Sakamichi Review : XVII MV’s

Sanbame no Kaze (3rd Gen song) & Fuusen wa Ikiteiru (Under Song) review added!

Sakamichi Review untuk coupling MV dari Influencer akan kumulai. Sama seperti review tentang lagu-lagunya yang diluar kebiasaan dari sebelumnya, kali ini aku akan mereview MV lebih cepat. Saat Ano Kyoushitsu keluar, aku tak segera menulis reviewnya karena menunggu MV lain, akhirnya semua yang kutulis sudah keburu basi. Review untuk MV Influencer bisa dilihat langsung disiniAnyway, ini dia review untuk coupling, pertama-tama Igai BREAK dan Another Ghost.

意外 BREAK /  Eto Misa, Shiraishi Mai, Takayama Kazumi, Matsumura Sayuri

Type A Track 03

Dari member di unit ini, mudah saja membayangkan MV yang sophisticated, dan dari awal, MV ini dibuka dengan tampilnya Audi A5 Cabriolet silver dengan plat nomor 00-46. Kesan pertamaku adalah “Oh yeah” yang berubah menjadi kening berkerut beberapa detik kemudian. Dari scene awal, jelas ini berhubungan dengan dunia balap, bukan glamor yang kupikirkan.

Bagian berikutnya semakin membuat adrenalin untuk MV ini berkurang. Aku benci fontasi [意外 BREAK] yang digunakan, karena tak ada korelasinya antara dunia balap dengan font yang umum digunakan di nightclub. Hal yang sama berlaku untuk nama member yang ditulis dengan fontasi ini dan aksen neon.

Tidak ada storyline yang bisa diulas banyak, kecuali keempat member adalah bagian dari penggemar gokart dan memiliki hobi merakit gokart sendiri, lalu melakukan balap pribadi. That’s all. Aku tak begitu paham apa ada maksud lain, tapi kurasa tidak, justru MV ini lebih ke arah lucu-lucuan dan tidak dibuat secara serius, yah, setipe dengan MV SG & MRG lah. Bagian yang cukup mengundang tanya adalah kenapa di akhir hanya Maiyan sendiri yang naik dan mengendarai Audi?

Scene Kaz melempar kulit pisang ke lintasan -Banana Spin- jelas mengingatkan akan Mario Kart. Lalu ada Kinoko DashTurtle Attack, dan Star Speed, jelas-jelas ini Mario Kart. Beberapa bagian juga mengundang tawa, seperti saat gokart Maiyan mogok menjelang finish, dan yang lain me-remake scene dari film CARS, saat Lightning McQueen mengalah dan mendorong The King ke garis finish. Ternyata malah ada tamiya yang nyelonong dan memenangkan lomba. Selanjutnya adalah lawak.

Dance di MV ini so 80’s, dan ternyata cocok juga, meski kurang begitu dieksploitasi dalam screentime. Sedikit mengingatkan pada Saturday Night Fever, dan sepanjang dance scene di MV ini, aku kurang bisa menikmatinya. Kenapa? Ada gerakan yang menurutku kadang bertempo lambat memang sesuai dengan musiknya, tapi ada juga bagian dimana dance yang ditampilkan malah cukup berenergi, paling kentara saat Misa di-close up.

Ada juga bagian dance yang menurutku sangat outdated, yaitu bagian Dance of Thousand Handsmalah ingin ketawa ketimbang terkesan. Untuk segi fashion, aku sama sekali tak ada masalah dengan kostum terusan montir yang digunakan karena sesuai dengan tema MV ini. Tapi saat berganti ke kostum umbrella girl atau dress merah yang dilapis racing team jacket, jatuhnya malah benar-benar aneh.

乃木坂46 『意外BREAK』.mp4_000225225
Hanya Maiyan sendiri, center privelege atau ada maksud lain?

Oh satu lagi, formasi ini adalah yang kubayangkan saat menulis prediksi tentang senbatsu 4th single Keyaki, 4 member front row dengan sole center yang berdiri sendiri. Untuk urusan posisi, hal ini tak ada masalah, Maiyan menjadi center karena memang momentumnya, tapi memang akan lebih bervariasi jika member lain yang menjadi center. Atau tanpa center juga tidak akan salah.

Another Ghost / Ito Marika, Saito Asuka, Nishino Nanase

Type B Track o3

Pertama-tama, yang kubayangkan dari MV ini setelah mendengar lagunya adalah tipikal MV dengan storyline yang cukup kuat atau malah random total. Karena lagu yang setipe ini biasanya mendapat bagian MV diantara keduanya. Dan dari scene pembuka, sudah terasa bahwa MV ini akan mendapat pilihan pertama.

Terlihat jelas bahwa latar belakang audisi balet menjadi storyline utama. Naachan yang terlihat gugup, Bebitan yang mengejar audisi, dan Ashurin yang bersiap-siap menjadi pemandangan yang jamak ditemui saat audisi. Setelah itu scene berpindah pada Ashurin yang melakukan freestyle di pintu depan gedung audisi, hal yang sama dilakukan Naachan di teras dan Bebitan di pintu samping.

Kembali ke audisi, Ashurin lepas kontrol dengan menari freestyle, tapi anehnya ketiga orang ini malah dipanggil untuk menari secara bersamaan dan malahan mereka kembali melakukan freestyle. Saat scene beralih ke abandoned warehouse, mungkin inilah maksud sebenarnya dari Another Ghost, dimana tiap orang punya sisi gelap dari dirinya? Entahlah, aku belum menemukan lirik untuk lagu ini.

Penggunaan kamera 360° yang kembali setelah Influencer menjadi sesuatu yang menyenangkan, malah disini lebih bagus karena mencakup hanya satu member per scene, ketimbang 21 member di Influencer. Dance yang ditampilkan di scene ini menjadi jauh lebih menarik, dan saat menyorot ke 3 member, aku hanya sedikit kurang suka pada pilar yang membuat frame menjadi lebih kecil.

Di warehouse, yang patut diapresiasi dari konsep 360° adalah saat kamera berpindah menyorot dari angle belakang member, tak terlihat kamera di depan, dengan kata lain MV ini diambil berulang kali. Selain 360°, perpindahan antar scene di MV ini terbilang halus, membuat storyline bisa jelas ditangkap. Transisi ke warehouse scene juga bisa dikatakan oke.

Untuk kostum, kostum hitam dengan material mengkilat bertema futuristik yang digunakan saat di warehouse adalah yang pertama kali digunakan Nogi -CMIIW- karena sebelumnya mereka belum pernah memakai kostum setipe ini. Kostum ini akan memorable, sama seperti Inochi atau Hoka no Hoshi KaraBy the way, aku sangat menyukai oversized shirt yang dikenakan Bebitan saat solo dance.

Another Ghost adalah MV yang menitikberatkan di dancejadi bisa dimaklumi kalau storyline yang disajikan sederhana. Dan dengan dance yang bisa dikatakan lebih intense dari Influencer, maka tak ada yang perlu dikomentari. Another Ghost adalah masterpiece.

風船は生きている Fuusen wa Ikiteiru / Under Members

Type C Track 03

Under MV selalu kutunggu karena seringnya sama bagusnya atau malah penyelamat dari single keseluruhan. Dan kali ini, aku akan mengatakan yang pertama, dengan sentuhan yang benar-benar berbeda dari MV Influencer. Kesan di 10 detik pertamaku adalah remake dari Girl’s Generation Mr.Mr, dan sedikit membuatku berpikir apa ada konflik politik di Jepang? Yang kutahu sedang in hanyalah impeachment presiden Park Geunhye.

Kali ini, Under MV lack di storyline, yang bisa kutangkap hanyalah mereka adalah pengacara, berada dalam situasi kisruh -kutebak karena mengenai hukum dan pasal- dan kemudian Miria meniup balon, dan situasi menjadi damai kembali. Mungkin balon yang pecah diawal adalah simbol perdamaian dan Miria membuatnya kembali? Oh,whatever, aku tak peduli, karena seperti lagu lain di single ini, MV ini lebih menitikberatkan di dance, dan aku akan membahas itu.

Dance di MV ini dikatakan terlalu mirip Influencer, terutama karena gerakan tangan yang banyak. Tapi aku malah lebih berpendapat ini mirip Umareta Mama De, bedanya hanya di MV itu Bebitan tidak mendapat posisi yang sebaik Miria kali ini, berada di ujung meja sendirian, menegaskan posisinya sebagai center. Well, kalau dikompromikan, gabungan antara tema Influencer dan Under song spring single 3 tahun lalu.

Hand dance yang sedikit banyak di MV ini sedikit lebih jelas ketimbang Influencer, dan jujur disini aku bisa lebih menikmatinya. Screentime dan teknik kamera yang bisa dikatakan lebih halus -meski sangat monoton- adalah faktor utama. Well, yang jelas, Nogi sedikit banyak mengambil inspirasi dari Marionette Dance kali ini. Menarik untuk melihat bagaimana mereka akan membawakan lagu ini saat live.

