Can You Hear Me Major Tom?

Setelah Nogi, kali ini giliran Keyaki dalam #SakamichiThisYear. Jika dalam sebelumnya aku menulis kaleidoskop Nogi dalam literasi kartun, kali ini temanya berbeda. Can you hear me Major Tom. Pernah mendengar kata ini? Sering sekali digunakan dalam pop culture baik dalam film, serial TV, kartun, sampai percakapan sehari-hari. Kalau pernah menonton The Secret Life of Walter Mitty, kata ini muncul berulang kali, dari saat Walter dibully di kantor sampai saat akan memantapkan hatinya mencari Sean O’Connel. Kata ini berasal dari lagu Space Oddity oleh David Bowie.

61znzqzq6jl
Click Here for Space Oddity MV

Salah satu lagu hit terbesar di akhir 60’an, sekaligus yang mendukung ketertarikanku pada astronomi. Menceritakan seorang astronot bernama Major Tom yang menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan, banyak versi tentang makna sebenarnya lagu ini. Bowie sendiri mengakui Space Oddity dibuat saat dia tripping dan setelah menonton 2001 : A Space Odyssey, jadi seperti umumnya lagu fenomenal, tak ada asal-usul jelas untuk maknanya.

Dan lagi, hanya beberapa saat setelah Space Oddity rilis, manusia benar-benar mendarat di bulan -dan yeah aku percaya hal ini, hanya tidak percaya pada rekaman TV yang terkenal itu- makin ikoniklah lagu ini dengan semua hal yang berbau angkasa luar. Bahkan seorang astronot, Chris Hadfield meng-cover Space Oddity saat berada di International Space Station dan menjadi viral beberapa tahun lalu.

157506243
Space Oddity menjadi lagu pertama yang dimainkan live di luar angkasa

Aku sendiri sangat menyukai Space Oddity dari segi makna, yang mana yang paling berkesan untukku adalah penceritaan tentang alienation dan menjaga jarak dengan orang lain, terbawa perasaan bahwa dirimu berada diatas orang lain. Juga membawa sinisme dan melihat bagaimana dunia ini tak seindah itu tapi tak bisa mengomunikasikan dengan orang lain. Dan itu, adalah situasi Keyaki tahun ini.

Perjalanan Keyaki sendiri tahun ini nyaris tak berhenti ngebut, dari debut yang memecahkan rekor, sophomore single yang belum berniat menginjak pedal rem, dan 3rd single yang membawa Keyaki ke panggung prestisius akhir tahun. Dan menariknya, mirip dengan lirik lagu Space Oddity. Lebih tepatnya, Keyaki mirip sosok Major Tom dalam lagu ini.

Ground Control to Major Tom
Ground Control to Major Tom
Take your protein pills and put your helmet on
Ground Control to Major Tom (Ten, Nine, Eight, Seven, Six)
Commencing countdown, engines on (Five, Four, Three)
Check ignition and may God’s love be with you (Two, One, Liftoff)

Ini adalah awal perjalanan, tepat sebelum debut Keyaki. Sebagai adik dari Nogi, rata-rata berpendapat mereka akan mengikuti kakaknya, baik dari segi musik maupun style. Hanya saja ramalan ini meleset, sejak SiMa pertama kali muncul melalui CM Mechakari, banyak yang terkejut karena lagunya jauh berbeda dari purple line.

Lagu yang hanya diperdengarkan sepanjang 20 detik itu membuat banyak pihak yang skeptic -yeah Me included- langsung melambung ekspektasinya. Sebelum SiMa resmi dirilis, gairah untuk single debut Keyaki ini diciptakan hanya karena potongan sepanjang 20 detik, sama seperti ekspektasi akan keberhasilan Major Tom dalam misi besar umat manusia -meski hanya dalam versi Bowie-

keyakizaka46-mechakari
The Legend Begins

This is Ground Control to Major Tom
You’ve really made the grade
And the papers want to know whose shirts you wear
Now it’s time to leave the capsule if you dare
This is Major Tom to Ground Control
I’m stepping through the door
And I’m floating in a most peculiar way
And the stars look very different today
For here
Am I sitting in a tin can
Far above the world
Planet Earth is blue
And there’s nothing I can do

Refrain Space Oddity ini sangat cocok dengan situasi Keyaki setelah benar-benar debut. Era SiMa yang melesatkan Keyaki ke puncak dan Sekai ni yang masih menempatkan Keyaki sebagai salah satu grup debutan terbesar tahun ini. Pencapaian seperti angka 191.023 untuk SiMa di hari pertama dan mencapai 250.147 untuk mencapai status debutan tersukses sepanjang sejarah idol group wanita. Berikut adalah pembagiannya sesuai lirik dan timeline.

  • This is Ground Control to Major Tom
    You’ve really made the grade
    And the papers want to know whose shirts you wear

Ini adalah bagian dari kesuksesan SiMa, almost literal, semua orang terkena demam Keyaki. Lagu yang tidak setipe dengan Nogi -in fact lagu semacam ini sudah cukup lama tidak didengar di 48/46- dan promosi yang dilakukan melalui seifuku Code Geass dan tema militeristik, dan Tecchi, Keyaki benar-benar meledak di debutnya bahkan meraih predikat sebagai debutan dengan penjualan CD terbanyak dalam sejarah.

keyakizaka46silentmajoritypromo

  • Now it’s time to leave the capsule if you dare

Berakhirnya masa promosi SiMa dan diumumkannya sophomore single menjadi bagian dimana Keyaki ditantang untuk melanjutkan momentum atau flop setelah debut seperti itu. Tantangan bagi sophomore single selalu berat, dan jujur saja, bagiku saat-saat itu cukup mengkhawatirkan karena sistem K&H untuk pertama kali akan dilaksanakan, dan bisa jadi penghambat akan laju Keyaki -or say it, bisakah Keyaki melangkah keluar dari kapsul angkasanya? Berjalan menuju angkasa luas-

Hiragana Keyaki
Pemegang kunci kesuksesan Keyaki tahun depan
  • This is Major Tom to Ground Control
    I’m stepping through the door
    and I’m floating in a most peculiar way
    And the stars look very different today
    For here
    Am I sitting in a tin can
    Far above the world
    Planet Earth is blue
    And there’s nothing I can do

Sekai ni menjadi bukti bahwa Keyaki masih bisa melanjutkan momentum. Keyaki memang mau tak mau harus berjalan keluar dari zona aman setelah masa promosi SiMa selesai. Pengumuman senbatsu Sekai ni wa Ai Shikanai yang ditambah dengan hadirnya Neru membuat banyak orang kembali skeptis, akankah sihir SiMa bisa diulang kembali dengan adanya member paling kontroversial Keyaki?

Jawabannya iya. Sama seperti Major Tom yang melakukan spacewalk dan menemukan bahwa bintang terlihat berbeda di luar angkasa, Keyaki bisa melakukan sesuatu yang diragukan banyak orang. Sekai ni dengan poetry membawa sesuatu yang fresh dari SiMa. Keyaki kembali membuat semua orang melihat mereka. Sama seperti Major Tom yang mengalami zero gravity, Keyaki dianggap sebagai debutan paling bersinar sepanjang 2016 di segmen idol dan pembicaraan tentang Kohaku mulai merebak di musim panas.

Namun jika melihat dari sudut pandang lain, hal ini sudah cukup mengkhawatirkan. The stars look very different today” semakin banyak kita melihat dari sudut pandang lain, semakin kita memahami sesuatu. Tanda-tanda Keyaki terlalu bersinar sudah terlihat sampai pembicaraan Kohaku.

Though I’m past one hundred thousand miles
I’m feeling very still
And I think my spaceship knows which way to go
Tell my wife I love her very much she knows
Ground Control to Major Tom
Your circuit’s dead, there’s something wrong
Can you hear me, Major Tom?
Can you hear me, Major Tom?
Can you hear me, Major Tom?
Can you “Here am I floating round my tin can
Far above the Moon
Planet Earth is blue
And there’s nothing I can do”

Bait terakhir dari Space Oddity ini sama dengan situasi Keyaki di akhir tahun 2016. Dengan banyaknya event yang dilakukan selama November-Desember saja sudah membuktikan sejauh mana pencapaian mereka dalam 2016, membuat para skeptik mengangkat topi mereka. Futari Saison tidak memiliki impact sekuat dua single sebelumnya, tapi tak perlu diragukan single ini adalah yang paling matang selama setahun ini.

k46futarisaisonpromo

Seperti yang kukatakan di atas, Space Oddity adalah lagu yang menceritakan tentang perasaan berbeda, alienation bahwa dirimu berada di dunia berbeda dengan orang lain. Terlalu banyak hal baik tidak akan baik. Jalan Keyaki seperti sudah tinggal menginjak pedal gas di jalan tol. 2016 adalah tahun debut sekaligus breakthrough year untuk Keyaki, mereka belum mendapat cobaan sedikit pun.

