Sakamichi Review : Futari Saison

3rd single Keyakizaka46, Futari Saison, dirilis pada 30 November, menandai single terakhir Sakamichi Series tahun ini dan juga masuk timeline fall single. Single ketiga ini membawa suasana baru dari Sekai ni, juga untuk Sakamichi Series secara keseluruhan dengan susunan senbatsu yang benar-benar baru yaitu 21-nin dengan format 7-7-7. Dari sini kita bisa mendapat kesan seolah ini single yang extraordinary, tapi benarkah begitu?

Covers Coverage

Type A, seperti biasa, masih menjadi privelege Tecchi. Teknik pencahayaan yang bagus, dan rambut Tecchi semakin panjang dalam 3 kali kesempatan cover. Yang membedakan antara Type B kali dengan sebelumnya adalah Tecchi juga ikut disini, biasanya hanya diisi oleh member front row lain, jadi Tecchi mendapat double features kali ini. Center’s privelege.

Type C adalah yang membawa khas Keyaki paling kental, seperti yang kita lihat di SiMa. Sementara di Regular, akan bagus jika saja backgroud-nya adalah lorong, bukan tembok. Konsep cover kali ini bervariasi, Type A masih tetap, Type B member seperti berlatih balet, Type C mirip SiMa, dan Regular seperti cover Type B Sekai ni wa Ai Shikanai.

Sama seperti Sekai ni, nama grup ditulis dalam alfabet, meskipun kurasa fontasi dan tema cover secara keseluruhan tak begitu nyambung. Well, pada dasarnya tiap cover sendiri sudah tak nyambung. Jika dibandingkan dengan 16th single Nogi, cover Futari Saison memang kalah dari segi konsep, bahkan jika dibandingkan dengan dua single sebelumnya; mecha anime di SiMa dan kehidupan sekolah di Sekai ni.

Track List

  • 二人セゾン Futari Saison / Senbatsu

Type A, B, C, D Track 01

Dari segi musik, sedikit kecewa, jujur saja. Lebih karena ini lack di identitas, disebut fall single waktu rilisnya adalah winter, disebut winter single output sounds yang dihasilkan sangat sangat khas fall single Nogi. Satu poin lagi tentang lagu ini, memang terasa lebih kuat purple line-nya ketimbang green line. Jadi bagi yang berharap rilisan kali ini akan distinguishable dari Nogi, lebih baik lewatkan saja.

Sebenarnya bukan hal yang buruk. Karena sebelumnya juga sudah dikatakan single ini akan berbeda dengan dua single sebelumnya yang mudah menempel dengan militer dan poetry, dan image fierce khas Keyaki. Futari Saison tidak punya direct impact, hanya bermain di teknik vokal dan musik. Which is good, karena memang dua single sebelumnya Keyaki masih belum bisa dikatakan baik untuk ini.

Futari Saison membawa harmonisasi yang mengalami peningkatan dibanding Sekai ni. Tridente baru memang membawa nafas baru kan? Dari segi ini, tidak mengecewakan, justru secara mengejutkan Mii dan Aoi bisa blend dengan Tecchi. Hanya saja saat bagian Neru dan 2Watanabe masuk, sedikit miss. Selanjutnya Futari Saison masuk dalam kategori easy listening, bisa didengarkan berkali-kali, tapi butuh gambaran visual untuk bisa benar-benar menikmatinya.

Intinya, lagu ini setipe dengan Seifuku no Mannequin atau Hadashi de Summer, enak tapi butuh bumbu tambahan supaya lebih nikmat. Penambahan Satoshi, Fuuchan, Mii, Aoi, dan Aka ke front row juga tak begitu berdampak. Tecchisentris masih sangat terasa baik di lagu, MV, ataupun live. Ekspektasi untuk sesuatu yang baru jadi sedikit terluka.

  • 大人は信じてくれない Otona wa Shinjite Kurenai / Senbatsu

Type A, B, C, D Track 02

Lagu kedua yang dirilis ke publik pada 19 November. Sejak intro nuansa rock sudah terasa lewat gitar, baik akustik dan elektrik. Oto ga Denai Guitar versi Keyaki? Masih belum sampai pada level itu, tapi Otona wa Shinjite Kurenai memberi warna rock yang sebelumnya belum pernah dirasakan di Keyaki. Sebelumnya PARCO juga bernuansa rock, hanya saja karena itu solo, ditambah letdown pada reffrain, PARCO gagal memberi impresi itu.

Oto ga Denai Guitar memberi warna yang sangat berbeda, impact yang diberikan juga lebih besar dibanding Otona wa Shinjite Kurenai. Di Oto ga Denai Guitar bisa dirasakan vokal member lebih blend dengan musiknya sementara disini tidak begitu terasa. Dari segi vokal, well, kurasa Keyaki masih lack soal chemistry dan kekuatan vokal. Selain itu dari penggunaan falseto terasa sekali member masih belum bisa mencapai nada tinggi dengan baik. To make it worse, mereka memakai english di bagian ini.

