Sakamichi Review : IV MV’s Part 3

Well, rasanya aku memang tak akan bisa hiatus lama-lama dari ngidol. Jauh lebih membuat stress tanpa sumber hiburan utama. I’m not watching TV, bahkan membaca majalah jauh lebih membosankan di layar laptop tanpa smartphone atau tablet. Well, aku masih harus membiasakan diri dan menginstall aplikasi di ponsel baru juga. Tak ada game yang menarik perhatianku, makanya aku memutuskan untuk kembali saja. Dan setelah Under Pressure, kini theme song untukku adalah It’s A Hard Life.

Lagipula, kelihatan jelas berapa banyak serigala yang mengincar Yumi, Bebitan, Ashurin, Aka, Manafin, dan Zukki. Serigala, ya kamu, serigala yang baca ini.

Baru dua-tiga hari absen total, banyak sekali yang terjadi. Album ketiga Nogi, konser Gen 3, baru saja Gen 3 muncul di Kojichuu untuk pertama kali, dan dua MV terakhir dari Fukyouwaon; Wareta Smartphone dan Bokutachi wa Tsukiatteiru. Nah, karena tinggal dua MV ini yang belum kureview, langsung saja. Oh, aku hanya akan mengomentari tentang MV, karena untuk lagu, semua ada untuk berikutnya.

Wareta Smartphone 

Dibawakan oleh unit Aozora to MARRY, akronim dari Manaka-Akane-Rika-Risa-Yuuka. Unit ini sempat digadang-gadang akan menjadi salah satu unit terbaik yang pernah dimiliki Sakamichi dengan barisan member top tier seperti ini. 5 member yang tergabung di unit ini bisa dikatakan adalah member Keyaki yang paling dikenal publik selain Sol Invictus Tecchi.

B.L.T.増刊 5月号 2017.3.24 004

Dan…harus kukatakan mendengar dan melihat MV ini di hari pertama aku memutuskan rehat sejenak seperti doping yang mengatakan bahwa keputusanku benar. MV ini terlalu wild bagi pikiran yang ingin rileks, atau malah bagi yang sudah rileks pun, MV ini cukup berbahaya. Sebelumnya aku pernah membahas ini dalam konteks danso, tapi kali ini adalah Yuri. Katakan saja, aku tak begitu menyukai konsep ini.

Dan MV ini melanjutkan tradisi latar cerita yang sedikit gelap di tiap single Keyaki; Yamanote-sen, PARCO, dan Bokutachi wa Sensou. Bicara mengenai 5 Cards, entah bagaimana kelanjutan cerita 2Watanabe setelah ini. Karena setelah mendapat nama, mustahil MARRY hanya menjadi one shot unit. Sudah dua lagu yang mereka bawakan.

Konsep MV ini yang dance in the box sudah sering kita lihat sebelumnya. Hanya saja kali ini sudut pengambilan gambar diambil dari pintu yang mana terpotong dengan pintunya itu sendiri. Hal ini menambah bagian gelap di MV Keyaki dengan aspek rasio seperti ini, jadi bagaimana member menari terkesan sangat kecil.

Saat dance scene, menurutku memang dengan adanya border yang terlalu besar saat pengambilan gambar jadi kurang oke. Mungkin ada simbologi lain tentang ini, biasanya ada di lirik, tapi aku juga belum mencari liriknya. Sementara saat individu, bisa kukatakan cukup untuk screentime dan estetika. Justru malah salah satu MV Keyaki yang paling kuat dalam urusan close up dan angle pengambilan gambarnya.

Storyline kembali blur di Wareta Smartphone. Aku tak akan mengatakan aku paham, karena sedikitpun memang tidak. Di scene per individu, aku melihat memang ada hubungannya dengan smartphone di awal, tapi semakin ke tengah semakin absurd. Aku belum berkeliling ke S48 atau yang lain saat menulis ini, jadi mungkin aku kelewatan satu dua bagian.

Jujur saja, aku jauh lebih tertarik pada mural di bagian member menari dalam ruangan. Aku yakin pernah melihatnya di buku yang membahas tentang lukisan, hanya ini versi yang lebih sederhana. Sayang, otakku saat ini tak dalam keadaan mau mencari lukisan apa yang jadi referensi, jadi jika aku suatu saat aku menemukannya, baru akan kutulis.

