XVII Senbatsu : A Matter of Gravity

Full of twist. Begitulah kesanku tentang susunan senbatsu 17th single Nogi ini. Dari hiatusnya Hime, PB Manatsu, skandal Rotti, hingga formasi 21-nin senbatsu yang diluar dugaan. Namun fokus utamaku adalah bagaimana senbatsu ini bisa terwujud dengan kekuatan individual member -disini aku akan menyebutnya gravitasi untuk memudahkan prolog- per baris.

Gravitasi adalah, menurut Einstein, konsekuensi atas pembelokan ruang dan waktu. Gravitasi bisa terjadi di planet, galaxy, dan semua tempat di alam ini yang memungkinkan memiliki energi dan massa. Untuk mudahnya bisa dilihat disini, karena jika dijabarkan akan sangat panjang. Nah, gravitasi disini adalah karakteristik member per baris senbatsu 17th single. Apa itu, kita bahas satu-persatu.

3rd Row

Shinuchi Mai – Inoue Sayuri – Terada Ranze – Kitano Hinako – Ito Marika – Hoshino Minami – Saito Yuuri – Higuchi Hina – Nakada Kana

Hit: Sayu, Kiichan, Bebitan, Hoshimina bertahan, Ranze in
Miss: Hime absen, WakaRei naik ke Fukujin
Unexpected: Maichun bertahan, Hinachima, Yuttan, Kanarin returns

SayuMari, Kiichan, dan Hoshimina yang bertahan adalah sesuatu yang wajar, meski sangat membosankan. Mereka bertahan karena status sebagai 30-slot HS seller, menurunkan mereka tanpa alasan jelas akan membuat sales sedikit melambat. Meski Ranze bisa menutupi lubang itu, empat member lain tidak akan sanggup melakukannya, jadi bisa kukatakan banyaknya member kali ini adalah kompromi untuk semuanya.

Ranze yang akhirnya masuk senbatsu adalah sesuatu yang pantas dirayakan, setelah menunggu sekian lama. Maichun yang bertahan adalah kejutan besar, karena dia menjadi member Gen 2 ketiga yang muncul di senbatsu lebih dari 2 kali, dan kali ini beruntun. Meski tentu, jika harus memilih aku mungkin akan memilih member yang lebih muda. By the way, Ranze adalah newcomer senbatsu pertama sejak Maichun di Taiyou Knock.

Dengan bertambahnya kuota 3rd row menjadi 9 orang, hal ini membuka berbagai kemungkinan. Dan yeah, absennya Hime diganti dengan kembalinya tiga member ex-senbatsu; Natsu no Onna yang gagal meneruskan trend-nya tahun lalu, Hinachima yang untuk kali kedua muncul di Senbatsu, dan Kanarin, ex-Fukujin yang kemunculan senbatsu terakhirnya adalah Girl’s Rule. Cukup lah untuk menambal sales yang hilang dari hiatusnya Hime.

3rd row memiliki gravitasi yang beragam; ex-senbatsu, staple senbatsu, dan newcomer. Memang 3rd row adalah tempat dimana semua hal diujicobakan. Gravitasi yang beragam bisa dibilang bagus, tapi tak cukup kuat. Yuttan dan Kanarin terutama, aku masih penasaran apa mereka masuk karena termasuk veteran yang juga lama merasakan Under bersama Hime atau manajemen yang berusaha memberi kesempatan terakhir?

2nd Row

Wakatsuki Yumi – Takayama Kazumi – Ikoma Rina – Ikuta Erika – Matsumura Sayuri – Sakurai Reika

Hit: Kaz, Ikoma, Ikuchan berada di 2nd row
Miss: WakaRei back to Fukujin, Sayuringo bertahan, Miona, Manatsu naik ke front row
Unexpected: –

WakaRei terakhir kali bersama sebagai Fukujin adalah saat Taiyou Knock, setelah itu sama-sama turun di Imahana dan Harujion, sebelum bergantian merasakan Fukujin lagi di Hadashi (Reika) dan Sayonara (Yumi). Di prediksi sebelumnya kupikir mereka akan berada di 3rd row lagi, tapi karena banyak twist kali ini, wajar saja mereka malah naik ke Fukujin.

Kaz kembali turun ke 2nd row, tapi toh dia masih memperpanjang rekor Fukujin. Well, dia berada di tempat seharusnya paling tidak. Ikuchan yang turun juga masuk akal, sesuai apa yang kukatakan sebelumnya, jadwal musikal menjadi halangan utama Ikuchan untuk berada di front row. Dengan begini jika dia absen maka tidak akan terlalu membuat mubazir posisi front row.

Kemudian untuk dua black hole dalam urusan vokal, Ikoma untuk pertama kali merasakan Fukujin setelah satu setengah tahun. Cukup layak, karena penjualan HS-nya mencapai level tertinggi saat ini. Sementara Sayuringo memang gagal kembali ke front row seperti prediksiku, tapi dia membawa anggota SG, Ranze ke senbatsu. Promosi yang cukup baik untuk ke depan?

Front Row

Akimoto Manatsu – Hori Miona – Nishino NanaseShiraishi Mai – Saito Asuka – Eto Misa

Hit: Maiyan center, Naachan, Ashurin, Misa front row
Miss: Manatsu, Miona di front row, Sayuringo 2nd row
Unexpected: WCenter (again)

Masuknya Manatsu ke front row tidak bisa tidak adalah faktor PB, Kaz juga mendapatkan treatment ini sebelumnya. Tapi tetap saja, Manatsu identik dengan 2nd row, melihatnya di front row adalah kejanggalan. Misa kembali ke front row setelah Imahana, dan lagi-lagi harus melihat WCenter. Bedanya, kali ini dia dipasangkan dengan Manatsu sebagai tsurishi di front row.

Miona kembali ke front row untuk pertama kali sejak Kidzuitara, juga Fukujin keempatnya. Trend naiknya popularitas Miona bukan sekedar rumor. Ashurin kembali ke front row setelah gagal di Sayonara. Well, alasan selain dia adalah member yang diproyeksikan sebagai masa depan Nogi, dia ada di front row  untuk mendongkrak penjualan PB.

WCenter sekali lagi milik Double Suns. Membosankan? Tentu. Sinar Double Suns masih terlalu kuat untuk dikalahkan member lain, bahkan dari AshuMiona atau veteran seperti Misa. Jika WCenter bukan mereka, maka itu haruslah member spesial. AshuMiona bisa jadi opsi, old & new. Kembalinya mereka sebagai center membuat harapan membuncah, Imahana adalah salah satu rilisan terbaik Nogi, meski sering dianggap ballad yang terlalu galau. WCenter yang sama, akankah magis itu terulang?

e093f854

Conclusion

21-nin senbatsu terkesan terlalu meniru Keyaki, to be honest. Ini adalah formasi senbatsu terbesar Nogi, sebelumnya adalah 19-nin di Sayonara no Imi. Membengkaknya jumlah senbatsu ini memang tak bisa dihindari. Tidak juga. Memang dengan hadirnya Gen 3 maka jumlah member menjadi 47 member, lebih dari ideal 36 member dengan 18-nin senbatsu dan 18-nin Under. Tapi skenario lebih dari 20-nin baru akan bisa diterima jika Gen 3 resmi menjadi member.

