There’s Always Another Rainbow

Perjalanan Nogi tahun ini bisa dibilang menarik, karena di satu sisi adalah titik balik selama 5 tahun terakhir sekaligus juga tahun dimana untuk pertama kalinya, nama besar pergi dari grup. Bukan hanya satu, melainkan tiga member sekaligus grad/mengumumkan graduate tahun ini dan dua diantaranya adalah monster, pilar Nogi sejak awal terbentuk. Maka kali ini adalah tentang perjalanan Nogi tahun ini, dalam versiku sendiri, #SakamichiThisYear. Quite a roller coaster year for them, but there’s always another rainbow.

Frasa ini terkenal sebagai salah satu quote dari Scrooge McDuck, penggunaannya yang paling terkenal adalah panel terakhir dari cerita The New Laird of Castle McDuck, bagian kelima dalam seri The Life and Times of Scrooge McDuck, 12 seri karya Don Rosa yang mengisahkan perjalanan dari masa kecil Scrooge hingga dia bisa menjadi bebek terkaya di dunia.

the-life-and-times-of-scrooge-mcduck-05-00
Chapter 5 : The New Laird of Castle McDuck

Aku sendiri menganggap quote ini cukup tinggi, dalam artian kita tidak akan gagal untuk selamanya, selalu akan ada pelangi lain untuk dinikmati, bahkan jika kita sudah menemukan pot emas di ujung pelangi. Percayalah, Duck Universe menyimpan cerita yang lebih banyak, lebih menarik untuk diresapi, apalagi karya Don Rosa. Rosa menulis ceritanya berdasarkan kisah nyata, seperti Lost Libraries of Alexandria atau sci-fi. Dan percaya atau tidak, Donald Duck melakukan perjalanan mimpi dengan Scrooge lebih dulu dibanding DiCaprio dalam Inception, menggunakan konsep yang nyaris sama persis!

Dan kenapa perjalanan Nogi tahun ini sama seperti cerita anak-anak? Karena aku penggemar Duck Universe? Karena Scrooge adalah antihero terbaik dalam sejarah komik? Lebih dari itu, ada kemiripan (dan harapan yang tersimpan untuk 2017) antara The New Laird of Castle McDuck dan perjalanan Nogi di 2016 ini. Apa itu, well, lanjut ke selanjutnya.

Di chapter ini, setelah Scrooge mendapat $10.000 di Amerika, dia kembali ke Scotland untuk membantu menyelesaikan krisis keluarganya. Kastil McDuck, peninggalan klan McDuck dari nenek moyang mereka dalam bahaya pengambilalihan oleh musuh lama klan McDuck, Whiskerville setelah pajak kastil tidak terbayarkan setelah bertahun-tahun. $10.000 yang dibawa Scrooge bisa melunasi pajak mereka dan kastil McDuck akan selamat.

Nogi kehilangan dua member pilar mereka, Maimai dan Rarin tahun ini, tahun depan dipastikan setidaknya satu akan pergi. Bahkan untuk ukuran Nogi, graduate rate tahun ini cukup rendah, hanya 2015 kita melihat rate lebih rendah. Tapi dari 3 member yang grad/mengumumkan grad tahun ini, semuanya adalah member yang menjadi pilar bukan hanya di variety saja, tapi berperan cukup besar di balik layar dan individual jobs yang memastikan Nogi tetap berada dalam radar publik.

Perginya Rarin di awal tahun adalah pukulan untuk Under, karena dia termasuk pemimpin di Under. Kekosongan yang ditinggalkannya ditambah naiknya Miona dan Himetan, plus Kiichan ke senbatsu, dan hanya temporary diisi oleh SayuMari di Hadashi. Sementara untuk Nogi, Holy Mother juga pergi tak lama kemudian. Sebagai sosok dewasa yang dicintai fandom, perginya Maimai adalah pukulan paling telak, karena dia adalah member pertama yang grad dengan status Fukujin.

Dengan kata lain, baik Under dan Nogi secara keseluruhan di awal tahun ini dalam ancaman untuk kehilangan arah (dan mimpi 1M) meskipun hanya sementara, dan benar saja, dengan hadirnya Keyaki, Nogi malah membuat kesalahan seperti merilis Harujion ga Sakukoro saat Keyaki merilis SiMa.

the-life-and-times-of-scrooge-mcduck-05-01

Dua anggota klan Whiskerville berencana mencuri cek dari Scrooge dan membuatnya mati untuk sementara waktu. Ya, mati, Scrooge sempat pergi ke alam sana dan bertemu para nenek moyang dari klan McDuck juga mendengarkan kisah masa depannya sekilas. Pada akhirnya dia berhasil kembali ke dunia fana dan mendapatkan kembali cek yang dicuri dan kemudian meminta ayahnya, Fergus untuk membayar pajak malam itu juga.

Di pertengahan tahun, Nogi terlihat mulai limbung dari serangan adik mereka sendiri. Kepergian dua member sekaligus terlihat cukup mempengaruhi Nogi. Langsung setelah keduanya pergi, Keyaki datang dengan kekuatan yang tidak disangka-sangka. Bisa dikatakan Keyaki dalam sekejap merebut hati publik lewat SiMa yang bisa dibilang unorthodox untuk kelas idol.