Untuk urusan dance, aku memberi nilai lebih. Bukan karena provokatifnya melainkan variasi yang ditampilkan cukup banyak mulai dari tango, salsa, sampai ocho atras. Latin sedang menjadi tren mungkin di Sakamichi. Sayang, screenshot kurang bisa menggambarkan variasi dance di MV ini. Setelah Aozora wa Chigau yang kental di purple line dan tidak seperti Keyaki, Wareta Smartphone lebih menonjolkan dance meski itu tertutupi oleh Yuri.

Overall, menurutku MV ini termasuk kategori lumayan. Tidak memberi impact sekuat PARCO memang, lebih pada level Yamanote-sen, terutama banyak yang jadi kurang suka karena aransemennya. Malahan, Wareta Smartphone adalah MV yang bisa dikatakan paling sukses menonjolkan aura member non-Tecchi dalam portofolio Keyaki. Bahkan Yuichanzou belum mendapatkan MV sekelas ini.

Bokutachi wa Tsukiatteiru

MV kedua H.Keyaki setelah Dare Yori mo Takaku Tobe! yang katakan saja, somewhat ridiculous. Di single keempat ini, setelah 4 MV yang lain mendapat mixed reviews, bagaimanapun hasil MV H.Keyaki akan bisa diterima. Win-win situation untuk MV ini karena rilis terakhir, tapi juga kalau tak bisa memberi impact, situasi H.Keyaki tetap akan terus mengambang.

wp-1491171137020.jpg

Menitikberatkan di storyline, kontras dengan coupling lain, Bokutachi wa Tsukiatteiru menjadi salah satu MV yang paling mudah dicerna. Di satu sisi ini enak, di sisi lain, membentuk image H.Keyaki yang kontras dengan K.Keyaki, karena bukan green beret melainkan purple line yang jauh lebih kental. Storyline yang dihadirkan juga khas Nogi, mengingatkan pada Oide Shampoo.

Latar belakang pertentangan antara guru dan murid, lalu ditambah bumbu cinta segitiga antara Katoshi dan Ayaka, well, rasanya seperti menonton mini drama. Sayang ceritanya kurang panjang dan detail. Kalau dibuat lebih detail dan ditambah durasi tiga menit lagi saja, Bokutachi wa Tsukiatteiru akan menjadi ikonik bagi H.Keyaki. Tapi yah, dengan resiko image tentu saja.

Jalan cerita yang cukup ringan, ditunjang sinematografi yang menunjang. Tidak ada angle ekstrim atau pengambilan gambar yang terlalu cepat. Dan aku cukup suka efek pengambilan gambar dengan smartphone saat scene di ruang guru, terkesan fresh karena Keyaki belum pernah menggunakan konsep ini.

Dari segi dance, ini masih kelemahan terbesar H.Keyaki. Tanpa sosok yang berkharisma maka mereka tidak bisa membuat koreografi yang powerful seperti K.Keyaki. Masih sering ditemui kesalahan dasar dan bukan hanya satu dua member yang melakukannya. Belum lagi kesan tidak kompak yang muncul, padahal koreografi kali ini cukup eye candy menurutku.

Mao kembali dengan dance sekaku papan di MV ini, sulit kupercaya dia bisa menjadi center SiMa saat konser H.Keyaki sebagus urban legend yang beredar. Berbicara mengenai center, kembali Neru menjadi center resmi untuk H.Keyaki. Tapi yang paling kuapresiasi adalah bagaimana mereka membagi screentime & storyline secara merata ke member lain; Gummy, Katoshi, Ayaka mendapat peran yang besar disini. Sementara dua Ace H.Keyaki; Memi & Kage hanya berada di belakang.

H.Keyaki kembali mengenakan seifuku sebagai kostum utama, bukan hal yang mengejutkan mengingat latar belakangnya adalah sekolah. Seperti yang dikonfirmasi Sarina, member yang paling senior/kelas 3 memakai dasi biru (Gummy, Mao, Katoshi, Sarina) , kelas 2 memakai dasi merah (Neru, Manafin, Mei, Kyoko), dah kelas 1 dengan dasi putih (Ayaka, Mirei, Kage, Memi).

