Sakamichi Review : Fukyouwaon

4th single Keyaki, Fukyouwaon, rilis pada 5 April 2017. Sakamichi Review untuk single ini akan kumulai dari sekarang dari cover, lagu, dan seifuku. Dan kali ini berbeda dengan Influencer, aku merilis review lagu paling akhir. Yah, karena aku merilis review coupling per MV untuk single ini, jadi harus ada yang mengalah. Angka 456.158 di hari pertama rilis, Fukyouwaon tidak menunjukkan gejala Keyaki kehabisan bensin sejauh ini.

Covers Coverage

Type A seperti biasa masih menjadi hak prerogatif Tecchi. Untuk ketiga kalinya aku menulis hal yang sama. Type B menjadi milik front row dan sama seperti Futari, Tecchi double feature. Type C juga masih milik 2nd row. Tiga tipe ini relatif tak ada beda dari Futari. Perbedaan hanya pada Type D -yang mana baru pertama kali muncul- dan Regular.

Normalnya, 3rd row akan menempati Type D dan H.Keyaki sebagai Under akan berada di Regular kan? Sesuai dengan strata mereka, tapi tidak kali ini. H.Keyaki malah berada di Type D sementara 3rd row di Regular. Entah karena H.Keyaki memiliki lagu di Type D, yang mana ini mungkin untuk mendongkrak rekognitas publik atau sekedar menambah bumbu dalam drama internal?

Well, ini untuk pertama kalinya member non-senbatsu bisa muncul di cover, bagi Keyaki tentu, karena di Nogi sudah melakukannya di cover Type C Kidzuitara Kataomoi. Dan harus kukatakan H.Keyaki tak kalah dalam urusan fotogenik, yah, hanya terganggu oleh terangnya cahaya yang datang.

Tema yang diusung juga masih a la Keyaki, cool dan misterius. Kali ini tema discord yang dibawa cukup terasa dari suasana yang terlihat dalam kondisi cold war. Dalam gedung yang sepertinya adalah milik kepolisian, atau militer, terserah yang mana. Hanya Type D yang berada di rooftop yang berbeda, dengan latar belakang sunset, kesan yang ditangkap lebih terang. Kurasa ini adalah hint untuk Bokutachi wa Tsukiatteiru.

Track List

  • Fukyouwaon (不協和音) / Senbatsu

Type A, B, C, D, Regular Track 01

1080p [MV] Keyakizaka46 _ 4th Single _ Fukyouwaon.MP4_000035035

Well, sebagai main single, Fukyouwaon berbeda dan sama dengan sebelum-sebelumnya. Berbeda dalam arti apa yang disajikan kali ini jauh lebih gelap dari materi single sebelumnya. Sedangkan persamaan dengan single sebelumnya terutama SiMa, tema rebellion masih kental. Mengentalkan image Keyaki sebagai dance based, powerful group tidak akan salah memang.

Nuansa EDM terasa begitu kental di single ini, dan harus diakui lagu setipe ini sangat cocok dinikmati dengan melihat dance-nya. MV Fukyouwaon memang bukan MV terbaik Keyaki, tapi bisa menyampaikan pesan ini dengan baik. Sementara dari segi lagu, well, setelah mendengarkan full audio saja, aku cukup kaget dengan bagaimana lagu ini bisa begitu adiktif di telinga.

Dan aku bukan penggemar EDM sampai memasukkan lagu tipe ini di smartphone, hanya sekedar menikmati secara kasual. Lagu ini mengejutkanku yang semula berpikir lagu ini tidak akan seadiktif jika dinikmati tanpa MV seperti SiMa. SiMa masih menjadi benchmark untuk Keyaki, dan aku akan bilang, untuk lagu tipe EDM, Fukyouwaon menang.

Dari segi vokal, hadirnya Nanachanzou sebagai barisan front row baru cukup membawa perubahan. Vokal yang dihadirkan jadi terkesan lebih rough meski vokal dari 2nd row juga cukup dominan. Hal yang berbeda untuk Tridente kali ini, jika di Futari, Mii dan Aoi berhasil blend dengan Tecchi dengan baik, Yuuka dan Neru hampir sama sekali tidak memberi efek yang signifikan.

Jadi untuk harmonisasi dan teknik, kali ini aku harus mengatakan impresiku tidak sebaik saat Futari. Lebih rough bukan berarti lebih baik. Kekurangan ini untungnya ditambal dengan aransemen yang adiktif. Tinggal menunggu live pertama Fukyouwaon sekarang.

