Aurora

Sleeping Beauty, atau lebih dikenal sebagai Putri Tidur di Indonesia. Berasal dari dongeng yang ditulis oleh Charles Perrault dengan judul asli La Belle au bois dormant. Brothers Grimm menulis ulang kisah ini dengan judul Little Briar Rose. Brothers Grimm menulis ulang kisah ini berdasarkan cerita dari mulut ke mulut pada akhir abad 17. Kisah paling awal yang memiliki alur dan materi sama berasal dari tahun 1528 berjudul Perceforest.

screenshot-8

Dalam versi asli, raja dan ratu yang akhirnya mendapatkan keturunan yang lama didambakan, mengadakan pesta untuk putri yang baru lahir. Hadir juga dalam pesta 7 peri yang memberikan hadiah berupa kecantikan, kepribadian, keanggunan, menari, menyanyi, dan musik padanya. Satu peri jahat yang terlupakan karena sudah lama dikira mati oleh kerajaan yang marah karena tidak diundang memberi kutukan pada putri yang baru lahir berupa kutukan bahwa suatu hari putri akan tertusuk oleh jarum pemintal dan mati.

Peri ketujuh yang belum memberi hadiahnya pada sang putri mencoba menyelamatkan putri dengan merubah kutukan itu menjadi tidur panjang selama 100 tahun sebelum seorang pangeran akan datang menyelamatkannya. Raja memerintahkan pemusnahan mesin pemintal demi keselamatan putri. Suatu hari, saat raja dan ratu pergi, putri yang berjalan-jalan dalam istana menemukan seorang wanita tua yang sedang memintal benang.

Putri yang tidak pernah melihat mesin pemintal, meminta untuk mencobanya dan kutukan itu pun terjadi, putri jatuh dalam tidur panjang. Raja menyadari bahwa kutukan tak bisa dicegah, membawa putrinya ke kastil, dan menidurkannya dalam ruangan termegah untuk menunggu kutukannya hilang. Para peri yang memberi hadiah saat kelahiran putri, menyadari bahwa kelak saat putri bangun dan menyadari dirinya sendiri, hal itu sama saja dengan membunuhnya.

Maka mereka membuat semua orang tertidur, untuk menemani sang putri, termasuk raja dan ratu yang masih ingin melihat putri mereka. Para peri juga membuat jalan masuk kastil dipenuhi tanaman berduri untuk mencegah siapapun yang mencoba masuk. Beberapa pangeran yang mendengar legenda putri tidur mencoba untuk menembus kastil, namun mereka mati sia-sia karena bukan cinta sejati putri.

100 tahun kemudian, seorang pangeran yang ditakdirkan berhasil memasuki kastil dan melihat sang putri untuk pertama kali. Kutukan itu hilang setelah pangeran mencium putri -meski tak dijelaskan bagaimana pangeran tahu cara menghilangkan kutukan itu- semua orang terbangun, dan beberapa saat kemudian mereka menikah dan hidup bahagia. Tamat.

open-uri20150608-27674-fwlge0_87ef7108
Gold of sunshine in her hair, lips that shame red rose

Sleeping Beauty versi Disney adalah salah satu film animasi tercantik yang pernah dibuat. Meski dibuat dengan teknologi 1959, masih visually stunning hingga hari ini. Teknik yang digunakan adalah Super Technirama 70, 6-channel stereophonic sound, dan dalam aspek rasio widescreen, film Disney kedua yang menggunakan aspek 16:9 setelah Lady and the Tramp.

Dalam versi Disney, kisahnya tidak begitu berbeda, namun tetap ditambahi bagian yang dihilangkan dan ditambahkan dari versi Perrault dan Brothers Grimm. Pertama adalah pemberian nama untuk Sleeping Beauty, oleh Disney diberi nama Aurora, berdasarkan karya komposer Rusia Pyotr Illych Tchaikovsky. Kedua adalah kemunculan Pangeran Philip, yang digambarkan telah dijodohkan dengan Aurora sejak dia lahir untuk menyatukan dua kerajaan.

Saat pesta kelahiran Aurora, seluruh warga kerajaan hadir untuk memberi selamat, termasuk peri yang memberi Aurora keajaiban, masing-masing satu. Berbeda dengan versi asli, hanya tiga peri yang muncul dalam film. Aurora mendapat hadiah berupa Beauty dari peri Flora dan Song dari peri Fauna. Sebelum peri ketiga, Merryweather memberi hadiah pada Aurora, peri jahat Maleficent muncul dan memberi kutukan pada Aurora atas dasar kemarahan karena tidak diundang dalam pesta.

