Ariel

Hans Christian Andersen menulis naskah asli The Little Mermaid pada 1837 dengan judul asli Den lille havfrue. Ditulis dari tangan orang yang melahirkan The Emperor’s New Clothes, Thumbelina, Ugly Duckling, dan The Little Match Girl, Little Mermaid tidak beralur bahagia atau humor seperti karya Andersen yang lain. Sebaliknya malah naskah aslinya cenderung gelap.

Di kerajaan duyung, hiduplah Little Mermaid dengan ayahnya, sang raja dan nenek serta kelima kakaknya. Saat duyung berusia 15 tahun, mereka diperbolehkan untuk naik ke permukaan laut untuk melihat dunia manusia. Little Mermaid yang mendengarkan setiap cerita kakak-kakaknya sangat antusias menunggu gilirannya. Saat waktunya tiba, Little Mermaid jatuh cinta pada pangeran yang mengadakan pesta di sebuah kapal, hanya dengan melihatnya dari jauh.

Kemudian badai menghantam kapal dan Little Mermaid menyelamatkan pangeran, membawanya kembali ke darat. Pangeran tidak melihat Little Mermaid dan beranggapan salah satu dari orang pertama yang menemukannya di kuil dekat pantai adalah penolongnya. Little Mermaid kembali ke kerajaan dan bertanya pada neneknya apakah manusia bisa hidup abadi.

Neneknya menjelaskan bahwa manusia hidup jauh lebih pendek daripada umur rata-rata duyung yang mencapai 300 tahun, tapi saat duyung mati, mereka berubah menjadi buih di lautan sementara jiwa manusia menjadi kekal di alam kematian. Little Mermaid yang mencintai pangeran dan mendambakan kehidupan abadi, menemui penyihir laut dan membuat kesepakatan menukar suara dan lidahnya untuk sepasang kaki manusia.

Penyihir laut memperingatkan bahwa sekali menjadi manusia, Little Mermaid tidak akan bisa kembali ke laut. Selain itu meminum ramuan dari penyihir laut akan terasa seperti ditusuk dengan pedang, namun begitu dia akan mendapatkan kaki manusia dan menari lebih baik dari manusia manapun, tapi dia akan sering jatuh karena berjalan bagi Little Mermaid akan terasa seperti berjalan diatas duri.

Sebagai tambahan, dia hanya akan mendapatkan keabadian di alam kematian jika pangeran mencintainya dan menikahinya. Sebaliknya, jika pangeran menikahi orang lain, Little Mermaid akan meninggal dan menjadi buih di lautan. Setelah menyepakati semuanya, Little Mermaid berenang ke permukaan dan meminum ramuannya. Segera setelah menjadi manusia, dia ditemukan oleh pangeran yang terpana pada kecantikannya, meski dia dianggap bodoh dan bisu oleh semua orang di kerajaan.

Tak lama setelah Little Mermaid dan pangeran berteman, raja dan ratu mengumumkan pernikahan pangeran dengan putri dari negara tetangga. Pangeran menolak keras dengan mengatakan dia hanya mencintai satu gadis yang menyelamatkannya saat tenggelam, yaitu gadis di kuil tepi pantai. Kemudian plot twist, gadis di kuil itu ternyata adalah putri dari negara tetangga, dan royal wedding dilakukan sesegera mungkin.

Little Mermaid yang patah hati memikirkan semua pengorbanan yang dilakukannya dan ketakutan akan mati dan menjadi buih di lautan datang. Tapi sebelum fajar menyingsing, saudarinya datang dan membawakan pisau dari penyihir laut untuk Little Mermaid, mengatakan padanya bahwa jika darah pangeran tumpah ke kakinya, dia akan menjadi duyung lagi dan bisa kembali ke kerajaan duyung.

Tetapi Little Mermaid tidak bisa melakukannya, maka dia melempar pisaunya dan melompat ke laut dan tubuhnya menjadi ombak di lautan. Tapi jiwanya tidak menghilang, melainkan menjadi semacam spirit karena dia telah mengejar kehidupan abadi, dan dijanjikan bahwa jika dalam 300 tahun dia berbuat kebaikan pada manusia, jiwanya bisa kekal di alam kematian. Tamat.

