Viva Rosberg

Yas Marina Circuit, Abu Dhabi, menjadi saksi bisu lahirnya juara dunia baru F1 dalam 6 tahun terakhir. Nico Rosberg menjadi juara dunia setelah 10 tahun berkarir di F1, sementara rekan seangkatannya seperti Alonso dan Raikkonen yang mana satu dekade lalu adalah sesama Baby Drivers sudah mengecap trofi juara. Juniornya seperti Hamilton dan Vettel malah sudah 7 kali juara dunia jika jumlah titel mereka dijumlahkan.

Sebelum membahas lebih jauh, aku akan sedikit bercerita tentang Rosberg sejauh yang kuingat. Memulai karir di 2006, Rosberg mendapat perhatian sebagai putra juara dunia F1 1982 asal Finlandia, Keke Rosberg. Berbeda dengan ayahnya, Nico memilih berkewarganegaraan Jerman karena ibunya adalah orang Jerman. Seperti yang kubilang di atas, dia memulai karir di saat Schumi meredup dan Alonso meroket bersama Kimi, tak heran karena mereka bernaung di Renault dan McLaren, manufaktur terkuat selain Ferrari di pertengahan 2000.

Pressure is always a part of a racing driver’s life, but my father helped me a lot on my way to becoming a F1 driver.
Nico Rosberg

Aku sendiri bukan fans besar dari Rosberg, karena idolaku di F1 adalah Seb -a long time fans- aku sudah mengenalnya sejak Seb memenangi GP Monza 2008. Hanya saja Rosberg punya etos kerja yang patut diapresiasi. Memulai karir di Williams, Rosberg mencuri perhatian di 2008 dengan naik podium dua kali di GP Bahrain dan Singapura dengan Williams, salah satu manufaktur paling lambat saat itu.

Karir Rosberg hanya ada dibawah bayang-bayang Alonso, Raikkonen, Hamilton, Button, Vettel, dan Hamilton lagi selama 10 tahun ini. Alonso merebut mahkota di 2005 dan 2006, The Iceman di 2007 -salah satu musim paling kontroversial-, Hamilton di 2008, Button di 2009, Seb sepanjang 2010-2013, lalu Hamilton yang menjadi rekan satu timnya di Mercedes selama musim 2013-2015.

Itu belum merujuk driver lain seperti penampilan hebat Massa di 2008, kejutan Brawn GP di 2009, musim debutnya di Mercedes GP dibarengi comeback-nya Schumi, dan munculnya nama baru yang menjanjikan seperti Ricciardo dan Verstappen. Meski begitu, sejak lama Rosberg dikenal sebagai salah satu driver paling komplit di dunia F1. Hal ini tercermin dari pengalamannya bersaing meski dengan hanya mobil sekelas Williams atau Mercedes di awal 2010 sampai mengalahkan Schumi di klasemen akhir musim 2011.

teams_2406785k
2012

Di 2012, salah satu musim paling seru dengan 7 pembalap memenangi 7 race pembuka; Button di Australia, Alonso di Malaysia, Rosberg di China, Seb di Bahrain, Maldonado di Spanyol, Webber di Monaco, dan Hamilton di Kanada. Rosberg meraih pole sekaligus kemenangan pertama, hanya untuk melihat Mercedes hancur lebur sampai akhir musim dan hanya duduk di urutan 9 klasemen akhir.

paphoto4_479014
2013

2013 dan 2014 menjadi awal mula meroketnya Rosberg yang sekarang. Mendapat rekan juara dunia 2008 di musim 2013 setelah Schumi memutuskan pensiun untuk kedua kali meneruskan kesan bahwa Rosberg adalah pembalap spesialis rekan juara dunia, -ingat Dani Pedrosa- dan di tahun 2013, adalah tahun dimana Seb paling berjaya bersama Red Bull.

Memang tak banyak yang bisa dilakukan Rosberg di 2013, paket lengkap Red Bull dengan RB-9 serta Seb yang memenangi 13 dari 19 race, 2013 adalah puncak dari 4 tahun kejayaan Red Bull. Meski begitu, bersama Alonso yang memenangi GP China dan Spanyol dan Raikkonen di GP Australia sementara Hamilton di GP Hungaria dan Rosberg dua kali juara di GP Inggris dan Monaco, menjadi salah satu pengganggu musim sempurna Seb. Rosberg duduk di posisi 6 klasemen akhir 2013.

