Pocahontas

Terlahir dengan nama Matoaka, seorang native American yang berasal dari sebuah suku Indian di negara bagian Virginia sekarang. Sejarah mencatat dia hidup pada 1596-1617 dan hadir sebagai bagian penting dalam sejarah Amerika. Matoaka memastikan keabadian di pop culture lewat film animasi Disney yang dirilis pada 1995 yang menggunakan namanya yang paling populer; Pocahontas.

Kisah hidup Pocahontas adalah salah satu kisah Indian paling populer. Saat lahir, dia adalah putri dari kepala suku Indian Powhatan yang bernama asli Wahunsenacawh, dari aliansi Tsenacommacah yang menetap di kawasan Tidewater, Virginia. Inggris yang mencoba menaklukkan Dunia Baru, menuju Virginia untuk membangun koloni mereka. Di 1607, di bawah komando kapten John Smith, Inggris membangun benteng di James River dan terlibat perang beberapa kali dengan penduduk asli Tsenacommacah.

mtiwnja4njmzotqzmdy2mti0

John Smith ditangkap oleh Indian  Opechancanough di tahun yang sama dan dibawa pada Powhatan, yang mana adalah suku pemimpin Indian di kawasan itu. John Smith dan Pocahontas bertemu untuk pertama kali di waktu ini dan Pocahontas menyelamatkan Smith dari eksekusi. Kemudian perdamaian untuk sementara waktu terjadi, Pocahontas sering mengunjungi pemukiman Inggris dan bermain dengan anak-anak di sana.

Di 1609, Smith terluka karena ledakan dan dibawa kembali ke Inggris. Inggris memberitahu Pocahontas bahwa Smith telah meninggal dan Pocahontas berhenti mengunjungi pemukiman. Pada 1610, Perang Anglo-Powhatan Pertama pecah, dan Pocahontas ditangkap oleh pasukan Inggris pada 1613. Dalam tahanan, Pocahontas dibaptis dan memiliki nama Rebecca.

Pada 1614, Pocahontas kembali pada kaumnya dan mengatakan bahwa dia memilih untuk tinggal bersama Inggris. Sedikit berbau Stockholm Syndrome, tapi juga dikatakan itu karena Inggris memperlakukannya dengan baik. Tak lama kemudian Pocahontas menikahi John Rolfe dan setahun kemudian melahirkan Thomas Rolfe, kemungkinan orang Anglo-American pertama yang tercatat dalam sejarah. Periode ini disebut Peace of Pocahontas, perdamaian kedua belah pihak -untuk sementara waktu- karena pernikahan Pocahontas dan Rolfe.

Pada 1616, keluarga Rolfe berangkat ke London, dan Pocahontas menjadi semacam selebritis, civilized savages, begitu publik Inggris menyebutnya. Well, mungkin juga semacam propaganda bahwa tanah Amerika bisa ditaklukkan Inggris. Saat akan kembali ke Virginia, Pocahontas meninggal di Gravesend dan dimakamkan di sebuah gereja di Inggris.

Pengaruh Pocahontas besar bagi dunia. Kisahnya yang menikahi seorang pendatang mungkin jadi pembuka interracial marriage di dunia modern. Keturunan dari Pocahontas dan keluarganya termasuk Nancy Reagan, Edith Wilson, dan Percival Lowell.

open-uri20160107-21163-1ajoltr_7dec6df5

Pocahontas versi Disney kembali tidak membawa formula “berjalan pada narasi asli sejarah” dan merubah ceritanya disana-sini. Dalam film diceritakan bahwa Inggris, yang berniat mengklaim Dunia Baru setelah Spanyol dibawah komando Governor Ratcliffe, yang didasarkan pada tokoh nyata John Ratcliffe yang memimpin armada Inggris pada 1606, melakukan hal yang sama dalam film. Kapten kapal adalah John Smith, yang juga tokoh nyata -tapi John Smith asli tidak punya rambut blonde, wajah tampan, dan mata biru-

