180° Longitude

Tidak semua tempat di bumi merayakan tahun baru di waktu yang sama. Am I talk nonsense? Tidak. Zona waktu di dunia dibagi berdasarkan standar UTC (Coordinated Universal Time) atau sering disalahpahami dengan GMT (Greenwich Mean Time) meski sebenarnya, UTC telah menggantikan GMT sebagai standar waktu internasional sejak pertama digunakan pada 1960. GMT kini tidak dianggap sebagai standar waktu karena banyak ketidakakuratan pada prakteknya.

Sir Sandford Fleming mengusulkan penggunaan standar waktu 24 jam pada 1876. Di 1879, lokasi untuk waktu universal dimulai dari Greenwich dan pada 1900, hampir seluruh dunia menggunakan GMT. 72 tahun kemudian, GMT dianggap sudah tidak bisa lagi memenuhi standar, terutama setelah jam atom yang mampu mengukur waktu berdasarkan rotasi bumi diciptakan. Namun beberapa negara masih menggunakan GMT, terutama UK dan Commonwealth.

Dewasa ini, pembagian waktu dibagi berdasarkan UTC dan International Date Line digunakan. IDL adalah garis imajiner yang membentang dari Arctic hingga Antartica, melalui samudra Pasifik dan negara-negara kepulauan kecil. IDL didasarkan pada garis lintang 180° Meridian, tapi disesuaikan dengan teritorial dari beberapa negara di kawasan Pasifik. Prime Meridian atau 0° Meridian yang berada di Greenwich sebenarnya terletak sekitar 100 meter ke timur dari lokasi aslinya.

international_date_line
International Date Line

IDL menjadi titik dimana waktu dimulai dan berakhir. Bagian barat dari IDL selalu satu hari penuh lebih lambat dari bagian timur. Video bisa dilihat disini untuk gambaran visual. UTC dibagi dari UTC-12 hingga UTC+12. Fakta uniknya, dalam satu hari antara pukul 10.00-11.59 UTC bisa digunakan hingga 3 kalender sekaligus untuk seluruh dunia. Negara kepulauan Kiribati memindahkan sebagian wilahnya dalam zona waktu UTC+14 untuk membuat seluruh negara berada dalam hari yang sama.

Untuk mudahnya dalam pergantian tahun 2017, tempat-tempat pertama yang merayakan tahun baru berdasarkan IDL adalah Samoa dan Kiribati, sementara tempat terakhir salah satunya adalah Hawaii. Dalam standar waktu WIB, Samoa merayakan tahun baru pada pukul 17.00 hari Sabtu, sementara Hawaii baru pada pukul 19.00 hari Minggu.

180° Meridian adalah garis dimana waktu dimulai dan berakhir. Jepang disebut negara Matahari Terbit, tapi itu lebih pada legenda Amaterasu, karena berdasar IDL, negara besar yang pertama mendapat hari baru adalah New Zealand. IDL bukan termasuk hukum internasional, melainkan standar internasional. Tanpa UTC dan IDL, maka sesuatu yang paling penting dewasa ini akan kacau; internet. Belum lagi transportasi dan ramalan cuaca.

Apa yang terjadi jika kita melintasi IDL? Nothing so spectacular, tidak akan ada wormhole atau sejenisnya. Tidak ada distorsi space and time, atau pintu menuju dunia lain yang akan terbuka. Waktu hanya berjalan seperti biasa, hanya tergantung dari arah mana kita datang dan kemana kita akan pergi. Jika kita dari Indonesia pergi ke Amerika melintasi Pasifik pada hari Kamis, kita akan mundur sehari tiba di hari Rabu. Secara teknis kita pergi ke arah timur, tapi karena melintasi IDL, maka dianggap pergi ke arah barat.

IDL juga tidak berlaku di luar angkasa. International Space Station berjalan pada kecepatan 7.7 km/s, mengelilingi bumi setiap 90 menit. Dalam 24 jam, para astronot di ISS mengalami 32 zona waktu berbeda, serta sunrise & sunset masing-masing sebanyak 16 kali. IDL juga tidak berlaku di kedua kutub, dimana pada satu titik semua zona waktu di seluruh dunia bertemu. Jika berdiri tepat di titik itu, kita berada di seluruh waktu yang ada di dunia.