Tridente Renachi-Miria-Aachan memang sedikit kejutan, karena tak kusangka rewards untuk mereka adalah ini seiring absennya Hime. Well, Miria deserved it, karena seperti yang kukatakan sebelumnya, dia adalah yang paling mungkin untuk meneruskan tongkat estafet sebagai pilar Gen 2 setelah Miona & Kiichan semi-permanen di Senbatsu, juga Maichun.

Tridente Under kali ini juga secara mengejutkan bisa memberi impact yang lebih, mengingat mereka belum teruji sebagai member front row. Terlebih adegan konflik antara Renachi dan Aachan, meski hanya sepersekian detik tapi menarik. Membicarakan screentime, ini termasuk sangat bagus. Hanya 12 member jelas menjadi alasan utama. Bahkan Rotti dan Maaya juga mendapat jatah yang menggembirakan.

Dari segi fashion, suit bukan fashion item yang bisa digunakan sembarangan dalam idol dance, dan kali ini Under nailed it, terutama di dance scene terakhir. Tapi aku bukan fans dari dress putih di dance scene, monoton! Meski dress putih itu memang bagus, tidak seragam, dan enak dilihat.

Konklusinya, Fuusen wa Ikiteiru adalah Under MV yang menarik, didominasi dengan wajah baru, dan khas Nogi. Tak ada yang perlu -atau bisa terlalu- dikeluhkan dari sini.

三番目の風 Sanbanme no Kaze / 3rd Gen Members

Type D Track 03

Untuk pertama kalinya Gen 3 Nogi dilibatkan dalam single, dan ini langsung setelah mereka resmi menjadi member. Jika dibandingkan, Gen 2 baru berpartisipasi dalam single sekitar 2 tahun setelah debut, itupun tidak semua member Gen 2 ikut. Baru di tahun kemarin, di album kedua Sorezore no Isu, mereka mendapat lagu Kakigoori wa Kataomoi.

Nah, karena ini adalah debut mereka, aku tak mengharap terlalu tinggi; sekedar bisa memperlihatkan charm masing-masing member saja sudah bagus. Dan kurang lebih itu terkabul. Sejak detik pertama, Momoko, Zukki, Kuboshi, dan Yoda membuat simbologi dari kelahiran Gen 3 dengan mata yang masih tertutup. Kemudian berlanjut ke Tama, Rentan,  Riria, Christie, Hazuki, Reno, Denchan, dan Ume.

Tak ada storyline selain Gen 3 menjadi -tepatnya dalam proses menjadi- member Nogi disini. Background MV ini adalah backstage. Terlihat jelas di beberapa scene mereka mengenakan earphone sambil/atau melakukan gerakan dance. Ada juga scene dimana mereka di-touch up (well, mata Christie menunjukkan seorang yang memang baru dalam dunia ini)

Kemudian ada scene dimana menurutku adalah bagian terkuat; tiap member mendapatkan waktu untuk menjadi sosok yang berbeda antar individu. Momoko mengenakan sayap peri, Zukki dengan vest mawarnya, Rentan memakai semacam jas hujan, Yoda bersama beruang, Ume yang sibuk dengan kamera dan Hazuki yang menjadi obyek, Kuboshi dengan baju kuningnya bermain sliderTama yang berlatih dance, Reno dan Denchan mendengarkan musik, dan Riria yang hanya melakukan dance unik. Hanya Christie yang menurutku sama sekali tak berkesan disini, WHY?

Simbologi original Tridente di Gen 3 adalah saat Kuboshi dan Zukki berada di samping pintu, kemudian Momoko masuk. Ya, sejak awal memang mereka yang diplot menjadi Tridente, cukup adil kurasa jika Yoda tidak masuk disini. Kemudian mereka menari di sebuah ruangan dengan slo-mo yang menurutku sedikit berlebihan. Well, ini dance scene, jika dance-nya powerful maka tidak salah, tapi ini tidak. Dance yang sedikit banyak seperti modern ballet ini menjadi sedikit tidak nyaman dilihat, mungkin karena lighting yang terlalu benderang.

Sedikit hal yang menurutku cukup aneh adalah Denchan yang tidak punya tahi lalat disini? Karena sebelumnya jelas dia memilikinya di atas bibir sebelah kiri. She went under the knife? Well, memang sedikit disayangkan karena menghilangkan ciri khas tapi karena memang di Asia Timur menghilangkan tahi lalat dianggap bisa mendatangkan keberuntungan… so yeah…

Digarap oleh orang yang sama dengan yang menyutradarai Hane no Kioku, Hoka no Hoshi Kara, Koko Janai Doko ka, dan Arakajime Katarareru Romance, tak heran MV ini terasa familiar. Penggunaan slo-mo dan close up menjadi kekuatan utama Taro Okagawa. Untuk digunakan di MV pertama Gen 3, menurutku sudah tepat. Sanbame no Kaze membawa nafas khas Nogi yang fashionable, dan menjadikan itu highlights. Bisa kukatakan aku puas untuk MV ini.

Begitulah akhir dari Sakamichi Review untuk coupling MV dari 17th single, Influencer. Nantikan seri terakhir dari Sakamichi Review untuk lagu-lagu dari Influencer. Dan siap-siap untuk seri Sakamichi Review dari Fukyouwaon.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

148 Comments

  1. Igai break
    – Pas denger lagunya, paling entar MVnya kesannya dark dan dancenya agak berat. Tapi ane salah total. Dancenya lemes, konsepnya juga gak begitu jelas. Ane gagal paham bener sama MV ini. @@
    – Maiyan expression-less disini. Kaya didepannya ada koreografer yg men-dikte gerakan2nya. Ane juga gak bisa ngerasain emosi member2 di unit ini.
    – Maiyan sendiri yg naik mobil? Mungkin semacam kode. Kode apa yaaaaa….??? 😀

    Another Ghost
    – Lumayan suka sama MV-nya. Tapi belum bisa membuat ane ngerasa ‘Wow’.
    – Dancenya Oke. Mungkin koreografer nya terinspirasi sama Koi dance yg lagi hits banget. 😀

    Like

    1. Kayanya semua dikecewain sama Igai BREAK, yah, gak salah sih. Konsep lucu2an kaya gini udah sering emang, tapi untuk lagu selevel Igai BREAK, emang rada ngecewain tapi ane gak terlalu masalah sih. Kalau naik mobilnya Maiyan yang sendiri, ane yakin bukan grad, karena dia sendiri jamin dia aman dari graduation tahun ini. 😀

      Kalau Another Ghost, bagus ini, soalnya udah lama Nogi gak bikin yang setipe ini. 😀

      Like

    2. Ane sbnrnya juag gak masalh sm mvnya. Wong yg sering ane puter lagubya, bukan videonya. Lagu ini jg tetep di peringkat 1 di single ini. Utk anotherbghost mungkin bisa naik ke perigkat 3, yg sebelumnya di peringkat 4 😀

      Like

    3. Yah, kecuali MV-nya sekelas Kidzuitara yang gak bosenin untuk diliat berkali2, lain cerita itu mah 😀

      Ini naik peringkat dari segi lagu atau MV?

      Ane gak liat, cuma nunggu satu klub doang baru streaming 😀

      Like

    4. Kalo MV yg bener2 bisa membuat ane ‘wow’ ya ImaHana. Maklum, suka drama2 melankolis 😀
      Kalo Kidzuitara, lumayan suka sih. Tapi ada unsur surealismenya yg agak gmn gitu.

      Another Ghost suka dari segi lagu. Lama2 didengerin jadi tambah nyantol 😀

      Kalo ane, tiap kali lihat langsung klub jagoan main malah mesti kalah. Kalo gak dilihat malah menang. Terakhir sih dibantai Munchen 5-1 😀

      Like

    5. Imahana bagus, tapi faktor lagu yang lebih wow sama gak adanya seifuku yang dipake bikin ane rada kehilangan feel kalau itu MV. Kidzuitara sama Sayonara sama2 surealis juga, jadi ane gak terlalu masalah 😀

      Bikin semangat lagunya 😀

      Oh, yang mana? Yang dibantai pertama apa yang kedua? 😀

      Like

    6. Oke, ternyata ngelanjutin dari artikel sebelumnya. Kasus Mbah Wenger di close aja ya gan. Udah terlalu pait hidup sbg Gooners 😀

      Fuusen:
      -Suka sama dance tangan di awal video. Kaya MV nya keyaki yg otona.
      -Keuntungan dari member yg lebih sedikit, dancenya rapi, enak dipandang. Gak kaya Influencer.
      -Gerakan robot. Tribute to Nanamin?
      -Overall, MV terbaik di single ini.