Haus petualangan dan kekayaan, armada Inggris menjajah tanah Virginia, dimana bermukim Indian Powhatan, suku dari Pocahontas. Mereka mendirikan Jamestown, untuk menghormati King James VI/I. Tak butuh waktu lama untuk pecah perselisihan. Tapi tidak untuk Pocahontas dan John Smith, yang bertemu tak lama setelah Inggris tiba, dan tak lama pula bagi mereka untuk saling jatuh cinta. Tapi cinta mereka tak seindah telenovela.

john-smith
Jika John Smith memang seperti ini, tak heran Pocahontas jatuh cinta

Sejak awal Indian sudah meramalkan bahwa bangsa kulit putih tidak datang dengan damai, dan seperti Indian pada umumnya, mereka bersumpah untuk melindungi tanah mereka meski itu artinya harus pecah perang. Benar saja, Inggris yang sejak awal berpikir para Indian adalah ‘savages‘ menarik pemicu perang -literally- dengan menembak sekumpulan Indian yang mengintai mereka, termasuk Kocoum. Ditambah keserakahan Ratcliffe yang beranggapan bahwa Indian menyimpan emas mereka sendiri. In fact, “emas” yang dimiliki Indian hanyalah jagung, yang belum dikenal luas di Eropa waktu itu.

Tak perlu waktu lama bagi ayah Pocahontas untuk menarik sebanyak mungkin saudara Indian untuk memerangi Inggris. Pecahlah perang yang dikenal dalam sejarah sebagai Perang Anglo-Powhatan Pertama. Bedanya, dalam versi Disney, perang belum benar-benar pecah karena John Smith ditawan Indian setelah insiden Kocoum. Dan disinilah bagian paling ikonik dari kisah Pocahontas versi Disney terjadi -yang mana dibasiskan dari John Smith asli-

Pocahontas memohon pada ayahnya untuk mengampuni Smith, meletakkan kepalanya di atas kepala Smith untuk mencegahnya dieksekusi. Indian dan Inggris yang sudah siap tempur akhirnya menerima bahwa bisa diselesaikan secara damai, hanya Ratcliffe yang tidak terima dan menembak ayah Pocahontas, tapi Smith menyelamatkannya sehingga dia akhirnya yang malah tertembak. Dalam sekejap armada Inggris berbalik memusuhi Ratcliffe, yang mana tidak mereka sukai dan membawanya kembali ke Inggris untuk dihakimi, bersama dengan John Smith yang terluka.

Akhir kisah Pocahontas yang antiklimaks dalam versi Disney tidak bahagia seperti Disney Princess yang lain. Smith kembali ke Inggris, dan dalam sekuelnya, Pocahontas II : Journey to a New World, pasangan cinta Pocahontas menjadi John Rolfe, yang mana mengambil kisah nyata. Dalam Pocahontas, Disney dianggap terlalu mengejar potret wanita ideal mereka dan tida mengambil fakta sejarah.

Pocahontas membawa banyak kontroversi karena banyaknya perbedaan,  Pertama adalah usia Pocahontas, yang sebenarnya sekitar 10 tahun saat Inggris datang menjadi sekitar 16-17 tahun di film, menyesuaikan cerita versi mereka sendiri dimana Pocahontas dan John Smith memiliki perasaan khusus, dimana tidak terjadi di dunia nyata. Yang terjadi adalah Smith dan Pocahontas memiliki hubungan seperti ayah dan anak, karena aslinya selisih umur mereka setidaknya 17 tahun.