Dengan 21-nin senbatsu, maka Under tersisa hanya 12 orang, in case tidak ada pengurangan lagi sampai single ini rilis. Nah, spekulasi akan diikutsertakannya Gen 3 dalam HS Session meningkat sejak 29 Januari malam. Jika ditanya pendapatku soal ini, gravitasi memang menarik Gen 3 untuk secepatnya ikut serta dalam kegiatan Nogi, karena badai graduate mau tak mau akan mulai terjadi tahun ini.

c3wsr-lucaaozco

Yang paling kusesali dari 21-nin senbatsu adalah hanya membawa satu newcomer dari jumlah sebanyak itu. Ranze, oke, sudah waktunya. Tapi ketidakadilan untuk Renachi, Miria, dan Ayane masih berlanjut. Oh, harus kukatakan juga ekspresi Karin saat Ranze dipanggil cukup membuatku miris. Gen 2 memiliki 4 wakil untuk pertama kali di senbatsu, bagus tapi rotasi juga menurutku perlu.

2nd row adalah line dengan kekuatan vokal paling kuat, 4/6. Selain itu kejutan disini paling sedikit, kecuali fakta bahwa Fukujin membengkak menjadi 12 member. Jyuu-ni Fukujin? Bukan ide baik apalagi setelah Jyuu-ichi Fukujin terkesan terlalu memaksa. 2nd row kali ini penuh bintang, tapi ya hanya sekedar itu saja. Jyuu-ni Fukujin juga bukan skenario favoritku, semakin banyak Fukujin rasanya menjadi semakin tidak ekslusif. Tambah lagi, untuk dua member Half Angel-Half Human.

Kembalinya WCenter Double Suns juga membuat single ini menarik untuk ditunggu. Imahana adalah contoh nyata, tapi pendapatku single itu lebih condong mengarah pada gravitasi Nanase yang lebih mellow dan ballad. Maiyan tidak memiliki image seperti itu, sama sekali tidak. Girl’s Rule dan Offshore Girl adalah karakteristik Maiyan yang bubbly namun tidak terlalu shoujo, melainkan sedikit cool. 

Dua image bertolak belakang yang dimiliki Double Suns ini memang berpeluang menciptakan lagu yang superb, tapi bagaimana meraciknya itu yang menjadi pertanyaan. Jujur kali ini, aku ingin melihat Maiyan lebih mendominasi ketimbang Imahana. Spring single selalu menjadi rilisan kuat dari Nogi, kecuali tahun lalu. Kita tunggu saja bagaimana single kali ini.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

89 Comments

  1. Ane msih blom trbiasa dg tdk adanya nanamin di fukujin, this is too hard 2 weeks to go 😦
    Sperti yg ane bilang di post sblumx “senbatsu penghabisan”. Ane jg kecewa karin msih blom masuk pdhal usia udah mngkhawatirkan, bakat jgn dragukan lg suara udah superb, Mc trbaik di nogi plus ane jg pngen liat rocky msuk senbatsu jg 😀
    Ane jg bkan pnggemar 21 nin tp liat track record nogi dlam pembagian screen time yg lmayan bagus kecuali mv sayoimi ane jd mnantikanx apakah msih bsa ngaturx trutama bagian koreo pas live. Koreo sayoimi ane puas bgt dg 19nin dan smw mmber kbgian screentime sesuai hak mrk.
    Liat dri s48 ama fanblog nogi lainx pda ngomongin soal double. Front row ada wtsurishi,wnext aces, wsuns. 2ndrow wshadow center dan the best part wakarei union *woohoo
    Untuk lagu ane yakin bakal lbih condong ke maiyan krna ane pnya rumus sendri soal ini 😀. Tp ane harap sih lgunya gbungan girl rule dan inochi dg maistyle. Artinya ane pngen lgu yg vocal base yg kuat plus dance yg energetic tnpa khilangan keanggunan nogi. jgn trlalu muluk ah ntar kecewa lgi klo g sesuai ekspectasi tp ane blum smpe dikecewain ama lgu nogi sih kecuali hashire benci bgt tu ma lgu entah knp. Btw sragam bru nogi itu wrnax apa sih, ungu, abu2 monyet,item?
    Tiap tmpil acara kok beda2,ato sragam itu istimewax bsa brubah warna?

    Like

    1. Hahaha, move on, move on 😀

      Soal Karin, ane cuma berharap untuk beberapa single kedepan, SG atau MRG bisa rolling member mereka untuk senbatsu. SG kurang Karin & Kotoko, MRG kurang Aachan & Miria. Tergantung kinerja kepala geng mungkin? 😀

      Kalau screentime MV, tergantung lagunya juga. Kalau setipe Inochi ya siap2 aja jangan terlalu berharap. Tipe lagu paling bagus untuk screentime rata ya ballad, tapi entar diprotes lagi ‘ballad mulu ah’

      Hahaha, yang bikin ane bangga cuma ane yang pertama bilang soal Double Suns ini 😀

      Yah, sekali lagi, jangan keburu gantungin harapan terlalu tinggi sebelum lagunya bener2 rilis. Kalau ane selalu set ekspektasi rendah untuk semua lagu, biar pas review gak kecewa atau gimana.

      Seifuku baru 16.5? Yang ane liat ada dua warna dasar; item yang dipake di Idol Nama ga Suki sama beige yang dipake Misa & Kiichan di Tokyo Hi-Imagine. Nogi ambil pattern dual color lagi kaya Harujion & Sayonara.

      Like

    2. Gmn mw move fto2 nanamin yg sungguh luar biasa brtebaran dmn2, bntar lg dy yg jd mitos cma ada fto doang 😦
      Kyakx kepala geng udah mulai gerilya cri pasukan baru trutama manatsu di omitatekai kmaren tinggal pnggil buat pelatihan aja 🙂
      Agan sendiri ada prediksi preferensi lgu sendiri kah?
      Udah dipaten blom tuh istilah ntar ada yg nyerobot lho…
      Lho bkan udah pningkatan jd 17 y?
      Ane liatx sih yg beda bagian kerah,klo warna sih sma aja cma ya itu agak bngungin di foto blog member ungu dominan di video abu2 monyet dominan.

      Like

    3. Setiap pertemuan pasti ada perpisahan 🙂

      Manatsu emang gerak cepat, sampe2 Keyaki pun direkrut 😀

      Kalau ane gak pake preferensi, biar entar jatuhnya gak terlalu kecewa pas review lagunya.

      Belum, kan pasti ada lagi seifuku dinas entar. Soalnya aneh juga seifuku single berikutnya udah dipake sekarang. Atau emang udah dipake biar pas Nanamin pergi udah terbiasa, bisa juga.
      Kerah juga bisa dua warna, kaya di Hadashi, ada dua tipe kerahnya.

      Like

  2. senang gue dengan formasi single x ini apalagi kembalinya wcenter nanase & maiyan (sesuatu yg gue rindukan di nogizaka46)

    tenang min semuanya mulai dari kekurangan, kelebihan dan bertolak belakangan para member akan di campur aduk di single ini dan akan menghasilkan sesuatu yg mungkin diluar perkiraan kita, kita lihat aja nanti 😀

    Like

    1. Yah, kalau lagunya bisa bagus sih gak masalah. Tapi sekali aja ada nada kurang memuaskan, masalah.

      Bulan februari bakal jadi bulan kecemasan, soalnya bisa2 cerita Sayonara no Imi kemarin terulang.

