Yggdrasil

Mitologi Nordik sekarang ini cukup dikenal setelah penggambaran Thor sebagai mas-mas iklan shampoo diputar berkali-kali lewat Marvel Universe. Namun, aku tidak berniat membahas tentang Thor, Avengers, atau malah Chris Hemsworth tentu saja. Dari segi mitologi, bangsa Nordik memiliki versi mereka sendiri tentang bagaimana alam raya ini terbentuk.

Bangsa Nordik memiliki tingkatan-tingkatan sendiri dalam kosmologi, bagaimana kehidupan terbentuk dari api dan es, dan bagaimana para dewa Nordik membentuk dunia manusia. Kumpulan mitologi kuno bangsa Nordik dirangkum dalam Poetic Edda, yang meski memiliki beberapa versi tetaplah didasarkan dari Codex Regius, manuskrip abad pertengahan dari Islandia yang membentuk literatur Skandinavia modern.

Dalam mitologi ini, dunia terbagi menjadi 9 bagian; Asgard, Vanaheimr, Alfheim, Midgard, Jotunheimr, Svartalvheim, Muspelheim, Nivlheim, dan Helheim. Semuanya menyatu dalam pohon kehidupan, Yggdrasil. Yggdrasil terletak ditengah-tengah dari kesembilan dunia, menyatukan mereka.

yggdrasil1
Ilustrasi Yggdrasil

Pohon ini dianggap paling suci dalam mitologi Nordik, dimana akarnya meminum air dari tiga dunia; Asgard, Midgard, dan Helheim, sumber air ini adalah Mimir yang dikatakan memiliki pengetahuan dan kebijakan. Akar yang berada di Asgard menyumberkan air itu menjadi Sumur  Urðr, yang dirawat oleh para Norns. Tiap hari, air yang berasal dari  Urðr jatuh ke bumi sebagai embun.

Binatang selalu mendapatkan makanan dari pohon ini, tapi juga mengancam hidupnya. Hal ini adalah epitomi dari kehidupan. Di cabang teratas ada elang, angin yang dihasilkan dari kepakan sayapnya membuat angin bagi manusia. Di akar Yggdrasil ada Niðhǫggr, naga yang memakan akarnya terus menerus. Sementara Tupai Ratatoskr membawa ejekan dari satu ke yang lain.

Nah, apa hubungannya dengan Sakamichi? Andaikan Yggdrasil adalah posisi member sementara Nine Worlds adalah realita dimana member dibagi berdasarkan kekuatan mereka di internal maupun eksternal grup. Dan elang, naga, dan tupai yang berada dalam ilustrasi diatas juga akan memiliki bagian. Apa itu? To the next round.

Asgard

asgard_by_a_modern_artist

Dunia paling atas dalam tingkatan Yggdrasil, rumah bagi Aesir. Situs paling terkenal adalah aula Valhalla, tempat para dewa menjamu para Einherjar, jiwa yang mati dalam perang. Dipimpin oleh Odin, raja para dewa Nordik, ayah dari Thor dan Loki.

Siapa yang berada di Asgard sudah jelas, hanya tiga orang; Maiyan, Ikoma, dan Tecchi. Kenapa hanya mereka yang berada di tingkatan tertinggi? Jawabannya simpel saja, mereka adalah member yang dengan mudah bisa dikenali oleh publik, non-idol fans.

Vanaheimr

vanaheimr

Tanah para Vanir dan seringkali dianggap bersisian dengan Asgard. Dulunya, sering terjadi perselisihan antara Aesir dan Vanir, sebelum mereka bersatu untuk melawan Jotun. Vanir dan Aesir secara garis besar adalah sama, hanya Vanir lebih identik dengan kebijakan, alam, dan kemampuan untuk melihat masa depan.

Vanaheimr adalah tempat bagi para monster Sakamichi; Ikuchan, Naachan, dan Neru. Secara level popularitas di internal fandom, mereka jelas top tier, di eksternal, meski cukup terkenal, kalangan fans idol yang non-Sakamichi relatif masih butuh caption untuk mengenali mereka.

