Sakamichi Review : Fukyouwaon MV

Hari ini 23 Maret 2017, MV untuk Fukyouwaon yang akan rilis resmi pada 5 April mendatang akhirnya dirilis. Ini termasuk salah satu MV Keyaki paling ditunggu, karena leak dan spoiler yang bermunculan sebelumnya membuat ekspektasi akan single ini menjadi sedikit berkurang. Untungnya, hal ini dibayar dengan MV yang bisa dikatakan sedikit berbeda dari ekspektasi, tapi dibilang membosankan tidak juga.

Kali ini, berbeda dengan pemandangan indah Yume no Ohashi dalam Futari Saisonscenery yang dihadirkan Fukyouwaon adalah pelabuhan di Yokohama -entah apa yang terjadi dengan shoot di Taiwan- menurut info yang beredar. Bisa dikatakan Keyaki kembali ke akar mereka dari SiMa, dimana mereka mengejar image cool dan underground. Yang membuat pemilihan tempat ini cocok dengan lagunya, tambah lagi saat adegan malam hari, jauh lebih bagus menurutku.

Sama seperti MV dari Futari, Fukyouwaon adalah MV yang kental dengan aroma dance. Yah, sedikit banyak tidak mengejutkan karena ini adalah nilai jual utama Keyaki. Tak ada storyline yang bisa ditangkap, kecuali mungkin bagian-bagian kecil simbologi. Hmmm, hal ini kembali lagi ke selera ya, penuh storyline a la Nogi atau dance infused MV a la Keyaki.

Sehubungan dengan itu, koreografi yang dihadirkan kali ini memang extraordinary. Dalam artian intensitas yang dihadirkan berbeda dengan tiga single sebelumnya. Dari awal, dubstep dan chest pumping termasuk kategori dance yang membutuhkan fisik yang prima, jika harus menghitung member juga harus menyanyi. Belum lagi crab dance, kaki harus kuat agar posisi badan tidak goyah.

Beberapa bagian di dance ini sekilas mengingatkan akan beladiri atau hanya ada di dalam kepalaku? Rasa-rasanya familiar, atau aku pernah melihat dance yang mirip-mirip ini di acara dance battle? Apapun itu, two thumbs up untuk TAKAHIRO karena bisa menyampaikan dance serumit ini dalam koreografi yang bisa dinikmati.

Namun dance yang seintens ini juga sedikit membuatku khawatir. Pertama adalah soal image, dengan lagu seperti ini Keyaki akan diasosiasikan sebagai dance-based group, jadi bisa sedikit mengurangi harapan akan lagu bertema berbeda. Kedua, aku sangat yakin lagu ini tidak akan seluarbiasa seperti dalam MV ini saat ditampilkan live. Jika aku mencoba melihat scene secara statis, terasa biasa saja.

Jika dikatakan mirip Otona wa Shinjite Kurenai 2.0, aku setuju dalam hal intensitas dance dan pengambilan gambar yang terkesan dark. Tidak setuju dalam hal Fukyouwaon lebih variatif dari pengambilan angle, tapi kalah dari segi full shot dibanding Otona wa Shinjite Kurenai. Jadi pada dasarnya aku menganggap dua MV ini seperti caramel dan macchiato.

Sinematografi Fukyouwaon juga menjadi perhatian. Cukup banyak bagian yang diambil dari bird eye view dan eye level view, oh, belum lagi slow motion yang menurutku sangat meh. Setelah disuguhi 360° view di Influencer dan Another Ghost, Keyaki terkesan sangat outdated, pengambilan angle semacam ini so 2016jika Keyaki terus menggunakan konsep ini, sayang membuang kemungkinan bagaimana konsep cool mereka akan terlihat jauh lebih keren.

Pembagian screentime dikatakan menjadi flaws terbesar MV ini, dan aku terbagi antara setuju dan tidak. Ya, Aka mendapat screentime yang bisa dikatakan jauh lebih banyak dari 2nd row lain, padahal 2nd row sendiri mendapat lebih banyak ketimbang Nanako, Neru, Yuuka, dan Yone yang tidak bisa dikatakan memuaskan untuk ukuran front row. Tapi, celaan ini juga bisa ditujukan pada Sekai ni wa Ai Shikanai dan Futari Saison.

Di Sekai, Miyu yang ditendang ke 2nd row mendapat jatah monolog, begitu juga Yuuka yang penghuni 2nd row, sementara di Futari, Aoi tidak mengesankan seseorang yang ada di front row. Jadi, aku sama sekali tak keberatan dengan “keadilan” distribusi screentime, karena ini sudah sering terjadi. Untuk Aka, well, katakan padaku apa dia mendapat ini di Futari Saison?

Kekuatan utama MV ini menurutku adalah close up member yang tepat, dalam porsi dan proporsi. Lupakan row, karena hukum itu tidak berlaku disini. Member mendapat close up yang jauh lebih menawan dan artistik kali ini, dan gampangnya, 21 member mendapat jatah mereka meski beberapa hanya sepersekian detik.

Tecchi, kali ini aku akan membahas khusus tentangnya. Entah apa cuma aku yang merasa begini, tapi jelas dia tidak mendapat spotlight sebanyak Futari? Dalam scene dan dance, kurasa yang sekarang hanya sekedarnya, formalitas dia sebagai center. Berbeda dengan Futari dimana dia mendapat solo dance. Saat member berlari ke arahnya di awal MV juga aku tidak merasakan feel yang sama seperti sebelumnya.

It’s a good thing though, melepaskan sedikit beban dari pundak Tecchi. Tapi sayangnya, tridente lain Yuuka dan Neru tidak memberi kesan yang diharapkan disini. Yah, memang dalam hal ini lebih kepada ekspektasi fans, karena dari sejarahnya, tridente tidak pernah mendapat perlakuan istimewa mulai dari Zuumin-Miyu, 2Watanabe, Mii-Aoi, dan sekarang Yuuka-Neru.

