Cinderella

Dongeng si putri bersepatu kaca, siapa yang tak pernah mendengarnya? Kisah aslinya ditulis dan dibuat ulang ribuan kali melintasi waktu. Dokumentasi tertua kisah Cinderella dimulai sebelum milennium pertama dari China. Berbagai kisah yang memiliki latar belakang atau benang merah yang mirip tersebar ke seluruh dunia. Bahkan Indonesia memiliki satu dongeng yang mirip-mirip; Bawang Merah Bawang Putih.

Inti kisah Cinderella tetap sama dalam berbagai versi; seorang gadis yang tersia-sia mendapat bantuan secara sihir untuk merubah hidupnya menjadi lebih baik. Sekarang ini, yang kita tahu dari Cinderella hanyalah dari film Disney tahun 1950 dan live action remake tahun 2015 yang juga berjudul Cinderella. Tapi jika bertanya pada orang biasa, mereka tak akan tahu dongeng asli yang dikisahkan oleh Charles Perrault dan Brothers Grimm.

They again? Ya, dua tokoh ini juga berperan dalam kisah Snow White, Sleeping Beauty, The Princess and the Frog, dan Rapunzel. Versi dari dua figur berpengaruh ini menjadi archetype Cinderella di era modern. Perrault menulis Cendrillon pada 1697, Grimm menulis Aschenputtel pada 1812. Cendrillon menjadi acuan utama kisah Cinderella modern, temasuk versi Disney. Aschenputtel ditambahi dengan aspek dongeng Jerman, seperti umumnya waktu itu, dan jauh lebih gelap.

Nama aslinya dikatakan adalah Ella -kemungkinan nama aslinya adalah Eleanor sementara Cinder berasal dari julukan yang diberikan saudari tirinya. Disney tidak mengatakan siapa nama aslinya dalam film animasinya, tapi memberinya nama Ella dalam versi tahun 2015 sebagai nama asli. Cendrillon sendiri adalah bahasa Prancis, jika diterjemahkan dalam Inggris menjadi little ash girl. Jadi Cinderella jelas bukan nama yang cantik bukan?

Prolog Cinderella -let’s just call her Ella from now on- dalam kedua versi kurang lebih sama, ibu kandungnya meninggal, ayahnya menikah lagi dan dia memiliki saudara tiri. Ayah kandung Ella juga tidak diceritakan meninggal, melainkan hanya menjadi karakter pendukung yang disetir istri barunya. Ella diperlalukan buruk oleh mereka, dalam versi Perrault dalam bentuk pekerjaan rumah, sementara versi Grimm dalam bentuk pelayan yang mana Ella harus tidur di dapur.

Setelah itu, tibalah saat pesta untuk seluruh kerajaan. Latar belakang pesta adalah untuk menemukan pendamping bagi putra mahkota. Seperti yang diketahui, Ella tidak diperbolehkan pergi. Dalam versi Grimm, keluarga tirinya memberi Ella tugas yang meskipun bisa dilakukannya, dia tetap tidak boleh ikut. Inilah yang dijadikan acuan oleh Disney dalam film mereka.

Versi Grimm tidak memunculkan sosok ibu peri sementara Perrault memunculannya. Grimm memilih membuat Ella memiliki semacam kekuatan magis dengan burung dan pohon hazel di makam ibu Ella menjadi sosok yang mengabulkan keinginannya. Singkat kata, Ella datang ke pesta dan membuat seluruh kerajaan terpana, tak terkecuali pangeran dan mereka berdansa.