Bukan tipe cerita yang akan diceritakan orang tua saat malam hari bukan? Meski begitu berkat tangan ajaib Andersen dan Disney yang merilis film layar lebar versi mereka pada 1989, Little Mermaid menjadi salah satu dongeng paling terkenal di muka bumi. Impact yang diberikan Little Mermaid pada kebudayaan pop begitu besar, di pelabuhan Copenhagen sampai dibuatkan patung Little Mermaid pada 1913.

Versi Disney –as usual- selalu lebih bahagia daripada cerita asli. Naskah asli The Little Mermaid adalah cerita yang gelap dan berakhir cukup tragis, bukan sesuatu yang akan ditampilkan Disney pada anak kecil yang menyukai fairytale weddings dan kisah yang berakhir bahagia. Dalam versi Disney, Little Mermaid diberi nama Ariel. Beberapa karakter lain juga mendapat nama; penyihir laut bernama Ursula, raja duyung bernama Triton, serta pangeran yang bernama Eric.

ericarielkissgirl
Scene yang tidak akan ada di versi asli Andersen

Ariel diceritakan memiliki ketertarikan lebih besar pada dunia manusia dalam film daripada cerita aslinya. Dia seringkali melanggar aturan yang dibuat Triton untuk tidak naik ke permukaan. Salah satu ciri khas utama Ariel adalah suara yang indah, sesuatu yang dipertahankan Disney dari cerita utamanya. Karakterisktik rebellious Ariel juga adalah yang membuatnya meminta bantuan pada Ursula.

Ursula dalam versi Disney digambarkan lebih gelap dari cerita asli, dengan menipu Triton di akhir cerita dan menguasai lautan untuk sesaat. Ursula juga diceritakan mengganggu hubungan Ariel dan Eric agar Ariel gagal dan menjadi miliknya setelah masa waktu ramuannya habis dengan menyamar menjadi Vanessa dan menghipnotis Eric dengan suaranya. Pada akhirnya, Eric berhasil membunuh Ursula dan mengembalikan kekuatan Triton dan penghuni laut lain. Sebagai tambahan, Triton akhirnya merestui hubungan Ariel dan Eric dan mengubah putrinya menjadi manusia seutuhnya.

7d525f5a529af0efb9cd6fa66a543f23
Ariel, Eric, & Melody

Dalam Return to the Sea, Ariel memiliki putri bernama Melody, membuatnya menjadi Disney Princess pertama -dan satu-satunya hingga saat ini- yang menjadi ibu. Sebagai orangtua, Ariel sangat protektif pada Melody, sama seperti sikap Triton pada Ariel. Berkebalikan dengan ibunya, Melody membuat kesepakatan dengan Morgana untuk menjadi duyung. Like mom, like daughter, how could Eric live?

Memilih member Sakamichi Series yang menggambarkan karakteristik Ariel cukup sulit, jika mengingat satu fakta utama; she’s a mermaid, dan, well, let’s just say, Ariel adalah Disney Princess dengan penampilan paling berani, if you catch it. Nah, untuk menjadi Ariel dibutuhkan karakteristik pemberontak -dalam versi Sakamichi, aku akan mengatakan lebih pada sesuatu yang unik- sedikit polos, bersuara indah, dan -let’s just be brutally honest- sexy.

Rotti jelas tak bisa dilewatkan jika membahas member dengan suara indah. Memang sepertinya mudah melupakan Rotti karena dia selalu ada di Under, tapi dia memiliki semua karakteristik Ariel; suara, rebellious -Guitar Heroine-, sedikit polos jika tak ingin dikatakan baka, dan untuk urusan sexiness juga tidak lewat. Pendeknya, Rotti adalah member yang paling cocok menjadi Ariel.

Ikuchan jelas masuk dalam semua kategori itu, satu-satunya member yang langsung terlintas saat membicarakan Ariel adalah Ikuchan. Pertama, dia mendapat poin penuh untuk suara; kedua, disebut apa seseorang yang memasak menggunakan hot plate tanpa wajan; ketiga, untuk poin terakhir yang kusebut diatas juga iya. Hanya kurang sedikit di sisi rebellious-nya, sejauh yang aku bisa ingat.