Hiragana Keyakizaka46 – Bokutachi wa Tsukiatteiru - YouTube.MKV_000322405

Dan diatas seifuku, beberapa melapisi dengan jaket atau cardigan, hal ini membuat persona tiap individu bisa lebih mudah ditangkap. Contohnya Katoshi dengan cardigan merah yang dikancing dan sneakers biru menunjukkan dirinya adalah salah satu lead di MV ini, juga sesuai dengan image ‘hot’ yang mana dia seolah merebut pria idaman Ayaka.

Overall, MV ini bukan tipe yang powerful seperti Fukyouwaon, memiliki sejarah seperti W-Keyakizaka no Uta, atau sexy seperti Wareta Smartphone. Bokutachi wa Tsukiatteiru dan Tuning adalah coupling yang berada di sisi aman, ditujukan untuk internal fandom yang menginginkan exposure lebih pada H.Keyaki yang selalu hanya Neru+11 member lain sekaligus membuat image H.Keyaki yang berbeda dengan K.Keyaki.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

62 Comments

    1. Gak ngidol malah nonton film mulu, dan karena satu film, bikin ane balik aja lah 😀

      ‘Something’-nya itu kaya Beatles? 😀

      Something in the way she moves
      Attracts me like no other lover
      Something in the way she woos me

      Liked by 1 person

  1. Welcome back,abang ipar..😆😆😆😆

    2 mv yang tak meninggalkan kesan apa2 selain aka yang berusaha keras untuk tampil seksi,padahal waktu latihan sama ane gak gitu lo😆
    Dengan 5 member monster harusnya ada something wow di lagu dan mvnya,tapi yah,,,balik lagi,selera masing2 ya.
    Dan neru sebagai jurina 2.0,untung screen time nya adil,,selain itu lewat begitu saja,tanpa sesuatu yang berarti

    Oh ya,ane udah jagain aka dan zukki selama agan pergi,,,jadi kalau mau lamaan gpp juga,,😆😆😆😆…

    Like

    1. Tuh kan,kirain lama off bakal ada perubahan,paling gak sensian nya itu udah berkurang,ngasih restu dengan hubungan ane sama aka,,,lah ini,malah makin parah😆😆

      Membernya wow,malah aka sama risa double wow,tapi mv sama lagunya,yaahhh,,,1/4wow,11-12 lah sama tuning😄

      Sama lah kyk kanji😄
      Fandom mana yang lebih rame,merotasi techi atau merotasi half blood princess?

      Like

    2. Lama off? 2-3 hari ini, ya kalau serigala yang berharap sama adek2 ane, ya mungkin berasa lama ya gak ada ane 😀

      Lagu ane masih pending dulu buat review final, nungguin Eccentric keluar yang jernihan.

      Jelas Half Blood Princess. Statusnya paling gak jelas soalnya. Kalau Tecchi ane rasa mayoritas mulai khawatir sama dia sekarang.

      Like

    3. @mac
      Terasa lama bukan karena SRGL nya,tapi karena tiap buka kosan ini,gak ada up berita terbaru,liat di kosan sebelah udah rame aja,ane tau nya kan cuma dua kosan tu😆

      Wah belum keluar ya audio yang bersihnya?ane nungguin review dari sini aja dulu,baru nanti nyari,takut kecewa lagi

      Transfer full aja,mending dulu dijadiin member 1.5 aja kyk mariko-sama,😆

      @conan
      Ini ngomongin bini nya yang punya kosan sebelah,katanya dia pengen juga diculik sama 1412
      Sama satu lagi,ngomongin kelanjutan hubungan ane sama Zukki dan masa depan Aka yang begitu bahagia sama ane😆😆😆😆😆

      Like

    4. Ya gimana mau up berita, hiatus. Lagian ane kan bukan berita yang jadi menu utama.

      Masih belum. Mungkin hari ini baru keluar, soalnya besok udah tanggal rilis resmi.

      De facto udah member 1.5 kan, cuma de jure aja yang enggak.

      Bener2 dah, delusinya serigala makin kemana2 ane cuma absen 3 hari, gimana 3 bulan, ckckkck.

