Cassini-Huygens and Titan

Satu peristiwa astronomi penting akan terjadi di tahun ini, akhir dari salah satu misi paling ambisius dan sukses manusia dalam mengeksplorasi alam semesta. Terutama untuk kawasan outer solar system, area setelah batas asteroid belt, 3.2-4.2 AU, atau antara 179.5 juta KM-329 juta KM dari Bumi. Subyek utama dari misi seharga 3.26 Milyar Dollar ini adalah Saturnus, planet cincin, untuk mengeksplorasi dan mengetahui lebih banyak tentangnya. Nama misi ini adalah diambil dari dua ilmuwan terkemuka.

Giovanni Domenico Cassini menemukan empat dari enam-puluh dua satelit alami Saturnus masing-masing Iapetus (Saturn VIII, 1671), Rhea (Saturn V, 1672), serta Tethys dan Dione (Saturn III & IV, 1684). Keempat satelit alami temuan Cassini dinamakan Sidera Lodoicea, namanya mirip-mirip dengan 4 satelit terbesar Jupiter karena sama-sama berasal dari bahasa Italia. Selain itu Cassini membuat pembagian untuk cincin Saturnus.

Christiaan Huygens adalah ilmuwan lengkap dari Belanda yang berprofesi sebagai ahli matematika, ilmuwan, astronomer, fisikawan, dan horologist. Warisan yang ditinggalkan Huygens antara lain jam pendulum dan penemuan satelit terbesar Saturnus, Titan, pada 1655 dengan menggunakan teleskop desainnya sendiri.

Pada 1997, dengan menggunakan roket Titan IVB/Centaur, NASA meluncurkan space probes yang dinamakan sesuai dua tokoh berpengaruh akan pengetahuan kita tentang Saturnus, Cassini-Huygens. Dikembangkan sejak 1980, space probes ini terdiri dari modul yang akan mengorbit planet itu sendiri, Cassini dan modul untuk mendarat di Titan, Huygens.

Di 1998, Cassini-Huygens melakukan flyby alias terbang untuk melakukan gravitational assist –memanfaatkan gravitasi sebuah planet untuk memberi efek ketapel- pada planet Venus. Dengan melakukan ini Cassini-Huygens mencapai kecepatan 7 km/detik. Setahun kemudian flyby kedua di Venus dan Bumi dilakukan, menambah kecepatannya sekitar 5.5 km/detik. Pada akhir 2000, Cassini-Huygens melewati Asteroid Belt.

Di tahun 2001, Cassini-Huygens melewati Jupiter dan tiga tahun kemudian, pada 2004, setelah 7 tahun perjalanan, sampai di Saturnus. Di bulan Januari 2005, Huygens mendarat di Titan. Umur Huygens memang tidak lama, dari memasuki gravitasi Titan selama 2 jam 27 menit, Huygens hanya bertahan 72 menit lebih lama. Tapi 72 menit itu cukup untuk membawa pengetahuan yang jauh lebih besar akan Titan. Sampai saat ini Huygens adalah satu-satunya momen manusia berhasil mendaratkan obyek di outer solar system.

Cassini terus mengorbit Saturnus selama 20 tahun terakhir, memberi pengetahuan yang sangat banyak tentang Saturnus termasuk cincin, atmosfir, gravitasi, dan satelitnya. Di bulan September 2017, Cassini akan mengakhiri tugasnya dengan menyelam ke atmosfir gas Saturnus untuk melindungi dunia seperti Titan dan Enceladus yang sangat mungkin memiliki kehidupan. Yah, karena sumber energi Cassini adalah 33 kg plutonium, cukup untuk membuat 5 milyar penduduk bumi terkena radiasi.

cassini_spacecraft_instruments_1
Cassini Probe

Jika kembali sedikit, aku pernah mengatakan bahwa Saturnus adalah Nanamin sementara Titan adalah Ranze. Dan ya pendapatku belum berubah. Nanamin adalah epitomi untuk berakhirnya misi Cassini, hanya saja lebih cepat 5 bulan dari yang asli. Nanamin akan pergi for good akhir bulan ini, tepatnya 20 Februari. Perpisahan yang layak untuknya adalah PB keduanya [2017], semoga bisa memberi kenangan indah untuk yang terakhir kali.

