Rogue Planet

Pernah membayangkan betapa besar alam semesta ini? Jika disingkat dalam bahasa paling sederhana; unbelievable big. Dalam skala alam semesta, bagian paling kecil adalah Planet. Bumi dengan diameter 12.700 km, hanya sepersepuluh diameter Jupiter, planet terbesar dalam tata surya kita atau Solar System, urutan kedua dalam skala universe. Solar System berukuran 19 trilyun km, bintang kita, Matahari berdiameter 1.4 juta km.

Di urutan ketiga adalah Local Bubble, tempat Solar System dan tata bintang tetangga seperti Centauri berada. Local Bubble terletak di lengan Orion dari Milky Way, dan ukurannya massive. Jika Solar System berukuran sebesar bola tenis, maka Local Bubble berukuran seluas 15 lapangan sepakbola. Cukup besar? Tidak, dalam skala kosmos masih bisa dibilang sangat kecil sebenarnya.

Di tingkatan selanjutnya ada Galaxy. Galaxy kita sendiri, Milky Way, adalah galaxy tipe spiral dengan dua lengan utama; Orion dan Perseus. Disini kita membuat skalanya mengecil lagi. Jika Milky Way berukuran 1 meter, maka Local Bubble hanya seukuran 3 milimeter. Kita tentu tidak akan berhenti sampai di level Galaxy, karena itu kita masuk dalam Galactic Cluster. Di level ini, kita mengenal Andromeda, galaxy terdekat kita.

Tapi Galactic Cluster tidak hanya terdiri dari dua galaxy, melainkan 30-40 galaxy. Jarak Milky Way dengan Andromeda setara dengan 23 kali diameter Milky Way. Di tingkat selanjutnya adalah Supercluster, dalam hal ini adalah Virgo Supercluster, yang merangkum hingga setidaknya 100 Galactic Cluster. Sampai sini sudah bisa dibayangkan betapa kecilnya Bumi kan? Tapi manusia telah sampai pada jarak yang lebih jauh dari ini.

Local Superclusters atau dikenal sebagai Laniakea adalah tempat dimana Virgo Supercluster dan sekitar 500 Supercluster lain berada. Sementara di level teratas adalah Observable Universe, jarak terjauh kita mengetahui besarnya alam semesta. Dengan diameter mencapai 156 milyar tahun cahaya -sebagai perbandingan, jarak antara Bumi dan Matahari adalah 8 menit cahaya- dan 100 milyar galaxy, sepanjang yang manusia tahu, kita masih belum tahu alamat sebenarnya kita di alam semesta ini.

earths_location_in_the_universe_smaller_jpeg
Planet>Solar System>Local Bubble>Galaxy>Galactic Cluster>Supercluster>Local Superclusters>Observable Universe

Dari semua kategori itu, ada satu obyek angkasa yang sama sekali berbeda, dalam astronomi disebut sebagai Rogue Planet. Apa itu Rogue Planet? Mereka adalah planet-planet yang tidak mengorbit pada bintang melainkan langsung mengorbit pada galaksi, tidak memiliki planet tetangga, hanya sendiri, berada dalam kehampaan angkasa tanpa teman. Sering juga disebut sebagai Interstellar Planet.

Beberapa teori mengatakan Rogue Planet awalnya terbentuk dengan proses yang sama seperti bintang, namun gagal dalam prosesnya dan hanya menjadi sub-brown dwarf, yang kurang lebih sama seperti Jupiter. Teori lain adalah mereka adalah planet dalam sebuah Solar System biasa, tapi keluar karena kekuatan gravitasi planet lain atau mereka terlempar ke interstellar space  karena supernova.

Bagi manusia untuk mencari keberadaan Rogue Planet tidak sama seperti menemukan Exoplanet, yang mana jauh lebih mudah dideteksi karena mereka memiliki bintang sendiri dan bisa dideteksi dengan berbagai cara. Untuk menemukan Rogue Planet hanya bisa dilakukan melalui gravitational microlensing atau direct imaging. Singkatnya metode yang pertama bisa dilihat di sini dan yang kedua di sini.

rogue_planet_by_uxmal750ad-d7r9cjd
Lonely, isn’t it?

Rogue Planet yang melayang sendirian di angkasa adalah obyek yang menarik, selalu memancing pertanyaan paling dasar “apakah di sana mungkin terdapat kehidupan?” Jawabannya mayoritas adalah tidak, karena hanya mengandalkan panas internal dari planet itu sendiri, energi yang dihasilkan akan cukup untuk menguapkan besi, kehidupan di lingkungan semacam itu kemungkinan hanya berada di level bakteria.

Sejauh ini setidaknya 5 Rogue Planet yang sudah ditemukan, semuanya masuk kategori Super-Jupiter dengan jarak terjauh 550 tahun cahaya, menemukan Rogue Planet yang berukuran sama dengan bumi sangat sulit karena mereka kecil, dingin, dan suram. This is reality not Star Wars. Jika James Webb Space Telescope sudah diluncurkan pada 2018, mungkin misteri akan dunia dingin yang melayang sendirian di kegelapan angkasa akan mulai terungkap.

Dari Rogue Planet, kita sampai pada pertanyaan bagaimana cerita Gen 3 Nogi akan berlanjut tahun ini? Untuk saat ini mereka baru sampai kelas Rogue Planet, bukan satelit atau Solar System, karena kita masih belum tahu sama sekali tentang mereka. Yah kecuali SHOWROOM, tapi karena tak semua orang melihatnya jadi tak bisa dianggap valid juga. Blog juga tidak memberi tambahan info yang worthy.