Ditambah lagi, Harujion sama sekali tak berkesan sebagai rilisan yang tepat. Sebagai single mungkin cukup bagus, tapi dirilis disaat Nogi butuh sesuatu agak tidak kalah dari adiknya, yang merilis SiMa hanya selisih dua minggu dari Harujion dan langsung meledak. Tak perlu dikatakan, musim semi 2016 adalah momen dimana Keyaki membuat Nogi babak belur, dalam hal ini Keyaki adalah Whiskervilles dan Nogi adalah Scrooge.

Apalagi setelah Nogi kehilangan Rarin dan Maimai, selanjutnya adalah single yang selalu menjadi kutukan untuk Nogi. Summer Single kelima. Tidak pernah ada summer single yang berhasil membawa purple line Nogi dengan baik, dan summer single terbaik Nogi masih Girl’s Rule, yang dirilis tiga tahun sebelumnya, maka kekhawatiran akan nasib Nogi semakin memuncak.

Manajemen pun terlihat berusaha agar Nogi tidak begitu kalah dari Keyaki yang atensi publiknya sedang meningkat dan membuat keputusan berani dengan membuat Ashurin menjadi center baru Nogi, mungkin dengan harapan agar bisa membuat image Nogi lebih fresh dan bersaing dengan Tecchi. Cukup berhasil, karena Hadashi de Summer bisa membuat Nogi tidak bertekuk lutut di musim panas. Justru menurutku pribadi, Nogi mulai membuka mata dan telinga untuk mendengarkan fandom yang menginginkan regenerasi meski hanya sedikit.

the-life-and-times-of-scrooge-mcduck-05-13

Setelah itu Fergus menemui Scrooge di sebuah menara dan mengatakan bahwa setelah pajak kastil McDuck dibayar, maka kastil klan aman dari ancaman pengambilalihan. Scrooge melahirkan quote yang menjadi judul artikel ini kemudian, menyadari bahwa dia tidak akan gagal untuk selamanya, dan pelangi adalah omen baginya untuk kembali mengejar peruntungannya.

Bagian ini adalah kembalinya Nogi ke jalur yang benar untuk mengimbangi Keyaki. Hadashi de Summer membawa nuansa summer yang lebih baik daripada dua tahun terakhir, dan kemudian Sayonara no Imi yang meski adalah single terakhir Nanamin, levelnya jauh diatas Harujion ga Sakukoro dan sama sekali tak mengecewakan.

Nogi berhasil menyelamatkan 2016 dari kesalahan di awal tahun, bangkit, dan lived as their name hingga kembali datang ke panggung Kohaku. Album kedua yang dirilis sebelum Hadashi sudah tanda bahwa mereka masih punya sesuatu untuk bersaing. Selain itu dengan membuat Ashurin menjadi center, harapan untuk sesuatu yang baru sekaligus omen untuk masa depan Nogi. Bahwa selalu ada pelangi lain, selalu ada hal baru, target baru untuk dikejar.

Sayonara no Imi adalah pelangi baru, awal mula untuk Nogi menghadapi tahun depan dengan lebih pasti. Nanamin akan pergi, Nogi akan mengalami kesusahan tentu tanpa figur populer sepertinya, tapi setelah Maimai, mereka pasti tahu cara melewatinya. Dan juga persiapan jika ditinggal oleh top member lain. Bahwa mereka tidak boleh menyerah meski mengalami kegagalan.

the-life-and-times-of-scrooge-mcduck-05-15 Begitulah, jika dilihat, perjalanan rollercoaster Nogi di tahun 2016 ini memang membawa pahit dan manis. Bisa kukatakan saat merencanakan menulis artikel kaleidoskop Sakamichi tahun ini, The New Laird of Castle McDuck melompat ke benakku. Disini Scrooge menyadari fakta bahwa garis darahnya membawa tanggung jawab besar. Sebagai McDuck terakhir -well, dalam cerita ini belum, karena Fergus dan Jake masih hidup- dia juga mendapat pengakuan dari nenek moyangnya di alam sana yang membuatnya tidak jadi mati.

Scrooge juga tidak ingin menyerah pada kehidupannya yang sampai pada cerita ini selalu gagal. Nogi mengalami sedikit hambatan di awal tahun ini, tapi berhasil bangkit di pertengahan tahun hingga akhir tahun. Dan akhirnya Scrooge menyadari jalan yang ditakdirkan untuknya, meski masih memakan waktu bertahun-tahun sebelum dia sukses. The New Laird of Castle McDuck juga adalah chapter kelima, sesuai dengan Nogi yang menjalani tahun kelima.

