It’s A Game Called Circle

And they did it again. Nogi dan  Keyaki kembali akan dilibatkan dengan AKB48. Kali ini dalam proyek graduate single Kojiharu. Respon pertamaku tentu adalah what the hell, again?! Ini untuk kedua kalinya Nogi diikutkan dalam dua tahun terakhir. Tahun lalu ada Mazari au Mono, aku sudah menulis tentang ini sebelumnya. Jika saat itu saja pendapatku sudah tak enak, kali ini malah ditambah Keyaki.

Dan sekarang, SakamichiAKB jelas bukan sesuatu yang menyenangkan, untukku lebih lagi. Fine, rival sudah tidak relevan, get used to it. Tapi dibawah manajemen dan label yang berbeda, it is suck, saat dua grup yang pada dasarnya berbeda terlihat sering bersama. Ini seperti Shogakukan dan Shueisa, dua perusahaan yang saling bersaing, tapi tetap berada di bawah satu kepemilikan, membuat ShoPro sebagai bentuk kerjasama.

Sama anehnya dengan bagaimana 48G dan Sakamichi berbeda, tapi malah membuat Sakamichi AKB bukan? Kojizaka46, Nogizaka AKB, dan sekarang Sakamichi AKB. Itu belum menghitung Mayuzaka, Sashizaka, dan Dream Team 48-46. Too damn many. Apa tujuan mereka terus melakukan ini, itu yang selalu mengganjal. Alasan dibalik ini semua rasanya sudah kehabisan opsi, satu-satunya yang tersisa adalah uang.

377343-42583-uncle-scrooge
Scrooge mungkin karakter pelit dan serakah, tapi tidak menghalalkan segala cara seperti Flintheart Glomgold

Mempertahankan streak 1M AKB atau sekedar mempertahankan public interest? Jika memang itu, let’s say, euthanasia akan lebih baik. Didebutkan sebagai rival dan di akhir malah bertindak seolah sebagai savior? Ini bukan animanga, ini troll yang dilakukan berulang-ulang sehingga muak pun tidak bisa lagi. Oh, dan jangan lupakan saat member Nogi seperti Double Suns, Ikoma, dan Nanamin diundang sebagai komentator -cheap- saat SSK 2016 kemarin.

Kali ini, dengan membawa Sakamichi ke dalam single terakhir seseorang yang berada di grup selama lebih dari 10 tahun, memang cukup understandable. Dia ikut melihat bagaimana AKB yang pertama hanya dilihat 7 orang di teater menjadi seperti sekarang sampai memiliki rival. Tapi maafkan jika salah, bukannya seharusnya sister group lebih penting dari rival? Kenapa rival malah diikutkan dan bukan saudara jauhnya, idol lokal?

Memang kembali dalam kapasitas ‘hanya’ sebagai coupling, tapi mempertimbangkan fandom Sakamichi yang mayoritas loyal, pemasukan dari sini saja sudah jelas besar. Resistansi pasti ada, hanya saja jika dibandingkan loyalitas, resistansi adalah sesuatu yang kecil. Aku tak akan melihat another rainbow kali ini, sudah terlalu sering aku berusaha melihat sisi baik dari kolaborasi selama ini dan apa yang kita dapat? Nothing.

Situasi ini mirip seperti mendengarkan rap Eminem, full of curse. Aku selalu menyukai rap, kurasa dimulai sejak mendengar In The End-nya Linkin Park. Di waktu itu, sampai membeli majalah gitar untuk tahu apa yang Spike Minoda katakan, dengan perbendaharaan english yang masih patah-patah. Lalu Black Eyed Peas, Fort Minor, Eminem, Run D.M.C etc.

Eminem

Dan meski Mike selalu menjadi pahlawan hip-hopku, Slim Shady punya tempat sendiri di library pribadiku. Em adalah salah satu act yang kuputuskan untuk kusukai dan tak mempedulikan kehidupan di luar musik. Lihat saja The Real Slim Shady dan kita bisa langsung paham kenapa dia punya segudang musuh.

Salah satu lagu pertama Em yang kudengar adalah The Real Slim Shady, Guilty Conscience feat. Dr. Dre, dan Mockingbird. Lagu yang terakhir benar-benar masterpiece musikal. Lagu rap yang menggabungkan lirik yang menceritakan putrinya, piano, dan lullaby, Em adalah contoh ayah yang keren untukku. Tapi yang akan kubahas kali ini adalah Not Afraid, lagu yang menurutku salah satu yang terbaik dari Em.

Dan menurutku,  ada satu lirik terkuat dalam Not Afraid, yang cocok dengan situasi ini;

It’s a game called circle

Ya, situasi ini terus berputar seperti lingkaran yang terus berputar. Sakamichi hadir karena AKB. Nogi hadir saat AKB di puncak kejayaan. Sekarang Nogi yang berada di puncak. Balas budi sedikit akan lebih beradab.

Nay, aku tak melihat alasan ini masuk akal. Mayoritas fandom Sakamichi tidak ingin melihat Sakamichi terlalu sering terlibat dengan AKB. 46 ingin lepas dari 48, tapi ironisnya, bahkan manajemen mulai sering bermain api belakangan ini, di jalan yang bukan purist Sakamichi inginkan. Well, aku sendiri tak akan mengatakan diriku purist, tapi lebih pada dua grup ini berbeda, ada suatu saat anak akan meninggalkan rumah orangtuanya, jadi tidak ada pembenaran yang bisa diterima atas seringnya kolaborasi ini.

