Tiana

Lebih dikenal disini sebagai dongeng pangeran kodok. Aslinya berasal dari cerita berjudul Der Froschkönig oder der eiserne Heinrich yang dipopulerkan (lagi-lagi) oleh Brothers Grimm. Asal-usul yang paling tua dari cerita ini diketahui berasal dari abad 13 dalam teks Latin yang ditemukan di Jerman.

Kisah The Frog Prince versi asli tidak banyak berbeda dengan versi Disney. Inti ceritanya berkisar pada seorang pangeran yang dikutuk menjadi kodok dan membutuhkan ciuman dari seorang putri untuk membuatnya kembali ke wujud aslinya. Dalam versi Grimm Brothers, kutukan itu hilang saat putri melempar si pangeran berwujud kodok ke tembok karena jijik.

You have to kiss a lot of frogs before you find your handsome prince

Frasa terkenal dari cerita ini, seringkali digunakan untuk menyemangati mereka yang mencari cinta sejati.

Sementara dalam The Princess and The Frog, judul asli versi Disney untuk cerita ini yang dirilis pada 2009 menawarkan cerita yang jauh lebih imajinatif ketimbang cerita asli Der Froschkonig yang terlalu sering diulang-ulang tanpa variasi cerita. Meski bukan tanpa kontra, The Princess and The Frog seolah membuktikan bahwa era film animasi 2D yang digambar tangan sudah habis.

Tapi dibalik itu, film ini meraih pendapatan $ 267 M di seluruh dunia, sukses yang ditambah respon kritik positif dan nominasi di Academy Award, namun kalah dari Up dan Crazy Heart di dua kategori nominasi. Kontroversi yang mengiringi film animasi Disney ke-49 ini juga membuatnya sekaligus Disney Princess-nya menjadi unik.

Versi Disney berkisah tentang Tiana yang hidup di tahun 1920’an di New Orleans, Louisiana.  Dia bercita-cita memiliki restoran sendiri dan bekerja di dua rumah makan untuk mencapai impiannya, yang mana sama dengan impian ayahnya, James yang kemungkinan besar sudah tewas dalam WW I.

Suatu saat, Pangeran Naveen dari Maldonia datang ke New Orleans untuk menikahi gadis dari selatan dan Charlotte La Bouff, sahabat Tiana sekaligus putri dari Eli “Big Daddy” La Bouff, pengusaha gula yang kaya menjadi kandidat terkuat untuk menikah dengan Naveen. Charlotte meminta Tiana untuk memasak beignet untuk pesta agar Naveen terkesan dan membayarnya cukup untuk membeli sebuah bekas pabrik untuk menjadi restorannya.

Sementara, Naveen dan pelayannya, Lawrence tanpa sengaja bertemu dengan dukun voodoo -this is based on New Orleans, it’d awful without a voodoo doctor- bernama Dr. Facilier yang iri pada kekayaan La Bouff, menipu Naveen dan Lawrence. Naveen dirubah menjadi kodok dan Lawrence menjadi Naveen, agar Charlotte menikahi Lawrence dan dia bisa membunuh Big Daddy dan menggunakan uangnya untuk menguasai New Orleans.

Di pesta, Lawrence dan Charlotte dengan cepat menjadi dekat. Sementara Tiana yang murung karena ada tawaran lebih tinggi untuk tempat yang direncanakannya menjadi restoran miliknya bertemu Naveen, yang kini berwujud kodok. Naveen yang salah sangka Tiana adalah seorang putri, meyakinkan Tiana agar menciumnya dan bisa kembali ke wujud manusianya.

31prin600-1

Yang terjadi bukan Naveen yang menjadi manusia, tapi Tiana ikut menjadi kodok! Keduanya beradu argumen sampai ke ruang pesta dan diusir oleh para tamu undangan yang jijik sampai ke sebuah rawa. Disana mereka tetap tidak bisa akur karena sifat dasar Tiana dan Naveen yang bertolak belakang dan bertengkar semalaman. Besoknya, saat mereka berniat kembali menemui Dr. Facilier, mereka bertemu Louis, alligator pecinta Jazz yang memberitahu akan sosok Mama Odie, ratu voodoo dari rawa.