      Sanbanme
      -Sedikit kecewa sih karena gak ada dancenya. Pdhl mereka udah pernah dikasih lagu semacam Inochi. Paling gak ada dancenya gitu di akhir. Tapi gpp deh. Udah lumayan juga.
      -Ane juga belum bisa merasakan kharismanya Momoko sbg ace. Kalo suruh milih, ane lebih pilih tridente Zukki-Yuki-Shiori. Yuki jadi center.
      -Overall, ane sudah cukup puas sama MV ini. MV-nya seakan berkata “Ini lho wajah2 Nogizaka generasi 3”

      Like

    7. Fuusen
      -Hahaha, emang senbatsu lebih dari 20-nin itu kebanyakan, kecuali kalau isinya dance doang 😀
      -Kalau yang kaya gerakan robot, ane lebih prefer itu ngambil dari Marionette
      -Ane sih gak bisa nentuin mana MV yang paling bagus kali ini, lebih suka Another Ghost, tapi kalau dilihat dari khas Nogi-nya, antara Fuusen sama Sanbame.

      Sanbame
      -Ane gak ada kecewa sama sekali soal absennya dance, cuma rada kesel juga dikasih bagian tapi slo-mo begitu.
      -Definisi Ace dan Center…ini sebenernya ada artikel yang mau ane up, cuma karena masih terlalu banyak Sakamichi yang harus keluar, ane pending dulu deh 😀

      Like

  2. Another Ghost
    Kok gerakan dancenya agak2 mirip sama Influencer ya?
    apa cuma perasaan ane?
    atau emang “otak” dancenya org yg sama?
    dance sebagus itu kok gk ada info dari situs nogi soal sapa koreonya…

    Igai BREAK
    Yg ane inget cuma nyengiran nya Kaz, “jurus” masing2 member yg kyk dibahas diatas, sama Tamiyanya Misa, mengingatkan ane sama zaman gila2nya ane sama dunia Tamiya XD
    Soal dance yg banyak yg bilang lemes ane sih gk terlalu gmna2…

    Daaaan, dah 3 lagu Nogi disingle ini yg dah ane denger dan liat, dan blum ada yg bisa langsung kasih impact yg kuat buat kuping dan selera ane di kesan pertama. Butuh proses buat 3 lagu yg dah ane dengerin.

    Like

    1. Kalau Influencer sih bukan, apa bukan mirip lagunya AKB ya? Soalnya ane pas nulis ini review sekilas liat lagi MV Nogi yang ane pikir mirip, tapi gak ada yang ketemu.
      Emang koreo biasanya dibocorin kalau bukan main single?

      Ane malah rada kebayang 13 nichi no Kinyoubi pas liat Igai BREAK, gak tau kenapa XD

      Tinggal tunggu Under MV, tapi yang ini sih untung2an, soalnya sekali bagus ya bagus, tapi kalau gak jelas ya gak jelas sekalian XD

      Like

    2. “apa bukan mirip lagunya AKB ya?” <- ini masih bahas pndapat ane yg bilang dance Igai mirip Influencer atau situ lagi bilang klo lagi igai mirip lagu AKB? masih dance atau lagu?
      Enggak sih, cuma kan bikin penasaran, sapa koreo dance yg bagus ini XD

      Yg punya MV tinggal under ya, masih aa satu lagi kan?

      Like

    3. Ane bilang kalau dance Another Ghost sekilas ngingetin ke MV dari grup lain, dan yang kebayang cuma AKB… Iya gak sih?

      Under sama Gen 3 doang, minggu depan kali, biar ane ada istirahatnya XD

      Like

    4. Habsi situ nulisnya “apa bukan mirip LAGUnya AKB ya?” jadi ane pikir bukan lagi bahas soal dancenya XD
      Gk tau, klo ane liat mlh mirip influencer XXD

      Hahahahahah, iyalah, biar ambil nafas dulu XD
      Tpi klo minggu depan takutnya malah Keya mulai bergerak dgn single ke-4nya XD
      kyknya gk bakal banyak istirahat sebelum tgl 5 april keatas XD

      Like

    5. Kalau lagu mereka, selama bukan main single sampe Bokutachi ya ane gak tau juga XD

      Denger2 besok 4th single udah bakal di-preview di KochiHoshi…istirahat tinggal harapan XD

      Kalau bisa jangan komen doang, bawain oleh2 balsem sekali2 XD

      Like

    6. Laaaahhh…

      Belum pasti sih, preview? cuma umumin judul? atau malah gk ada sama sekali..
      Siap2 ajalah.. XD

      Lah, balsem yg ane punya ya dah habis ane pake buat diri sendiri XD

      Like

    7. Ya makanya, lupa2 inget makanya ane tanya XD

      Barusan liat twitter malah tinggal beberapa jam, ane masih iya atau enggak ini mau rilis artikel…

      Buat? Ngolesin mata serigala? XD

      Like

    8. Ntah, dah jrng juga dengerin lagu 48 XD

      Gk ada kyknya, ane pantau dunia burung biru, gk ada yg lempar link preview XD

      Ya, selain itu balsem jd barang dagang buat memperpanjang nafas ane XD

      Like

    9. Apalagi kayanya bakal makin jarang setelah bulan ini selesai ya? XD

      Katanya Kanjo sih cuma ngulang tanggal rilis, berarti minggu depan baru keluar semua.

      Apa2 dijualin, jangan2 sedotan WC dijual juga jadi sendok makan abad pertengahan? XD

      Like

    10. Hahahah, sepertinya gitu XD

      Bulan yg berat buat jari jemari XD

      Ap aja yg bisa menghasilkan pasti dijual, tingg g belum XD

      Like

    11. Diluar sih tertawa, tapi daalmyasakit, tpi gk ada darahnya XD

      Dah gitu gk sekalian sama covernya, kan bikin kerjaan aja ini namanya XD

      Alahmak, gk semperna ngetiknya tdi, “Tinggal harga diri yg belum” itu maksudnya tdi XD

      Like

    12. Bau2nya bakal dengerin lagu mellow nih XD

      Kerjaan apaan pak? Tinggal update postingan juga beres XD

      Dih komen aja pake disingkat, masa segitunya sama kuota sih? XD

      Like

    13. Mellow goeslow? XD

      Loh, save gambar, upload gmbar, kerjaan loh itu, apalagi ngerjainnya pas lagi kerja beneran, kan nambah2 kerjaan namanya XD

      pas ane ketik pagenya masih loading x, jadi gk semprna deh XD

      Like

    14. Gk tau emot ketawa nagis, gk tau emot tepok jidat…
      Kurng dri seminggu kyknya XD (mksdunya ini emot nangis)

      3310 ane bisa GSm, bisa CDMA XD

      Like

    15. Mau pake abang peter, dia lgi sibuk XD

      Sngaja gk ngapail tgl terkahirnya, gk kuat klo harus tau countdown2 gitu T.T

      Bisa.. bisa..
      jadi pager jg bisa XD

      Like

    16. Sibuk intropeksiri dia, knp gk dipanggil2 lagi buat jadi spiderman XD

      Diriku bukan sosok yg tegar T.T

      Bisa, hal mudah itu XD

      Like

    17. Dah ane sering bilang gitu, cuma gk sadar2 dia XD

      Lagu tegar atau lagu yg dinyanyiin Tegar? XD

      3310 allmighty XD

      Like

    18. Sama kaya ente berarti XD

      Ya terserah enaknya gimana aja, siapa yang nyanyi sih terserah lah XD

      Bisa dipake senjata buat ngancam LLC gak ya? Biar gak pelit2 amat XD

      Like

    19. Ngapain makan yang asem2? Hidup kurang pahit pak? XD

      Wah undestructicable itu namanya, kalah perisai Captain America XD

      Skip, gimana komen soal MV yang baru?

      Like

    20. Sanbanme
      Buyar pandangan ane soal lagun Mv nya gar2 setelah lait MV gen-3 , ane terka hantaman keras sama lagu Under, jadi intinya, MV gen buyar sama MV Under XD
      Cuma klo dari lagu, ane cuma suka musik di intronya (dan musik sejenis yg ada di bbrapa part lainnya) aja, sama “hey hey hey” nya

      Fuusen
      Semakin hopeless pas denger n liat MV gen-3, sama kyk lagu2 laennya disingle ke-17, sekedar suka.
      Daaan..
      Akhirnya MV Under pun di Play, langsung “Jleb”, baru pertama x denger lagunya langusng suka, penyelamat disingle ke-7 nih lagu.

      MVnya, gk ada celah bagi ane utk dikomentari, pling cuma KTK yg diawal MV pas member duduk dikursi trus dance gerakan tanagn, dia agk telat, selain itu, SUKA!