Aku menutup artikel panjang lebar tentang Sakamichi AKB dan Eminem ini dengan opini bahwa tidak akan ada hal baik bagi kedua pihak jika hal semacam ini terus terjadi. Lirik lain dari Not Afraid yang kuinginkan adalah No more drama from now on, I promise, bisakah manajemen mengatakan ini? Bagaimana dengan kalian?

All images used is credited to it’s respective owners.

Advertisements

114 Comments

  1. Awalnya mau menidurkan mata sjenak sambil nunggu waktu duzhur setelah nonton Boboiboy Galaxy, “ah cek dunia ngidol dulu ah….. HA?!!!!!!!! Lagi!” XD

    Terenyuh lagi (sbenarnya mau nulis tersakiti XD ) sbg fans Sakamichi, bukan sok2 melupakan diri atau lupa diri klo pernah (skrng tinggal mantau utk kebutuhan blog, apalagi stelah 18 maret mendatang) fans AKB, tapi sapa suruh diawal pake istilah “rival” segala…

    Manggil OG, libatkan “rival (mitos)” group, cuma bisa nelan ludah… 🙂

    Udah ah, klo banyak2 bisa2 hanya komen yg enggak2 ane.. XD

    Tinggal nunggu susunan membernya, dari keyaki dah kemungkinan besar akan melibatkan kapten & wakil kapt…

    Like

    1. Boboiboy. XD Sama, ane juga baru selesai download DVD jam 3 lalu ngerapel nonton semuanya sampai jam 7 terus bobok, bangun ketemu ginian. 😀

      Reaksi pertama ane, cuma tersenyum kecut dan ga bisa ngapa-ngapain juga, selain menerima. Ane bahkan udah ga bisa marah. Udah tau tabiat mnjmn dan sistem hierarki di Jepang, maklum aja ane bawaannya. 😀 Mungkin nonton sekali MVnya, ga akan download.

      Kalo member yg terlibat, kemungkinan besar Tecchi. :mrgreen:

      Like

    2. @conan, enak bener hidupnya ya XD

      Yah, dalam kapasitas sebagai ‘anak kos’ disini, intinya sama aja gak suka kan dengan plot cerita kali ini?

      Kan lagi jadi anak kos, komen yang enggak2 aja sekalian *kompor XD

      Eh, masih belum rilis?

      @mas, ini lagi yang hidupnya enak XD

      Kalau ane sih, misalkan ada MV, suka gak suka ya download buat archive. Sekaligus sebagai memento kalau hal buruk pernah terjadi *kaya monumen perang aja XD

      Bukannya udah dikonfirmasi, ane liat di S48?

      Like

    3. @Mac:
      Hidup ane emang enak.. XD

      Sangat gk suka lebih tepatnya, kemarin2 maish gk suka sknrg naek levelnya XD
      Ya kan ane anak kos yg gk mau jadi biang rusuh XD

      Katanya amsih rumor..

      ================

      @Mas:
      UpinIpin Boboiboy, santapan sabtu pagi klo ane bangunnya cepet XD

      4jam itu nyelesain nonton bonus keyabingo?
      fans cuma bisa nelen kenyataan ini sambil komat-kamit “pait pait pait” XD

      Like

    4. Ane aja ngebut bikin ini artikel sebelum balik ke dunia nyata XD

      …ini satu paragraf dua kalimatnya bertolak belakang. Awalnya bilang gak suka akhirnya bilang gak mau jadi biang rusuh? XD

      Ah, masih belum ya? Tapi kayanya gak bakal beda jauh sama rumornya.

      Like

    5. Sabtu sibuk juga pak? XD

      Ya emang gk suka tpi gk mau komen yg sampe gimana2 yg bisa memunculkan kerusuhan dikehidupan kita yg bermajemuk ini.
      Pilih saya, coblos no 7, coblos pecinya.. XD

      Ya sepertinya gitu, tinggl brhrap kualitas lagunya..
      Tpi dari lagu2 kolab AKB sama Sakamichi, gimana? suka kah atau gimana? ane lupa lagu Kazi no Rasen & Mazariaou Mono kyk gimana irama lagunya, gk msuk list HP sih XD

      Like

    6. @conan
      He..he..dulu ane ngikutin BoBoiBoy dan UpinIpin, + spongebob, sekarang udah jarang. 😀

      Iya, ane langsung sikat semuanya. Ada Ue soalnya. 😀

      Terutama fans yg hanya bermodal kuota dan link gratisan. 😀

      @mac
      Hidup ga perlu dibawa susah karena hidup di dunia ini hanya sementara. Just simplify your happiness. 😀

      Kalo ane karena suaranya. Denger suara anak AKB mendominasi rasanya ga enak di kuping. Terlalu asing buat ane. Buang2 kuota dan space di HD. Kecuali kalo suaranya minim dan lagunya enak, macam Keisha suru, ane pasti ambil. 🙂

      Ga tau, kayaknya cuma rumor. Ane males ikutin, ntar aja tunggu yg pasti. Dikosan sebelah pasti diangkat, kan?

      Like

    7. @conan, paling sibuk sabtu malah. I’m like T.T

      Paslon sama SpongeBob kah? Dapil mana pak? XD

      Kaze no Rasen sama Keishashuru ane kurang suka, Mazari au Mono bagus kok, ane obyektif ngedengerin lagunya, cuma ya gak pernah cari lagu fullnya, cuma dari MV doang.