Justru Aka yang mencuri spotlight kali ini, tapi kembali lagi, hal ini juga pernah terjadi sebelumnya. Beralih ke korelasi antara dance dengan lagu, hal ini memang akan kubahas khusus di Sakamichi Review untuk lagu, tapi sedikit spoiler, tanpa koreografi seperti ini, lagu ini tidak akan menghasilkan impact yang sama.

Overall, dari segi MV, Fukyouwaon benar-benar menggambarkan bagaimana discord ditranslasikan ke dalam sebuah MV. Sejauh yang bisa telingaku tangkap, Fukyouwaon membawa tema yang mirip-mirip SiMa, against opression, dan dibungkus oleh Keyaki, tak perlu dikatakan lagi hal ini adalah jaminan akan sukses Keyakism.

Mengenai row, well, ini bukan yang pertama terjadi discord dan ambiguitas antara front, 2nd, dan 3rd row di Keyaki. Di SiMa, Royal Couple mencuri perhatian, di Sekai, giliran Neru, Futari dimana perubahan besar pertama terjadi, perhatian fans merata pada tiap member. Fukyouwaon meneruskan ini, dimana tidak semua front row harus paling disorot seperti Nogi, bagus memang tapi harus diakui juga menimbulkan kebingungan.

Tapi tak ada sesuatu yang sempurna, Fukyouwaon jika dilihat dari standar Sakamichi masih lack beberapa bagian, penyakit lama seperti penggunaan kamera yang mungkin hanya GoPro untuk shooting, lalu sinematografi yang belum standar 2017, dan terakhir bagaimana kedepannya apakah Keyaki akan terus selamanya berjalan di jalan ini?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

87 Comments

  1. Akhirnyq buka juga ni warung😆 pasti ngos2an ya pak,mana yang datang gak bawa buah lagi😆

    Techi still monster,seperti kata agan,tidak terlalu di ekspose dan itu menurut ane lebih bagus,biar tidak terkesan techi and the back dancer,

    My kuritarou,dance nya makin yahud,,,dan akaaaaa,kyaaaaaa close up nya,sempoaaa!

    Setuju sama agan,pengambilan close up nya bagus banget,pas aja gitu,soal kamera,musik dan istilahnya ane pas deh,gak ngerti

    Dari 47,17,dan 4,,buat ane yang 4 ini yang memberi kesan wow

    Like

    1. Mana yang datang bawa komen doang pula XD

      Bagus jelas, soalnya Tecchi-dependencies bisa rada dikurangi. Efeknya ya cuma manajemen belum terlalu siap kayanya, soalnya disini meski dikurangin porsinya, 40% masih jelas Tecchi-dependencies, lebih dari normal 30% buat center.

      Cih, mana pake Aka lagi 😎

      Intinya suka di close up doang ya? 😀

      47? Shoot Sign? Ane pengen cari tuh audionya, soalnya malah rada jadi penasaran.

      Like

    2. Andai jari tu bisa ngomong😆

      Nah itu dia,manajemen masih ragu dan tidak seberani merombak row depan.nogi berani mengganti center asal duo sun mengapitnya,keya kebalikannya berani mengganti tridente asal tengahnya techi,dari mv terlihat bukan yuuka neru yang dampingi techi.seperti kata agan,mungkin sampai 5 masih techi,,kasian liat ekpresinya pas pengumuman kemaren

      Abis gimana,seperti yang agan bilang,disini aka seolah-olah balas dendam,setelah apa yang didapat di futari,ane setuju2 aja pembagian screen time secara acak tidak tergantung row,tapi semuanya harus merata,next single naako musti dapat banyak

      Close up,dance busung dada😆(apasih nama dance nya)dan dance pas siluet,itu epik banget,,,kyk futari,cuma bedanya di futari techi doang yang dance,ini semuanya,awesome…shoot nya gak ada yang 360° ya?

      Iya shoot sign,suka cuma karena ada sedikit storyline nya aja,kalau dengarin audionya keren sih,pink banget,sayang banget dirusak sama latek nya😆

      Like

    3. Dia bakal ngeluarin kata2 rated R 😀

      Ane sih ada bayangan formasi baru yang bisa bikin Tecchi gak harus jadi center, tapi masih bisa keliatan di mata publik. Yah, tapi masih nunggu pengumuman 5th single dulu jelas, dimana paling mungkin Keyaki ganti center untuk pertama kali.

      Dibilang balas dendam enggak juga, cuma emang kaya kompensasi. Kalau Nanako, yah inget aja kemana Satoshi, Fuuchan, Mii & Aoi di single ini setelah jadi front row. Yang paling mungkin dapet kompensasi di single depan ya Yuuka.

      Chest pumping, duh cuma liat gambarnya ya? >:D
      360 juga, kan ane bahas >:D

      Ada link audio Shoot Sign yang udah beredar?

      Like

    4. 😆sampe keluar asap gak tuh?

      Semoga aja tuh anak kuat nanggung beban nya,wah udah ada prediksinya😆.ane nunggu live nya ni lagu,bakalan kyk apa.

      Ane pengen poros yuukanen kembali lagi,bisa ditengah ataupun pengapit center😆

      Dance pas lirik pertama ane juga suka,yang berisa sama mymiyu didepan techi😄.ada perubahan formasi di menit 01.29 kalau gak salah,yang depan kiri tukar tempat ama yang kanan itu kurang di sorot,sayang aja menurut ane,padahal itu keren

      Ane dapat disini kemaren https://goo.gl/HlSxK4

      Like

    5. Emangnya Patrick apa2 berasap XD

      Yah fans cuma bisa berharap. Semoga aja, semoga….
      Kalau live ane gak berharap tinggi sih.

      Kalau Royal Couple, hmm, ane pernah bilang posisi yang paling pas buat mereka itu shadow center, tepatnya shadow wcenter, selain di posisi itu menurut ane butuh kerja ekstra buat spot mereka.

      Waktu ganti posisi? Entar ane coba liat lagi deh. Filenya gak lagi ane bawa 😀

      Gak bisa didownload…ada link yang full sekalian?