Sama seperti waktu, perjalanan Sakamichi di 2016 sudah berakhir, kini hari baru, tahun yang baru menanti mereka. Sama seperti waktu, yang berlalu tak akan bisa dirubah. Apa yang kita lihat selama 2016 adalah memori, kini tahun 2017 sudah tiba. Sakamichi juga sudah melewati International Date Line, apa yang akan mereka alami di tahun ini adalah sesuatu yang patut ditunggu.

Lulusnya Nanamin, jelas akan memberi dampak besar. Kuharap yang positif bagi grup. Lalu 3 PB yang sudah dikonfirmasi, antara Maiyan, Ashurin, dan Nanamin. Perang terbuka antara dia yang menjadi matahari Nogi, dia yang kemungkinan akan menjadi ujung tombak berikutnya, dan dia yang benar-benar akan pergi, siapakah yang akan memenangkan pertarungan ini?

Untuk Keyaki, setelah progress luar biasa tahun 2016, yang paling utama bagiku adalah mereka membereskan semua yang masih menjadi enigma. Tak masalah bahkan jika mereka harus berjalan mundur, katakan saja seperti melintasi IDL ke arah barat. Lagipula, dengan semua hal baik yang terjadi, sedikit tersendat di jalan bukan sesuatu yang pantas dikeluhkan.

Jika kubandingkan, IDL dan Sakamichi punya kesamaan. Yaitu pada poin dimana sedikit perbedaan bisa berarti banyak. IDL tidaklah benar-benar lurus, melainkan zig-zag, seperti bagaimana Kiribati dan Hawaii berselisih hingga 26 jam dalam zona waktu padahal mereka bertetangga. Bagi Sakamichi adalah perbedaan image, jalan, dan nasib mereka. Nogi harus berzig-zag sebelum IDL dijadikan standar internasional, sementara Keyaki hadir disaat standar itu sudah paten.

Cukup berbeda 180° bukan? Atau harus kukatakan antara Prime Meridian dan Anti Meridian? Atau bagian ngidol ini terkesan terlalu memaksakan karena topik ini sudah dibahas sebelum-sebelumnya? Oh, katakan saja ini artikel yang kutulis menyambut tahun baru, dan berbagi info tentang International Date Line, dan terinspirasi dari sini. Anyway, Happy New Year!

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

57 Comments

  1. Met taun baru!!!
    Soal PB ga bisa bilang apa2, agak males liatnya. Kalo Keya, buram…pengliatan ane. Sulit melihat gimana grup ini akan bergerak. Tapi, ane yakin bakalan ada gebrakan baru, karena potensi2 di Keya mulai keliatan, yang membuat grup ini, punya sesuatu yg bisa bikin besar. Mungkin Keya juga harus lebih zig zag, karena terlalu tergantung pada paten yg udah ditetapkan mbaknya, juga ga terlalu baik. Hal baru perlu mereka lakukan agar mbaknya juga ikut sadar untuk buat lebih lagi.

    Like

    1. 2017 tahun perubahan! Hehehe 😀

      Kalau mau disambungin sama post sih, Sakamichi pertamanya pake GMT, tapi Nogi mau beralih ke UTC sementara Keyaki belum. Kalau masih terus mau pake GMT, ya mereka bakal sedikit tertinggal, sama kaya Inggris dan Commonwealth.

      Like

    2. Ketimbang ane bikin komen baru mending ane ikut nimbrung aj ya… XD

      Soal Keya yg sulit melihat gimana grup ini akan bergerak, mugnkin krena dari awal grup ini dibentuk tnpa konsep kyk kta babeh Aki-p.. satunya yg bisa diliat dari 3 single yg dah dirilis ya cuma soal konsep baju sama image dance XD

      Yg terbaru dari Keya n lagi jadi perbincangn, hilangnya keterangan “senbatsu [選抜]” dari PP member di awak tahun 2017 ini, apa artinya ini? apa keya gk bakal pake sistems enbatsu alias smua member khususnya kanji akan selalu jadi senbatsu seperti 3 single yg telah rilis?
      https://goo.gl/jAD9ff

      Like

    3. Kalau emang Kanji itu senbatsu, berarti topik “bakal ada pergantian member atau enggak antara K&H” udah bisa resmi ditutup. It’s about time mulai muncul hint2 soal sistem K&H.