Kutukan itu berupa sang putri akan meninggal setelah tertusuk jarum pemintal di ulangtahunnya yang ke-16, karena kekuatan sihir Maleficent yang sangat kuat, bahkan ketiga peri tidak bisa melakukan apapun untuk mencegahnya. Merryweather mencoba membantu dengan merubah efek kutukan Maleficent sehingga Aurora tidak akan meninggal melainkan hanya akan tertidur sampai cinta sejatinya datang dan memberinya ciuman pertama.

Raja memerintahkan pemusnahan jarum pemintal untuk menjamin keselamatan putrinya, dan tiga peri memutuskan untuk membesarkan Aurora di tengah hutan, memberitahu raja bahwa sekedar memusnahkan benda kutukan tidak akan menghentikan Maleficent. Dengan berat hati raja dan ratu merelakan Aurora dibawa ketiga peri untuk diasuh, tidak akan menemui putri mereka sampai dia berusia 16 tahun, saat kutukannya telah lewat.

Tiga peri membesarkan Aurora di tengah hutan, memberinya nama Briar Rose, mengambil dari nama Sleeping Beauty versi Brothers Grimm. Ketiga peri membesarkan Aurora dengan aturan tidak boleh menemui atau berbicara dengan orang asing, dan semakin besar Aurora mematuhinya namun tak bisa menahan rasa penasarannya terhadap dunia luar orang lain, yang tidak pernah diketahuinya.

Teman-teman Aurora selain ketiga peri hanyalah hewan-hewan di hutan, menunjukkan gejala sakit jiwa di kalangan Disney PrincessΒ old school seperti Cinderella dan Snow White. Sebelum dia berulang tahun ke-16, Philip yang melintasi hutan tempat Aurora dan tiga peri berada mendengarnya bernyanyi. Mengabaikan larangan ketiga “bibi”nya, Aurora menemui dan bercakap-cakap dengan Philip, keduanya tidak menyadari bahwa mereka sudah saling mengenal.

Sekembalinya ke rumah, Aurora mengakui dia sudah melanggar aturan mereka. Para peri yang menyadari bahwa waktu bahaya untuk kutukan Aurora sudah hampir selesai, mengambil resiko dengan mengungkapkan garis darah sebenarnya dari Aurora. Mereka juga mengatakan dia tak akan menemui orang asingΒ -alias Philip- itu lagi, membuatnya patah hati. Malam itu juga mereka berempat datang ke istana untuk pesta perayaan selesainya kutukan sekaligus perjodohan Aurora dan Philip yang lama tertunda.

Maleficent yang lama mencari Aurora akhirnya menemukannya, dan memastikan kutukannya akan berjalan. Dia merubah dirinya menjadi mesin pemintal dan membuat Aurora menyentuhnya dan kutukan itu terjadi. Seperti dalam versi asli, para peri membuat Aurora tidur bersama dengan seluruh kerajaan, menunggu hingga cinta sejatinya akan datang. Dan cinta sejati Aurora tidak lain adalah Philip, yang mana telah ditahan oleh Maleficent yang tidak akan membiarkan usahanya selama 16 tahun sia-sia.

Ketiga peri yang menyadari bahwa Philip adalah satu-satunya yang bisa menyelamatkan semua orang, membebaskan Philip dari tahanan Maleficent. Murka karena lolosnya Philip, Maleficent membuat sekeliling kastil dipenuhi tanaman berduri dan berubah menjadi naga untuk membunuh Philip. Karena ini termasuk salah satu film paling klasik dari Disney, tak ada plot twist, hanya Philip membunuh Maleficent dengan melempar pedang ke jantungnya, membuatnya tewas seketika.

Tanaman berduri hilang dari kastil dan Philip menemukan bahwa Aurora adalah gadis yang ditemuinya di hutan. Ciuman dari Philip membangunkan Aurora dan seluruh kerajaan. Mereka berdua turun ke hall istana tempat semua orang berada untuk penyambutan kembalinya Aurora, dimana pesta kemudian berlangsung dan hidup bahagia selamanya.

awakening
Scene ini selalu membuatku paranoid

Aurora mungkin salah satu Disney Princess paling tidak populer. Kritikus menjulukinya sebagai sekuel gagal dari Snow White dan Cinderella. Satu dari tiga Disney Princess original, sekaligus Disney Princess terakhir sebelum Ariel muncul 30 tahun setelahnya, Aurora adalah karakter yang “membutuhkan sihir untuk merubah hidupnya” dan “pada dasarnya adalah karakter seorang putri klasik, yang mendambakan kehidupan di luar kehidupan normalnya”