Kedua, dalam film ayah Pocahontas menginginkannya menikah dengan Kocoum, tokoh sejarah nyata yang dianggap sebagai prajurit terhebat, meski Pocahontas menolaknya. Dalam realita, kemungkinan Pocahontas memang menikahi Kocoum yang berakhir saat Inggris menawan Pocahontas. Dan fakta sejarah ini terjadi satu tahun setelah John Smith kembali ke Inggris. Karena banyaknya perbedaan dengan sejarah, Pocahontas tidak mendapat sambutan hangat dari kritikus.

au_character_disneyprincess_pocahontas_nr_02_cf07ca7c

Karakter Pocahontas yang ceria, spiritual, dan menganggap semuanya setara didasarkan pada namanya yang berarti the playful one. Dia berbincang dengan pohon willow dan mempercayai pendatang yang tiap hari merusak tanah mereka. Dia juga digambarkan dewasa melebihi usianya, secara konsep Pocahontas mirip sekali dengan Mulan, hanya mereka digambarkan berada di belahan dunia berbeda dan latar cerita yang berbeda.

Desain karakter Pocahontas juga dinilai buruk, kritikus mengatakan bahwa Pocahontas lebih mirip gadis Miami atau Beverly Hills modern yang dipaksakan dalam suku Indian abad 17. Lebih cocok jika dikatakan secara singkat, Pocahontas adalah gambaran wanita yang suka berpetualang, terbuka, dewasa, dan cukup naif.

Apa aku tak salah? Jujur memang sempat kupikir aku gila. Ikoma sebagai Pocahontas adalah skenario buruk bukan? Tidak juga. Ikoma punya beberapa karakter Pocahontas; ceria, terbuka, dan perasaan ingin melindungi sukunya. Untuk yang terakhir, aku tak akan bilang Ikoma menerima semua yang terjadi di 2014, tapi dia melakukannya untuk Nogi. A noble gesture, dan kita pantas memberi kredit padanya.

Pocahontas adalah bagian dari royalti, putri dari kepala suku Indian. Siapa yang lebih pantas memerankan Pocahontas selain Aka, yang juga memiliki karakter Pocahontas. Dia tipikal gadis outdoor, ceria, terbuka atau tepatnya ekspresif, bisa dibilang naif juga, dan siap berkorban untuk sesuatu yang berharga baginya membuat Aka cocok berperan sebagai Pocahontas.

Satoshi pun demikian, image yang dimilikinya sebagai scaredy cat memang tak begitu cocok sebagai Pocahontas. Tapi untukku kenapa memilih Satoshi, sama seperti saat Pocahontas mengoceh pada John Smith tentang dunianya, rasanya sama dengan saat Satoshi mengoceh tentang dunia lukis. Dan bayangkan dia memakai pakaian Pocahontas, maka kita bisa langsung mengerti kenapa kritikus mengatakan Pocahontas lebih mirip gadis modern ketimbang Indian.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

51 Comments

  1. Baru tau ane ada disney yg namanya Pocahontas, gk pernah nonton malah baru tau skrng…

    Pas buka ini postingan terus liat gambar 3 member itu sekilas (sekilas lantaran ane langsung scroll ke atas buat baca) ane pikir yg tengah itu Misa senpai… 😄

    Untuk Ikoma, berhung terkuak dia berjasa buat Bini ane Miona dan adek ane Miria maka ane setuju dgn pengambilan berdasarkan karakter “perasaan ingin melindungi sukunya”. 🙂

    Aka: “dan siap berkorban untuk sesuatu yang berharga” <- sifat gk mau kalah msuk di sifat inikah? 😄

    Pas Pocahontas mengoceh pada John Smith, tangannya dia gerak2 gk jelas juga gk? 😄
    Shiichan, untung gambarnya gk terllau gimana2, aman deh ane.. 😄

    Like

    1. Dunia lebih lebar dari ngidol pak 😄

      Tumben gak melototin gambar satu2? Biasanya gambar duluan? 😄

      Oh jelas, kaya waktu Undokai kemarin, berusaha keras biar timnya gak kalah kan? Semua itu demi dapat hadiah eh kemenangan maksudnya 😄

      You bet, iya. Karena awalnya Pocahontas dan John Smith sama2 pake bahasa isyarat, persis lah kaya Satoshi. Ane pilih gambar yang gak terlalu bahaya, biar gak melolong aja 😄