Namun fokus utama kali ini adalah Ranze, yang dalam Sakamichi Universe adalah satelit terbesar Saturnus, Titan. Jarang ada satelit yang sama populer dengan planet asalnya, dan Titan masuk kategori ini. Sebelum bernama Titan, satelit ini dinamakan Saturni Luna atau Saturn VI sebelum 1847. Dinamakan sesuai leluhur para dewa Olympian,  nama ini sesuai untuk satelit terbesar kedua di Solar System. 50% lebih besar dari Bulan dan 80% lebih massive, Titan bahkan lebih besar dari Merkurius.

Titan adalah salah satu tempat paling mirip Bumi -selain Venus- sejauh yang kita tahu dengan topografi menarik dengan danau, laut, sungai, pegunungan, hamparan es, atmosfer methane yang tebal, dan tidak memiliki medan magnet serta temperatur -170° C, Titan adalah pojok menarik bagi para ilmuwan. Belum lagi aktivitas geologi seperti cryovolcanism, kecepatan angin, serta lautan bawah tanah.

converted PNM file
Titan, diambil oleh Cassini-Huygens, masih banyak misteri yang dimilikinya

Satu alasan kenapa aku memilih Ranze sebagai Titan adalah karena dia sejak awal digadang-gadang sebagai the next big thing, bahkan sejak episode perkenalan Gen 2 di Nogidoko. Secara bercanda Bananaman menyebutnya campuran antara Ashurin dan Ikuchan, meskipun hype Ranze setelahnya tidak begitu mentereng. Dia selalu menjadi kandidat berikutnya dari Gen 2 yang merasakan senbatsu, meski akhirnya keduluan oleh Kiichan, Iori, dan Maichun. Sampai sejauh ini dia masih misterius, sama seperti Titan.

Jika diibaratkan, kita sebagai fans adalah Huygens yang memasuki atmosfer Titan untuk mempelajarinya lebih jauh. Kita selama ini hanya mengenal Ranze sebatas Nogiten, yang mana tidak selalu dipantau oleh sebagian besar fans, berbeda dengan Kojichuu atau Nogibingo yang adalah flagship, Nogiten dan atau saat Under menjadi guest di acara TV, feel yang didapat tidak sekuat seperti saat di dua show itu.

Puncaknya adalah tahun lalu, Ranze menjadi kandidat terkuat untuk merasakan senbatsu pertamanya sejak awal tahun. Sayang, momen graduate Maimai difokuskan untuk membawa kembali Miona, lebih sebagai simbologi penyerahan tongkat estafet. Di musim panas, Kiichan kembali ke senbatsu, di musim gugur, Maichun yang kembali.

Kompensasi untuk gagalnya Ranze ke senbatsu selama 2016 diantaranya adalah tampil di CM Pizza Huts bersama Naachan -pencapaian yang membanggakan sebagai Under-center Under untuk pertama kali, mendapat spotlight dalam skala yang jauh lebih besar di paruh kedua 2016. Selain itu Under X-Mas 2016, dimana Ranze bisa dikatakan menjadi bintang utama.

Kini setelah Ranze akhirnya masuk senbatsu 17th single setelah menunggu sekian lama. Untuk pertama kali sejak Taiyou Knock, kita mendapat newcomer senbatsu, dan itu adalah Ranze yang sejak lama sudah mencapai level senbatsu, sama seperti SayuMari, Maichun, atau Kanarin. Dalam HS terakhir Sayonara no Imi, Ranze ada di peringkat 16, dengan catatan Sold Out pada ronde 6.

Sekarang tinggal menunggu apakah Ranze bisa memenuhi ekspektasi fandom. Sejauh yang bisa kulihat, Ranze bukan tipe yang ramai, melainkan sama seperti Ashurin, pendiam, somewhat has a strange vibe, dan terkadang terlihat awkward saat harus bersama member lain. Selain itu, dia punya kecenderungan M, cocok jika disandingkan dengan Ashurin, Little Miss S & Little Miss M?