      Dancenya, rap nya jg yg bukan trmasuk bagus tpi enak, kostum putih, makin cantik semua member.
      pakaian setelan, mengingatkan ane sama World Order XD

      Intinya, Perfect! buat ane, bersyukur Miria jadi center di lagu dan MV yg kyk gini

      Like

    21. Lah? Gak suka Sanbame nih ceritanya? Kenapa?

      Hahahaha, jadi intinya kaya Karin yang digebuk Chiichan pake ukulele ya kesannya setelah liat Fuusen? XD

      Lord Kotoko selalu benar, dia telat? Mata situ kali yang telat XD

      Tapi masih gak suka rap-nya? ANe sih suka, sedikit di atas Buranko malah. Dress putih ane kurang oke, karena monoton, lebih suka kalau full pake suits.

      Like

    22. Bukan gak suka,
      Suka, tpi sebatas itu aja, sama kyk lagu2 laennya, apalagi pas ane denger lagu unit Miona sama unit Waka, fix, cuma lagu under sang penyelamat, yg laen sebatas, suka!

      Nah iya, habis nonton Fuusen, ingatan ane soal Sanbame langsung buyar seolah kpl kna pukul ukulele chiichan, beda x klo dipukulnya pake ukulelelnya Ikuchan XD

      Iya juga ya, antara mata ane yg telat atau player ane yg perlu diupdate biar gk lelet muter video yg ada lord KTK XD

      Suka sama rapnya, cuma klo mau bicarain rap sbannrnya ya beda rasa XD
      Apalagi pas Rap yg ini “Jinsei muzukashī” & “SNS yakamashii” suka sama suara dan sosok yg nge-Rap nya (duh emot lope2 disini pake apa sih?), ane ulang2 trus pas bagian ini 🙂
      + yg ini “yaru koto nante naishi” enak liat si Maaya yg enjoy banget

      Ane suka baju putihnya mungkin gra2 buat ane teringat sama MV Nandome XD

      Like

    23. Eh, emang udah ada audio HQ yang bertebaran?

      Ikuchan bukannya udah gantung ukulele? XD

      Obyek pindah ke Lord Kotoko ini lama2 XD

      Kampret, ini sih suka rap-nya tapi bias ke satu orang doang XD
      Emot love? Kasih tau gak ya? Entar menjamur lagi XD

      Nandome? Inget cowok yang tukeran baju sama Naachan kali? XD

      Like

    24. Di Aidoru dah ada, klo gk mau ribet di decade48 jg dah ada

      Ukulele digantng trus diganti sama yg alat musik 3 senar itu XD

      Hahahahaha, sapa yg memulia? Gk dikosan sbelah, gk disini, KTK jadi pembicaraan XD

      Hahaha, ya giman lgi,, dia sosok yg benar2 influencer di single influencer ini XD
      Tp gk bias juga, itu yg Maaya ane jg suka kan, tpi beda level sukanya XD

      Keinget temannya si cowok yg iri, ngakak liat ekspresi irinya XD

      Like

    25. Duh aidoru rada susah nih pake oreo, kalau decade kemarin ane liat cuma 7MB-an gitu?

      Alat musik 3 senar apaan? Biola?

      Soalnya besok2 dia mau bikin cult sendiri, cabang dari SG, Lord Kotoko Kingdom XD

      Hmmm, ane punya pendapat sendiri soal vokal, tapi bahas entar aja deh di artikelnya sendiri.

      Yang mukanya bego itu? XD

      Like

    26. Enggaklah,50mb-an keatas, komplit cuma gk ada versi off vocal aja

      Itu yg tantangan musim panas, yg dia blajar sma emak2, Shamisen

      Wah, buka CV sendiri si lord KTK? XD

      Yah kl soal vokal tau sndiri pndapat ane, ane gk trlalu merhatiin soal vokal klo dah nyanyi rame2 gitu, apalagi klo dah dicampur bias XD

      Ah kasar x klo pake kata bego, bilang aja muka2 orng yg gk pinter XD

      Like

    27. Iyakah? Tapi besok aja deh, nunggu demam turun XD

      Oalah yang itu, yah maklum, bukan bini ane jadi gak suka lirik2 XD

      Melebarkan sayap soalnya tinggal dia yang belum senbatsu dari SG XD

      Adek bukan sih, gak pedulian gitu XD

      “Oh yang mukanya mesum itu?” gimana XD

      Like

    28. Efek jari-jemari kerja keras kah? atau efek menjelang akhir bulan? XD

      Alah, bilang aja lupa faktor Umur, sok2 pke alasan gk lirik lagi XD

      Karin kan jg blum Om? efek demam nih XD

      Bukan gk peduli, ane nerima adek ane apaaanya 😎

      Ya bolehlah, toh tuh makhluk gk tau klo lagi dibicarain XD

      Like

    29. Emang lagi waktunya down aja, baru kali ini demam sampe libur 2 hari XD

      Jawab gini salah, jawab gitu salah, maunya apa sih? XD

      Iya kan ini juga XD

      Alasan aja pak XD

      Bersin2 dia di Jepang sono XD

      Like

    30. Baru 2 hari, ane smeinggu pernah, seminggu itu dah + bikin hari libur sndiri XD

      Hidup situ emng dah salah XD

      Y jgn cuma bilang lord KTK dong, mentang2 dia lord jadi cuma dia yg disebut XD

      Ya emng gitu, bias mengalahkn sgalanya XD

      XD

      BTW, di MV sanabanme detik 58 sampe menit 1 pas adegan Kubo baca buku, ada yg ganjil kyknya pemandangannya..

      Like

    31. Demam diatas 40° baru kali ini pak, pake komplikasi pula XD

      Salah2 gini bini ane cuma satu *apa urusannya XD

      Karena Lord selalu benar, apalagi yang namanya Lord Kotoko XD

      Padahal sebelum ane bikin tulisan yang dulu, gak ada yang lirik Miria XD

      Yang ada sajadahnya itu kan? Well ane gak kaget nemu yang begini jadi properti, karena dulu di KPop juga banyak nemu yang begini.

      Like

    32. Jgn2 ini serangn goib dri pra srigala XD

      Apa hbungannya? tpi yasudah lah, ane maklumi jaja, ocehan orng sakit soalnya XD

      Allhail lord Kotoko *sasaran “bully” baru? XD

      “Padahal sebelum ane bikin tulisan yang dulu, gak ada yang lirik Miria” … selain Ane 😎

      Oh sering ya, asem. klo cuma jdi properti msih mending,di MV itu kyk jadi selimut, tarok di kaki pula.. OKlah!

      Like

    33. Bisa jadi dipertimbangkan? Mana jasa sewa detektif buat menyelidiki? XD

      Udah maklumi aja XD

      Lord gak bisa dibully, kalau bisa udah dari bertahun lalu Kotoko dibully XD

      Ah situ juga gak pernah bilang XD

      Sigh, karena ini MV bukan di negara Muslim Majority, bukan hal yang aneh juga. Rasional aja, di Indonesia, berapa banyak yang tahu bedanya Menorah sama tempat lilin? Jepang negara sekular, gak ada satupun dari 3 agama Samawi yang punya basic kuat disana, Natal aja cuma dianggap perayaan pemanasan tahun baru kan. Well, ane bukan defense hal ini, cuma berpikir situasi dan kondisinya aja.

      Like

    34. Dah gk ada detektif2an lagi, dah gulung tikar XD

      Iya ane maklumin aja x ini XD

      XD

      Ya soalnya waktu itu yg hebohnya masih soal bini2an aja, gk pernah bawa2 yg nama nya adek.. Miria sama kyk Miona, awal knal langsung menge-nyutkan hati ku XD

      Ya cuma masak sih staf disana gk snesitif sama hal2 beginian, tpi yasudahlah, toh favorit ane Fuusen, bukan MV gen-3 XD

      Like

    35. Gitu aja menyerah? Padahal kisah cinta 20 tahun belum nyerah? XD

      Padahal dulu ane udah bilang Bebitan sama Ashurin jadi adek, tapi gak ada yang ikut2an, eh giliran makin tenar banyak yang ikut2an XD

      Yah, balik lagi ke poin ini kejadiannya dimana. Di Negara yang pernah bikin komik Jesus sama Buddha jadi teman seapartemen. Udah pernah lihat acara yang bahas soal Islam yang ada Manatsu-nya itu kan?

      Like

    36. Penghasilannya gk mencukupi buat menghidup 7 bini + 3adek XD

      Kyknya klo soal Miria ane dah pernya nyebut di kosan lama n kosan sini..