      @mas, Cuma kalau bahagia2 doang sih kuota mau diisi pake apa? XD

      Kalau ane kebalikan, Keisashuru malah gak terlalu suka. Vokal Kojiharu yang terlalu cempreng di awal udah bikin ilfeel 😀

      Yah, tergantung yang punya kos, punya energi apa enggak buat angkat karena makannya cuma nasi garam 😀

      Like

    8. @Mas:
      Ane ikutin sampe tau jadwal tayangnya tuh kartun2 gra2 ada keponakan aja dirumha XD

      Hahaha, ini juga pait, knp fans cuma bermodalkan linknya dipertegas gitu.. XD

      ==============

      @Mac:
      Ck kc ck, prihatinane sama hidup situ.. XD

      Ntar deh ane coba dengerin lagi lagu2 kolab kmarin.. XD

      Soal susunan member, dari tweetan Mion (mmber akb yg juga dibilang jdi center di unit Sakamichi AKB) blum ada pengumuman soal itu, jadi sjauh ini yg beredar cuma rumor atau tebak2an fans.

      Like

    9. Habis gimana ya, Yumi bilangnya “cowok paling sexy kalau lagi kerja” sih XD

      Cuma jangan nyesel kalau ubek2 lagu lama, entar kecewa duluan XD

      Liat kartun sama keponakan apa karena diancam hobi ngidolnya dibuka ke keluarga nih? XD

      Like

    10. Yalah Yumi bilang gitu, itu demi keberlangsungan hidupnya dia XD

      XD

      Hahaha, ane ngidol maen aman, gk ada yg tau.. XD

      Like

    11. Makanya, istri ngasih semangat sama suami. 😀
      Jangan istrinya kerja suaminya pait pait pait pait *eh, kaya pernah inget XD

      Ya kali pas ente ngidol (entah baik entah buruk) tuh ponakan main nyelonong aja dan nge-gap ente XD

      Like

    12. Untung bini ane banyak, jadi klo ada yg pait pait pait, masih banyak hal yg menyenangkan yg bisa nutupi itu 😎

      Ngidol dari 2012, dah pro-lah ane klo mengamankan daerah sekitar selagi ngidol.. XD

      Like

    13. Masa sih pak XD
      Eh emang situ ya yang pait pait pait pait? XD

      Iyalah, ponakan kasih kacang juga tutup mulut ya? XD

      Btw, ada kemungkinan senbatsu Keyaki diumumin malam ini?

      Like

    14. Ane cuma ngasin m fyi aja. XD

      Hahaha, udahlah, nhapain jg nhaa soal kponakan

      Kyknya enggak, minggu dpan x

      Like

    15. Tapi emang pait kan? XD

      Nhapain jg nhaa? Thailand? Somalia? XD

      Bagus deh, draft prediksi ane mandek di tengah jalan soalnya, konsentrasi rada pecah sama Derby d’Italia nanti malem juga XD

      Like

    16. Dikit…

      Hahaha, kmen td n yg ini bles lwat hp, pke PC yg ad keyboard aja tulisn ane sring typo pa lg lwat hp XD

      Derby italia ane gk tau apa, juve vs apa?

      Like

    17. Kalau dikit gak butuh respirator+nangis gulung2 kali pak XD

      Makanya jempol tuh disuruh diet biar gak salah mulu XD

      Juve vs Inter lah, gini bilangnya adiknya Alex? Ckckck XD

      Like

    18. Emang ane nangis gulung2? Ane cm nangis guling2 XD

      Jmpol org yg hdupnya makmur emng gtu XD

      Mau nbak itu td cma ane mikir inter cuma pny sbutan derby klo cma lwan ac milan XD

      Like

    19. Mukul2 tembok sama gali2 tanah juga gak? XD

      Makan nasi garam dianggap makmur? XD

      Duh, ane bikinin artikel Bianconeri deh entar, masa ngaku adiknya Alex tapi gak tau, ckckck XD

      Like

    20. Enggaklah, emangnya ane serapuh itu XD

      Itu bukannya bapak kos sebelah XD

      Kan dah dibilang, adek tiri, lagian dah lama gk tinggal satu atap, dia disana ane disini XD

      Like

    21. Wih, Opick wak maenannya.. XD

      Kenal gra2 kmi punya kmiripan ja XD

      An didalam negeri dia diluar negeri..

      Like

    22. Ahahah, untunglah itu yg teratas, bukan lagu dari band2 melo XD

      Gk usah diperjelas gitulah…

      OK XD

      Like

    23. Joeniar Arif? Sapa tuh? ankatan ente pasti XD

      Ya jawaban dari pertanyaan itu kan nantinya akan mempertegas hal itu..

      Adek tiri adek tiriiii…

      Like

    24. Ya tuh dia rilis album di 2008 & 2010 kan, ane taunya pas album pertama dia.

      Loh di sebelah boleh gitu XD

      Itu dua legenda masih tayang ya?