      Like

  3. Tidak Adanya 2 Member Dengan 30 Block HS + Ketidakpastian Akan Jumlah Block Yang Didapat Ikuchuan Jelas Merupakan Kehilangan Besar Bagi Manajemen. Mungkin Itupula Alasan Manajemen Menambah Jumlah Member Di Senbatsu Menjadi 21nin Agar Bisa Memberikan Spotlight Baik Itu Dengan Memberikan Jatah Senbatsu Maupun Jatah Frontrow Under Bagi Member Yang Akan Ditambah Jumlah Block HSnya. Prediksi Ane Untuk Jumlah Block HS Adalah Seperti Ini:

    Prediksi Ane Tentang Penambahan Total Block HS Member Nogi
    blocks sold/total blocks ; member’s name ; (Prediksi Total Block Next Single)

    00/20 Ikuta Erika (20) <~ Masih Fokus Stage Play
    22/22 Yamazaki Rena (30) <~ Naik 8 Block
    16/16 Suzuki Ayane (20/20) <~ Naik 4 Block
    08/08 Sagara Iori (12) <~ Naik 4 Block
    06/06 Ito Junna (08) <~ Naik 2 Block
    06/06 Kawamura Mahiro (06)
    28/28 Ikoma Rina (30) <~ Naik 2 Block
    18/18 Watanabe Miria (20) <~ Naik 4 Block
    16/16 Higuchi Hina (24) <~ Naik 8 Block
    12/12 Saito Chiharu (16) <~ Naik 4 Block
    24/24 Saito Yuri (30) <~ Naik 6 Block
    12/12 Ito Karin (16) <~ Naik 4 Block
    08/08 Kawago Hina (12) <~ Naik 4 Block

    11/12 Noujo Ami (12)
    03/06 Sasaki Kotoko (06)
    03/06 Waada Maaya (06)

    Jumlah Kehilangan = 60 Block (Nanamin Grad + Hime Hiatus)
    Jumlah Total Block Naik = 50 Block

    Masih Kurang 14 Block Untuk Menyamai Penjualan Single Sebelumnya. Sekedar Info Untuk Single SayoImi 783/790 Block Sold Out Dengan Presentase 99%. Meskipun Begitu Penjualan Masih 950k+. Jika Single 17th Ingin Melebihi Penjualan Sebelumnya Sudah Sewajarnya Untuk Menyertakan 3rd Gen Untuk HS, Setidaknya Masing2 Member Dikasih Maksimal 12 Block Dulu

    Harapan
    Harapan Ane Untuk Single 17th Ini Adalah Unit Border Disertakan Untuk Mengisi Ketidak-ikutsertakan Dari Cinq Etouile, Pembagian Screentime Yang Adil Baik Untuk Senbatsu Maupun Under, Tiap Lagunya Dijadikan Soundtrack Drama/Film/Anime/CM, Ada Sevel Edition Dan Pastinya Tembus Sejuta 🙂

    Untuk Jenis Lagu, Ane Gk Terlalu Mempermasalahkan Yang Penting Enak. Syukur2 Kalo Bisa Jadi Big Hits Dan Dapet Sertifikasi Digital. 🙂

    Like

    1. 12 slot untuk Gen 3? Apa gak kebanyakan?

      Kalau soal unit, hmm, kalau liat flow sih, unit Hoka no Hoshi Kara/Sukima atau Border emang kemungkinan comeback, tapi tipis. Lebih mungkin SG/MRG kolaborasi lagi.

      Tapi ada pilihan tipe lagunya condong ke Maiyan atau Naachan?

      Like

    2. Kalo Gk Salah Gen 2 Dulu Juga Dikasih 12 Block Saat HS Girls Rule Gan. CMIIW.
      Sekalian Bisa Dijadikan Acuan Popularitas Member Gen 3 Sehingga Di Single Selanjutnya Pembagian Block HS Per Membernya Bisa Disesuaikan Berdasarkan Popularitas Masing2.

      Ane Pengennya Sih Jumlah Lagunya Masih Sama Kayak SayoImi Tapi Pembagian Jatahnya Diubah Jadi Kayak Gini Gan
      – Senbatsu Side A Song
      – Senbatsu Side B Song
      – Under Song (Type A)
      – SG + MRG Collab Song (Type B)
      – Border Unit Song (Type C)
      – Hoka No Hoshi Kara Unit Song (Type D)
      – Solo (Reguler)

      Selama Ini Ada 3 Lagu Yang Udah Pernah Pake WCentre Maiyan-Nanase Yaitu Imahana, Popipapapa Sama Kikkake. Meskipun Type Lagunya Beda2 Tapi 3 Lagu Tersebut Dapat Tanggapan Yang Positif. Itu Artinya Mau Gimanapun Type Lagunya, Ane Rasa Cocok2 Aja Sama WCentre Maiyan-Nanase 🙂

      Like

    3. Ane juga lupa sih, males ngubek2 S48 juga 😀
      Kalau ane sih, diatas 10 masih terlalu muluk, mendingan pelan tapi pasti kaya H.Keyaki.

      5 type ya? Katanya mau type khusus kaya SevEl, A/B/C/Reguler/SevEl?

      Cuma Imahana yang bisa dibilang satu-satunya lagu yang WCenter-nya legit. Popipappapa cuma sekedar dance techno song+MV, Kikkake cuma backstage video. Live juga gak berkesan amat.

      Like

    4. H.Keya Dikasih Berapa Block Emangnya Gan?

      Yup 5 Type Dan Salah Satunya Itu Kerjasama Dengan Sevel. Terserah Sevel Mau Ngambil Type Apa Tapi Untuk Penamaannya, Ane Pengennya Tetep Type A-D Jangan Diubah Jadi Sevel Edition Kayak Waktu TK 😀

      Kalo Bagi Ane, Kikkake Itu Lebih Ngena Dibandingkan Imahana. Kalo Popipapa Ane Kurang Sreg. Meskipun Begitu, Respon Fans Terhadap 3 Lagu Itu Kebanyakan Sih Positif.

      Like

    5. Seinget ane pertama2 dulu 5 atau 6 blok deh, baru naik perlahan.

      Mirip Taiyou Knock lagi gak apa2 sih, covernya 😀
      Tapi serius itu mau solo lagi, siapa yang kebagian? Jangan bilang Naachan lagi.

      Lebih ngena untuk WCenter-nya ketimbang Imahana? Masa?

      Like

    6. Dikasih 6 Block Dulu Juga Bisa Sih Tapi Ane Punya Feeling Kalo Zukki, Yoda, Momoko Sama Kubo Bisa Lebih Dari 6 Block…..