      Like

    6. O iya ane lupa,agan gan mbahnya patrick😆

      Iya sih,ane akan terima kyk apa live nya,mengingat kyk gitu susahnya,,,dibanding uza lebih suka mana?

      Dimana pun itu,ane berharap poros itu kembali,suka aja liat chemistry mereka😄

      Techi lebih banyak ditengah ya?gak ada geser2nya atau perasaan ane aja

      https://goo.gl/Jox0GG

      Like

    7. Cuma kenal Rocky aja, bukan Patrick. Kalau Patrick, gurunya bapak kos sebelah 😀

      UZA? Duh pilihan susah, soalnya itu lagu salah satu lagu AKB yang ane masih suka dengerin, apalagi udah terbiasa sama atraktifnya, Fukyouwaon belum teruji 😀

      Yah, Royal Captain Couple kayanya rada susah buat bareng di formasi lagi, sama kaya Za Cool.

      Ya namanya juga center 😀

      Oke thanks ane sedot dulu 😀

      Like

    8. Ane suka kuning😆

      Wah,masih suka uza ya?ane kirain ungu sama ijo aja,,,tapi iya sih,uza keren banget,mungkin keya bwain live pertama fukyouwaon kyk akb pertama kali bwain uza,mreka baru latihan seminggu kalo gak salah,kemudian ‘dipaksa’ bawain di janken

      Aka sepertinya akan lama jadi shadow center ya?senang aja liatnya

      Yah,paling gak kan harus ada rotasi ke samping,mungkin dilive ada kali ya?

      Like

    9. Tumpeng? XD

      Loh, ane kan gak pernah bilang gak suka lagu 48G, cuma ya sukanya yang era lama, post-2013.

      Itu posisi paling pas buat Aka. Buat Royal Couple sih sebenernya.

      Tunggu aja live perdana, palingan di Keyakake minggu depan ada.

      Like

    10. Bob😆

      Idem,terakhir anebyang benar2 menikmati lagu 48 bokutachi wa,selepas itu sekedarnya aja,gak ada perasaan wah nya

      Dukung aka untuk shadow center yang lebih baik😍

      Dua atau tiga kali live masih wajarlah kalau masih belum kompak,jadi gak berani terlalu berharap lebih

      Like

    11. Kirain Yoshiringo XD

      Bokutachi bener2 single AKB terakhir buat ane sebelum Shoot Sign. Kesannya beda aja ini lagu. Sebelum Bokutachi sama Green Flash, ane udah pass dari KFC.

      Ya emang harusnya ekspektasi disetel low, soalnya jelas ini dance rumit bener.

      Like

    12. Nanti marah anak gen 2,,,kalau gen 3 siapa yang bantuin ya?

      Ane dari bokutachi wa,langsung ke ungu,,sering nostalgia pake lagu2 lamanya aja atau nonton lagi konsernya,setlistnya bagus2,konser yang terakhir ane tonton kelulusan yuko di ajinomoto

      Review yang lain belum ada?
      Ane belum dengar sih couplingnya,ntar aja pas sekalian mv nya

      Like

    13. Belum ada nama, lagian paling cepet baru Nogibingo 8 besok mereka ikutan. Ane juga gak tau nama2 geinin disana 😀

      Kalau konser sih, ane jarang bener nonton. Palingan download terus mengendap bikin space HDD makin berkurang 😀

      Review lagu coupling Fukyouwaon? Ane belum terlalu niat soalnya audionya masih terlalu kasar.

      Like

  2. Kesan pertama lihat mv ini arogant and angsty, dan sutradarax sama kyak futazo kah? Krna ada bagian yg mirip futazo. Bagi ane mv nya bagus tp g ngasih impact yg special, mngkin patern yg diulang2 trus. Pngen lah skali2 dkasih mv storyline yg simple kyak another ghost biar kemampuan akting keyakichan improve. 😀
    Dan soal screen time lagu lama yg akan trus dipter dan sistem zoom itu udah wajar di mv peridolan ya kan jd ane anggap jg biasa 😀
    Zoom yg mnrut ane ckup brhasil y another ghost/influencer dan buranko.
    Dan yah row nya bikin bingung,klo emg toh ga ada bedanya knp bikin row2an. misal buat yg tmpil media jg g ngaruh kbnyakan slama ini dri 2nd row atau yg populer HS. Jd mndingan pas pngumuman senbatsu pke sistem nomer urut aja ato dijejer rata yg tengah jd center. 😀
    Ada manfaatx nijika nangis2 dipengumuman senbatsu dy dganjar screen time yg ckup memuaskan walo 3rd row.
    Dan utk variasi kostum,worst dri 3 single kmren.
    Semoga pas live nnti bner2 keyaki yg tmpil bukan techi and backdancer lg kyak futazo.
    Intermezzo,ane suka tuh pose kyak mw manah ama chest pumpingnya. Untung dada keyakichan rata2 rata jd enak aja ngeliatx 😀
    Klo di influencer ada kapten dan kazumin yg g fokus/ketawa di keyaki ada berika, dy nurunin tangan tdk pda waktunya dan gaya narinya mirip lord KTK yg half assed.
    Sihir keyaki sdikit brkurang sejak sekai ni bagi ane. Tp ane masih pojipisu smpe akhir tahun nnti, kali aja pattern baru mncul. 😀
    Btw yg ditaiwan kmaren bneran dicancel gra2 spoiler/leak ato buat mv lain?

    Like

    1. Iya sutradaranya sama, Shingu Ryohei yang juga sutradarain Kataru Nara. Udah khas ini orang kali ya, dari storyline sampe sinematografi 😀

      Zoom maksudnya disini close up ya? Kalau soal row sih, ane rasa “one for all and all for one” untuk sekarang, semua punya kesempatan yang sama mengesampingkan row, yah, tapi semoga aja kedepannya gak gini mulu. Soalnya kalau susunan senbatsu berubah, pasti jelek kalau gini mulu.