      Like

    5. @Mac:
      Wah Riria diincer ya? bener2 dah,
      masak Riria harus selalu bawa2 ikan biar terhindar dari srigala berlabel 1412

      ========================

      @Kid:
      1412 nya mimpi, gk ada yg mau diculik dikatain mau diculik *tepokjidat

      Like

    6. @mac
      Ane maunya transfer resmi aja,jadi neru di kanji aja,biar neru fokus sama kanji dan ….ane😆😆😆😆fyuuhhhhh untung gak ada kampak

      Lain kali kalau mau hiatus 5 atau 6 bulan aja,agan tenang aja,Zukki dan Aka pasti ane jagain,,,Yumi,Bebitan sama Ashu mau dijagain juga?ane siap,ikhlas kok 😄😄

      @conan
      Ane mau fokus sama Aka aja dulu,biar Miria dekat2 Ikoma aja dulu,nanti biar gampang ngambil tindakannya😆😆😆😆

      Ada tuh yang terang2an mau di culik,,,blonde tajir😆

      Like

    7. Tulah, kehadirannya sllau bikin gempar, kehadirannya tidak diinginkan, sosok yg seolah-olah luar biasa, tpi tkut ikan XD

      Like

  2. Welcome back sensei!
    Untung slama hp ente ilang ane g nemu fto2 tdk senonoh didunia maya ato blum kesebar? 😀
    WARETA SUMAHO
    Ane suka scene dance mrk yg pke seifuku mirip harujion, YURI! YURI! 😀
    Klo pas baju biasa ane cma fokus di risa aja,Suka bgt aura sadis yg kluar tp ttep manis. MV ini kbalikanx igai break, enak ditonton tp g enak ddengar dkuping ane 😀
    BOKUTACHI TSUKIATERU
    Prtama liat lgs trshir pesona katoshi,visual monster hiragana nih 😀
    Pas scene di ruang guru dg warna warni lampu ngingetin ama secret grafiti dtmbah dancex yg cute abis tp syg acak kadut. Ane brusaha positif dg mngkin emg dibuat awkward dance y?
    Tp apapun itu ane sgt apresiasi usaha tim hiragana dan sgt mnantikan prkembangan mrk slanjutx. Krn hiragana yg akan “menghangatkan” dri “kedinginan” kanji 😀
    Btw knp neru masih jd plihan utama center hiragana? Toh dikanji udah front row jg, apa g tkut kasih kesan neru dispesialkan?
    Eh,bukanx emg spesial dri awal y dia 😝

    Like

    1. Foto/video yang ane simpen cuma footage Rocky lagi lomba lari sama kambingnya Master Yoda 😀

      Walah, fans Yuri ini 😀
      Soalnya Risa pake jaket kulit pula, jadi terkesan macho. Kalau lagu sih, ane masih pending review final.

      Padahal dulu Katoshi biasa aja sekarang bahaya 😀
      Kalau ane sih condong ke pilihan kedua, sengaja begini biar image-nya beda sama K.Keyaki.

      Yah, namanya Half-Blood Princess, perannya gede dong di cerita. Kalau Vampire Princess kan masih dibawahnya 😀

      Like

    2. Hahahaha,,,epic tuh klo smpe rilis.
      Bisa dbilang awal trjerumus idol y slah satu faktorx itu tp hnya sbtas fanservice aja kok, krn ane cewek g mngkin kan ane ngilerin garpu idol ngapain jg 😀
      Tp levelx wareta sumaho msih aman kok, blum bsa mnandingin mukuchi na lion 😀
      Agan lupa klo grup yg dmsukin katoshi itu sakamichi series,buktinya udah bnyak dinogi 😀

      Like

    3. Dan pemenangnya ternyata Doieya-san yang menyusup 😀

      Dulu temen ane, cewek pas sekolah ane racunin pake GG malah jadi ketagihan dance tuh, biasanya kalau cewek kan sukanya gegara itu 😀

      Kalau Muguchi na Lion sih jangan dibilang 😀 Wareta Smartphone ane liatnya lebih ke dance, cuma ya fanservice yang rada over.