Jika diibaratkan, kondisi Keyaki sangat cocok dengan Space Oddity, bahwa pasti ada perasaan di benak member bahwa mereka ada di puncak, dunia yang berbeda. By God, that was right, Keyaki memang ada di dunia berbeda. Tapi mereka tetap masih debutan. Bukan hanya di Kohaku tapi juga di industri hiburan. Jika mereka sudah mendapatkan semuanya di tahun pertama, kehilangan rasa lapar untuk sesuatu yang lebih akan mengkhawatirkan untuk Keyaki.

Ya manajemen masih menyimpan gimmick H.Keyaki untuk 2017, tapi apakah itu cukup? Kurasa tidak, tapi aku percaya manajemen masih menyimpan sesuatu yang lebih besar tahun depan. Bait terakhir Space Oddity ini menyimpan lirik yang cukup mengkhawatirkan karena jika dipikirkan, akan mirip dengan situasi Keyaki tahun depan jika mereka kehilangan arah.

  • Though I’m past one hundred thousand miles
    I’m feeling very still
    And I think my spaceship knows which way to go

Member Keyaki akan seperti tidak tahu bagaimana jalan mereka sendiri dan semua tergantung pada LLC, bagaimana mereka akan membuat Keyaki tetap bersinar.

  • Ground Control to Major Tom
    Your circuit’s dead, there’s something wrong
    Can you hear me, Major Tom?
    Can you hear me, Major Tom?
    Can you hear me, Major Tom?

Ini adalah situasi jika Keyaki benar-benar kehilangan arah setelah mendapatkan semuanya di tahun debut. Sesuatu yang kutakutkan akan benar-benar terjadi di 2017. Major Tom dilukiskan hilang di akhir Space Oddity meski tak dijelaskan bagaimana. Teori paling populer adalah karena secara literal melihat dari perspektif lagunya sendiri, alienation dan perasaan berbeda membuat seseorang akan hilang, lost, dan Keyaki punya segalanya untuk lost in space.

raf750x1000075t322e3f-696a94a5d4
Major Tom hilang di akhir Space Oddity, bagaimana dengan Keyaki?

Lagu-lagu terbaik tidak dilihat berdasarkan interpretasi secara literal, yang terpenting adalah puisinya, soul. Semua orang bebas mengartikan Space Oddity sesukanya, dan karena ini blog ngidol dari sudut pandang berbeda, kisah Keyaki sepanjang 2016 lah yang paling cocok. Bagaimana mereka akan menjalani 2017, akan menarik untuk dilihat.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

121 Comments

  1. tergantung lagu. kalo lagu bagus mau bagaimanapun publik tetep suka. lagu bagus juga yang bikin bigbang jadi raja kpop biarpun gd kena skandal ganja, daesung gak sengaja ngebunuh orang, dan seungri kena skandal prostitusi. akb juga ancur karena lagu mereka kualitasnya turun dan rilisan mereka kebanyakan.

    tapi konsekuensinya kayaknya kualitas lagu nogi dikurangin lagi sama kayak tahun ini buat ngasih ruang ke keyaki. sama NGT juga pasti saingan tender lagu bagus. udah rebutan tuh ngt, nogizaka, keyakizaka

    Liked by 1 person

    1. Selama lagu bagus, at least gak mengecewakan, gak ada skandal, dan image Keyaki bisa bertahan, mereka bakal tetap dilihat sebagai grup super tahun depan. Tapi ya itu, semakin tinggi semakin kencang angin berhembus, gak bisa berharap semuanya bakal terus lancar.

      Like

    2. karena lagu yang bikinin 3rd party, ngurus konsistensi lagu jadi lebih mudah. kan biasanya solois dan band yang bikin lagu sendiri ancur karena mereka udah stuck, kalo ini bisa unlimited lagu bagusnya.

      kalo skandal sih selama gak melanggar hukum sih, atau kalo penanganannya tegas pasti gak bakal ngaruh

      Like

    3. Lagu bagus cuma akan jadi bagus kalau timing rilis dan centernya pas, kalau dua faktor itu dilupain ya tetep aja flop.

      Ya, jangan “diam itu emas” atau “badai pasti berlalu” atau “semua bisa diatur” soal penanganan skandal.

      Like

  2. Pas liat judulnya, ane pikir bahas Tom & Jerry. 😀 Tapi, ane suka artikelnya.
    Kalo liat dari kacamata bisnis ada 3 hal yg bikin Keya ngebut, lagu, Tecchi, beda.
    – Lagu, selain enak, makna liriknya juga dapet.
    – Tecchi, sosok center yg bener2 bisa mewakili dan menjadi wajah Keya. Ga tahu Nogi di awal dulu. Kayaknya Ikoma ga cocok sama GuruGuru. Lebih cocok center yg dipilih sebelumnya, mungkin? Kalo pilih Center setelah lagunya jadi, kan?
    – beda, sebenarnya mnjmn bisa dibilang berjudi soal ini. Karena, menawarkan hal beda bisa bikin rugi besar atau untung besar. Dan dunia Idol yg udah terbentuk paradigma, kalau Idol harus cantik, kawaii, imut, anggun dan senyum, coba ditentang oleh mereka. Ternyata berhasil dan sukses mendapat pasar tersendiri.

    Soal lagu, ane setuju sama mimin soal single-2. Berat buat bikin sukses lagi, dan karena rumus beda bekerja disini, mereka bikin lagu beda. Poetry reading dimasukin. Dan, untuk single-3, setuju juga, lebih matang. Dari sisi lirik mungkin standar, tapi aransemen dan pembagian suara lebih baik dari dua single sebelumnya. Dari sisi aransemen, ane juga paling suka 3rd, terdengar dinamis.

    2017, khawatir juga, khususnya dari sisi mental member. Mereka dijejali banyak hal yg bagus2, yg mungkin bisa bikin mereka berpuas diri + star syndrome. Udah keliatan pas Kakenai 32, yg sialnya menimpa adek ane Oz. 😦 Perlu lebih ketat lagi persaingannya. 16-nin Senbatsu atau kurang, biar rasa lapar itu muncul lagi. Dan kalo liat tabiat anak Keya, bakalan seru ada yg kayak gini. 😀
    Kalo ane mnjmn, ane bakalan buat 2 senbatsu single utama dengan 10/11 orang, perpaduan K dan H, di tiap tim. Dan center kedua tim beda. Neru vs Tecchi? 🙂 Trus, dibuat satu tim lagi, yaitu pure Under, perpaduan H dan K, yg ga kepilih senbatsu. Jadi beneran ada Undernya Keya. Bikin 5 tipe A,B,C,D + Regular. A+C untuk tim 1, B+D untuk tim 2, tapi dengan Individual PV yg beda. Jadi individual PV tim 1 ada di CD tipe tim 2 dan vice versa. Mau ga mau fans harus beli lebih dari satu CD kalo mau dapet PV single utama dan indivPV member favoritnya. 🙂 Pembagian member di tiap tim juga diratain sesuai dengan popularitas mereka. Ini bisa bikin persaingan lebih ketat + uang lebih banyak masuk. 🙂

    Kehilangan arah, rasanya ga mungkin, selama AkiP buat lagu yg pas dan member bisa ngebawainnya dengan pas pula, pasti terus melaju. Dan, benar soal H, potensi mereka, khususnya dari sisi suara, ga boleh dipandang remeh. Yakin mnjmn bakalan beri mereka sesuatu di 2017.
    Semoga aja, Keya dan Nogi melesat di 2017. Penjualan single ke3 sudah hampir setengah penjualan single ke 16, kan? Apa tahun depan bisa 3/4-nya atau bahkan menyamai?

    Liked by 1 person

    1. Tecchi=Major Tom? 😀

      Ane kurang tahu apa dulu Guru-guru Curtain dibikin sebelum Yoshimoto Ayaka pergi dan Ikoma cuma replacement. Kalau dari timeline sih harusnya enggak. Tapi mungkin, Guru-guru Curtain emang dibikin pas Ayaka masih ada.

      Dan faktor label sebesar SME juga jadi jaminan, karena kalau dilihat konsep idol yang cool kaya Keyaki juga bukan sesuatu yang fresh-fresh banget.