Dari segi variasi, memang memberi dimensi baru. Tidak melulu sesuatu yang seperti march di Sima atau poetry di Sekai ni, EDM di Kataru nara dan pop di Te wo Tsunaide Kaerou ka. Overall, Otona wa Shinjite Kurenai adalah lagu bagus, distinguishable, hanya kurang sedikit lagi untuk menjadi benar-benar bagus.

  • 制服と太陽 Seifuku to Taiyou / Senbatsu

Type A Track 03

Membawa nuansa yang sebelas duabelas dengan Futari Saison, Seifuku to Taiyou seperti penegasan tentang musik Keyaki yang lebih slow kali ini. Intro piano seperti mengingatkan pada Nogi. Hanya saja, lagu seperti membuatku lebih memperhatikan kemampuan vokal, dan secara keseluruhan masih belum bisa dikatakan memuaskan.

Overall, Seifuku to Taiyou memang easy listening, tapi bukan tipe lagu yang akan mudah menempel seperti Kimi ga Inai. Suasana paling cocok untuk mendengarkan lagu ini adalah sore hari, saat bersantai, atau ingin mendengarkan semua lagu Keyaki. Selain itu, kurasa tidak begitu cocok. Oh, dan bagi yang ingin atau baru mengenal Keyaki, lagu ini bisa jadi nomor awal dengan “let’s get started”.

  • 誰よりも高く跳べ! Dare Yori mo Takaku Tobe! / Hiragana Keyakizaka46

Type B Track 03

Bukti nyata kedua untuk keberadaan H.Keyaki setelah berbulan-bulan hanya berstatus “mitos yang tertangkap kamera” menjadi “nyata”. Diterlibatkannya H.Keyaki dalam single ini berarti banyak; 1. Untuk alasan sebelumnya, 2. Bisa menjelaskan sistem K&H, 3. I need more Manafin. Dan dari 3 alasan itu, hanya #1 yang terpenuhi.

MV lagu ini hanya so-so, sementara dari segi lagu, well, cukup bagus sebenarnya. Nuansa yang berbeda dari lagu Keyaki sebelum-sebelumnya terasa sejak intro. EDM yang dipadukan gitar klasik, sedikit mirip Kataru Nara memang, tapi berbeda. Dan vokal dari member H.Keyaki yang terbilang masih raw menambah charm lagu ini. Dengan kata lain, di beberapa bagian memang terkesan out of tune, tapi entah kenapa malah terdengar lebih baik dibanding jika mereka membawa pitch control yang sempurna.

Di sisi lain, kemampuan vokal juga menjadi perhatianku, karena jika diperhatikan benar-benar, masih belum menunjukkan progress yang bisa dikatakan memuaskan dari Hiragana Keyaki, begitu juga dari event omitatekai, dan sejauh yang bisa telingaku tangkap, tidak adanya -allright, belum adanya- solid vocalist di H.Keyaki cukup mengecewakan. Keseluruhan member hanya rata-rata atau sedikit diatas rata-rata, dan ini bisa menjadi handicap untuk Keyaki kedepan. Let’s just say, it’s like sugarcoated candy.

  • 僕たちの戦争 Bokutachi no Sensou / FIVE CARDS

Type C Track 03

Unit resmi kedua Keyaki setelah Yuichanzou. Sebenarnya unit ketiga setelah unit Aozora no Chigau, tapi unit itu tidak bernama. Five Cards beranggotakan Uemura Rina, Nagasawa Nanako, Habu Mizuho, Watanabe Rika, dan Watanabe Risa. Dari pemilihan member, jujur saja aku langsung berpikir bahwa lagu yang akan mereka bawakan hanya akan seperti Aozora wa Chigau. Sebaliknya lagu ini cukup dark dari segi lirik.

Hanya setelah disajikan lewat MV yang cukup unik, pandanganku tentang lagu ini cukup berubah. Meski sama pop seperti Aozora no Chigau, Bokutachi no Sensou membawa nuansa yang berbeda lewat rap (?) dan musik yang lebih upbeat ketimbang lagu yang kusebut sebelumnya. Lagu ini easy listening, meski tidak bisa dibilang superb, hanya sebuah lagu yang lumayan. Tapi apa cuma aku, rasanya vokal Berisa sangat mendominasi disini?

  • 夕陽1/3 Yuuhi 1/3 / TechiNeruYuichanzou

Type D Track 03

Oke, Yuichanzou mendapat nomor lagi bukanlah sebuah malapetaka seperti solo, they deserved it. Dari classic pop song di Shibuyagawa ke folk pop di Bob Dylan wa Kaesanai, mereka menunjukan progress yang nyata. Tapi, memasukkan TecchiNeru dalam formasi terkesan terlalu memaksakan. Dan tak bisakah membuat nama yang lebih enak diucapkan?

Dan benar saja, kali ini musik Yuichanzou mengalami pergeseran menjadi just a pop song, berbeda dengan aura Shibuyagawa dengan akustiknya atau Bob Dylan wa Kaenasai dengan nuansa lebih dewasa. Di Sekai ni, aku mengatakan sepertinya manajemen ingin membuat image Yuichanzou sebagai ekpresimen, well, ini juga eksperimen, tapi menurutku berusaha membuatnya terlalu komersil.