Disini, Perrault menceritakan pattern  yang paling terkenal; Ella harus meninggalkan pesta sebelum tengah malam saat sihirnya akan hilang. Sementara Grimm, yang menceritakan pesta berlangsung selama 3 hari, menceritakan Ella pergi dengan cara berbeda tiap malam. Inti penting dari kisah Ella tetap sama; dia meninggalkan salah satu sepatunya tanpa sengaja di istana.

ujgkrc5t_400x400

Pencarian gadis impian pangeran melibatkan pencarian hebat ke seluruh negeri, apalagi pangeran bertitah tidak akan menikahi orang lain selain gadis impiannya. Sepatu kaca yang ditinggalkan Ella menjadi satu-satunya petunjuk, semua gadis diharuskan mencobanya termasuk dua saudari tiri Ella. Bagian gelap dari versi Grimm adalah saudari pertama memotong jari kaki sementara yang kedua memotong tumit mereka, literally, mereka gagal karena darah dimana-mana saat mencoba sepatu kaca.

Ella juga ikut mencoba dan sepatu itu pas untuknya. Beberapa versi mengatakan sepatu kaca secara sihir hanya pas dengan kaki Ella, meskipun gadis lain memiliki ukuran kaki yang sama sepatu itu tidak akan pas. Tak lama kemudian Ella dan Prince Charming menikah dan hidup bahagia selamanya. Di akhir cerita, versi Perrault keluarga tiri Ella memohon maaf dan Ella menerimanya. Sementara dalam versi Grimm, burung-burung teman Ella mematuk mata kedua saudari tirinya hingga buta.

Disney membuat Cinderella menjadi Disney Princess kedua mereka, 13 tahun setelah Snow White. Pada awalnya Disney berniat memasukkan Cinderella dalam Silly Symphony, seri animasi yang juga menjadi debut Donald Duck. Dalam versi Disney, perbedaan-perbedaan paling mencolok dari versi Perrault dan Grimm antara lain adalah;

  • Cinderella adalah nama lahirnya, bukan Ella.
  • Ayah kandung Ella diceritakan telah meninggal.
  • Nama keluarga tirinya diceritakan adalah Tremaine. Saudari tirinya bernama Anastasia dan Drusella.
  • Ella punya teman-teman binatang dari tikus, anjing, dan burung. Dalam versi Grimm hanya burung yang menjadi sekutu Ella.
  • Pesta hanya berlangsung satu malam. Ella dan Prince Charming langsung saling jatuh cinta.
  • Ella menunjukkan pasangan sepatu kaca yang disimpannya setelah yang satu pecah karena ibu tirinya dengan sengaja menyandung kaki orang kerajaan yang membawanya
  • Bagaimana kelanjutan hidup saudari tiri dan ibu tirinya tidak diketahui di film, karena setelah pemilik sepatu kaca ditemukan, langsung melompat ke scene pernikahan Prince Charming dan Ella.

Cinderella adalah unofficial center dari franchise Disney Princess, dia sering ditempatkan di tengah dari kesebelas Princess. Posisi yang menimbulkan kontroversi di kalangan fans karena Ella bukanlah yang pertama, melainkan yang kedua setelah Snow White yang mana adalah 13 tahun seniornya. Memang tak bisa disangkal tapi, Ella adalah yang paling terkenal.

Karakter Ella dideskripsikan Disney sebagai “Cinderella is kind to all, especially her mice friends, Jaq and Gus. She has faith that if you keep on believing, your wish will come true. With help from her fairy godmother, she gets a chance to live her dreams.” Dengan kata lain, Ella adalah tipikal gadis yang independen, berkeinginan kuat, tapi tetap baik hati dan penyanyang meski dengan segala perlakuan buruk yang diterimanya.

Sikap Ella yang baik hati membuatnya memiliki teman-teman setia dalam bentuk binatang, terutama Jaq & Gus, yang mana dua tikus ini berperan besar dalam kehidupan Ella dengan membebaskannya dari sekapan ibu tirinya saat utusan istana datang. Tujuan hidup utama Ella hanyalah pergi dari kekangan keluarga tirinya. Namun Ella juga sedikit sarkastik dan berani menentang mereka saat dia ada dalam posisi benar.