      Kalo Untuk Covernya, Ane Pengen Yang Pewarnaannya Tegas Gitu…
      Ane Pengennya Sih Misa Yang Dapet Solo 🙂 Tapi Kalo Yang Dapet Solo Itu Member Frontrow Lainnya Selain Manatsu Juga Gk Papa Sih 😀

      Imahana Itu WCenter Rasa Naachan Center Meskipun Kalo Perform Di Acara Musik Yang Bagian Jawab Pertanyaan Atau Memperkenalkan Lagu Itu Maiyan 😀

      Like

    7. Ya kalau mereka sih yakin bisa, cuma ya biar bisa bener2 tahu ya 6 blok dululah.

      Kaya Sayonara gitu?
      Jangan2 Manatsu dapet solo, sepaket sama PB & front row pertamanya 😀

      Makanya Maiyan cuma sekedar jubir, toh dia selalu jadi jujukan utama buat ditanya2.

      Like

    8. Tapi Kalo Cuma 6 Block Itu Rasanya Sayang Banget Gan Kalo Untuk Ngukur Popularitas Mendingan Kasih 12 Block Aja Sekalian. Apalagi Ini Spring Single Dimana Timeline HS-nya Ada Yang Bebarengan Sama Golden Week.

      Kayak SayoImi, Natsu Free, Inochi Sama 2nd Album 😀
      Aneh Aja Rasanya Kalo Member Yang Gk Pernah Dapat Solo Part Di Single Utama Malah Dapat Lagu Solo Haha 😀
      Btw Preordernya PB Manatsu Di Amazon Jauh Lebih Banyak Timbang PBnya Nanamin Haha 😀

      Like

    9. Gak adil aja buat Gen 2 apalagi yang HS-nya kaya oasis di gurun sahara kalau Gen 3 tau-tau dikasih 12 slot 😀

      Pesta (natsu) kostum (sayonara) di sebuah gedung (sorezore)? 😀

      Kalau Manatsu yang dapet, siap2 kuping aja lah 😀

      Iyalah, strategi Manatsu gitu “anak yang dibully ternyata hot” lawan Nanamin yang “diam2 aja” 😀

      Like

    10. Kalo Pake Prediksi Ane Diatas, Member Gen 2 Yang Prediksi Ane Block HSnya Dibawah 12 Block Tinggal Dedek KTK Sama Jujun. Ane Rasa Kalo Manajemen Ngasih 12 Block Ke Gen 3. Dedek KTK & Jujun Gk Bakal Iri Soalnya Itu Bukan Salah Satu Bentuk Push Berlebihan + Hal Ini Juga Pernah Dilakukan Oleh Manajemen Diawal Kemunculan Gen 2 Dulu.

      Keren Juga Tuh Kalo Covernya Dibikin Kayak Gitu Apalagi Kalo Kostum Yang Dipake Itu Kostum Pesta Ala Eropa Gitu 😀

      Bersyukurlah Karena Kita Hidup Dijaman Dimana Autotune Telah Ditemukan 😀

      Kalo Ane Mah Siapapun Yaang Release PB Tetep Aja Ane Beli (Kuota Untuk Download PB Gratis) 😀

      Like

    11. Takutnya entar member yang terlupakan curhat lagi di blog 😀

      Tapi kok malah jadi mirip2 lagu AKB yang apa tuh, Halloween Night?

      Antara bersyukur dan enggak, karena artinya bahkan Justin Bieber bisa populer kaya Michael Jackson. Pait enggak tuh? 😀

      Ane jadi ragu mau finishing artikel valentine dulu atau uneg2 soal PB yang rilis mulu deh. 😀

      Like

    12. Dedek KTK Mah Gak Pernah Curhat Di Blog. Jangankan Curhat Di Blog, Update Blognya Aja Jarang2. Sekalinya Update Isinya Cuma Beberapa Kalimat Doang Haha 😀

      Kalo Halloween Night Mah Kostum Cosplay Gan Bukan Kostum Pesta Ala Eropa…

      Hahaha…..Tapi Masih Mending Justin Bieber Gan Daripada Beberapa “Artis” Youtube Indonesia Masa Kini. 🙂
      Lagunya Justin Bieber Masih Ada Yang Nyantol Dikuping Ane 🙂

      Artikel Valentine Yang Dibahas Apaan Yak?

      Like

    13. Kotoko terlalu stick sama image mysterious girl 😀

      Sama aja, Bloody Mary kan dari Eropa.
      Jadi malah ngebayangin member pake kostum petticoat ala Marie Antoinette ane 😀

      Ane gak punya rujukan kalau youtubers indonesia, emang siapa aja?

      Masa ane bocorin, gak seru dong 😀

      Like

    14. Padahal Dedek KTK Kalo Udah Ngomongin Anime, Mendadak Jadi Antusias. Beberapa Kali Diundang Maen Tebak2an Di Jump Police, Doi Menang Mulu Haha 😀

      Barusan Ane Search Nama2 Yang Agan Sebutin Dan Ane Langsung Merinding Oi…

      Golongannya Kemal Dkk…

      Like

    15. Yah, variety-nya Ikoma, hak prerogative dia mau undang member apa enggak 😀

      Karena jadi princess biasa udah membosankan. Kecuali jadi Snow White atau Cinderella baru ane setuju 😀

      Like

  4. Ga terlalu peduli dengan center dan frontline. Yang jelas, ane seneng, sebagai pendukung Under, member Under yg dipandang bakalan terus disitu akhirnya naik juga. Adanya Yuttan, Ranze, Chima, Kanarin bakalan buat pasukan 17th lebih seru. XD
    Hoka no Hoshi Kara unit! ❤ XD

    Like

    1. Cuma 3rd row, gak bakal ngaruh banyak lah. Palingan individual job nambah, tapi juga palingan Hinachima sama Ranze yang nambah dari 4 member itu.

      Sukima unit! XD

      Like

    2. 3rd row bakalan jadi pusat perhatian ane, plus Yumi. Selain itu, mungkin akan blur di mata ane. 😀
      Bener, Sukima juga, ya. 🙂

      Like

    3. Pake byakugan! 😀
      Gimana lagi, yg cuma buat ane tertarik melototin fukujin ya Yumi doang. Di 3rd meski ntar blur, banyak member favorit ane, mulai dari Marika, member Under yg baru masuk, Maichun, dan lainnya. 😀

      Like

  5. Maunya lebih dalam bahas soal Under min, soalnya ane malah kepikiran soal komposisi Under klo gini ceritanya XD

    Klo soal senbatsu / center ya kyk kalimat pembuka nih postingan, “Full of twist” XD

    Like

    1. Ya makanya ditambahin embel2 Under di judulnya XD

      OK2 aja sih ane, gk ada keberatan soal posisi baris mereka juga, cuma miss Miria aja..
      Klo soal jumlah yg 21, gra2 liat keyaki OK2 aja dgn jumlah snbatsu 21 member jadi OK2 aja, eh lebih tepatnya penasaran sih gimana Nogi ngemas senbstu yg jumlahnya 21 member ini…

      Like

    2. Kepanjangan artikelnya pak, ini aja udah sedikit lebih panjang dari biasanya. XD
      Lagian panjang2 juga yang dicari gambarnya kan? Ngaku! XD

      Gak ngerasa nama Fukujin jadi kurang sakral setelah nambah 2 member?

      Nah ini juga yang ane khawatirin. Nogi gak punya level dance seintense Keyaki dan banyak2 member cuma bikin screentime jadi berkurang.