      Soal kostum balik ke era SiMa, satu kostum satu lagu. Gak tau deh apa ini mau dijadiin ciri khas spring single atau gimana. Kalau live, ane punya ekspektasi rendah sayangnya. Hahaha, chest pumping yang enak diliat karena mayoritas rata 😀

      Sekarang mungkin waktunya Berika dinobatkan jadi Lord Berika? 😀
      Status Quo udah levelnya Keyaki sekarang, dari segi pattern…

      Yang ane denger sih katanya yang shooting di Taiwan itu buat CM atau semacamnya, jadi emang gak direncanain buat MV kali ini.

      Like

    2. Di simajo kmren bukanya masih ada baju lain y,baju bebas.
      Hahahaha,lord ditiap grup bagus tuh. Ktk ktmu ayane aja sepi apalagi berika ktemu ktk bisa ilang dunia ini 😀
      Well klo live d tv yg impactnya bagus hanya simajo lainya standar sih. Tp ane akuin di konser mrk MAX!!!
      Btw status quo mksudx gmn tuh gan? Ane krg paham bhs latin 😀
      Taunya oriza sativa doang.

      Like

    3. Oh, tapi itu juga cuma sebagian, cuma sekedar intermezzo doang 😀

      Silent Six; Kotoko, Aachan, Berika, Nanako, Yuipon, sama Dark Force Ashurin, ini formasi paling membahayakan dunia 😀

      Kalau konser ane belum bener2 nonton, kaya yang One Man Live kemarin, maksudnya cuma nonton sekilas doang, gak mendalami. 😀

      Beras dong 😀
      Yah, belum ada kejelasan image Keyaki ini emang mau dibawa cool atau gimana. Tapi karena dari awal image mereka cool, jadi ya otomatis anggapan image Keyaki=cool, padahal ya ini belum staple kaya image ojousama Nogi. Yah, ambigu gimana gitu. Penjelasan ane kurang jelas ya?

      Like

    4. Udah cukup jelas sensei! 😀
      Walopun cuma intrmezzo ttep aja ada variasi dikit.
      Stelah dnger lagu eccentrict,bagus bgt gan, it’s a gold song and i’m sold!.
      Knp lgu2 coupling lbih ngena dikuping macam lgu under di nogi. Nih lagu bakal msih bisa dnikmati walo dg off vocal,melodinya mantep bgt. Kyak lgu2 di single 17 nogi kali ini, trxata influencer,igai break,another ghost mantep bgt ddngar dg off vocal apalagi fuusen beuh masterpiece,intrumenx cukup kaya dg melody yg catchy bgt dkuping. Jrg bgt ane bisa nikmatin lgu idol dg off vocal baru kali ini aja.

      Like

    5. Iya makanya ane rada gimana gitu sama MV pertama Keyaki yang monoton banget di sisi seifuku…

      Ane kaya mau mulai review lagunya, tapi kok ya masih rada males. Sekilas emang bagus, tapi pendapat bisa berubah kalau lagunya entar jatuhnya beda kaya Another Ghost. Ogahnya kalau entar pendapat ane berubah.

      Duh, kayanya ane kemarin download yang gak pake off vocal, yang ada off vocal dapet dari mana sis?

      Like

  3. wooh , panjang lebar banget ya 😁 sya cuman mau nyampein keluhan saya (ini artinya perasaan “saya SAJA” yg terganggu) oleh dance garang di Fukyouwaon ini . Serasa Kurang kompak , kurang “WAH” bagi saya 😅 dance garang kayak gini kalo gak kompak jadinya ‘Sayang banget’ . Yah klo d bandingin sma 48 mngkin porsi latihannya keyaki berkurang karna ga ada theatre sih . Cuman yg kmaren HKT bawain Futari jujur ku kaget , karna Kompak bawainnya (yah mungkin juga karna HKT bawain lagu idol lain jadinya semangat) . tapi , ya itulah . Dancenya klo sampe gak kompak , kurang Wah klo kyk gini . Sma kyk kasus Influencer , grakan tangan wktu di awal awal krna si Nanase sma Maiyan bisa kliatan Sinkron , jadinya bagus :3 . itulah “pendapat saya” :3 klo dari sisi sinematografi sya no comment :3 krna ku kurang bsa mnilai begitu gitu , bagus bagus aja sih . Karna emang Futari bagusnya kayak gitu di single ini mnurutku lbih mnurun kebagusan Sinematografinya :3

    Like

    1. Kalau kurang kompaknya, ane juga ngerasa gitu kok. Awalnya kirain karena efek pengambilan gambar pake GoPro itu, tapi setelah liat lagi mungkin dance kali ini terlalu intense, makanya gak semua bisa ngikutin dengan baik.

      Buat ane sih, Futari masih menang jauh di sinematografi, Fukyouwaon malah lebih meh dari Sekai ni yang pake drone segala. Tapi kayanya emang bukan sinematografi yang jadi andalan di Fukyouwaon.

      Like

  4. Untuk single utama, MV Fukyouwaon jelas paling sempurna di Spring tahun ini. Penggunaan warna yg natural, ga ada tambahan lighting yg mengganti warna lebih enak diliatnya. Dan, yang paling penting, lokasinya di luar ruangan. Terasa bebas dan lepas. 😀 Lokasi juga pas. Dan di Taiwan kemaren katanya buat CM.

    Pengambilan gambarnya juga sempurna. Meski terkesan cepet, tapi pas diliat, didengar dan dipadukan dengan lagunya, jadinya enjoyable. Pengambilan gambarnya juga paling pas buat menonjolkan dance yang keren abis buat single ini. Dan soal screentime ga terlalu mempermasalahkan, karena semua member terlihat jelas. Lebih enak ini daripada Sekai ni.