      Dan apa cuma ane yang gak bisa buka S48 hari ini?

      Like

    4. Atau gra2 semua member Kanji di single futari jd snbatsu jadi keterangan itu dianggap gk perlu n dihapus saja?
      Ada juga yg bilang sistem Kanji n Hiragana bakal dihapus? Hmmmmm

      Baru ane mau nanya dimari eh dukuan ente yg nanya XD
      Lagi maintenance awal tahun kali

      Like

    5. Hmm, ane lebih suka skenario pertama. Kalau dihapus jadinya apa yang ngebedain Keyaki sama grup lain? #komen gak tau diri #sendirinya paling suka protes XD

      Kata rust emang lagi under construction, moga2 aja gak lama 😀

      Like

    6. Ini adminnya minta mulutnya dimasukin granat nanas kali, paling ribut soal K&H, tpi ujung2nya minta dipertahanin.. XD

      Nah kan, awal tahun 2017 mungkin mau kasih pelayanan yg lebih maksimal.. XD

      Like

    7. Nah kan, emang minta di granat nih orang, bini ane pula disalahkan, tinggal nikmatin “suasana” yg bini ane ciptain kok ribet amat kyknya XD

      Sampe komen ini ane tulis msih belum bisa diakses S48…

      Like

    8. @mac
      Jadi Nogi belum beralih? Kayaknya udah deh min. Mereka ada banyak perbaikan yg jauh lebih baik dari dulu. Kalo Keya ini setuju. Butuh perubahan, gebrakan atau apapun itu biar seger. Ekspektasi publik udah tinggi soalnya. Kalo masih pake rumus lama, bahaya, meski ane yakin dari sisi penjualan ga akan terpengaruh, kalo liat fans idol kayak gimana. Tecchi mungkin harus dirotasi, karena ane liat, dia cuma bisa menampilkan satu image doang. Kecuali kalo dia berubah, ane sih gapapa dia center single selanjutnya.
      @conan
      Mungkin itu! Karena Senbatsu sendirikan artinya member yang dipilih. Kalo semua terpilih, ya ga perlu, setidaknya sampai single ke3 ini. Entah di single ke4, kata Senbatsu itu muncul lagi atau ga.

      Oot nih, min dan agan udah liat Under Live Christmas kemaren, kan? Ada segmen yang semua member Under jadi center. Yang kemaren kan, blok 2. Ada info ga soal member mana jadi center lagu apa di blok 1? Yang ane tau, Miria center SayoImi, terus Ranze center GuruGuru. Kalo yg laen?

      Like

    9. @conan, taun baru mainnya granat aja ini orang XD

      Masih belum, sekarang cuma bisa rely info dari grup atau twitter…

      @mas, maksud ane perubahan yang lebih baik. Satu dari Double Suns bakal pergi, Nanamin dan Maimai big name, tapi belum selevel itu. Gimana manajemen bisa handle hal semacam ini, itu yang patut ditunggu.

      Tecchi ganti image? Hmm, jadi kaya gimana kira2?

      Walah ane gak tau, jujur aja ane juga cuma liat yang Day 2. Day 1 rasanya gak ada info sama sekali deh. Mau kroscek ke S48 juga gak bisa…

      Like

    10. @Mas:
      Ya, kemungkina sih gitu, gra2 semua senbtasu dari kanji+half blood jd gk perlu ada keterangan, cuma knp baru muali dari 2017 dimulainya, apa staf baru sdar atau cuma cari perhatian dari fans? XD

      Ane belum download yg konser under XD

      @Mac:
      Ya situ taon baru dah mancing2 emosi orang aja…

      ==========================

      Koujichuu sama kakenai gk tayang ya?

      Like

    11. @brokoli, itu semua performance Day 2 kan?