      Like

    3. Yg ane liat ente kepanjangan di membahs soal “aspek” pembukanya dalam hal ini soal gravitynya XD
      Cari gambar? Ih klo nuduh suka bener.. XD

      Fukujin snediri gk ada batan soal jumlah kan?

      Ane rasa klo model lagunya kyk Inochi yg nunjukin dance amanlah, klo ngedance kan lebih banyak disorot member scr grooup atau unit2 gitu (maksudnya ngeshoot 2,3,4 member yg ngedance) tpi klo model lagu yg biasa2 terus MVnya gk bnayk ngedancenya, nah ini yg bakal borring klo pembagian waktu gk sama atau cuma kebagi persekian detik… *komen apa sih ane ini, ane yg bnulis aja gagal paham XD

      Like

    4. Dua paragraf itu dikit, makanya ane kasih link video biar gak panjang2 XD

      Yah, dari 7-8-5-10-11-12, makin bengkak makin gak sakral.

      Itu dia, dance. Selama dancenya intense sih formasi sebanyak ini gak masalah. Tapi kalau cuma jadi ballad setipe Kidzuitara atau Kimikibou sih percuma. *hebat ane bisa paham XD

      Like

    5. Ya maksudnya postingan2 yg kemarin XD

      Klo ane sih gk maslah soalnya dari awal juga gk ada patokan soal jumlah… setiap single biasanya/kebanyakan sering berubah

      Alhamdulillah klo situ paham.. XD

      Nah kan bener, banyak yg komen justru soal Under XD

      Like

    6. Gimana lagi, yang dijual itu XD

      Kalau ane masih gak nyaman dengan jumlah yang makin bengkak ini.

      Gak tau dapet hidayah dari mana ane bisa paham XD

      Oke lah oke, entar kalau emang beneran 12 orang, ane bakal cerita panjang lebar soal Under formasi minim ini XD

      Like

    7. Kalo ane, ga suka adanya fukujin ini. Ini kan konsep yang jiplak Kami7nya 48. Seharusnya dihapus dari dulu, biar mnjmn dan koreografer lebih bebas dan enak ngatur formasinya, plus aura 48nya ilang.
      Setuju juga soal dance. Perlu lagu yg dancenya intens biar member keliatan semua. Tapi, yg ane liat, dancenya Nogi ga secair Keya, ya? Maksudnya ada pergantian baris dan sebagainya. Yg lumayan cair, mungkin Nandome? Atau ada single utama lain?
      Apa ini gara2 adanya fukujin, jadi mereka yg ada di fukujin harus tetap didepan, ga bisa ganti baris?

      Like

    8. @Mac:
      Hahahaha…

      Telan aja.. XD

      Bahsa org baik dari ane sbnarnya mudah dipahami.. XD

      HAhahah

      ============

      @Mas:
      Ane sih gk masalh, hanya mencontek dari segi istilah, dan ane gk tau itu ada pernyataan resmi dari Nogi atau skedar tebak2an fans soal Fukujin itu hasil contek istilah Kami7 AKB, yg jelas dalam penerapannya menurut ane beda, Kami7 AKB (dan ini sitilah buat SSK aja setau ane) gk terikat bakal tampil buat acar2, soalnya AKb klo tampil diacara bisa 5 member atau bahkan skaligus snbatsunya, klo Fukujin Nogi emang dah jelas, perwakilan dari snbatsu buat tmpil2 di acara gitu.. jadi ane rasa dah berbeda konsep antara Kami7 sama Fukujin..

      Soal Dance, Nogi yg ane liat lebih ke ciri khas “tektok” perbarisnya, mau jelasin susah sih maksud ane ini, tpi klo liat MV/lebih jelasnya perfom2 Nogi pasti ngerti yg ane maksud “tektok”, jadi misalnya baris 1 ngelakuin gerakan A, ntar menjalar sampe kebaris 3 beda sama Keya yg lebih memainkan aliran perbaris.. *lagi2 mudah2an paham sama komen ane XD

      Like

    9. @mas, ya emang sih jiplak 48G, tapi toh dalam perkembangannya Fukujin gak dirank sama fans, tapi member yang masuk emang menang dari segi kelayakan, bukan sekedar vote.

      Kecuali kalau Takahiro turun tangan mungkin Nogi bisa rada naik level dancenya, tapi ya harus diinget, membernya udah hampir 25 semua. 😀

      @conan, typonya doang yang gak nguatin, gak kuat iman bisa stress bacanya XD

      Panjang lebar ini mau gambarnya doang kan? XD

      Itu dia, bedanya Kami7 sama Fukujin. Intinya sama tapi beda lah ya.

      ….bisa ditranslate ke bahasa yang lebih mudah? XD

      Like

    10. @Mac:
      Ampas, mungkin ane lahir utk menguji iman2 agan seklaian lewat masterpiece2 typo ane XD

      Hahaha, gmbar ane mah fleksibel, HQ ok gk HQ teriak dikit, dikit aja XD

      Ya gitulah spmahaman ane soal Fukujin… XD

      Itu aja ane dah berpikir keras buat nulis unek2nya XD
      Ane yakin pahamlah soal dance “tektok” Nogi, kalian2kan sepuhnya si Ungu.. XD

      Like

    11. @conan
      Di Doko ep awal, Shitara pernah bilang kalo di 48 ada Kami7 di Nogi ada fukujin. Mungkin ini bukan dasar yang kuat, tapi kalo dia bilang ini berdasarkan script, artinya memang udah dari mnjmn yg bikin begitu. Jadi, bisa dibilang resmi, lah. Atau, mungkin buat menarik perhatian karena saat itu AKB lagi jaya2nya. Grup yg jadi rivalnya pake ini buat menonjol diantara sinar AKB waktu itu. Dan kalo emang konsepnya beda dan ini perwakilan buat Nogi, ane lebih ga setuju. Seharusnya Nogi bisa mengirimkan member yang sesuai dengan kemampuan mereka ke acara yg emang pas dengan kemampuan itu, tanpa pandang fukujin atau nggak. 😀 Tapi, ironisnya, popularitas juga jadi pertimbangan, ya? :mrgreen:

      Ane paham, bisa dibilang Mexican Wave style-lah. Maklum Oshimen ane jarang ada di baris depan, jadi pengenlah, sekali-kali Yumi ngedance dan pindah ke posisi depan atau bahkan center. 😀

      @mac
      Nah, “kelayakan” ini yg bisa diperdebatkan. Kalo diliat dari sisi dance dan kemampuan menyanyi, ada beberapa member yg bisa dikatakan ga layaklah ada di fukujin, yg akhirnya ke HS juga. Dan, bukankah HS adalah cara lain memberi “vote” buat member? Member dengan HS laku keras super cepat, bisa masuk fukujin, meski ga punya “kelayakan” dari perspektif ane. Hampir sama dengan SSK. 😀

      Eh, jangan salah, loh. Member yg berumur punya stamina hebat. Misa dan Maiyan contohnya. Apa ada kemungkinan Takahiro masuk, setelah kemarin pegang musikalnya Junna dkk? 😀

      Like

    12. @conan, cobaan yang terlalu berat XD

      Dikit tapi nyelekit ye XD

      Yang ane bingung, ‘tektok’ ini bahasa mana sih, KBBI gak ada loh XD

      @mas, karena ada limit, jadi bisa dibilang lebih merata ya. Setinggi2nya HS ya mentok di 30, jadi biarpun dibilang race, tetep lebih rata. Lagian, top di HS juga bukan jaminan awet di senbatsu apalagi Fukujin.