      Like

    25. Loh “seangkatan” disini kan maksud ane dari segi tahun lahirnya XD

      Itu kan bapak kos sebelah XD

      Gk tau juga, knp? klo ada mau ngikutin (lagi) ? XD

      Like

    26. Kurang tua pak, ane abad pertengahan XD

      Jadi sebenarnya kita bahas siapa ini XD

      Emang dasarnya gak pernah ngikutin, ngabisin listrik aja XD

      Like

    27. Alhamdulillah, akhirnya berani jujur juga XD

      Jgn2 kita bahas sosok mitos.. *kita? kok gelik ya XD

      Emang situ punya listrik, buka pake lpetromak? XD

      Like

    28. Gayanya…. minta ampun..

      Aoko sama Kiko slalu berebut buat ngemut ane XD

      Pelihara Gundala aja, listrik terjamin XD

      Like

    29. “Daripada ngaku2 padahal ya” sebentar2, kok agak aneh ya dgn kalimat ini, bukannya seharusny “Daripada gk ngaku2 padahal ya”?

      Cie cie cie, ketahuan deh “Kelas” es krim situ XD

      Ni lah org indo, sok2 pake brng import, tpi buat nafas masih pake udara yg ada di indonesia.. XD

      Like

    30. Siapa yang punya KBBI mungkin bisa tolong dibantu ya… *malah kaya pak tarno XD

      Masa Berika dapet inspirasi nama peliharaan dari ini?

      Ya kalau oksigen bisa diimpor kali ada link buat belinya XD

      Like

    31. Ane cuma niru komen situ.. XD

      Bahs apa sih? XD

      Cih, gimana sih bahasanya, link kok di beli.. XD

      Like

    32. Lah makanya tuh bini jangan dikasih makanan murah, jadinya peliharaan dikasih nama kaya jajanan XD

      Beli online gitu maksudnya, duh susah kalau sama penganut link=download XD

      Like

    33. Dua2nya, belum lagi bayar biaya perawatan terompet Ue dan les bahasa inggris buat Neru XD

      Asem soal kuota n speednya XD

      Like

    34. Ya gitulah, ane jenius, bini2 ane jg harus jenius dong 😎

      Itu hasil konsultasi sama Waka n Aka loh (singkatan nama mereka lawak juga ya, WakaAka) XD

      Like

    35. Kaya makan nasi garam dan mengandalkan kekuatan imajinasi untuk bikin itu jadi beef steak? XD

      Berima, duh nilai bahasa Indonesianya dulu berapa sih? XD

      Like

    36. Kok tau betul, ngalamin juga pasti nih XD

      *Googling
      Oooooooo.. itu toh, maklum waktu pelajan membahas itu, ane lagi absen, maen PS Tamiya, diajak kawan XD

      Like

    37. Geli bacanya…

      Ya maen game tamiya di PS, gk pernah ya? taunya gameboy sih, gk tau kan jadinya X

      Like

    38. Di kosan ente geli menjurus jijik berakibat muntah XD

      Lah, males banget main game Tamiya, waktu ane kecil sih paling gak udah online ya, Getamped atau Ragnarok. PS gak level XD

      Like

  2. Perasaan ane udah g enk smenjak akbshow special kouhaku dijadiin 1, ditmbah iklan haruyama. Fix deh kekhawatiran ane 😦
    Why u do this!?!?
    Colab nogixkeya aja lom kejadian eh ini disrobot dluan ama sodara tiri.
    Ane jd pnya spekulasi klo sbenerx sjak awal nogi dbuat utk dongkrak akb dikemudian hari krna sperti hkum gravitasi segala seuatu yg naik pasti akan turun. Klo pun nanti misal keyaki buat dongkrak nogi ga msalh sih mnrut ane toh msih 1 manjemen tp liat dlu dlam bntuk apa klo kennin ogah!
    Aki-P sungguh tegax drimu…tegax…tegax…tegax…46x
    *malah nyanyi meggy z kan ane 😀
    Apa ini nnti g kress ama single 17 nogi?
    Kok ane jd kasihan y ama nogi dikorbanin mulu😤

    Like

    1. Bahkan ane kurang setuju ide kolaborasi Nogi X Keyaki, satu-satunya yang ane setuju cuma bareng di variety & joint concert. Tapi lagu, antar Sakamichi aja ane mikir, ini malah sama 48G.

      Berhubung ini coupling, ane ragu apa bakal ngasih impact yang gede karena dibarengin sama 17th Nogi, kecuali sampe dibawain bareng live (jangan sampe lagi lah kalau ini). Tapi dari info di kos sebelah, bisa gitu ya member udah lulus singlenya baru dirilis belakangan. Ini umum di 48G?

      Cuma ane mencoba rada tenang. In case lagunya rada lumayan mungkin masih bisa terima. Mazari au Mono, biarpun ane gak suka sama konsepnya, dari segi lagu lumayan lah.

      Like

    2. Ane jg brtnya2 nyan2 lulusx februari tp singlex maret. Ane g pham ama jalan pikiran mrk kcuali duit.
      Nyanyiin pas live yg ada cma kojizaka yg resmi klo mazariau mono ane blom liat sma skali livex, ada yg prnah liat kah?
      Ane tkut coupling sakamichi ini bkal dtmpilin di ssk?
      Jd scra otomatis bkal nglibatin lgi sakamichi plus dongkrak popularitas ssk. Krna taon dpan mmber top macam paruru,nyan2 udah lulus dtmbah mayu g ikut.
      Tp liat dri mazariau mono konsepx dlu condong ke nogi mngkin nnti condong ke sakamichi liat prwakilan center dri akb sih. Oh y dlu pas ikoma msih kennin coupling team b jg bau nogi bgt kn.
      Jd ksimpulan dri colab ini agree to dissagree 😀
      Berat bener dah cobaan nogi awal taon,dtinggal himetan hiatus,scandal dtmbah ini lgi 😢
      Klo dri sisi keyaki mngkin dmpak psikologisx g trlalu krna jaman sengsarax udah dialamin ama nogi.