Dare I say, masuknya TecchiNeru dalam lagu ini justru malah sedikit merusak suasana. Yuichanzou punya kolaborasi yang cukup baik, tapi tambahkan TecchiNeru dalam duo ini, miss.

Seifuku

Seifuku yang digunakan masih melanjutkan tradisi desain futuristik Keyaki. Warna dasar grey dan red wine yang digunakan terlihat elegan, hanya warna grey yang digunakan sedikit monoton karena terlalu gelap dan terlalu sama dengan bahan dan motif yang digunakan di seifuku Kataru nara, and hell, it’s faint but was that tartan again? Pattern di bagian rusuk yang berwarna grey itu…

Warna red wine yang digunakan membentuk huruf ‘T’ satu garis vertikal di depan dan flap di bagian dada yang sedikit meniru Sekai ni. Sama seperti seifuku SiMa, kancing emas masih digunakan di bagian depan. Kurasa tahun ini kancing emas menjadi tren? Sebelumnya tiga seifuku Nogi tahun ini juga memakainya. Dan Keyaki masih belum bisa move on dari seifuku tipe terusan.

Seperti biasa, perbedaan untuk member dilakukan kembali, kali ini pembedanya ada di lengan. Ada yang memakai warna red wine total dan ada yang memakai kombinasi grey dan red wine. Tidak terlalu kentara dibandingkan seifuku Sekai ni memang. Penempatan logo Keyaki di bagian lengan lebih baik dari yang dipakai Nogi di Sayonara no Imi, tidak terkesan out of place.

Penggunaan warna red wine juga menarik. Warna yang digunakan termasuk dalam full bodied red wine, atau wine dengan kadar tannin dan alkohol tinggi serta rasa buah berwarna gelap seperti blackcurrant. Dengan pigmentasi warna yang tinggi, kandungan anthocyanin dalam wine jenis ini lebih tinggi dari jenis lain. Dan warna yang digunakan di seifuku ini setipe dengan Syrah, yang berasal dari Rhône Valley di Prancis dan Australia.

Wine ini memiliki rasa buah yang kuat; Blueberry, plum, tobacco, meat, black pepper, dan violet, serta kandungan tannin yang cukup tinggi. Syrah biasa dicampur dengan Grenache dan Mourvèdre untuk membuat blend Rhône merah. Dari segi pewarnaan, filosofi red wine untuk seifuku ini seperti perpaduan cocok dengan kadar tannin (in short, adalah struktur kimia yang baik bagi tubuh) dan anthocyanin, zat pigmentasi yang memberi warna, dan juga tak berbau tapi penuh rasa. Sama seperti opiniku tentang seifuku ini.

Sementara itu, H.Keyaki juga mendapat seifuku sendiri. Hanya saja, sama seperti saat Sekai ni, tak ada perubahan desain antara K & H. Saat Sekai ni, warna yang digunakan untuk seifuku H adalah negative dari seifuku K. Kali ini bedanya adalah warna H yang lebih “independen” dari K, dengan penggunaan warna khaki yang terkesan lebih garang ketimbang red wine di seifuku K.

Dan ada yang bilang seifuku ini bisa jadi seifuku untuk Futari Saison, well, bagaimana?

tumblr_ohed0wyw2v1vpsutao3_540

Conclusion

Overall, single ketiga Keyaki di tahun debutnya ini bisa dikatakan cukup. Memenuhi ekspektasi dari dua single awal, iya. Menawarkan sesuatu yang baru, so-so. Membosankan, well, I can’t say it doesn’t. Konsep cool yang berulang sejak musim semi hingga saat ini memang berhasil membawa Keyaki ke puncak sebagai debutan. Undangan ke panggung akhir tahun menjadi buktinya. Hanya saja jika diteruskan, tahun depan tanpa gebrakan yang jauh lebih besar, daya saing Keyaki di mata publik akan sedikit menurun.

Saat ini memang Keyaki sedang di puncak, dengan penjualan hari pertama mencapai 353.640, naik nyaris 100K dari Sekai ni. Hype yang mereka bangun setahun ini memang berdampak besar, dan dibantu sedikit kontroversi, yang mana cukup mempengaruhi besarnya atensi publik pada mereka. I’ll say, banyak orang yang masa bodoh dengan Keyaki, tapi karena mereka menjadi headline di seluruh dunia, siapa yang bisa menahan rasa penasaran untuk tahu sedikit lebih jauh?

Hasilnya, satu slot di panggung akhir tahun menjadi milik mereka. Angka itu setara dengan Barette, tapi tak adil membandingkan keduanya. Yang jelas, rem bagi Keyaki mungkin sedang rusak di tahun ini. Untuk perjalanan Keyaki tahun ini, aku akan segera merilisnya, dan amazingly, cocok dengan sebuah lagu yang terkenal.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

84 Comments

  1. Ane setuju min kalo rem keya lagi eror wkkwkwkw ampe kontroversi yg dibaut pun ga mempan ngerem keya…
    ane seneng keya progresnya bagus 3 single penjualan meningkat ampe masuk panggung akhir tahun tapi was was juga soalnya ane percaya hal yg gampang didapet gampang pula ilang…
    tapi untuk saat ini mari kita nikmati perjalanan dedek keya…
    nunggu acara2 tipi+live mo nulis perubahan2 sistem single ke 4 masih lama juga jadi percuma hahahah

    Like

    1. Kalau ane liat kontroversi itu malah jadi booster buat popularitas Keyaki, malah ane curiga ini permainan di belakang layar. 😀

      Semua tergantung gimana LLC menyikapi sukses Keyaki, tahun depan, ujian sebenarnya, setelah ikut Kohaku, lagu dibawah rata2 bukan opsi. Perubahan sistem, ane nyerah deh, setelah prediksi Futari Saison yang melenceng, ane susah ngebayangin hal macam apa lagi yang mungkin bakal terjadi.