      I don’t know, masih belum ada gambaran gimana kalau Keyaki pake konsep 16-nin, karena mayoritas kayanya masih nentang untuk memecah dream team. Dan jujur aja, ane udah kebayang Keyaki rilis double A-side, antara pure K&H atau pecah jadi 2 tim 16-nin mixed K&H. Kalau gimmick yang agan bilang sih, rada susah kayanya, bisa didemo itu LLC kebanyakan gimmick 😀

      Yang ane khawatirkan dari 2017 dasarnya cuma hilangnya rasa lapar Keyaki. Cuma itu.

      Liked by 1 person

    2. Maksudnya Tecchi ntar bingung pilih jalan yg mana? Agak setuju sih soal ini. Karena, kalo dari suara, dia ga bisa dibilang bagus untuk jadi soloist, variety kurang banget, model lumayan, tapi kalo ane bakalan pilih Berisa, Mona atau Berika untuk jadi official model. Bisa dibilang, Tecchi ratunya panggung untuk Idol. Saat Idol tampil, dia ga bisa diganggu gugat sebagai yg terbaik.

      Soal faktor SME setuju juga.
      Soal gimmick bayangan ane, kita liat aja, mungkin diantara 3 single tahun depan ada yg pake seperti itu. 😀

      Soal lapar, ga perlu khawatir, setidaknya untuk area internal. Tahu sendiri gimana tiap member Keya mengincar zero position. Plus H yg ga mau dianggap sebagai pelapis K. Dulu Tecchi juga pernah bilang ingin buat grup ini tidak hanya jadi grup Idol tapi artist, kan? Mereka juga masih debutan, banyak hal yg mereka ingin capai.

      Like

    3. Dan setelah semua puji yang dia terima, makin gampang Tecchi untuk lost, karena biar gimana dia masih 15 tahun, masa-masanya labil.

      Double A-side masih jadi harapan ane untuk kejadian, tapi ya gak berharap terlalu tinggi deh.

      Entahlah, yang paling nafsu jadi center kayanya cuma Zuumin doang, yang lain terkesan kaya “yang penting masuk” doang. Kalau H.Keyaki ane masih bisa percaya banyak hal yang belum kesampaian, tapi K.Keyaki, tau deh.

      Like

    4. Masih 15, ya? Sering lupa ane, soalnya dia dewasa banget. Semoga aja dia ga sampai gitu. Tapi, ane juga pengen tahu, gimana kalo dia kena masalah atau skandal. Ane harap ini yg diangkat Bunshun ntar, kalo memang bener mereka rilis boroknya Keya.

      Selalu ada peluang muncul tipe kayak gini. Mnjmn Keya sering bikin kejutan, kan?

      Salahnya mnjmn kalo emang begini kondisinya. Mereka membuat situasi yg cukup nyaman buat member. Atau, kalo mau, ganti centernya dengan member yg ga disangka2. Dengan cara ini, ambisi member bakalan muncul, karena mereka tahu, siapa saja bisa jadi center.

      Btw, di promo One-man live Abema kemaren, Tecchi bilang bakalan ada kejutan di show nanti. Apa ini menyangkut status H atau single baru? Atau ada tamu spesial di show itu? Drama baru?

      Like

    5. Yeah, meski ada kekhawatiran kalau Tecchi sendiri yang bakal hancur, tapi separuhnya itu salah manajemen karena terlalu push dia.

      Tunggu aja deh tahun depan 😀

      Ganti center dengan member yang beda cuma baka ngefek down dikit dan sales yang jeblok. Paling jelek Keyaki ikut down kaya Nogi era Natsu. Tapi jangka panjang, lebih bijak begitu.

      Palingan H.Keyaki mendadak ikutan, katanya mereka belum pasti ikutan kan?

      Like

    6. Ane sebenernya setengah setuju sama mnjmn yg pasang sosok dengan image kuat macam Tecchi diawal. Setidaknya biar publik tahu, terbentuk fandom yang kuat ntar baru deh bisa dimodifikasi. Mnjmn pasti juga udah perhitungkan soal masalah mental ini. Jadi ane ga khawatir, cuma pengen liat. 😀

      Beberapa bulan lagi, Maret atau April, ya? Lama banget!

      Kayaknya kalo penjualan turun ga mungkin. Alasan beli kan buat ketemu oshimennya. Jadi, bakalan terus naik. Natsu Free turun krena Iku hiatus, kan?

      Udah ada jawabannya, di kos sebelah. 🙂

      Like

    7. Nah, karena di posting sebelumnya juga bahas Ikoma dan Taiyou Knock, ane rasa manajemen emang pasti belajar dari kesalahan. Tapi, rencana gak selalu bisa berjalan mulus.

      Gak akan terlalu lama karena bakal dimeriahin Keyabingo season 2 😀

      Hiatusnya Ikuchan cuma satu faktor, inget2 dah waktu itu apa aja yang kejadian.

      Emang diangkat jadi artikel? Ane taunya dari S48 sama Twitter. Jadi penasaran lagunya kaya gimana.

      Like

  3. Superb! Untuk kinerja keya tahun ini as a group krna image keya udah trtanam dg sgt kuat dbenak fans dan mata awam. Mngkin ditahun dpan manajemen akan mulai menonjolkan tiap2 member dg individual work masing2 macam nijika krmaren. Dan keyaki perlu meningkatkan skill variety mrk, ane liat skit mrk di keyashow kmren msih mnggunakan joke2 yg sama dg kakenai jd y udah ketebak. Untuk hiragana ane masih gelap, klo polax macam under nogi hiragana prlu bkerja lbih kras lagi, smoga mrk sgera pnya acara sendiri biar bsa smakin dkenal. Oh y untuk yg konser keya tgl 24-25 mndatang hiragana diajak juga ato gmn sih?
    Ane liat trailerx kok condong ke kanji aja

    Like

    1. Jadi belum ngerasa keadaan Keyaki mulai mengkhawatirkan gan? Well ane gak offens, cuma mau tahu pendapat aja.

      Kalau soal variety, Keyaki masih paling lemah disini. Membernya pada diem semua soalnya, cuma H.Keyaki ada yang berisik, tapi juga kayanya bakal lebih aktif di acara H.Keyaki sendiri (kalau beneran dibuat) daripada variety flagship Keyakake atau Keyabingo.

      Ane belum tahu soal konser besok, belum keliling cari info…

      Like

    2. Well,kekhawatiran jelas ada gan slah stunya ane tkut mrk kena star syndrome trus stuck. Oh ane sdkit concern soal tdk adax fukujin, bner member akan dpukul rata tp ktk ada acara trtentu tp hnya bbrpa mmber saja yg bsa tmpil trus sistem pemilihanya gmn. Klo brdasarkan baris dsenbatsu kyakx g, sbg contoh ane liat di bbrpa acara misal yahoo kmaren hnya prwakilan tiap row. Dtmbah lgi ktk individual work nnti udah mlai dtang gmn cra nntuinx. Ane takutx dibenak member gni “ane front row kok g dpet jatah itu?”.
      ane jg pngen liat pas senbatsu nanti ada anak hiragana yg msuk bsa jd sgt mnrik kan atau kasih efek kejut lainya. Intinya Keyaki perlu digoyang gan 😀
      Untuk variety, keyakake menarik tp ane ksihan ama mc nya usahanya dobel tp hsil akhirx yah gtu. hiragana lbih bsa diandalkan syg kemunculan mrk trbatas. Maksud agan web based macam nogiten gtu? Yah smoga aja sih mrk dbuatin.

      Like

    3. Sejujurnya, karena gak ada Fukujin, emang pemilihan member untuk tiap acara beda2, cuma Tecchi sama Yuuka yang selalu ada di depan. Mungkin gak ada ketentuan khusus untuk milih member mana, cukup Tecchi+member visual+siapa yang bisa ngomong. Well, pathetic emang…

      Karena Kohaku udah tercapai, di 4th single gak ada alasan kita gak bisa liat kejutan. Untuk 3rd single semua termasuk ane berani prediksi gak bakal ada perubahan besar karena single terakhir tiap tahun selalu penting, dan bener aja kan. Tahun depan, udah nothing to lose harusnya, jadi siap2 aja buat kejutan.

      Entah pake format Nogiten atau occasional kaya Nogieigo, seasonal ala BINGO, atau bahkan SHOWROOM (yang ini ane gak harapin sih), yang jelas H.Keyaki butuh variety sendiri biar gak jelek2 amat nasibnya.