Rate : ⭐⭐⭐⭐1/2

  • W-KEYAKIZAKA no Uta (W-KEYAKIZAKAの詩)

Type A, B, C, D, Regular Track 02

Lagu ini sempat dikhawatirkan tidak akan masuk dalam tracklist 4th single, mengingat pertama diperdengarkan di momen yang kurang oke. Namun harapan agar lagu ini masuk di single keempat terwujud, malah melebihi ekspektasi dengan MV yang indah dan penuh makna. Kini giliran untuk lagunya, apakah sebagus itu juga?

Di intro, kita disajikan nuansa a la drumband, dan ini berlanjut hingga akhir lagu. Harus kukatakan aransemen ini membawa nuansa majestic yang berbeda dengan rilisan Keyaki lain. Juga jelas berbeda dengan Nogizaka no Uta yang lebih seperti march, yang dihadirkan lewat lagu ini adalah parade.

Menurutku juga akan menarik jika ada MV versi drumband yang dihadirkan dengan aransemen yang mendukung seperti ini. Sementara untuk vokal, lagu yang dibawakan semua member seperti ini jarang bisa menemukan jeleknya, semua saling menutupi karena tak ada vokal yang tak tertolong. Tapi jadinya juga berkesan terlalu flat.

Lirik yang dihadirkan juga cocok dengan segmentasi lagu ini sebagai identitas dan brand Keyakizaka46. Hanya sedikit yang membuatku berpikir, adalah bagian “We are Sakagumi”, bukan “We are Keyakizaka”, jadi lebih universal bahkan bisa digunakan oleh Nogi juga. Nevertheless this is a nice song. Membawa angin yang berbeda dengan image Keyaki yang kuat dengan lagu brand yang lebih lembut.

Rate : ⭐⭐⭐⭐

  • Hohoemi ga Kanashii (微笑みが悲しい) / Techi & Neru

Type A Track 03

The Chosen One & Half Blood Princess, dualisme Double Suns a la Keyaki yang jauh lebih kontroversial dibanding di Nogi. Mereka sampai saat ini masih menjadi hanya dua member yang mendapat jatah solo, de facto member terkuat dari K&H, juga center di masing-masing, dan bisa dikatakan member Keyaki paling terkenal secara publik -Tecchi sebagai center, dan Neru sebagai bintang variety-

Dari sini kita bisa mendapat kesan lagu ini akan dope kan? Well, jika berharap seperti itu, bersiaplah untuk kecewa. Pertama, dua orang ini memiliki perbedaan vokal yang sangat jauh, Tecchi yang kuat di nada rendah sementara Neru di nada tinggi. Menggabungkan keduanya dalam satu lagu butuh aransemen dan teknik yang bagus.

Dan benar saja, Hohoemi ga Kanashii secara aransemen adalah lagu bertempo lambat yang biasanya menitikberatkan di vokal. Disini kelemahannya terlihat, Tecchi beberapa kali terkesan sedikit menaikkan vocal range-nya untuk mengimbangi Neru. Jadinya dia terkesan fals sementara Neru just being Neru, either you love it or hate it. 

Oh entahlah, aku tak pernah merasa menggabungkan Tecchi & Neru dalam satu line atau malah lagu adalah ide bagus. Tapi bukan berarti lagu ini jelek, semua kembali pada selera.

Rate : ⭐⭐1/2

  • Tuning (チューニング) / Yuichanzou

Type B Track 03

Hmmm, harus kukatakan Yuichanzou yang mendapat nomor lagi di single ini seperti pedang bermata dua. Sebagai unit yang paling sering mendapat nomor dalam sejarah Sakamichi, Yuichanzou selalu mendapat lagu yang bisa dikatakan decent, karena membawa aura yang berbeda. Shibuyagawa selalu menjadi lagu paling populer mereka, tapi Bob Dylan wa Kaesenai dan Yuuhi 1/3 jelas tak bisa dikesampingkan begitu saja.

Kali ini musik Yuichanzou kembali ke retro. Petikan gitar akustik yang ditonjolkan di MV malah tidak terlalu terdengar, menurutku terlalu banyak efek yang digunakan. Selain itu di beberapa bagian malah hampir sama sekali tak terdengar, kalah dengan drum, piano, dan harmonika. Sayang sekali, padahal kuharap suara gitar akan lebih dominan.