      Like

    1. Knp ane prediksi Ue-Nanako kalo misalkan single 4 kaya gitu mungkin krn hs mereka lg bagus bagusnya ya… Sedangkan 75% ane yakin Techi masih jd center, dan kalaupun mau rotasi center kayanya bkln sulit krn keyaki skrg lebih ke Techi and friends, semoga mnjmn pandai merotasi center dgn baik sehingga interest publik msh terjaga ke keyaki walaupun bkn Techi lg yg didepan nntinya (ane maunya Monaaaa💚💚💚)

      Like

    2. Wah udah prediksi 4th single aja nih, kalau ane prediksi sih bakal ada twist di tiap announcement senbatsu, entah bakal gimana. Yang jadi harapan utama ane sih adanya kejelasan sistem K & H dulu.

      Dan untuk penempatan posisi berdasarkan HS, ane rasa Keyaki beda dari Nogi. Fuuchan yang termasuk paling bawah juga malah masuk front row kali ini.

      Like

  2. Cover : suka yg C, 2nd row kayak 1st row. Ane rela mereka jadi 1st row di 4 dengan Zuumin centernya. Dan, regular, Ue larinya manis banget. ❤
    Futari : setuju, musiknya lebih rancak. Ini juga yg bikin beda, dan setuju juga purple linenya lebih kuat.
    Otona : simpel, suka dobel pedalnya. Masih ga tahu dimana enaknya Ota ga denai.
    Dare yori : suka aransemennya, melodi lagu biasa, tapi gampang ingetnya
    Bokutachi : langsung masuk list ane. Moodboostersong. Dengerin ini + hokano + sekai de, semangat langsung muncul.
    Yuuhi : setuju sama mimin. Dan, disini keliatan siapa ratu sebenarnya. 😀
    Seifuku to : kayaknya lagu yg ane ambil kepotong diawal. Di lagu ini, suara Fuuchan dominan menurut kuping ane.
    Seragam : suka semuanya. 😀
    Dan terakhir, trims buat fotonya Akanen, cinta baru ane di Keya, yg satu frame dengan Ue. Ane sayang mereka berdua. 🙂

    Like

    1. Duh panjang2 baca, akhirnya malah bikin panas+geli+jijik+pengen muntah, Ue sih terserah lah ya, tapi Aka? Serigala disini terlalu mudah terpancing…. 😀

      Kalau seifuku ijo biru itu? Suka juga?

      Like

    2. Belum resmi kayaknya kalo Aka, tapi dia meninggalkan kesan yang kuat dihati ane. Ane masih mencari tahu, apa ini beneran perasaan yg sama ke adek atau cuma kagum sekelebatan aja. Jadi masih menunggu apakah perasaan ini tetap bertahan, atau hilang ditelan waktu. Kalo ada terus, ya jadi deh, dia bidadari ane yg baru di Keya. 🙂

      Suka, tapi lebih suka yg warna hitam. XD Kalo aja Kotaku nggak ada…. 🙂

      Like

    3. Jelas Way-lah! Ga ada yg ga Way untuk perasaan sayang! XD

      Bisa jadi. Tapi gara2 Kotaku, yg hitam ga kepakai, padahal keren banget. 🙂 Dan, kalo dilihat kostumnya Otona wa, itu bahkan lebih mirip tentara Nazi, pernah liat film apa gitu pakai warna itu juga.

      Like

    4. Ngutip kata2 Gerard Way, soal perasaan Aka ke situ, “I Don’t Love You” 😀

      Kostum itu kan kayanya emang gak dimaksudkan jadi seifuku Futari? Dipakenya aja sekitar sebulanan sebelum rilis Futari. Kaya seifuku buat Halloween doang.

      Like

    5. Cinta datang karena terbiasa. Kalaupun Aka bilang tidak mencintai ane, itu hanya tsundere. Begitu ane tinggal, dia langsung berlari dengan kecepatan tingginya, memeluk dari belakang, nempelin pipinya di telinga ane, terus bilang lirih, “Aku mencintaimu” XD

      Bisa jadi. Tapi tetep, ane sukanya yg hitam. Dan, mungkin beberapa tahun lagi, pas Keya udah kayak Nogi sekarang, mungkin seragam itu menjadi seragam yg paling dicari di museumnya Keya. Seragam langka pembawa kontroversi, tapi menjadi kunci masuknya Keya di Kouhaku. 😀

      Like

    6. Ga mungkinlah Aka sampai nyerang dengan bola tenis. Dia sebenernya hatinya lembut dan penyayang, plus perhatian. Mimin aja ga tahu banyak soal Aka. XD