      Like

    2. Ya maklumlah, bukan pengikut sejati disney series sih 😄

      Yg enak itu jadi sajian terakhir, itu prinsip ane 😄

      Walau pada akhirnya kalah juga, suruh mandi bunag gih, dah dua kali alami keklahan terus timnya Aka.. 😄

      Hahaha…
      Alahmak, satoshi kan free kan disini, jd gk apalah klo melolong.. 😄

      Like

    3. Kok kesannya ane kaya cewek banget ya? Paham bener Disney Princess 😄

      Pusing-pusing dahulu Oase kemudian ya? 😄

      Aka emang mirip Donald Duck, apes mulu, tapi jadi karakter utama *yang ini ane ngarep kejadian beneran 😄

      Setelah ane liat ulang filmnya untuk nulis artikel ini, langsung mikir “Satoshi cocok nih” 😄
      Iya ya, Satoshi seinget ane belum ada yang stake claim ya?

      Like

    4. Iya ntahlah klo soal itu, cek aja snediri, cowok tulen atau agak nyimpang 😄

      Begitulah, liat alfabet dulu baru liat keindahan dunia.. 😄

      Makanya suruh grad, betapa digunung, klo dah bagus garsi nasibnya, baru balik lagi jadi member.. 😄

      Makanya, klo pasang gambar satoshi yg luar biasa mah aman buat melolong, blum ada yg claim kok.. 😄

      Like

    5. Tulen asli, bininya aja cakep kok 😄

      Padahal bininya juga gak ada loh, keindahan dunia? Wah ngundang serigala ini 😄

      Ogah ah, kalau hiatus malah entar balik2 dapet stage play kaya R&J 😄

      Justru karena belum ada yang melolong, lindungi dulu. Kaya Mii & Nanako, sekarang dikerumuni serigala 😄

      Like

    6. Sebentar.. sebentar.. situ suka disney, Yumi maco ala yankee… Hmmmmmm

      Maknya ane nulis “keindahan dunia”, klo ada bini2, ane nulisnya “keajaiaban dunia” 😄

      Gk cocoklah Aka dapet R&J, dia yg agak kerasan dikir ceritanya.. 😄

      Dilindungi utk siapa? klo gk ada yg claim santap bersama2 aja.. 😄

      Like

    7. Cocok, dunia akhirat, saling melengkapi 😄

      Ripleys, tagline: Percaya Gak Tuh. 😄

      Emang sih, pantesnya jadi Pocahontas, tinggal siapa yang jadi John Rolfe, yang jelas bakal ane ospek keras 😄

      ….kok terdengar sangat mesum ya? 😄

      Like

    8. Bukan soal melengkapinya yg jadi perhatian ane, tpi ada kesan “aneh” yg ane rasakan.. 😄

      😄

      “Bakal”, berarti sebenanrnya boleh dong mendekati Aka.. 😄

      Mesum terlalu kasar ah, yg halus itu, “liar”… 😄

      Like

    9. Syukurlah klo cuma perasaan ane ja, soalnya ada yg janggal 😄

      Enggak deh ane klo gitu,..

      Ya bisa lah, liar2 lugu gitu.. 😄

      Like

    10. Janggal apanya? Kami bahagia aja tuh 😄

      Apa? Situ mau coba2 juga? Inget pak bini udah 7 😄

      Tarzan sih gak lugu, liat Jane dia kepincut. Biar liar tau aja yang bening 😄

      Like

    11. Ya janggal lah, yg cowok tau betul dunia disney, yg cewek kyk yankee.. 😄

      Enggak, enggak bisa mutusin sekrng maksudnya.. 😄
      enggaklah, Aka biarlah diurus situ.. 😎