      Tetep aja takutnya malah cedera 😀
      Takahiro, tau deh, kalau dia lebih milih Keyaki ya Nogi susah, apalagi jadwal rilis selalu bareng.

      Like

    13. @Mas:
      Oh iya ya Shitara pernah ngomong gitu di Doko? ya kyk agan bilang lah, klo brdasar script ya kemungkinn resmi dari manajemen..

      Soal gk setuju, ya itulah yg terjadi gan, di antara snbatsu Nogi ada yg namanya Fikujin yg bisa disebut juga media snbatsu, jadi mreka yg tmpil di media2 gitu… tp klo diliat dari kmmpuan Fukujin Nogi gk malu2in kok, ada yg pandai bicara ada Maiyan, Ikoma, Ikuchan dan klo soal buat joke ada Kazumin XD

      ==============

      @Mac:
      Nyelekit ke kuota ya? XD

      Sbnrnya mau pake tiktok, tpi itu nama salah satu akun penghuni s48 XD

      ===============

      @All:
      Soal Takahiro, NMB aja kmarin dia tangani, masak Nogi yg dh pernah krja sama gk mau, apalagi klo bayaran menggiurkan, soal jadwal bisalah, dia juga punya anak buahkan XD

      Like

    14. Daripada Takahiro Ane Lebih Pengen Yang Megang Dancenya Nogi Itu Mikiko.

      Beberapa Karya Mikiko:
      – Closing Ceremony Rio Olympyc https://goo.gl/ulDLeI
      – Beberapa Lagunya PERFUME, Salah Satunya Itu Flash https://goo.gl/6cQ32C
      – Beberapa Lagunya Babymetal & Sakura Gakuin, Salah Satunya Itu https://goo.gl/60GEpn
      – Hoshino Gen Sun https://goo.gl/amW7LU Dan Koi https://goo.gl/6xXe0C
      – Sekai No Owari – Hono To Mori No Kanibaru https://goo.gl/FDH3KA

      Like

    15. @mac
      Kalo HS sebagai tolak ukur ga bisa dibilang berpengaruh penuh, kelayakan yg dimaksud ini yg gimana, dong?
      Selama ini fans percaya kalo HS SO jadi alasan kenapa member masuk Senbatsu dan Fukujin. Kalo layak dari dance dan nyanyi, ada member yg ga banget dari sisi ini. Dari sisi popularitas, itu sebagian besar tanggung jawab mnjmn soal push. Layak atau pas dengan lagunya, yg tahu itu cuma mnjmn dan yg buat lagu aja. Jadi sebenernya yg fans tahu, ya penjualan HS saja, kan?

      Kuat2 kok bodi para senior ini. Ane yakin! Liat aja langsing dan seksinya mereka, pasti dibalik itu ada stamina yg kuat. Dibalik tubuh seksi, ada jiwa yang kuat, kalo seperti kata pepatah. 😀
      Atau sapa saja deh, yg penting dancenya keren. 🙂

      @conan
      Pernah sih bicara gitu. Dan mungkin, itu berlaku saat diawal aja, seperti komen ane, buat menarik perhatian aja. 😀

      Iya juga sih, apa mungkin pake member yg punya kemampuan komunikasi yg baik? Yg jelas kalo masuk fukujin atau jadi Center, harus bisa. 😀

      Mau ke Midnight in Paris tapi males, jadi disini aja. 😀
      Skandal Rotti tambah parah kayaknya. Ane liat di S48, emang yg W jelas itu Wada. Tapi rumor yg muncul soal mnjmn yg ngebolehin member punya pacar dan bisa main ke asrama mereka, yg bikin serangan Bunshun kali ini lumayan telak. Ane sih ga peduli, yg penting lagu Nogi enak + bisa liat Yumi ❤ ❤ ❤ Tapi tau sendiri wota Jepang gimana, kan? Pengaruh ga ke penjualan single 17?

      Like

    16. @Mas:
      Yang Pasti Fansnya Maaya Yang Ngeborong 4000 Tiket HS Udah Menyatakan Berhenti Ngidol Nogi….
      Btw Kato Shiho Itu Member Keya Kan Yak? Masa Lalunya Doi Juga Ikut2an Diumbar Ke Publik…

      Sakamichi Lagi Diterpa Badai 😦

      Like

    17. @conan, bener tuh, ane kan udah susah nyari gambar, save, minta HD, dipake jadi bahan delusi pula! XD

      tuh dibawah komen XD

      @mas, yang ane garisbawahi, “Dari sisi popularitas, itu sebagian besar tanggung jawab mnjmn soal push” ini gak sepenuhnya bener. Kalau ini, gimana dengan Ikoma atau Hime, polar opposite. Karakter member itu sendiri juga penting, image, dll. Kalau disingkat ada “X Factor” kali ya.

      Itu pepatah dari dunia serigala ya? Atau karena baru liat bocoran PB Manatsu? XD

      @brokoli, itu butthurt fans atau casual fans yang bilang?

      Katoshi kena juga, tapi itu skandal lama sih. Well, ane selalu bilang, pacaran sebelum jadi idol itu bukan dosa, kalau mau idol yang bener2 ‘pure’ bahkan sebelum jadi idol, mending jangan ngidol. Bego soalnya.

      @all, ane rasa untuk 17th gak akan terlalu ngaruh, karena setelah ane baca berulang kali yang di S48 dan discord, beberapa poin gak masuk akal.

      Lagian yang kena efek cuma member level back row Under. Misalkan Maiyan/Misa yang kena, kok rasanya gak akan fatal ya, mungkin malah fandom bakal dukung.

      Like

    18. @Mac:
      Jelas Tuh Orang Termasuk Kategori Butthurt Fans Gan….

      Ane Baca2 Tweetnya Senyum2 Sendiri. Salah Satunya Ada Yang Kayak Gini:
      – Dia (Maksudnya Maaya) Bilang Padaku Kalo Dia Adalah Idol Dan Dia Tidak Bakal Mendekati Cowok Di Sekolah….Dari 4000 Tiket HSku Akhirnya Aku Menyadari Kalo Idol Is Shit Hahaha 😀

      Like

    19. Soal Maaya sama Rottii, kyk komen di s48, nih mereka berdua pake strateginya gimana sih? jalan bareng cowok tnpa penyamaran sama sekali, apa gra2 mereka under member jd kiranya bakal gk ada yg kenal? ngeremehin kelas Under atau ngeremehin kepopuleran Nogi saat ini? XD

      berhubung ane belum yelam lebih dalam jadi sbtas itu aja soal tanggapan ane utk 2 member ini XD

      Like

    20. @brokoli, panteslah, 4000 tiket diborong, kalau ane punya duit segitu ane bakal ngelamar kerja di manajemen mereka langsung 😀

      @conan, Yah, kalau ‘rule’ yang ada itu bener jadinya gak heran mereka gak nyamar…

      Like

    21. @mac
      Udahlah, ga usah dibahas, pusing juga akhirnya! 😀

      Eh, pepatah terkenal, kan itu? 😀 Emangnya ada bocoran PB Manatsu?