Nogi juga mendapatkan waktu terbaik mereka sejauh ini setelah 5 tahun, dan perginya dua member memberi Nogi sesuatu yang benar-benar baru. Kehilangan itu diperlukan untuk membuat Nogi bertahan, karena itu formula utama di dunia idol Jepang. Sesuatu yang menyebalkan tapi tak bisa dihindari. Tahun depan, perginya Nanamin jelas akan membawa sedikit hambatan bagi impian 1M Copy, tapi justru itu yang menjadi 2017 layak ditunggu. Yang perlu mereka lakukan adalah memahami bahwa there’s always another rainbow.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

80 Comments

  1. Setelah baca dan akhirnya yg membuat sangat penasaran malah duck univers nya pernah baca beberapa yg diterjemahin indo itupun masih jaman TK ada yg inggris tp karna ane anak desa mengenal inggris juga pas kelas 4 sd dan anak desa lebih suka main petak umpet daripasa baca komik. wkkwkw

    Like

    1. Ane Dulu Pernah Punya Komik Donald Bebek Ada Mickey Mouse-nya Juga Tapi Udah Hilang 😦
      Salah Satu Story-nya Adalah Tentang Penculikan Cula Badak. Kira2 Tau Gak Itu Komik Volume Berapa Atau Chapter Berapa Gan? Lagi Pengen Nostalgia Nih

      Like

    2. Kalau versi Indonesia, banyak adaptasi dari versi Italia atau Eropa. Ane kurang tau deh, ane cuma ngikutin dari Amerika, terutama karya Carl Barks, Romano Scarpa, sama Don Rosa.

      Selain itu banyak yang diulang2 ceritanya, padahal gak masuk album ADB nostalgia, tapi ADB reguler. Pernah ane punya beli bekas dari awal 90’an sama pertengahan 2000 ceritanya sama.

      Like

    3. Setelah Bac Artikel Ini, Ane Jadi Pengen Baca Komik Donald Bebek Punya Ane, Tapi Waktu Ane Cari Di Rak Komik Ternyata Gak Ketemu 😦

      Makanya Ane Tanya Volumenya Ke Agan Biar Ntar Kalo Ke Gramed Gk Harus “Njebol” Bungkus Plastiknya Dulu 😀

      Like

    4. ADB sih gak ada volume gan, ya satu edisi itu ceritanya beda2. Formatnya kan kaya majalah. Kalau yang edisi komik palingan Poket Paman Gober sama Edisi Tematis, tapi tau deh sekarang masih ada apa enggak.

      Kalau mau gampang sih ke toko online aja, lumayan lengkap murah pula.

      Like

    5. Iya Maksud Ane Gitu, Satu Edisi/Buku Itu Ane Nyebutnya Volume.
      Seinget Ane Komiknya Donald Bebek Itu Tebelnya Dan Lebarnya Sama Kayak Shonen Jump Magazine.

      Masalahnya Ane Lupa Judul Chapter Yang Mau Ane Cari Ini Gan :/

      Like

    6. Gak setebel majalah Jepang juga sih, kalau ADB reguler cuma setebel BOBO kali. Kalau yang Donald Speaks English emang lebih tebel.

      Murah2 kok, tapi biarpun ingat volume berapa juga itu gak selalu ada barangnya.

      Like

    7. Seinget Ane, Komik Donald Bebek Punya Ane Itu Gak Setipis Majalah Bobo Deh Gan :/

      Kalo Udah Hobi Mah Urusan Dana Bisa Diatur Asal Harganya Gk Keterlaluan. Kalo Ukuran Komik Harga Seperempat Juta Itu Udah Termasuk Keterlaluan (Kecuali Bundel Beberapa Volume) 😀

      Like

    8. Ukuran majalah besar kan, bukan ukuran komik?

      Komik paling mahal yang pernah ane liat itu Crisis of Infinite Earth-nya DC Comics punya kenalan, sampe dipigura segala wak. Ane tanya harga cuma disenyumin, yang ane tau artinya “ini mahal” 😀

      Like

    9. Barusan Ane Coba Cari Di Gudang Tetep Komik DOnald Bebek Ane Gk Ketemu 😦
      Untungnya Ane Berhasil Menemukan Komik Onslaught Yang Udah Lama Hilang Dari Rak Jadi Gk Begitu Kecewa 😀
      Kalau Gak Salah Ukurannya Komik Donald Bebek Itu Sama Kayak Komik Onslaught. Ukuran Komik Onslaught 23.5 cm x 15.5 cm
      – Komik Onslaught Ane https://goo.gl/z9giXw

      Kalau Sampe Di Pigura Berarti Jarang Dibaca Dong :/

      Like

    10. Berarti mungkin punya agan itu edisi Nostalgia kalau ukurannya besar dan gak setipis Bobo.

      Dipigura karena Crisis on Infinite Earths itu komik paling epik dari DC, ngalahin Death of Superman atau Prelude to Infinite Crisis. Langka juga karena punya kenalan ane asli dari Amerika.

      Like

    11. Bener berarti itu edisi Nostalgia. Semua komik Walt Disney itu berwarna, cuma Edisi Nostalgia diprint hitam putih, bukunya rada tebel, dan ceritanya bukan mayoritas Barks, Rosa, atau Scarpa.

      Ngomongin komik ane malah jadi berburu link 😀

      Like

    12. Hahahaha, oke2 gan. 😀

      Ane paham perasaan itu karena dulu pernah ngalamin juga, kehilangan album edisi Nostalgia yang ada salah satu cerita Scrooge paling klasik: The Money Well, butuh bertahun2 sebelum ane bisa baca itu cerita lagi.