Yang pasti, bagaimana Ranze akan menjalani hari-hari senbatsu akan layak ditunggu. Sejelek-jeleknya dia akan berada di senbatsu selama 3-4 bulan, dan privelege sebagai guest, solo photoshot, serta airtime lebih di Kojichuu sudah menjadi jaminan. Huygens memberi kita pengetahuan yang jauh lebih banyak mengenai Titan dalam 72 menit hidupnya. Ranze punya waktu berbulan-bulan, semoga tidak mengecewakan.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

54 Comments

  1. Ranze Ini Type Orang Yang Pendiam, Agak Masochist Dan Ponkotsu. Menurut Ane, Tingkat Ponkotsunya Ranze Itu Salah Satu Yang Paling Tinggi Di Nogi 😀 Kalo Agan Sering Ngeliat Nogiten Dan Nogikoko Pasti Paham Maksud Ane Haha 😀

    Tapi Kalo Nih Anak Udah Berdiri Di Panggung, Auranya Itu Kelihatan Banget Dan Hal Itu Baru Ane Sadari Saat Nonton Xmas Under Show 2016 Sama Bomber-E Under Special 2016…

    Like

    1. Ane cuma punya dikit Nogiten sama Nogikoko, gak pernah intense ngikutin dua show ini. 😀

      Yah, aura onstage dan offstage emang harusnya beda. Ranze lumayanlah soal onstage, tapi jujur karena satu-satunya lagu dia bisa outstanding jelas cuma Buranko, masih belum bisa bicara banyak.

      Like

    2. Kalo Nogikoko Ane Cuma Punya Sedikit Banget Cuma Episode Yang Temanya Kelihatan Menarik Sama Ada Member Favorit Ane Aja. Kalo Nogiten Cukup Banyaklah…

      Saat Xmas Under Show 2016 Kmaren Kan Kelihatan Banget Tuh Auranya Ranze. Cara Doi Bawain MC, Cara Doi Ngegiring Chant Sama Saat Doi Jadi Center Lagu Menurut Ane Bagus Banget 🙂
      Btw Agan Udah Nonton Livenya Border Di Bomber-E Gk ?

      Like

    3. Agan Brokoli, ada link Xmas Under Show 2016 Sama Bomber-E Under Special 2016…? jadi penasaran ane liat Ranze di situ 🙂

      Like

    4. @brokoli, Ane sih males download kalau belum pasti nonton. Yang jelas2 pasti nonton ya reguler, Nogieigo aja gak semua punya.

      Cuma ya masih jauh dari memuaskan. Atau cuma faktor pengalaman aja?

      Udah lah, kenapa?

      @wahyu, ati2 gan, kalau kebawa nafsu jebol kuota 😀

      Like

    5. @Mac:
      Ngomong2 Tentang Nogi Eigo, Ane Mah Maklum Kalo Member Selain Johnson Perkembangan Bahasa Inggrisnya Gitu2 Aja, Lah Wong Selama 14 Episode + 4 SP Ini Cuma Diajari Beberapa Kata Doang Sama Jackie Chan Sensei Haha 😀

      Yup Menurut Ane Cuma Kurang Pengalaman Aja…

      Like

    6. Ngajar Bahasa Inggris Doang Aja Udah Bikin Doi Putus Asa Apalagi Ditambah Harus Ngajar Kungfu Hahaha 😀

      Doi Emang Pendiam Dan Cenderung penyendiri Sama Kayak Ashu Saat Awal2 Dulu. Tapi Kalo Ashu Aja Bisa, Ane Yakin Ranze Juga Bisa 😀

      Like

    7. @Mac:
      Hehe.. tenang Min. Kalo sizenya ga bikin sakit dan kuota lagi ga bermasalah, sikat aja dulu 😀