Untuk vokal, tak ada yang perlu dikomentari. Yuichanzou masih menjadi powerhouse untuk bidang ini di Keyaki. Yang kuperhatikan adalah bagaimana harmonisasi mereka menunjukkan progress yang terus naik, padahal dari individu saja sudah termasuk bagus. Tuning menjadi alternatif yang enak sekali untuk telinga dari single ini.

Rate : ⭐⭐⭐1/2

  • Wareta Smartphone (割れたスマホ) / Aozora to MARRY

Type C Track 03

Unit Aozora wa Chigau yang kini kembali dengan nama resmi MARRY. Akronim dari Manaka, Akane, Rika, Risa, dan Yuuka. Unit ini adalah unit resmi kedua -de facto, karena lahir di Sekai ni- Keyaki, sementara 5 Cards baru muncul di Futari. Butuh waktu setengah tahun bagi unit ini untuk mendapat nama resmi, dan baru pertama kali terjadi di Sakamichi.

Dari review MV, aku mengatakan bahwa dalam kapasitas sebagai MV, nomor ini tidaklah buruk. Sementara jika hanya mendengarkan lagunya, obyektif, katakan saja aku sama sekali tidak keberatan dengan nomor ini. Dari segi aransemen, lagu ini membawa nuansa 80’an yang kental, funk dipadu EDM menghasilkan suara yang unik.

Untukku entah kenapa malah mengingatkan pada musik game 8-bit setelah mendengar intronya. Dan di MV, aku mengatakan banyak Latin Dance yang digunakan, dan musik dari lagu ini cocok untuk itu. Banyak yang mengatakan vokal adalah kelemahan paling besar dari lagu ini. Aku berpendapat berbeda.

Memang di beberapa bagian fals-nya terlalu besar, tapi obyektif dan subyektif, suara yang benar-benar fals itu hanya ditemukan dalam bagian individu. Sementara saat menyanyi bersama, tidak begitu fals malah akan kukatakan cukup enak didengar. Well, kebalikan dari Yuichanzou, MARRY memang bukan unit member dengan vokal yang cocok dengan semua jenis lagu, butuh lagu yang benar-benar spesifik untuk mereka agar tidak di-bash karena vokal.

Rate : ⭐⭐⭐

  • Bokutachi wa Tsukiatteiru (僕たちは付き合っている) / Hiragana Keyakizaka46

Type D Track 03

H.Keyaki kembali tidak mengikuti jejak K.Keyaki dengan ikut merilis lagu dan MV yang powerful. Mereka tetap ada di jalan yang lebih soft daripada main single. Setelah Hiragana Keyakizaka, Dare Yori mo Takaku Tobe!, kali ini Bokutachi wa Tsukiatteiru atau terjemahan bebasnya adalah We are Dating jelas jauh lebih sweet & soft daripada judul seperti Discord.

Untuk lagu, well, sama seperti judulnya, ini adalah tipikal lagu yang sweet dan bukan tipikal lagu yang akan dibawakan K.Keyaki. Selain itu aransemen yang tidak terpengaruh EDM secara berat juga variasi yang bagus. Jika Tuning membawa nafas retro, Bokutachi wa Tsukiatteiru adalah pop yang modern. Lirik yang dibawa juga kawaii.

Kali ini harus kukatakan aku cukup kecewa dengan output ini. Dalam arti masih belum bisa menemukan member dengan vokal yang kuat atau setidaknya distinguishable. Tidak adanya solid vocalist di H.Keyaki sedikit mengganggu, meski harus kuakui untuk urusan harmonisasi masih bisa diterima. Yah, kekurangan dari lagu ini termasuk minor sih, hanya soal image yang mungkin cukup issue.

Rate : ⭐⭐⭐

  • Eccentric (エキセントリック) / Senbatsu

Type Regular Track 03

Sama seperti judulnya, lagu ini eksentrik. Lagu ini menjadi instant favorite untukku, karena rap adalah hook yang selalu berhasil untukku. Aku berpendapat lagu ini adalah uncut diamond dari single ini, tanpa MV, lagu ini tidak akan pernah terekspos dengan baik pada publik.