      Ya jane nya juga yg salah, ngapaen cewek bening maennya kehutan, 😄

      Like

    12. Oklah Yumi luarnya garang, tpi dalmnya lembut, lah ente gimana? luarnya princess disney dalamnya? 😄

      Belum lagi ditambah ngurus adek2.. banyak tanggung jawab ane 😄

      😄

      Like

    13. Ente mencoreng kegarangan preman klo gitu, preman kok tau betul seluk beluk disney 😄

      Bicarain ane, bapak kos sebelah buat apa dibahas.. 😄

      Like

    14. Klo juru masak/atau chef cowok mah biasa, dah bukan hal tabu dalam dunia dapur kuliner, lah ini preman khatam soal Disney? 😄

      Lebih banyak mudarat nya 😄

      Like

    1. Ane Milihnya Berdasarkan Penglihatan, Pemikiran Dan Penghayatan 😀

      Tapi Kalo Dari 3 Member Diatas, Menurut Ane Yang Paling Cocok Jadi Pocahontas Itu Si Aka Soalnya Bibirnya Sama2 Tebel 😀

      Like

  2. Setuju sama Iko. Aka dan Satoshi masih perlu ditelisik lebih jauh. Yang jelas, semoga ketiganya ga berakhir sedih seperti kisah Pocahontas Disney.

    Like

    1. Kalau agan sene, milih siapa yang cocok jadi Pocahontas selain yang ane sebutin? 🙂

      Aslinya sih, gak sad ending juga. Tapi emang kisah cinta Pocahontas aslinya bukan begini dan perkembangan ceritanya di film juga terbatas banget.

      Like

    2. Kalo dari sisi pengorbanan buat grup, Fuu-chan cocok kayaknya.
      Kalo dari sisi ane pengen liat member pake baju Indian kayak Pocahontas, ane pengen Yumi atau Yukka. Yumi, ga usah ditanyalah, betapa cantik dan seksinya dia. Kalo Yukka, ane yakin olahraga berkuda pasti cocok sambil pake baju Indian. Plus, dia seksi abis!!! 😀

      Maka dari itu, ane sebutin Pocahontasnya Disney, yg ditinggal cintanya. Semoga member ga mengalami yang kayak gitu. 🙂

      Like

    3. Dari beberapa Princess sebelum2nya juga Fuuchan. Wah ada apa2nya ini 😀

      Kalau Nogi kan udah di Hadashi, tinggal Keyaki 😀

      Really? You know what I mean with ‘really’ 😀

      Like

    4. Dari kriteria yang ada aja, yang ane liat cocok sama dia. Kalo soal ada apa2nya, ane akui Fuu cinta pertama ane di Keya. Tapi si poni lurus menggebrak dan ambil alih hati ane. 😀
      Berarti tunggu Summer 2017, semoga aja ada… 🙂
      Sama sekali ga ngerti maksud “really” disini.

      Like

    5. Poni lurus? Okiku ya? 😀

      Itu kalau tahun depan Keyaki mau tobat ke formula “gak harus pake seifuku di MV” loh 😀

      Skandal dibolehin nih ceritanya?

      Like

    6. Ya sapa lagi, di Keya ya cuma Ue yang ane demen. Yang lain paling cuma adek atau kalo lagi pengen bikin panas dan rusuh aja. 😀
      Eh, bener juga ya. Te wo mereka masih pake seragam sekolah. SiMajo ada, tapi cuma dikit. Bokusensou yg ga pake sama sekali tapi cuma unit, ya? Kalo yg member ikut semua ga ada. Kalo ada MV macam Hane no Kioku manteb juga tuh. 🙂
      Ane jelas ga setuju ada skandal. Tapi, kalo ada, ya mau gimana lagi, ane hanya bisa terima, asal ga menimpa Ue dan 2 adek ane. 😀

      Like

    7. Bilang demen sama Ue doang sama aja nyari perkara 😀

      Mata Atte Kudasai, PARCO, Shibuyagawa juga enggak, tapi itu coupling, jadi gak masuk itungan. Dan seifuku yang ane maksud maknanya ganda nih, satu seragam sekolah sama kostum dinas.