Zuumin masuk kandidat sebagai Ariel karena faktor suara dan dari segi appearances, postur tubuhnya yang kecil sesuai dengan Ariel yang juga tidak begitu tinggi. Untuk sisi rebellious, memang belum kelihatan tapi aku sungguh menantikan Zuumin melakukan itu, apalagi dia selalu dilihat sebagai rival Tecchi.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

68 Comments

  1. Wih Ada My Ikuchan ❤ ❤ ❤
    Kalo Karakteristiknya Seperti Yang Agan Sebut Ikuchan Emang Cukup Mirip Tapi Entah Kenapa Secara Visual, Ane Gk Bisa Bayangin Ikuchan Jadi Ariel. 😀

    Like

    1. Jangan Kebanyakan Makan Popcorn Gan, Rawan Hipertensi Dan Kolestrol Tinggi 😀

      Ane Gk Bisa Bayangin Ikuchan Punya Sirip Duyung Rasanya Agak Gimana Gitu Haha 😀

      Like

    2. Rasanya Aneh Aja Gitu Kalo Iku Punya Sirip Duyung Terus Kalo Didarat Cuma Bisa Gerakan “Splash”nya Magikarp 😀

      Kucing Mah Takut Air, Tinggal Siram Kelar Deh 🙂

      Like

    3. Bayangin aja dia dalam sosok manusia, kalau dibayangin dalam sosok duyung sih emang bahaya, makanya disini ane gak masukin gambar Ariel pas jadi duyung, takut imajinasi para serigala melambung terlalu tinggi XD

      Ane bilangin Yuuka loh kalau kejam sama kucing 😀

      Like

    4. Not really, karena udah hilang rasa penasaran sama 3 member yang ane pilih jadi Ariel. Iku udah punya PB, Rotti di PB grup, Zuumin, well gak usah ditanya.

      Kalau ditendang sama kudanya? 😀

      Like

    5. Eh Rotty Udah Ada Ya? PB 1 Atau 2? Kurang Fokus Ane Sama Rotty 😀

      Gpp Asal Nantinya Dirawat Sama Iku, Ashu, Mayu, Sayu Dan Dedek Marika. Itulah Yang Disebut Pengorbanan. 😀

      Like

    6. Di Ha! lumayan dan di 1 Jikan Rotti dapet solo page. 😀

      Hadeeh, masih aja berusaha sama Bebitan & Ashurin, udah dibilang mereka gak mau masih aja 😀

      Yang punya itu kucing yang bakal nyiram agan 😀

      Like

    7. Ane Baru Ngecek Lagi. Di Ha Ane Gak Nemuin Rotty Kalo Di 1jikan Cuma Nemu Yang Foto Sama Johnson Itu Aja :/
      Apa FIlenya Beda Yak?

      Mereka Mau Dan Ikhlas Kok Gan 😀

      Basah Dikit Mah Gk Papa Asal Kucingnya Bisa Diterkam 😀

      Like

    8. Mungkin, habis kadang source gambar beda2 sih.

      Itu kan pendapat agan, mereka bilang ke ane abangnya enggak kok. Blood is thicker than water 😀

      Yang punya kucing itu tukang voodoo loh 😀

      Like

    9. Agan Ngambil Filenya Darimana?

      Berarti Ashu Dan Dedek Marika Lagi Bohong Tuh Biar Gk Bikin Abangnya Kuatir. (Ane Ngetik Ini Sambi Hoeek Hoeek 😀 )

      Ane Mah Kebal Sama Yang Begituan.

      Like

    10. Lupa juga kali, ane gak pernah inget darimana soal download.

      Still, blood is thicker than water, ane tau saat dimana mereka bohong 😀

      Ati2, soalnya dia ngirim voodoo lewat paket pos kilat 😀

      Like

    11. File 1jikan Agan Sizenya Berapa?

      But Our Love Is Purer Than Snowflakes That Fall In Late December, Stronger Than Captain America’s Shield And Higher Than Wolf’s Fantasy 😎

      Ntar Rumah Ane Bakal Ane Kasih Bambu Kuning Buat Penangkal 😀

      Like

    12. cuma 50 mb-an, belum nemu yang HQ sih.