Desain karakter Aurora didasarkan pada aktris Audrey Hepburn dan rambut blonde ala Brigitte Bardot, namun itu juga tidak membantu popularitas Sleeping Beauty di mata kritikus. Selain itu sepanjang film Aurora hanya mendapat bagian sepanjang 18 menit, sangat sedikit bahkan jika dibanding Jasmine yang bukan pemeran utama dari Aladdin. Sedikitnya screentime ini juga menambah faktor kenapa Aurora tidaklah populer.

Aurora hanya dikenal sebagai salah satu yang tercantik selain Belle dalam canon Disney Princess. Dengan puisi “A gold of sunshine in her hair, lips that shame red roses, she’ll walk in springtime wherever she goes” sudah menggambarkan bagaimana Aurora dalam versi Disney. Dan memilih member Sakamichi untuk hal ini tidak akan terlalu sulit bukan? My ass it wouldn’t. Sama seperti Jasmine, karakter Aurora tidak kuat, sehingga gambaran terkuat yang bisa ditangkap darinya hanya kecantikan saja.

Berika sebagai Aurora adalah contoh paling cocok. Keduanya sama-sama memiliki nilai visual yang tinggi, butuh sihir untuk merubah hidupnya, dan punya kecenderungan sebagai weirdo. Jika Aurora berteman dengan hewan-hewan di hutan, Berika berteman dengan Aoko. Yang dibutuhkan Berika hanyalah rambut pirang keemasan dan dia akan mudah menjadi Aurora.

Kenapa adikku menjadi Aurora? Well, Ashurin memiliki traits yang sama dalam hal visual dan garis wajah yang terkesan chic dan dingin. Well, gambaran Aurora untukku juga sedikit arogan, atau itu karena desain karakternya. Selain itu, baik Aurora dan Ashurin adalah tipikal gadis yang bisa dengan mudah jatuh dalam perangkap karena dasarnya, mereka hanya berada dalam lingkungan yang sama selama hidupnya.

Sedikitnya peran dan screentime Aurora akan mudah diperankan oleh Aachan. Dikenal sebagai member paling diam dan salah satu hidden beauty Nogi, plus sama-sama punya karakter yang sedikit aneh. Jujur saja, hanya ini. Aurora adalah Disney Princess palingΒ underrated, tidak jelas karakternya, dan itu sangat cocok dengan Aachan. Atau ada pilihan member lain untuk Aurora?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

44 Comments

  1. Wih Ada Istriku Ashu Dan Calon Dedekku Ayane πŸ™‚
    Ashu Sangat Cocok Karena Doi Jadi Member Dengan Peringkat Tertinggi Wajah Yang Paling Diinginkan Oleh Wanita Jepang Tahun Ini (Tahun Ini Cuma 3 Member Yang Masuk 15 Besar Yaitu Ashu, Maiyan & Nanase). Selain Itu Ashu Kelihatan Cantik Banget Kalo Lagi Tidur ❀

    Like

    1. Cih apa2an “istriku Ashu”? Belum pernah minum obat nyamuk gan?

      Sok tahu ih gimana wajah adek ane kalau lagi tidur. Kebanyakan minum ethanol ya sampe delusi? πŸ˜€

      Like

    2. @Mac:
      Hati Dan Pikiran Ane Masih Sehat Kayak Gini Itu Karena Ane Belum Pernah Minum Obat Nyamuk Gan πŸ™‚

      Ane Mah Sering Gan Ngeliat Ashu Tidur Soalnya Kan Satu Ranjang πŸ™‚

      =====================================
      @Mas:
      Iya Nih Padahal Ane & Ashu Kan Udah Halal πŸ˜€

      Like

  2. “Berika sebagai Aurora adalah contoh paling cocok. Keduanya sama-sama memiliki nilai visual yang tinggi, butuh sihir untuk merubah hidupnya” <- Ntah ahrus senang atau enggak ane baca kalimat itu XD
    Dan mungkin “sihir” itu adalah ane, sihir yg baik tentunya.. XD
    Kurang tuh, temennya Berika selain Aoko, ada Kiiko sama Karaage XD

    Klo soal cantik, kyknya Maiyan belum ada masuk ke princess disney sebelum2nya kan? gk masuk disini dia?