      Like

  4. Ane pikir Tomnya Yuuka…. XD

    Sudah bisa ketok palu lah, klo 2016 emang tahunnya Keyaki, dengan semua yg mereka dapatkan, tpi ya itu, layaknya fans, center Katakana Keyaki, Tsuchi juga ungkapin kekhawatirannya soal merekotnya Keyaki ini, mudah2an Keyakichan yg lugu2 ini gk ada yg kena starsyndrome deh, begitu juga manajemen, jgn puas diri, justru makin semangat untuk terus meroket.. XD

    Tahun 2017 yg ane paling nantikan soal susunan Senbatsu single sih, satu sisi mungkin bener, pake 16nin bakal numbuhin rasa persaingan buat member, tpi di sisi laen liat kebersamaan member di 3 single ini buat ane kyknya gk sanggup klo mereka dipisah, dan member juga dah beberapa kali ungkapin harapan mereka klo kebersamaan ini lebih baik berlanjut terus, salah satunya Oda yg ungkapin kyk gitu..

    Selain di susunan Senbatsu, persaingan bisa dimunculkan dalam hal apa lagi ya? Hmm….

    Like

    1. Godaan untuk pajang fotonya Sugai Tom harus ane tahan loh XD

      Itulah, star syndrome masih jadi ketakutan terbesar fandom untuk Keyaki. Apalagi yah, member punya HP juga, siapa yang tahu mereka suka main ke 2ch atau matome terus kena bisikan setan. Kita cuma bisa berharap. Itu aja, keep the faith doang.

      Ane udah bahas ini di komen atas, dan cuma akan nambahin; dengan semua hal baik yang Keyaki dapat tahun ini, sedikit downhill akan bagus di tahun depan. Dengan gitu mereka akan tahu apa artinya jadi seorang entertainer, dengan semua up & down. Dan satu lagi, you can’t have everything you want, termasuk selamanya jadi 21-nin senbatsu.

      Banyak sih, apalagi kalau udah kaya Nogi; PB, M-series, individual job…

      Like

    2. Sumpah, ane pikir bakal bahas Yuuka, smepte mikir “Nih adminnya maen mata apa sama Yuuka” eh tak taunya.. XD

      Setau ane 2ch itu pedes2 isinya, klo member maen kesitu bisa2 mojok disudut ruangan.. XD

      Agak gila sebebarnya, tpi mungkin pke single sistem double A-side bisa jadi sedikit bumbu pembeda single2 Keyaki dgn sang kakak misalnya, Senbatsunya K.Keya sama Senbtsunya H.Keya, dipisah jgnada dalam type yg sama, lebih numbuhin persaingan antra K.Keya dan H.keya ketimbang memisah kebersamaan member yg sudah terjalin bagus… manajemen juga jadi bisa ambil untung banyak, fans (yg berduit dan loyal) mau tk mau harus membeli 2 type minimal per single.. XD

      Untuk membuat sadar Keyakichan klo mereka berada di dunia entertain, ane harap tidak ada downhill yg gimana2, klo ia pun terjadi mungkin nasehat dari film batman bakal ane ucapin ke 3 bidadari ane, “Why do we fall ? So we can learn how to pick up ourselves up” XD

      Juak tiket HS aja udah persaingan ya.. XD

      Like

    3. Gila apa? Di-dor engkongnya entar XD

      Well, who knows? Semua bisa aja kejadian. Bisa jadi mampir buat tahu apa yang jadi kekurangan mereka kan?

      Double A-side mungkin jadi opsi paling bagus kalau emang K&H itu beda atau bikin punya H.Keyaki sedikit dibawah K.Keyaki karena dasarnya mereka itu tetep Under. Yang jelas, ane mah tunggu link aja XD

      Kalaupun Keyaki dapat downhill, asal bukan downhill nonsense karena skandal atau apalah, Joker berbicara “why so serious?” 😀

      Yang kaya makin kaya, yang merana makin merana XD

      Like

    4. Ya mana tau situ punya 9 nyawa kyk kucing XD

      Ya itulah, yg jelas soal senbatsu jadi perhatian ane, galau tepatnya, pengen liat member bersaing pake sistem 16nin, tpi disatu sisi gk tega klo mereka dipecah XD

      Klo skandal paling ane cuma bisa nelan ludah.. XD

      Merana? kyk situ beli aja, paling manfaatin link.. XD

      Like

    5. Di bawah kakeknya Yuuka, nyawa berapa aja juga bakal lewat XD

      Neru pisah sama K.Keyaki, atau seenggaknya dia gak kennin sendiri, itu yang paling pingin ane liat.

      Nelen ludah, sprit# atau f#nta kek XD

      Ini ngomongin HS atau apa? Mabok ya pak? Belum malam tahun baru juga? XD

      Like

    6. Klo gitu boleh dong minta tolong sama kakeknya Yuuka buat basmi srigala? XD

      Gak kennin snediri? yakin agan nerima klo ada member yg di kennin lagi? XD

      Cuka pak.. XD

      Oh iyaya lagi bahs HS ya, haduh, kebanyakan makan tadi, maklum bini2 dapat bonus akhir tahun.. XD

      Like

    7. Minta tolong aja sendiri, emang ane siapanya Yuuka XD

      Asal sistemnya udah jelas, ane gak terlalu keberatan. Well, jelas ane berharap gak pake istilah kennin segala.

      Minyak tanah sekalian XD

      Bonus apaan? Minta dipancing ya? XD
      Ngomongin mancing, tuh ada yang mancing XD

      Like

    8. Agn bukan siap2nya Yuuka, tpi dari yg ane denger sendiri dari yuuka, kataya agan sama kakekya dia teman semsa kecil XD

      hadirnya lagu W-Keyakizaka no uta kyknya makin mmperjelas, ini group ya emang beda… group di dalam group…

      Masak ane minum minuman pokok agan.. XD

      Bonus gaji lah..
      Srigala mah wajarin aja lah.. XD

      Like

    9. Wah fitnah itu, yang bener temen minum2 tau XD

      Tinggal tunggu link doang, penasaran lagunya kaya apa.

      Ane sih minumnya obat nyamuk, biar gak digigit nyamuk XD

      Wajarin tapi dibales juga komennya XD

      Like

    10. Pasti yg bayarin kakeknya yuuka gan, situ modal perut kosong doang.. XD

      Lagu tipe marching band gitu, lebih enak ketimbang nogizaka no uta, dibawain dengn diiringi orkestra band OK tuh

      Yg ada nyamuknya makin kuat dan sehat dong, yg diminum OBAT nyamuk.. XD

      Yah mau gimana lgi, jiwa pelinduing ane yg membuat ane speerti itu.. XD

      Like

    11. Iya dong, kan dia kaya dari orok XD

      Ane masih belum begitu dapet lagunya, tunggu download full selesai dulu lah.

      Kenapa yang namanya ‘obat’ itu malah ‘ngebunuh’, KBBI harus direvisi XD

      Ceileh pelindung XD

      Like

    12. Ente pergi dari rumah perut kosong, pulang kerumah perut kenyang.. luar biasa XD

      Klo bagi ane, ketimbang nogizaka no uta, ane lebih “yes” sama lagu kebangsaannya si ijo XD

      orng indonesianya yg salah, seharusnya anti nyamuk eh nyebutnya malaha obat nyamuk.. XD

      Ya gitulah ane… 😉

      Like

    13. Emang situ enggak? XD

      Hmm, ane masih belum dapet, yah, kaya yang ane bilang, ane butuh audio HQ dulu baru bisa nilai.

      Tapi kenapa, racun tikus bener buat bunuh tikus, kenapa nyamuk & cacing dikasih obat? KENAPA? XD

      Wink segala, jijik ah XD

      Like

    14. Ya enggaklah, klo ane pasti bawa bungkusan juga pas pulang, buat sarapan esok harinya XD

      Ini bakal dimauskin ke single atau enggak ya? atau dimasukin ke album, taau cuma ajdi lagu konser>

      Mungkin krena nyamuk bisa terbang jadi dia lebih high class XD

      Klo di blog ane itu emoticon yg pake kacamata, disini malah nge-wink.. XD

      Like

    15. Sekere-kerenya ane, ternyata masih ada yang lebih kere #DiatasKereMasihAdaKere XD

      Kalau enggak di 4th single, ya mungkin di album pertama Keyaki deh.