Padahal jika ada MV, setidaknya publik akan aware bahwa selain dance, Keyaki juga bisa membawakan lagu yang tidak butuh dance berat seperti ini. Namun kembali lagi, mungkin manajemen berpikir bahwa image Keyaki sebagai dance based group adalah paten, merilis MV untuk lagu yang dominan di vokal bukan pilihan baik.

Yah, di dalam hatiku ada kekecewaan besar, tapi memang jika dibandingkan Fukyouwaon (main single), W-Keyakizaka no Uta (brand), Tuning (kembalinya Yuichanzou), Wareta Smartphone (MARRY adalah unit yang menjanjikan dari komersil), dan Bokutachi wa Tsukiatteiru (H.Keyaki, de facto Under Member) maka jelas Eccentric kalah prioritas.

Pendapat utamaku tentang lagu ini jujur subyektif, aku menyukai rap dan lagu ini tipeku. Jadi review tentang lau ini tak bisa jadi patokan. Secara general, rap kali ini lebih rumit ketimbang Buranko dan Fuusen wa Ikiteiru, dan bagaimana member bisa membawakan rap selevel ini patut diapresiasi. Selain itu lirik lagu ini sangat kuat, membawa image Keyaki, dan menyimbolkan sisi introvert yang juga dimiliki center.

I am Eccentric, It’s fine to be an odd person

Rate : ⭐⭐⭐⭐1/2

Seifuku

Enaknya menulis review seifuku Keyaki adalah, apa yang mereka pakai di MV pasti menjadi seragam dinas selama satu single, jadi tak perlu menunggu. Seifuku kali ini, well, bagaimana mengatakannya, weirdIni seperti hanya memotong bagian top half dari seifuku SiMa, kemudian membuatnya menjadi vest. Selain itu aku tak menemukan dimana bagusnya turtleneck yang loose seperti ini, juga aksen kancing yang berkesan mudah lepas.

「日経エンタテインメント! 5月号」 001

Warna biru tua yang dipakai memang bagus, aksen merah yang dipakai membuat tabrakan warna yang enak dilihat. Hanya saja jika digabungkan dengan badge hijau Keyaki, warnanya jadi down. Jika dilihat dari kanan atau depan memang masih bagus, tapi jika badge-nya kelihatan, hmmm…. discord. Jika harus kukatakan secara gamblang, ini adalah versi downgrade dari SiMa.

Perbedaan desain kembali pada pembagian berdasarkan usia. Untuk member >18 tahun, menggunakan desain lengan yang memiliki ring seperti seifuku Futari. Sementara untuk yang <18 tahun, menggunakan ujung lengan yang tanpa ring dan terbelah di sisi kanan-kirinya.

Sementara untuk H.Keyaki, mereka kembali mendapat perbedaan warna dengan K.Keyaki. Jika Senbatsu mendapat warna seifuku biru, mereka mendapat warna abu-abu. Tidak ada perbedaan selain warna, aksen warna yang digunakan juga masih merah yang sama juga desainnya.

Untuk member, aku mulai bertanya-tanya kapan akan terjadi perubahan pada make-up mereka. Mereka bahkan masih memakai hairstyle yang sama sejak SiMa! Hanya Mona saja yang mengalami fase perubahan yang stabil, dan itu membuat popularitasnya terus naik kan? I mean, perubahan sekecil hairstyle bisa membuat efek yang drastis. Yumi, Miona, dan yang terbaru Bebitan, bahkan Johnson, memang ini tak akan berpengaruh sangat drastis, hanya saja akan lebih baik ketimbang kemonotonan yang terus-menerus.

「日経エンタテインメント! 5月号」 002

Dalam W-Keyakizaka no Uta, seifuku yang digunakan setipe dengan seifuku Nandome dengan vest dan rok berwarna shamrock green yang dipadu dasi biru dan kemeja putih. Seifuku ini jauh lebih formal daripada seifuku utama dan mungkin untuk pertama kalinya Keyaki akan menggunakan seifuku non-MV untuk digunakan dalam acara TV.

Conclusion

Sebagai single yang dirilis tepat setahun setelah debut mereka, Fukyouwaon bisa dibilang membawa nostalgia dengan tema yang mereka bawakan saat debut. Seluruh lagu di single ini memang tak memiliki line yang jelas, jadi untuk tema keseluruhan, aku tak bisa mengatakan dengan pasti.