      Harus ane ingatkan Captain America mati ditembak pistol di pengadilan setelah bikin kacau NY dengan perang lawan Iron Man? 😀

      Like

    13. PP Dengan Rentang Waktu Agustus – November Yang Close Up & Resolusi Lumayan
      – Nanase https://goo.gl/OEbfYl
      – My Ashu https://goo.gl/uvg1Rv
      – My Ikuchuan https://goo.gl/th9gPu
      – Mama Sayu https://goo.gl/mcrDnN
      – Dedek Marika https://goo.gl/bU7sJf
      – Maiyan https://goo.gl/9dE0jd
      – Nanamin https://goo.gl/X1xPPo
      – Misa https://goo.gl/TKAsX9
      – Miria https://goo.gl/jMJFPV
      – Reika https://goo.gl/XDMko3
      – Miona https://goo.gl/8pwFhC
      – Himetan https://goo.gl/yvkVQJ
      – Wakachuki https://goo.gl/1iAd4B
      – Ranze https://goo.gl/v3XlKs
      – Manatsu https://goo.gl/q542l9
      – Sayuringo https://goo.gl/eDNW4F
      – Keychan https://goo.gl/KUcdzt
      – Ikoma https://goo.gl/76cRVS
      – Minami https://goo.gl/zvAxOF

      Like

    14. Hahaha, padahal ane bilang kan masih lama buat artikel ini terwujud gan, prioritas sekarang selesain Princess Line, baru artikel lain, tapi thanks untuk linknya 😀

      Like

    15. Santai lah, toh ane gak akan kerjain dalam waktu dekat, yang jadi prioritas tetep selesaiin Princess Line bulan ini dan perjalanan Sakamichi setahun ini #SakamichiThisYear

      Like

  2. Wah, tragis kali cerita versi aslnya, ane gk pernah notnon film disney yg dutung2an.. jadi gk terlalu tau..

    Dari komen agan Ridwan, ane setuju klo Rotti paling pantes klo berdasarkan cerita versi aslinya..
    Ane gk nyangka Iku masuk di karakter disney yg ini.. XD

    Like

    1. Well, aslinya hampir semua versi asli Disney Princess itu lebih gelap, sesuai sama era rilisnya di abad 16-19. Masih ada yang sama tragisnya sama ini juga.

      Rotti, Ikuchan, sama Zuumin termasuk yang paling cepet ane masukin sebagai Ariel, beda sama member di Disney Princess lain. Yang paling ane inget dari karakter Ariel ya suaranya sih.

      Btw yang diatas tuh… XD

      Like

    2. Tpi kyknya ini yg paling tragis akhir ceritanya.. gk dapat apa2 sama sekali XD
      Ane pkir Iku bakal masuk ke krkter disney yg punya cerita happy ending XD

      Yg di atas? ane cuekin aja, susah klo srigala mah.. XD

      Like

    3. Mungkin ini pesan Andersen, jangan gampang jatuh cinta, kalau kecantol dan mempertaruhkan segalanya terus gak dapet, mati deh. 😀

      Lah kan yang ane ambil selalu karakternya, bukan ceritanya XD

      Ambil popcorn dulu kali dia melipir kesini XD

      Like

    4. Klo cerita yg pesennya jgn terlalu banyak delusi ada gk? mau ane kasih jadi bahan bacaan buat srigala2.. XD

      Ya maksud ane ane pikir Iku bakal dapet krkter yg sesuai dgn dia + ceritanya happy ending, ya kyk kehidupan nyata Iku yg skrng lah, di aselalu happy brsama ane.. XD

      Ane siap2 fogging dulu klo gitu… XD

      Like

    5. Bikin aja sendiri Disney Princess ke-12 *kaya sepakbola aja XD

      Kalau versi Disney, semua ceritanya happy ending kok, tapi yang versi asli, ya model begini semua, surem XD

      Fogging apa shisa? Keren XD

      Like

    6. @Mac:
      Ini ceritaku, mana ceritamu? XD

      Miona blum ada masuk kan? gk ada yg cocok kah? XD

      ==================

      @Brokoli:
      Malah baha spuser… XD

      Foto Miona kuh. tumben? punya firasat buruk ane…
      Iya, itu batik yg ane beliin.. XD