Satu-satunya pencapaian major Gen 3 sejauh ini adalah Principal, yang baru akan dimainkan bulan Februari. Belum munculnya mereka di variety flagship Nogizaka Kojichuu juga sedikit aneh. Membatasi interaksi dalam bentuk blog dengan batasan satu member per hari sejak Desember lalu jelas berbeda dengan dua generasi pertama. Memang tidak terlalu aneh saat ini karena H.Keyaki juga sama.

c2srny3vqaqia7k
Bukan Principal Quatre, jadi bisa disimpulkan kali ini akan spesial

H.Keyaki membutuhkan setidaknya 4 bulan sejak diperkenalkan untuk tampil di Keyakake, Gen 3 diperkenalkan pertama kali pada September 2016, hitung-hitungannya di Januari ini adalah waktu mereka tampil di Kojichuu, tapi sejauh ini belum terwujud. Masih dua episode lagi bulan ini, jika mereka akhirnya tampil, maka mereka tidak akan memecahkan rekor sebagai generasi yang paling lama tampil di variety flagship Sakamichi.

Lamanya Gen 3 untuk tampil di variety ini menurutku adalah strategi pasar yang bagus, membuat publik penasaran karena sampai saat ini, penampilan di media hanya sebatas LINE LIVE dan coverage dari beberapa acara TV. Ingat, blog dan kemampuan idol terpenting –variety- adalah hal yang berbeda. Bagus di blog bukan berarti dia akan populer. Bahkan Renachi yang dikenal sebagai tsurishi sejati saja masih berkutat di Under.

Riria, Renka, Ume, Momoko, Shiori, Tama, Denchan, Reno, Hazuki, Zukki, Christie, dan Yoda masih punya banyak waktu. Dan itu adalah perjalanan yang layak ditunggu. Apakah mereka akan menjadi sekedar pengganti bagi para monster di Gen 1, atau menjadi karakter yang benar-benar baru? Setidaknya dua orang, Zukki dan Ume, sudah diramaikan akan menggantikan Iku dan Maiyan. Untukku sendiri, selain kemiripan visual, masih belum bisa berkata apa-apa karena sekali lagi, kita masih sama sekali belum mengenal mereka.

Jika dikatakan dalam bahasa astronomi, jika Rogue Planet, katakanlah Nibiru memasuki Solar System, maka akan terjadi perubahan besar dalam planet-planet. Ice Giants seperti Neptune dan Uranus yang tidak terlalu terikat dengan Matahari bisa terlempat keluar menjadi Rogue Planet. Gas Giants Saturn akan kehilangan cincinnya sementara Jupiter tidak akan terpengaruh. Keempat terrestrial planet juga mengalami perubahan, baik dan buruk yang bahkan aku tidak begitu nyaman menjabarkannya.

Gen 3 adalah Rogue Planet, yang bisa dideteksi sejauh pengetahuan umat manusia karena mereka massive, bisa terlihat meski tanpa bintang sebagai rumah. Nogi memiliki susunan Double Suns dan planetary mereka sendiri, dua sudah tidak akan terpengaruh, namun bagaimana dengan yang lain jika Rogue Planet memasuki Solar System? Dalam skala kenyataan tentu aku tidak berharap itu terjadi, tapi dalam skala ngidol Sakamichi, tentu aku berharap itu segera terjadi.

All images used is credited to its respective owners

Advertisements

101 Comments

    1. Ga kok, ane masih tetep Riria dan Kuboshi. ❤
      Gimana kalo gini aja:
      Mimin Oshihen ke Ayano – Yumi dilepasin – Yumi sama ane – Yumi bahagia. ❤ 😀

      Like

    2. Terserah mimin aja deh. 😁
      Kalo soal Gen3, memang seperti Rogue Planet. Tapi, ane kok merasa mereka ga bakalan masuk Solar System/Senbatsu kecuali dengan sistem kennin. Mereka dibuat jadi grup beda gitu, pake formulanya K & H. Ane rasa dari fisik, mereka Oke banget. Jadi ga mungkin dong jadi Undernya Under. Solusi satu2nya ya grup beda.

      Like

    3. Win! 😎

      Oh, ane punya artikel lain soal dimana keberadaan Gen 3 dalam Sakamichi Astronomy, jelas mereka belum masuk level Solar System atau bahkan satelit, tapi ane masih nunggu variety pertama mereka.

      Dan Nogi gak akan segila itu contek konsep Keyaki. Wong yang original aja masih kacau mau ditiru aja.

      Like

    4. Silakan berdelusi ria deh. Ane di dunia nyata aja. XD
      Siap! Ditunggu. 😀
      Mungkin ga sebeda K & H. Tapi, mau dimasukin dimana juga bingung. Ke Under, sapa yg akan digusur. Formasi 16nin Under sekarang ane bilang udah pakem banget. Senbatsu juga bingung. Mungkin, setidaknya 1 tahun, mereka ga akan masuk dan mnjmn bakalan bangun popularitas mereka dulu. Ntar 2018, mungkin akan lebih jelas, mana2 aja yg bakalan masuk, ke Under atau Senbatsu. Atau, ini materi artikel barunya mimin? 🙂

      Like

    5. HAH? Gak salah? 😀

      Semua tergantung sama KKS, apa masih bakal jalan atau enggak. Kalau iya, cerita Gen 2 bakal terulang. Kalau enggak, patut ditunggu gimana manajemen bikin terobosan yang bisa dinalar.