      Like

    3. Belum pernah kejadian kan yang kaya begini?

      Mazari au Mono emang gak pernah live, cuma di MV doang.

      Kalau SSK tahun ini, tau deh. Tahun lalu jadi komentator tahun ini bisa diundang perform… s#it happens…

      Mazari au Mono termasuk bagus, jujur untuk level lagu maupun konsepnya buat ane. Condong ke Nogi emang, tapi de jure lagu itu juga Kojiharu center, jadi masih bisa diterima (dikit)

      Terlalu banyak buat Nogi di awal 2017, kutukan 5 tahun kayanya, tapi ane belum mau berspekulasi soal ini.

      Keyaki justru bikin ane lebih khawatir, terlalu banyak hal bagus (well, not really) justru malah bisa jadi bumerang.

      Like

    4. Lha center mazariau mono kojiharu emg msih bs dtrima krna biar bs ngmbangin nanase ama maiyan yg notabne qt tahu sndri. Tp klo misalkan bner mion center entahlah. Yah smoga konsep ama lgunya lbih condong lg ke sakamichi, wajib ain klo prlu 😀
      Wiih,ane g tau lg deh klo sakamichi diundang perform. Lgian ini single buat vote ssk kn y?
      Kutukan 5 taon y,ane kira cma ada di KPOP aja 😀
      Tp klo nogi bsa melaluix dg mulus bisa jaminan cerah lah masa depan,smoga 😀
      Bisalh tuh tiru bigbang 😀
      Keyaki yah, ane jg was2 sih tp gunax nogi kn buat itu jd peringatan dan pembelajaran bhwa prjalanan menanjak tdaklah mudah 😀
      Mngkin plot twist bakal masuk di drama single ke 4?

      Like

    5. Emang Mion (ane browsing sebentar ini Mukaichi Mion centernya 44th single AKB ya) kenapa sih? Kok dari kos sebelah juga rada sensi gitu kayanya?

      Ya buat SSK setau ane. Kalau beneran kejadian, ane bakal nyanyi lagu2 MCR dah, frustasi! 😀

      Terms 5 tahun emang awalnya di KPop, tapi di JPop justru 5 tahun itu masa keemasan sebuah grup, di tahun 6-7 mulai decline. Ini bukan cuma 48G, tapi Momusu dan Hello Project juga. Nogi udah di masa ini sekarang…

      Yang ane takutkan karena mayoritas Keyaki lebih introvert (well, orang introvert ada yang jauh lebih negatif dari normal) bisa bikin Keyaki lebih dalam bahaya.

      Like

    6. Ane jg g tw sma skali soal mion yg ane tau cma dy deket bgt ama shinobu mogi (mogion shipper) 😀
      Cma mnrut ane y itu krg bsa msuk aja.
      Klo g pngen kjadian itu trjadi bikin petisi rame2 aja gan 😀 kn lg trend tuh petis2an
      Bsa dbilangkah saat ini keyaki masa2 pemper/dmnja?
      Konsep yg udah settle,lagu yg mnunjang,jalan macam tol plus dewa kberuntungan mnaungi mrk.

      Like

    7. Soalnya kok kayanya banyak nada miring soal dia, ada yang bisa jawab?

      Ane gak mau ikutan bikin petisi, keliatan begonya soalnya 😀

      I say yes. Jalan tol yang bener2 enak, pencapaian yang tinggi, makanya ane nulis perumpamaan mereka jadi Space Oddity; melebihi ekspektasi tapi kalau kelewatan malah bisa hilang juga di akhir.

      Like

  3. Izin komen ah. Ane silent reader yg udah lama mantengin blog ini tapi baru berani komen skrg 😀
    Dan karena sang pemilik udah ngizinin komen panas, ane mau komen panas :p

    This sh*t will happen again. Ane rasa nogi udah gak perlu dibahas lagi. Mereka udah terlalu familiar dengan yg kaya gini.
    Tapi keyaki? Mereka aja belum pernah kolaborasi sama nogi, lah ini udah diserobot sama akb.

    For the f*ck of sales, manajemen akb sampai sebegitu desperate-nya mempertahankan 1M-nya.

    Like

    1. Hahaha, ane sih silakan panas asal gak saling ngejatuhin atau ngebandingin antar grup. Respect all of them. 😎

      Komennya sama kaya yang diatas, Jadi ane cuma mau nambahin, daripada disebut kolaborasi, ane yakin cuma jadi semacam background kaya pas Dream Team kemarin. Meskipun Tecchi yang ikut, dia bakal jadi sekelebatan doang. Lebih lagi, ini coupling dimana semua (bitch, no) sister group ikutan, Sakamichi meski jadi nama depan gak akan bersinar lebih terang dari 48G yang jelas-jelas punya ini single.

      Like

  4. Bahkan Keyakizaka pun ga kebal dari demand-nya AKS. 😀

    Ya sudahlah, ane dari 2013 sudah mosi tidak percaya ke manajemen SKE saking “Lapdog”-nya ke manajemen pusat. LLC ga beda jauhlah dalam hal ini.

    Kabar baiknya, di 48G “SG bubar cuma mitos” masih berlaku. Mari kita lihat sampai kapan dengan business model macam ini….