Awalnya Louis tidak begitu berminat menunjukkan jalan pada mereka, tapi Naveen dengan cerdik bisa meyakinkannya. Di perjalanan menemui Mama Odie, mereka bertemu Ray, kunang-kunang yang jatuh cinta pada sebuah bintang yang dia kira adalah kunang-kunang lain dan dinamakannya Evangeline. Saat Ray menyanyikan serenade untuk Evangeline, Naveen dan Tiana berdansa, menyadari bahwa mereka saling jatuh cinta.

Sementara itu di kota, Lawrence yang masih dalam wujud Naveen merencanakan pernikahannya dengan Charlotte, yang akan dilakukan malam itu di Mardi Gras Parade. Saat Charlotte pergi, sihir Facilier mulai hilang dan mereka membutuhkan darah Naveen agar sihirnya bisa terus berjalan. Maka mereka memerintahkan pasukan kegelapan untuk menangkap Naveen hidup-hidup.

1e9

Kembali ke rawa, grup Naveen, Tiana, Louis, dan Ray berhasil menemukan Mama Odie. Dia menasehati bahwa mereka harus mencari tahu sedikit lebih dalam untuk tahu apa yang mereka inginkan. Naveen dan Tiana mengatakan mereka ingin kembali menjadi manusia, sebelum Mama Odie mengatakan bahwa bukan masalah yang mereka mau, tapi apa yang mereka butuhkan yang menjadi masalah.

Naveen menyadari bahwa yang dia inginkan adalah Tiana, sementara Tiana yang hidup demi impiannya tak bisa melihat sesuatu yang besar di depannya. Mama Odie menjelaskan bahwa agar Naveen bisa menjadi manusia lagi, dia harus dicium oleh seorang putri, yang mana mereka sadar adalah Charlotte, tepat sebelum tengah malam.

Mereka berempat kembali ke kota dan Naveen memberi tahu Ray tentang rencananya melamar Tiana, dia bahkan mengklaim akan merubah sifat malasnya dan mencari pekerjaan demi membantu Tiana mendapatkan mimpinya. Dalam romantic candle light dinner, Naveen menyadari bahwa Tiana menempatkan restoran impiannya dalam prioritas dan bukan dirinya, hanya untuk membuatnya semakin ingin membantu Tiana.

Sebelum sampai di kota, Naveen ditangkap oleh kaki tangan Dr. Facilier. Disana, Ray memberitahu Tiana tentang Naveen dan menyadari bahwa dirinya juga menginginkan itu. Tiana bergegas ke parade dan salah paham mengira Naveen menikah dengan Charlotte, dan mereka sudah berciuman dan Naveen kembali menjadi manusia, padahal itu adalah Lawrence yang masih menyamar dengan sihir yang diperbarui berkat darah Naveen.

Ray sementara itu, berhasil membebaskan Naveen asli yang masih berwujud kodok, dan Naveen menggagalkan pernikahan dengan meng-K.O Lawrence yang pengaruh sihirnya memudar. Sementara Ray mencuri talisman sihir Dr. Facilier dan membawanya ke tempat Tiana, meyakinkannya agar menyimpan itu dari Dr. Facilier.

Ray mati setelah dibunuh oleh Dr. Facilier sendiri saat mencoba menghalau pasukan setan, dan Dr. Facilier yang menginginkan talismannya kembali, menawarkan untuk membuat impian Tiana menjadi kenyataan dengan mantra sihir dan kembali ke wujud manusia. Tiana tergoda tapi menyadari dia lebih baik bersama Naveen, dan itu hanya jebakan Facilier.

Tiana menghancurkan talisman itu dan keluarlah spirit yang ada di dalamnya, singkatnya Facilier diseret ke neraka karena tidak bisa memenuhi hutangnya setelah semua yang terjadi. Di pesta, Tiana dan Naveen melakukan mini drama di depan Charlotte, membuat Charlotte setuju mencium Naveen agar dia dan Tiana bisa kembali menjadi manusia dan menikah.

Sayang, waktu telah lewat tengah malam, Charlotte bukan lagi seorang putri, dan meskipun mencium Naveen berulang kali, tidak ada yang terjadi. Selanjutnya, pemakaman Ray dan pernikahan Naveen dan Tiana dalam wujud kodok, dan dengan menjadi istri Naveen, Tiana menjadi seorang putri dan saat Naveen menciumnya, dia juga kembali menjadi manusia!