      Like

  2. Klo bicara soal rainbow, ane cuma inget yg ini.. https://goo.gl/GTOChS XD

    Pilihan Nogi untuk mencoba bangkit melalui Ashurin gk terlalu buruk…
    Yg jelas Sakamichi sama2 saling member pengaruh positif, Nogi berusaka lari dari kejaran sang adik, Keyaki sbg sang adik berusaha mengejar sang kakak XD
    Tinggal gimana 2 groyp ini menghadapi rintanagn, terutama Nogi yg mungkin bada grad masih menghantui..

    Like

    1. Foto gurunya dipajang… XD

      Seengaknya, musim panas ini gak disastrous kaya 2015.

      Tinggal kaleidoskop Keyaki yang bakal ane rilis sebelum Christmas Eve, asal gak ada halangan kaya Bunshun sebelum itu…
      Untuk Keyaki gak bakal pake materi Duck Universe, jadi gak begitu rumit XD

      Like

    2. Guru besar XD

      2015 apa, taiyou knock ya?
      Bunshun tuh mau cari untung aja, Keya lagi naek = skandal (gk jelas) = untung besar mereka…
      Pake kartun kekinian lah, spongebob tuh, request ane dari dulu.. XD

      Like

    3. Mahaguru XD

      Ya Taiyou Knock+Ikoma+Bemars, formula yang tepat…

      Kira2 apaan yak? Pengen jadi bandar judi ceritanya, tebak2an skandal macam apa XD

      Apa hubungannya Krabby Patty sama member Sakamichi ayo? Kalau ada ane usahain bikin dah XD

      Liked by 1 person

    4. XD

      Padahal ane dah dari ekmarin lagi muter ulang drama Benars lagi disela-sela waktu XD
      baru smpe ep 8 nostalgianya XD

      Skandal Manaka keluar dari markas diam2 XD
      Skandal Berika yng salah msuk ke kamar ibu kos.. XD
      atau skandal Nanako yg ambil jatah kotak nasi lebih dari seharusnya.. XD

      Sama2 enak dan dicari2 XD
      Atau samakan LLC dengan tuan krab, LLC bangn Nogi gk langsung terkenal kyk sknrg sama kyk usaha tuan Krab, terus, sama2 pelit.. XD

      Like

    5. Wew, episode 8? Ane aja cuma liat 4-5 episode mulut udah berbusa XD

      Kalau Mona emang katanya kan itu skandal beneran yang bakal diangkat Bunshun…
      Untung ibu kos, bukan salah masuk kamar bapak kos XD

      Itu lebih mirip Scrooge daripada Mr. Crabs, Scrooge kan direktur eksekutif LLC. XD

      Like

    6. Yah ketimbang nonton yg enggak2 XD
      Lagian sayurin masih tetep bisa bikin ane ngakak liat krakter dia di drama itu.. XD

      Padahal Manaka gk sendirian, pas itu dia ketemu sama ane n berika,neru, n ue yg lagi berwisata berempat.. XD
      kamar ibukos ya kamar bapak kos juga lah, masak iya mereka tidur pisah.. XD

      Jadi apa dong yg bisa dibahas dari spongebob utk dijadiin bahan sakamichi? *malah balik nanyak XD

      Like

    7. Yang enggak2 itu contohnya apaan? #polos XD

      Anjir ane lost sebentar baca ini comment, taunya akhirnya zonk XD
      Nah itu ngapain Berika nyasar kesana? Bikin imajinasi jadi gak polos nih XD

      Kalau gak nemu ya ane gak bikin XD

      Like

    8. Yg enggak2 itu ya contohnya nonton my little pony *dah lama gk up soal ini XD

      Hahahaha, makanya konsen dong, jgn mikirin isi dompet aja..XD
      Mungkin Berika sedikit kena guna2 bapak kos yg ganjen.. untung ada ane yg nyadarin Berika.. XD

      Ah gk kreatif nih.. XD

      Like

    9. Coba googling “There’s always another rainbow”, liat hasilnya XD

      Hari gini dompet? Draft kali pak XD
      Nyadarin Berika biar dia cari sinyal wifi aja? XD

      Kalau ane kreatif, ane gak jadi pegawai, mendingan buka usaha sablon XD

      Like

    10. Busyet dah, MV my little pony.. XD

      Oh iya ya, situ lebih banyakan drft XD
      Iya, ketimbang pikiran dia kosong terus kena guna2, mending cari wi-fi.. XD

      Makanya, belajarlah dari mahaguru https://goo.gl/ivn2Bi XD

      Like

    11. Pas ane cari Addendum untuk The Life & Times of Scrooge McDuck, ane juga kaget kenapa nemunya itu XD

      Tren 2017: Draft bakal lebih memusingkan daripada Duit XD
      Itu sih namanya ente memanfaatkan Berika XD