MELBOURNE (AUSTRALIA) 16/03/2014 © FOTO STUDIO COLOMBO X FERRARI
2014

Di 2014, kehancuran dinasti Red Bull setelah 4 tahun dimanfaatkan Mercedes Petronas GP untuk merebut gelar juara dunia dan konstruktor pertamanya. Faktor mesin baru 1.6 liter V6 menjadi tokoh utama perubahan peta kekuatan F1 dan awal mula dominasi Mercedes GP dan F1 W05 Hybrid menggantikan Red Bull RB9 sebagai mobil terkuat dengan memenangkan 16 dari 19 race di 2014. Persaingan terbuka antara Rosberg dan Hamilton terasa dengan Rosberg memenangkan 5 race dan Hamilton 11 race.

Dengan catatan 5 menang, 15 podium, dan 11 pole positions, Rosberg menjadi runner-up 2014. Hanya berselisih 17 poin dengan Hamilton di race terakhir Abu Dhabi, Rosberg malah finish di posisi 14, membuat Hamilton menjadi juara dunia untuk kedua kali dengan selisih akhir 67 poin. FYI, GP Abu Dhabi 2014 menggunakan sistem double points -satu-satunya hingga saat ini-, dengan kata lain pemenang mendapat 50 poin, runner-up 36 poin, dst. Peluang Rosberg untuk menjadi juara 2014 terbuka sangat lebar tapi kegagalan sistem elektronik dan ERS membuatnya harus puas kalah dari Hamilton.

Australian F1 Grand Prix
2015

Persaingan di internal Mercedes masih terjadi di 2015. Dengan konstruktor lain seperti Ferrari dan Red Bull masih kesusahan mengejar Mercedes serta McLaren-Honda yang terjerembab di papan bawah. Perubahan drivers juga terjadi, Seb pindah ke Ferrari bergabung bersama The Iceman membentuk dream team world champion di pihak Italia dan McLaren-Honda yang juga membawa kombi juara dunia di Alonso dan Button.

Mercedes memenangkan 16 dari 19 race, sama seperti 2014 dengan rincian Hamilton 10 dan 6. Seb memenangkan 3 race di Malaysia, Hungaria, dan Singapura, menggantikan Ricciardo yang di 2014 menjadi satu-satunya pembalap non-Mercedes yang memenangkan race. Sayangnya, sepanjang musim Rosberg tak bisa memberikan tekanan seintens musim sebelumnya pada Hamilton, yang berhasil menjadi juara dunia untuk ketiga kalinya dengan keunggulan 59 poin atas Rosberg.

Motor Racing - Formula One World Championship - Australian Grand Prix - Race Day - Melbourne, Australia
2016

Tahun ini, Rosberg mencapai titik kulminasi dalam karirnya. Steady sejak musim dimulai dan problem yang dialami rival-rival termasuk Hamilton (DNF di GP Spanyol dan Malaysia) memuluskan langkah bagi Jerman untuk sekali lagi menempatkan wakilnya di puncak podium F1. Memenangkan 9 race (Australia, Bahrain, China, Rusia, Azerbaijan, Belgia, Italia, Singapura, dan Jepang) menjadi tahun terbaik Rosberg dalam 1 dekade terakhir.

Baru saja, pada balapan 55 lap di Yas Marina yang selesai pada pukul 21.50 WIB Nico menasbihkan diri menjadi juara dunia F1 ke-33, 24 tahun dari ayahnya dan juara dunia baru pertama dalam 6 tahun terakhir. Rosberg hanya finish kedua, tapi itu lebih dari cukup untuk menjadi juara dunia dengan selisih akhir 5 poin dari Hamilton. Race di Yas Marina berlangsung sengit di 10 lap terakhir dengan 4 pembalap di posisi teratas.

That was not the most enjoyable race I’ve had! I’m glad it’s over and am absolutely ecstatic. The win was for my wife

Nico Rosberg, F1 World Champion 2016, Abu Dhabi 2016

Rosberg berhasil menggenapi karirnya dengan menjadi juara dunia, achievement yang tidak bisa diraih Barichello, Massa, atau Webber. Kini Rosberg tidak lagi ada di list yang sama dengan Sir Stirling Moss dan David Coulthard, juga tiga driver diatas, karena Rosberg masuk Hall of Fame F1. Ich gratuliere, Nico!

All images used is credited to it’s respective owners.