Keduanya lalu membuka usaha restoran yang selama ini diidamkan Tiana dengan Louis menjadi penghibur para tamu sebagai alligator pemain terompet. Scene ditutup dengan Naveen dan Tiana menari di atas atap dan berciuman di bawah sinar bulan. Tamat.

open-uri20150422-20810-2ubk2s_2034b8c2

Tiana bukan nama karakter dari dongeng asli The Frog Prince, yang sebenarnya tidak bernama. Hanya dari novel E.D. Baker yang berjudul sama di tahun 2002, namanya adalah Emma. Tiana adalah Disney Princess pertama dari keturunan Afro American, yang menimbulkan kontroversi karena dianggap mengasosiasikan orang berwarna dengan binatang.

Bukan hanya Tiana, tapi karakter pangeran yang bernama Naveen dan penggambaran komunitas kulit hitam di New Orleans pada awal abad 20 juga dinilai rasis. Nama asli untuk Tiana adalah Madeleine, atau biasa disingkat sebagai Maddy. Nama ini juga menjadi bumbu kontroversi karena menurut fakta, Maddy adalah nama umum untuk budak di masa lalu.

Tiana digambarkan sebagai gadis pekerja keras dan fokus pada tujuannya. Dia terkadang terlalu fokus pada dunianya dan mengabaikan semua sesuatu selain yang berhubungan, termasuk soal asmara. Ambisius dan keras pada dirinya, juga dipandang sebagai feminis, Tiana adalah karakter Disney Princess yang berbeda dengan sebelumnya.

Memilih tiga  member Sakamichi Series yang paling cocok menjadi Tiana cukup sulit, karena faktor pekerja keras sangat umum ditemui disini. Dan untuk karakteristik feminis, well, nyaris tak ada dokumentasi tentang hal seperti itu dalam media yang dirilis selama ini. Jadi ya memang berdasarkan pemikiranku saja.

Memilih Reika sebagai Tiana, aku akan mengatakan ini bukan sekedar karena warna kulit. Keduanya sama-sama punya karakter sebagai pekerja keras dan fokus pada impian, dalam kasus Reika adalah fokus pada perannya sebagai kapten meski dibully berulang kali -katakan saja seperti mencium pangeran kodok-. I’ll say, Reika did a good job as captain, dan dia layak mendapatkan lebih dari yang selama ini.

Himetan adalah salah satu metafora fandom darling, tapi bukan management darling, dan kerja kerasnya selama 7 single berturut-turut sebelum kembali ke senbatsu di Hadashi membuatnya menjadi sosok yang tepat untuk Tiana, kerja keras demi impian, bahkan sebelumnya aku sudah menulis khusus untuk dia. Bagaimana dia bertahan di jalannya, di bawah bayang-bayang rekan satu grup dan bahkan adiknya sendiri. Jika itu bukan kerja keras, apa namanya?

Iori memang rasanya kurang begitu cocok dengan semua karakteristik Tiana, tapi entah kenapa aku merasa mudah saja melihat Iori sebagai Tiana, pekerja keras iya -dia masuk terlambat, tapi juga dipilih sebagai senbatsu di Inochi, itu butuh kerja keras- oh well, katakan saja ini lebih pada preferensi dan imajinasi pribadi. Ada sesuatu dalam diri Iori yang mirip Tiana, meski aku juga tak bisa medeskripsikan secara jelas apa itu.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

38 Comments

  1. “kutukan itu hilang saat putri melempar si pangeran berwujud kodok ke tembok karena jijik.” Ngakaak ane pas baca ini.. pait pait pait XD

    Dari Keyaki gk ada perwakilan? Neru kyknya bisa msuk kesini klo dari segi kerja keras.. XD
    Dan harus terbatas 3 memberya? soalnya kyknya dari kemarin 3 ember terus..

    Manatsu juga masuk kyknya, masuk telat dan harus kerja keras sampe bisa sekrng, sola Himetan setuju, biacara Himetan ane jd keingt Misa2, dia juga amsuk senbatsu bareng sama Himetan kan disingle ke-7?

    Like

    1. Versi asli kadang lebih lucu dari versi Disney XD

      Ane sengaja batasin 3 member per Princess, karena gak semua bisa jadi Princess, dan Nanamin juga ane keluarkan karena cuma tinggal dua bulan lagi.