Alvheim

alfheimr

Tempat kaum Elf, yang memiliki kekuatan magis dan sangat misterius. Terkadang mereka berposisi netral dalam peperangan, terkadang membantu manusia, dewa, atau menjadi pihak pengancam yang jahat.

Member yang berada di Dunia ini adalah gelombang generasi baru Sakamichi, Gen 3 Nogi dan Hiragana Keyaki masuk dalam kategori ini. Mereka masih misterius seperti kaum Elf, bisa menjadi bersinar atau tenggelam sesuai jalan yang mereka pilih, dan magis mereka sedang dalam level tertinggi saat ini.

Midgard

midgard

Middle Earth tempat tinggal manusia yang dihubungkan dengan Asgard melalui jembatan Bifrost. Midgard dikelilingi samudra luas yang didalamnya terdapat ular raksasa anak dari Loki, Jormungandr dan raksasa Angrboa.

Midgard adalah tempat bagi member yang bisa dikatakan adalah manusia dalam konteks artikel ini adalah mereka yang mendapat push, namun tidak bisa dikatakan besar atau kecil. Secara umum beberapa member 3rd row senbatsu Nogi, front row Under dan mayoritas member Kanji Keyakizaka memiliki karakteristik ini.

Jotunheimr

jotunheimr

Tempat para raksasa, Jotun. Dalam popular culture para Jotun digambarkan sebagai musuh bagi dewa dan manusia, sementara dalam literatur asli, para Jotun tidak sejahat itu. Namun mereka tetaplah bukan tetangga ideal tentu.

Seperti para Jotun yang bisa digambarkan sebagai bangsa besar, member yang mendapatkan tempat disini adalah mereka yang “seharusnya” adalah member besar, namun jika dibandingkan dengan penghuni Asgard atau Vanaheimr terkesan tidak setara. Misa, Maichun, MarikaMiona, dan mayoritas member baris depan Keyaki seperti Yuuka dan 2Watanabe.

Svartalfheim

svartalfaheim

Tempat para dwarfs, atau dark elves. Dalam beberapa literatur disebut sebagai Nidavellir. Sama seperti dark elves yang tinggal secara literal “mendekat pada bumi”, ini adalah dunia dimana para member gagal push seperti Iori, calon member yang akan mendapat push seperti AachanRanzeMiria, dan Nijika, berada di dunia ini. Oh, dan masih ada mereka seperti Rotti dan Mizuho, yang terbilang tidak atau belum bisa memenuhi ekspektasi.

Muspelheim

muspelheim

Dunia api dan tempat tinggal para raksasa api musuh besar para Aesir. Dalam Ragnarok, api dari Muspel membakar jembatan Bifrost. Muspelheim adalah satu dari dua Dunia Pertama, berada di selatan dan dipimpin oleh Surtr.

Sama seperti literasinya sebagai dunia api, Muspelheim adalah tempat bagi member yang bersemangat, berisik, atau tidak bisa diam. Aka, Kiichan, Kaz, SayuringoDanaZuumin, dan Miyu. Merasa karakter mereka lebih cocok di Midgard? Tidak, aku menaruh mereka di Muspelheim karena karakter mereka kuat, hal yang tidak dimiliki oleh mereka yang berada di Midgard.

Nivlheim

niflheim

Kebalikan dari Muspel, Nivhleim adalah dunia kabut dan tempat paling dingin. Nivlheim juga dunia pertama yang merupakan cikal bakal alam semesta dan tempat orang-orang mati. Nivlheim juga adalah bagian dari Dunia Pertama, bersama Muspelheim disinilah Penciptaan bermula.

Member yang berada di dunia ini antara lain Ashurin, Aachan, Yumi, Mona, Memi, dan semua member lain yang memiliki karakter cool & chic. Kenapa seperti memisahkan Yumi yang memiliki karakteristik Midgard ke Nivlheim? Karena sama seperti penghuni Muspelheim, hal ini membedakan mereka dari penghuni Midgard.