Advertisements

74 Comments

  1. Gak ngikutin F1, yg ane denger dari pembahsan komentator lokal, ayahnya pembalap juga n pernah juara dunia ya? Congrats deh…

    Like

    1. Lah? Gk tau? Kan Globl & iNew nayangin race F1… cuma ya itu, gk kyk Motogp yg pake komentator internasional, klo F1 pake komntator lokal…

      Like

    2. Ane udah detoksifikasi dari yang namanya TV lokal, jadinya streaming kalau urusan beginian. Lagian, komentator lokal gak seenak komentator impor, gak ngasih info seenak yang dari luar.

      Dan F1 emang gak semenarik MotoGP dari segi action, tapi lebih keren dari teknik & strategi. Mad Max yang di awal race tadi sempat stall di belakang, akhirnya finish keempat. Coba MotoGP, udah untung masih bisa lanjut 😀

      Like

    3. Busyet, streaming? lumayan sering kasih info komentator lokal, rata2 wartawan sports gitu jadi banyak taunya..

      Loh lupa ya sama momen rossi tahun lalu, start dari belakng dan akhirnya finish dgn posisi memuaskan kan? walau gk jadi juara XD

      Like

    4. Yaa ane gak tau, kirain udah gak minat lagi sama F1, gak pernah liat TV sih. lagian lebih suka streaming *terus liat kuota, nangis XD

      Itu kan start belakang, gak pake jatuh kan. Di race kemarin ada yang kepeleset di awal finish posisi 4, ada yang enak di sepuluh besar, engine failure, F1 lebih gak bisa ditebak.

      Like

    5. Sama min, ane juga ga pernah lagi nonton tv lokal, cuma kemaren pas euro. Kalo F1 ane juga udah grad, sejak Red Bull terlalu mendominasi.

      Like

    6. Ini karena Gl*bal msih menyajikan spongebob dipagi2 buta, jadi ane tau klo mreka juga nayangin F1 XD

      Lah itusi itu (lupa ane namanya) yg jd juara stlah smpet keluar arena blap.. ya meski ada faktor keberuntungan gar2 cuaca hujan.. lupa ane sapa namanya..

      Ane klo nonton F1 paling cuma suka liat pas mobilnya amsuk fit aja, ngeliat pasukan berhelm ganti roda dsb XD *gk tau istilah2 dalam F1

      Like

    7. @Mas, udah 3 tahun loh sejak Red Bull terakhir jadi dominator, wah sekelas sama @brokoli nih 😀

      @conan, udah tua nontonnya spongebob, kerenan dikit lah, adit&sopo jarwo gitu XD

      Siapa? ini ngomongin MotoGP atau F1?

      Pit Stop ya? Ya gimana gak seru, ganti ban, isi bahan bakar, ngelap kaca, cuma sedetik 😀

      Like

    8. Ya ketimbang nonton sintron tk jelas, berita yg gk berimbang, lebih mengarah ke kepentingan sang pemilik statiusn tv yg org partai jadi mending nonton spongbob dgn sgl imajinasinya.. XD

      Nah itu, pit stop.. itu aja yg ane suka, apalgi klo ada accident XD

      Like

    9. Asal jangan imajinasi mengarah liar kaya seseorang XD

      Accident? gile lu ndro! XD
      Udah cukuplah Jules Blanchi jadi pembalap terakhir yang tewas di arena F1…

      Like

    10. Ya tergantung bahan n mood sih klo soal imajinasi.. XD

      maksudnya accident pas pit stopnya, misalnya gra2 kesalahan crewnya jadi agak lama, atau kyknya ane pernah ngeliat kejadian pas pit stop yg tiba2 ada kobaran api, trus pada sibuk crewnya madamin api… bukan accident di arena balapnya..

      Like

    11. Wah wah wah, bahaya juga ini, Diam-Diam Serigala juga XD

      Kalau pit emang diminimalisir banget, jadi jarang sampe kejadian fatal. Paling parah pernah ada pit crew yang kecantol di mobil terus keseret.

      Like

    12. Gk seberbahaya srigala yg sesungguhnya… XD

      Aih, keseret jauh? nah yg kyk gitu2 maksud ane, seru buat penonton *sengsara buat yg ngerasaian.. XD

      Like

    13. Bisa dikatakan lebih berbahaya, diam2 menghanyutkan soalnya XD

      Ya coba rasain diserempet motor aja gimana, ini keseret mobil yang gear 1-nya aja bisa 100 km/h XD

      Like

    14. Enggaklah, emangnya ane yg kuning2, hanyut.. XD

      Tpi emg pernah ada kejadian kan kebakaran pas di pit stop, atau cuma imajinasi ane aja?