      Yee, skandal milih 😀

      Like

    8. Tapi kenyataannya gitu, mau gimana lagi. Di Keya cuma Ue seorang, di Nogi, cuma Yumi seorang. 😀
      Kalo gitu sulit terealisasi. Image cool Keya udah melekat kuat dengan seifuku ala militer mereka. Ga pakai itu di MV, rasanya ga mungkin terjadi. Tapi, kalo mnjmn pengen tunjukin kesan dewasa member, mungkin bisa juga.
      Waktu Ringo, terkejut dikit, terus ga ane peduliin. Lebih kaget dan down banget pas Yumi. Mungkin itu skandal pertama yg menimpa Oshimen ane. Karena itu juga, ane berharap, kalo ada skandal, yang kena member lainnya aja. 😀

      Like

    9. Ini ikutan nyari perkara sama ane >:D

      Untuk satu kali aja, jangan pake seifuku dinas di MV. Liat gimana respon publik. Atau bikin seifuku dinas khusus untuk MV, masa sih segitu pelitnya sampe gak bisa bikinin satu seifuku khusus?

      Kalau ane, setelah di fandom sebelah, skandal model gimana juga gak terlalu ngefek buat ane. Skandal Sayuringo bikin ane kecewa dan semua gak bisa balik seperti semula, tapi kecewa atau marah terus gak ada guna. Sekarang sih respon ane cuma “Oh, yeah, so?” 😀

      Like

    10. Mimin aja yang merasa terperkarakan. Dibawa santei aja min. 😀

      Seharusnya bisa, karena Keya biangnya bikin kejutan. Mungkin kalo centernya baru, baru bisa ganti konsep macam ini. Tecchi udah lekat dengan cool ala militer. Mungkin perlu center yang manis kayak Ue, biar bisa ganti konsep macam ini. 😀

      Untungnya, ane waktu disebelah ga se-ngefans sekarang waktu ane bersama Nogi. Jadi ga terlalu ngikuti beritanya, cuma liat varietynya. Di Nogi baru ngerasa ada ikatan batin. Tapi, pada dasarnya, skandal ane ga terlalu peduli. Lebih kena pas member ngumumin grad.

      Like

    11. Terlalu santai entar ane ditikam dari belakang 😀

      Rotating center untuk Keyaki kok masih susah bener ya kayanya. Belum ada yang ngasih impact. Ane kemarin berharap di Kohaku ada yang bisa outshine atau paling gak nangkap kamera lah, tapi ya gak kejadian.

      Well, kalau di sebelah, ane gak punya member spesifik jadi ya cuma sekedar lewat. Lagu suka, variety seringnya malah bingung kebanyakan member jadi gak bisa terlalu nikmatin. Skandal jadi makanan sehari2. Ya di Nogi aja udah yang paling enak.

      Like

    12. Serius banget, santai aja, lha wong sama2 fansnya Yumi kok ribut. Yang penting, dukung aja dia terus. 😀

      Salahnya mnjmn juga, terlalu ngepush Tecchi. Tapi emang sih, soal peforma dia bagus banget dan hak dia dapat push banyak karena dia Centernya. Ini juga yang bikin Tecchi lebih dikenal dipublik. Strategi bisnis mungkin yang berbicara disini. Dan semoga aja di 2017, mereka bisa kayak Nogi yg punya banyak member yang pantes jadi center. Sebagai fans, ane hanya bisa menanti dan mengikuti apa keputusan mnjmn.
      Soal Kouhaku, sama ane juga ngerasa biasa aja. Tapi maklum juga, mereka masih baru.

      Kalo 48, ane lebih ke variety. Lagu yg ane suka bisa dihitung dengan jari, bahkan cuma pake jari dari satu tangan aja. 😀

      Like

    13. Tumben bener nih komentarnya 😀

      Tecchi melakukan kerja yang jauh lebih baik dari Ikoma, tapi yah, too much good things will ruin you & no matter how good, it sucks if repeated again and again.
      Intinya, manajemen pasti bisa lah ngebaca hal semacam ini.