      Kalau cacing? XD

      Ane aja gak tau emoticon apa aja yang bisa dipake di wordpress XD

      Like

    16. Ini bukan soal siapa yg lebih kere, tpi ini soal kelangsungan hidup.. XD

      Nogizaka no uta ada MVnya kan, awas klo lagu Keyaki gk ada MV nya, ane koar2 di gedung SME XD

      Nah berhubung hidupnya didalam perut manusia jd dia juga elbih tinggi martabatnya, makanya dikasih sebutan “obat” cacing juga XD

      sekedar coba2 aja tadi…
      https://en.support.wordpress.com/emoji/

      Like

    17. Nyari pembenaran nih XD

      Iyalah ada, tapi kalau liat LLC sih, bisa aja MV-nya full dari konser ini ditambah pas latihan di backstage, kaya gak tau mereka aja XD

      Tapi kenapa tikus itu racun, bukan obat? XD

      Hahaha, niat bener pak XD

      Like

    18. Bukan pembenaran, tpi itulah kebenarannya.. XD

      Hahahahahaha, iya ya, ampas, tinggal minta rekaman dari abema klo gk mau repot XD

      Karena tikus makhluk gk terpandang.. *ini bahas apa sih?

      Jiwa ane yg baek yg menuntun ane berbuat seperti itu… 😎

      Like

    19. Buat ngidol ada, buat perut snediri nyusahain kakek Yuuka..😄

      Inget Hukum Pertama LLC : Duit adalah segalanya, penghematan dimana-mana XD

      Tahu dah. XD Yang penting bukan tikus berdasi XD

      Apanya, palingan cari biar bisa pake sendiri juga XD

      Like

    20. Curhat pak? XD

      Ah bahaya ini, masak iya MV ambil liputan dari konser, gk asyiklah..
      BTW dah download konser ini kan? file yg agan download punya audio bagus gk? kira2 klo convert jadiin MP3 lagunya W-Keya, nyiksa kuping gak?

      Lakhnatlah tikus berdasi

      Ya sekali menyelam 2 pulau terlampaui lah.. XD

      Like

    21. Cuma copas dari seseorang, tau deh siapa XD

      Bukan yang pertama juga, yang paling baru noh, Kikkake, dari backstage 46 Hours XD

      Ane download dari youtube, jadi ya tahu sendiri lah gimana. Kalau gak pake headset ya parah, kalau pake ya…sama aja jelek, flat. XD

      Kisah usang…tikus-tikus kantor…yang suka berenang…di sungai yang kotor XD

      Mati dong pak XD

      Like

    22. Ya ampun, file download, tulisan copas,.. XD

      Ya maksudnya inikan lagu kebangsaan, Nogi aja da MVnya masak Keyaki cuma ambil dari konser kemarin, kebangetan dah klo gitu jadinya…

      Walah dari yutub toh… ane juga download dri yutub yg W-Keya tpi ya itulah, audionya ayik2 menyakitkan gitu.. XD

      Otak tikus bukan memang bukan otak udang.. si tom datang tikus menghilang.. XD

      Tergantung ilmu om.. XD

      Like

    23. Software bajakan, hidup gak ada bagus2nya XD

      Ya gak usah berekspektasi ketinggian aja. Kalau gak kesampaian sakitnya itu XD

      Aslinya mau dari aidoru tapi ratio ane bakal amblas kalau download segede itu.

      Si Tom datang, temannya Jerry ikutan datang XD

      Sejujurnya, peribahasa ini mengajarkan kita untuk melakukan hal bodoh, udah di dalam air malah minum, mati lah. Contoh terbaru ya om telolet om XD

      Like

    24. HDD juga mungkin hasil ngerampok, hadeh.. hidup kok gitu amat sih.. XD

      Iyalah, tpi tetep aja berharap sanagt masuk single terus ada MVnya, klo amsuk album dah pasti gk ada MV..

      ratio cuma mempengaruhi waktu buat ngedownload file kan? maksudnya klo ada file baru yg diunggah tpi ratio rendah ya harus nunggu dulu.. cuma itukan pengaruhnya?

      XD

      Kok jadi lari ke om telolet om? XD

      Like

    25. Hidup juga cuma pinjaman Tuhan XD

      Berharap aja sama 4th, tapi konsekuensinya mungkin H.Keyaki gak bakal dapet MV kalau WKeyakizaka no Uta masuk.

      Iya emang, tapi harga diri yang jadi taruhan XD

      Tiap ane lewat jalan raya, pengen gampar anak2 itu biar tobat soalnya. Ganggu banget+bahaya sih XD

      Like

    26. Itumah semua orng..

      Bisa aja amsuk, yg dikorbanin buka H.keya tpi unit..

      Halah, nyedot gratisan aja pake harga diri sgala.. XD

      Hahaha, iya sih, apalgi sampe berkerumun dipinggir jalan, tpi ya itulah Indonesia..

      Like

    27. Makanya, hidup ini semua pinjaman XD

      Kalau gak unit, ya coupling senbatsu. Atau solo (kalau yang ini setuju pake banget)

      Gratisan apa, 300K sebulan tau XD

      Kalau dunia ini kaya GTA, udah ane tabrakin tuh para kaum om telolet om XD

      Like

    28. Om Kultum Om.. XD

      Klo c/w senbatsu gk mungkin kyknya..
      Wah solo yg dikorbanin? pdahal single ke-4 rencannya Aka yg dapet solo, tpi disuruh korbanin, yoweslah.. XD

      Hahah, iya ya… gratis downloadnya, bayar beli kuotany.. XD

      Ane ngecheat dulu, trus tembak pake pesawat tempur XD

      Like

    29. Mau dibikin trend baru? Om Kultum Om ketimbang Om telolet om? XD

      Kalau semua gak boleh terus apa yang dikorbanin? Kambing? XD

      Emangnya ada pohon kuota? Bahkan Doraemon gak bakal bisa bikin kuota yang gak bisa habis XD

      Game pake ngecheat? Ya ampun, segitunya XD

      Like

    30. Iya, lebih berfaedah kan XD

      Ya tinggal nambah satu type lagi single nya, jadi A~D+Reguler XD

      Doraemon kurang canggih berarti.. XD

      Ngerental PS terus mane game dengan cara “jujur”, nguras duit itu namanya.. XD

      Like

    31. Silakan mulai trend-nya duluan XD

      Bukan masalah type kan, ini bahas soal MV. Gak mungkin kayanya LLC bikin 5 MV buat satu single.

      Gegara kebanyakan kencan sama Miichan XD

      Ckckck, ane sebagai gamers, prihatin sama pemakai cheat XD

      Like

    32. XD

      Hahaha, mana tau kan LLC lagi kesambet roh halus yg baek.. XD

      Ane smepat berpikir Miichan yg agan maksid koike minami, untung an ebaca lagi komen2 seblumnya yg amsih bahas doraemon.. XD

      Klo di game komputer ane gk pernah pake cheta kecuali terpaksa.. XD

      Like

    33. Biar kesambet rohnya Ibu Peri juga LLC gak bakal ngeluarin banyak duit XD

      Doraemon pacaran sama Koike? Itu baru skandal XD

      “Terpaksa” disini apa terjemahan bebasnya “Gak bisa menang tanpa cheat”? XD

      Like

    34. Kibar bendera putih deh klo gitu ceritanya.. XD

      Big big big scandal.. XD

      Iya, misalnya dah ngulang sampe 3x tpi gk naek2 ke level selanjutnya, nah baru deh “cheat” yg bekerja.. XD

      Like

    35. Mau demo di depan kantor LLC? Palingan gak dianggap sama mereka XD

      Breaking News : Keyakizaka46 Koike Minami caught dating 123cm robot from 22th century! XD

      Emang tetris ada cheatnya yak? Game populer waktu ente kecil itu kan? XD

      Like

    36. Ane curi semua member, ilang sumber pemasukan LLC, nah baru deh meeka bakal dengar tuntutan ane.. XD

      Yg baca cuma bisa ngakak… XD

      Loh game apa itu? baru denger ane ada game kyk gitu. berarti ente min yg lebih tua dari ane.. 😎

      Like

    37. Demi menyadarkan LLC ane rela di cap jelek, yg penting bini2 ane tau klo ane gk seperti itu 😎

      Banjir naguslah si Nobi Nobita XD

      Gameboy itu apa? ane cuma tau PS, Nitendo, X-box, tpi sekedar tau aja, yg pernah dimaenin cuma PS XD

      Like

    38. Harus dipanggilin Kochikame nih biar dihakimi XD

      Nangis bukan karena cemburu, tapi nangis karena gak dapet peralatan ajaib XD

      Pasti kolektor kaset PS goceng XD

      Like

    39. Kochikame itu yg polisi beralis ulat bulu itu ya?

      eh tpi masih ada dorami, dan biasanya alat2 dorami lebih canggih, nobita gk perlu nagis klo gitu.. XD