      Enggak, bukan ini. Yang jadi bahan next article itu lain.

      Like

    6. Gak salah, berarti bener, dong. 😁
      Ane pengennya sih, mereka dapet lagu dan MV sendiri. Tapi, kalo gini, bisa bayangin, betapa cemburunya gen2, ya? 😀
      Ane juga baru liat penampilan mereka di AKB Show kemaren. Lumayanlah, tapi masih jauh dari monster Senbatsu. Satu lagi yg menarik, si Momoko. Keliatan dia agak Baka atau lebih ke Tennen/my pacenya Nanako, mungkin. Tapi begitu perform, aura dia, khususnya buat lagu cool macam Inochi, keluar banget. Mungkin ini alasan mnjmn pilih dia sebagai Center.
      Dan Zukki-nya mimin (bener kan, udah diklaim?), aura anggun dan elegan dia, manteb! 😀

      Like

    7. Gak salah TUH? XD

      Gen 2 aja butuh tiga tahun buat dapet lagu pertama mereka, enak bener Gen 3 belum setengah tahun udah dapet lagu, itu yang bakal mereka pikir 😀

      Momoko ini rada2 setipe Naachan/Tecchi sejauh yang ane liat. Kalau offstage kaya lost, tapi kalau udah onstage berubah.

      Iya. Zukki UDAH ane claim, gak boleh diserobot! 😎

      Like

    8. Eh, delusi lagi, ya? Ane lepas tangan deh. 😀
      Border? Ane ga dengerin, karena ga terlalu cocok dengan kuping. Tapi kalo liat perlakuan mnjmn ke Gen3 yg istimewa, model majalah dimana2, FNS, Omotenashikai di Budokan, Principal, ga heran juga bila lagu buat mereka, jadi salah satu cara instant push, yg bakalan buat mereka siap, kalo monster Gen1 grad. Jadi, feeling ane siap2 aja ngiler Gen2 tahun ini. 😀
      Momoko bisa berubah gitu, ya. Mungkin pribadi introvert dan pemalu, seperti punya kebebasan untuk lepas dari dirinya sebelumnya saat ada diatas panggung. Riria dan Kuboshi juga lumayan, khususnya Riria, yg dancenya cukup beraura.
      Sekarang Zukki, ya, berarti Yumi… 🎊👏😁

      Like

    9. Lepas Yumi sekalian biar hidup kami berdua tenang 😎

      Kakigoori no Kataomoi.
      Ane jauh lebih prefer masukin front row Under ke senbatsu dulu, atau bikin kuota senbatsu jadi 18, kalau tetep 16-nin sementara Gen 3 gak lewat phase KKS, Under yang bahaya.

      Ini bilang Riria dance-nya beraura karena jujur atau karena bias? XD

      …Masih sangat-sangat bahagia bersama ane 😎

      Like

    10. Tuh kan, delusi lagi. XD
      Kakigoori juga ga pas, gara2 Hori jadi lead vokal, padahal suaranya ga enak.
      Mungkin, jauh lebih mudah masukin front row bahkan semua row Under ke Senbatsu daripada memilih member Senbatsu yg harus turun ke Under. Tahu sendiri, Senbatsu membernya top2 semua. Kalaupun banyak fans bilang ada yg ga pantes di Senbatsu, membernya kesayangan mnjmn. Rumit.
      Yg ane takutin, ntar ada kayak 48, ada future girl, next girl atau apalah itu. Akhirnya, mnjmn bingung sendiri, dan pilih jalan praktis + menguntungkn, SSK.
      Riria 50-50. Gap moenya yg ga nguatin. 😀
      Terima kasih udah jadi “fans” yang membuat bahagia bidadari ane. 😀

      Like

    11. Uh, enak gak enak sih relatif ya, kalau autotune bagus+musiknya enak lumayan ketutup juga.

      Dan mendadak aja ini senbatsu 17th bakal diumumin, Gen 3 udah hampir pasti gak ikutan. Tinggal jumlah senbatsunya.
      Gak akan, jumlah member Nogi gak sebanyak bahkan tim internal AKB. Kalau unit2 berterbangan sih masih mungkin, tapi kalau extend sampai di luar senbatsu+unders sih senggak lah ya.

      Padahal belum apa2 udah gak kuat aja sama gap moenya XD

      Tuh kan, delusi lagi XD

      Like

    12. Ya, sih. Subyektif.
      Bisa dibilang ga akan ada Miona 2.0. Tapi, daripada jumlah member Senbatsu, yg menarik siapa centernya. Kalo angkatan 92, kemungkinan grad tuh. Tinggal tunggu prediksinya mimin nih! 😀 Centernya Ringo, mungkin ga?
      Semoga aja ga ada gimmick berlebihan, dan karena ini juga, kemungkinan lagu khusus buat Gen3 yg bikin Gen2 ngiler, bisa muncul. 😀
      Riria gap moenya, Kuboshi, wajah ademnya. Ntar liat di Variety, gimana sebenernya mereka berdua, yg pasti ane bakalan makin suka. 💜😁
      Udahan ya, perang soal Yumi. Malu juga ngerebutin tokoh yg cuma bisa diliat di monitor. 😅

      Like

    13. Mungkin ada, cuma kadarnya yang beda, gak bakal ditaruh center langsung.
      Duh, prediksi masih mumet ini soalnya gak ada persiapan sama sekali…

      Kalau lagu buat Gen 3, hmm, ane ngarepin juga sih. Tapi ya gak harus juga.