      =====

      Kalo soal skandal, pacaran sebelum Idol dan lainnya, pusing juga mikirinnya. Dan meskipun ada Dating Rule kayak yg ada di s48, yg jelas ga usah dipeduliin. Lebih enak liat aja ntar gimana 17 ini lagunya enak atau ga. Dan yg terpenting, fokus ke Oshimen masing2. 😀

      Like

    22. Fans Menghubung2kan Kasus Ini Dengan Kenapa Manatsu Gk Ngefollow Akun 755nya Rotty Dan Kenapa Kazumin Pengen Pindah Lalu Kemudian Menyimpulkan Kalo Ada Kubu2an Di Nogi…..

      Tapi Ane Setuju Sama Agan @Mas Mending Gk Usah Dibahas Lebih Lanjut…..
      Karena Sesungguhnya Lebih Enak Jadi Photografer Bulan Daripada Jadi Neil Amstrong 😀

      Like

    23. ALL:
      Hmm, yasudahlah, tutup buku soal ini, skrng yg lebih penting itu cari link PBnya Ashurin XD

      Like

    24. @mas, Bocoran PB Manatsu yang legendaris 😀

      @brokoli, ini berita dari mana, kok gak naik di discord?

      @conan, yang lebih penting sekarang, itu urusin dulu vaksin antiserigala! XD

      Like

    25. @Mac:
      Prof. Agasa dan Ai dah nyerah buat cari obat anti srigala XD

      ==============

      @All:
      Dikala lagi naek2nya, ada aja cobaannya, cobaan dari luar, dari dalam, moga bisa dilalui dgn baek..

      Like

    26. @conan, minta sama Subaru aja buat bikin kare, kali aja serigala makan itu pada tobat XD

      @brokoli, Ngingetin sama segmen dokkiri di Kojichuu apa Bingo ya yang dulu ada Ayane & Kanarin ya yang bilang ada side2 di Nogi…

      gila itu fans, itu dia makan keping CD kali bukan nasi 😀

      Like

    27. @Mac:
      Iya klo tobat, klo malah jadi makana penyemangat buat srigala? makin repot XD

      ==============

      @Brokoli:
      Gila, pantas menjerit2 kawan satu itu tau berita maaya yg beginian XD

      Like

    28. Ane Yakin Udah Jutaan Yen Tuh Yang DIkeluarkan Buat Beli CD & Merch…..
      Belum Lagi Gift Yang Udah Diberikan…..

      Jadi Bersyukurlah Kita Para Fans Far Yang Cuma Punya Beberapa CD Dan Selalu Jadi Penikmat Link Haha 😀

      Like

    29. @conan, ya suruh Akai buat tembak di tempat XD

      @brokoli, itulah, bagi orang yang kuota pas-pasan, makan nasi garam kaya bapak kos sebelah, tau diri aja lah, makan link aja XD

      Like

    30. @Brokoli:
      All-hail Link… XD

      =============

      @Mac:
      Akai gk mau terlibat dalam “kasus” super sulit kyk gini.. XD
      Nasi + garam, kasihan amat tuh bapak kos XD

      Like

    31. Mainnya di S48 atau Democracy/Journal dia? XD
      Itu kok Akai keliatan seneng, wah bukan purist Sakamichi dia XD

      Gitu ya? Ya udah deh dibully aja dia XD

      Like

  6. Bakal lebih bagus kalau 21nin plus Miria, Ayane dan Renachi dan Kanarin, Yuttan, dan Chima out.

    Prediksi Under bakal 14nin , yaitu 12 member “sisa” plus WCenter gen 3 Yoda Yuki sama Oozono Momoka .

    Untuk coupling ane prediksi unit HokaHoshi bakalan comeback, Tapi ane berharap semoga bakal ada Unit Gen 2 + MV. Dan jangan ada lagi lagu solo, kasih lah kesempatan buat Row 3 dan Under buat berpartisipasi di single dalam bentuk unit.

    Like

    1. Kalau Kanarin/Yuttan mungkin iya, tapi ane juga ngarep Hinachima masuk lagi kaya yang ane tulis di prediksi kemarin 😀

      Cuma Yoda sama Momoko? Lah Zukki masa gak diikutin, dia juga masuk ace Gen 3 loh.

      Kalau ane, jujur unit yang paling pingin ane lihat di single ini Nogidan, tapi gak mungkin karena Hime absen, sama kaya CE. Satu-satunya yang mungkin Hoka no Hoshi Kara/Sukima dan SG+MRG. Atau Trio Kwek-Kwek balik lagi, susahnya, mereka AshuMiona baru aja di Sayonara, jadi susah buat comeback.

      Like

    2. Chima boleh juga sih, berhubung dia masih muda dan pushable juga, kalau yang dua lagi udah kempot :’D soo gabakalan heran kalau kalau salah satu dari mereka lulus ditahun ini. Apa dua duanya?

      Yah ane gak terlalu ngarep juga sih WCenternya gentiga, tapi berhubung Under di ImaHana juga centernya double (sama kaya senbatsu) yahh kemungkinan center Under juga double. Tapi kalau tridente Yuki Momoka Mizuki juga boleh sih.

      Ane pengen Unit Miria Ayane Renacchi! Kalau bisa ada Wakarei duet (lesbian) song ! 😀

      Like

    3. Mentang2 udah tua, awas gitu2 sohibnya Naachan tuh si Yuttan 😀
      Kalau grad, ane prediksi Yuttan duluan ketimbang Kanarin, tapi karena dia jadi senbatsu lagi, entahlah.

      Kalau center Under, ane ngarepnya Gen 2 dululah, mereka aja belum pernah ada yang jadi center Under. 😀

      Lagi2 bini ane dikatain wak 😛

      Like

  7. 21 member senbatsu menurutku ane bukan karna nyontek keyaki. Tapi ngejar sejuta keping. Gen 3 udah dateng. Perlu formasi senbatsu yg besar buat mengimbangi under. Kalo nggak, bakal bengkak under nanti. Kasian juga kalo mereka cuma dpt satu lagu plus banyak member yg ga dpt screentime.

    Dan kalaupun gen 3 blm gabung ke under. Setidaknya adl kehormatan buat member under dapet lebih bamyak screentime. Lebih banyak kesempatan bersinar sblm mereka harus head to head sama monster dr gen 3.

    Like

    1. Iya sih, tapi jujur 21-nin senbatsu untuk Nogi masih terlalu banyak kalau buat ane. Pertama, dance mereka gak seintense Keyaki, jadi makin banyak member gak bakal jadi terlalu eye candy malah ngabisin screentime. Kedua, jadwal Under juga sama banyak kaya Senbatsu, 12 member (untuk sekarang) terlalu sedikit, itu belum kalau ada yang ganttin senbatsu, Gen 3 juga belum pasti dan mereka ada Principal. So, ane belum tahu gimana perasaan ane soal ini.