      Kolektor kaset apaan, wong maen PS aja ngerental XD

      Like

    40. Hahaha, syahroni, sapa pula tuh? jgn bilang penyanyi nasional itu.. XD

      Ya mau gimana lagi klo doraemon sibuk sama miichan ya terpaksa dorami urus cucu dan kakek dari keluarga Nobi.. XD

      Duit aja ngerental.. XD

      Like

    41. Emang dia penyanyi? XD

      Ini Miichan yang mana? Yang kucing apa yang Keyaki? XD

      Iya sih dasarnya, dapet duit langsung dipake, numpang lewat doang XD

      Like

    42. Eh tukang sensasi ? XD

      Dora playboy, miichan kucing sama miichan keya dihembat semuanya XD

      Ini masih bahas soal komen ane atau udah masuk sesi curhat kehidupan nyata ente? XD

      Like

    43. Ya iyalah, enakan mana “Yok kita nonton ondel-ondel, nyok!” sama “Yok kita nontoh Syahroni, nyok!” XD

      Ane cuma curhat sama istri ane Yumi, ngapain curhat sama om2 beristri banyak XD

      Like

    44. Lagian enakan liat tarian ondel2 ketimbang tariannya syahroni XD

      Ya mana tau Yumi dah ogah dengerin curhat kehidupan ente yg terlalu ngenes terus ente cari pelarian XD

      Like

    45. Eh, dia bisa nari? XD

      Cari pelarian ya ke adek2 ane lah, ngapain ke ente. Atau berguru ke Karin, cari tahu dimana beli peliharaan macam Rocky, entar ngobrol sama batu XD

      Like

    46. Nari cacing kepanasan XD

      Jadi kasihan ane, adek ente yg masih2 kecil nan lgu harus dipaksa mendengarkan cerita suram kyk gitu.. XD

      Like

    47. Ashurin dark karakternya, abangnya(?) dark kehidupannya, jadi jgn pake kata2 “sama-sama” deh.. XD

      Like

    48. Ya ribetlah, soalnya adek2 situ curhat ke adek ane Miria, terus minta solusi dri Miria, lah Miria yg msih lugu ujung2nya minta solusi sama ane sbg abangnya, ribetkan ane jadinya 😎

      Like

    49. Miria minta solusi sama orang yang salah kalau gitu. Orang paling salah untuk dimintai solusi, hidupnya sendiri butuh solusi kok minta solusi darinya XD

      Like

    50. Ini bukan soal tepat atau enggaknya, tpi ane jadi terseret2 dalam kehidupan situ yg kelam gra2 curhat sama ashurin dan ashurin curhat ke miria XD

      Like

  5. Ane Barusan Nonton Performnya Keya Nampilin Saimajo Di Mste Super Live Dan Ane Coba Ngitung Jatah Screentime Member Lain Selain Techi Dengan Jatah Screentimenya Techi. Hasilnya Screentime Member Lain Gak Sampe Seperempat Screentime Techi. Dari Video Yang Berdurasi 3 menit 25 Detik (Perform + Bincang2), Sekitar 1 Menit 5 Detik Adalah Screentime Techi Sedangkan Sisanya Merupakan Screentime Member Lain & Keseluruhan. https://goo.gl/1IivMk

    Ane Emang Demen Kalo Techi Jadi Center Tapi Kasian Juga Member Lain Kalo Jatah Screentime Diambil Sama Doi Semua….

    Like

    1. Yah, mau gimana lagi, buat umum Keyaki=Tecchi, at least for now. Jadi gak perlu diambil hati. Dan karena sekarang memang momentumnya mereka, ane gak begitu komplain soal ini.

      Tahun depan, kalau masih terlalu Tecchisentris, padahal seharusnya udah Groupsentris ane bakal protes.

      Like

    2. Ya Semoga Aja Tahun Depan Keya Udah Gak “Terlalu” Techisentris. Selain Itu Semoga Aja Mentalnya Member Keya Pada Tahan Banting Terhadap Rumor2 Yang Beredar DI Kalangan Fans Apalagi Fans Jepun Emang Demen Banget Buat Rumor Yang Aneh2 Jadi Mending Diemin Aja Selama Merasa Gk Ada Yang Salah :/ Atau Bisa Juga Pake Caranya Kazumin Dulu Yang Langsung Konfirmasi Lewat Blog…

      Ngomong2 Tentang Rumor, Momoko Jadi Member Pertama Di Gen 3 Yang Cerita Cinta Masa Lalu-nya (?) Terkuak Ke Publik. Semoga Itu Gk Menggoyahkan Mentalnya Dan Dukungan Fansnya. 🙂

      Like

    3. Kalau soal rumor, ane setuju gak setuju sih sama prinsip “diam itu emas”, karena yang namanya fans pasti pengen clear sejelas-jelasnya. Tapi emang kalau terlalu semangat nanggepin malah bikin apinya makin besar. Porsi yang tepat aja lah, jangan kaya kasus Nazi kemarin, gak ada kejelasan sampe blog absen semingguan.

      Oh ya? Ane belum tau tuh, gimana jelasnya?

      Like

  6. Kalo Rumornya Udah Mulai Nyebar Ke Ranah Masyarakat Umum Kayak Gitu Emang Harus Segera Ditanggapi Tapi Kalo Rumornya Remeh Macam Rumornya Nanako, Ashu, Ikoma Atau Rumor Yang Berdasarkan Ilmu Cocoklogi Macam Rumornya Miona Sebaiknya Sih Gk Ditanggapi.

    Ini Juga Termasuk Rumor Remeh Sih 😀
    https://goo.gl/EY7x5R

    Like

    1. Rumor cocokologi Miona ini yang mana lagi? Masih rebutan Miona sama bapak yang itu ya? 😀

      Oh, ex-BF? Well, ane dulu bahas panjang lebar soal ini di kos sebelah lama yang kena gusur, mungkin ane bakal tulis ulang deh, bahas hal ini.

      Like

    2. Gak Usah Direbutin Toh Nantinya Miona Bakal Kembali Ke Hati Ane 8)
      “Sejauh-Jauhnya Merpati Terbang Pasti Akan Kembali Ke Sarangnya” 🙂
      https://goo.gl/A2gwIK

      Rumor Cocoklogi Miona Itu Tentang Miona Yang Dirumorkan Pernah Jadi Pacarnya Member Johnny Waktu SMA. Buktinya Bener2 Gak Kuat Alias Cocoklogi (Misal Bajunya Sama) Tapi Ada Aja Yang Membesar2kan Haha 😀
      https://goo.gl/lzOvZJ

      Gk Usah Terlalu Dibahas Lebih Dalam Gan Kalo Hal2 Kayak Gini 🙂

      Like

    3. Tunggu “Dia” komentar aja deh 😀

      Oh, kalau gosip beginian ane gak terlalu merhatiin sih.

      Ane bukan niat jadi kompor atau apa sih, meski dulu sering disalahpahami, yah, mungkin ane bakal bikin rangkanya dulu untuk ini. Dan yeah, bulan lebih indah dilihat dari jauh, tapi kenapa gak pingin jadi Armstrong dan Aldrin daripada cuma liat dari jauh?

      Like

    4. @Mac:
      Tekadang Ane Kasihan Sama “Dia”. Banyak Sekali Cobaan Yang Menghampiri, Baik Itu Isu Finansial Akhir Bulan Maupun Isu2 Tak Sedap Yang Menghampiri Kelima Istrinya 😀

      Kalo Rumor Remeh Kayak Gini Ada Banyak Banget Gan 😀

      Kalo Itu Sih PilihanGan, Mau Jadi Astronot Dan Disuguhi Pemandangan Kawah Bebatuan Nan Gelap Namun Jadi Lebih Tahu Struktur Bulan Atau Mau Jadi Photographer Yang Tidak Tahu Secara Langsung Struktur Bulan Namun Dapat Melihat Bulan Memantulkan Cahaya Nan Indah.

