan tempat menara Rapunzel dan mendengarnya bernyanyi dari jendela menara.  Dia tidak bisa memasuki menara itu dan kembali beberapa kali hanya untuk mendengar nyanyian Rapunzel, dan suatu hari saat Dame Gothel berkunjung, sang pangeran mengetahui bagaimana caranya masuk. Setelah Dame Gothel pergi, pangeran meniru caranya untuk masuk ke menara dan meminta Rapunzel untuk menikah dengannya.

Kemudian mereka berdua merencakan agar Rapunzel bisa kabur dari Dame Gothel. Tapi sebelum rencana itu terwujud, she foolishly gives the prince away. Dalam versi pertama, Rapunzel -which is very innocent- mengatakan padanya bahwa “bajunya terasa sesak di pinggang”. Sementara dalam versi kedua, Rapunzel kelepasan bicara pada Dame Gothel tentang bagaimana dia lebih menyukai pangeran ketimbang dirinya, dalam kemarahan, Dame Gothel memotong rambut Rapunzel dan mengusirnya.

Saat pangeran berkunjung kemudian, bukan Rapunzel yang ditemuinya melainkan Dame Gothel, takut karena tak melihat Rapunzel di manapun. Dalam kemarahannya, Dame Gothel mengatakan bahwa pangeran tidak akan pernah melihat Rapunzel lagi dan mendorongnya jatuh dari menara dan menyebabkan kebutaan bagi pangeran.

Selama berbulan-bulan pangeran desperate mencari Rapunzel, tanpa mengetahui Rapunzel sudah melahirkan anak kembar laki-laki dan perempuan. Suatu hari, pangeran mendengar Rapunzel bernyanyi dan mereka kembali dipersatukan. Dan keajaiban terjadi (lagi), air mata Rapunzel mengembalikan penglihatan pangeran, sebelum mereka kembali ke istana pangeran dan hidup bahagia selamanya.

tangled-teaser-poster-short-29-7-10-kc

Sementara dalam versi Disney, Rapunzel yang menjadi karakter utama di film animasi ke-50, Tangled, menjadi Disney Princess kesepuluh dalam franchise dan menjadi yang pertama dalam bentuk 3 dimensi. Rapunzel adalah Disney Princess pertama dalam 50 tahun yang digambarkan berambut pirang, dan bernasib lain dari versi asli, dimana Rapunzel diceritakan adalah seorang putri dari kerajaan Corona yang diculik oleh Dame Gothel -dalam versi Disney bernama Mother Gothel-

Perbedaan lain adalah Rapunzel versi Disney memiliki kemampuan sihir menyembuhkan dengan rambut panjangnya, dan karakter pangeran diganti dengan sosok pencuri bernama Flynn Rider. Flynn mencuri mahkota yang seharusnya milik Rapunzel dan melarikan diri ke hutan, tempat dimana menara Rapunzel berada. Rapunzel menyita mahkota itu dan hanya akan mengembalikannya jika Flynn bisa membawanya melihat lentera yang dilepaskan kerajaan Corona setiap tahunnya untuk memperingati hilangnya Rapunzel. Rapunzel biasa melihat lentera itu dari menaranya.

Flynn setuju, dan singkatnya, mereka kemudian saling jatuh cinta dan merencakan lari dari Mother Gothel. Mother Gothel yang mengetahui bahwa Flynn mencuri mahkota kerajaan, memerintahkan drama kecil agar Rapunzel berpikir Flynn hanya menginginkan mahkota kembali dan membuatnya Rapunzel kembali padanya, agar Mother Gothel bisa terus melakukan sihir kemudaan abadi. Flynn kemudian dibawa untuk dihukum sementara Rapunzel setelah melihat simbol kerajaan, yang sering dia lukis tanpa sadar di menaranya, menyadari dia adalah putri dari kerajaan Corona.

Mother Gothel lalu membawa Rapunzel kembali ke menara dan merantainya disana agar mereka tak pernah ditemukan oleh orang lain. Sementara itu sebelum dihukum, Flynn melarikan diri dan pergi ke menara untuk Rapunzel, hanya untuk mendapati dirinya ditusuk oleh Mother Gothel. Rapunzel memohon agar bisa menyembuhkan Flynn dan sebagai gantinya dia disekap untuk selamanya. Flynn, punya ide lebih baik, memotong rambut Rapunzel yang juga sumber dari sihir kemudaan abadi Mother Gothel dan sihir menyembuhkan Rapunzel.

Setelah rambut Rapunzel dipotong, Mother Gothel langsung tewas, dan Flynn mati akibat luka tusukan Mother Gothel. Sama seperti Beauty and the Beast, air mata sang putri selalu memiliki kemampuan sihirnya, air mata Rapunzel menghidupkan kembali Flynn. Kemudian mereka kembali ke kerajaan, Rapunzel menjadi putri kerajaan Corona, dan Flynn, kini dikenal dengan nama aslinya, Eugene Fitzherbert, menikah dan menjadi pasangan kerajaan.

rapunzel_tower

Tangled menghabiskan 6 tahun dalam produksi dan $260 M dalam pembuatan, menjadikannya film animasi termahal dalam sejarah. Berbanding lurus dengan pendapatan sebesar $591 M di seluruh dunia, dan mendapat nominasi di 83rd Academy Awards. Pergantian judul dari Rapunzel menjadi Tangled adalah karena di film sebelumnya, The Princess and The Frog -yang menampilkan Tiana- penggunaan kata “Princess” dinilai hanya menyasar pasar tertentu. Kritik ditujukan karena Disney dinilai merubah judul klasik demi mengejar penonton.