      Ga usah diinget deh, soal kostum itu. Kostum yg sukses bikin ane agak down takut kalo Keya beneran hancur setelah pake itu. Untung ga. 😀

      Like

    7. Kenapa enggak? “Hancurkan semua musuh” jadi satu hal yang ane pesankan ke Aka, termasuk para serigala XD

      Lah yang bahas duluan siapa? XD

      Like

    8. Tapi ane kan tulus menyayangi Aka. Jadi dia pasti ga akan menuruti perintah destruktif macam itu. Malahan tambah sayang, ke ane. 😀
      Kalo gitu seragam lain. Seragam Kouhaku, pake baru atau tetep seragam dinas, kira-kira?

      Like

    9. Warning.Delusion.Rate.Is.Too.High.Evacuate.Immediately. XD

      Palingan juga seifuku red wine, untung2an kalau dapet seifuku khusus. Kalau ane sih pengen kombinasi dari 3 seifuku tahun ini.

      Like

  3. Cover
    Design Cover Terbaik Bila Dibandingkan Dengan Cover Single Keyaki Sebelumnya. Good Job LLC. 🙂

    Lagu
    ~Futari Saison~
    Lagunya Easy Listening. Nuansa Autumnnya Kental Banget Di Lagu Ini. Menurut Ane Lagu Ini Lebih Enak Bila Dibandingkan Dengan Sekai Ni Tapi Masih Ada Dibawah SaiMajo.

    ~Seifuku To Taiyou~
    Lagunya Enak. Ada Beberapa Nada Di Bagian Reff Yang Mirip Sama Lagunya News – Koi o Shiranai Kimi e https://goo.gl/krLpZc :/

    ~Yuuhi 1/3~
    Lagunya Pop Banget. Tiap Dengerin Lagu Ini, Ane Berasa Lebih Muda Beberapa Tahun. 😀

    ~Dare Yori mo Takaku Tobe!~
    Lagunya Gak Nyantol Di Kuping Ane.

    ~Otona wa Shinjite Kurenai~
    Lagunya Gak Nyantol Di Kuping Ane.

    ~Bokutachi no Sensou~
    Lagunya Gak Nyantol Di Kuping Ane.

    Kostum
    ~Kostum Kanji~
    Saat Pertama Kali Liat Kostum Ini Ane Langsung Teringat Sama Kostum Di Code Geass https://goo.gl/tEFEMn
    Kurang Suka Sama Kostumnya Soalnya Kelihatan Awkward Kalo Dipake Di Event2 Seperti NTV Best Artist Atau Pembukaan Kouhaku Kmaren.
    Tapi Ane Cukup Bersyukur Karena Yang Dipake Bukan Kostum Yang Warna Ijo Karna Kostum Yang Warna Ijo Terlihat Murahan :/

    ~Kostum Hiragana~
    Polos. Terasa Hambar.

    Like

    1. Ane cuma kurang sreg sama yang regular, background-nya tembok sih.

      Hahahaha, semua lagu yang MV-nya keluar gak masuk di telinga ya? 😀

      Seifuku SiMa yang paling mirip Code Geass, karena dari warna juga cocok. Kalau kostum merah ini, cocok aja sih buat acara formal, karena warnanya juga elegan. Kalau kostum H.Keyaki, hambar kaya grupnya 😀

      Like

    2. Iya Sih Temboknya Agak Ganggu Baik Itu Di Tipe B Maupun Reguler. Untuk Yang Reguler Ane Setuju Kalo Bakal Lebih Bagus Kalo Backgroundnya Lorong. Kalo Tipe B Semisal Tembok Yang Dibelakang Member Itu Jendela Juga Pasti Lebih Keren.

      Iya Gan Lagu Coupling Yang Dapat MV Gk Ada Yang Nyantol Ke Kuping Ane Terutama Dare Yori mo Takaku Tobe! :/

      Menurut Ane, Kalo Dari Segi Model Lebih Mirip Ini Sih Gan :/
      Soalnya Setelah Ane Nonton NTV Best Artist 2016 Yang Full Version, Kok Ane Ngerasa Ada Yang Janggal Sama Perform Serta Responsnya Penonton Ke Keyaki. :/

      Like

    3. Untuk Type B, ane gak ada keluhan karena kalau sumber cahayanya terlalu banyak juga bakal jelek.

      Coba aja didengarkan terus, palingan kuping sedikit panas tapi ada kemungkinan kecantol juga. 😀

      Ane belum download BLA jadi gak tahu mau bales apa…

      Like

    4. Jendelanya Kasih Gorden Biar Gk Terlalu Terang Gan 😀

      Udah Ane Coba Dengerin Tiga Kali Gan Tapi Tetep Gak Kecantol Dan Menimbulkan Efek Samping Lain 😀

      Like

  4. dare yori mo takaku tobe ane demen solo gitarnya.
    bokutachi no sensou lagu idol experimental, macam parkgolf
    yuuhi 1/3 sama seifuku to taiyou terlalu lembut buat dibikinin MV tapi ane paling demen 2 lagu itu