      ==================================
      @Conan:
      Ane : Eh Mami Udah Malem Kok Maen Pistol Aer Ntar Basah Trus Kedinginan Lho
      Miona ❤ : Miona Gak Takut Dingin, Kan Ada Papi Yang Selalu Mengahangatkan https://goo.gl/syliro

      Like

    5. Misa: Eh baca deh komen dgn username Brokoli, dia ngedelusiin Miona, lucu ya..
      Ikoma: Hahahahaha, parah ya..
      Ikuchan n Miona: Huh kasihan dia berdelusi mulu
      https://goo.gl/XmljYA

      Miona: Bantuin kakak dong buat nyemenagatin suami kakak, abang mimichan..
      Miria: Baik kak, nih biar abang semangat melawan srigala https://goo.gl/dHDevr
      Ane: Maksih ya dek, mkasihya my love Miona

      Like

    6. Eh Ada Dek Miria 🙂
      Ane Baru Aja Nonton Nogizaka46 Under Xmas Show 2016 Dan Baru Menyadari Pesonanya Dek Miria. Ane Rasa Nih Anak Layak Dapat Lebih Banyak Push. Mungkin Tahun Depan Doi Bisa Masuk Ke Jajaran Senbatsu Dan Jajaran Calon Dedek Ane 🙂

      Ngomong2 Tentang Nogizaka46 Under Xmas Show 2016, Nih Konser Menurut Ane Lebih Keren Daripada Xmas Show Tahun Kmaren Bahkan MungkinJuga Lebih Keren Daripada Konser Xmas Show-nya Senbatsu Tahun Ini. Setlist Bagus, 16 Member Under Masing2 Jadi Center Dari 16 Major Single Nogi (Untuk Sesi Ini Dibagi Jadi 2, Perharinya Masing2 8 Lagu), Nogidan Feat Nogizaka Rock & Roll, Double Encore, Senyum Ceria Ayane ❤ (Ane Gk Pernah Liat Ayane Seceria Ini Dan Ane Lemah Sama Gap Seperti Ini), KTK & Renachi Wink <3, Miria Pertama Kali Mimpin MC Dll.

      Ane Sangat Merekomendasikan Konser Ini 🙂

      Like

    7. Duh ane belum sempat download Under XMas kemarin, kelupaan sih. Nanti malem deh ane download sekalian One Man Keyaki…

      Btw sekarang Miria masuk incaran nih 😀

      Like

    8. ya ampun, dedek kecil kuh diincar? https://goo.gl/zU79Qs
      Ane: Dek, sepertinya adek lagi diincar srigala
      Miria:Iya bang? ih Ngeriii https://goo.gl/mrOx1h

      Untuk konser xmas, ane gk pernah download tahun2 sebelumnya, utk yg kemarin baru amanin link doang…
      Ada usul link yg bagus dan size bersahabat? sejauh ini ane cuma amanin link dari decade…

      Like

    9. Yang Konsernya Keyaki, Ane Baru Download W-Keyaki No Uta Doang 😀

      Miria Baru Masuk Tahap Calon Dedek Gan 😀
      Ane Masih Nyaman Membina Rumah Tangga Dengan Ikuchan ❤ Ashu ❤ Mama Sayu ❤ Mami Miona ❤ Gan. Belum Mau Nambah Istri Lagi Tapi Kalo Calon Dedek Ada Banyak Yang Daftar. Sejauh Ini Calon Dedek Ane Udah Ada KTK, Ayane Sama Miria. Semoga Aja Tahun Depan Salah Satu Dari Mereka Ada Yang Bisa Ane Angkut Biar Dedek Marika Ada Temennya 🙂

      Like

    10. Adek ane, Miria jadi menggigil ketakutan gra2 denger isu dia jadi salah satu calon adeknya srigala…

      Like

    11. @conan, Biasanya link sih ane dari aidoru atau grup FB, 48video, kalau bagikuy suka telat. Kadang dari Decade juga sih. *gak nolong ya 😀

      @brokoli, ane baru selesai download dua konser, One Man sama XMas, nonton nanti malem deh baru bisa komen.

      Btw, kalau bijak, tolong nama Ashurin sama Bebitan dihapus, kalau belum mau ngerasain gelapnya tanah kuburan 😀

      Like

    12. @Conan:
      Sabar…Sabar…. https://goo.gl/W4ZoUo

      Kalo Link Xmas Show Di Suki48 Ada Yang Versi Hemat Sizenya Cuma 1.2 Giga-an Tapi Resolusinya Cuma 720. Kalo Mau Yang 1080 Ada Di Aidoru, Sizenya 13 Giga-an 😀

      ================================
      @Mac:
      Ditunggu Review Concertnya Gan 🙂

      Justru Ini Udah Keputusan Yang Paling Bijak Gan. Menghalalkan Ashu Dan Mengangkat Marika Jadi Dedek. 🙂

      Like

    13. Maksud Ane Review Video Concert Atau Review Concert Melalui Video Atau Apapun Lah Namanya 😀

      Nyawa Itu Urusan Yang Diatas Gan, Yang Penting Mah Kita Sudah Usaha Dan Ashu Pun Menanggapi Dengan Baik Usaha Ane Dengan Bersedia Dihalalkan 🙂

      Like

    14. @Mac:
      dari 48Douga sebebanrnya enak buat downloadnya, cuma ada watermarknya, ane selalu risih klo liat gituan, gede dan jelas, coba dibikin remang2 dikit XD

      ======================

      @Brokoli:
      Miria lgi usir srigala tuh..

      Ane emang sering download yg 720p gan, klo 1080 gk pernha..XD
      2gb aja ane mikir ini 13gb pual, dah pasti ane tolak.. XD

      Like

    15. @brokoli
      Kayanya enggak deh, seri Princess Line aja rasanya gak bakal kelar sampai lonceng pergantian tahun. Udah lewat deadline. :p

      Itu kan cuma delusi agan kalau adek ane mau 😀

      @conan
      Kalau ane lagi males keliling ya 48video jadi rujukan ane. Watermark sih gak begitu peduli ya, gratisan aja banyak maunya XD

      Sama ane juga paling sering yang 720p, karena ane gak punya TV buat enak nikmatin konten FHD. 😀

      Like

    16. @Mac
      Mak dalem wak, “gratisan aja banyak maunya”, yah mau gimana algi, ini soal kepuasan sih XD

      PC ane dah ganti lagi, makin turun speknya, kasih 1080p macet2 videonya XD

      Like

    17. Derita ngidol: cari periferal yang speknya cukup buat nikmatin HD video, kalau bisa FHD, syukur2 4K. Kalau udah terlengkapi, penuhi kuota. Kalau dua syarat terpenuhi, jadi link hunter. Kalau semua udah lengkap, bayar tagihan yang numpuk demi semua itu XD

      Like

    18. @Conan:
      Little Thing Called Million Love https://goo.gl/IFoasA
      Ngeliat Dek Miria & Dek Ayane Akrab Sama Istri2 Ane Itu Rasanya Seneng Banget ❤ 🙂
      https://goo.gl/LBmjNz
      https://goo.gl/5Mt1RA

      Kalo Ane Mah Yang Linknya Lebih Dulu Keluar Itu Yang Ane Download 😀
      Syukur2 Kalo Sizenya Kecil Tapi Resolusinya Udah 1080 Hehe 😀

      ==========================
      @Mac:
      Kasih Review SIngkat Aja Gan Di Bawah 😀
      Gak Usah Dibikin Artikel Segala 😀

      Ane Dan Ashu Mah Udah Sehati Dan Tak Bisa Dipisahkan, Bagai Sisi Kanan Dan Kiri Sebuah Baju Yang Kalo Dipisahkan Keduanya Jadi Tak Berarti 🙂

      Percayalah Jadi Fans Far Modal Kuota Itu Biayanya Jauh Lebih Murah 😀

      Like

    19. Nggak ada kesan khusus sih buat keduanya. Apalagi yang Keyaki, rada nyesel ane keliru download yang SD :p

      Yeah, dream on. Emang susah kalau punya adek yang loli sekaligus S, banyak serigala yang delusi. 😀

      Ane gak percaya2 ah, entar dikasih fatwa haram 😀

      Like

    20. @Mac:
      “….. bayar tagihan yang numpuk demi semua itu” habis bayar tagihan cek dompet n atm, barulah sadar, “apa2an dunia ngidol ini?!!!” XD

      ==========================

      @Brokoli:
      ane pikir ane hanya bakal pusing oleh agan Mas, eh taktaunya nambah lagi sosok yg bikin ane pusing gra2 merusak keharmonisan keluarga ane.. Hhhhhhh

      Like

    21. Ane koleksi lagi potongan kartu pedana buat modem, dah setumpuk wak, klo liat itu mikir “dah bisa adain syukuran dengn beli berbungkus2 nasi padang nih”..

      Like

    22. Bisa beli pakaian biar gak keliatan gembel2 amat, bisa buat cari makan enak, bisa buat beli kendaraan, tapi ada sesuatu yang gak bisa dilakuin kalau gak ngidol.