    Sekarang tinggal tunggu penampilan versi fullnya. Pasti lebih garang. KeyakiShow mungkin? 😀
    Tapi, ngebayangin nonton ini Live di konsernya Keya, ane bakalan merinding bulu domba. Semaput mungkin ane, karena saking kerennya koreo dan lagu ini. 😀

    Dan untuk Tecchi. Scene pertama dia keliatan cantik banget. Jarinya lentik dengan kuku yg agak panjangan. Dan ane suka dengan rambut pendeknya. Lebih pas gitu daripada yg agak panjangan di Sekai ni. 😀

    Btw, ada yg kebelet lagi tuh wajahnya. XD Mungkin karena asap, jadi agak mengeryitkan dahi, tapi setelah asap ilang, dia balik lagi ke ekspresi coolnya. 😀

    Oot, kalo liat 3 single Keya tahun lalu, aransemen musiknya kental dengan instrumen akustik. Mulai dari gitar, drum sampai piano dan bass. Bisa dibilang unsur band-nya kerasa banget. Dan, tiba2 aja single pertama tahun ini pake full EDM macam gini. Apa ada kemungkinan kalo tahun ini, 3 single yg dirilis bakalan pake genre ini? Ane sih ga masalah, tapi lebih suka kalo ada sentuhan mentahnya. 😀
    Atau mungkin Sony liat kalo tahun ini, tren musik Jepang bakalan EDM, jadi ambil genre ini buat IG mereka? Secara, mereka pemain lama dalam industri ini, kan, jadi paham dengan hal2 kayak gini. 🙂

    Like

    1. “Ini MV spring single paling sempurna tahun ini” ini perbandingannya sama Nogi doang atau gimana? XD

      Ya, menang close up kan, kaya yang ane bilang. COba kalau close up-nya dikit sama jelek, pasti gak ada yang bilang MV ini bagus, soalnya penyakit pengambilan gambar yang kecepetan lebih parah dari Futari.

      Wah, pendapat kita beda soal bagus enggaknya lagu ini kalau dibawa live. Yah, tunggu aja lah 😀

      Yang ane masalahin cuma Tecchi yang makin bulet aja, jadi rada aneh kalau rambutnya sependek ini 😀

      Kamvret, dikatain mulu, sengaja gak ane up padahal screenshotnya 😀

      Mungkin cuma Keyaki yang bakal trend EDM tahun ini, kaya tahun kemarin pake akustikan. Bukan trend atau trendsetter, cuma buat ngebedain diri sendiri mungkin, negasin identitas Keyaki. Kalau trend beneran sih, tau deh ya, ane akhir2 ini gak ngikutin JPop selain Sakamichi.

      Like

    2. Ya Nogi, kan cuma dua grup ini yg ane ikuti. Dari sisi MV, dance dan lagu, single utama Keya menang. Tapi dari sisi coupling ini, ane pikir Keya harus ngalah kali ini. 3 single sebelumnya mereka ada Kimi ga, Kataru dan Seifuku to, yg pas dikuping dan kuat. Untuk 4th, sejauh yg ane denger (Eccentric dan Tuning) belum cukup kuat melawan lagu sekelas Igai atau Fuusen. Eccentric lumayan kuat, tapi masih belum. Tuning, nada standar. Tinggal tunggu Aozora unit. 😀

      Itu yang ane bilang, MVnya pas dengan lagunya, jadi bisa dinikmati. 😀

      KeyaShow, semoga ada. Kalo di Kakenai, biasanya cuma versi pendek, kan?

      Tambah imut dan ngegemesin. Mungkin ane suka anak yg pipinya bisa ane eksploitasi kali, ya? XD

      Ane liat sekilas di 720p dan pas download yg 1080, tambah keliatan jelas. Ane pikir, ah kebelet lagi nih XD

      Kalo beneran gitu, ya ane cuma bisa menerima. EDM ane juga suka, tapi lebih suka ada akustiknya. 😀

      Like

    3. Ane masih bimbang mau review Eccentric sama Tuning, soalnya yang Fukyouwaon, cover sama seifuku udah rampung. Kaya masih ada miss gitu pas mau mulai review dua lagu ini…

      Gak cuma Keyakake, dimana2 kalau perform pasti short version 2 menitan. Kecuali live di acara sendiri/konser.

      Iya aja lah, gak bisa ngikutin ane kalau ini XD

      Daripada kebelet, mata membunuhnya jauh lebih keren 😎

      Ane sih kalau emang harus EDM, harus ada rap-nya. EDM tanpa rap sama kaya mancing gak pake umpan 😀

      Like

  5. Entah kenapa dance-nya malah ngingetin ane sama Ozeki style 😀

    Liriknya bagus, dan dance-nya cukup bisa menyesuaikan sama liriknya. Sekarang, tinggal nunggu coupling nih.. Semoga bagus juga.

    Like

    1. Hahaha, yang pas bagian crab walking kan? 😀
      Momentumnya Ozeki kayanya sekarang, besok jadi highlights di Keyakake, photoshot-nya yang baru juga beda banget, tambah lagi MV ini 😀

      Kalau coupling, entah kenapa gak ada satupun yang bikin ane excited, unitnya cuma itu2 aja, MV juga paling begitu lagi…

      Like

    2. Hihi iya yah gan 😀 momentumnya Ozeki nih.. Siapa tau HS nya bisa meningkat.

      Moriya pas banget ya posisinya di tengah-tengah formasi, bisa memantau depan-belakang kiri-kanan. Jadi center ke-2, setelah Hirate.

      Iya juga ya untuk unitnya, gak ada kejutan. Tapi ane penasaran sama unit Hirate-Nagahama, dan Yuichanzu, mau lihat wajah sedihnya Kobayashi *Oda Nana syndrome 😀

      Like

    3. Yah, semoga aja, soalnya dia yang paling pertama flop di Keyaki…dan belum bisa bangkit dari waktu itu.

      Shadow center, bukan pertama kali sih. Di SiMa & Sekai ni juga dia di posisi ini, di Futari ada Neru. Tau deh Aka kayanya emang diproyeksikan jadi Shadow Center.

      Yuichanzou gak terlalu excited kali ini buat ane, TecchiNeru gak dapet MV, palingan rada tertarik sama MARRY, tapi ya cuma sekedar gitu aja.