    Like

  5. Riding the big wave~~~
    Enjoy it while u still can do.
    Cover
    Artistik,tp futari sezonx dmn?
    I can’t feel the warmness. Mngkin ati ane aja yg dingin krn mw dtinggal nanamin. 😀
    Lagu yg nyantol otona ama yuuhi 1/3 tp minus neru. Lainnya msih btuh latihan. 😀
    Seifuku
    Ane mulai bosan liatx. Mv itu, live itu, variety itu, photoshoot majalah jg itu. Klo nnggu sragam bru smpe merry xmass show mrk nnti klamaan atau bhkan kohaku. Btuh yg baru minimal buat yg live lah biar fresh dikit. Ane curiga kan bhan sragamx keyaki trlihat tebal n kualitasx bgus tuh jd ckup mahal untuk produksi 1 bju makanya g bnyak ato gra2 skandal kmren jd brkrg jatahx?. Mnrut agan ccok g mrk model sragamx macam baju kenegaraan jacky kennedy/kate middleton? 😀
    Dthun dpan ane pngen liat keyaki lebih soft dripada cool trus2an yg jtuhnya malah kaku. Minimal towel dikitlah tuh aura nogi yg lembut,
    Lgunya aja udah bsa tuh msak orgx kagak 😀
    Give’em more smile! 😀
    Klo lhat mv otona wa shinjite lagi, ane mrsa mrk ccok jd psukan pngiring peti mati fidel castro. Kaku,dingin,suram bkan mnghina cma kesan yg trtangkap itu 😀

    Like

    1. Hahahaha, hati yang dingin 😀
      Gak punya oshi lain kah?

      Seenggaknya lebih variasi dari SiMa. Sekai ni ada 3 seifuku+1 nazi, Futari udah 3 sampai sekarang, rasanya bakal tambah lagi. Bisa aja nanti di Kohaku dapet seifuku khusus. Tapi yah, rasanya emang yang dikejar manajemen buat image Keyaki itu ala militer, jadi dari desain, bahan, pernak-pernik dibikin begitu. Juga ekspresi, dance, dibikin expressionless sebisa mungkin.

      Ane rasa kurang cocok kalau pakai seifuku model Jackie/Kate, itu lebih cocok ke Nogi kayanya.

      Like

    2. Klo oshi lain mah msih bnyak di nogi, cma ranking nanamin yg trtinggi 😀
      Ane mah minnah daisuki.
      Btw live di best artist kmren bagus apalagi adegan prgantianx. Pngen liat lbih bnyak interaksi mrk diatas panggung.
      Seifuku keyaki itu tricky y, klo dmodel trusan kyak gtu trus monoton dimodel macam jackie/kate bsa2 mrip passpo✩. 😀

      Like

    3. Berarti masih ada pegangan lah ya 😀

      Ane belum banyak download live minggu ini, termasuk BLA, jadi pass deh 😀

      Aftereffect dari image itu, jadi gak bisa leluasa. Lagian publik udah inget Keyaki itu grup yang begini.

      Like

    4. Yah pegangan,ane hrap sih bsa gan tp jauh mahal pula. 😀
      Well,kostum hnya penunjang jd nikmatin apa yg ada aja deh. Tp y itu dmata ane kaku,ksan cool ane dpat pas sima aje. Kira2 hype keya bsa brtahan smpe kpan gan?
      Btw,gegara skandal/gimmick kmren keya g prlu rpot2 kluar biaya/usaha lbih buat promo single lgi y,stidakx g smenderita nogi dulu hrus jungkir blik lompat jatuh ditimpa apapun itu. Enaknya jd adek 😀

      Like

    5. Pegangan yang beda itu, kalau di Jepang namanya HS 😀

      Hype? Selama gak ada hype baru yang lebih wow dari Keyaki, atau konsep ini berulang terus bakal bertahan cukup lama, seenggaknya sampai setahun kedepan.

      Antara enak dan enggak sih, kalau mereka rilis jelek bakal lebih ganas di-bash.

      Like

    6. HS=hashimoto saito
      Paket panas itu gan 😀
      Btw agan di review sbut rata2 emg tolak ukurx apa/siapa gan?
      Oh y kmaren ane liat skilas dri twitter ktax 3rd gen nogi ama hiragana bkal mncul di fns sesi 2, klo emg bner g sbar liat mrk. Abis omitate lgs debut tv 😀

      Like

    7. Nanamin sama adek ane? Ya namanya kombi Miss S & Little Miss S gan 😀

      Ane bilang rata2 dari kesan pertama ane tiap dengerin satu single full, dari SiMa sampe Futari.