Baik dalam versi Disney maupun versi original, kisah Rapunzel adalah kisah tentang arti sebuah pertumbuhan dan masa pemberontakan seseorang. Rapunzel di kedua versi adalah gadis remaja yang menolak peraturan karena keingintahuannya. Bisa disimpulkan pesan utama dari Rapunzel adalah jangan takut mengembangkan diri.

Desainer karakter Disney untuk Rapunzel mengatakan bahwa menurut sebuah penelitian, strangeness menjadi salah satu kunci kecantikan seseorang. Karena itu Rapunzel didesain secara asimetris. Hal ini membuat Rapunzel menjadi salah satu pakem desain karakter putri di dunia Disney saat ini. Dari segi kepribadian, Rapunzel digambarkan memiliki karakter pintar, berpendidikan, dan fun meski dikurung selama 18 tahun dalam menaranya.

Menurut New York Times, Rapunzel menandai awal era baru Disney Princess dengan kepribadiannya. Pengisi suara Rapunzel dalam Tangled, Mandy Moore mengatakan perbedaan utama Rapunzel dari yang lain adalah dia “karakter yang bisa mengurus dirinya sendiri”. Jadi bisa dikatakan Rapunzel setipe dengan Mulan atau Pocahontas, hanya dalam versi yang sedikit berbeda.

Tiga member Sakamichi Series yang paling pantas memerankan Rapunzel adalah Matsumura Sayuri, Uemura Rina dan Koike Minami. Satu alasan utama adalah rambut, Rapunzel memiliki rambut pirang panjang -70 feet, sama dengan 21 meter– yang menjadi ciri khas utamanya. Jadi syarat utama member yang paling cocok adalah mereka yang punya ciri khas dengan rambutnya, dan merubah hairstyle menjadi pendek out of race.

I’ll say, Sayuringo memiliki salah satu rambut terindah di Nogi, otomatis masuk. Ditambah karakteristik lain seperti kisah Rapunzel yang berlatar belakang pemberontakan, ehm, certain case adalah epitomi untuk ini. Untuk karakter bisa mengurus diri sendiri, mungkin karena dia selalu memainkan peran ringo-hime maka kita kurang bisa mengapresiasinya. Tapi tetap Sayuringo adalah class of ’92, jadi menurutku dia cukup dewasa. Dan kejadian yang kusinggung sebelumnya juga bisa menjadi katalis.

Ue -oh ditunggu battle- sudah mencirikan dirinya dengan hairstyle Okiku itu sejak awal, dan aku merasa dia tak akan merubahnya menjadi pendek seperti Miona. Bagiku, rambut panjang adalah ciri khas yang tak akan lepas dari Ue -and be honest, I just can’t imagine short haired Ue- sementara untuk karakter kuat dan dependable seperti Rapunzel, memang sedikit kurang dia di sisi ini.

Mii kurang lebih sama seperti Ue, terkesan kurang self-reliable dan tak seramai Rapunzel versi Disney. Okay, to be honest, she was one of my last choice. Tapi entah kenapa aku mendapat feel yang sesuai untuk Rapunzel dari Mii. Apa hanya aku yang berpikiran begini? Atau ada member lain yang lebih cocok?

tangled-movie-tangled-20535860-1876-1080
Adegan final Tangled. Nah, siapa yang akan menjadi Flynn Rider?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

27 Comments

  1. Kesimpulannya Rapunzel Adalah Gadis Remaja Berambut Panjang Yang Menolak Peraturan Karena Keingintahuannya, Memiliki Karakter Pintar, Berpendidikan, Dan Fun. Serta Karakter Yang Bisa Mengurus Dirinya Sendiri. :/

    Entah Kenapa Nama Reika Langsung Terlintas Di Benak Ane 😀

    Like

    1. Singkatnya gitu, dan satu lagi, naif plus polos yang gak ketulungan. Bisa2nya jatuh cinta sama seseorang yang gak dikenal sama sekali. Ini juga salah satu faktor tambahan kenapa Sayuringo masuk. Gak enak sih, tapi emang bener kan.