    Goodbye, regenerasi AKB.

    Like

    1. Ini udah kaya Scrooge (LLC) mau-maunya kerjasama sama Glomgold (AKS), entah siapa yang patut disalahkan.

      Btw ini SG apaan sih kepanjangannya? Serius kepala ane udah penuh banget dan SG yang keinget cuma Sayuringo Gundan.

      Hmm, emang sih kennin antar 48G udah menutupi matahari dari bunga matahari untuk AKB, sekarang lebih parah, nyiram air kebanyakan ke bunga matahari itu.

      Like

    2. Kalo soal kerjasama sih bukan “Siapa salah siapa benar”. Hanya “Saya dapat apa, sebagai balas budi saya melakukan apa”. Ini yang bikin cekikikan. LLC dapat apa? terima kasih? =)

      Sister Group, ane lupa kasih tau kepanjangannya 😀

      Dari dulu juga gitu. Awalnya gen-1 dan Acchan menutupi gen-2 dan Yuko, lalu mereka sama2 menutupi gen-3 dan Mayuki, kemudian 3 golden gen menutupi gen setelahnya. Sudah siklus alam.

      Cuma di periode 2011-sekarang, banyak bibit mereka yang sudah susah payah dikasih pupuk(push) mati sebelum bisa dipanen. Karena harga pupuk semakin naik, terpaksalah digunakan tanaman siap jadi dari kebun sebelah agar tetap menghasilkan uang.
      Ini yang bikin cekikikan lagi: Kebun sebelah dapat apa? terima kasih? =)

      Like

    3. @conan, oalah itu toh, maklum lah banyak pikiran 😀
      Selain Sayuringo Gundan semalem kepikiran juga Gibson SG, tapi mikir juga ngapain bahas gitar? XD

      @ein, Yah, yang LLC dapet cuma ilmu menghalalkan segala cara, itu udah mulai keliatan…

      Hahaha, sekarang aja monster Gen 1 & 3 aja masih ada, sampe2 Gen 9 kaya Paruru out duluan 😀

      Pupuk 48G beli di toko yang salah sih, yah begonya yang punya kebun aja. 😀

      @mas, ironisnya, sekarang titel ‘Prodigy’ Jurina justru ada di sister group rivalnya. Nah loh? 😀

      Like

    4. @mas
      Rahasia umum kalau Aki-P bikin idol group itu cuma buat hunting “Prodigy” macam Jurina.
      In fact, kita bisa claim kalau SKE itu dibentuk, dimanage, dikondisikan, dan mungkin nanti dibubarkan untuk Jurina semata. Monggo kalau mau dibantah. 😀

      The problem here is, Keyaki juga punya “Prodigy”, dan kalau melihat bagaimana “Prodigy” diperlakukan di 48G, bisa nah lho juga kalau Manajemen Keyaki se-“Lapdog” manajemen SKE. 😀

      @mac
      Jiah Guitar…xD

      Paruru out itu benar2, in short word, “Malpraktik”. Satu2nya dari gen 9 yang jor2an dipupuk kualitas tinggi(dan mahal sehingga ga semua tanaman dapat), diproyeksikan oleh yang punya kebun agar jadi daya tarik kebun setelah Gen 1 dan 3 menua, ternyata malah ringkih dan tumbang di usia muda. Jadi selain bego dan salah pilih toko, yang punya kebun juga ga baca petunjuk kontradiksi di karung pupuknya dan asal kasih pupuk aja. 😀
      Dalam skala kecil, kita bisa bilang Mitsumune Kaoru dan Owada Nana “Malpraktik” juga, meskipun mungkin ini lebih ke masalah bibitnya yang kurang resisten.

      Normalnya ane akan tutup dengan “Tapi wajarlah, semua pemilik kebun juga begitu.”
      Cuma sebagai fans Keyaki, ane akan tambahkan,
      “Awas aja kalau lagu SakamichiAKB terlalu idol-generic.” 😀

      Like

    5. @ein
      Ga bantah, bisa ane bilang carut marutnya 48 semua karena kehadiran sosok Jurina. Prodigy malah datangnya di SKE bukan di grup induk, AKB. Jadi deh muncul sistem yg buat ane grad, kennin. Terus banyak deh gimmick lain yg muncul. Hingga akhirnya kolaborasi sama rival. Ngakak ane! XD

      Udah keliatan kok, dari awal. 🙂 Tapi, ga bisa juga nyalahin sang Prodigy. Dia cuma melakukan apa yg dia bisa. 🙂
      @mac
      Dan ada aja usaha mnjmn buat bikin Prodigy Ijo ikutan di Pink. 😀

      Like

    6. @ein, sama2 SG sih 😀

      Analogi yang tepat sekali 😀
      Ngomongin Paruru, apa film2nya juga bisa dibilang flop? Ane cuma inget sedikit2 dari berita di kos sebelah…

      Wah Kaoru, udah lupa sama sekali sampe disebut namanya. Kalau dia sih emang bahaya dari sononya, badannya aja tulang sama kulit begitu. Kalau yang satu lagi, ah gak bahas entar yang punya dateng 😀

      Enggak juga, kalau yang punya kebun nafsu menang kontes “kebun bunga terindah” pasti mikir juga lah. 😀
      Liat centernya aja, tapi ane sih ngarep gak pake center2an kalau bisa.

      @mas, Ini ane mulai ketar2 sama rumor tanggal 10 nanti.