      Like

    7. Ga tau nih, kalo liat Miona akhir2 ini kok ane jadi deg2an. Mata besarnya lucu banget, bibirnya ranum pengen ane lumat dan pipinya, pengen digosok2in ke dada ane…kyaaa malu! 🙂

      Like

    8. @brokoli, kalau itu sih salah tempat, di kamar lain kos sebelah itu XD

      @conan, Miona paling cocok jadi Rapunzel versi Tangled, tapi karena yang ane ambil karakteristik utama berambut panjang, dia out. Kedepannya no comment deh, bisa ada bisa enggak, habis gak ada Disney Princess yang psycho sih XD

      @mas, kalau sama Miona susah loh, yang punya tukang voodoo, mendingan sama kembarannya dari grup sebelah XD

      Like

    9. @Mas:
      Cih, nambah lagi satu sosok yg bakal ganggu keharmonisan Miona sma ane.. Hhhh..
      Lebay lagi delusinya.. haduh haduuuhh…
      Tuh dengerin saran miminnya, mending hembat KWnya miona dari group sebelah.. XD

      ========

      @Mac:
      Ya anggap aja Miona masih berambut panjang sperti dia debut.. XD
      Ane aja dah kangen Miona pake rambut panjang kyk dulu…

      Like

    10. Ane gak tau sih, rasanya Miona jauh lebih cocok rambut sebahu kaya sekarang dibanding pas era Barette. Keliatan lebih fresh aja dan sesuai sama struktur mukanya, plus kalau gini genjutsunya -ini istilah seseorang sih- bisa lebih keliatan. 😀

      Like

    11. @Mac:
      Ini lebih kearah kangen aja sih, Miona ane kangen rambut panjangnya, Naanya (T.T) kangen rambut pendek sebahunya..

      ================

      @Brokoli & MAc:
      kembaran terlalu tinggi istilahnya, KW aja lah, KW Miona…
      *mudah2an gk ada fansnya disini.. XD

      Like

    12. @mac
      Udah bosen min. Dulu waktu ngefans grupnya, udah ngedelusiin dia berlebihan, sampai abis imajinasi diotak. 😀
      @conan
      Ane juga kangen waktu rambut dia sebahu. Tapi, ane paling suka pas dia rambutnya kayak di koujichuu 34, kawaii max. 🙂

      Like

    13. @Mas:
      Dahsyat, ternyata member 48 ada juga yg jadi korban delusi agan.. XD

      Ane kangen rmbut pnjang soalnya klo rmbut pendek diktaian mirip terus.. XD
      Ya, yg kyk #34 juga boleh wlo sbnarnya rda mirip2 jg, pkoe panjangan dikit lah.. XD

      Like

    14. @conan, mas, ane rasa, Miona paling cocok di hairstyle sekarang. Mirip sih ya gak bisa diapa2in karena mata mereka mirip, dan itu ngasih efek mirip keseluruhan.

      Kalau dari #34, yang ane inget malah muka anehnya XD

      @brokoli, ciah baru sadar 😀

      Buat apa body cream gan? Menjurus nih XD

      Like

    15. @Brokoli:
      Ciyah… baru sadar.. XD
      Body cream? gawat si agan.. XD

      ==================

      @Mac:
      Klo matanya malah mirip matsui Rena, sama2 belok yg cantik..

      Like

    16. Hhhh…sayang ane gak punya source untuk semua foto close up member yang gede, ada sih rencana buat artikel yang intinya nge-rank member mana yang punya mata paling bagus, mulut, hidung, dll. Tapi source doang yang bikin stuck, ada yang punya link?

      Like

    17. @Mac & @Conan:
      Menurut Ane Cakula Gk Mirip Sama Miona Deh :/

      Hadeeh Ane Tanya Baik2 Malah Dianggap Menjurus. :/

      ==============================
      @Mac:
      Yang Mau Dibuatin Rank Cuma Terbatas Bagian Wajah Kah? Atau Bagian Tubuh Yang Lain Juga Ikut Dibuatin?