      Like

    8. @brokoli, Lah kan murid2nya udah punya basic beladiri, Maaya sama Kiichan 😀

      Ya beda intesitas push sama tingkat fresh-nya karakter aja. Ashurin disaat belum ada member Nogi yang diem+dark, sekarang Ranze, udah keduluan sama Aachan, Kotoko, juga. Tinggal M-nya yang belum 😀

      @wahyu, ati2, pertama emang gak bikin sakit, tapi emang bisa download tuh fokus di satu file gak merembet kemana2? 😀

      Like

    9. @Mac:
      Tapi Jenis Beladirinya Kan Beda Gan Haha 😀

      Dedek Ayane Itu Gak Pendiem Gan Cuma Susah Akrab Aja. Dedek Ayane Kalo Maen Bareng Sama Dedek Miria, Iori Atau Jujun Mendadak Jadi Member Ceria. 😀 Salah Satu Yang Bisa Dijadikan Rujukan Itu Nogiten2 Episode 16 (Di Episode Ini Dedek Ayane Jalan2 Sama Dedek Miria, Iori Dan Renachi). Kalo Dedek KTK Emang Dasarnya Cuma Antusias Kalo Ngebahas Tentang Anime Haha Dan Dia Juga Lumayan Akrab Sama Chomolungma 😀
      Sedangkan Ranze, Ane Gk Tau Dia Deket Sama Siapa??

      Kalo Karakter M Kan Udah Ada Ratu Dari Planet Mars, Lord Manatsu 😀

      Like

    10. Disamain aja lah 😀

      Ane belum liat Nogiten2 episode 16, donlot aja mager padahal link udah tau dari sebelah 😀
      Entar lah kalau ada waktu coba download.

      Makanya, Ranze butuh kombinasi biar gak jadi alien sendiri di senbatsu.

      Sekarang dia udah pindah KTP ke Mars? 😀

      Like

    11. Ane Penasaran Apakah Member Nogi Ada Yang Bisa Kungfu Gk Ya? (Ane Berharap Sih Renachi ❤ Bisa ) 😀

      Kalo Pengen Lihat Karakternya Anak Gen 2, Ane Saranin Juga Nogikoko Ep. 37….

      Padahal Nih Anak Jadi Satu2nya Member Yang Masuk Di 3 Sub-Unit (SG, Cinq Etouile Sama Border) Tapi Masih Pendiam Aja…

      Iya Gan Sekarang Doi Pindah Ke Mars Soalnya Venus Udah Makin Panas 😀

      Like

    12. Kalau ane maunya yang unexpected, Aachan misalnya 😀
      Atau Gen 3 ada yang mau ambil karakter ini?

      Duh kalau Nogikoko tau deh sumber andalan ane masih idup apa enggak.

      Kurang dipush aja. Eh, emangnya Border itu unit? 😀

      Paham bener, serigala asli Venus ya? 😀

      Like

    13. Atau Mungkin Misa Bisa Jurus Dewi Mabuk 😀

      Kalo Nogikoko, Ane Biasanya Ngambil Di DM

      Anggap Aja Unofficial Unit Haha 😀

      Kebetulan Ane Pernah Menjabat Jadi Sekjen PBB Di Venus 😡

      Like

    14. Duh kalau Misa yang jadi pendekar mabuk, musuhnya malah makin semangat 😀

      Ane di Viki sih, DM kadang suka ngeselin.

      Sama kaya Hoka no Hoshi Kara/Sukima 😀

      Panteslah paham 😀

      Like

    15. Ane Jadi Penasaran, Kira2 Misa Kuat Berapa Tenggak Ya? Hahaha 😀

      Ngeselin Kayak Gimana Gan?

      Banyak Penduduk Venus Yang Lebih Memilih Ngungsi Ke Mars Daripada Bumi? Karena Di Bumi Bukan Hanya Iklimnya Aja Yang Lebih Panas Tapi Suhu Politiknya Juga 😀

      Like

    16. Di Kojichuu dulu kan pernah, tapi ane lupa berapa. Kalau dia sih dua tiga botol masih up kayanya 😀

      DM kalau download pake IDM bukan size filenya yang keluar, tapi lamanya video, ini yang suka bikin jebol.