      Itu adalah, ane gak bisa bahagiain Yumi, Bebitan, Ashurin, Aka, Zukki, & Manafin XD XD

      Like

    23. “Itu adalah, ane gak bisa bahagiain Yumi, Bebitan, Ashurin, Aka, Zukki, & Manafin” <- agan yg bahagiain mereka, atau mereka yg bahagiain agan? komennya yg bener dong XD

      Like

  7. Ane pengen lihat gimana keya tahun depan. Kalau misal lagunya bagus tapi konsepnya masih itu-itu aja, ya bakal ngebosenin juga. Yang ane mau, mereka beneran bikin single balad, terus nogi rilis single kayak inochi. Nah, kalau misal bisa sukses, pasti keya bakal makin luas pasarnya dan bakal sulit buat nginjek remnya.

    Cuma, tahun depan NGT bakal debut. Ane pengen lihat gimana nasibnya keya kalau misal debutnya NGT dikasi lagu lebih bagus dari single yang bakal dirilis keya tahun depan. Fans itu jarang ada yang setia. Kalau liat ada yang bagusan, pasti pindah tempat 😀

    Dan ane harap, risayang cepet-cepet jadi official model majalah fashion. Alasannya, biar dia makin terkenal dipublik. Dan ane kira, kayaknya 2watanabe bakal dijadiin kayak maiyang-nanasayang. Yang artinya, posisi mereka bersebelahan.

    Dan ane prediksiin, dengan 3rd single yang mencapai 500k lebih, single selanjutnya belum bisa mencapai 700k. Kenapa? Ya karna ane rasa 3rd single ini bisa segitu dibantu sama hs 32 membernya. Kalo misal 3rd single ini masih 21 member, ane rasa penjualannya paling banyak 400k.

    Like

    1. Keyaki masih mungkin rilis single yang bener2 beda plus center juga, tapi Nogi sulit. Jadi kalau mau tukar konsep bahkan cuma untuk satu single pun susah.

      NGT belum debut? Oh well…
      Entah, kalau ane, susah buat kembali lirik 48G, meskipun lagunya bagus kaya gimana (365 nichi misalnya) ane paling cuma liat sekali dua kali habis itu ya udah.

      2Watanabe jadi semacam guardian sekarang ini, tapi bukan Double Suns. Karena posisi mereka biasanya mengapit member dengan ada di ujung, beda sama Double Suns yang tepat di samping center.

      Ane gak akan prediksi soal berapa sales single Keyaki, karena angka mereka harus pake formula yang mutlak beda : kejutan. Biarpun bisa prediksi senbatsu atau lagu, untuk sales ane nyerah.

      Like

    2. Tapi menurut ane yang lebih sulit ganti konsep itu keya. Mereka kayak udah nyaman pake konsep yang gitu-gitu aja. Begitupun centernya. Saingan techi belum ada. Kecuali, mnjmn bener-bener mau bikin persaingan antara k dan h, ane yakin neru bakal jadi pesaing kuat buat posisi center.

      Ane mantau NGT awalnya cuma karna Rie pindah ke sana terus jadi kapten. Tapi, karena lama ngikutin ane jadi punya oshi di sana 😀

      Bukannya semenjak 2nd single 2watanabe selalu mengapit center ya gan? Makanya ane berani bilang dia kayak maiyang-nanasayang. Cuma belum jadi double suns.

      Makanya ane takut kalo keya rilis single bagus tapi gitu-gitu aja tema dan konsepnya, publik yang awalnya suka lama-lama enek. Ya mau gak mau bakal ada gimmick gak jelas kayak 48g lama-lama. Entah dari dicampur adukan senbatsu h dan k, entah ada pinjem member nogi, atau parahnya kalo misal ada yang grad terus diikutin lagi

      Like

    3. Karena Keyaki masih satu tahun, sebagus apapun konsepnya, masih sangat-sangat bisa dirubah. Nogi juga 4th single jadi single perubahan, dan ane gak nganggap Keyaki harus stuck sama konsep secepat ini. Semua masih bisa berubah.

      Holy cow, ane beneran lupa Kitarie masih belum grad ya. Tapi mereka punya variety dan semacamnya?

      Di Futari mereka turun ke 2nd row kan. Selain itu, posisi mereka gak original, Royal Couple udah ngisi posisi itu di dua single sebelumnya. Belum lagi Berisa ada couple sama Mona, dan Berika sama Aoko 😀

      Untuk gimmick yang jiplak mentah2 48G, ane yakin gak akan semudah itu kejadian. Pertama resistensi fandom bukan hal yang sepele, dan kedua, Aki-P sendiri jamin gak bakal ada Kennin internal Sakamichi https://goo.gl/sBzOCw

      Like

    4. Kalau untuk nogi, mereka dulu belum ketauan mau pake konsep apa. Ya sistemnya masih raba-raba. Ane gak masalahin keya bakal tetep pake konsep kyk gini. Cuma, bosennya itu yang ane khawatirin.

      Iya, rie belum grad. Dan katanya sih mereka bakal punya acara sendiri di stasiun tv lokalnya.

      Ya walaupun gak original, tapi secara teknis teteplah ngapit center 😀 kalo yuka-akane kan gak ngapit center min

      Iya, gak akan mudah. Cuma kalo mnjmn udh kehabisan akal, apapun bakal dilakuin demi menyetabilkan penjualan. Ane pernah denger agan bilang aki-p gk terlalu berpengaruh di sakamichi. Jadi, sangat mungkin terjadi kalau LCC lagi cari sensasi 😀

      Like

    5. Nah kan, daripada khawatir bosan, mending ganti style sekali2 biarpun bakal jadi flop, ada serunya.

      Udah setahun lebih dan belum ada progress? Hmm biarpun dapet lagu debut rasanya ya cuma bakal gitu2 aja mereka.

      Ane gak bilang Royal Couple itu ngapit center, tapi posisi mereka di SiMa dan Sekai ni kan pas di belakang center, dan bukan cuma satu dua orang yang bilang mereka paling cocok di posisi itu, Tecchi aja pernah bilang dia relieved di belakangnya ada mereka. Sementara untuk 2Watanabe, belum keliatan efeknya.

      Yeah ane pernah bilang begitu, di artikel itu pula. Tapi, sekecil apapun pengaruh Aki-P, LLC tetap gak akan sebodoh itu untuk ngelakuin hal semacam over gimmick 48G.

      Like

    6. Kalau misal ganti style, ane pengen liat tecchi cocok gak pake gaun ala princess mirip sama yang sering dipake mbaknya…

      Ya, ane cuma harap setidaknya mereka gak dikasi lagu anak-anak mentang-mentang jadi adik bungsu akb.

      Ane biasa aja kalau ngeliat duet yuka-akane, kecuali senyum yukanya yang buat ane gak biasa 😀 Yang ane liat, mereka itu ya emang diduetin cuma gara-gara sama kasta(?). Beda sama 2watanabe. Risa-Rika diduetin karena mereka sama-sama cakep, sering muncul dimajalah, diprediksiin paling cepet jadi official model majalah, dan termasuk fandom darling. Ya kayak maiyang-nanasayang.

      Semoga aja gak kejadian. Tapi, ane rasa LLC udah cukup bodoh dengan ngambil sistem kennin 48g. Ya semoga mereka gak makin bodoh aja 😀

      Like

    7. Tecchi udah beberapa kali photoshot pake dress, dan ane rasa cocok2 aja. Ya mau gimana dia dewasa melebihi umurnya.

      Palingan setipe HKT dah.

      Mungkin juga karena kasta, tapi sekarang batas-batas Royal Couple, MonaRisa, udah makin blur, jadi yah, tinggal liat duo mana yang paling cocok.

      Mereka cukup nguatin iman biar gak kebanyakan ngelem aja 😀

      Like

    8. Ah iya, tecchi baru 15 kan? Tapi lucu aja kayaknya ngebayangin mereka nari ala nogi dengan kostum kayak princess bermotif bunga 😀

      Nah itu yang ane gak mau gan. Ane cukup seneng lagu pertama mereka gak terlalu kayak lagu anak-anak. Tapi, kayaknya debutnya bakal mengkhawatirkan.

      Ane sih paling suka MonaRisa, ya soalnya mereka cocok aja 😀 Yang pengen ane liat itu NeruTecchi bersebelahan disingle. Ane penasaran gimana aura ‘ajaib’ tecchi, ngelawan aura ‘abstrak’ neru 😀

      Dengan banyaknya uang yang mereka dapet, kayaknya mereka bakal banyak hamburin buat ngelem gan 😀

      Like

    9. Ada dua hal yang bikin hal ini rada sulit: Image militer Keyaki dan dari segi rataan visual, mereka masih kalah dari Nogi. 😀

      Udah punya lagu?

      Liat aja pas One Man kemarin, di lagu Yuuhi 1/3, nah gimana tuh pendapatnya TecchiNeru? 😀

      LLC? Hamburin uang demi grup? Not in thousands years 😛

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s