      Kalau ternyata mereka gak sesuai harapan? 😀

      Tumben nih, habis salah makan obat ya? 😀

      Like

    14. Aduh, gen 2 aja masih banyak yg belum pernah masuk Senbatsu. Kasian kalo dilangkahi sama juniornya.
      Cepetan buat! Gambarnya juga harus mantab. XD
      Sedikit kontroversi, bakal buat grup dapat perhatian lebih. Setelah Principal, kenapa ga sekalian lagu juga? 😀
      Karena ane udah memilih mereka berdua, ya ga mungkinlah ganti. Pasti ada satu sisi yg bisa buat ane suka. 😀
      Inget umur min. 😀 Kayak bocah aja ngerebutin imajinasi. XD
      Btw, ane baru liat blognya Zukki, ternyata cantik juga, ya? 😀

      Like

    15. Cepetan buat apaan, kalau ane bisa libur sehari aja pasti kelar, lah ini harus ngurusin tetek bengek real life 😀

      Mungkin kalau berhubungan sama Principal, gak harus di single ini, mending kaya WKeyakizaka no Uta, diperdengarkan dulu tapi rilis belakangan.

      Kok ane rasanya gak terlalu percaya ya?

      Cih, dua kalimat terakhir bertolak belakang 😛

      Like

    16. Ya ijin gitu, ada urusan keluarga, masa ga bisa? Emangnya udah cerai sama Yumi? Marika, Asuka, Zakki juga udah putus hubungan? XD

      Bisa juga gitu, dan ditampilinnya pas HUT Nogi ke-5. 🙂

      Kenapa ga? Buktinya, Yumi dan Ue. 🙂

      Ga gitu sih maksudnya. Tetep males rebutan imajinasi, dan soal Zukki, kasusnya kayak Manafi. Ane ga bilang Zukki fugly, cuma member biasa yg mirip Ikuta. Pas liat blognya, ternyata ada kecantikan tersendiri dari dia. Efek filter foto kali, ya? XD

      Like

    17. Eh, lanjut lagi ya? Katanya malu mau stop aja? XD

      Kalau gitu ane gak masalah, yah, bittersweet lah antara Gen 2 & Gen 3 nantinya, tapi ya gimana.

      Eh, ini lagi? XD

      Saran dari ane; jangan pernah percaya selfie, pait di akhir. Ya, kalau dari idol bolehlah percaya 😀

      Like

    18. Udah ah! XD

      Yang jelas bikin bingung! Ntar aja liat prediksinya. 😀

      Lah emang mereka berdua Oshimen ane, mau gimana lagi? 😀

      Filter emang bikin beda kok. Idol juga termasuk. Junna misalnya, jerawat ada banyak, dengan filter, ilang dan jadinya mulus banget wajahnya. 😀

      Like

    1. @brokoli, gembel, si Juki, jadi gak keren lagi ini Zukki 😀

      Malah jadi keinget Zuumin, bisa jadi Yoda sama Zuumin setipe nih 😀

      @wahyu, udah gak dibilang mirip Ikuchan lagi nih Zukki? 😀

      Like

    2. @Wahyu:
      Waktu Pertama Kali Lihat Foto Ini, Ane Malah Ngira Itu Fotonya Suzuki Airi 😀

      ========================================
      @Mac:
      Lebih Enak Dipanggil SI Juki Gan 😀

      Maksudnya Gan ❓ Ane Gagal Paham Sama Maksud Agan ❓

      Like

    3. Entar Zukki jadi tukang nyindir jadinya 😀

      Maksud ane, dari dulu kan Zuumin dibilang paling nafsu jadi center, tapi belum kejadian2 sampe sekarang. Nah Yoda kurang lebih kan setipe nih, dibilang ace enthusiasm, tapi gimana kedepan masih belum jelas kan

      Like

    4. Hahaha… Presiden Anti Mainstream #BeraniBeda 😀

      Tapi Kalo Ngeliat Dari AKBShow Kmaren Kayaknya Nih Anak Gak Terlalu Bernafsu Deh…
      Tapi Gk Tau Juga Sih… Soalnya Hingga Detik Ini Personality-nya Gen 3 Masih Belum Terlalu Kelihatan.

      Like

    5. Kalau Zukki bisa jadi member anti mainstream, ane dukung sepenuh hati ❤

      Masih malu2 kayanya. Mungkin juga karena yang interview Manatsu, takut didaftar wajib militer ikut MRG kali XD

      Like

    6. Ane Juga Bakal Dukung Sepenuh Hati ❤
      Asal Anti Mainstreamnya Jangan Rambut Mohawk Atau Dicat Warna Ijo Neon Aja Sih Haha 😀

      Ane Malah Setuju Kalo Master Yoda Masuk Ke Salah Satu Gundan Karena Salah Satu Cara Untuk Mengikis Batas Antar Gen Ya Dengan Jadi Anggota Gundan…

      Like

    7. Jangan ikut2 klaim Zukki, udah ane klaim duluan 😎
      Emangnya Korogatta Kane wo Narase? Entar Ikuchan jadi biang keroknya 😀

      Bikin Gundan baru aja lah, jangan gabung sama Gundan yang bersaing koplak begitu. Surem entar masa depannya 😀