Kehidupan sehari-harinya hanya untuk menjalani hari yang tenang. Ella tidak pernah membuat kekesalannya menjadi negatif, sebaliknya, dia selalu berusaha mengontrol emosinya dan selalu berpikir bahwa hari esok pasti lebih baik. Now, she was perfect girl for every man, right? Tahan cobaan dan selalu berpikir positif, tambah lagi dia mahir melakukan pekerjaan rumah termasuk memasak.

Naachan as Ella, any complain anyone? Aku tak akan bilang Naachan disia-siakan di Nogi. Tapi jika harus memilih siapa yang paling pantas menjadi Ella, jelas Naachan yang menang. Dari segi karakter, Ella yang baik hati dan Naachan adalah karakter yang setipe. Selain itu ekspresi Naachan yang melas -come on, this is true- seolah menggambarkan seluruh kehidupan Ella. Dan mereka sama-sama high profile, Naachan adalah official model  sementara Ella kehidupannya diasosiasikan dengan sepatu.

Yuipon adalah salah satu member yang sesuai dengan gambaran Ella, dalam kondisinya saat ini. Sebagai salah satu member Keyaki paling berbakat, dia hanya mendapat push ala kadarnya selama ini, though it was understandable, Keyaki masih mendorong Yurina sampai titik terjauh. Yuipon membutuhkan bantuan ibu peri untuk bisa menjadi Ikuchan-nya Keyaki, yang bisa menstabilkan bakat musik dan variety-nya dalam waktu yang sama.

Chiharu ada di posisi tak nyaman sebagai karib Himetan dan Ikuchan. Just say, like Ella between Anastasia & Drusella. Tidak dalam arti Chiichan dibully oleh keduanya, melainkan selalu berada di bawah bayang-bayang keduanya. Padahal dari segi kemampuan, Chiichan jelas tidak dibawah keduanya, hanya faktor luck yang menghambat karirnya. Cinderella Nogi yang sebenarnya.

Dan Cinderella adalah Disney Princess terakhir dari 11 Disney Princess yang ada. Seri Princess Line selesai di sini. Tapi topik ini masih bisa dikembangkan, jadi masih ada kelanjutannya. Tunggu tanggal mainnya.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

80 Comments

    1. Iya Gan, Namanya Yamauchi Keisuke.
      Nogi Dia Jadiin Backdancer Gara2 Disaranin Sama Bananaman Saat Nogi Dan Yamauchi Keisuke Jadi Bintang Tamu Di Banana Zero Music Special Kouhaku. 🙂

      Like

    2. Ngomong Tentang Ikuchuan ❤ Kmaren Saat Upacara Kedewasaan, Gigi Seri Bagian Bawahnya Ada Sedikit Gap Gak Kayak Biasanya Yang Selalu Rapi. Tapi Waktu Tampil Di Acara Nonstop Tadi Pagi Gap Di Gigi Seri Bagian Bawahnya Udah Gak Ada Lagi 😕 ❓

      Like

    3. Kalau tebakan ane sih itu karena dia ada perawatan gigi. Ane pernah denger dari temen yang dokter gigi ada perawatan apa gitu yang bikin gigi harus direnggangin dulu sebelum dirapiin lagi.

      Like

    4. Setelah Baca2 Postingan Di Threadnya Ikuchan, Ternyata Udah Ada Yang Bahas Ini Haha 😀
      Ane Baru Tahu Kalo Perawatan Gigi Musti Direnggangin Dulu 😐
      Ane Jadi Ragu Untuk Ke Dokter Gigi Padahal Sebenarnya Pengen Benerin Gigi Taring Ane Yang Terlalu Tajam…

      Like

    5. Ane barusan mampir dan ada yang bilang dia operasi gigi bungsu di awal tahun kemarin, rasanya enggak juga karena normalnya gigi bungsu baru keluar di 20 tahun keatas.

      Gak semua perawatan gigi kok. Yang jelas sama dari semua perawatan gigi itu sakit! 😀

      Denger2 sih kalau benerin gigi taring itu rada susah.