      Iya bakal tampil di FNS, lumayan lah dari sekedar mitos naik pangkat muncul di TV 😀

      Like

    8. Saito asuka lha gan, g bsa ane byangin tuh yuutan/chii-sama gndengan ama nanamin 😀
      Aura asuka smakin hari smakin yabai tuh anak. Abis nanamin grad mngkin gelar littlex dcabut gan 😀
      Jiah mitos,masak msih mitos aja gan wong yg hiragana udah dbikinin mv jg trus si gen 3 fto nya udah kesebar dmna2. Gen 3 nogi itu kenkyusei pling mewah, omitate di budokan dn blom debut ftox udah dmjalah2 trkenal. Tp mngkin livex msih dtuntun ama mbaknya 😀

      Like

    9. Buat ane Ashurin tetep bakal jadi Little Miss S, bahkan meski dia bakal rilis PB tahun depan, ane gak akan pernah lupa penampilannya di Halloween 2012 😀

      Masih mitos dong, soalnya baru bisa liat bukti foto (blog, scan majalah) dan video (SHOWROOM) tapi belum bisa dilihat publik sampe besok (FNS) 😀

      Like

  6. Cover
    Ane gk ada keluhan soalnya ane bukan type yg terllau detail XD

    Lagu
    Setelah ngulik chord gitar, akhirnya bokutachi no sensou bisa nyantol jg dikuping ane, sedangkn lagu hiragana, tetep gk sejalan sama kuping, jadi msih belum keterima..
    Seifuku suka,..
    Yuuhi, beda dgn penilaian agan, ane malah suka Yuichnazu digodok bareng TechiNeru… XD

    Kostum
    Kok kostum Otona kok gk dimasukin..?
    Suka kostum kanji, klo yg hiragana spendapat sama komen agan Brokloi, hambar XD
    Soal ksotum yg ijo, klo Berika, Neru, n ue yang maek, semua kostum jadiindah.. XD

    Like

    1. Kalau Otona gimana om?

      Kalau seifuku coupling emang enggak ane masukin, cuma bahas seifuku utama doang yang jadi jacket.

      Yang terakhir ini, iya aja deh XD

      Like

    2. Klo otona kyknya ane dah bilang di postingan MV, suka, sebatas itu aja.

      “cuma bahas seifuku utama doang yang jadi jacket.” <- Lah itu gambar kostum H.Keya dimasukin gambarnya…

      Emng iya… XD

      Like

    3. Lah, terus tau klo gmbar itu jadi jacket dri mana?
      Biasanya fans bermodal link lebih banyak info ketimbang fans yg beli, maklum kan fans link kan harus keliling jadi wawasannya luas..XD

      Like

    4. Katakan saja dari informasi orang dalam ehmAkaehm XD

      Ane cuma keliling di tempat ramai om, kalau sepi sih ogah mampir *ngomongin apa ini XD

      Like

    5. Ane gk mau nanya2 hal spele gitu ke bini2 ane, mereka pulang dinas dah kecapean, yg bisa ane lakukan cuma elus2 kepala merea sampe mrk tertidur.. XD

      1 jikan apa nih?

      Like

    6. Apalagi adek ane, taulah klo masih ekcil, klo ditanya2 saat capek malah rewel ujung2nya minta beliin es krim.. dapet info kagak, duit malah tekoyak.. XD

      Oh, kemarin ane download dari aidoru klo gk salah, tpi ya itu gk HQ, ini juga klo diliat dari size filenya kyknya gk HQ juga, tpi silakan dicoba
      https://goo.gl/YNBgJL

      Like

    7. Paling minta dibeliin drone, minta DJI Phanton 4 sekalian dek XD

      Ane tiap hari mampir aidoru kok gak nemu ya? Ada direct link aidoru?

      Like

    8. Nah ujung2nya ane pusingkan? meding gk nanya sama dek2 ane deh.. XD

      Eh setelah ane filter file image ternyata gk ada, berarti kemarin ane download bukan dari aidoru, dri mana ya? XD
      ya udah pake link yg ane kasih tdi aja.. XD

      Like

    9. Duh sama adek sendiri perhitungan, kasihan sama Miria XD

      Duh, maklum deh faktor U suka lupa XD

      Tapi kecewa juga, padahal halamannya lebih banyak dari Ha!, tapi berasa jauh lebih dikit, kebanyakan solo photo! Fanservice juga rada over, ada kali 50 halaman yang berhubungan sama air.

      Like

    10. Bukan perhitungan, cuma mau mengajarkan hidup jgn berlebihn dan gk semua keingian bisa didapat.. biar dia jadi sosok wanita yg dewasa.. XD

      Bukan gra2 faktor U, tp isangkin banyaknya sumber jd gk tau kmrin comot dari aman.. XD

      Dah download nih ceritanya.. XD
      Sakit gk mata liat kualitasnya? XD

      Like

    11. Dia gak akan dewasa kalau bergaulnya masih sama Kiichan XD harusnya sama Maichun XD

      Perih mata perih, mana di semua halaman ada watermarknya pula XD

      Like

    12. Tk palah sama Kiichan, ane sih pengennya Miria banyak bergaul sama Kazumin biar pande mengelola keuangan.. XD

      Eh ada watermarknya?

      Like

    13. Kan untuk latihan, selama ini Miria terlalu ane manjakan dgn kartu2 kredit yg ane kasih.. XD

      Wah iya, gra2 kualitas gmbr kurang OK ane gk terlalu merhatiin, hhh ada watermark rupanya..