Naiknya penjualan single ini di hari pertama yang nyaris 100K dari Futari Saison adalah bukti bahwa Keyaki masih berjalan pasti. Major Tom belum kehilangan kontak dengan Ground Control, situasi Keyaki masih dalam bait ini;

Tell my wife I love her very much she knows

Fans masih mencintai dan mendukung Keyaki, dan mereka membalas ini dengan masih menghadirkan materi yang bagus.

Di single ini, kejelasan sistem K&H masih harus ditunda, entah sampai kapan. Peran Sol Invictus Tecchi juga mulai dikurangi alih-alih dibebankan pada member lain, langkah yang termasuk cerdik, masih menjadikan Tecchi sebagai center of attention dan membuat member lain menjaga spotlight. Ini juga salah satu alasan kenapa MARRY di-push kali ini. Yang pasti Keyaki setidaknya harus tetap menjaga pace ini.

By the way, besok tanggal 6 April adalah 1st Birthday Live Keyaki di Yoyogi, peringatan setahun debut mereka, kuharap tidak ada yang aneh-aneh.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

46 Comments

  1. Mmmm.. Mau komen ranking lagu versi ane aja deh 😀
    1. W-Keya = Fukyouwaon (lagu beda genre. Fukyouwaon lebih adiktif. W-keya lebih calm. Ane bingung mana yg harus dpt ranking 1 :D)
    2. Eccentric (Because I’m eccentric, problem? :D)
    3. Tuning = Bokutachi (semua lagu2 Yuichanzu dan Hiragana sejauh ini gak pernah mengecewakan)
    4. Hohoemi (Suara Tecchi terlalu dominan. Malah terkesan kaya lagu solo. Lagunya juga lumayan bland)
    5. Wareta (Seharian ndengerin single ini, lagu ini hampir selalu ane skip wkwkw)

    Kesimpulan:
    Ane gak akan bilang kalau ane gak suka sama single ini. Tapi single ini bisa dibilang single keyaki yang paling ‘lemah’. Dan yg ane heran, penjualannya tetep ngegas aja wkwk.
    Overall, single ini masih bisa ane katakan lumayan bagus. Cuma, ane bener2 gak suka sama lagu Wareta :D.
    Kalau suruh milih, ane masih milih single Influencer drpd Fukyouwaon. Imo, Coupling Influencer lebih nyantol drpd coupling Fukyouwaon.

    Like

    1. W.Keyaki=Fukyouwaon>Eccentric>Tuning=Bokutachi>Hohoemi>Wareta ?

      Kalau untuk lemah enggaknya, ane sih kurang setuju. Dari materi Fukyouwaon jelas gak kalah, cuma karena banyak output yang terlalu wild makanya jadi terkesan aneh. Sesuai sama titel “Discord” kali ya.
      Nogi menang dari materi yang khas purple line, Keyaki masih belum punya ini, jadi ya gitu deh…

      Like

  2. Fukyouwaon
    Ane suka EDM, tapi denger lagu ini diawal ga nyangkut. Baru beberapa kali, ane ngerasa enaknya. Agak kecewa dengan full EDM, ane kira mentahan kental jadi cirikhas Keya setelah 3 single utama kemaren kental banget. Lagu ini juga ga buat merinding, macam 3 single sebelumnya. Paling enak emang didengerin santai sambil goyang badan. Menurut ane, dibanding 3 single sebelumnya, single utama menurun kualitasnya. Jadi 8/10.

    W-Keyaki
    Dari awal pas di One Man Live, ane sudah suka. Jadi 8.5/10. Lagu ini juga jadi penegasan bila di Keya ada 2 grup yg berbeda. Jadi, status Under tidak berlaku lagi. Entah gimana, tapi kalo mnjmn mau gabungin member kedua grup, kennin dan transfer jadi caranya.

    WaretaSmartphone
    Enak! MVnya yg bermasalah buat ane. XD Jadi 7.5/10

    Bokutachi
    Enak juga, mengingatkan ane pada jaman ngeband pas SMP dulu. Dari awal intro langsung suka. Nadanya juga gampang diinget. 8/10

    Tuning
    Terlalu sederhana untuk vokal sekelas Zuu dan Pon. Sedikit gembira pas dapet Bob Dylan kemaren, karena disitu Yuichanzu bener2 dipaksa sampai limit. Lalu menurun di Yuuhi dan ini. Sedikit kecewa. Dan, genrenya juga. Dua anak ini bakatnya ada, kok ga diberi lagu yg lebih eksentrik lagi. Tapi, untuk lagu ini, masih ane terima. Kono mune no… 😀 7.5/10