      Like

    18. Dikatain mirip soalnya karena hairstyle mereka, dan buat ane emang matanya sedikit mirip sih.

      Habis emang buat apa tanya2 beli dimana? Mau dipake sendiri? 😀

      Tergantung, rencana awal sih cuma itu, tapi karena harus nonton variety plus riset ratusan ribu gambar, ane rada males ngerjainnya.

      Like

    19. Menurut Ane Persamaannya Yaitu Sama2 Cakep 😀

      Mau Dipake Buat Pengganti Mayonaise 👿
      Atau Mendingan Ane Minta Dilulurin Sama Miona Aja Kali Ya? 😀

      Sampelnya Dari Satu Dua Foto Aja Gan 😀

      Like

    20. Cakep sih relatif ya, buat ane sih mereka enggak masuk kategori kirei, tapi lebih ke eye candy.

      *grab popcorn XD

      Biar satu dua tetep harus editing, belum nyari source, masuk draft jangka panjang sih, karena Princess Line sendiri baru setengah selesai.

      Like

    21. Mau bikin rank berdasarkans eluruh tubuh? wajah aja dah pada menggila srigala apa lagi selruh tubuh… klo banyak stock fogging sih silakan.. XD

      ============

      @Brokoli:
      Ane gk pernah bilang mereka mirip loh, apalgi bilang mereka kembar, makanya ane bilangnya KW.. XD

      Klo ane olesin besnin ke agan mau? setelah itu baru Miona yg sulut apinya…

      Like

    22. Rank kaki, min!!!
      1. Reika
      2. Ashurin – Oda
      3. Maiyan – Mona – Berisa
      dst 😀
      Gambarnya cuma nemu ini yg ane rasa pas, “https://goo.gl/aN7UXA” ❤

      Like

    23. @Conan:
      Entah Kenapa Akhir2 Ini Miona Kelihatan Lebih Cakep Di Mata Ane. Mungkin Karena Rambutnya Kali Yak.

      Kalo Miona Menyulut Api Nanti Pasti Bakal Ikut Kepanasan Dan Akhirnya Keringetan. Jadi Pengen Ngelihat Miona Keringetan. ❤

      ======================
      @Mac:
      Harus Official PP Kah Atau Bisa Foto Lain? Trus Harus Close Up Kah? Kali Aja Ane Bisa Bantu Cariin

      ======================
      @Mas:
      My Ashu ❤ ❤ ❤

      Like

    24. @Mas;
      Cih, dulu aja sering jadiin Oda bahan serangan buat ane, tp muji kaki Oda juga…

      =====================

      @Brokoli:
      Hhhhhh… nyulutnya akn pake kayu panjang yg ujungnya da api, jadi Miona gk perlu kepanasan..

      Like

    25. Yah, ane prioritas PP, terutama yang terbaru, biar gak terlalu subyektif.

      Dan itu adek ane yang kalian bicarakan, belum pernah divaksin mati ya? 😀
      Inget, dia masih di bawah umur!

      Like

    26. @mac:
      Ini komennya utk sapa ya, karena ane gk mau divaksin mati hanya gar2 ngerecokin adek (?) orng… ane ada 7 bini yga ahrus diurus + adek2 yg harus dibimbing sampe mereka bisa berdiri di kaki snediri dan menjalani pait dan getirnya kehidupan ini…

      Like

  3. Sekali lagi, harus digabung baru pas. Rotti suaranya, Iku cantiknya dan Zuu SEKSINYA. 😀
    Kalo cerita awalnya dark gitu, apa memang diawal pengarangnya bikin itu untuk anak2? Kalo cerita anak biasanya penuh nilai2 moral, contoh baik danlain sebagainya. Kalo kayak gini seperti buat orang dewasa, ya min?

    Like

    1. Gak kurang gede tuh “seksinya”? XD

      Karena 2 abad lalu gak ada rating usia untuk buku, dan Andersen juga gak bikin segmentasi khusus untuk Den Lille Hauvre, sulit untuk bicara soal cerita ini ditujukan buat siapa. Tapi selama dua abad, Little Mermaid selalu dianggap fairy tale.

      Like

    2. Nah, “gede” ini maknanya ambigu. Maksudnya gede tulisannya atau… XD
      Udah ah, pusing mikirin masalah 2 abad lalu. Ane nikmati yg sekarang aja. 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s