      @conan, duit itu mah duit, bikin orang bingung dulu, desperate sama cara kerja, baru direveal. Kalau bisa diem sampe senbatsu announcement, 4th single jaminan 700K. 😀

      Bukannya emang absen sampe tanggal 8 nanti, pas part 2 Nogi vs Keyaki?

      Like

    12. Ada aja a LLC cari duit.. XD

      Oh emang libur ya? ane pikir kyk minggu kmarin, minggu kemarin tetep tyangkan wlau ada episode SP.. Selamat deh kuota ane 500mban.. eh enggak juga ya, acara SP 500mban juga ntar sizenya, sama aja ini mah.. XD

      Like

    13. @mac
      Ane bertaruh di Miona dan Asuka. Jadi ga terlalu khawatir Double Sun ilang. Gen 3 kemasan menarik, tinggal bakat dan aura. Gen2, kalo liat Under kemaren, mereka udah siap deh, untuk senbatsu dan fukujin, terutama 2 adek ane, Ayane dan Miria. Jadi bisa dibilang mnjmn punya banyak amunisi, tinggal bagaimana mereka ambil dan tembak! 😀
      Tecchi, harapan pribadi ane, balik ke saat pertama. Masih ada manja dan malunya. Sekarang dia terlalu dewasa dan terlalu cool. Bisa dibilang, ane mau dia lebih girly. 🙂
      @brokoli
      Trims gan!!! 😀
      @conan
      Sebenarnya, dengan adanya W-Keyakizaka no Uta, itu sudah jadi penegasan kalo K&H adalah dua grup berbeda dan ga akan bersatu. Tinggal gimana gimmick yg dipake mnjmn buat 2017 dengan pake dua grup ini yg harus dinanti. 😀 Jadi, kennin atau transfer jadi jalan satu2nya kalo pengen ada pembauran diantara keduanya.

      SP bukannya 800-an MB? 1 jam, kan?

      Like

    14. @Mas:
      “terutama 2 adek ane, Ayane dan Miria” Hmmm
      “Tecchi, harapan pribadi ane, balik ke saat pertama. Masih ada manja dan malunya. Sekarang dia terlalu dewasa dan terlalu cool.” pas lait di SP kemarin, Techi kyk terlalu jaga imagenya, atau emang kecapean/terlalu gugup jadi kesan kyk gitu yg ane dapat…

      Yuph, tinggal nunggu gimmicknya, apa lagu hiragana bakal terus jadi c/w atau ada sesuatu yg baru ntar dari single Keya yg bisa nambah pundi2 duit LLC XD

      Ambil yg paket hematnya gan, emang ada 800mban, tpi disedian jg yg pahe, ya ane hembat yg pahe XD

      Like

    15. @conan
      “2 adek ane (Junna dan Renachi) + Ayane dan Miria”. Ga usah hmmm gan, ga ada yg mencurigakan kok. Ane bicara obyektif. 😀
      Itu yg ane ga suka dari Tecchi dan member Keya. Mereka terlalu serius, atau majime klo pinjem istilah Yumi. Pengen dia lepaskan beban, mungkin kalo ga jadi Center, manjanya itu bisa keluar.

      Kita tinggal tunggu aja tahun depan. Yang jelas pasti menarik. 😀

      Mata ane ga mampu lihat yg burem. Jadi ambil yg gedean ane. 😀

      Like

    16. Oke ane mulai mempertimbangkan overhaul tampilan, susah juga bales komen kalau udah panjang gini.

      @conan, tapi yah, minggu ini sepi acara Sakamichi, Sakamichi Sunday absen, Bingo udah tamat, jadi guest juga enggak ada jadwal kan kayanya?

      @mas, Tecchi jadi manja, kembali sesuai umurnya? Hmm, jadi pengen liat, gimana para serigala bakal menempatkan Tecchi sesuai umurnya XD

      @brokoli, kok ane jadi bingung sendiri mana yang Day 1 mana yang Day 2?? Ah entar deh ubek2 info dulu…. 😛

      Like

    17. @Mas:
      Yah ane anggap adek ane laris manis aja deh sampe dilirik 2 srigala sekaligus XD

      Klo member yg laen ane bisa ngeliat mereka lebih ke arah canggung dan malu2, cuma klo Techi kyk ada kesan dia jaga image, ah itu mungkin cuma penglihatan ane aja, mungkin yg bener gra2 dia capek aja..