      Hahaha, dempulan Sakamichi kelas top 😀

      Like

  3. Kirain 2 atau 3 bulan, padahal ane sudah siap dengan materi “bimbingan” ane untuk adek2 mimin. XD

    WS
    Ngakak! XD Dancenya rasanya gimana, gitu. Mereka sepertinya setengah2 pas melakukannya. Entah kurang latihan, ada rasa malu atau gimana. Saat meliuk, menggerakkan tangan, keliatan masih amatiran. Dan kayak yg ane bilang disebelah, ekspresinya! Ekspresinya kalo ga flat (W-watanabe, Mona, Yukka), ya berlebihan ( Aka). Jadinya yg gitu, ngakak! XD Sempet bilang dalam hati, sampai segitunya mau nonjolin kesan seksi. XD Ini bukan Takahiro, kan?
    Yg scene individu setuju sama mimin. Bagus. Enak diliatnya dan ada si kotak 2.0 😀

    BokuTsu
    Dance berantakan, tapi ga tau kenapa ane ga keberatan. Lucu aja liatnya. Dan sedikit senang dengan adanya storyline yg cukup jelas, setelah MV di single ini banyak yg abstrak dan ga jelas. Meski agak ga ngeh apa tujuan mereka malam-malam party diruang staff. Ane kira merayakan ultah karena ada tulisan Happy. Ternyata ga ada Birthdaynya. 😀
    Scene terakhir pas Ayaka ambil balon yg ketinggalan, apa ada teori cocokologinya? 😀
    Kalo jaket yg dipake, apa melambangkan penlight member? Yg ane tahu, My Memi ❤ penlightnya ijo, jadi pas dengan jaketnya.

    Like

    1. 2-3 bulan? 2-3 hari aja Yumi & adek2 pada meriang liat serigala dimana2 XD

      Kalau dance, ane masih yakin sama teori ane; terlalu banyak versi latin dance yang dipake, jadi gak maksimal hasil akhirnya. Harusnya kalau tango ya tango aja, salsa ya salsa aja. Kalau ekspresi sih, tetep karena latin dance, kan emang harus begitu.

      Kotak 2.0 siapa?

      Yah, ini kaya manajemen berusaha bikin Oide Shampoo 2.0, jadi ane liatnya pake mindset ini, buat ngerti sama storyline pasti MV ini jadinya susah. Kurang panjang juga durasinya sih.

      Kalau scene Ayaka, entah kenapa yang kepikiran sama ane cuma Yoshimoto Ayaka. Gimana ya, kaya manajemen gak mau lepas lagi sosok kaya dia yang sempat jadi center.

      Kalau penlight ane kurang tahu, tapi banyak yang sama gitu. Lagian, emang ada yang cahayanya krem kaya cardigan Mao?

      Like

    2. Ntar di Keyashow akhir pekan ini lebih keliatan jelas, gimana dancenya. Feeling ane bakalan bagus. Kalo ekspresi, emang harus kaku gitu? Ga bisa lebih santai, meski tanpa senyum. Dan, pas ngedance, mereka ga lipsync, itu yg jadinya agak aneh. 😀

      Kan Mona sayangku pakai baju kotak2 di MV ini, mirip dengan Bunda. Itu yg bikin ane terpesona. 😀

      Sampai sekarang, ane ga pernah liat MVnya Oide yg full. Cuma cuplikan pas ngedance berbaris aja. Jadi, ane juga ga tau maksudnya mimin. 😀 Soal durasi ane setuju, seharusnya 9 menitan dan ada konklusi tentang permasalahan Shiho dan Ayaka. 🙂

      Yoshimoto Ayaka kalo diliat dari fotonya, aura coolnya pas buat Keya. Tapi, menurut teori ane, ini ada hubungannya sama Kakenai ep 10. Saat tes psikologi, Neru, anggota H pertama, menggambar kue ulang tahun dan balon. Menurut Amon-chan, gambar balon itu melambangkan Neru/H yg belum bisa berdiri kuat didunia Idol. Masih bisa terombang-ambing oleh angin dan butuh banyak belajar. Nah, sekarang, H bisa dikatakan sudah bisa berdiri kuat, malah dapat Zenkoku tour. Jadi, Ayaka, yg juga kemungkinan center H disingle berikutnya, mengambil balon itu sebagai lambang kalo H sudah siap. Siap masuk senbatsu atau siap punya single sendiri. 😀

      Mungkin bukan penlight, ya. 😀 Ane juga hafalnya cuma sama Memi doang. 😀

      Like

    3. Coba aja cari video latin dance, ekspresinya biar senyum juga senyum yang dingin loh.

      Oalah Mona toh, anak ini lama2 ilang cool-nya XD

      Hah? Gak pernah liat MV Oide Shampoo? Seriusan?