      “Udah pernah lihat acara yang bahas soal Islam yang ada Manatsu-nya itu kan?” ada kah? link

      Like

    37. Inilah mungkin disebut “Pengorbanan cinta” 😎

      Ya ane kan SELALU komen SESUAI postingan, jadi masak iya ane bahs adek ane dipostingan yg bukan mjd wadahnya XD

      Like

    38. Dianggap gitu jg boleh XD

      Biasanya yg percya itu orng2 yg hatinya tulus suci XD

      “Btw udah bikin Kojichuu sendiri toh?” (terdiam sejenak, “apa maksudnya ini?”) oh, iya, habis dah kena surat cinta 3x klo gk salah, jadi ya infoin aja, itupun klo ada yg sadar ada info itu XD

      Like

    39. Lord Voldemort? XD

      Kalau gitu ane lebih milih gak percaya deh, dibilang hatinya keracunan Dark Side juga okelah daripada membohongi diri sendiri XD

      Gak bakal ada yang tahu kalau banyak yang akses kosan situ dari hape, kan beda template di PC sama hape. XD

      Like

    40. Situ? XD

      Asem..XD

      Ya sih, itupun antra niat gk niat jg ngasih taunya, mau bikin postingan khusus cuma buat infoin gitu males pula ane XD
      Ya, yg tau syukur yg gak tau jg gk apa2 XD

      Like

    41. Kirain lagi ngomongin krkter situ XD

      Ntaran aja klo emang dah kegusur beneran bru ane infoin di Twitter n FB + trpaksa kluar uang pelicin buat minta promoin disini XD

      Like

    42. Kicauan orng yg lgi down, ane iyain aja deh, ntar disangkal makin down pula XD

      Bukan ngarep, tpi dah pasrah XD

      Btw situ bisa sadar gra2 akses lewat HP atau Pc atau tablet atau dari 3310? XD

      Like

    43. Seenggaknya ane gak bakal nangis guling2 karena down XD

      Wah muter lagu2 religi ini pasti XD

      Pake laptop lah, kan ane udah bilang, tampilan mobile sama web itu beda XD

      Like

    44. Gk guling sih, cuma num[uk drft aja XD

      Ya kan lewat HP juga ada pilihan, “tampilikan versi web” XD

      Like

    45. “Bini ente juga begitu aja ngatain orang” mksdnya?

      Ya mana tau kan gk puas sma tampilan HP + kuota banyak XD

      Like

    46. Msih blm ngeh loh, bini ane yg suka nyimpen draft? Situ msih down atau ane yg twlmi?

      WordPress? Lagi ngingetin ane ke masa kelam blog wp ane yg gk brthan seminggu y?

      Like

    47. Owada Nana eh, Owalah mksudnya style ngeblog bini ane yg satu it toh XD

      Sarannya malah sesuatu yg lebih cepat ditebasnya XD

      Like

    48. Kan dah ane bilang, ane tuh tua pengalaman, maknya komen2 ane dalem n berbobot 😎
      1 roll tisu toilet XD

      XD

      Like

  3. Igai break
    Aroma GB nya kuat bgt tp syg dancex emotionless,kesan capek dri para mmber kerasa. Jd ikutan krg smangat mnding ane dngerin lagunya aja. Oh y kesan lawak yg kuat di mv ini dsbabkan krn sutradarax sama ama hakumai sama jd y setipe lah y 😀
    Another ghost
    Masterpiece in simplicity!
    Sesuai dugaan awal ane,mv ini bakal dance based dan emg cocok sih tuh 3 org ckup jago di dance. Awal tahun ini marika jaya,tuah potong rambut jd stand out. Mana dipuji bnyak org lg kyak akira sunset ama produserx fuji tv. Dancex dinamis jd g melulu fokus ke naachan. Ane rela join to the dark side ama mrk ber3 😀
    The last jedi kapan kluarx nih,para padawan udah g sabar 😀

    Like

    1. Dibilang emotionless, perbandingannya Keyaki. Dibilang gak niat juga enggak. Dilema buat Igai BREAK 😀
      Kalau di Hakumai sama ada Rocky, disini ada Tamiya 😀

      Yang jelas sih Another Ghost emang layak dapet pujian. Teknik pengambilan gambar yang fresh, dance yang intense, kharisma member yang dark, dork, dan Naachan, panteslah 😀

      Biasanya Under MV tuh keluarnya terakhir, apalagi ada MV Gen 3, paling bagus ya barengan. Mungkin minggu depan 😀

      Like

    2. Kata yg cocok utk unit another ghost itu dark,dork dan doiyasan 😀
      Adorkdarkable!
      Masih 3 lg yah Mvnya, ini gen3 koujichu blum debut eh mncul mv dluan mngkin hasil yg ddpat utk gen3 trutama bidang akting bagus mkanya dpat MV. Mngkin dart vader mau mluangkan waktu utk shooting mv gen3 😀

      Like

    3. Doieya-san, udah lama banget. 😀
      Tuh karakter masih ada gak ya?

      Enggak, tinggal 2; Fuusen sama Sanbame. Atari sama Jinsei gak dapet MV.

      Yah, tinggal harap gimana hasil MV Sanbame, kalau ane sih ngarep yang setipe Nogizaka no Uta, atau gimana yang penting tiap member dapet screentime yang layak 😀

      Darth Vader sibuk ngurusin serigala, gantinya Ashurin yang jadi cameo di Sanbame 😀

      Like

    4. Beuh jgn remehin doiyahsan gan,bulan kmren debut di non-no featuring ama sg empunya jd kalender 😀
      Lho jinsei g dpet mv y,ane kira dpet. Gpp deh yg pnting ada gen3 yg slalu bikin pnasaran aja. Smoga mvnya g kayak hiragana keyaki kmren.
      Boleh tuh liat duel master yoda ama dark princess tp yg bakal kasihan si renka,liat smbil mimisan 😀

      Like

    5. Eh iyakah? Ane belakangan ini lagi rada mager buat hunting gambar soalnya 😀

      Udah biasa, track #2 gak selalu dapet MV. Kecuali kaya Harukanaru Bhutan yang dipake promosi sekalian. Inget, ini LLC 😀

      Gen 3 yang paling ane tunggu MV-nya, kira2 mau dibawa kemana image mereka.

      Di LoveBerry kemarin aja gimana tuh, apa gak sampe muncrat2 Renka 😀

      Like

    6. Hunting foto doiyahsan? 😀
      Entah knp tuh karakter trkenal bgt pdhal aneh luar biasa,mirip himura pas nyontohin wajah ane ke yuttan.
      Llc masih pelit di mv tp di kostum g trlalu kyakx gan,inget baju nanamin di konser lulusx trus bnyakx variasi kostum di akhir tahun kmren. Dan ane prnah liat ada yg posting dsuatu tmpat kalo bando naachan di cover single baru itu trxata produk gucci. Ini nogi udah diendorse gucci ato apa sih 😀
      Hahahaha…itu renka abis pemotetran lgs transfusi darah 😀
      Asuka emg cukup populer dikalangan remaja cewek y?

      Like

    7. Fotonya E.T Ikuchan, buat jadi semacam dreamcatcher 😀

      Yah, kalau buat ane sih itu antara mereka udah gak pelit atau gak mau dikatain pelit karena yang grad itu Nanamin 😀
      Bukan cuma bando kan, tas atau apa gitu dari member juga pernah dibilang endorse Gucci kan? Kalau iya menang banyak mereka 😀

      Kayanya efek dari dia model & muka yang kecil, udah liat Gaku Tabi kan?

      Like

    8. Kalo buat dreamcatcher sih gambar ikuchan yg sphinx lbih cocok 😀
      Setahu ane klo tas dlu smpet krjasama ama samantha tavasa y tp g tw jg klo gucci ikut ambil ato tas yg dmksud pas dibawa nanamin ama ringgo di TGC/girls award kmren. Efek srg wara wiri runaway sih 😀
      Iya lgs donlot klo soal gakutabi, tuh para abg emg lgs triak histeris entah efek asuka ato manatsu 😀
      Nekat bener para siswa lelaki ganti baju depan asuka,kan kasihan asukanya jd rusak matanya 😀

      Like

    9. Itu malah bikin mimpi ketemu mumi iya 😀

      Ane lupa pas event apa, emang gak terlalu nginget ada kejadian apa di event mana sih, yang diinget cuma pas konser, runway, atau apa gitu doang 😀

      Atau karena keduanya? Bagaimana sama2 manusia tapi bisa berbeda begitu jauh? 😀

      Dia udah biasa katanya, ada di dark side, karena banyak villain yang suka pake spandex 😀