      Linknya gak bisa dibuka…

      Like

    12. Semoga aja bukan masalah serius.
      Mona udah ane resmiin jadi adek baru di Keya. Jadi, formasi bidadari Keya ane udah pas, 3 member, mirip Charlie’s Angels. Atau, kalo ditotal di Sakamichi Series, sebelumnya udah ada 5 member di MasToppu Rangers 46. Mona ini seperti Tommy, Ranger ijo/putih yg gabung belakangan. 😀

      Like

    13. @conan
      Coba baca lagi komen ane, “3 bidadari Keya”, artinya pas kan, Ue, Oz, Mona. 😀
      @mac
      Ane ga main asal klaim. Ane emang tertarik sama dia, setelah liat individual PV single pertama. Tiba2 aja, perasaan itu menguat beberapa minggu lalu. Jadi, ya udah ane jadiin adek.
      Rangers ane masih jalan dan siap bertugas membantu ane melindungi member Nogi dan Keya dari serangan serigala. 😀

      Bicara soal Bunshun nih, kalo minggu ini ga muncul, apa minggu depan, pas sebelum Kouhaku? Kalo beneran, pasti ada pukulan telak buat Keya. Mental mereka beneran diuji.

      Like

    14. @Mas:
      Disini Iyain aja deh, tpi jauh dilubuk hati ane yg terdalam, gk akan percaya ane.. XD

      Acuhin aja itu bunshun, atau mungkin ada instruksi dari manajemen buat member gk buka2 sosmed dan lebih fokus latihan menuju kouhaku… mental member setidaknya dah teruji soal baju kemarin, dan pasti manajemn juga tau isu2 bunshun ini dan punya formula buat menghadapinya… bunshun si pembuat onar…

      Like

    15. Mona emang Mini Cooper, dilihat sekilas udah menarik, dilihat lebih dalam makin menarik. 😀

      “melindungi member Nogi dan Keya dari serangan serigala” kayanya ada yang salah kalau @MasToppu yang bilang ini XD

      Well, kalau Bunshun rilis minggu depan, gak akan jadi “Merry Christmas & Happy New Year” untuk Keyaki. Tapi ya liat aja.

      Like

    16. Ane malah kebalik, awal2 dulu sempat suka liat (sekedar suka, gk lebih) Miona tpi cuma sesaat, habis itu biasa aja, dan kyknya ane pernah komen kyk gini seblumnya dikosan ini..

      ““melindungi member Nogi dan Keya dari serangan serigala” kayanya ada yang salah kalau @MasToppu yang bilang ini” <- bukan kayaknya, tpi emang salah XD

      Yg jelas ane dah siapin bahu ane buat Berika, Ue dan Neru 🙂

      Like

    17. “Ane malah kebalik, awal2 dulu sempat suka liat (sekedar suka, gk lebih) Miona tpi cuma sesaat, habis itu biasa aja” <~ Bukti Mutlak Kalo Miona Emang Milik Ane Seorang 🙂

      Like

  3. Harapan ane sih, semoga Nogi bisa ngerilis single yang musiknya kayak inochi. Ane pernah berandai, kalo misal yang rilis tahun ini itu inochi sementara keyaki juga ngerilis sima, kira-kira sima bakal kebanting atau gimana?

    Like

    1. Inochi vs SiMa dalam waktu bersamaan? Ada dua kemungkinan:

      Nogi dan Keyaki gak akan se-distinguishable sekarang
      Keyaki bakal ada dalam bayang2 Nogi, sama kaya 48G

      Like

    1. Ane kira cuma ane satu2nya makhluk di Indo yg gak gaul dgn gak tau “om telolet om”, ternyata miminnya juga XD

      Like

    2. Sama kaya PPAP kemarin sama2 ngeracunin sosmed. Bedanya PPAP ane masih bisa ketawa tapi om telolet om bikin ane bingung “APAAN SIH?” XD

      Like

    3. PPAP aja ane taunya pas si pikotaro tampil bareng sama keyaki di sanma kouhaku, sebelum2nya males buka linknya XD

      Like

  4. Hadirnya Gen3 ga dimasukin min?
    Kalo ane liat, tahun ini mnjmn Nogi kayaknya antara panik dan salah perhitungan. Panik karena awal tahun, 2 member penting grad. Tapi pas Nanamin grad, mereka kayaknya udah siap. Salah perhitungan karena Keya bisa melesat kencang dan Centernya bener2 hebat.
    Yg ane liat juga, lagu Nogi temponya sama semua tahun ini. Aransemennya juga hampir mirip, dentuman bass drum yg terus2an ala EDM. Kayaknya itu ciri Nogi, ya? Tapi, ini yg juga buat Nogi tahun ini agak ngebosenin buat ane. Tertolong sama under dan couplingnya.
    Tahun depan bisa dibilang tahun penting Nogi. Gimana mnjmn ngepush member yg kurang diperhatikan, bakalan jadi gambaran langkah Nogi selanjutnya di jagad idol.

    Like

    1. Fokus sama perjalanan naik turun tahun ini, Gen 3 enggak termasuk ngasih impact yang gede soalnya. Gen 3 lebih ke omen untuk tahun depan.