      Mempersiapkan Ayaka jadi center H.Keyaki selanjutnya? Bisa jadi, apalagi anak ini dapet hype gegara kebiasaan mancingnya, kalau dibilang variety material kayanya cocok sama kaya Neru.

      Itulah, bukan penlight kayanya, tapi asal aja ngasih jaketnya 😀

      Like

    4. Senyum dinginnya terlalu kaku. Tanpa perasaan pas di MV. Emang ini jadi masalah Keya sejak awal, kan? Kalo Nogi udah pengalaman, jadi pas tampil, ada kamera mereka bisa bikin ekspresi yg pas. Keya butuh banyak latihan lagi. 🙂

      Tambah cantik, kan? XD

      Ane punya dan pernah nonton semua MV single utama dari single 1 – 17, kecuali single ke2. XD Malah punyanya yg Ookami dan House! XD

      Kayaknya gitu, setelah liat posisi Memi yg di single ke2 dan 3 jadi pasangannya Neru, disini dipindah ke baris belakang. 😀

      Mungkin warna jaket memang ga ada maksud tersembunyi. Hanya fans aja yg berpikir terlalu jauhg. XD

      Like

    5. Gimana lagi, yang disuruh itu Drill Sergeant yang lawak, Za Cool yang cool-nya udah ilang, Master Wifi, sama Ponkotsu, mana bisa dingin yang beneran? 😀

      Susahnya, ane udah inget siapa bintang film 3 huruf yang mirip Mona, dari hairstyle sama ekpresi mukanya, jadi mau bilang cantik itu…

      Yang ditonton cuma lagu kebangsaan serigala sih XD

      Untungnya biar dipindah masih jadi shadow center, jadi masih gampang dipantau.

      Fans=situ? XD

      Like

    6. Yang masalah emang membernya, ya. XD Kenapa AkiP ga bikin unit lawak, macam SGD, yg lagunya juga koplak. Anak Keya kan pada gila semua. 😀

      Sapa sih min? Ha Ji Won? Kang Hye Na?

      Karena ada Yumi, Nene dan Marikka. Ya ane sikat. 😀

      Macam Aka dan Tecchi, ya. 😀
      Mungkin. 😀 Kangen TokuDare, kali. 😀

      Like

    7. Kalau unit ini sih, Nanachanzou terdepan 😀

      Bukan, sama sekali jauh dari genre Jiwon/Hyena.

      Kayanya sih ini planning buat H.Keyaki sekarang ini. Tau deh kalau udah ditambahin member.

      Like

    8. Nanachanzu, harus dibikinin unit. Bunda dan Yone enak suaranya. 😀 Tambah lagi dance klub di Omotenashikai pertama Keya, kalo mereka dibikin unit dan dikasih heavy dance song, manteb juga! 😀

      Ane minim info kalo bintang Korea. Cuma liat dramanya dulu. 😀

      Mungkin juga, ini bakalan jadi single terakhir Neru di H. Di Individual PVnya Shiho, Sari dan Kumi, ane bisa liat Shiho pas banget jadi center. Cool, seksi dan cantiknya dapet. 🙂

      Like

    9. Dibikinin lagu kali, kalau unit kan udah 😀

      Bukan bintang Korea juga. Ah udahlah daripada entar ane keceplosan jatuhnya yang lain malah awkward kalau liat Mona. 😀

      Kalau Kojin PV, pass! 😀

      Like

    10. Kalo ada lagu artinya udah resmi, ya. 😀

      Kalo gitu, biarlah itu menjadi misteri. XD

      Bener juga, ente ga koleksi KojinPV, ya. Yg jelas, aura Shiho kuat banget. Jadi center pas kalo menurut ane. Dan kalo lagunya pas juga, ada potensi auranya mirip Tecchi. 😀