      Like

    10. Fuusen
      Those suits make them hot!
      Mntang2 dpat sponsor haruyama?
      Trxata kuping ane msih bener ayane front row. Liat komposisi under suka bgt bisa jd battle field antara SRG dan MRG 😀
      Juga karin dan chichan yg brsebelahan di 2ndrow jd sokongan kuat di vokal jd pas.
      Dan dance yg lgi2 cukup dnamis suka bgt, memang bnang merah di single ini adalah hand movement.
      Overall suka bgt! 😀
      Sanbanme
      Yah emg mv macam ini lbih cocok ama gen3 sih yg lbih nnjukin prkenalan/appeal tiap mmber. Ane kira the new gosanke yg bkal ddpan tp charm momoko msih blum bisa mngalihkan pandangan aki-p 😀
      Dan yg sperti ane ungkapin di kos sbelah soal screen time ane ngrasa brdasar prolehan hasil di 3nin no principal kmren. Porsi kubo dan juki hmpir imbang krn mrk ratu principal kmren dan momoko diuntungkan krna center,trus di 2nd row ada riria,yoda,tamachan yg qt tau jg kmren hsil mrk ckup memuaskan dan yg paling minim y ayano krn kmren dy g dpet pran 1 pun.
      Itu aura nakamura reno mirip ranze,ane jd pngen liat mrk buat kombi baru. Mngkin dy jg M 😀
      Tinggal nunggu kojin PV!
      YIHAA! Akhirx marika buat lagu baru “maricut” ato “marigod” 😀

      Like

    11. Hahaha, untuk suits, emang baru pertama sih makanya dapet banget. Yang paling ane suka ya bikin keinget sama Mr.Mr. 😀

      Tinggal single depan, apa MRG bisa bawa membernya ke senbatsu kaya SG kali ini?

      Well, meski harus dibagi karena peran di Principal, buat ane terlalu gak adil buat Christie. Ini seharusnya jadi MV dimana semua membernya dapet screentime yang setara. Kubo dan Zukki emang berlimpah, Momoko karena OG center, yang lain setara…

      Kojin PV ane sih gak terlalu nunggu, biasa aja, biasanya juga jarang bener download sih 😀

      Like

    12. Yah apakah kekuatan bahu trbuka lbih ampuh dari cuka apel 😀
      Mngkin ini ksempatan trakir under sdkit leha2 krna single dpan gen3 udah mulai mnyerang bak negara api. Bisa saja single dpan gen3 nyenter under.
      Mau gmn lgi dunia emg g adil gan, mngkin ayano bisa nyontoh maichun ato misa senpai sainencho yg late bloomer tp kuat. 😀
      Btw seifuku nogi jd yg mana nih,yg 16,5 naik pangkat ato bner2 ada yg baru putih itu?
      Agan donlot bagian istri ama adek doang kayak bpak kos sbelah? 😀

      Like

    13. Apalagi rumornya korps bahu terbuka udah mulai melebarkan sayap ke Keyaki 😀

      Kemungkinan itu pasti ada, apalagi dari 3 single terakhir, Under Center pada muka baru semua.
      Yang ane harap sih Christie bener bisa begitu, sayang soalnya udah ketuaan buat jadi idol, tapi punya kepribadian gila yang cocok bener buat dunia ini. 😀

      Yang putih itu kan juga masih belum resmi, 16.5 jelas bakal ditanggalkan tapi bisa juga nasibnya kaya seifuku Hadashi, dipake cuma sebentar. Makanya ane mau update review lagu+seifuku masih ragu.

      TBH, hampir gak pernah sama sekali. Enggak tahu deh dari dulu gak pernah minat download Kojin PV, soalnya jelas gak bakal ditonton. 😀

      Like

    14. Gercep jg tuh 2 gundan,tp emg trbukti sih 😀
      Bentar,emg ngefek klo buka cabang di keyaki? Klo rada ngefek ane mohon manatsu ato ringo rekrut techi biar rada ceria dikit 😀
      Padahal ane suka seifuku hadashi kesanx adem,tp bentar dpke krna sibuk tur jd jrg tmpil di tv.
      Blum bisa nilai jg sih kemampuan ayano, wong principal yah hasilx gtu mv cuma seiprit screen timex, cuplikan koujichu g brkesan. Tp kesan sainencho g trlalu kntara mnrut ane msih mrip anak umur 18 taonan 😀
      Oot dikit, Koujichu pekan dpan itu kampanye single ato soal klub2an dlu yg prnah dbhas sih?

      Like

    15. Tecchi? Mendingan dia ikut Bebitan, Ashurin, Hime, bikin unit Negative Gundan 😀

      Yah, ane harap Christie bisa bikin image sainenchou yang gak kaya sainenchou, soalnya Maimai dulu udah proper sainenchou, Maichun biar jadi bahan bully juga masih bisa dibilang cocok lah. 😀

      Dari preview sih campaign ya, tapi tau juga, soalnya dimana2 ada yang bilang episode klub2an. DIbagi 2 segmen kali?

      Like

    16. Hime?
      Himetan ato ringo hime nih? 😀
      Serem dong tuh gundan ntar.
      Maichun dibully udah takdir siapa suruh pnya bakat bullyable mana mantan gyaru pula lengkap deh 😀
      Btw,udah pasti tuh seragam putih jd sragam single 17 td ane liat miria jg pke. Mau review?
      Oh y,gmn pndapat agan soal perform prdana mste?
      Ane suka bgt,apalagi kapten masya alloh makin hari makin cuantik. Isunya dy dpet peran di asahinagu the movie mkanya rmbutx dcat dan dpotong.

      Like

    17. Dua2nya juga boleh, kan kadang Sayuringo rada negative juga 😀

      Ane paling ngakak pas di Nogidoko dulu, skenario date Maichun yang dibully pake kata2 Beer Garden 😀

      Ane bakal masukin di update review lagu2 Influencer, kalau entar sore demam ane udah rada turun nanti malem pasti beres artikelnya 😀

      Kalau live perdana, ane belum bisa ngasih pendapat pasti karena itu tadi, masih demam jadi liatnya setengah merem 😀

      Like

  4. Yups banyak setujunya,seperti yang ane bilang di thread sebelumnya,
    Kalau hanya lagu,jelas igai lebih bagus dari another(bahkan ada juga yang bilang lebih bagus dari influencer?).namun jika dari mv jelas another menang banyak dari igai(mv benar2 merubah segalanya)
    Igai dance nya kurang power,kalaupun mau dibikin gemulai,ya harus tetap ada powernya(harusnya mv nya dibikin glamour,karena member nya tuan putri semua)

    Another ghost ane suka dance nya(kyk pernah liat)power oke dan untuk single kali ini,kostum hitam kali ini juaranya,harusnya model kyk gini dipakai di main single,tiga aja looknya udah mantap,apalagi 21 dan lagi2 setuju ama agan,another ghost adalah masterpiece

    Bebitaaan,,,pipimu itu lo dek(lagi)and yeah i’m your ghost😆 https://goo.gl/9ZyJsq

    Like

    1. Ane sih gak terlalu terpengaruh antara lagu & MV, gak jarang juga sih ane suka lagunya tapi MV-nya meh atau sebaliknya.

      Yah, mungkin sekali2 pake konsep beda kali ya pikiran manajemen. Lagian, meski membernya Ojou sama semua tapi juga pada koplak. Buat ane dance di MV ini mungkin bakal lebih bagus kalau dibawa live. 😀

      Ane rasa dance di Another Ghost mirip punya AKB? Kaya yang ane bilang di balasan komen @conan…

      Dih, lagi2 Bebitan diincar serigala, ckkckck.

      Like

    1. Thanks linknya, ini bikin ane yakin karena di beberapa bagian yang ane denger kaya iya kaya enggak 😀

      Jadi intinya lagu break up yang cool gitu ya?

      Like

  5. Igai BREAK
    Jujur ane kecewa karena ane pikir MVnya bakalan pake konsep kakkoii, elegan dengan sentuhan seksi. Ternyata ga sama sekali. Bahkan dibuat lucu-lucuan ga serius. Lipsync ga semangat, dancenya juga. Kalo biasanya, dengan MV bakalan lebih suka dengan lagunya, ini malah kebalikannya. MV buat ane agak males denger lagunya. Lebih suka denger tanpa liat MVnya, karena ini tetep lagu favorit ane di 17th sama dengan Fuusen. 🙂

    Another Ghost
    Kebalikan dari Igai BREAK, awalnya biasa dengan lagunya, tambah suka setelah liat MVnya. Kastengel, My Marikka dan Ashurin bener2 terlihat cantik disini. ❤ ❤ ❤
    Paling suka scene awal pas Kastengel bilang, “Baby, take me away from the shadows”. Imut banget pas dia bilang begitu dengan aksen Engrishnya. 🙂
    Yang pasti puas dengan MV Another Ghost. Sama dengan mimin, ane juga suka dengan pengambilan gambar 360° di MV ini. 😀
    Dan, ga tau disengaja atau nggak, di Igai BREAK pas member menari di depan garis finish dan di Another Ghost (main dancenya) ada gerakan mirip Koi Dance. 😀

    Like

    1. Gak nulis lagi ah, yang jelas banyak yang kecewa, gitu aja sama Igai BREAK 😀
      Gampangnya Senpuuki dah, lagu ceria, centernya Ashurin sebelum terang2an masuk dark side, pewarnaan MV-nya tetep surem XD

      Yang ane dapet, kesan ane sama lagunya jadi beda setelah MV Another Ghost keluar. Dari segi aransemen juga beda, berkesan lebih monoton yang MV, soalnya yang radio rip lebih rame kayanya. Selain itu vokal Naachan jauh beda.