      Entah belum siap atau Keyaki di luar dugaan atau emang itu skenario manajemen; slow down ngasih jalan buat Keyaki dengan image yang beda dari Nogi. Gak niru formula 48G yang bikin grup adeknya malah tenggelam karena konsep yang diulang2.

      Purple Line Nogi kan emang gitu, pattern yang sama terus, musik yang begini, ya mau gimana lagi namanya image. Eksperimen ya cuma di Coupling.

      2017 bisa jadi masa transisi paling besar. Nanamin pergi dan nama2 besar lain juga udah hampir pasti nyusul. Tahun keenam bisa jadi kita liat down terbesar Nogi, atau sebaliknya ngebalikin prediksi suram ini dengan jadi jauh lebih baik.

      Like

    2. Yg jelas tahun depan Gen3 bakalan buat ketat persaingan, itu juga kalo mereka diresmiin jadi member tetap.

      Mungkin juga, rencana mnjmn member Keya konsep yg beda, dan ga siap karena tanggapan publik sangat positif. Dan, Nogi yg ga terlalu beda lagunya dengan sebelumnya, jadi keliatan “kalah” dari adeknya ini. Tapi dari sisi konsep, dulu 48g kan ambil jalan yg sama, dengan SKE. SKE lebih enerjik, mirip tim K. Terus ada kennin yg jadi awal mula turunnya sister groupnya, bahkan di awal SKE kebentuk. Mungkin karena akb sendiri punya 3 konsep diawal dulu buat masing2 tim, jadi bisa masukin anggota sister group ke tim yg cocok dengan konsepnya. Untungnya, Nogi ga gitu dan konsep Nogi jelas beda banget dengan Keya. Kennin tidak memungkinkan, dan keaslian tiap grup terjaga, pasarnya pun beda.

      Kalo soal lagu, ane bandingin dengan lagu 2012-2015, 3 lagu utama tahun 2016 terdengar sama. Contoh, tahun 2013, Kimi no na wa kibou, girls rule dan barette, beda kan, aransemen ketiganya? Ane dulu berharap begitu di 2016, ternyata ga, dan itu yg bikin ane sedikit bosen. 2017 ini semoga 3 lagu beda aransemen, meski ane pikir harus ada purple line didalamnya.

      Itu tergantung mnjmn, apa mereka masih suka pake strategi peres sampai habis atau nggak. Yg ane khawatirkan, kalo mnjmn tetep pake cara itu, terus member yg popularitasnya tinggi hilang semua, buat dongkrak penjualan, mereka mengadopsi strategi 48, SSK, fesrival gravure, request hour dan sejenisnya. Meski musik masih pas ditelinga ane, rada males juga ngikutin jadinya. 🙂

      Like

    3. Setelah baca postingan Kanjo di S48 & grup FB, entah gimana kelanjutan Gen 3 ini, KKS dulu apa langsung member.

      Singkatnya, jalan yang diambil manajemen mungkin udah tepat, meski harus ngorbanin awal tahun ini. Dan respon publik mungkin emang lebih besar dari perkiraan, tapi ya gak complete loss buat Nogi.

      Balik lagi ke diskusi Kanjo, Ivan Chu bikin poin dengan Nogi dulu beda dengan sekarang. And he’s right. Sekarang popularitas jadi taruhan kalau mau eksperimen, sementara dulu apa yang gak akan dicoba LLC untuk popularitas? Airdropped Miona aja kejadian.

      Ane rasa semua yang berbau 48G gak akan dijiplak seenaknya sama LLC. Konsep sama mungkin, tapi kalau SSK, gravure total, dan kennin, gak akan. Dengan resistansi fandom yang besar, entah mereka kebanyakan ngelem atau kena bisikan setan kalau kejadian.

      Like

    4. Feeling ane nih min, Gen3 ga disebut Kenkyuusei karena mereka dipersiapkan buat rencana lain. Sama seperti Hiragana. Mungkin aja, mnjmn bentuk grup baru kombinasi keduanya. Karena, kalo ga ada sebutan Kenkyuusei, sulit menurut ane buat dimasukin ke senbatsu, baik Under atau utama.

      Ane ga bilang Nogi kalah, karena dari sisi penjualan masih stabil menanjak, mungkin juga karena basis fannya udah kuat. Tapi, kalo ane liat mnjmn beneran serius ke Keya, karena udah belajar dari Nogi. Jadi kalo dibandingin awal Nogi, kasihan aja liatnya.

      Ane bukannya berharap ada eksperimen yg beda banget. Tapi, kalo ane denger 3 single utama tahun ini, tempo lagunya sama. Ini yg bikin tahun ini agak datar, ga bergejolak. Kalo dibandingkan dengan, misalnya, 2014 atau 2015, single utama ditahun2 itu, temponya agak ga sama. Itu yg bikin enak. Soal popularitas, ane pikir ga perlu dikhawatirin. Fans pasti setia, meski lagunya ga semasterpiece sebelumnya. Semoga aja tahun depan ga seflat 2016. Ditambah lagi, centernya yg manteb, Ikuchan kalo bisa. Pengen ane liat centernya yg beneran bisa nyanyi. Eh, tapi Iku lagi sibuk dengan suami barunya, ya, si Ohno? Mungkin Summer atau Fall, ane harap dia yg jadi penyerang tunggal.