      Like

    8. Ane Gk Ikut2an Ngeklaim Kok Gan (Pernyataan Ini Berlaku Sementara)
      Ntar Mukanya Di Coklatin Setengah Terus Diatas Alis Ada Tulisan Dark Hahaha 😀

      Member Gen Satu Yang Mau Dan Bisa Ngangkat Kouhainya Selain Manatsu Dan Sayuringgo Itu Kazumin, Ikoma, Sama Misa. Tinggal Pilih Salah Satu Aja Tuh 😀

      Like

    9. Yang dalam kurung tuh, ciri2 serigala sejati 🐺
      Udah gak ada Nanamin, gak ada yang bisa ngendaliin Ikuchan entar 😀

      Misa aja lah, asal anak baru jangan diajarin minum2 😀

      Like

    10. @Mac:
      Haha..terkadang ane ngeliatnya juga kayak Ikuchan waktu masih polos 🙂
      tapi link yg agan Brokoli kasih itu, kalo ga dikasihtau itu Zukki, mungkin ane bakal penasaran.. “Iki sopo?” 😀 😀

      @Brokoli:
      Suzuki Airi ya gan? oke ane searching dulu 🙂

      Like

    11. @Mac:
      Ane Kasih Tulisan Tersebut Soalnya Ane Gak Pernah Instant Claim Gan….
      Karena Rasa Cinta Itu Butuh Penjajakan Hingga Waktu Yang Belum Ditentukan, Namun Ketika Waktu Itu Datang Maka Perasaan Tersebut Akan Terus Menyeruak Dari Dalam Dada Hingga Batas Akhir Kehidupan Dan Itulah Yang Disebut Dengan Kesetiaan 😎

      Semoga Hime Bersedia Jadi Suksesornya Nanamin 😀

      Gak Bakal Diajak Minum2 Lah Gan Kecuali Yoshida Ayane Christy (Nama Panggilannya Siapa Sih?)Termasuk Salah Satu Anggotanya 😀

      =======================================
      @Wahyu:
      Iya Gan Suzuki Airi… Doi Itu Anggotanya C-ute Dan Juga Official Modelnya “Ray” Sama Kayak Maiyan.

      Like

    12. @wahyu, Sekarang? Udah gak polos lagi ya? Gara2 Romeo? 😀

      @brokoli, panjang2 reaksi ane cuma https://goo.gl/nWn8Nh

      Kenapa Hime?

      Ane sih prefer manggil dia Christie, lucu aja kaya nama adiknya Giant 😀

      Wah2 sekarang Airi mulai ikutan pembahasan nih 😀

      Like

    13. Karena Ane Tidurnya Seranjang Sama Ikutamama ❤ Jadinya Ya Ketularan 😀
      Wih Ada Profesor Snape…. Dalam Rangka Memperingati Setahun Wafatnya Alan Rickman Kah?
      Btw https://goo.gl/c0GbfE

      Karena Cuma Hime Yang Bisa Jadi Pawangnya Ikuchan Ketika Lagi Gesrek (Tentu Saja Selain Ane)

      Adeknya Giant Kok Christy Sih Gan??

      Eh Tau Airi Juga Toh…

      Like

    14. Ikutamama? Gak ikutan deh 😀

      Demo womens march kemarin ya? Ah, kaya politik dalam negeri kurang lucu aja ngikutin Uncle Donald 😀

      Pawangnya Ikuchan? Hime pasti punya kekuatan supernatural 😀

      Hahaha, cuma fans yang punya komik Doraemon jadul yang tahu kalau nama adik Giant itu Christie 😀

      Emangnya ane kaya Patrick, apa2 gak tau? 😀

      Like

    15. Kalo Bahas Politik Dalam Negeri, Ane Takut Dilaporin Gan…

      Karna Sesungguhnya Semua Makhluk Lemah Akan “Himetan Beam” 😀

      Bukannya Adeknya Giant Itu Jaiko Ya?

      Kirain Idol Yang Agan Tau Itu Cuma Sakamichi Sama Arashi Doang Haha 😀

      Like

    16. Awas kena fatwa haram 😀

      Oh ya, ane kok enggak? 😀

      Entar deh ane cari2 komik ane yang ada cerita adiknya Giant namanya Christie 😀

      Ladybaby aja tau kok 😀

      Like

    17. @Brokoli:
      “Karena Rasa Cinta Itu Butuh Penjajakan Hingga Waktu Yang Belum Ditentukan,” <– Ane quote sampai sini aja dah 😀

      Setelah ngecek, ternyata lumayan juga ya gan 🙂

      @Mac:
      Hahaha.. Mungkin Bapak Kos sebelah tau jawabannya 😀

      Like

    18. @Mac:
      Tujuan Fatwa Kan Untuk Membatasi Niat, Kalo Sejak Awal Udah Gk Ada Niat Atau Udah Terlalu Berniat Ya Gk Ngefek….

      Pengecualian Untuk Serigala 😀

      Pasti Taunya Karna Kaneko Rie Pernah Dibahas Di Kojichu…
      Atau Sejak Awal Agan Demen Sama Ladybeard?? 😀

      ===============================================
      @Wahyu:
      Airi Mah Bukan Lumayan Lagi Gan, Doi Itu Kayak Fusionnya Honoka Miki Sama Miyupon.