      Like

    15. Perasaan apa ya? Saya gk paham maksud anda… T.T

      Masak? kyknya waktu ane liat cuplikan itu mobilnya sdah keren2 dan warnanya gk hitam-putih…

      Like

    16. Oh ya bukan situ ya, tapi bapak kos sebelah itu XD

      Ya ente inget2 lagi, tahun 90’an udah ada TV berwarna apa belum? XD
      Baper mulu sih *eh

      Like

    17. Iya, klo ane mah cowok tegar, kyk gk ada member laen aja sampe galau2 an segala klo ada member yg grad, hilang satu tumbuh seribu..
      .
      .
      .
      .
      ..
      .
      *Nangis di pojokan..

      Tahun 90-an ya? belum 20tahunan lah, suka melebih2kan nih, kyk Akanen aja, battle variety aj angisnya sampe segitunya.. hasilnya apa setelah nangis, yg ada menyenangkan buat srigala XD

      Like

    18. Serigala “”mati satu tumbuh seribu”…
      …tapi mellow “nangis di pojokan” XD
      ……
      Tapi kok situ yang nangis? Kan punya bapak kos sebelah itu XD

      Ya udah dong, hitungannya gimana sih? Apa karena udah terlalu “itu” jadi hitungan puluhan tahun udah gak bisa? XD

      Like

    19. Ane bukan srigala loh, dh brp x ane katakan hal ini… XD

      ya kan ane punya hati yg lembut, liat org laen sedih ane juga ikut sedih.. XD

      Ya bilang aja tahun 90-an, gk usah bilang 20 tahun lalu, umur ane aja amsih 17 tahunan, mana tau ane momen 20 tahun lalu.. XD

      Like

    20. Katakan terus, karena ane selalu lihat seribu satu karakteristik serigala XD

      Kalau ane bilang “kirimin kuota dong” bakal bahagia kan? Kan itu permintaan yang membahagiakan orang lain XD

      Lah itu tahu pernah ada cerita kebakaran di pit, ngeles aja XD

      Like

    21. Ya terserah, tpi klo ane dipancing terus dgn dikatakan sbg srigala, ntar ane ikuti permainannya loh, dan ketika ane terpancing, ane bakal jadi ikan buas yg bisa memtuskan tali pancing.. waspadalah! waspaalah!!!! XD

      Kan ane bilang “liat org laen sedih” bukan jadi sosok penyelesai kesedihan org laen.. itu 2 hal yg berbeda loh.. XD

      Kyknya ane bilangnya “cuplikan” bukan liat live race, klo cuplikan bisa kapan aja diputer… sebenarnya yg lagi galau gra2 ditinggal oshi grad sapa sih? sampe gk fokus gitu.. XD

      Like

    22. Ada switch sendiri ya buat jadi serigala XD

      Cuma ikut merasakan tapi gak membantu meredakan apa gunanya XD

      Ane galau karena adek ane diaku2 banyak serigala XD

      Like

    23. Ya terserah gimana mandangnya, tpi yg jelas ane dah kasih peringatan loh ya.. XD

      Yg minta tolong butuh dikirim kuota, lah itu yg jadi salah satu permasalhn hidup ane, gimana ane mau nolong… XD

      Cup cup cup, kasihan.. XD
      Kan ane dah kish wejangn dulu, suruh Aka berhenti melakukan “memancing”, gk dituruti sih, gini kan jadinya… XD

      Like

    24. XD

      Bikin dompet kuota bersama aja pak XD

      Kalau Aka emang resiko, dan ane udah kasih mantra kuat di sekeliling dia buat perlindungan. Yang Ashurin nih sekarang jadi komoditas panas diantara serigala XD

      Like

    25. Boleh juga tuh usulnya… buat proposalnya lah.. XD

      Oh lebih mengkhawatirkan Ashurin toh.. yah suruh aja Ashurin tampil “kucel” kyk waktu pertama kali debut bareng Nogi.. XD

      Like

    26. Bikin terus diserahin ke siapa? Panitia 17 Agustusan? XD

      Kucel? Kucel? Wah belum pernah ngerasain digorok beraninya ngatain adek ane XD

      Like

    27. Terserah asal jgn dikasih bapak kos sebelah, bakal nihil hasilnya.. XD

      HAhah, gk ngata2in kok, kucl disini bukan berarti menghina.. maksudnya masih polos gitu, dah maen angkat golok aja nih…