      Like

    6. Gara2 Baca Pembahasan Tentang Giginya Ikuchuan, Ane Jadi Tahu Kalo Gigi Geraham Paling Belakang Dan Baru Tumbuh Ini Namanya Wisdom Teeth Atau Gigi Bungsu. Ane Baca Testimoni Pencabutan Gigi Bungsu Katanya Sakit Banget Yak? :/

      Gigi Taring Atas Ane Yang Sebelah Kiri Agak Tajem. Apa Ini Gara2 Sering Dikatain Serigala Kali Yak? 😀

      Like

    7. Jangankan pencabutan, proses keluar ini gigi satu aja bikin panas dingin kok 😀
      Belum pernah keluar ya gigi bungsunya?

      Tanda2 alami emang gak bisa bohong 😀
      ….dikatain serigala? Emang aslinya serigala kan 😀

      Like

    8. Butuh nyali dan dompet yang besar buat masuk ruang dokter gigi *pengalaman berbicara 😀

      Gak bisa dibuka tuh… cuma stop sign aja keluarnya..

      Like

    9. Ane gak cabut karena kata dokternya gak tumbuh begitu banyak sampe perlu dicabut, dan gak ganggu lagi. Ya ane biarin.

      Ane coba di laptop, hp, gak ada yang bisa kok.

      Like

    10. Mendingan dicabut kalau gitu, soalnya kalau gak kena sikat gigi, lama2 malah bisa bolong.

      Kayanya mifi ane harus mandi kembang, masih belum bisa dibuka juga gambarnya…

      Like

    11. Masih Bisa Kejangkau Kok Gan Tap Ya Gitu Susah…

      Ane Coba Buka Link Yang Lama Pake Laptop Ane Satunya + Hape Ane Emang Gak Muncul Gambarnya Tapi Kalo Link Yang Baru Ini Bisa Kok Gan…

      Like

  1. Ella emang pas bgt ama nachan sikap ga pengin kalah,pengen sama ama yg lain,pekerja keras masuk bgt ama karakter nachan…
    Kl yuipon..hmmm cuman karakter melas nya yg mirip…hahahaha..
    Coba dia juga ga pengen kalah makin mirip ama nachan hahahah

    Like

    1. Daripada sifat, ane udah milih Naachan jadi Ella sejak awal seri ini dibikin cuma berdasarkan visual aja 😀
      Setelah ditulis, ane mulai sadar ternyata banyak juga kemiripan lain. Cuma gak tau deh apa Naachan sejago Ella dalam ngerjain urusan rumah tangga 😀

      Yuipon bukan cuma nasibnya yang sama2 dianaktirikan, ekspresinya juga mendukung, 11-12 sama Naachan 😀

      Like

    1. Cieh kekinian, bahasa ala anak muda padahal ya… XD

      Ane susah banget milih foto Naachan untuk artikel ini, jujur. Browsing ribuan gambar Naachan yang pas ribet bener, ane inget dulu pernah dia photoshot pake pegang sapu, tapi ane cari2 gak ketemu, akhirnya pake aja yang paling menonjolkan ekspresi Cinderella-nya XD

      Like

    2. “Cieh kekinian, bahasa ala anak muda padahal ya…” Ya remaja.. XD

      Ekspresi cinderella pas masih dikehidupan kelamnya XD
      Klo yg skrng wajah Nanase dah kyk cinderella yg dipersunting pangeran XD

      Like

    3. Remaja tahun milenium lah, emang situ remaja almunium XD

      Enggak ada maksud apa2 cuma kasihan aja liat Naachan yg dikasih foto lama XD

      Like

    4. Biarpun remaja millenium, sekarang udah lewat kepala 2 juga. Itu maksudnya pas pergantian millenium ente udah remaja kan? XD