    Like

    1. Mungkin sihir yg Berika butuhin disini adalah cciuman dari seseorang. Kira2 sapa ya yg berminat melumat bibir lembut Berika? πŸ˜€

      Like

    2. @Mac:
      spa yg bully, bilang ke ane, dah gk sayng nyawa tuh orng..
      Wajib percaya hukumnya XD

      Kiiko: https://goo.gl/nwrg3Z

      Eh udah ya, wah yg pertama ternyata, pantes dah gk ingat..XD
      Sayurin?

      ==================================

      @Mas:
      “sapa ya yg berminat melumat bibir lembut Berika?” <- ciyaaah, pake ditanya, ya ane lah sebgaai suami sahnya πŸ˜‰

      Like

    3. Yang bully? bapak kos sebelah tuh yang bininya banyak XD

      Kalau enggak apa haram? Jangan kasih fatwa please XD

      Itu namanya Kiiko? Kalau gak salah cuma di photoshot majalah apa gitu kan?

      Ane ada rencana bikin artikel final yang ngerangkum semuanya kalau semua Disney Princess udah rilis, biar gampang.
      Sayuringo? Secara gak sadar bilang dia cantik nih XD udah juga kali https://goo.gl/XuLwCO

      Like

    4. Minta di bom orang tua satu itu.. XD

      Iya, haram, tadi baru selsai rapat penentuan fatwanya XD

      Iya, inilah hebatnya bini ane, 2 boneka kepunyaan dia udah masuk majalah, kiiko sama aoko.. XD

      Wah udah juga ya…
      emang cantik, tpi gk bisa menggetarkan hati ane #AHHAY.. XD

      Like

    5. Emang tuh udah tua bininya banyak suka bully pula XD

      Tidak! Jangan penjarakan ane! XD

      Yang satu jadi bintang drama, hebat emang master wifi XD

      Gembel, palingan karena kejadian yang itu makanya bilang begini XD

      Like

    6. @Mac:
      Entah apa yg dilit oleh 7 bininya dari sosok yg begitu, heran snediri ane jadinya.. XD

      Ogah juga penjarain gan, makannya banyak, bisa bangkrut pemerintah XD

      Nah itulah, malah ane yg sebagai suaminya yg gk pernha terekspos media..

      Sayurin emang cantikkan, cuma ya itu sekedar cantik aja kyk maiyan dll, tp gk bisa menggetarkan ahti ane XD

      =============================

      @Mas:
      untung ad ane, sosok pelindung bagi Berika 😎

      Like

    7. Kenal gak sama tuh orang, kita tutup kos2annya! *kaya penggerebekan hal mesum aja XD

      Ya gimana lagi, duit habis buat ngejar periferal memadai buat ngidol XD

      Soalnya belum de jure kan XD

      Sukanya yang sableng sih, eh tapi Sayuringo sableng juga sih XD

      Like

    8. Gk kenal dah jgn sampe deh ane kenal sama sosok gk jelas kyk gitu, ogah bener.. XD

      buat ngidol ada, buat perut snediri nyusahain kakek Yuuka.. XD

      Bukan begitu, emang ane nya aja yg gk mau diekspose, tar ane diserang zombie2 ngidol lagi XD

      Makjang dengan tidak langsung agan mengtakan 7 bini + adek2 ane sosok sableng? gk semuanya kali gan…
      Sayurin, Maiyan, Nanase era single kidzuitara ke atas, yah mereka sekedar cantik aja di mata ane.. XD

      Like

    9. Ayo kita bikin fatwa haram buat dia XD

      Kaya pernah dengar? Dejavu? XD

      Zombie ngidol itu kaya siapa? OT kah? XD

      Chotte matte, gak semuanya sableng? Hmmm? Oh ya? Si…a…pa? XD

      Like

    10. Asingkan dia dari kehidupan dunia ini.. XD

      Ya pernah denger lah, itukan pandangan org2 terhadap situ.. XD

      Sambleng terlalu berlebihan, yg bener itu Unik.. &-)

      Like

    11. Dia hanya bagai benalu dan parasit bagi kehidupan di dunia ini.. XD

      Ya moga2 lah bahagia beneran, ane takut dibalik itu semua ada yg sengsara dan terpaksa menjalani kehidupan keluarga kecil itu.. XD

      Iyalah, cantik2 tpi kemampuan dan kelakuannya “begitu”, unikkan.. XD

      Like

    12. Gk akan XD

      Nah kan, ane nasehatin malah dibilang ane curhat.. XD

      Ajigile, uniknya gk seekstrim ripley’s juga x…

      Like

    13. Pepatah lama, sesuai umur.. XD

      Bisa2nya enta aja mirip2in..