      Like

    19. @wahyu, bapak kos sebelah lagi meratapi nasib 😀

      @brokoli, bisa aja ngeles lah para serigala 😀

      Ngatain diri sendiri? 😀

      Rie pernah dibahas di Kojichuu?
      Ane taunya pas zaman masih ngesubs. 😀

      Like

    20. Karena Ane Lemah Terhadap “Himetan Beam” Itu Berarti Ane Bukan Serigala 😀

      Kaneko Rie Pernah Dibahas Sama Kawago Di Kojichu Tapi Lupa Episode Berapa…

      Eh Agan Pernah Ngesubs Juga? Belajar Bahasa Jepangnya Otodidak Atau Kursus Gan…
      Kalo Otodidak Kasih Referensi Untuk Belajar Grammarnya Dong Gan. Soalnya Grammar Yang Pernah Ane Pelajari Waktu SMA Dulu Cuma Sebatas Intro (S+wa+N+desu/dewa arimasen.), Kalimat Tanya, Keterangan Tempat, Kata Benda Pake Arimasu, Makhluk Hidup Pake Imasu, Keterangan Waktu, Masen, Mashita, Masen Deshita Doang. :/

      Like

    21. Bukan serigala? Fakta berkata lain 😀

      Ane bukan TL Japan-Indo, tapi English-Indo. Nihongo ane kacau, kalau Kanji angkat tangan, lumayan di listening doang, reading sama speaking berantakan. 😀

      Like

  1. Renka manis.. Momoko manis.. Zukki manis.. Riria manis.. Shiori manis.. Yoda manis..Tama manis..
    Mimin kebanyakan ngasih gula nih di artikel ini 😀

    Jadi prediksinya siapa nih min yg bakal masuk duluan ke solar systemnya sakamichi? 🙂

    Like

    1. Ini antara ane kebanyakan ngasih gula atau agan mulai nunjukin gejala Serigala? 😀

      Oh, ane punya prediksi sendiri tentu, tapi bukan di Solar System Nogi, ada obyek astoronomi lain yang ane anggap paling cocok sama Gen 3 selain Rogue Planet. Tapi ane masih nunggu penampilan variety pertama mereka baru bisa finishing+rilis itu artikel. Kalau ane bilang sekarang nanti gak jadi kejutan lagi 😀

      Like

    2. Tenang Min..ane udah ada penangkalnya jadi ga bakalan tertular 😀
      Ya mungkin karena pertama kali liat foto2 yg Mimin sajikan jadinya ya gitu…
      Lagian ane belum liat mereka perform atau di variety show, bisa jadi ntar kadar manisnya berubah 😀

      Oke Min, ditunggu rilisannya.
      Jangan lupa dikasih ‘gula’ ya.. 😀

      Like

    3. Kalau punya penangkalnya kasih lah ke BIN, Badan Idol Nasional, biar jadi antivirus serigala 😀

      Belum liat omitatekai mereka di AKBSHOW kemarin?

      Kayanya masih lama, ini waktu repot2nya bikin prediksi, dan Sakamichi Review lagi. 😀

      Like

    4. Lah ntar kalo ane kasih ke BIN, bakal panik ntar para serigala 😀

      Udah ada ya..okay berburu link dulu 😀

      Siiph..

      Like

  2. Ane nunggu liat liputan ma penampilan gen 3 di AKBSHOW ntar malem aja gan baru bisa komen lebih😀
    Liat cuplikan dikit,momoko punya husky voice yg aduhai, tatapan zukki masih mematikan dan master yoda firasat ane nih anak pnya sesuatu yg spesial tp ane blom tw apa.

    Like

    1. Palingan juga cuma bawain satu lagu, plus wawancara dua tiga menitan. 😀

      Master Yoda udah spesial dari sana, karena dia gurunya Anakin dan Luke *just kidding. Tapi Yoda emang salah satu yang dapet early push

      Like

    2. Yah gpplah gan,itung2 bisa liat dikit. Lagian yg wawancara manatsu mngkin dy bsa gunain tuh jrus mncingx dy…😀
      Prediksi ane gen3 mncul di koujichu sblum episode pngumuman snbatsu 17, macam gen2 dlu yg jd penonton alim dlu trus dikasih bom miona center.

      Like

    3. Semoga aja di Gen 3 ada karakter rebel yang bisa handle Manatsu kaya Kuroishi atau Ashurin 😀

      Mau airdropped center lagi dari Gen 3? Ane pasang taruhan dulu deh; bakal lebih heboh dari pilkada DKI 😀

      Like

    4. Well,stlah liat AKBshow ane cukup puas ma pnampilan mrk dance ma vocal udah cukup nyatu. Btw umechan punya vibe maichun yg ckup kuat trutama bagian kaki 😀
      Untuk variety emg blum trliat tp ane naro hrapan di ririan ama master yoda urat malu mrk mw dputusin jg gpp kyakx. Oh dan renka,itu yakin 12 taon? Mature bgt tmpilanx, lboh mature renka timbang minami.
      Dan utk airdrop prediksi ane gak, manajemen g akan ngulangin langkah itu bisa lbih bhaya nnti.
      Btw kiichan ama misa senpai kmren di HI-MAGINE mrk ngunjungin memorabiliax david bowie trus bhas space oddity ane jd inget artikel agan yg bhas itu 😀

      Like

    5. Bahaya emang Ume, gabungan dua Mai sekaligus. Ane gak bakal heran kalau dia jadi official model pertama Gen 3.

      Kalau milih siapa yang paling muda dari visual, ane juga bakal milih Tama daripada Renka. Dia keliatan lebih dewasa dari umurnya sih, sama kaya Ume.