      Koi Dance-nya Hoshino Gen kah?

      Like

  6. Ane akhirnya bisa nonton mvnya 😀

    Igai Break pas awal member udah berekspresi cool cenderung kayak bosan(?), ane sempet ngira mvnya bakal dark. Tapi itu buyar pas maiyang mulai buat lelucon dan ngelawak 😀 Ancur imajinasi ane akan mv yang dark gimana gitu. Dan ane sih menikmati mvnya. Membernya cakep-cakep, lagunya bagus, dan kostum merahnya bagus. Dan juga, kaz itu cantik banget kalau aja dia coba kalem 😀

    Another ghost ane juga suka. Marika duh cantiknya… Nanasayang cantiknyaaa. Dek Ashu makin besar makin cantik juga. Ane suka konsep mvnya. Jauh di atas igai break, tapi lagunya masih suka buat ane ketawa di awal 😀

    Ane suka dua-duanya. Mvnya jauh beda antara satu dan yang lain, dan menurut ane itu justru bagus. Kalau konsep mvnya sama, jatuhnya ngebosenin kan? Cuma emang untuk lagu selevel igai, mv kayak gitu agak gimana gitu. Dan ane kurang setuju koreo igai kayak gb. Ya mungkin karena ane gak pernah liat gb perform secara keseluruhan.

    Like

    1. Kemana aja? 😀

      Bukan orang pertama yang kecewa sama MV ini, karena ekspektasi yang ancur. 😀
      Tapi ya sekali2 begini emang bagus sih, jadinya gak monoton dan malah bisa memorable. Yang jadi nilai minus cuma MV-nya terlalu dark di tone, jadinya gak sinkron.

      Duh baca komennya cuma bisa nangkap aura serigala yang benar2 kuat 😎

      GB? Girlband?

      Like

  7. Sanbanme:Zukkiiiii❤….mvnya lumayan keren untuk perkenalan,dan ya minim dance sangat disayangkan dengan musik begitu,penasaran kalau dibawain live….
    Rentan,duh semakin menarik aja adek ane😄

    Fuusen:adegan meja nya mirip umareta,dance tangannya,setuju ama agan,lebih suka ini dari pada di influencer,,,sutradaranya sama ya?

    Like

    1. Cuma karena slo-mo aja makanya dance terkesan minim, padahal aslinya mendekati nol. Ane yakin kalau tanpa slo-mo, dance itu cuma sekitar 10 detik.

      Kalau sutradaranya sih ane belum tau, belum sempat cari info. Ini ngereview aja dari jam 6 tadi.

      Like

    2. Iya ya,barusan ane nonton lagi,dance nya cuma untuk bikin formasi close gitu ya,padahal musiknya bisa diexplore tuh,minimal kyk hiragana keya.kalaupun kyk gitu ane lebih senang dibikin kyk seifuku no taiyo nya si adek,

      Sampai saat ini mv dan lagu under terbaik masih umareta menurut ane

      Like

    3. Itulah yang bikin kesel 😀 Soal lagu, ane masih garap finalizing buat lagu-lagunya, tunggu aja 😀

      Yah, sama lah, kalau ane sih, karena emang itu keluarnya pas aja.

      Like

    4. Wah ada ya,bakalan sibuk nih agan,belum lagi si adek.ada artikel tentang klub bola gak? Kan member ama mobil udah,sama princes udah,,

      Untuk lagu jinsei kenapa si metahuman dimasukkan ya?ane suka banget lagunya,,kehadiran yang satu itu gak ganggu sih(tau deh kalau live),cuma kalau di masukkan misa senpai beehhh,vokalnya makin mantap tuh

      Like

    5. Kalau artikel klub bola, baru dua kali pernah bikin, ada draft soal klub2 tapi arahnya masih belum jelas mau ane bawa kemana 😀

      Hahahaha, masih aja bully Manatsu, awas entar ada yang marah 😀

      Like

    6. Yah,kok gak diterusin,,bakalan menarik ni kalau jadi,,,

      Bukan bully sih,tapi gimana ya,sama kyk kennin di akb menurut ane,biarkan mereka hidup di dunia masing2 gitu lo,kalau tipe2 gundan gpp boleh lah,tapi ini unit kan dapat lagu yang cukup oke,mengutamakan vokal ya kuat,,agan udah dengar juga kan?gimana menurut agan lagunya?

      Sama kyk ringgo di igai,tapi berhubung lagunya kek gitu dan ane gak terlalu suka jadi yang gak begitu masalah.kalau ada yang marah paling bpk kos sebelah yang punya 7 bini 1 bidadari

      Like

    7. Karena ini musimnya Sakamichi Review, ane rada males buat garap artikel lain, jujur aja. Bulan ini aja ane cuma garap dua artikel selain Sakamichi Review. 😀

      Yah pendapat ane udah ane tulis di review buat Influencer, udah ane update review lagu2nya tuh 😀

      Karena ini bukan pertama kalinya Manatsu dapet unit yang rada bener, jadi ane gak begitu keberatan kok 😀

      Like

    8. Meluncur ke tkp😄
      Wkwkwkwk tu jari gpp tuh?
      Tapi kalau boleh usul,bagus juga tuh seminggu satu artikel(bukan niat bunuh nih ya)tapi lebih ke kebutuhan informasi😆😆😆

      Like

    9. Bukan jari yang masalah, tapi kepala pening 😀

      Ane selama ini seenggaknya seminggu 2-3 kali artikel kok, paling jelek seminggu sekali. Lagian tergantung timing juga ada berita yang hot apa enggak, sering juga draft akhirnya ketunda karena rilis single/ada berita hot.

      Like

  8. igai break : baru 1/4 jalan dah tak matiin wkwkkw kurang suka musicnya ditambah mv yang entah ane malah nambah tidak suka
    another ghost : lagu masih bisa diterima,mv bagus mungkin kalo dance nya ditambah powernya akan lebih bagus
    Fuusen wa Ikiteiru : serasa coupling ini jadi single utama,music bagus banget , mv walopun tempatnya terasa monoton tapi eksekusi bagus banget member juga tampak keren make kacamata hahah ditambah seperti kata mimin 3 baris depan nampak sangat luarbiasa.
    Sanbanme no Kaze : lagu masih bisa diterima, mv masih kurang suka

    rating dari ane
    igai ; 6/10
    another : 7.5/10
    fuusen : 8.5/10
    sanbanme : 7/10
    nb: ane kagak ngerti lirik jadi untuk menilai sebuah mv bagi ane tidak lengkap kalo kagak ngerti lirik yg dinyanyikan dan yg jelas bagi ane sebagus kualitas mv kalo music kurang suka maka penilaian mv juga menurun hahhahaaha
    maafkan ocehan ane min

    Like

    1. Igai BREAK, ane liatnya ini cuma dari humornya 😀 Rate MV : 7/10
      Another Ghost, suka, karena format MV yang baru, jadi berkesan fresh Rate MV : 9/10
      Fuusen wa Ikiteiru, khas Under MV yang selalu gak bisa dipandang sebelah mata Rate MV : 8/10
      Sanbame no Kaze, pass lah dari ekspektasi ane, karena emang gak bisa ngarep muluk2 dari awal Rate MV : 8/10

      Ane juga masih susah nangkap lirik karena ini lagu, pasti ada struktur tata bahasa yang rada beda, makanya ane bikin review lagu sendiri, biar bisa enakan nulisnya 😀

      Like

    2. wkwk kayak nya emang g cocok ane jadi reviewer mv soale kagak ngerti dunia vidio2an apalagi kagak ngerti liriknya jadi makin surem penilaian ane min hahahah
      harus banyak belajar hahahah

      Like

    3. Eh iya yah ane punya blog hahahah malah lupa keseringan boalk balik keluar kota min jadi ide yg datang nguap balik2 dah harus siapin project …..
      nunggu dapet ide aja paling ganti tema juga min susah bikin review kebanyakan bias kalo liat oshi hahahahhah lol

      Like

    4. Hahaha, emang susah kalau gak ada waktu, ane pernah ngerasain itu dulu pas belum di tempat kerja sekarang, sekarang sih enak sore pasti udah pulang jadi bisa ngidol XD

      Like

    5. Gak ada kata backstreet buat ane ngidol, dulu pas zaman2nya KPop, ane satu2nya yang terang2an dukung GG pas anak2 cowok lain bilang KPop itu musik melambai. Setahun kemudian, mereka ikutan nonton videonya bareng ane XD