      Gk ah, ntar itri ane di cap ‘aneh” lagi, pdahal cuma punya kekuatan deteksi wifi dan menetralisir netcut, itu bukan sesuatu yg aneh.. XD

      Like

    14. Yang modern gimana dong? Mulutmu membuat serigala? XD

      Bisa dong, Disney Princess jadi Sakamichi aja bisa XD

      Itu bukan sesuatu yang aneh tapi ajaib XD

      Like

  3. Manteb min gambarnya! Kayak game SNES hanya saja versi HD! πŸ˜€
    Kalo soal pangeran dari cerita asli yg tiba2 tahu cara membangunkan si putri, mungkin itu insting kelaki-lakiannya memuncak. Ada bibir nganggur kenapa ga di sruput? Eh, dapet bonus putri tidur, bisa nikah dengan putri dan dapat kerajaan pula. Untung besar!!! XD
    Ane setuju deh, dengan 3 member yg dipilih. Berika, cantiknya Naudzubillah, Ashu menggiurkan dan Ayane bahaya kalo sampai khilaf. Tapi, apa ga coba di potosop 3-3nya? Ganti warna rambutnya jadi pirang. πŸ˜€

    Like

    1. Coba tonton Sleeping Beauty, recommended kalau mau cari animasi yang gambarnya bagus, biarpun udah 57 tahun.

      Main sikat aja dong. Di versi Disney, padahal Philip tuh tipikal pangeran yang ideal, tapi tetep aja nyosor. Apa dia keturunan serigala? XD

      Ane udah sedikit bikin foto Berika jadi blonde, tapi gak cukup waktu buat Ashurin dan Aachan jadi cancel. Entaran deh di artikel konklusi seri Princess Line ini.

      Like

    2. Ane cari screenhotnya aja. Ga kuat kalo film. πŸ˜€

      Didalam diri setiap pria, pasti ada sosok serigala. Itu sudah insting alami dan kodrat seorang pria. Jadi wajar, buat pangeran ideal sekalipun, ada kalanya berubah jadi gitu. Dan trigger utama munculnya sosok serigala itu, ya para kaum hawa. πŸ™‚

      Sip! Sip! Ane tunggu! XD

      Like

    3. Cuma 600 mb buat 720p aja masa gak kuat πŸ˜€

      Dengan kata lain formula ini berlaku ya, woman=problem, bahkan sejak Adam πŸ˜€

      Mungkin masih lama, karena masih ada 4 Disney Princess lain yang belum ane rilis, dan kalau cuma Berika yang dapet perlakuan khusus gak enak juga kan πŸ˜€

      Like

    4. Kuota ane cuma buat 46 dan Downtown aja, jadi kalo buat yg lain agak ga enak pakainya. πŸ˜€

      Jadi jangan salahkan pria yang menyerigala. πŸ˜€

      Sip! Ane pengen liat Ashu dan Acchan juga! πŸ™‚

      Like

    5. Duh sampe segitunya, kalau gitu jadi wifi hunter deh πŸ˜€

      Cih, ini mah justifikasi pembenaran atas apa yang anda lakukan! πŸ˜€

      Cuma ane harus ningkatin skill photoshop ane dulu dah, udah lama gak main photoshop udah lupa semua πŸ˜€

      Like

  4. Aurora itu disney tercantik, cuma emang gak terkenal kayak disney yang lain. Temen ane yang ane kasi tau soal aurora malah nyambungin sama aurora yang bisa kita liat dikutub πŸ˜€ Ane pribadi sih kalo ngebayangin member sakamichi yang cocok jadi aurora itu maiyan. Dia gak ngapa-ngapain udah cantik banget soalnya.

    Btw itu min, di postan ente soal member keyaki yang cantik. Kan ente tulis shida itu cocok meranin aurora. Kok dia gak masuk?

    Like

    1. Subyektif, kalau cuma dari segi face iya Aurora itu yang paling cantik. Penantang terkuat cuma Belle yang dijuluki her beauty has no parallel. Dan karena Maiyan udah ane masukin ke Disney Princess lain, dia jadi agak out of question untuk jadi Aurora πŸ˜€

      Yep, ane pernah bilang Mona paling cocok kalau diadain stage play Sleeping Beauty kalau dari segi face, tapi untuk seri Disney Princess Line ini ane utamain karakternya. Mona udah masuk di https://goo.gl/ZU48JR, jadi ane skip kali ini.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s