      Dan kalau masuk telat jadi kriteria untuk Tiana, enggak dong. Makanya ane bilang pemilihan member untuk Tiana paling susah, karena faktor utamanya umum dilihat. Lagian, Neru udah jadi Belle, masih kurang pak? XD

      Ya Misa pertama masuk senbatsu juga di Barette, bedanya setelah itu dia menetap, sementara Hime pergi dulu baru balik XD

      Like

    2. Mudah amat kutukannya hilang hanya gara2 dilempar kedinding… Dukun2 ane aja pada ketawa… XD

      Oh Nanamin rencananya mau dimasukin? masukin aja lah, mumpung mash jadi member, ntar klo dah lulus mau dijadiin bahan artikel apaan lagi dianya? XD

      Bukan faktor telatnya jugas ih, tpi emang ada unsur pekerja kerasnya juga… contohnya Neru, kyk di debut countdown klo ane gk salah, dikaish tau dia tetep latihan koreo dance lagu yg sebenanrnya dia gk bakal tmpil di lagu itu… dia juga jadi kyk staf yg bantuin member slm syuting mv simajo.. terharu ane sama sosok bini ane satu ini..XD

      Hahahahah, satu slot Nanamin bakal kosong, kira2 Himetan bisa jadi langganan gk ya? atau dia ahrus nelan pil pait lagi krena diisi oleh gen-2 atau gen-3… XD

      Like

    3. Bicara soal dukun, setting cerita The Princess and The Frog di New Orleans, daerah asal voodoo di Amerika loh XD

      Enggak, Nanamin enggak masuk, kalau iya toh ane masukin di Belle. Buat apa ngasih sesuatu yang manis untuk sesuatu yang bakal jadi pait XD

      Tetep aja, ane rasa Neru bukan tipikal Tiana yang fokus sama impiannya. Dia pintar, tapi itu karakter utama Belle.

      Untuk sementara ane rasa iya, kalaupun diganti mungkin Ranze yang bakal isi posisi dia.

      Like

    4. Iya, pas baca artikel ini ane dah ada rencana buat ke sana bareng tim dukun2 ane, mana tau dapat ilmu yg bisa membasmi wabah srigala.. XD

      Ya bentuk penghormatan gitu… atau dibikini artikel khusus gitu.. XD

      Neru tipikal yg fokus sama impiannya kok, buktinya dia masih setia sama ane meski banyak srigala yg menyerang dia krena mimpi utama dia adalah menjali kelaurga nan bahagia sama ane dan 6 bidadri laennya.. XD

      Ranze? Miria aja lah.. XD

      Like

    5. Duit ada duit buat kesana? #menusuk XD

      Mungkin kalau tanggal terakhirnya udah deket baru ane bikin.

      …Iya aja lah XD

      Miria masih jauh, dia masih di galaxy far far away… XD

      Like

    6. Jagn samain keadan ane sama keadaan situ dong.. XD

      Itupun klo masih inget, khawatir aja ane soal U situ.. XD

      …Emang iya.. XD

      Dengn dukungan dari abang, kakk iparnya dan doa para fans, jarak itu gk akan terlalu jauh lagi #Ahhay… XD

      Like

    7. Loh kan ane cuma tanya XD

      Bukan U yang jadi masalah, tapi D XD

      Selama klaim ane gak dilangkahin sih, iya aja lah XD

      Tetep masih butuh tahunan buat Miria bisa jadi pesaing senbatsu. XD

      Like

    8. Nanya jgn soal yg lebih tepat dipertanyakan ke keadaan agan dong.. XD

      Nahkan curhat soal perih getarnya kehidupan agan XD

      Dah kesekian x ane bialng, ane bukan sosok gitu.. XD

      Mudah2an dia dah msuk senbatsu sbelum ane mutusin grad dari dunia ngidol XD

      Like

    9. Halah, sesama juga XD

      Kebanyakan draft, tapi kuota mepet, gimana mau selesai XD

      Grad? Abang yang gak bertanggung jawab! Huh! Adiknya ditinggalkan begitu aja! XD

      Like

    10. Nah kan da ane duga, selalu aja mempersamakan nasib antra ansib ane sama gan, pdahal kita tuh beda tawuu.. XD

      Ini komen sesi curhat ya? XD

      Kan ane pengen Miria jadi sosok yg mandiri, lagian ane gk bisa selalu disampingnya karena ane harus mengurus 7 bidadari ane… Ane yakin Miria bisa jadi sosok mandiri kok layaknya ane, abangnya XD