      Like

    28. Rosberg pensiun, ya?
      Wah ini ngomongin serigala, Aka dan Ashurin, ya? Ikutan! 🙂
      Serigala itu adalah manifestasi dari rasa sayang terhadap grup dan member didalamnya. Jadi tidak perlu malu, bahkan harus bangga jadi serigala. 😀
      Aka memang menarik, tapi ya itu, ane masih belum mengerti perasaan ane ke dia ini sayang atau apa. Masih butuh kepastian. Malahan ane sekarang sedang kasmaran sama salah satu member Keya. 😀
      Kalo Ashurin, ane cuma demen kakinya dan poni lemparnya. 😀

      Like

    29. Ane gak nanggepin soal Aka dan Ashurin, karena ane tahu selera mereka bukan serigala, tapi Djokovic dan Anakin. XD

      But yes, Nico is retired. Wotta man, mundur saat ada di puncak, bener2 keren.

      @conan, januari ada apa ya? XD

      Like

    30. Januari Ashu rilis PB = Iku bakal ngejalani upacara kedewasaan.. itu sih yg ane tau yg bkal terjadi di januari tahun depan.. XD

      Like

    31. Ane paham maksud agan, Hori juga, cuma yg mau ane tegasin klo jadwal Iku buat januari 2017 itu cuma upcara kedewasaan, gk ada yg laen, akhir2 ini sering beredar isu klo Iku bakal padat jadwalnya di januari, ntah isu dari mana itu.. XD

      Like

    32. Ntra ane tulis my love Miona agan iri pula, trus mau muntah, ah serba salah…

      Itu, isu dari anak2 kos2an kosan sebelah, katanya Januari ini Iku sibuk, pahal cuma ada upacara kedewasaan doang.. XD

      Liked by 1 person

    33. Oh udah kebel ya? Ok laen akli ane gk segan2 tulis nama bini2 ane dengan nama panggilan mreka sehari2 dirumah kecil nan bahagia kami.. XD

      Burungnya Ashurin kali.. dia kan burung.. XD

      Like

    34. @mac
      Sapa tuh min? Ga kenal. 😀 Tapi, ga ngaruh juga sih, buat sayang ane ke Aka. Tapi ane masih ragu, nih. Di Keya udah ada 3, apa harus nambah Aka lagi biar jadi 4? Afdolnya kan 4. Masih menunggu kepastian perasaan ane. 😀

      Like

    35. Sayang, Aka udah ane lindungi dengan mantra2 perlindungan yang bahkan gak bisa ditembus Unforgivable Curse dari Harry Potter, apalagi sekedar serigala 😀

      Like

  2. Semenjak Michael Schumacher Pensiun Ane Gk Pernah Nonton F1. Paling Cuma Liat Highlightnya Di Berita Olahraga. 😀

    Jadi Kalo Ngebahas Pembalap F1 ? Ane Taunya Ya Pembalap2 Lawas Macam Montoya, Button, Alonso, Raikkonen, Barichello Sama Schumacher Bersaudara 😀

    Like

    1. Wah TTS, Tua-Tua Serigala. Kelasnya Schumi, JPM wak. 😀
      Race kemarin juga race terakhir Button malah 😀

      Fix ini masuk Aliansi Orang Tua 😀

      Like

    2. Ow ow ow, dari tim2 yang disebutin udah jelas banget angkatan berapa. XD

      Dan soal siapa dominator F1 sekarang ini, udah ane tulis di atas kok.

      Like

    3. Ane Dulu Masih Kecil Gan Tapi Keluarga Ane Sering Nonton Jadi Ane Ikutan Nonton 🙂
      Ane Lupa2 Ingat Ada Tim Jaguar Apa Nggak? Tapi Seinget Ane Saat Itu Hadiah Undiannya BNI Itu Dapat Jaguar. 😀

      Like

    4. Itu List Agan Yang Buat Yak? Atau Orang Suruhan Agan? 😀
      Kok Gk Ada Ookami Ni Kuchibue Wo?

      OOT Dikit
      Ane Barusan Nonton NTV Best Artist 2016 Dan Nogi Perform Pake Kostum Yang Beda Lagi. Total Sudah Ada 5 Kostum Untuk Perform SayoImi (Kostum Mste, Kostum Halloween TBS, Kostum Halloween Nitere, Kostum Yg Di MV Sama Kostum Yg Dipake Barusan) cmiiw Tapi Under Malah Gk Dapet Kostum Khusus Buat Perform Buranko :/

      Like

    5. Kalau orang barat yang non-fans tau Ookami ni Kuchibue Wo, Nogi udah sekelas Michael Jackson sekarang 😀

      Ane belum nonton, dan biasanya cuma download yang first performance aja sih, selanjutnya enggak jadi gak tahu kostum yang mana ini.
      Under dapat kostum khusus? Buat perform? Apa kita bicara satu manajemen yang sama? 😀

      Like

    6. Iyalah itu lagu kebangsaan para serigala 😀

      Itu yang foto pertama, Naachan sama siapa tuh?