      Capt udah ane eliminasi, masuk ke karakter Disney Princess lain. Lagian, kalau soal pintar, “my head is like popcorn” 😀

      Like

    2. Gak Tau Nih Entah Kenapa Doi Yang Terlintas Di Benak Ane Haha 😀

      Tapi Setelah Ane Pikir2 Kembali Ane Revisi Pernyataan Ane Diatas Dan Menggantinya Dengan Kanarin.
      Rambut Panjang, Pinter, Punya Jiwa Pemberontak (Terutama Kalo Berhubungan Sama Ayahnya 😀 ) Dan Bisa Mengurus Diri 🙂

      Like

    3. Kalau gitu sama Reika aja sono, kalau kepikiran terus XD

      Kanarin? Hmmm bisa jadi…. ane gak terlalu liat karakter Rapunzel di dia sih…

      Like

    4. Reika Cuma Ada Di Pikiran Tapi Ashu Selalu Ada Di Hati 🙂
      Kalo Dilihat Secara Fisik, Kayaknya Reika Cocok Sama Pocahontas 😀

      Kalo Kata Ane Sih Kanarin Cocok Jadi Rapunzel Apalagi Rambutnya Kan Sama2 Gk Hitam Haha 😀

      Like

    5. Serigala, serigala, mana bisa dipercaya 😀
      Untung ane kasih mantra perlindungan 46x di sekeliling adek2 ane 😀

      Ane off topic buat siapa bakal jadi Disney Princess yang mana 🙂

      Gak perlu hitam, yang penting panjang. 😀

      Like

  2. Sebelum buka pagenya n cuma liat judulnya “Rapunzel” yg identik dgn rambut panjang ane dah yakin MY LOVE UE pasti masuk, bener ternyata XD

    “Rapunzel adalah kisah tentang arti sebuah pertumbuhan dan masa pemberontakan seseorang” klo gk salah di Kakenai ada member yg curhat klo dia lagi dalam masa pemberontakan dn gk mau bicara sam ayahnya, miichan klo gk salah, berarti bener Miichan msuk kategori ini.. XD

    Like

    1. Biar jelas, soalnya ada kalimat yg memancing dipostingnnya sih.. XD

      Waduh klo episode brp ane juga lupa, inipun ane ragu apa Miichan atau bukanya, tpi kkynya emang Miichan…

      Like

    2. Bukan, itu mah gk ngaruh, tuh ada tulisan kyk gini “Ue -oh ditunggu battle-“..

      Jari ane kriting, cacing3 pert ane pada demo *sampe anenulis komen ini ane belum ada makan… T.T

      Like

    3. Udahan ah komen di postingan ini, gk mau nambah kerjaan mimin yg lagi sibuk nyelesain review 3 c/w futari.. XD

      Like

    4. tadi amu jaid first komen di psotingan abru eh kawand atang pula ngajak keluar, ini baru pulang (FYI aja XD )

      Like

    5. “Di keluarga kecil kamda larangan untuk bersosiisasi, apalgi ini hal yg jelas, keluar bareng kawan, lagian bini2 ane dah ane boboin dulu kok” ujar bapak kos sebelah XD

      Like

    6. Edisi revisi:
      “Di keluarga kecil kami gk da larangan untuk bersosialisasi, apalgi ini hal yg jelas, keluar bareng kawan, lagian bini2 ane dah ane boboin dulu kok” ujar bapak kos sebelah” XD

      Like

  3. Hmm…menarik banget artikelnya. Ane suka. Kalo soal antara Ringo, Ue dan Mii, ane rasa belum ada yg pas menurut ane. Ini referensi ane dari liat Tangled. Cerita atau film lain soal Rapunzel belum pernah liat ane.
    – Ringo, rambutnya bagus, salah satu member Nogi paling pinter dan kalo soal pemberontak dengan berdasarkan kasus dia, ane agak ga setuju. Saat itu ane ga bisa bilang dia memberontak, tapi labil. Sama pas kayak di dokumenter Nogi, pas dia nangis di guru2 curtain.
    – Ue, rambut salah satu yg terindah dan paling panjang. Pinter? Ga terlalu. Pembrontak? Terlalu pasif dia. Mungkin ramah itu yg lumayan pas. Dan suara sengau seksinya itu, bikin ane pengen terkam! XD
    – Mii, bingung ane. Tapi, sisi pemberontaknya ada sebenernya.
    Sekali lagi, gabung jadi satu baru pas, ya min? XD

    Like

    1. Paket 3 in 1 lagi dah, ini juga ane gak tahu kenapa kok up duluan, padahal ane garap yang lain dulu.

      Gak ada member lain yang masuk kriteria Rapunzel kah?

      Like

    2. Miona! Rapunzel di Tangled kan dulu panjang trus dipotong pendek. Sama kasusnya kayak Miona. Ini juga kayak bentuk pemberontakannya pada mnjmn (Dame Gothel) setelah posisinya di senbatsu semakin turun.

      Like

    3. Kan ane udah bilang “syarat utama member yang paling cocok adalah mereka yang punya ciri khas dengan rambutnya, dan merubah hairstyle menjadi pendek out of race.”

      Kalau dilihat dari Tangled, Miona emang masuk banget karakteristiknya. Tapi ane juga masukin nilai cerita asli dalam porsi yang semestinya. Dan ciri khas Rapunzel ya rambut panjangnya. Lagian, Miona lebih oke pake hairstyle pendek.

      Like

  4. Karaktet disney yang bikin ane jatuh cinta…wwkwkkwj dan sempet.dikatakan ane kagak normal ma temen ane…
    Tp emang susah sih karakter yg mirip rapunzel kl pendapat ane kagak ada yg mirip min…
    Hahahaha

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s