    Hohoemi
    Kawaii! Ini yg ane pengen dari Tecchi. Suara muda dia yg sesuai umurnya. Dengerin ini beberapa kali, kayaknya vokal Neru kurang terdengar. Ane cuma dengar suara imut Tecchi. 😀 Ada bagian sebelum masuk reff mirip dengan Girls Rule. Tapi overall, lumayanlah. 7/10

    Eccentric
    9/10 ❤ Dari awal denger versi radionya langsung suka banget! Aransemennya enak, ada jazznya gitu. Rapnya juga manteb, paling suka sama rapnya Pon. Suara santai, lembut dan malesnya itu, nyandu banget! XD

    Seifuku
    Ga ada masalah buat ane. Yg ane suka, Keya kayaknya mulai pake desain two pieces setelah 3 single pake terusan mulu. Sebenernya bisa dibuat bervariasi kalo bagian vest dan bawahan warnanya beda. Seragam W-Keya suka juga. Enak dipandang. 7.5/10 buat dua seragam ini.

    Overall, lagu dan seifuku yg lumayan memuaskan. Tapi, kalo dibandingkan Spring tahun lalu, Spring tahun ini Nogi 1 x Keya 0. XD Mbaknya seperti mau balas dendam setelah Spring tahun lalu dihajar habis-habisan sama kouhainya. XD

    Like

    1. Masalah selera sih ya. Kalau urusan mentah dan artifisialnya sih, mungkin emang lagi trend atau gimana. Main single berat banget di EDM gak pake akustikan, tapi oke lah, soalnya kalau terus begitu bosen juga.

      Makanya ane bilang, K&H masih belum jelas, kaya penantian tanpa akhir ini 😀

      Ada yang berubah pendapat nih soal Wareta XD

      Untuk Tuning, pendapat ane masih tetep. Easy listening yang bikin calm. Soal sederhana sih, mungkin biar fanservice makin keliatan XD

      Hohoemi ane gak begitu suka. Tecchi mungkin butuh lagu yang kaya gini, tapi partnernya yang salah.

      Ane baru denger Eccentric ya pas review ini, langsung suka 😀

      Ini sih bukan two pieces juga, masih one piece. Two pieces paling kentara tetep Futari. Ya kali potongannya setinggi itu tapi two pieces 😀

      Soal menang siapa, ini selera. Tahun lalu general bisa dibilang emang Nogi yang kalah, kalau tahun ini subyektif sih.

      Like

    2. Untuk K&H ane yakin, mnjmn pasti tetep bikin kayak gini. Hal2 macam ini atau yg kontroversial bisa jadi cara bagus buat menarik perhatian. Ujung2nya, profit gede didapat. 😀

      Untuk Wareta, gara2 adeknya mimin tuh. Ane terpesona sama Aka, kalo dia tampil sederhana dan apa adanya. Kalo udah pose dan aksi seksi, bawaannya ngakak mulu. Alasannya, dia berusaha terlalu keras untuk itu. Jadinya ngakak pas liatnya dan ga konsen sama lagunya. XD Aka kayaknya butuh banyak belajar dari Misa bagaimana cara tampil seksi menggoda dengan cara yg seefektif mungkin. 😀

      Soal Seifuku, setidaknya keliatan kalo ada atasan dan bawahan untuk yg satu ini. Kalo Futari, kan atasannya jelas2 kayak vest doang. Jadi, ane harap tahun ini, setidaknya ada satu seifuku yg two pieces. 😀

      Kalo dibndingkan Spring tahun lalu, Nogi jelas jauh lebih baik di Spring tahun ini. Mungkin, tahun lalu cuma menang kedalaman lirik.

      Like

    3. Untungnya masih belum di-monetisasi, kalau misalnya sampe bikin Double A Side dan sejenisnya ini yang bakal bikin fans di jalan yang benar bakal makin tercekik 😀

      Kalau ane nambahin, itu karena struktur wajah Aka tuh meme-able banget. Jadinya mau ketawa duluan, itu pasti, happy virus sih ❤

      Summer single berharap aja, dari Sekai ni udah mulai keliatan bakal kesitu kayanya.