      Like

    4. Yah gak ada MV nya 😥 Padahal ane pengen menebak-nebak yang potensial jadi center di single ke-5 selain Hirate..

      Akanen, Neru, atau Yuipon >_<

      Kobayashi wajah sedihnya mirip sama Nishino sih, centernya Nogi, siapa tau nanti single ke-5 ballad 😀 kan pas banget Kobayashi

      Btw, fukyouwaon kayaknya bagus nih kalo dibikin long version, terus Suzumoto sama Imaizumi berantem 😀

      Like

    5. Ane jauh lebih suka Yuipon yang jadi center, alasan ane masih sama kaya pas prediksi senbatsu 4th single kemarin. Kalau Aka, ane masih belum sreg, Neru apalagi, statusnya aja belum jelas.

      Hahaha, biar Yuipon mukanya sendu begitu, ane harap kalau jadi center beneran dapet lagunya yang ceria 😀

      Dibikin versi dramanya gitu maksudnya? Boleh juga tuh 😀

      Like

    6. Ane setuju nih Yuipon.

      Manajemen harus segera mencari center baru buat Keyaki, ane baru liat di yutub wawancara Hirate sama NHK: Pernah pengen keluar dari Keyaki? Pernah… Yang dipikirkan waktu ditunjuk center single ke-4? Aku gak bisa melakukannya..

      Ane jadi sedih.. 😥 Semoga Techi bertahan.

      Like

    7. Menurut ane dia kandidat paling kuat kalau manajemen mau ganti center. Banyak hal yang bisa ngedukung.

      Ane cuma baca translate-nya dari S48, belum sempat nonton videonya. Tapi ini ngebuktiin bahkan Tecchi juga ngerasain hal yang sama kaya yang ane rasakan; dia dipaksa dan memaksa dirinya melebihi batas. Yang bikin makin parah, “Arti Keyakizaka-tempat dimana bisa menjadi Hirate Yurina yang lain” ini sih jelas tendensi Tecchi untuk memaksakan diri…

      Like

  6. Mau komen apa yah….
    Screentime udah diusahain merata.
    Sinematografi udah diusahain biar wah.
    Dance number udah diusahain biar memenuhi ekspektasi, dan jadi kartu pamungkas Keyaki malah setelah lagunya diputar.

    Paling komplain ane minor semua. Efek “I have seen worse” mungkin. 😀

    Like

    1. Yah kalau mainnya bagusan mana, jadi mainan bocah ntar.
      “Punyaku lebih bagus! Punyamu lebih jelek!”, ada kan fans macam begitu? 😀

      Untuk rilisan kali ini, Keyaki untuk urusan Koreo-nya. Kakaknya untuk urusan mengembangkan SDM-nya, Grup sebelah untuk urusan meng-import. 😀

      Like

    2. Ane ga ngomongin satu-dua orang. I have seen many selama ngidol. Mungkin sempet begitu juga diawal-awal ane terjun. Jadi yah paling “Ohhh…” aja. People grew-up, isn’t it? 😀

      Kalau Keyaki itu macam Energy Drink yang banyak dibeli di kawasan kota besar, NGT itu macam Wedang Jahe yang laris dikawasan dengan temperatur rendah. Dan karena dua2-nya itu produk baru, image-nya masih fresh. Makanya masih banyak opini positif-nya. 😀

      Ane pribadi juga punya beberapa opini negatif, cuma ane ga koar2 aja.

      Like

    3. Yep, people grown up. But not everyone needn’t a punch in the face 😀

      Hahaha perumpamaannya 😀
      Keyaki=Monster Energy, NGT=Anget Sari?

      Opini negatif ini buat grup yang mana? Yang dari barat?

      Like

  7. Gak akan bahas MV nya krena dah dibahas sama jari-jemari adminnya
    (alasan aja, sbnarnya gk tau mau komen apa XD )

    Sekrng tinggal nunggu tmpil livenya, kira2 bakal sebagus di MVnya gak? maslahnya di MV banyak gerakan dance yg melangkah maju kedepan, nah klo distudio2 yg gk terllau besar, apa mugnkin tmpil livenya juga pake langkah2 maju kedepan atau jadi kyk jalan ditempat? Di Futari ada juga gerakan maju kedepan tpi klo diliat dari MV Fukyouwaon, lebih banyk gerakan kyk gitu ktimbang di Futari. Sangat menantikan penampilan live Fukyouwaon

    Like

    1. Masih terguncang makanya gak bisa komen? XD

      Mungkin bakal direduksi, apalagi tau lah panggung musik tuh gedenya segimana. Yah, palingan bakal kaya march-nya SiMa atau Futari deh tebakan ane. Tapi kalau ane sendiri sih, gak begitu nunggu live ini.

      Malem nanti Eccentric bakal diputer ya?

      Like

    2. Akhir2 ini overload otak ane XD

      Ane menantikannya gra2 itu sih, bakal sekeren di MVnya atau gmn. Soalnya di MV keren kan gra2 emang kelihatan gerakannya.
      Kok gk nungguin?

      Wah gk tau jg, gk dapat kbr ane soal itu

      Like

    3. Waktunya turun mesin? *eh

      Yah, ane udah tulis diatas, pas coba imajinasikan ini MV secara statis pas kameranya bergerak, kok kayanya biasa aja. Makanya, ane gak terlalu ekspektasi. Lagian, kali ini gak ada bagian yang bikin penasaran banget. Di Sekai ni, ada payung, di Futari ada formasi pohon di akhir, lah Fukyouwaon, apaan?

      BUkan cuma Eccentric, Tuning sama apa gitu juga didengerin. 3in1 ini mah.
      #kamvret XD

      Like

    4. Ntahlah, dah bbrp hari ini otak ane kyk susan konek XD

      Ya klo fukyouwaon ini mungkin formasi segitiga sakamichi (?) di akhir, cuma pas di MV kurang terpakai maksimal garis dilengan bajunya utk buat garis formasi segitiganya

      Yg ane liat yg dah bertebaran baru Eccentric sama Tuning

      Like

    5. Susan? Boneka psycopath itu? XD
      Beneran connection out ini XD

      Itu juga gak terlalu breathtaking deh, soalnya pose final dan yah, harus ane akui, setelah Tree of Life di Futari, susah buat kagum lagi.