      Wah, bentar lagi juga adem kalau udah kelar yang di ibukota. Yah, kecuali kalau masih ada biang ributnya 😀

      Like

    17. Iya Di Kojichu Episode Awal2 Dulu Doi Pernah Minum2 Di Depan Kamera…Tangguh Amat Kalo Dua Tiga Masih Up Haha 😀

      Ane Kalo Download Dari DM, Linknya Ane Copy Ke Savevideo.me Dulu Gan….

      Yang Ane Maksud Bukan Cuma Politik Di Indo Gan 😀

      Like

    18. Karena dia senior urusan minum, yakin deh dia kuat minum berbotol2 😀

      Kalau ane sih ogah ribet, kalau bisa langsung oke, kalau gak cari source lain 😀

      Oh, Uncle Donald? 😀

      Like

    19. Minum coca-c*la aja mabuk mau minum bir? 😀

      Bah, kalau politik mah, apa kata Teddy Roosevelt sebelum dia terjun ke politik aja lah buat ane “Politics is just a three-ring circus” 😀

      Like

    20. Jangankan Coca Cola, Minum Jamu Buyung Upik Aja Ane Udah Merem Melek Gan 😀

      Ngomongin Sirkus, Ane Jadi Pengen Nonton Sirkus Nih 😦
      Kayaknya Di Indonesia Udah Jarang Banget Ada Sirkus Yak 😦

      Like

    21. Hahaha buyung upik, masih ada gak tuh sekarang? 😀

      Udah jarang, lagian biaya pendapatan sama pengeluaran sirkus selalu berbanding terbalik. Yang ditampilin juga cuma itu2 aja.

      Like

    22. Ane Kurang Tau Gan Kalo Soal Itu, Ane Udah Lama Gk Minum Jau Soalnya 😀

      Bagi Anak Era Sekarang, Penampilannya Sirkus Itu Gk Termasuk Gitu2 Aja Gan Soalnya Mereka Jarang Atau Bahkan Gk Pernah Nonton Sirkus

      Like

    23. Obat nyamuk diminum biar gak digigit nyamuk gitu? 😀

      Loh, enggak dong kan situ bilangnya “Bagi Anak Era Sekarang, Penampilannya Sirkus Itu Gk Termasuk Gitu2 Aja Gan Soalnya Mereka Jarang Atau Bahkan Gk Pernah Nonton Sirkus”

      Nah ane kan bilang “Yang ditampilin juga cuma itu2 aja.” 😀

      Like

    24. Ya Gak Gitu Juga Gan….Ane Minum Obat Untuk Mencegah Penyakit. Mirip2lah Sama Bapak Kos Sebelah Yang Minum Promag Untuk Mencegah Lapar 😀

      Terserah Agan Deh…

      Like

  2. Ranze kasusnya sama kayak Manafi buat ane. 😛
    Anak ini, hot dan seksi!!! Rahang, bibir dan keningnya, wow! 😀
    Tapi masalahnya sifatnya yg agak aneh dan introvert. Ga tahu pas HS mungkin dia bisa lebih terbuka atau ga. Dia bisa 30 slot SO, bener ga nih? Kalo bisa begitu tanpa jadi Tsurishi, punya peluang lebih lama di Senbatsu. Kesayangan fandom soalnya. 😀
    Semoga bisa masuk fukujin di single selanjutnya. 🙂

    Like

  3. Awalnya fugly tapi akhirnya jadi lovely? 😀

    Ya, Ranze termasuk 30-slot dari setahun kemarin dan peringkatnya cuma kalah sama langganan senbatsu. Makanya udah lama bener dukungan buat Ranze masuk senbatsu naik. Mungkin fans dia setipe sama fans Ashurin, gak suka sama yang mainstream 😀