Helheim

tumblr_n9g0vcfr7n1t271yno7_1280

Berada diantara Muspelheim dan Nivlheim, dunia ini adalah tempat orang yang tidak mati secara terhormat. Dewi kematian, Hel, tinggal disini dan Eljudnir, tempat kebalikan dari Valhalla juga ada disini.

Tempat ini adalah bagi mereka yang grad, tidak terkecuali nama besar seperti Maimai atau Nanamin, karena secara kasat mata pun mereka belum memberikan sesuatu yang tampak pasca grad. Yah Maimai mendapatkan peran di dorama, tapi hype yang kutangkap hanya pada awalnya saja. Sementara Nanamin, well, dia akan pensiun total, jadi tak ada yang bisa diharapkan.

Begitulah pembagian member ke dalam 9 Dunia dari mitologi Nordik. Selain itu diatas sudah kutulis bahwa ada elang Veðrfölnir ada di puncak Yggdrasil dan kepakan sayapnya membuat angin bagi manusia. Ini adalah representasi dari fandom. Naga Niðhǫggr yang memakan akar Yggdrasil dan berada di bawahnya adalah antis, sementara tupai Ratatoskr yang menjadi penghasut yang membuat keduanya bertarung.

Yang pasti, itu semua adalah sisi-sisi dari ngidol ini, atau harus kusebut Yggdrasil untuk menyesuaikan artikel ini. Ada baik ada buruk, ada gelap dan ada terang. Punya pendapat lain seharusnya member siapa ada di dunia mana?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

61 Comments

  1. Sekilas membaca tulisan ini seperti membaca lagi karyanya Tolkien. Mirip banget. Kalau pernah membaca The Silmarillion pasti akan tahu betapa miripnya. 😀

    Oke, kalau soal ginian ane selalu tertarik sama bangsa Elf. Selain hidupnya abadi, skill bertarungnya oke, wajahnya juga rupawan. Sama kaya gen 3 nogi dan sebagian member hiragana. 😀
    Kalau di dunianya Tolkien, bangsa Elf juga bisa tenggelam jadi sosok jahat bernama Orc.

    Like

    1. Wah, padahal yg The Silmarillion itu epic banget dan kalau difilmkan pasti bisa sampe belasan seri.

      Haha.. maksudnya kalo elf di LOTR itu jago banget kalau tarung.

      Like

    2. Ceritanya nyambung ke LOTR. Settingnya jauh sebelum LOTR. Mulai dari penciptaan bangsa2, cincin2, terus perangnya juga.

      Anyway, yg dunia api kok kaya neraka gitu ya wkwk. Menurut ane itu buat member yg pernah kena skandal haha.

      Like

    3. Ada ebook-nya enggak ya? Kalau ada ane coba baca2…

      Kalau skandal sih diskriminatif banget kalau ditempatkan di Muspelheim. Kaya jahat bener gitu, ane sempat mikir begitu sih, tapi gak jadi deh 😀

      Like

    4. Iya gan yang itu. Perasaan emang bukunya Tolkien murah2 kok. Ane beli 4 buku (LOTR+hobbit) gak nyampe 200rb. Bukan boxset sih.

      Kalo yang mahal ya buku2nya Rowling. Boxset harry potter aja sejuta lebih. Yang cursed child juga 350rb an. Edan emang. 😀

      Like

    5. Ane kapan hari main2 ke toko buku ada Return of the king kalau gak salah masih 150 ribuan… pengen beli tapi pas lagi ada promo novel dalam negeri makanya gak jadi 😀

      Ane masih punya lengkap Harry Potter dari 1-6, yang ketujuh hilang entah kemana, yang 5 & 6 belinya pas premier, udah kaya beli sembako ramenya 😀

      Like

  2. hem kenal dunia ini di anime SAO wkwkwk..
    hemmm sedikit bias min tp ane rasa yuka bisa juga tinggal di Vanaheimr dengan catatan dia ga berlebihan pas saat variety ( kadang dia sedikit over acting ). Posisi dia saat ini sebagai capt akan berpengaruh juga sama populernya kalo dia tetep bisa menjaga kharismanya.
    nah sebagi pengganti yuka di Jotunheimr ane milih Ue, monster yang belum diakui manajemen wkwkkwkw

    Like

    1. Anime apa lagi ini? Ane bukan anime lover gan 😀

      Kalau Yuuka, menurut ane dia masih butuh kerja keras karena kaya yang ane bilang, yang masuk Vanaheimr itu member yang populer di luar grup dalam artian kalau dia dilempar ke non-Sakamichi fans, masih bisa dikenalin.