      Like

    11. Iyalah beda, ane bini cukup satu, situ tujuh XD

      Semua karena jadwal Sakamichi yang terlalu padat XD

      Kok ane geli2 gimana gitu ya bacanya XD

      Like

    12. Ya itu krena kemampuan kita berbeda.. XD

      Akhir tahun emang menyusahkan.. XD

      Kok geli? iri ya gk bisa didik adek2nya kyk ane ngedidik Miria/ XD

      Like

    13. Kaya superhero sama supervillain aja XD

      Berefek ke dompet banget soalnya XD

      Iri? Gak deh makasih, didikan ane udah sedemikian bagusnya sampe bisa ngerubah Ashurin yang dulu dikatain kucel jadi komoditas panas buat serigala XD

      Like

    14. “Iri? Gak deh makasih, didikan ane udah sedemikian bagusnya sampe bisa ngerubah Ashurin yang dulu dikatain kucel jadi komoditas panas buat serigala” <- Agan buka kelas kursus tata rias? XD XD XD XD

      Like

    15. Di kehidupan sebelumnya ane belajar jadi make up artist dari tukang make up Cleopatra VII dan jadi pembentuk kepribadian dari Julius Caesar XD

      Makanya ane bisa sulap Ashurin jadi memukau kaya sekarang XD

      Like

    16. Kehidupan sbelumnya? maksudnya yg skrng tuh ahsil reinkarnasi? ternyata jauh lebih tua dri yg ane duga XD

      Like

  2. Terus terang, bingung ane ceritanya. Tapi kayaknya ane ada filmnya, pemberian adek ane. Mungkin ini film pangeran kodok yg sama, ntar liat dulu. 😀
    Reika, pekerja keras, terlihat dari kakinya, dan setuju kalo dia punya peran penting di Nogi meski sering dikatain ponkotsu.
    Himetan, setuju juga. Mungkin esensi kerja keras berbuah ranum ada didirinya.
    Iori jelas juga. Sempet dipush sama mnjmn, gagal, lalu dia berjung, dan ane liat, dia tampil di lumayan banyak majalah akhir2 ini.
    Tapi, kalo kerja keras berarti mimin pake yg Disney? Kalo cerita aslinya kan cinta tanpa pandang bulu. Kalo ini member yg pas mungkin Ikoma ya? Dia kayaknya akrab dengan sapa saja, gen 1, 2, dan 3, setelah liat dia foto bareng Momo. Atau, Nanase? Dia juga lumayan akrab.

    Like

    1. Kaki lagi kaki lagi 😀

      Ya habis versi asli gak ngasih gambaran jelas soal karakter yang bagaimana, jadi ya ane ambil versi Disney. Untuk Ikoma, ya dia masuk draft awal Tiana, tapi ane berubah pikiran di tengah jalan, ada yang lain yang lebih cocok untuk dia.

      Like

  3. Ane Setuju Sama Reika Dan Himetan. 🙂
    Tapi Ane Mau Menominasikan Satu Member Lagi Yang Menurut Ane Sangat Cocok Dengan Karakteristik Tiana Yang Pekerja Keras, Fokus Pada Tujuan, Ambisius Dan Keras Pada Dirinya Yaitu Ikoma 🙂

    Like

    1. Nah kan, ane tahu Ikoma pasti jadi rekomendasi untuk Tiana. Dan bukan diskriminatif atau apa, tapi ane punya karakter lain di kepala soal siapa Disney Princess yang cocok untuk Ikoma, bukan Tiana. 😀

      Like

    2. Soalnya Ketika Baca Karakteristiknya Tiana Yang Seperti Itu, Nama Ikoma Langsung Terlintas Di Benak Ane. Kalo Reika Merupakan Nogi Captain Di Depan Layar, Ikoma Merupakan Nogi Captain Di Balik Layar. 🙂

      Like

    3. Ikoma lebih cocok di Princess lain kalau menurut ane, dan ini ane mencoba untuk gak bias sih.

      Dan lagi rada susah liat Ikoma sebagai Tiana, karena karakter dasarnya yang berisik, beda sama Tiana yang lebih dewasa. 😀

      Like

  4. Yey,yoona snsd Kw super masuk jd putri 😀
    Udah gan tuh para gadis yg kbagian jd princess bungkus trus buatin principal lgi tp edisi sakamichi series jd biar tmbah greget persainganx. 😀
    Principalx macam series amrik tuh “once upon a time”.