    Fukujin? Lah, Kiichan aja keteteran apalagi Ranze 😀

    Like

  4. Masih belum nemu feel sama nih anak, klo agan Brokoli diatas bilang dapat feel sama Ranze di Bomber-E Under Special 2016, ane malah gk nemu sama sekali dan kyknya ane pernah komen kyk gini, lupa di kos2an ini atau kos2an sbelah..
    Yg X-under sampe skrng blum ane ekesekusi filenya, dah bekarat kyknya tuh file di folder ane XD

    Yg ane inget soal Ranze, dia satu2nya member yg ungkapin terang2an dia pengen jadi center disaat member Miria sama KTK mash merasa mereka blum siap untuk posisi center diundang diruang konsultasi Reika di Nogishow… XD

    Like

    1. Terrrada rrraaannzzzeee…
      Mnurt ane krgx nih anak self esteemx rendah bgt smpe ane smpe gemes, trus kcenderungan mngucilkan dri dari member lain sgt besar dy ktlong masuk syuringo gundan. Ane g tw dg siapa dy pling dket, ama ringo aja sekdar gundan cho ama anak buah aja. Ane salut ama sayuringo gundan udah brhasil promoin anak buah msuk senbatsu 😀
      Oh y ranze dlu jg prnah gntiin kiichan di best hit song kan y,aura dy udah blended bgt ama ank senbatsu lainya. Dan pas photoshoot dibbrpa majalah ane suka pose2 dy M bgt, ane jd khawatir dy jd incaran pra srigala yg S. Eh tp type dy pria2 brengsek y yaudah deh slamat ya rranzze!

      Like

    2. @conan, belum nemu feel atau takut ditinggal sama Miria? XD

      Lama2 jadi X-file tuh kalau dianggurin XD

      Lupa2 inget ane, episode yang mana itu?

      @kochan, Hahaha, entah itu hasil kerja Sayuringo atau enggak, dianya aja jadi kepala geng milih membernya kaya pemaksaan gitu 😀

      Nah, kalau manajemen dan Ranze sendiri mau ngembangin karakter Little Miss M, klop deh sama Ashurin.

      Like

    3. Ane bru sdar ane coment di threadx agan conan,gpp deh kepalang jd 😀

      Bisa dbilang ada andil lah gan walo dikit,gtu2 dy dpet sorot gra2 gundan jg 😀
      Asuka dan ranze y,chemistry y lom dpet gan wlo dplot S/M gtu. Lgian ranze M nya mncul klo lawan jenis beda ama yg biasa dibully macam manatsu 😀
      Oh y ane inget ranze ini jg slah stu dibawah naungan ikoma jg slain miria ama ayane.

      Like

    4. @Mac:
      Ya amsak Miria ninggalin ane sbg abangnya, mau tinggal dimana dia klo gk dirumah abangnya XD

      Iya, pdahal pas link keluar bbrphari kmudian langusng download, tpi dah setahun blum ane play juga tuh videonya XD

      AKBSHOW #66, tayang 21 maret 2015

      Like

    5. @kochan, tuh, belum2 udah diobyekin 😀

      Harusnya ada perayaan gitu Ranze masuk senbatsu, paling enggak lewat blog, ini ayem aja member SG 😀

      Yah, ane pengen banget liat kombi S/M ini, tapi ya rada susah karena schedule yang beda jauh. Ranze cocoknya kombi sama siapa lagi ya?

      Hahaha naungan Ikoma, posisi Sayuringo sebagai kepala geng makin terancam 😀

      @conan, Dirumah serigala? XD

      Kelupaan2, akhirnya dihapus, gak bisa restore, mau download lagi link udah pada mati XD

      Coba liat lagi deh entar.