      Kalau Ue sih, cocoknya di Alvheim deh 😀

      Like

    2. Sword Art Online min diambil dari light novel Reki Kawahara udah diadaptasi di game PlayStation juga wkwkwk..
      hemmm iya juga sih dia belum kliatan sapa dia hahhahahah lagian ban captain juga baru beberapa minggu sedangkan di sakamichi posisi captain kurang ter ekspos

      Like

    3. Ane udah gak ngikutin animanga terbaru dari sedekade lalu lama bener yak tapi beneran, yang paling rutin cuma movie Detective Conan, itu aja setahun sekali. Jadi intelegensi ane soal animanga cuma setara Rocky 😀

      Yah, gampangnya liat aja Keyabingo kemarin, di fandom nama kaya Aka & Zuumin jelas monster, tapi pas dilempar ke publik, masih nol besar. Kalau ke fans idol lain pun ane ragu keduanya bisa dikenali banyak juga. Apalagi Yuuka…

      Captain di Sakamichi lebih ke backstage kali ya.

      Like

    4. Ane belum eksekusi min…keya bingo nya hahahh…
      Kalo ane liat reika di nogi yah gitu min ban captain nya diumpetin ga kliatan kalo dia captain wkkwkwkw beda kalo yuihan pasti kebnyakan tau kalo dia gm 48g walopun ga sekuat takamina

      Like

    5. Loh? Kenapa?

      Kalau embel2 captain ditanggalkan, apa yang Reika punya? 😀

      Ane rasa mayoritas fandom idol non-48G pun gak akan tahu kalau Yuihan udah gantiin Takamina. Selain karena minat yang udah turun, Takamina masih wara-wiri di Mujack dan entah apa lagi, sementara Yuihan punya acara kaya gitu?

      Like

    6. Lupa jadwal hahahha + biasanya nunggu sub bertebaran dulu hahahah..
      Pertanyaan sulit min kalo reika ban capten nya dicopot..
      ane juga kagak tau sih yui han punya acara sendiri / kagak cuman kalo dibandingin yuihan vs reika kalo dilempar diluar fandom masing2 kayaknya sedikit unggul yui ( sumber ane pribadi hahahha )

      Like

    7. Sekarang mah sub cepet, ada enaknya juga tapi bikin subber lama kaya Aidol & Ikudon jadi hiatus 😀

      Kalau dia gak jadi captain, palingan dia bakal ada di level Berika.

      Kalau ane sebaliknya, karena Reika udah pasti ketahuan captain Nogi dari awal sementara Yuihan itu pengganti. Bedanya original sama enggak itu jauh loh, terutama dari segi rekognitas publik.

      Like

  3. Sebelum ane bermain-main dengan sci-fi, ane mau nge-troll sebentar. Itu Asgard kan isinya para Einherjar, jiwa yang mati dalam perang. Kapan itu 3 orang Maiyan, Ikoma, dan Techi matinya? atau kapan perangnya? 😀

    Dan Helheim, tempat bagi mereka yang mati tidak terhormat. Lah kalau acuannya adalah tidak memberikan sesuatu yang tampak pasca grad, hampir semua ex-idol Sakamichi Series masuknya kesini dong. Jadi berasa TPA Bantargebang ini. 😀

    Like

    1. Anggap aja mereka Aesir, bukan Einherjar *eh namanya mirip2 nih 😀

      Ya…habis mau gimana, bukan cuma Sakamichi sih, dari grup sebelah juga masuknya kemari. Habis ane pas sortir ternyata yang cocok di Helheim cuma para graduatee 😀

      Like

    2. Wekekeke 😀

      Sebaiknya sih yang telah pergi ga perlu diungkit lagi. Jadi cukup yang masih ada saja yang diukur. 😀