      Lagu apa aja tuh?

      Like

    14. Kalo mau kacau komennya di kosan sebelah aja. Lucu aja liat para serigala berusaha mempertahankan hak klaim mereka atas bini2 mereka. 😄

      Semoga aja, dan feeling ane 2017, bakalan ada Center baru, paling cepet di Summer. Spring masih Tecchi mungkin.

      Kalo harus nyebutin:
      – Yuuhi wo
      – Sugar Rush, suka karena nonton Wreck it ralph!
      – Kibouteki refrain, karena single gradnya Takamin
      – Bukiyou Taiyou, ske termasuk 48, kan?
      – Sakura apa itu lupa ane judulnya, yg MVnya Acchan dkk naik bus.
      Mungkin itu aja, yg single di 48.

      Like

    15. @mas, iya emang mendingan di tempat ‘para serigala bermula’ 😄

      Pegang siapa buat next center Keyaki?

      Sakura ki ni narou kalau gak salah. Yang jadi ost drama AKB juga kan?

      @conan, pilek pak haji? 😄

      Like

    16. @Mac
      Bener! Dan setuju!!! 😄

      Kalo bias, jelas Ue. Kalo ga bias, ane pengen liat Pon atau Aka. Yg perlu diperbaiki hanya performa mereka. Pon masih banyak salah kalo tampil, meski ane suka gaya dancenya dia. Aka masih ada aura kalo dia ga pantes didepan. Butuh lebih keluar, agar dia bisa percaya diri ada di posisi Center.

      Bener, yang lagunya menyedihkan.

      @conan
      Cepetan minum pertalite biar pileknya sembuh. 😀

      Like

    17. Ane bilang sih Aka cuma bakal jadi setipe sama Nanamin/Sayuringo, ada di depan tapi bukan center material. Ever.

      Ane so-so sih sama lagu ini, kalau lagi mellow sih cocok aja tapi kalau normal enggak terlalu suka 😀

      Like

    18. Aura dia sih gitu. Tapi, bisa aja berubah, kalo lagunya pas, kan? Apa harus menunggu grad dulu? Ini menarik juga loh min, buat bahan artikel. Kriteria Center 46. Kalo ditelisik lebih jauh dari Nogi awal sampai sekarang + Keya, pasti ada kriteria yang sama diantara member2 yg pernah jadi Center. Baik hubungan dengan lagu, popularitas dan karakter member. 😀
      Dan soal Keya, lebih asyik menebak sampai single ke berapa Tecchi bakalan jadi Center. 🙂

      Suka lagunya, tapi ga pernah ane dengerin. 46 doang isi playlist Idol ane. 😀

      Like

    19. Ane udah ada konsep sih, rangkanya udah mulai disusun buat artikel. Tapi ane gak punya banyak waktu buat rampungin, buat beberapa waktu kedepan aja bakal rilis draft2 yang rada lamaan.

      Like

    20. Sip min! Atau rilisnya pas single ke4/17 aja, jadi bisa cocokin apa bener ternyata kriterianya pas dengan apa yg mimin tulis. 😁

      Like

  3. Kalo bahas pocahontas, dipikiran ane lord KTK lgs brkelebatan. Efek rambut n grak grik klo ngintip hmpir sama. Tp klo sifat mah jauh 😀
    Coba bunda mai2 masih ada mngkin dy bakal jd sosok ibu peri dstiap crita disney y…

    Like

    1. Kotoko? Hahahaha, kalau dia jadi Pocahontas, John Smith bisa bunuh diri duluan 😀

      Maimai itu material banget buat Disney Princess post-classic; Snow White, Cinderella, dan Aurora. Ane kesulitan sekarang nentuin member yang pas buat Cinderella, makanya belum rilis…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s