      Apa maunya foto Naachan yang cuma ditutupi selembar gorden itu? XD

      Like

    5. Lewat kepala 2? wong baru bbrp hari lalu ane bareng Miona n Iku menjalani upacara kedewasaan kok XD

      Itumah maunya agan Mas dibawah XD

      Like

    6. Jualan tape ane didepan kuilnya, kan rame tuh, mantap buat cari pendapatan, puas?!

      Enngak, wong gambar itu ada di folder PC ane XD

      Like

    7. Hebat masih sempat mencari sesuap nasi XD

      Nah, kalau ente nyimpen gambar bahaya Naachan, jangan marah kalau Ikuchan jalan2 sama Romeo XD

      Like

    8. Kan dah pernah ane bilang, ada kesempatan ane sikat, membiayai hidup 7 bini + adek2 itu berat emang.. XD

      Gk adil ini mah, ane cuma save gambar Naachan dibalas dengan kissu Iku dan romeo,
      gk adil gak adil…

      Like

    9. Lepasin beberapa biar agak ringan XD

      Pake feedback+slow-mo+adegan di tengah hujan gak pas ngomong “gak adil gak adil” biar jelas doramanya XD

      Like

    10. Lepasin bidadari? ogah. Bisa kesenangan ntar para srigala XD

      Pake, pas selsai ngomong gk adil, ada suara petirnya lagi XD

      Like

    11. Srigala gk akan berpeta yg bener2 pesta selama amsih ada ane 😎

      Itu dari segi penonton, dri segi pemain, pemain cowok alias romeo yg nagis gra2 kebahagian dia berakhir, pemain cewek yg mash dipertanyakan….

      Like

    12. YA pkoe pesta mereka gk akan meriah slm yg mereka rebut itu ada hubungannya sama ane 😎

      Dikiittt.. XD

      Like

    13. Mana berani dia pesta, wong sebelum latihan pa dibelakang stage ane dah nunjukim list nama2 yg bakal ane nuklirin klo berani macem2 sama Iku, dan nama dia paling atas, jadi ane bilang “Bro, lu yg pro aja ya, macem2 finish loh bro” XD

      Like

    14. CCTV nya cuma istilah, maksudnya ya itu, mata2…
      Organisasi hitam mahal bayarannya, ane sewa grup detektif cilik aja, kasih permen atau kasih card kamen Yaiba, dah beres XD

      Like

    15. Ane yakin sama dedikasi Ai dalam bertugas.. Asal pas parade dia gk ketemu Ryusuke Higo aja, klo dah ketemu cowok satu tuh, khilaf juga si Ai.. XD

      Like

  2. Ella…jadi inget Umbrella… 😀
    Ane sebenernya agak ga suka sama cerita Cinderella ini. Sinetron Indo banget! Atau mungkin sinetron yg bikin cerita ini tercemar?!
    Tapi, kalo sifat kalem, melas, lembut, empuk, emang sih, Naachan pilihan tepat. Dan, kenapa ga pake foto Naachan yg GuruGuru Curtain dari PB terbarunya. Lebih hot itu!!! 🙂
    Kobayashi juga, dari wajah udah pas. Belum tahu sifatnya aja, karena ga banyak ke ekspos di Variety. Tapi, fotonya…kaki… ❤
    Chichan, ane ga bisa bilang karena luck, dia ga ke push. Pas di audisi dulu, dia pernah bilang kalo dia ingin jadi pendukung di belakang para member. Mungkin, mnjmn perhatiin ini, dan buat dia ga pernah ada digaris depan. Salah ngomong kayaknya dia! 😀

    Like

    1. Kayanya skenario kedua yang bikin kisah Ella jadi tercemar. Lagian versi Indonya juga ada 😀

      Melas, lembut, sih oke. Tapi empuk? Apaan nih? Pake foto dari Kaze wo Kigaete segala, dasar muridnya Bananaman+Tsucchi 😀

      Bah, pecinta KaEpSi, paha dimana2 doyannya XD

      Karma gitu maksudnya? Meski dia emang pernah bilang gitu, sayang bener bakat vokal+koplaknya disia2kan, sama kaya Rotti..