      Like

  9. Kirain bikin artikel baru, ternyata ngelanjutin. 😀
    Fuusen
    – Mungkin salah satu lagu Nogi dengan dance terkeren, menurut ane. Sama seperti mimin, ane juga lebih menikmati ini daripada Influencer. 😀 Ada kesan coolnya, juga elegan ala Nogi.
    – Tridente, udah pas menurut ane. Meski harus ane akui, Miria menonjol banget disini. Manis dan kerennya dapet. Ga keliatan kalo dia anggota MRG. XD
    – Untuk scene paling ane suka, scene Nanamin robo. Dancenya unik, dan enak liat Miria duduk santai diatas meja hakim. 😀 Scene terakhir pas dance ala disco member juga suka. Keren, pas dengan kostumnya.
    – Kostum, suka semunya, baik yg jas dan yg putih. Yg jas, pas bodi dan berhasil menunjukkan bodyline member yg aduhai, aduh seksinya, membuat jantungku berdebar-debar. 😀
    – Di MV Under, selain adek dan aspek lain, ane selalu perhatiin Lord KTK. Cuma pengen cari salahnya, dan ketemu satu di MV ini. XD Dan tak disangka, sang center Miria pun salah lipsync di reff kedua. Dia cuma bisa ketawa lebar. XD Overall, puas dengan MVnya, masuk dalam moodbooster playlist ane. 🙂
    *Cucokologi: Waktu Chichan peragain adegan penyerangan kasus yg disidangkan, saat dia seperti memukul Karin dengan Ukulele, apa ini ada hubungannya dengan kasus Rotti, dewi gitar Nogi? 🙂

    Sanbanme
    Mungkin sama dengan yg lain, ane berharap MV dance, tapi ga terwujud. Agak kecewa disini. Satu lagi yg bikin kecewa, karena judulnya ada Kaze, ane pikir bakalan direkam di luar ruangan. Entah di lapangan atau riverbed, ane bayangin member lari dan rambut terkena angin. Ternyata ga, dan mereka cuma pake kipas angin listrik. Kecewa 2x. Tapi ane telen bulet2 karena ini MV pertama Gen3, dimana ane bisa liat jelas wajah mereka semua! 😀
    – untuk scene yg kata mimin member jadi sosok beda, ane rasa ga begitu, setidaknya untuk beberapa member. Misal, Kuboshi bermain mic stand, karena dia juga suka menyanyi. Yoda dengan beruang, karena dia suka hewan peliharaan yg ga umum (kambing). Tama berlatih dance, tapi gerakannya mirip balet, yg memang keahliannya. Reno dengerin musik pake earphone seperti menyendiri, sifat dia yg negatif, mungkin digambarin gitu. Mungkin cuma itu yg ane tahu, lainnya perlu dikulik lagi. 😀
    – pembagian screen merata, tapi ane rasa, dari tridente didepan, Zukki kena banyak. Ada scene dia dengan gelembung sabun, jalan ke depan lumayan lama, dibandingkan centernya sendiri. 😀
    – Kesan Hane no Kikou juga kerasa, bahkan penggunaan filter yg bikin screen terlihat blur (dreamy ya namanya?) ada juga, tapi berlebihan, khususnya dibagian akhir. Tapi, Momoko pas mengibaskan rambut sebelum duduk berpose di scene akhir, beneran buat ane merinding. Seperti menegaskan kalo ini dia centernya! 😀
    Overal, puas dengan MVnya. Lumayan bisa menikmati semua member Gen3. Soal Denchan, makeup mungkin. 🙂
    *Soal tridente, ane tangkep aura beda dari ketiganya. Kuboshi, lembut ambisius, Zukki, keras dan sensual, Momoko bisa jadi Tecchi 2.0. Aura dia udah ada, tapi dia terlalu lemah sendirian didepan ga kayak Tecchi. Butuh dukungan dari Kuboshi dan Zukki, yg kayaknya reliable banget. Dibandingin tridente awal Nogi, tridente ini jelas lebih tajam. 🙂

    Semua MV udah keluar, lumayan puas, tapi yg disayangkan, ga ada MV yg ambil lokasi outdoor. Semua dalam ruangan, Another Ghost juga cuma sedikit yg bener2 outdoor. Teras bangunan ga termasuk. Sekali lagi, apa mnjmn kehabisan dana karena udah dipakai beli lagu yg kualitas tinggi, jadi mereka pake dalam ruangan aja? Atau, mereka berusaha menekan biaya produksi karena top member bakalan absen HS, yg pasti akan mempengaruhi penjualan? Wallahualam. 🙂

    Like

    1. Males juga bikin artikel baru soalnya 😀

      Fuusen, well, ane udah utarain semua dan gak ada tambahan. Yah, Miria sekarang lebih bersinar, kemarin MRG dan sekarang Under Center, ngikutin jejak Ranze. Single depan, ikutin jejak Ranze juga kah?

      Sanbame, maksud ane member jadi beda2 itu, manajemen bikin chara mereka lebih keluar, bukan bikin mereka jadi chara yang bener2 baru. Momoko yang pake sayap peri sendiri jelas penggambaran center. Kalau Zukki, kenapa dia dapet banyak screentime, karena udah dicap jadi Ace Gen 3 kan, majalah juga ngomong begitu, jadi ane rasa masih wajar.

      Ukulele lebih identik sama Ikuchan kayanya, skandal sama Romeo kali? XD

      Like

    1. Beberapa. Intro dari Igai Break, Sanbanme, Bridge dari Another Ghost, Reff-nya Fuusen

      Tapi MV-nya top tier semua. Ditonton 144p masih jernih dimata. 🙂

      Like

    1. Akhirnya liat juga.

      Igai break & another ghost, biasa aja T.T

      Lagunya under: watanabe miria kayak anak kecil, dan suzuki ayane pake kacamata, mereka berdua lucu. Lagunya bagus, dance juga bagus.

      Lagunya 3rd gen: biasa aja, tapi untungnya ter-cover sama wajah mereka. Kostumnya sederhana tapi bagus.

      Ane juga download lagu NGT48 nih, gak mau review-nya gan?

      Like

    2. Eh, baru liat sekarang?

      Wah, jarang2 nih ada yang bilang Another Ghost biasa aja, bukan selera ya?

      Hahaha terkover sama wajah, emang visual Gen 3 bahaya sih 😀

      NGT? Ane udah kehilangan minat sama sekali sama 48G, jadi butuh keajaiban buat ane mau ngelirik mereka lagi. 😀
      Yah, no offense, ngikutin Sakamichi aja ane udah lumayan kelimpungan 😀

      Like

    3. Iya baru liat, kudet banget ya 😀

      Mungkin lagunya kurang cocok di kuping ane. Tapi sebenarnya, ane juga kurang tau selera ane bagaimana 😀

      Bener juga, mending fokus 46 aja ya

      Like

    4. Hahaha, kirain begitu MV keluar langsung nonton 😀

      Terus dari single ini, lagu yang masuk apa dong? Fuusen kah?

      Ane barusan download MV-nya, gegara kos sebelah ngasih link full-nya, kesan ane soal MV-nya, flashmob udah keseringan dipake, kalau lagu, vokalnya gak masuk di kuping ane, terlalu artifisial, cempreng2 gimana gitu…

      Like

    5. Ane nonton MV menjelang weekend, senin-kamis fokus belajar dulu. Meskipun sebenarnya penasaran bangettt mau liat. Dan sekarang, tinggal nunggu MV mya Keyaki nih.

      Iya fuusen bagus nih gan. Sedangkan coupling lainnya kurang.

      Hmm lagu NGT santai, ane suka. Tapi emang gak spesial sih.

      Like

    6. Wah salut nih bisa nahan diri buat ngidol. Ane aja gak bisa sehari absen dari ngidol 😀

      Kalau Jinsei? Menurut ane lumayan ini lagu, udah beda sendiri vokalnya juga lumayan.

      Well, mungkin emang ane kurang bisa nerima vokal yang cempreng2 gini lagi. Lagunya sih sebenarnya tipe ane, ada rap-nya juga, tapi vokalnya itu loh…

      Like

    7. Biar sama kayak idol gan. Mereka inspiratif banget, bisa ngebagi waktu buat sekolah dan kegiatan yang padat. Ane berusaha mencontoh 😀 Kecuali Wada Maaya sama Ishimori.

      Jinsei? Lagi-lagi ane kudet 😀

      Like

    8. Hahaha, jangan lupa Miona juga, dia salah satu yang contoh yang jangan ditiru 😀

      Hmm, kalau Jinsei, ada di artikel yang baru ane update, itu tuh lagu yang ballad sendiri di single ini 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s