      Like

    7. Cuma sebagai fans Keyaki, ane akan tambahkan,
      “Awas aja kalau lagu SakamichiAKB terlalu idol-generic.”
      Setuja XD

      Like

    8. @mac
      Drama prime time. Ga mungkin lah flop. 😀
      Cuma yah itu tadi, mubazir dipupuk susah2, matangnya pas udah bukan di kebun sendiri.
      Ga bisa bantu2 buat menangin kontes “Kebun bunga terindah” lagi. 😀

      Amin2. Liat aja gimana tgl 10 dan kedepannya.
      Kita penonton tau ada konflik kepentingan tapi akhirnya cuma bisa nonton. 😀

      Like

    9. @semua
      Mohon pencerahannya nih. Disini ane sendiri yg ga tahu ada apa tgl 10 nanti atau tanggal 18 Maret. Ada kejadian besar?

      Like

    10. @mas, ya semoga aja gitu lah. Kaya kurang memainkan emosi aja nih.

      @ein, Oh kirain ngikutin juga movie2nya, soalnya kayanya dia yang paling mentereng, tiap ada berita di kos sebelah kalau gak main film ya dorama

      Like

    11. Tanggal 10 / hari ini AKB tmpil di MSte, dan katanya bakal diumumin line-up unti Sakamichi AKB

      Like

  5. Wih Dibikinin Artikel Sendiri Toh…

    Kalo Ane Memposisikan Diri Sebagai Fans Nogi, Tanggapan Ane Tentang SakamichiAKB Ini Mah Sama Aja Kayak Kolab Lain Seperti Ikuchan Feat Sakamoto Kenji. Justru Sakamichi Diuntungkan Karena Bisa Mempromosikan Grupnya Di Kalangan Fans 48G Yang Strict….

    Kalo Ane Memposisikan Diri Sebagai Fans 48G, Tanggapan Ane Juga Sama Seperti Kolab2 Lain Seperti Saat AKB Feat Idoling Dll. Sisi Positifnya, Sales AKB Cukup Terbantu Meskipun Gk Signifikan. Sisi Negatifnya, Generasi Mudanya AKB Kurang Dapat Ekpos Di Single Ini….

    Like

    1. Karena berita ini bikin kepala ane lumayan panas.

      Fans 48G masa strict sih? Menurut ane jauh lebih strict Sakamichi, toh 48G udah bertahun2 didera badai Kennin jadi lebih pasrah soal begini. Soal diuntungkan atau enggak…gak bisa bilang untung juga sih.

      Well, dasarnya emang fandom Sakamichi sensi kalau urusan sama 48G, ini fakta. Mungkin 48G lebih open, kaya yang ane bilang. Yah, ane emang gak tau internal AKB sendiri soal ini gimana (males aja melipir ke threadnya, pasti komennya berhalaman2) tapi karena 48G sendiri yang bikin ulah undang2 grup lain yang lebih matang dibanding new gen mereka sendiri, ane cuma bisa bilang “kapan sadarnya sih”

      Like

    2. Sebenarnya Tadi Untuk Poin Pertama Ini Ane Udah Nulis Panjang Lebar Tapi Karena Inet Gk Stabil Dan Tulisan Ane Gk Muncul, Ane Jadi Males Nulis Ulang 😀 Tapi Intinya Fans 48G Ada Yang Strict Dan Kebanyakan Itu Strict-nya Sama Fandomnya (Sebenarnya Tadi Udah Ane Kasih Banyak Contoh Kasus) 😀

      Trus Untuk Kasus Ini, Banyak Fans Keya (Fans Nogi Kebanyakan Udah Legowo) Yang Gk Demen Sama Kolaborasi Ini Tapi Pake Acara Ngejelek-jelekin Grup Sebelah Di Lahannya (Jujur Ini Yang Paling Ane Gk Demen). Ingin Rasanya Ane Ngutip Tweetnya lazySn0rlax Yang Ini https://goo.gl/XQ45Nd 😀

      Sedangkan Untuk Pendapat Agan Yang Mengatakan Kolaborasi Ini Bikin New Gen-nya 48G Jadi Kurang Ekpos, Ane Setuju Sekali. Padahal Ada Banyak Yang Unyu2 Di New Gennya 48G Macam Nao ❤ Shiorin ❤ Ikumin ❤ Lala ❤ Uha ❤ Hannachan ❤ Misaki-chan ❤

      Like

    3. Bisa dikasih contoh kasusnya? Ini ane kurang nangkep “strict sama fandomnya” ?

      Kaya di kos sebelah ya? Kalau itu sih newbie, yang udah bertahun2 masuk fandom sih palingan cuma kaya ane, bikin artikel yang nyambung sama Eminem 😀

      Ane gak pernah dan gak akan pernah bilang new gen 48G sucks, cuma kesempatannya aja yang kurang (pake banget) jadi mana bisa kita tahu. Anggaplah kaya ane yang udah out dari fandom 48G, gimana bisa tertarik sama mereka coba?