      Ckckck, segitunya butuh duit kah pak sampe malak2? XD

      Like

    6. @conan
      Segitux yah smpe buat tarif segala,makanya jgn kbanyakan istri ama adek trutama yg doyan makan macam iku ama miria tekor kan jdinya 😀

      @mac
      Ranze g suka drayain rame2 ktanya cukup dibully aja udah bikin puas 😀
      Kolab asuka+ranze dlam hal pa dlu nih?
      Kmren di mjalah UTB bgus sma2 kecil mukanya tp S/M nya g kentara. Mnungkin pas fto asuka prlu bawa cmbuk kli y 😀
      Klo kombi ama yg lain ane blum bsa nemuin krna krakter dy itu td yg suka mngucil,mngkin klo ada colab nogixkeya ane pngen liat tuh ranze ama zaa kuru 😀
      Yah,peran ikoma stelah pulang kennin smakin kuat digrup. Bnyak kasih bimbingan ke adek2x jd suport dy dri dlam sg kuat. Salut ama ikoma pengembangan karakter yg sgt pesat dri anak yg super duper jengkelin smpe skrg yg pnuh kharisma??? 😀

      Like

    7. @mac:
      enak aja, menag banyaklah srigala itu..

      Banayk video 46 yg belum ane play, showroom ashurin, showroom yuuka&aka, konser under, konser nogi yb diaman itu, lupa ane, terllau sibuk ane menghabiskan waktu sama bini2 ane sama adek2 ane.. XD

      =================

      @kochan:
      Hahahahaha…

      Like

    8. @kochan, hahaha, makin menjadi lah karakter M-nya 😀

      Ya kaya MaiRingo gitu kalau bisa, pasangan koplak 😀 Yang jelas ane pengen liat mereka karena AshiMiona/AshuMinami gak terlalu efektif.

      Ranze x Za Cool, keenakan Za Cool malah nyiksa Ranze entar 😀

      Penuh kharisma sih ane belum bisa bilang, tapi emang dia jadi lebih mature. Cuma kalau berisik bawaan orok sih gak bisa diubah ya.

      @conan, serigalanya kaya gini gimana? https://goo.gl/dg9IXE XD

      Ah, kalau file dapetnya overleech sama dari warnet sih mana keren. Nge-seed dan pake kuota sendiri, itu baru keren 😎 XD

      Like

    9. Lebih baek idolain makhluk kuning berbentuk kotak aja XD

      Ya awalnya dompet, terus menjalar ke kelangsungan hidup ane XD

      Like

  5. Sayang banget yah misi dari cassini bakal berakhir, sama dengan Hashimoto Nanami yang mau pensiun dari dunia hiburan.

    Dan satelit titan ternyata menarik juga nih, sifatnya misterius, sama seperti Hashimoto Nanami dan Terada Ranze.

    Btw ane masih bingung apa itu M dan S?

    Like

    1. Malahan udah bertahan jauh lebih lama, Cassini seharusnya udah pensiun dekade kemarin, sama kaya ISS & Hubble, tapi hebatnya masih bertahan sampe sekarang.

      Hahaha, tapi karena Huygens udah tamat, masih harus nunggu lama lagi buat tahu lebih jauh soal Titan, semoga Ranze gak butuh selama itu buat populer. 😀

      M=Masochist, suka disiksa, S=Sadistic, suka nyiksa 😀

      Like

  6. Ranzeee…. setuju ame mimin kalo ini anak lumayan misterius pernah masuk radar ane tapi sayang miona+ashurin menyilaukan ane sehingga ranzee ketutup mereka hahahahahha…
    selain misterius tipikal mirip hoshimina malu-malu dan sopan mungkin kalo dia member keya bakalan sangat bersinar ( bukan maksud bandingin keya+nogi ) tipikal anak keya juga malu2+sopan kalo nogi member mosnternya rata2 punya improv buat mereka bersinar …( ane ngeliatnya pas bareng senbatsu ane minim acara under ( berpikir bijak soal kuota T.T)
    semoga ni anak setelah masuk senbatsu makin bersinar + ga malu2 jadi bisa ane masukin di kartu keluarga ane hahahahhahahahahhahahha

    Like

    1. Hoshimina malu2? Manja kali 😀

      Kalau Ranze di Keyaki, dia harus lebih usaha soalnya kalau ane liat2, dia juga bukan front member urusan visual. Yah, paling bagus jadi kaya Miyu kali ya. Sisi baiknya mungkin karakter M Ranze bakal lebih keliatan.

      Cih, serigala mau nambah anggota keluarga 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s