      Yg 800mban burem juga itu, ntar ane mau download ulang yg GB-an biar jelas XD

      ================

      @Mac:
      Iya ya baru sadar ane minggu ini bakal gk ada liat acara 46…., duh bakal muta rulang TokuDare atau enggak bemars lagi nih ane XD

      Like

    18. 2 serigala? Siapakah itu? #polos XD

      Gaya bener mau download yang GB, habis ngerampok siapa pak? XD

      Gak sekalian nostalgia ke masa 48? XD

      Like

    19. Pasang aja foto Miria, ntar pasti ketahuan sama yg melolong.. XD

      Loh gk tau ya? malam tahun baru ane menang banyak, disaat rumah ditinggalin penghuninya, ane beraksi XD

      Gk nemu hasratnya XD

      Like

    20. Bukan nawarin, tpi biar situ yg ngakunya polos tau sapa yg ane maksud XD

      Ya gitulah kira2.. XD

      Bukan, emang virus si ijo dan siungu terllau kuat XD
      Lagain mau nonton drama apa dari48, majisuka yg udah melenceng jauh? eane aja nontonnya sampe topang dagu XD

      Like

    21. @conan
      Salah paham nih. Ane sama sekali ga ngincer Miria. Cukup Junna dan Rena aja. Maksud ane di komen ane, Junna, Rena, Ayane dan Miria udah siap masuk Senbatsu. 😀 Atau, rela emang adeknya ane delusiin yg macem2? 🙂

      Like

    22. @conan, ngorbanin adiknya demi mancing serigala, abang macam apa XD

      Ente muridnya Mr. Sexy Imagination atau Mr. Krabs? XD

      Jangan tanya ane apa yang mau ditonton dari 48G, salah alamat pak XD

      @brokoli, yah 48G, butuh lebih dari sekedar keajaiban (kuota) kalau ane mau download 48G material 😀

      @mas, Tuh kan, serigala diundang, mamam dah tuh @conan XD

      Like

    23. @Mac:
      Kmaren Ane Baru Dapet Masalah Yang Bikin Stres Gan Makanya Malamnya Ane Langsung Ngabisin Sekitar 8 Giga-an Buat Download Video 48/46 Dalam Rangka Menghibur Diri 😀

      Like

    24. @Mas:
      Ini ane yg mabuk atau tipikal srigal yg pura2 lupa sama lolongannya sneidri? ini loh komen agan “terutama 2 adek ane, Ayane dan Miria” Nah skrng cuma ngaku adeknya Junna dan Rena?

      ===========================

      @Mac:
      Kan ente min yg pura2 polos, nah ane kasih tau cara mancng srigala, eh skrng situ nyerang ane pula? 😥

      Like

    25. @brokoli, Masih tertarik sama 48G kah? Ane udah gak pernah liat acara mereka lagi, palingan rewind akbingo lawas.

      @conan, Cuma tanya, bukan nyerang. 😀

      Demam mikirin Ue makin jadi didelusi sama serigala yak makanya sensi XD

      Like

    26. @conan
      Mungkin ane aja yg salah tulis. Ane tulis “2 adek ane” karena ane yakin mimin sini udah ngerti siapa 2 adek ane di Nogi, yaitu Junna dan Rena. Terus, selain 2 adek ane itu, Ayane dan Miria juga siap masuk Senbatsu. Ane males nyerigala disini, jadi ga ada maksud buat ngincer Ayane atau Miria. Tapi, ya terserah penafsiran agan lah. Ane nyerah aja. 🙂
      @mac
      Kalo kata Tecchi di jibun history dia termasuk anak yg kuper dan pemalu. Mainnya juga sama kakaknya aja, kan? Itu yg ingin ane liat. Tapi mungkin sulit, karena Tecchi sendiri bilang ga pengen liat masa lalunya dan terus menatap masa depan. Jadi, yang ada dia bakalan terus berkembang, dan lebih dewasa. Semoga aja dia ga lupa siapa dirinya.