      Sama satu lagi apaan itu, lupa ane…

      Like

    6. Nah kan, sampe ngetik aja typo gitu, eamng lagi overload otak ane XD

      Mungkin gra2 gk rapi makanya pas disorot dari atas ujung2nya sorot dari depan, sorot wajah techi sbg endingnya XD

      Cuma 2 yg rilis semalam, dan yaaaaaa… gitulah XD

      Like

    7. Overload apaan, bilang aja lagi sendu XD

      Kalau itu sih, jadinya minus dari sinematografi lagi. Cuma kali ini jadi kebanyakan minus.

      Tahan komen dulu, entar aja kalau ane udah rilis XD

      Like

    8. Sendu knp pula?

      Yo wslah, setidaknya ada rasa yg berbeda dari MV keya ktimbang MV2 idol yg laen XD

      Lagian ane mau komen apa, otk beneran overload, mau nyusun kata2 kyk susah amat XD

      Like

    9. Kalau lagunya Gigi; “11 januari bertemu”
      Kalau lagu ente; “18 maret berakhir” XD

      “Idol yang lain” ini bisa spesifik siapa yang dimaksud? XD

      Penyakit typo kayanya udah stadium akhir tuh sampe merembet ke otak XD

      Like

    10. Berakhir kan karir dia sbg idol, klo hubungan mah lanjut,
      cinta ane gk sebatas status “member” kyk seseorang XD

      Pake mancing pula.

      Iya, kadang mau bales komen mikir lama, ujung2nya cuma lempar emot “tawa” XD

      Like

    11. Siapa orang yand dimaksud? XD
      Tapi dia lanjut di entertainment atau kaya Nanamin?

      Cuma tanya kan XD

      Duh itu karena kebanyakan mendung atau gimana? XD

      Like

    12. Itu, yg suka amen lumat2, gelitikin pake jenggot, ileran dll XD
      Gk ada pengumuamn grad dri dunai entertain kyk Nanamin, cuma ya nunggu tawaran kyknya, mklum mantan member rkyat jelata XD

      Gk wajib ane jawab kan XD

      Ntahlah, efek kurang gizi x, hari2 makan nasi gram aja XD

      Like

    13. Kayanya butuh inisial biar jelas XD

      Kira2 ada arah mau kemana karirnya?

      Hukumnya sunnah aja lah XD

      Ckckck, Mr. Crabs main biola di background? XD

      Like

    14. Ya ane cuma bisa menasehati dan menghimbau, gk berani ngelarang2, ntar dikira gk menghargai emansipasi wanita, trus dilaporin ntar ane ke komnas perlindungan prempuan *tak jelas XD

      Like

  8. Pendapat ane hampir sama dengan yg ditulis agan 😀

    Yg agak heran, sejak single ke 2 pembagian screen time selalu aneh. Tapi itu masih gpp. MV nya juga hampir selalu bagus.
    Terus ane suka bagian “HO HO HO” 😀 Kaya tari kecak bali atau tari reog ponorogo 😀

    Ranking A-side keyaki versi ane:
    Sekai > Futari = SiMajo > Fukyouwaon
    MV A-side:
    Sekai > Futari > SiMajo = Fukyouwaon
    A-side 46:
    Fukyouwaon > Influencer
    MV A-side 46:
    Influencer > Fukyouwaon

    Well, Fukyouwaon bisa dibilang my least favourite keyaki single. Yg paling ane tunggu2 disini ya cuma w-keyakizaka.

    Like

    1. CIri khas Keyaki kayanya; “Front row bukan berarti prioritas, 2nd row bukan sekedar pelengkap, 3rd bisa lebih dari backdancer”

      Kalau baca HO HO HO, malah kaya nonton film yang ada sinterklasnya 😀

      Jadi maksudnya dari lagu, Fukyouwaon lebih oke, tapi dari MV lebih jelek dari Influencer?

      Unit yang lain gak ditunggu nih? 😀

      Like

    2. Iya, utk lagu, ane lebih suka Fukyouwaon drpd Influencer. MV lebih suka Influencer.

      Iya sih, ane masih nunggu unit lain. Ane juga kurang sreg sama lagu Eccentric sama Tuning. Padahal ekspektasi ane tinggi sama lagu itu. Terutama lagunya Yuichanzu. Tapi, masih belum bisa mendekati kualitasnya Shibuyagawa dan Bob Dylan. Sejauh ini cuma 2 lagu yg sreg, Fukyouwaon sama W-Keyaki. Moga unit lain gak mengecewakan.

      Like

    3. Biasanya kebalikannya loh padahal 😀

      Tunggu aja audio yang lebih jelas atau sekalian nunggu MV. Ane aja tadi mau garap dikit soal review eh malah keterusan garap TGC yang lebih pasti 😀
      Tunggu aja unit MARRY, ini unit paling ditunggu kayanya.

      Like

  9. Yang ane takutin, entar livenya gimana kalau dancenya dibagi-bagi gitu? Infulencer bikin ane ngedown pas nonton livenya. Beda banget sama di mv. Tapi, biasanya keyaki lebih bagus kan kalau live jadi semoga aja kali ini juga bagus 😀

    Untuk screentime ane bodo amat. Yang penting risa ❤ screentimenya lumayan 😀 Lagian kapan sih keyaki screentimenya sesuai sama posisinya? Paling di coupling doang. Cuma, ane jadi kasian sama ue. Mending dia jadi center 3rd row aja kali ini. Screentimenya aoi lebih lumayan dari dia soalnya. Apalagi oda yang gak ada closeupnya sepenglihatan ane.