      Like

    11. Iyalah, masih inget Nogidan kan? Mereka bukan mitos loh 😀

      Yep, malah entar Mona jadi bahan delusi berlebihan kalau ane sebutin 😀

      Gimana lagi, download kalau gak ditonton juga buat apa, gak betah sih nonton yang beginian. Paling kalau ada sub sama dishare dimana2 kaya Ashurin, Bebitan, sama Naachan baru download, itu juga ditonton belum pasti! 😀

      Like

    12. Nogidan ga ada lagu khusus, ya? Apa lagu di album sorezore, yg Ami sama Hime itu?

      Wah, kalo gitu sebutin min. Ane lagi butuh bahan delusi nih. Enak kan, delusiin adek ane sendiri. 😀

      Sama juga sih, ane. Ane liat cuma sekali, setelah itu simpen dan lupa. Mungkin yg paling sering ane mainin cuma Marikka seventeen. 😀

      Like

    13. Gak ada, kalau Koishitara juga gak bisa disebut lagunya Nogidan.

      Really? 😀

      Ada sih link, 4 GB, pengen juga download buat ngabisin bonusan tapi males bangun malem 😀

      Like

    14. Apa mungkin mereka main musiknya sendiri, jadi ga dibuatin lagu, karena aransemennya jelas dibawah aransemen pro. Tahu sendiri kan, kualitas bermain musiknya Nogidan ga bagus2 amat. 😀

      Emangnya yg mirip Mona ini berbahaya? Atau bikin down? Sapa sih?

      Enak banget tuh! Bonusnya banyak! Ane udah abis buat ambil Keya dan 2 tipe Nogi kemaren. 😀

      Like

    15. Kalau pernah denger Give me Five dan bikin member media senbatsu AKB aja bisa, ane rasa mustahil Nogidan gak bisa. Yang jadi masalah kan cuma Nogidan ini rata2 member jelata semua.

      Satu kata deh; JAV.

      Ane bangun sahur aja butuh alarm 3 kali, apalagi buat bangun malem ngabisin kuota, mustahil. Ada kali belasan GB masih nganggur XD

      Like

    16. Kayaknya bukan member, yg main musiknya kalo Give Me Five. Di live mungkin, tapi rekamannya beda, khususnya pas Takamina maen melodi. Kedengaran udah ahli di rekaman. Takamina masih gagap mainin melodinya. 🙂

      Jadi penasaran, sapa min? Ane memang ga ngikuti JAV tapi bisa dicari ntar. 😀

      Ya begadang lah, sambil tunggu bola, bisa ambil. 😀 Belasan Gb emangnya pake kartu apa min?

      Like

    17. Kalau siapa yang main di rekaman sama live emang udah keliatan, tapi seenggaknya mereka bisa. Nogidan selevel lah ya, cuma masalahnya yang populer mainstream kan cuma Ashurin doang.

      Yakin? Udah dipikir matang2 konsekuensinya? Kalau liat Mona jadi salah fokus mulu? XD

      Males bener begadang, tidur 7 jam aja siang masih ngantuk 😀
      Kartu teman pintar tuh, kan bonus malemnya banyak 😀

      Like

  4. “Seperti yang dikonfirmasi Sarina, member yang paling senior/kelas 3 memakai dasi biru (Gummy, Mao, Katoshi, Sarina) , kelas 2 memakai dasi merah (Neru, Manafin, Mei, Kyoko), dah kelas 1 dengan dasi putih (Ayaka, Mirei, Kage, Memi).” <- ternyata ada maknanya, kirain maen asal aja soal warna dasinya, kyknya baru x ini ya Hiragana pake model2 pembagian kelas kyk Kanji.

    WS:
    banyak dpt tanggapan negatif dari yg ane baca2, tpi buat ane lagu ini asyik, klo mau dibawa serius alias diperhatiin bener soal kualitas vokal dll emng bkal panjang urusan, tpi klo ngelepas itu semua, asyik (bagi ane) XD
    Suka liat ekspresi berika pas meluk Aka, akting nih anak bisa diperhitungkan, TokuDare, BkoSensoU, Wareta dan klo liat akting dia yg jadi 2 sosok berbeda di Kojin PVnya juga sprtinya dpt tanggapan +.