      Paling ane pake terminology Tom Clancy: Endwar. Cuma pasti panjang penjelasannya. 😀

      Like

  4. Muspelheim:
    AoI: Berisik buat member XD
    Shiichan: Berisik klo dah bercerita, panjng amat XD
    Fuuchan jg masuk disini kyknya
    Mao jgn lupa, si mulut Toa XD

    Like

    1. @Mac:
      Ya yg laen dh ente sebut jadi cuma yg Muspelheim yg ane nemuin “celah” nya XD
      Lagian tuh komen jam 12 lewat, mata dah skrt, otk dah gk bersahabat buat mikir, tar deh dipikir2 lagi XD

      ========================

      @Mas:
      Iya, knp? kan cuma disebut + namanya ane gk tulis pake emot lope2…. 😎

      Like

    2. Nah, sekarang kan udah terang, ada tambahan? XD
      Lah ngapain malem2, dapet bonus kuota ya XD

      Jangan bilang kalau Satoshi & Fuuchan udah nambah di daftar XD

      Like

    3. Yah mau gmn lagi, gen-3 sama H.keya dah ente ceburin semuanya ke dunia yg sma, lagian mereka maish makhluk setengah mitos, jadi samar2..
      Mau mikirn dunia buat Nanako, bisa stres ane mikirinnya mana yg pas XD

      Like

    4. @conan, makhluk setengah mitos ini bakal sampai kapan disandang? XD

      Ceileh stress mikir Nanako, tuh mikir K aja Ikuchan sampe ikut2 kerja XD

      @Mas, Satoshi udah? Kapan? Ah emang kalau situ geraknya cepat XD

      Like

    5. Biar waktu yg menjawab XD

      K? keungan? bini n adek2 semau kan kerja, itulah rasa kebersamaan kami 😎

      Si agan Mas klaim si Shiichan di postingan Kakenai blog sebelh klo ane gk salah, sejak saat itu ane gk pernah ungkit2/macem2 lgi soal Shiichan (dan dgn sikp kyk gini pun ane msih sering dikatain srigala)

      Like

    6. *ada typo sebelumnya XD

      Biar waktu yg menjawab 😄

      K? keungan? bini n adek2 semua kan kerja, itulah rasa kebersamaan kami 😎

      Si agan Mas klaim si Shiichan di postingan Kakenai blog sebelh klo ane gk salah, sejak saat itu ane gk pernah ungkit2/macem2 lgi soal Shiichan (dan dgn sikp kyk gini pun ane msih sering dikatain srigala)

      Like

    7. Bahsa asal mas2 iklan shampoo.. XD

      Oh K itu kuota, kirain keuangan, ah sam aja, sama2 seret kedua itu XD

      Ini bahas ane atau si agan Mas “soal kebanyakan trus jd gk valid lagi”?

      Like

    8. Situ Asgardian juga? Kirain dari perut bumi XD

      Dunia memang kejam, mau main SSH lagi udah kapok ane, mendingan yang plug n play aja lah XD

      Yah siapa aja yang merasa lah XD

      Like

    9. Kmrin tertarik sama prk shampoo yg dipake mas2 iklan shampoo, cuma iklannya pake bahsa Asgard jadi smpet belajar bahsa itu XD

      Oh jadi yg kemarin itu gra2 SSH? XD

      Fyuh, bukan ane brrti…

      Like

    10. Mau punya badan atletis, banyak2 makan eskrim itu XD

      ,kuota, keuangan, dmpet, ah banyaklah pikiran Xd

      Iya dalam artian iya ane gk srigala ajdi gk merasa… 😎

      Like

    11. “Terjangkau harganya, terbukti khasiatnya” itu jonnya thornetto XD

      Perut tergantung keuangn, keuangan aman pert bakalan aman juga XD

      Like

  5. Tales & Mana Series + FFIX
    Ringo di Jotunheimr. 😀

    Calon penghuni dari Gen3
    Asgard : Zukki, Yoda, Kuboshi
    Vanaheimr : Ume, Renka, Riria
    Alvheim : Tama, Ayano, Riria, Momoko, Reno, Kuboshi
    Midgard : Tama, Momoko, Mukai, Renka
    Jotunheimr : Renka, Momoko, Riria, Ume
    Svartalfheim : Yoda, Renka, Momoko, Ume
    Muspelheim : Mukai, Riria, Yoda, Ayano, Denchan, Ume
    Nivlheim : Kuboshi, Zukki, Tama, Reno
    Helheim : Ayano
    😀