      Like

  8. hem hem menurut ane walopun make sistem 21 member rasanya tetep kurang nendang dan diliat dari rotasi bisa dibilang baris 1 & 2 aja (cmiw) pertanyaan ane apakah demi 1M penjualan ngorbanin 12 member under…….
    rasanya malah manajemen yg blunder…
    trs kalo liat komen diatas mungkin nyaipain gen 3 tp ane rasa ttp gen 3 blm akan masuk ( sok tau )
    mungkin karna badai lagi nerjang nogi , minus himeka, kartu kuning rotty ama grad nanamin makanya up member under yg berpotensi nah kalo itu bisa jadi cuman nanggung aja rotasi kurang nendang..
    keya aja bisa kok masak nogi kagak, perbedaan keya ma nogi beda kasus. dari segi dance aja beda trs keya saat itu dan saat ini masih tahap mencari pondasi walopun pahit bagi H.Keya.
    nah intinya ane masih kurang bisa mencerna maksud menejemen tanpa bermaksud pesimis dengan susunan senbatsu. kita liat besok apakah sukses atau memang blunder hehehe

    Like

    1. Rotasi bisa dibilang gak ada, toh yang masuk Fukujin juga bukan muka baru. Ini sih cuma senbatsu Sayonara minus Nanamin Hime plus 4 member doang. Nah, Zodiac Under juga bukan jumlah yang pas buat ane, terlalu minim. Apalagi status mereka itu selalu cadangan kalau ada senbatsu absen disaat Under sendiri juga punya schedule.

      Kalau ane bukan pesimis, cuma garuk2 kepala, belum ngerti jalan pikiran manajemen. Oh well, mereka (harusnya) lebih tahu. 😀

      Like

    2. nah min kalo boleh omong kosong disini ( karna ga da bukti dari tulisan ane wkwkkw )…
      mungkin..
      1. ake kurang merhatiin apa di variety nogi ada sistem mengganti member yg absen apa kagak kalo ada maka sistem itu dihapus jadi jadwal under tetep ga keganggu ( melihat sistem keya yg ga gantiin waktu variety )
      2. kalo memang nyiapin gen 3 buat perkenalan bisa jadi jadwal under dikurangi tp gantiin senbatsu yg absen, nah jadwal under dipake gen 3
      3. untuk mempertahankan penjualan
      cuman opsi 2 & 3 sangat absurd ( kayak ane kagak jelas )…
      opsi 2, masak iya promo bukan pas acara inti walopun mungkin tp tetep ga masuk akal hehehhe
      opsi 3, jumlah senbatsu ga signifikan pengaruhnya dalam hal penjualan penjualan menurut ane lebih ke kualitas lagu,mv dan dance..
      kayak nya ane kebanyakn spekulasi omongkosong maafkan min hahaha….

      Like

    3. Kalau variety rasanya aman aja, toh reguler kaya Kojichuu juga biasanya cuma 16 member di studio. Nogibingo masih absen. Sisi minusnya cuma ya Nogiten bakal sepi aja.

      Mungkin aja promo bukan di senbatsu tapi Under, justru ane setuju sama ini. Gen 3 biar dikata monster tetep harus mulai dari bawah.

      Kalau untuk penjualan, setuju semakin banyak senbatsu gak jaminan karena HS yang dihitung, Ranze aja 3 single terakhir di Under padahal HS-nya penuh 30 slot, di Hadashi ada SayuMari juga di Under.

      Like

  9. Under bakal punya center baru..
    Ranze masuk senbatsu (akhirnya ada newcomer dari gen 2 setelah nunggu lama)
    Setuju sama mimin, perlu rotasi. Yuttan dan Kanarin bisa diganti sama member gen 2 yang belum pernah masuk senbatsu terus walau Yuttan dan Kanarin ada di under, bukan mereka yang jadi center tapi member yang lain.
    Tapi ya formasi sudah dipersiapkan manajemen, tinggal menunggu hasilnya aja..dan twist di under maupun susunan lagunya 🙂

    Like

    1. Punya jagoan untuk jadi center Under? 😀

      Selain itu yang bikin khawatir setelah Yuttan dan Kanarin naik ke senbatsu, Under gak punya sosok leader. Hime absen, Rotti kena kasus, ada sih Johnson tapi kalau dia sendiri ya sama juga bohong.

      Like

    2. Hahaha.. ntar prediksinya meleset lagi Min 😀
      Pinginnya sih gen 2 yang belum pernah masuk senbatsu 🙂
      Atau gen 3 sekalian 😀

      Tenang Min, ntar Johnson berubah jadi preman yang kayak di nogibingo, ntar anak2 under jadi nurut deh 😀
      Kan masih ada Karin juga toh member yang paling tua di under? Atau siapa lagi ya yang kira2 bisa dianggap jadi leader under untuk single ini 😮

      Like

    3. Yah namanya tebak2an, menang kalah biasa. Cuma 12 member ini 😀

      Karin? Peliharaannya aja Rocky member lain disuruh nurut? 😀
      Kemungkinan cuma Johnson, dan ini yang bikin khawatir.

      Like

    4. Gen 1 : Rotti (kalo ga hiatus)
      Gen 2 : Karin/Rena
      Gen 3 : Momoko 😀

      Bdw, khawatir kenapa Min? oya kata Mimin ekspresi Karin saat Ranze dipanggil bikin Mimin miris. Pas ane liat lagi, si Karin cuma tepuk tangan dan sambil ketawa/senyum gitu… 😀

      Like

    5. Rotti entahlah, skandalnya jadi bola salju. Karin/Renachi oke, tapi dari dua ini ane milih Karin. Momoko? Hmm, ane lebih suka Zukki 😀

      Ya karena ane gak yakin Johnson bisa sendirian jadi leader Under.

      Senyum Karin itu lebih pahit dari kelihatannya, it hides bitterness, ane bisa ngerasain itu. Yah, tipe senyum saat kita gak bisa dapetin apa yang kita mau saat kita tahu itu mustahil.

      Like

    6. Haha..sebenarnya ane juga belum ada gambaran Min. Main tebak2 aja 😀
      Kalo Rotti hiatus, gatau siapa lagi yang cocok dari gen 1.
      Rena sama Karin karena liat data di atas. Ada juga yang memprediksi Miria atau Ayane, tapi menurut ane kayaknya belum saatnya mereka jadi center.
      Momoko karena liat dia center saat omitatekai di AKBSHOW. Zukki juga bisa masuk, atau Yoda. Katanya 3 orang ini ya yang banyak dibicarakan fans saat omitatekai dulu?
      Dan ane ngasih emot 😀 di gen 3 karena waktu nulis antara yakin ga yakin gen 3 langsung dipromosikan.. tapi ya liat twistnya aja ntar 😀

      “senyum saat kita gak bisa dapetin apa yang kita mau saat kita tahu itu mustahil.” <– pingin ngasih jempol tapi ga ada tombolnya di sini 🙂

      Like

    7. Ada Chiharu sih kalau dari vokal, tapi ya dia sendiri begitu. Kalau Kotoko aja yang WCenter Under sama Aachan, itu baru greget! 😀
      Bukan cuma omitatekai, dari berita sekilas ane keliling barusan, jadi POI juga di Principal.

      Gak ada jempol, tapi di bawah tiap komen ada like tuh. 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s