    Dan bener kan ane suka banget sama mvnya. Kalau ane denger lagunya aja emang agak gak masuk. Cuma kalau sambil nonton bagus banget! Jadi, kataru nara masih jadi lagu tipe dance keyaki yang paling ane suka. Karena lagunya bisa ane nikmatin tanpa nonton mvnya dan cuma denger aja 😀

    Dan ane berharap summer singlenya bisa lebih bagus dari sekai. Nuansanya ceria ala musim panas, tapi masih nyambung sama image keyaki.

    Like

    1. Menurut ane bakal sebelas duabelas sama Futari, soalnya mirip2. Kalau Influencer, ane sih biasa aja malah, gak excited atau sebaliknya, lempeng aja udah 😀

      Yah, ciri khas Keyaki yang rada ngaco soal screentime masih ada. Jadi ya sutralah. Kalau Ue sama Dana, emang miris tapi kayanya bakal ada kompensasi di luar performance. Di Sekai ni, Za Cool front row dan gak dapet spotlight di MV tapi di variety menang banyak. Mii dapet screentime yang lumayan di Futari, tapi di variety rada macet, justru Satoshi yang sebaliknya. Pattern ini ane rasa bakal terus berulang.

      Ane pribadi, Fukyouwaon mulai grow di kuping, kadang suka muter MV cuma buat denger audionya doang 😀

      Summer single? Duh kecepetan tuh gan 😀

      Like

    2. Soalnya kan di mv dance influencer bagus min. Ambil contoh aja pas maiyang sama nanasayang nari berdua. Kalau di mv, maiyang kan ada duduk di depan, ini di livenya kagak ada! Padahal kostumnya udah pake celana. Ya semoga keyaki gak ngedown.

      Kalau urusan variety kan tergantung member itu sendiri dan tergantung scriptnya min. Zaa cool dan berika sering dibercandain di variety ya karena emang lucu aja mereka kalau dibecandain 😀 Untuk satoshi, dia kan emang dari awal cerewet. Dan karena front row mungkin makanya dia lebih aktif lagi.

      Nah itu dia min. Kalau sambil nonton, lagunya masuk. Pas ane coba denger suaranya aja, ane bosan 😀 Jadi ane skip.

      Tiga bulan lagi min. Sebentar kok. Apalagi kayaknya ane bakal hiatus *ceilah, jadi waktu pasti berjalan cepat 😀

      Like

    3. Kan ane udah bilang, kalau gak dibawain di konser/acara sendiri sih ya jangan harap dapet yang lebih dari 2 menit.

      Nah, karena script, bisa dibilang itu juga jaminan kompensasi kan? Jadi udah diatur dari sononya.

      Maksud ane cuma dengerin lagunya aja udah mulai masuk.

      Lah hiatus kenapa?

      Like

    4. Ya bukan masalah durasinya min. Masalah koreonya yang beda di mv sama livenya. Padahal kan nogi udah pake celana. Bisalah jungkir-balik-salto sambil ngedance 😀

      Semoga aja begitu. Padahal ue itu hsnya bagus terus cakep, kenapa kameramennya gak suka ngeshoot muka dia ya?

      Ane justru kalau denger audionya aja suka pusing jadi ane skip. Mungkin karena ane banyak pikiran kali ya jadi lagu kayak gini bikin makin puyeng.

      Biasa min. Urusan anak muda. Ane mau selesaikan skripsi biar tahun ini bisa kelar.

      Like

    5. Ya itu kan masuk bagian yang dipotong 😀

      Mungkin kameramen takut khilaf kali 😀

      Ya, makanya ane bilang mulai grow up. Sama kaya 24K Magic sih, awalnya ogah tapi lama2 suka nyanyiin 😀

      Kalau skripsi kelar dan wisuda, fix masuk golongan tua XD

      Like

  10. Bagian awal kan biasanya gak dipotong min. Ini nogi diubah bagian awal narinya. Jadi kurang greget.

    Kalau takut khilaf itu nyorot mukanya risa atau aka. Apalagi aka yang mukanya emang sering bikin khilaf 😀

    Ane lagu yang awalnya ogah tapi jadi suka nyanyiin itu lagu kuchibirunya akb. Dan sukanya gara-gara anak ngt sering performin di theater XD

    Kalau ane kan masih tujuh belas (beberapa tahun yang lalu :D) jadi masih muda lah ya

    Like

    1. Ane rasa sih semuanya masih normal2 aja…

      Iya emang adek2 ane cantiknya kebangetan, untung bodyguard selalu siap siaga, apalagi bodyguardnya Aka https://goo.gl/g61Cjq 😎

      Kuchibiru tuh lagu yang mana ya?

      Beberapa tahun atau beberapa dekade? XD

      Like

    2. Beda pas bagian duduknya maiyan. Kan bagian itu dihilangin pas perform.

      Sabar min, ane gak serang aka kok! Kan di sini kita bahas soal khilaf-khilafan 😀

      Yang single terakhir takamina.

      Berapatahun min. Ane kan sebelas-dua belas umurnya sama risa 😀

      Like

    3. Ya namanya juga short version, diilangin pasti. Lagian kalau terlalu intens kasian Maiyan, umur 😀

      Cuma mengingatkan 😎

      Oh, kalau pas waktu itu sih ane udah gak dengerin lagi. Itu lagu yang ex-member balik lagi di MV bukan?

      Ane gak harus percaya kan? 😀

      Like

    4. Ya kan ane berharap aja gitu bisa sama sama di mvnya 😀

      Tenang aja min. Ane kan bukan wolf atau sejenisnya 😀

      Beda lagi yang bawa og. Ane masih ngikutin soalnya masih ada mamah paru sama naanya.

      Percaya aja min. Biar hidup ente lebih baik dan tentram 😀 #ane lagi ngaco

      Like

    5. Kalau gitu gagal, berharap lagi di single berikutnya 😀

      Gak harus percaya kan sama ini? 😀

      Oh beda ya? Ah taulah 😀
      Kok bawa2 Naanya? Awas ada yang meraung 😀

      Enggak deh makasih 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s