      Kita ga pernah tahu soal ini. Kalo bahasa bisnis berbicara, semua bisa terjadi. Sekarang, liat aja PBnya anak Nogi. Bikin ngelus dada berbulu ane. Maiyan udah jelas, bakalan Mayuyu banget. Tinggal Ashurin nih, semoga ga terlalu berlebihan. Meski ane suka kakinya, ga tega liat dia bermizugi-ria.

      Like

    5. Baru baca postingannya Kanjo di S48, ane sebagai seorng suami dan abang dari 2 mmber gen-2 agk terenyuh klo emang gen-3 jadi gen super saiyan tnpa melalui proses Kenkyuusei…

      Like

    6. Konsep Keyaki dipake di Nogi? Kalau Keyaki sendiri udah jelas sih fandom mungkin gak akan terlalu protes, tapi sekarang H.Keyaki nasibnya gimana aja belum jelas, Gen 3 bakal kapan dong gak jadi mitos lagi?

      Well, ya ini resiko adanya sister group. Ane dulu termasuk yang paling gak suka karena pasti Nogi bakal sedikit dilupakan. But now, well, ane gak bisa protes kaya dulu.

      Ya sisi baiknya fandom emang gak bakal terlalu nge-bash kalau lagunya drop. Harujion jadi contoh, meski drop tapi somehow bisa ketutup karena itu graduate single Maimai dan materi Keyaki yang emang bagus.

      Kalau PB sih udah dari tahun lalu. Gelombang Maiyan, Nanase, Ikuchan, Nanamin udah bikin rada bergejolak. Tapi masih bisa dimaafkan karena aturan “cuma di PB” masih berlaku. Dan jujur aja, ane gak keberatan kalau cuma di PB. Rilisnya gak tiap hari dan masih dapet kesan ojou-sama karena gak begitu ngumbar. Biarpun diumbar, tapi tanya sama siapa aja, kualitas PB Nogi sama 48G bagusan mana dari segi fotografi?

      Kita liat Q1 tahun depan, sekitar rilis 17th single, bakal gimana Gen 3 ini.

      Like

    7. Yang ane liat, Gen3 kayaknya difokusin ke model dulu. Baru setelah popularitas mereka dapet disitu, dimasukin ke kegiatan grup, senbatsu, under dan lainnya. Emang H yng kasian ga jelas nasib dan statusnya.

      Jadi semua tergantung fan. Dan, bakalan sulit buat fan untuk grad, kalo pesona grup Nogi terlalu kuat seperti saat ini, yg bikin lagu sebegimana turunnya, pasti dibeli juga. 🙂

      Soal PB dan mizugi, ane tetep ga enak liatnya, meski ane tetep liat hanya untuk formalitas sebagai fans Nogi. Mungkin kalo liat mizugi grup sebelah ane masih bisa seperti ini https://goo.gl/ZXCaZf , tapi kalo Nogi, seseksi apapun penampilan mizugi mereka, yg muncul cuma senyum kecut. Ga tahu kalo Yumi atau adek2 ane yg dapet. Mungkin ekspresi ane beda. 🙂

      Like

    8. Model mungkin iya, meski dari segi postur kurang mendukung, gak ada yang terlalu cocok kecuali Ume.

      Dengan pengecualian, tentu. Taiyou Knock, meski sukses komersil tapi kedudukannya termasuk yang paling rendah.

      Well, meski kurang nyaman, toh itu juga salah satu faktor yang gak bisa diabaikan LLC: duit. Soal image, kalau mau flashback, ane rada gak suka sama Momochi karena dia berisik, tapi PB-nya, well, ane rasa termasuk bagus bahkan kalau dibandingin 48G, colorful dan khas dia banget soalnya.

      Like

    9. @Mac
      Postingan Kanjo di S48 & grup FB itu yg mana ya?bahas gen 3?
      dah lama ga main ke fandom 😄

      @Mas
      Bisa jelasin ke ane yg dimaksud purple line nogi yg gmn sih?hehe..

      @Mas & @Mac
      Semoga thn depan ga ada lg PB member yg nyerempet2 “gravure”
      Ga tega.. walau kadang ane nyari link jg *klo msh penasaran 😀

      Like

    10. @wahyu https://goo.gl/WEp0pN, ini udah beberapa hari kemarin dan karena banyak berita baru jadi udah gak terlalu diperhatiin.

      Purple Line itu istilah yang ane bikin sendiri, gabungan untuk musik Nogi yang bisa dibilang cukup distinguishable dan image mereka yang elegan. Sama kaya warna royalti dan logo mereka.

      Like

    11. @mac
      Wajah udah cukup jadi model, tinggi ga terlalu. Masa ga inget adeknya sendiri? 😁

      Maksudnya Taiyou Knock rendah itu, kualitas musiknya atau gimana?