      Like

    4. Intinya Sih “Banyak Fans 48G Yang Gak Mau/Demen Sama Fans Grup Lain” Alasannya Kebanyakan Karena Fans Sebelah Maen Api. Ane Kasih Satu Contoh Kasus Ada “Oknum” Fans Keya Yang Nyerang Paruru Dan Nulis Kalo Kata “Saiko Ka Yo” Hanya Untuk Fans Keya. Meskipun Akhirnya Oknum Tersebut Langsung Di Skakmat Sama Paruru Dengan Cara Mengquote Tweetnya https://goo.gl/Lrddxa Tapi Fans Paruru Sama Fans HKT Udah Terlanjur Ngejudge Negatif Ke Fansnya Keya Dan Akhirnya Mereka Strict Terhadap Fandomnya Keya. Itu Juga Yang Jadi Alasan Banyak Fans HKT Yang Menyatakan Gk Bakal Dateng Di Konser HKT Vs Keya.

      Ane Gk Berani Ngejudge Dia Newbie Gan Tapi Yang Pasti Dia “Oknum” 😀

      Berhubung Ane Punya Radar Pendeteksi Yang Unyu2, Jadi Meskipun Member Tsb Gk Pernah Muncul Di Media Pun Tetep Bisa Kedeteksi Sama Ane 😎

      Like

    5. Hmmm, satu lagi bukti fanatik tapi kepala kosong ya. Jujur ane gak tahu soal ini, baru tahu sekarang soalnya jarang main2 ke forum Nihongo.

      Entar dibicarain orangnya datang pula 😀

      Ngomongin idol lain, ini anak siapa sih? Kaya Hashimoto Kanna atau bukan? https://goo.gl/RYQFPW

      Like

    6. Yah, kalau soal panas2an sih pasti ada lah ya.

      Belum sih. Dia tahu juga belum pasti 😀

      Barusan ane liat threadnya di S48 kok gak begitu mirip ya?

      Ngomongin Kanna, Rev DVL bubar tuh…

      Like

    7. Oknumnya Undang Dimari Aja Gan 😀

      Ane Yakin 98% Itu Sato Nanami Gan Soalnya Doi Termasuk Salah Satu Member Team 8 Paling Sering Nongol Dan Menurut Ane Lumayan Cakep https://goo.gl/8jKT9a
      Tapi Meskipun Begitu, Member Team 8 Favorit Ane Tetep Ota Nao ❤ Sama Sato Shiori ❤ Gan https://goo.gl/wqb7iA

      Udah Ketebak Sih Atau Mungkin Mereka Cuma Mau Ganti Nama Grup Jadi Kanna And Rev From Dvl? 😀

      Like

    8. Lah penuh entar kolom komennya 😀

      Ini Team 8 biasanya nongol di mana sih? Variety maksudnya, kayanya demen banget ama mereka? 😀

      Pait pait lah kalau bener begitu 😀
      Tapi emang dua tiga lagu terakhir mereka terlalu Kanna-sentris, moga2 aja Keyaki gak ikutan begini.

      Like

    9. Varietynya Team 8 Mah Banyak Gan Diantaranya Team 8 No Anta Roke Roke, Team 8 BunBun Sama Team88Ratchi. Akhir2 Ini Mereka Juga Sering Nongol Di AKBingo Dan Nemousu TV Gan Dan Berita Baiknya Lagi, Kebanyakan Variety Mereka Udah Ada Subnya Juga 😀 .
      Selain Variety, Member Team 8 Juga Aktif Di Showroom.

      Semoga Aja Next Keya Single, Yang Jadi Sorotan Bukan Cuma Techi….

      Btw Member Gen 3 Udah Fix Bakal Ikut HS 17th Single Tapi Ikuchuan, Maiyan Sama Sayuringo Fix Gk Ikut HS 17th SIngle 😦

      Like

    10. Oh, lagi naik daun kah mereka? Tapi kira2 bisa gak tuh jadi “Juru Selamat” 48G?

      Aduh, kalau itu tau deh. Ane aja bikin prediksi udah seminggu gak kelar. 😛

      Iya ane baru tahu beritanya, tadi siang cuma liat sekilas di Twitter. Ikuchan sih oke, udah predictable, yang aneh nih dua orang Class of 92, yang satu center tapi gak ikutan HS, yang satu kayanya gak sibuk2 amat.

      Like

    11. Semoga Aja Bisa SIh…. Tapi Rata2 Member Team 8 Malah Ingin Punya Original CD Single Sendiri (Fanpage FBnya Team 8 Aja Misah Dari AKB)

      Kalo Ane Nebak Formasinya Tetep 21-nin 😀

      Kayaknya Mereka Bakal Dapet Proyek Besar Nih, Entah Itu Film Atau Apa Gitu….

      Like

    12. Soal itu, ada kemungkinan bisa kejadian?

      Duh, tau deh, ane aja sampe punya 3 draft buat ini, tau deh yang mana yang bakal ane yakin bener.

      Yah semoga aja bukan ‘G’

      Like

    13. Ane Yakin Kemungkinan Untuk Kesitu Tetep Ada….
      Semoga Aja Saat Konser 3rd Birthday Team 8 Di Saitama Super Arena, April Nanti Bakal Diumumin Original CD Single Untuk Team 8. Amin. 🙂

      Wih Sampe Bikin 3 Draft Haha.
      Sejauh Ini Prediksi Ane Untuk Jumlah Senbatsu Sama Center Keya Masih Tepat Terus Tapi Untuk Formasinya Ane Selalu Salah Haha 😀

      “G” Apaan Pak?

      Like

    14. Duh waktu ane pindah kapal dulu Team 8 masih baru banget, makanya gak tau sama sekali soal mereka 😀

      Well, entahlah, ane masih ragu sama ada di stan “regenerasi” atau “for old timers sake” buat Nogi tahun ini.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s