    Like

    1. Si kapten gan, kmren pas dinogichu dandananx kpop bner pa lgi pas edisi outdoor date outfit. Makin mrip ama yoona 😀
      Itu keya ama nogi dgabung buat principal lg tp g 16 nin tp dtmbahin jmlahx entah 21 nin ato brapa gtu kek 😀

      Like

    2. Wah baru nih Reika dibilang mirip Yoona 😀
      Kok rada gak ikhlas ya 😀

      Oh gitu, tapi ya susah rasanya, karena status Principal sendiri sekarang gak jelas…

      Like

    3. Ane liatx sih gtu 😀
      Gk ikhlas yg gmn nih gan? Kearah baik apa bruk?
      Yah emg disyangkn principal udah g ada tp klo kt member mrk brsyukur krn udah g hrus diadu lgs.

      Like

    4. Soalnya Yoona tetap bakal jadi Goddess buat ane, jadi manusia gak bakal bisa sama levelnya 😀

      Joshiraku juga cukup nanggung, untung untuk Under ada stage play sendiri.

      Like

    5. Agan SONE jg trnyata ye… 😀
      Klo nrut ilmux agan mastoppu mrk sma2 msuk kaki indah gan 😀
      Reika akhir2 ni smakin georgous dmata ane, dy ccok polem gtu lbih mature asalkan g ngomong aja ponkotsux g kliatan.
      Yah tahun ini under amat sgt diberdayakan ane ikut sneng.

      Like

    6. Sebelum masuk Sakamichi, bertahun2 di SONE soalnya ane 😀

      Mungkin Reika udah mulai tobat tingkahnya gak se-over dulu lagi 😀

      Teori ane, massive push ke Under tahun ini mungkin bakal jadi blueprint buat konsep H.Keyaki nantinya.

      Like

    7. Wah veteran dong 😀
      Emg skarang full sakamichi, g SONE lg?
      Mngkin kapten udah mulai sdar klo dy g boleh ponkonsu slamanya krn member2 yg ngayomi udah pda grad smua.
      Massive push? Masa sih gan…
      Under smpe ttik saat ini jg krna usaha mrk sndri jd emg udah saatnya mrk dpat sorotan. Tp emg pngelolaan under nogi yg terbaik buktinya tuh sih karin walopun baris buncit punya acara sndiri. Sassuga karin-chan 😀
      Blueprint? Katanya hiragana mw dbuat beda konsep…

      Like

    8. Ane masih menantikan mereka kembali kok, tapi untuk sementara ini, ane cukup bahagia dengan mengenang OT9.

      Atau dia juga rencana grad dalam waktu dekat.

      Ya massive karena dari hirarki apa yang didapat Under kurang lebih sama dengan senbatsu, dan ini alasan kenapa ane bilang blueprint untuk H.Keyaki. Kalau udah terbukti bikin Under Nogi punya push yang sedikit diatas hirarki seharusnya, ya konsep ini bakal diteruskan H.Keyaki

      Like

    9. Belom bisa move on dri jessica jung y gan 😀
      Reika grad?
      Hemmm,jgn dululah gan ane blom move on dri nanamin masa reika jg 😦
      Klo msalah grad2an feeling ane musim panas dpan maiyan yg grad.
      Waduh udah smpe hirarki sgala,ane g sanggup gan nyerah ane. Iyain aja dah 😀

      Like

    10. Bukan belum bisa move on, karena ane sadar di dunia girl group opsi terbaik ya bubar dengan jumlah member yang sama, kaya Spice Girls, atau ganti member/keluar. Jadi yah, karena rilisan kaya Party, Lion Heart, kurang oke di kuping ane, ane tetap bakal cheerish OT9.

      Mungkin Maiyan, atau mungkin member lain. Prediksi ane paling gak ada 3-4 member grad tahun depan.

      Like

    11. Yah emg klo girl group emg bgtu makax pas 2ne1 dnyatain bubar antara siap g siap tp 2ne1 g lngkap tnpa dance machine minzy.
      3-4 mmber bnyak amat gan, taon dpan bakal jd taon brkabung dong. 😦
      Jgn segitulah,ane tawar jd 2 aja gmn? 😀 Maichun ama maiyan
      Tp spertinya sayuringo blom kpikiran lulus lha wong dy masih 13 thn kn… 😀

      Like

    12. Praktis generasi kedua girl group KPop yang masih bertahan cuma Soshi & WG, itu pun susah payah buat dapetin fans baru…

      Ngapain ditawar ke ane gan ke LLC aja langsung 😀 dari 3-4 member yang ane prediksi itu udah termasuk unexpected graduation, tapi belum masuk mereka yang bisa layu sebelum berkembang a.k.a Gen 3.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s