      Lagi faktor D, ya. Tapi ya gitu, ane aja mungkin yg ga enak liat mereka pamerin paha, perut dsb.
      Momochi? Sapa tuh min?
      @wahyu
      Purple line ga bisa dijelasin. Cuma dirasain. 😀

      Like

    12. <160 cm untuk jadi model itu susah, kecuali punya segmentasi sendiri kaya Ashurin. Tapi yah karena masih dalam masa pertumbuhan, ane harap Zukki bisa lebih tinggi lagi. Jomplang juga kalau jejer sama Ume padahal tinggi mereka sama.

      Pertama, sentimen sama centernya aja udah bikin lagu ini gak diantisipasi dari awal. Kedua, pas beneran rilis, musiknya emang masih okelah, tapi ada yang kurang. Pake banget. Ingat aja dua single sebelumnya kaya apa. Ketiga, Bemars. Drama yang niru2 sebelah begini dijadiin promosi, makin down.

      Tsugunaga Momoko, member Berryz Koubou. Ane selalu bilang dia kembaran Ikoma.

      Like

    13. Zukki dan Ume tingginya beda kan? Tapi kalo ane liat, wajah Zukki ga pas untuk jadi model. Artis drama atau acara TV yg lebih cocok. Atau, Zukki jadi bini barunya…. 😀
      Kalo soal tumbuh, mungkin Zukki sulit, karena udah 17 dia. Lain soal, kalo masih 14-15 macam Tecchi, bisa nambah beberapa cm.

      Untungnya, couplingnya manteb, terus penjualannya masih bagus kan? Meski dengan segala gimmick. Itulah fenomena Idol. Fans beli bukan karena lagu, tapi karena Oshimennya. Ga mungkin hanya gara2 center ga pas, lagu kurang enak dan promosi yg ga banget, fans ga beli. Selama ada member favorit mereka, mereka pasti beli. Buktinya keliatan, kan, di Natsu no Free? Ini seremnya bisnis Idol, tapi juga menguntungkannya bisnis ini. 😀

      Pernah liat, kalo ga salah dia dan grupnya lomba makan makanan pedes lawan Nogizaka46.

      Like

    14. Makanya, kalau Zukki ane rasa susah kalau mau jadi model, in exception dia kaya Ashurin. Dan 17 tahun growth spurt masih bisa kok, berhenti di 20an kan.
      Jadi bini baru? Mancing aja ini serigala satu 😀

      As I said, musik emang gak jadi faktor utama, tapi ngaruh ke nama grup kalau keterusan.

      Yep, bener. Yang itu, sama salah satu personel SMAP. Momochi emang kadang terkesan annoying banget, tapi ane juga bilang dia salah satu idol yang face-nya kawaii banget.

      Like

    15. @Mac
      Makasih linknya min..

      distinguishable dan elegan ya min..

      @Mas
      Cuma dirasain.. dan dinikmatin aja 🙂

      Like

    16. Kalo yg ane baca sih, usia 14-15 berhentinya. Tapi kalo pake renang, mungkin bisa nambah, kali?
      Ya mungkin aja tertarik nambah, halalnya 4, kan? Mumpung belum ada yg klaim. 😀

      Dan image bisa pengaruhi penjualan ke depannya, ya? Kasian juga Iko, jadi serba salah. 😦

      Ane sama sekali ga tahu, selain idolnya AkiP. Tapi, emang setelah cari gambarnya, mirip banget sama Iko. 🙂

      Like

    17. Gak selalu sih, ane masih nambah tinggi setelah lulus SMA, baru 20 bener2 berhenti. Tapi tau juga apa cowok cewek fase pertumbuhannya sama.

      Masih belum, setelah semua blog Gen 3 keluar, variety bener2 muncul, baru bisa mutusin.

      Semua karena terlalu maksa di awal, jadinya ya begitu. Mau gimana juga Ikoma tetep bakal kalah.

      Selain mirip, annoying-nya juga sebelas duabelas. Cuma Momochi kaya ketambahan karakter Manatsu juga, nah bayangin tuh 😀

      Like

  5. Wah baru tau ada scrooge mcduck,ane taunya cma bona dan rong2 😀
    Ane trharu ama post agan ini setrharu ane dg penampilan nogi di domoto kyoudai dn zip!. Penampilan live mrk tiap wktu smkin mmbaik 😀
    Yah nogi akan dtinggalkan nama2 bsar tahun dpan mngkin itu sbabx gen3 dpet getahx. Tp bkankah dri awal nogi dibentuk untuk mnghadapi dinding besar jd ane yakin mrk dn llc bsa menjalaninya dg baik. Komen ini dipersembahkan oleh pojipisu from kazumin 😀

    Like

    1. Yah bsa dbilang gtu,gen3 debut dsaat nogi lgi dpuncak makanya ketiban manis. sdangkan gen2 ada untuk mnambah daya saing nogi saat itu. Tp intinya siapa yg pling bsa berkembang/menyesuaikan karakterx itu yg akan dlirik.

      Like

    2. Karakter masih belum keliatan untuk Gen 3, samar2 sih udah ya, tapi belum jelas. Tapi kalau bicara karakter, tanpa bakat kaya Ikuchan, face kaya Maiyan, atau tukang ikan kaya Manatsu, susah untuk jadi top member.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s