    BwT
    satu2nya protes ane dari MV ini ya apalgi klo bukan soal dance.
    Kyk dah dibahas, storyline, image, lagu dah OK sayngnya dance masih jadi hal yg wajib dibenahi. Itu aja, laennya ane suka

    Like

    1. Kayanya buat bedain umur aja sih XD

      Makanya soal lagu, ane bakal bikin sendiri nanti.
      Ini ane harus percaya obyektif atau cuma sekedar promoin bini? XD

      Sekilas BwT kirain Bokutachi wa Tatakawanai XD
      Ya oke aja soalnya gak punya adek disini ente XD

      Like

    2. Tpi sbentar, Neru pake dasi merah = kelas 2, brrti ini cuma utk kebutuhan MV dong? klo aslinya kan Neru dah lulus SMA XD
      Klo kanji kan emng bener2 dibedain sma real umur XD

      Hahahahahaha.. XD

      Hahaha.

      Setelah baca blog Yuuka akhirnya paham sama storyline Wareta XD

      Like

    3. Bener kok urutannya, yang ketuker cuma Kyoko sama Katoshi, harusnya Kyoko pake yang biru soalnya dia lebih tua.

      Tawa mulu, sehat pak? XD

      Sedikit banyak sesuai perkiraan, setelah ane coba liat yang individual scene, cuma masih gak paham hubungan tema utama sama yang per individu.

      Like

    4. Maksud ane, klo di kehidupan nyata kan Neru dah lulus SMA, tpi di MV ini dia digolongin kelas 2 kan

      Antara sehat atau gk tau mau ngetik komen apa XD

      Ya tema yg perindividu kan juga dah dijelasn Yuuka, klo Aka itu lagi nungguin pacaranya, jadi dia baut kyk kue, klo si Berika, cewek misterius yg nulis surat tp ntah utk siapa dll

      Like

    5. @conan, kan ane bilang, cuma buat pembeda umur. Lagian kenapa ribut soal ini? Tuh Gummy sama Mao jauh lebih tua XD

      KIrain kebanyakan helium XD

      Iya kalau yang ini paham, cuma sama tema dance Yuri itu yang masih kurang.

      @kid, nungguin situ buat dicabut nyawanya sama Grim Reaper kali. 😎

      Like

    6. Bukan ribut, sekedar mencari kejelasan aja XD

      Kena yg gorila2 itu x XD

      Entahlah klo soal dancenya, mungn bisa mention om Takahiro buat mencari penjesan XD

      Like

    7. Hahahah, klo Neru dikatain Tua, situ ketuaan brrti sebutannya XD

      itu nama obat2an trlarng yg baru, gorila2 apaa gitu, lupa ane XD

      Hahahaha, tkut kecewa klo gk dibales, jgn2 kemarin di waro gra2 dia khilaf XD

      Like

    8. Lebih prah ketuaan XD

      Klo ane pengguna masak ane lupa sama namanya, ane kan belum ketuaan kyk situ jd gk mungkin lupa XD

      Ntahlah, mungkin waktu itu om Takahiro lagi lapar krn lapar bisa merubah seseorng XD

      Like

    9. Ketuaan teriak ketuaan XD

      Lupa bagi ane itu kedok, tpi klo situ lupa itu faktir umur ya XD

      Itu coklat apa sepatu, sneakers pla XD

      Like

    10. Tua pengalaman 😎

      Tau ah gelap XD

      Ya kan tinggl disensor satu huruf, ini malah merubah makna XD
      * Hal gk penting kyk gini aja dibahas XD

      Like

  5. wareta hp MVnya bagus, lagunya tapi heran banyak yang bilang jelek, padahal ane demen. cuman vokalnya emang ancur sih
    kalo bokutachi wa tsukiatteru, bosen banget lagunya haha

    Like

    1. Lagu ane masih belum mutusin gimana, soalnya belum ada audio yang rilis 😀

      Iya sih, terlalu Nogi malahan Bokutachi wa tsukiatteiru.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s