    Like

    1. Gen 3 doang nih, H.Keyaki mana? 😀

      Kayanya mitologi Nordik udah keseringan masuk pop culture nih, ada yang lebih ngeh sama literatur & manga, ane cari riset mitologi lain deh kapan2 😀

      Soal penghuni kalau dilihat dari progress sekarang ini emang iya cocok ini, yang rada aneh menurut ane Denchan, masa iya dia di Muspelheim? Sama itu kenapa cuma Christie yang masuk Helheim nih?

      Like

    2. Denchan ga rame ya? Mungkin lebih cocok ke Alvheim, ya? 😀
      Kalo Ayano, persiapan aja, dia kan yg paling senior. 😀

      H, ya? Kalo ini minus Neru
      Asgard : Kyonko, Katoshi, Kage
      Vanaheimr : Memi, Kumi
      Alvheim : Sari, MeiMei, Mana, Mirei
      Midgard : Ayaka, Mao, Mirei, MeiMei
      Jotunheimr : Memi, Kumi, Mirei
      Svartalfheim : Ayaka, Mana, Mao
      Muspelheim : Mao, Kumi
      Nivlheim : Mirei, Mana, Sari, Kyonko
      Helheim : Mao, Kumi (persiapan) 😀

      Oot, nih min. Udah ambil Passport dan Shiosai? Ane baru liat, agak kecewa sama Maiyan, meski banyak mizugiannya, masih kalah artistik dengan Seijun na Otona. 😦 Yang menarik, dibagian akhir tone warnanya pake tone2 perpisahan ala drama. Jingga senja. Feeling ane, ini akan jadi PB terakhirnya di Nogi.
      Untungnya, adek mimin menyelamatkan hari. Ragam warna, ekspresi dan sisi artnya cukup buat ane tersenyum lebar. Yg menarik, ada banyak foto yg menggmbarkan sisi kawaii Ashu, sisi kirei Ashu dan sisi kakkoii Ashu. Puas banget! 😀 Kalo harus milih yg lebih sreg, Shiosai buat ane. 😀

      Like

    3. Kalau di blog tau deh, ane jarang blogwalking belakangan ini.

      Buset, alasannya simpel amat, inget wine, makin tua makin mantap 😀

      Kyoko di Nivlheim? Kayanya dia tipe yang cukup semangat deh. Atau cuma tsurishi-nya aja? 😀
      Kalau Manafin, jelas ane ngarepnya dia di Nivlheim aja 😀

      Belum, masih belum download. Sekarang aja lagi hujan petir, ane masih males browsing.

      Like

  6. Utk ikuchan,bisa naik level ke asgard g dia?drama musikalx tahun ini kan ckup dpat sorot publik non idol tuh..
    Oh ane pnya 1 prtanyaan utk soal kashiwa yukina,kira2 dy cocok msuk mna y?g prnah masuk senbatsu,variety jrg tampil plus pas lulus g ada baunya sma skali
    Agan lupa masukin nagasima seira di alam pra graduatee tuh,kan lmyan karir mc dy dg bimbingan dri ijiri lgs 😀

    Like

    1. Masih butuh waktu dan sesuatu sedikit lagi buat Ikuchan. Musikal bukan sesuatu yang bisa dinikmati banyak orang, bisa dibilang enggak mainstream beda kalau dapat dorama atau adaptasi anime kaya Naachan.

      Ya Helheim, semua graduatee ane masukin situ tapa kecuali. Rarin cukup bagus sih, tapi occasional kaya pas dia cover Babymetal kapan hari, kalau enggak ya gak kedengaran lagi. Sama kaya Seitan & Tomato.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s