      Like

    27. @mas, well, ane rasa netizen mulai sedikit kebablasan soal nyari tau masa lalu Tecchi, di S48 aja ane mulai gak nyaman bacanya, tahu deh gimana hebohnya di 2ch dan sejenisnya.

      @conan, Lagi sakit kan, nah biar sembuh tusuk sekalian XD

      Like

    28. @Mac:
      Ane Udah Jarang Ngikutin 48G Gan, Paling Cuma Team 8 Sama AKBingo Doang 🙂
      Tapi Berhubung Kmaren Ane Lagi Stres Dan Gak Pingin Terjerumus Ke Dunia Gelap Lagi Makanya Ane Menghibur Diri Dengan Download Video 48/46 Sebanyak Mungkin Haha 😀

      ==================================
      @Conan:
      Jangan Terlalu Protektif Sama Miria Gan Toh Gk Lama Lagi Ane Yang Bakal Jagain Doi 🙂

      Like

    29. @Mac:
      gk dibunuh sekalian biar puas…. 😥

      @Brokoli:
      Hahaha, ketawa ajalah ane baca komen agan XD

      Soal drama, Maiyan jadi korban ketiga setelah Miona n Nanase, Maiyan bakal nongol di kyabasuka, ep 10 klo gk salah, ntah bakal jadi apa dia XD

      Like

    30. Oh, udah gak kuat ngurusin 7 bini kah sampe minta dibunuh? XD

      Ane cuma tau sih kalau Maiyan bakal ikutan di cabasuka, tapi ya bodo amat. Palingan kalau ane dapet berkah (baca :kuota berlebih) baru ane download bagian Maiyan di youtube. XD

      Like

    31. Nah kan, diseah laen lagi, aku gk kuat klo terus diginiin..

      Mudah2an cuma numpang lewat, bukan karakter sbg seorang hostess, klo itu terjadi, bisa rusuh fans 46.. XD

      Like

  2. Yang beginian bikin ane salah perhitungan semalem. Mau live stream kouhaku tapi salah itung zona waktu jadi santai2 main PS terus kelewat live streamnya keyaki. Untung nogi masi sempet ketonton.

    Happy New Year min…
    Btw Selama ini ane cuma jadi silent reader, dan menurut ane cukup fun ikut ini blog. Selain update info tentang dunia peridolan, juga bisa buat tambah2 pengetahuan umum dan tidak umum. wkwkwkwk

    Mudah-mudahan di tahun ini masih bisa ngikut info dari ini blog berhubung mulai bulan depan ane mesti menyebrang zona waktu dari UTC+7 ke UTC+8 dan koneksi internet kayaknya bakalan lebih susah dari sekarang pastinya.

    Like

    1. Hahaha, ane sih enggak streaming kemarin, pasti gak bakal lancar soalnya pas pergantian tahun. Ngedit artikel ini di menit terakhir aja harus sabar 😀

      Makasih udah mau komen gan. 🙂
      Jadi kaya pake blush on nih muka ane dipuji ^^’

      Wah, seriusan deh, pindah zona waktu itu bakal repot soal internet, ane pernah ngalamin sendiri sih. Tapi asal masih di kota rasanya untuk internet masih bisa aman, lain cerita kalau daerah langka BTS 😀

      Like

    2. Iya min, ane sih statusnya mau pulang kampung. Kebetulan ada kesempatan kerja di daerah. Jadi ane ambil soalnya sudah hampir 10 tahun ane meninggalkan kampung halaman min. Mudah2an lancar. Amin… hehehe.

      Ane sih baru serius ngidol baru tahun kemarin. Dan mesti banyak belajar. Jadi mohon bimbinganya ya min.

      Like

    3. Masih baru min. masi bau kencur. wkwkwkwk

      ane sih ikut dua-duanya. Nogi sama Keyaki. Tapi yang menyeret ane ke dunia peridolan ya nogi. jadi kalau di tanya berat ke mana sih tetap berat ke Nogi sih. Jadi kalau di suru milih oshi sih ane milih Iku. Karena lagu yang bikin ane kena pelet idol lagu yg di centerin dedek Iku.