      Jujur setelah semua yang terjadi setahun kemarin, ane rasa udah gak bakal ada yang bikin ane kaget sama kelakuan manajemen, termasuk airdropped center…

      Hahaha, iya. Nogi meet Bowie, idola sekarang sama idola beda genre ane ketemu, bahas Space Oddity pula. Bowie bisa dibilang bapak J-Pop sama K-Pop. Tapi harusnya Bebitan yang ikut acara ini biar dapet inspirasi dari kostum2 Bowie 🙂

      Like

    6. Yap setuju bgt klo ume calon model slanjutx,wajah ama tinggi badan amat sgt mnunjang tinggal poles dikit lgi. Klo keyaki kira2 siapa yg bakal dpat kontrak model exklusif prtama?
      Bisa bhaya ntar klo marika knal ama david bowie,knal sheena ringo aja udah yabai tuh anak apalagi david bowie.😀

      Like

    7. Fashion marika klo dpke sndiri sih gpp,tp klo di aplikasikan ke nogi bisa brubah image ntar.
      Daann…prediksi ane salah soal kemunculan gen3 dikoujichu. Single 17 diumumin minggu dpan dan g dstudio lagi. Gih gan bru buat ramalan bintangx. Pantesan seragam baru keburu dibuat jd itu alsanx. Agak cepet g sih single 17 ntar, mngkin lgu baru bakal diumumin di konser 5th bday nanti.

      Like

    8. Bikin unit bisa juga, edgy & quirky 😀

      Duh iya nih, kaget juga udah main diumumin aja. Ane belum nyiapin draft sama sekali buat prediksi 17th, mungkin rada lamaan nih…

      Like

  3. Bisa2 gen-3 muncul di koujichuu stelah pementaan principal, jadi bisa sekalian wawancara kesan2 mereka sambil sedikit nunjukin cuplikan pementasan *itu strategi klo ane jadi petinggi Nogi XD

    Like

    1. Ya enggaklah, ane gk bakal bikin hidup para srigala menjadi mudah dan enak.. XD
      BTW, berhubung ane blum hapal semua nama gen-3, itu sapa yg fotonya mirip Wakatsuki? yg dibawah Zukki

      Like

    2. Apalagi yang berhubungan sama sacred 7 ya? XD

      Itu ada caption-nya, Agatha Christie, eh Ayano Christie. XD
      Ini komen kedua yang bilang dia mirip Yumi, padahal dia gak mirip2 amat di foto lain XD

      Like

    3. Oh pastinya, sampe titik darah penghabisan ane jabanin tuh serangan para srigala XD

      Owalah, iya ya, gk merhatiin XD
      Berarti cuma kebetulan aja difoto ini, di foto ini mirip2 Yumi + ada Maaya nya dikit…

      Like

    4. Sama, buat bini sama adek ane bakal mempertahankan sampe titik darah kuota eh darah penghabisan XD

      Iya, idungnya, pkoe di foto ini ada kesan mirip maayanya juga selain kesan mirip Yumi..

      Like

    5. Tunjukin dulu dong lokasi pemancingannya XD

      Enggak, ane kan bukan srigala yg memantau smua foto2 member.. XD

      Like

    6. Google maps kibarin bendera putih.. XD

      Ya tergantung, klo foto yg bikin ane penasaran ya ane minta link XD

      Like

    7. Gmn gk nyerah, yg dicari sesuatu yg gk ada di dunia ini XD

      Asem, klo di situ fix lebih banyak mirip Waka nya..

      Like

    8. Akun gmail Conan ane masih bisa diakses tpi misalnya ane mau komen di blog Mastoppu, gk bisa pake akun itu lagi…

      Like

    9. @conan, fix mirip Yumi? Hmm, masa sih?

      kalau email emang gak akan dihapus cuma restricted jadi fungsi dasar, buat email2an doang. Tapi itu blogger ya, tau deh kalau wordpress.

      Like

    10. @Brokoli:
      Jangan ragu gan, klo agan ragu ya bikin akun gmail baru aja, tpi bakal repot agan jadi ngurus 2 akun gmail…

      Like

    11. Ada 2 Hal Yang Masih Bikin Ane Ragu
      – Takut Nantinya Gk Keurus Soalnya Dulu Ane Sama Temen Ane Pernah Bikin Web Untuk Share Event Sampe Beli Domain Tapi Gk Keurus
      – Hal Yang Barusan Ane Tanyakan Tadi, Soalnya Semua Akun Ngidol Ane Pake Gmail Ini 🙂

      Mungkin Kalo Niat Ane Sudah Terkumpul Ane Pengen Buat Blog Yang Mirip Kayak AKBZine (Yang Sekarang Lagi Vakum) Tapi Lebih Ke Sakamichinya….

      Like

    12. -Kalau blog sih, keurus gak keurus itu wajar, toh masih gratisan. Gak perlu beli domain dulu.
      -Kalau mau bikin mending pake wordpress, temanya lebih banyak. AKBZine juga pake wordpress itu, cuma udah naik domain aja.