      Kalau gak pelit bukan LLC namanya 😀

      Btw hari ini Futari Saison rilis kok gak ada rame2 ya?

      Like

    7. Dan Center Lagu Tersebut Adalah Adalah Adek Ane 😀

      Sama Tanaka Miku Alias Mikurin Membernya HKT Gan. Doi Ngefans Sama Nogi. 😀

      Lebih Condong Ke Pilih Kasih Sih :/

      Promonya Keya Emang Gk Segencar Nogi Gan. 🙂

      Like

    8. HUH? Mau digorok apa di-dor? Pilih dah.

      Pernah muncul di Nogizaka46 SHOW itu bukan sih?

      Review lagunya jadi rada males juga kalau gak ada hype 😀

      Like

    9. Ditumis Asem Manis Aja Gan Soalnya Ashu Lagi Ngidam Yang Asem2 😀

      Mikurin Belum Pernah Gan, Seinget Ane Member 48 Yang Pernah Muncul Di NogiShow Itu Iwatate Saho, Omori Miyu Sama Shibata Aya Cmiiw

      Lagunya Udah Keluar Semua Kah?

      Like

    10. Kalau agan tau Ashurin suka muntah, itu karena banyak yang ngaku2 jadi suaminya, dia jadi gak enak badan. Makanya ane sekarang sibuk ngerawat adek tercinta 😀

      Ane taunya cuma Shibata Aya, karena ane masih sedikit main di fandom 48G waktu itu.

      Udah, mungkin nanti malam rilis review.

      Like

    11. Iya Doi Sering Curhat Ke Ane Kalo Akhir2 Ini Banyak Yang Ngejar2 Doi. Ya Ane Bilang Aja Itu Tandanya Kamu Makin Populer. Eh Ane Langsung Dikasih Kecupan Mesra Dibibir Sama Ashu. 😀

      Saho Sama Miyupon Itu Dua Dari Banyak Member Berbakat Di 48G Yang Kurang Push. 😦

      Like

    12. Delusi semakin liar saudara! Untung ane tahu itu cuma delusi agan, karena Ashurin sekarang lagi nyantai sama ane 😀

      Kalau itu sih ane gak kaget dah. Kebanyakan member sama dijajah kennin sih.

      Like

  3. Setelah Baca Comment Agan Ane Langsung Muter2 Rumah Nyariin Ashu
    Ane : Ashu, Where Are You?
    Ashu : https://goo.gl/uENeXz
    Hati Ini Lega Rasanya 😀

    Member Kennin Saat Ini Ibaratkan Secercah Cahaya Dan Member Ori Minim Push Ini Ibarat Bayangan.
    Kalo Ada Sang Cahaya Semakin Terang Maka Bayangan Akan Semakin Gelap. Tapi Kalo Kekurangan Cahaya, Satu Grup Malah Jadi Gelap :/

    Like

    1. Ngapain Bawa Golok Gan? Lagi Motong Kayu Bakar Kah? 😀

      Meskipun Lagi Gelap Tapi Lagu2 AKB Makin Laris Dinyanyiin Di Tempat Karaoke Gan. Peringkat AKB Di Joysound Annual Karaoke Song Tahun Ini Ada Di Peringkat 4, Naik 7 Peringkat Dari Tahun Lalu. Lagu AKB Yang Paling Laris Dinyanyiin Di Tempat Karaoke Adalah 365-Nichi no kami hikōki Yang Sukses Menduduki Peringkat 7 Sebagai Lagu Paling Sering Dinyanyiin Di Tempat Karaoke.

      Sedangkan Grup2 Sakamichi Beserta Lagu2nya Belum Ada Yang Sukses Tembus 30 Besar. :/

      Source: https://goo.gl/sdIwN7

      Like

    2. Bawaannya pengen motong leher yang coba2 deketin Ashurin 😀

      Ane gak kaget karena rata2 lagu AKB lebih easy listening, dan 365 emang lagu bagus, tapi gak cukup menyelamatkan grup secara keseluruhan. Mana itu lagu coupling kan ya?

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s