      Ane sih bukan tipe yg fokus ke visual min. Soalnya sering temen2 kantor nyalain lagu akb, tp emang gak ada yg cocok di telinga ane. Tp denger lagu nogi pertama ima hana dari ending anime ane langsung suka. Tp kebetulan ane gak cari tau lebih jauh sapa yang nyanyi.

      Tp tahun lalu ane iseng liat2 youtube ada recomended nandome. Ane iseng dengerin dan langsung suka. Terus Addicted deh sama yang namanya idol sampai sekarang.

      Like

    4. Kena Purple Line juga nih 😀

      Nandome emang puncak dari lagu Nogi, sebelumnya juga ane pernah nulis ini. Lagu yang bagus banget, dan lagi, senbatsu era ini mungkin yang paling kuat di sejarah Nogi. Satu nama yang jadi penentu Nandome jadi exodus masal dari grup sebelah ya Ikoma+Rena.

      Dapet rank SSK (meski ane benci banget sama ini) mau gak mau bikin banyak orang mulai ngelirik Nogi, dan boom, Nandome. 2015 mulai exodus besar-besaran dan 2016, 48G makin susah payah, Sakamichi makin naik. Fate.

      Like

  3. Kira-kira, dengan pbnya maiyan dan ashurin berdekatan rilisnya bakal ada yang ditumbalin gak? Kalau fans nekat beli dua-duanya pasti penjualannya gak terlalu bagus.

    Btw, ane liat preview pbnya nanamin untung kyknya gk ada bikininya. Maiyan nih yang bahaya 😀

    Setelah ane nonton kohaku, ane masih bilang keyaki masih jauh dari mbaknya. Bahkan masih belum ada apa-apanya. Kenapa? Karena ane udah berharap mereka bakal lebih ngeguncang panggung lagi. Penampilannya biasa aja, sama kayak perform biasa. Oke, ane tau mereka masih debutan. Tapi, dengan semua yang udah mereka raih, salah kalo kita berharap lebih? 😀 Tahun lalu, nogi emang hampir sama kayak keyaki penampilannya. Cuma, ada yang beda waktu nogi tampil tahun lalu dengan keya tahun ini. Dan ini bukan soal aura. Faktor lain yang ane sendiri gak tau itu apa.

    Pengennya, tahun 2017 nogi dan keya ganti center. Ane pengen liat iku center again, biar kalau salah satu dari mataharinya nogi grad gak terlalu besar dampaknya. Dan apa cuma ane yang liat iku itu bisa ganti posisinya maiyan? Kalau di keya, ya kalau bisa oshi ane ada yang center lah 😀

    Like

    1. Ane rasa fans bakal prioritas sama member mana yang lebih mereka suka, diluar fanbase masing2. Ashurin oshi pasti milih Ashurin, Maiyan oshi lebih milih Maiyan, tinggal mereka yang diluar dua kubu ini yang jadi perhatian.

      Untuk Nanamin, kemungkinan pasti ada deh. Tempatnya aja di NY. Maiyan sih gak perlu two piece untuk jadi bahaya 😀

      Ane bilang, Nogi lebih kelihatan siap karena pengalaman. Di 2014 dibilang paling siap masuk Kohaku tapi gagal. Di 2015 mereka gak mau buang kesempatan, lagu kasih yang oke, individual job member di-boost, Keyaki baru debut san dimanja banget, jadi Kohaku pun bukan sesuatu yang wow.

      Ikuchan gak akan pernah bisa gantiin Maiyan. Dia udah terlalu besar dan bukan tipikal suksesor. Tridente original Nogi, tempatnya spesial. Untuk center taruhan paling aman baru di fall single 2017, itu kalau dia gak tiba2 grad aja.

      Like

  4. Ane harap di iku jadi center dan lagunya sebagus nandome, lagu yang membawa ane ke 46, karena rena, duh ane jadi nostalgia, awal awal suka nogi, ane nyanyiin lagu ini terus , padahal ane masih sd 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s