      Like

    13. Barusan Ane Coba Buka Web Ane Dulu Udah “Server Not Found” Haha 😀
      Ane Dulu Juga Punya Blog WordPress Tapi Lupa Passwordnya. Meskipun Begitu Barusan Ane Coba Ternyata Blognya Masih Belum Ilang 😀

      Dan Entah Kenapa Ane Jadi Malu Sendiri Saat Baca Tulisan Ane 7 Tahun Lalu Haha 😀 Isinya Tentang Segitiga Bermuda, Alien, Area51, Jack The Ripper Dan Teori Konspirasi Haha 😀

      Like

    1. Satu lagi srigala liar yg memburu MIONA KUH, Hhh,
      Moga ane dan MIONA KUH kuat menghadapi serangan2 ini…

      Like

  4. Boleh nih ‘rogue planet’ jadi judul lagu buat hiragana keyaki, pas dengan keberadaan mereka yang masih belum terekspos secara jelas 😀

    Meskipun udah pernah punya lagu debut, tapi kurang nyantol yah.

    Untuk gen 3 Nogizaka46, nyerah deh ane. Gen 2 aja masih tahap pengenalan, ada Hori Miona, Watanabe Miria, Suzuki Ayane. Yang lainnya belum ingat nama-namanya.

    Like

    1. Hahaha, tapi kalau judulnya aneh2 entar dikira niru grup tetangga 😀

      Siapa? Gen 2?

      Masih baru ngidol kah? Atau emang belum hafal aja?

      Like

    2. Sorry gan, kalimat yang ane ketik di awal, enter-nya kejauhan. Maksud ane, lagu debut yang kurang nyantol itu lagunya hiragana keyaki.

      Masih baru gan, mungkin sekitar 3 bulanan ini. Awalnya penasaran sama AKBingo, jadi ane tonton beberapa episode awalnya di yutub.

      Dilanjutkan dengan membaca beberapa artikel di internet mengenai member AKB.

      Sampai akhirnya ketemu artikel tentang Ikoma Rina dan ane merasa tersentuh dengan perjalanan karirnya sebagai idol. Kisah hidup Hashimoto Nanami juga menyentuh.

      Ternyata, idol itu selain menghibur, juga bisa menginspirasi. Ane berusaha mengambil sisi positifnya.

      Like

    3. Ane rasa cukup bagus kok, raw-nya itu yang bikin kita bisa liat perkembangan H.Keyaki ke depan.

      Iya sih kalau mau tahu idol itu cara paling cepet ya ikutin varietynya.
      AKBINGO sekarang masih ada yang rajin nge-sub?

      Kalau Ikoma, well, kalau ada waktu ane ada rencana buat angkat dia, dari dulu rancangan dasar udah jadi tapi gak selesai2…

      Kalau jatuhnya kaya ane, bisa bikin artikel2 yang gak nyambung kaya blog ini 😀

      Like

    4. @jun
      Sama, idol juga berhasil buat ane keluar dari dunia hitam dan depresi. Idol juga berhasil jadi inspirasi buat ane bekerja lebih keras lagi. Dan, idol juga bikin hidup ane berwarna dan ceria. 😀

      Like

    5. @Mac:
      Subtitle AKBingo ane kurang tau gan, karena gak ngikutin. Episode yang ane tonton pun cuma yang awal-awal aja, pas Matsui Jurina masih 11 tahun-an.

      Artikel-artikel agan menarik dan menambah pengetahuan kok gan. Ane baru tau tentang disney world pas baca di blog agan. Gaya tulisannya mengingatkan ane sama Andrea Hirata.

      Ditunggu karya-karyanya gan 😀

      @Mastoppu:
      Ane pun begitu 😀

      Sekarang ente dah berubah jadi pro subber.

      Menurut ane, subtitle karya ente itu sah-sah saja kalo mau dikomersilkan gan, hasilnya rapih 😀

      Like

    6. @jun
      Kalo ane, di AKB48, Takahashi Minami yg berhasil buat ane keluar dari depresi.
      Di Nogi, Wakatsuki Yumi yg buat ane semangat berkarya lagi.
      Di Keya, Uemura Rina, bikin ane inget lagi gimana rasanya cinta pertama dulu. 🙂

      Soal sub, ane masih amatir. Dan, ga ane komersilin karena Bahasa Jepang ane ga sempurna. Ga enak rasanya dapet pemasukan dari itu. Terus, karena ga ane komersilin, jadi lebih mudah aja kalo ane mau berhenti dan pensiun ngesub. 😀

      Like

    7. @jun, Seinget ane AKBINGO yang lengkap di YT/DM cuma sampe 100an episode deh. Ane masih punya tuh koleksinya 😀

      Yah, inilah blog manusia ngaco 😀
      Hahaha, Andrea Hirata? Padahal ane ngefansnya sama Winna Effendi 😀

      @mas, dari dulu gak mau gabung Ikudon aja kan enak, tuh anak2nya pada hiatus semua 😀

      Like

    8. @mac
      Minder min, mereka jauh lebih jago dari ane. Trus, mereka dulu pake adfly, kan? Ga pas dengan non-profit policy ane. 😀

      Like

    9. Beberapa Bulan Terakhir Subbernya AKBingo Bangkit Kembali. Sekarang Ini Ada 4 Subbernya AKBingo Yang Masih Terus Update Rilisannya (GEES, Fivegumi, Namahanka, Sayasub). Dari 424 Episode AKBingo, 90% Udah Ada Subnya. 🙂

      Like

    1. Masih belum jelas apa Renka udah resmi jadi model, karena manajemen sendiri belum mengiyakan. Selama manajemen belum konfirmasi, belum bisa dibilang jadi official model.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s