      Like

    14. Kartu kredit gak ada isinya aja, itu kan cuma biar Miria seneng, padahal gak bisa dipake belanja XD

      Terlalu memperhatikan beberapa halaman ya? XD

      Like

    15. Ada isinya tp sekejap langung habis jadi terlihat kosong, pdahal satu mobil dah parkir dihalama rumahd engan isi karu kredit yg ane ksih ke Miria XD

      Gk usah dipertegaslah soal itu.. XD

      Like

    16. Ya hat cuma bisa belii XD

      Mimisan, Iler, gk ada dalam kamus ane setelah menjalin rumah tanggan dgn 7 bidadari sekian tahun.. Dah terbiasa, paling cuma kejang2 aja XD

      Like

    17. Duh aduh, masih jaman ya nembak2 gitu?

      Iya, tpi langsung dilap dgn lembut dan penuh cinta oleh bini2 ane.. XD

      Like

    18. Tergantung orng nya juga kali ya, klo ane sih anti yg begituan, ane pria berprisnip.. *Kyaaaaa <- ini suara jeritan kagum pra bini2 ane XD

      end dong berarti klo gitu ane…? jahat…

      Like

  7. cover :
    Suka dengan covernya, kecuali yg reguler(soale membernya jd ga bgitu kliatan kalo liat sekilas)

    lagu :
    Belum download mp3 nya 😦
    Kemarin cuma skali denger 4 lagu yg ada mvnya.. Suka dgn lagu Futari Saison dan Otona wa Shinjite Kurenai, pas liat mvnya cuma bisa “wow” walau kyknya msh ada minusnya (ntar bc review mv yg ada di sini)
    Bokutachi & Dare Yori, blm bgtu suka.. Perlu didengerin lagi.
    Seifuku to Taiyou & Yuuhi, jadi penasaran setelah baca reviewnya.. Terutama lagu Yuichanzou, dari 2 single lagu Yuichanzou selalu masuk playlist.

    Seifuku :
    Baru tau itu namanya red wine. Jadi nambah perbendaharaan warna buat ane, makasih min 🙂

    Oya udah ada penampilan livenya kah?gmn hasilnya?soale ane blm liat 😀

    Like

    1. Kalau yang reguler biar dipelototin juga masih susah diliat gan 😀

      Secara umum single ini gak se-wow dua single sebelumnya sih.

      Aslinya Red Wine bukan warna yang resmi ada, lebih ke warna merah yang lebih gelap. Ya sebelas-duabelas lah sama warna ini.

      Live Futari Saison udah di beberapa kesempatan, dan kesan Tecchisentris-nya masih kuat banget.

      Btw jangan pake nama Iku gan, entar ada yang ngambek XD

      Like

    2. habis liat penampilan livenya.. benar kata agan Mas, formasinya seperti 1-6-7-7.
      tinggal nunggu gmn penampilan live Otona..

      Like

  8. Entah knpa kadar interest ane dg Keyaki akhir2 ini mulai berkurang, mungkin hukum Gossen berlaku “sesuatu yg dilakukan terus menerus kadar kenikmatanya akan berkurang sampai titik jenuh”.
    Setelah booming Saimajo image-nya gak berubah itu-itu aja.apalagi susunan senbatsunya, seifuku ya itu2 aja, dance koreo ya itu2 aja gak bisa move on dari Techi-Hiro apalagi improvisasi dancenya techi di Futari terkesan keblabasen terlalu over menurut ane.

    Gak adil klo membandingkan Keya dg Nogi tapi mau gimanalagi image “brothers-sister” tetap melekat pada setiap fans baru sekalipun beberapa ada yg membandingakan dg dinamika Under Member Nogi yg sangat menakjubkan.

    Like

    1. Anak ekonomi ya gan? 😀

      Yep, setuju solo dance Tecchi udah mulai over disini. Kesannya terlalu menganakemaskan Tecchi, jadi gak berasa sebagai grup utuh.

      Membandingkan Nogi yang udah 5 tahun dan Keyaki yang baru 1 tahun jelas beda, dimana bahkan Under Nogi udah punya sistem yang rigid, beda sama H.Keyaki yang seolah beda sama K.Keyaki tapi masih belum jelas.

      Like

    2. @Khalifah
      Eh, jadi teori Kastengel ane itu nama resminya teori Gossen, ya? Baru tahu ane. XD
      Ane juga setuju soal tarian ini, bahkan pas solo dance di Futari Sezon, pas mereka tampil di acara musik, mata ane sama sekali ga liat dia. Tapi tembus sampai ke baris ketiga liat Ue ane. XD
      Lalu, formasinya juga lain dari yg ane harapkan. Formasinya ga 7-7-7 lagi, tapi 1-6-7-7. Tapi, apa mau dikata, dia yg paling menjual, jadi wajarlah kalo diperes sampai abis.
      @mac
      Mungkin ulang tahun (debut lagu) ke 1 Keya bakalan ada pengumuman soal H dan K.

      Like

    3. Kalo mau yg deket, ya LIVE Natal Desember ini. Tapi, setelah liat Omotenashikai Hiragana kemaren, ane rasa 12 orang itu udah kompak banget. Menyatu, jadi kagak enak kalo mereka digabung sama Kanji. Kennin mungkin pilihan terbaik. Atau, kalo mnjmn gila, bisa buatin satu tipe lagi khusus buat H. 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s