      Like

    2. kalo kata ane sih, si chichan emang dasarnya kurang menarik aja makanya gak dipush. buktinya HS-nya juga seret.
      dia juga keknya emang gak gitu ambisius juga, jadi bodo amat, dipush syukur, nggak juga masih ribet kuliah

      Like

    3. Udah ah, jangan ngomongin sinetron. Pusing jadinya.

      Nggak boleh empuk? Gimana kalo kenyal? 😀

      Udah lama ga makan junk food min. Lupa rasanya KaEpSi itu gimana. 😀

      Mungkin kayak gan riduch bilang, dia ga ada ambisi. Lebih konsen dibidang lain, dan kalo gini, ada kemungkinan dia grad dalam waktu dekat. Khususnya kalo kuliahnya masuk di masa2 akhir.

      Like

    4. Empuk? Kenyal? Ini bahas Naachan apa Tsukino Azusagawa? XD

      Seringnya fitsa hats ya? 😀

      Sebenernya, ane gak bisa jamin ada siklus grad yang pasti di Nogi. Nama2 kaya Yuttan, Johnson, Maichun, Chiichan, bisa udah grad dari 2015, tapi mereka masih bertahan sampe sekarang.

      Like

    5. Googling dulu, ternyata tokoh anime. Ane udah lupa sama sekali. Udah lama banget ga baca. 😀 Maksudnya pipinya Naachan. Empuk2 enak gitu keliatannya.
      Fitsa Hats itu Pizza Hut atau biskut fiber sih? Kalu yg Pizza, udah lama ga makan. Karbonya tinggi banget. 😀
      Ada kemungkinan, mereka belum ada rencana di luar Nogi atau Undernya Nogi emang terjamin jobnya. Jadi mereka nyaman. Yang jelas tahun ini, pasti ada.

      Like

    6. Harusnya jadi love interest Kazuma, tapi dari tengah2 malah jadi hilang entah kemana itu dia 😀

      Ya pizza lah, itu kenapa jadi biskuit fiber sih?

      Kayanya mayoritas Under bakal pensiun kalau udah grad, palingan jadi radio DJ atau semacamnya. Yang rilis karir nyanyi juga gak kedengeran lagi kabarnya.

      Like

    7. Ceritanya udah kemana-mana, ane jadi ga tertarik baca lagi.
      Namanya ada “fi”-nya, jadi mirip biskuit fiber. 🙂
      Rotti, mungkin punya bekal yang bagus buat ke depannya. Dari sisi suara dia, bisa bersaing, asal dapet lagu yg pas. Tapi, yang ane liat, Idol kayak gini bisa jadi pedang bermata dua buat mereka, bahkan yg Senbatsu dan fukujin sekalipun. Di satu sisi, mereka dapet banyak ilmu untuk berkarir di dunia hiburan + popularitas juga, di sisi satunya lagi, imej mereka sebagai Idol bisa terlalu melekat, dan sulit buat lepas dari itu. Khususnya kalo mereka terlalu lama gabungnya. Jadi, ane liat, keputusan Rarin udah pas, buat grad. 4 tahun, ane rasa itu waktu yg pas buat bergabung, khususnya mereka yg kurang dapet push dari mnjmn. Seperti kata Sasshi dulu, 22 bisa dikatakan nenek2 di dunia Idol. Lebih baik sebelum itu, grad duluan, kecuali yg masuknya telat macam Berika atau Yukka.

      Like

    8. Nah ini topik yang ane kurang suka dari J-Idol. Diatas 22 tahun udah ketuaan, sementara di K-Idol, gak ada batasan umur karena karakternya lebih berkembang seiring waktu. Ada juga faktor persaingan, jumlah member, dll… menarik kali ya kalau dibikin artikel?

      Like

    9. Bkin aja min. Jangan lupa gambarnya yang mantab.:D
      Tapi kalo bicara J-Idol dan umur 22 yg dikatain ketuaan, menurut logika ane, mungkin imej Idol yang harus kawaii dan pure. Dua hal itu cuma ada di bawah umur itu.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s