      Ane masih bilang ini subyektif. Influencer emang segmentatif, tapi Fukyouwaon jauh lebih segmentatif. Musik Influencer keseluruhan lebih gampang diterima kuping, Fukyouwaon ada yang terlalu EDM, ada yang akustik penuh, jadinya pecah pendapat soal rilisan ini, karena gak bawa benang merah yang sama.

      Like

    4. Kayak ga tau LLC aja. Tinggal tunggu tanggal mainnya, pasti deh ada gimmick baru buat tambah keuntungan. 😀
      Ingat!
      – PB Keya, prediksi pertengahan tahun ini
      – Album, mungkin akhir tahun atau awal tahun depan.
      – Hiragana nambah member, pasti ada sesuatu dibalik ini. 😀

      Itu juga yg bikin ane suka dan sayang sama Aka. Ane agak ga suka sama cewek yg kayak Nyonya Meneer, terlalu adem. Enak yg koplak gini. 😀 Zukki juga mulai tuh. Ojousamanya udah keliatan, tinggal koplaknya dikeluarin, mantan deh! XD

      Semoga, dan kalo bisa warnanya beda dari sebelumnya. Hitam, pas Summer! Mantab tuh! 😀

      Tetep sih, antara Harujion dan Influencer, lebih bagus Influencer, kalo menurut ane. 😀

      Like

    5. Itulah, padahal tuh di akhir artikel ane udah nyampein doa buat konser kemarin, tetep aja kejadian.

      Mantan?

      Ragu kalau item, putih-biru udah jadi warna paten buat summer single Sakamichi sih.

      Ya namanya juga subyektif.

      Like

    6. He..he..yg jelas, beban buat artikel baru bertambah. Tapi, jadinya ada bahan baru untuk dikulik. 😀 Kalo ane, harus mengosongkan isi otak buat hafalin wajah dan member baru lagi. 🙂

      Komplikasi antara “b” dan “n” berdekatan, jempol ane terlalu besar dan touchscreen rada error. 😀

      Tapi ini Keya, loh. Kebebasan adalah nafas mereka. Jadi, sesuatu yg lain gini bisa muncul, kan? 😀 Contohnya pas birthday kemaren. XD

      Like

    7. Butuh usaha keras lagi. Sampai sekarang, ane aja masih sering salah antara Denchan dan Ayano. Harus liat dulu, tahi lalat dan rambut. XD

      Ga juga, hanya kelewatan pas cek sebelum ngepost komen. 😀

      Itu dan ini juga https://goo.gl/eomZ5H Ane pengen liat mereka pakai kostum yg beda aja. 😀

      Like

    8. Lah, Denchan sama Christie? Beda banget gitu, kalau Christie sih gampangnya yang kaya campuran Nanamin+Misa 😀

      Sama aja 😀

      Itu pas segmen apa tuh?

      Like

    9. Ga tau nih, keduanya keliatan sama. Untung Ayano potong rambut, jadi agak mudah. :d

      Sebenernya bisa lebih parah, kalo ga ane cek dan ricek. 😀

      Ga tau, mungkin pas lagu Eccentric?

      Like

    10. Udah hafal sekarang. Beda banget ternyata wajahnya, ya! XD

      Bukan sindrom, hanya error pada gadget, bukan manusianya. 😀

      Ada yg liputan dari TV apa gitu. Belum nonton ane. Di suki48 ada downloadnya, tapi kalo cuma 5 menit, kayaknya enak nonton aja, ya. 😀

      Like

    11. Yang bilang sama siapa? XD

      Malah nyalahin gadget, udah benda mati, masih aja salah XD

      Kalau ane sih mau semenit dua menit pun tetep download, soalnya buat archive. File Hoarder masih jadi kebiasaan buruk 😀

      Like

    12. Mungkin sama2 tipe wajah lonjong. 😀 Tapi, Denchan ternyata cantik banget, ya? Ane liat di blognya baru2 ini, keliatan beda pas di ponytail. 🙂

      Karena itu kesimpulan paling mudah yg bisa diambil. 😀

      Kalo ane gambar, video ga terlalu. Lagian, kuota juga berteriak kalo setiap video ane ambil. 😀

      Like

    13. Ane rada jarang blogwalking belakangan, lagian udah jarang yang share foto dari blog Nogi di twitter/tumblr 😀

      Bener2 ketularan bapak kos sebelah 😀

      Yaelah, video semenit dua menit palingan berapa MB 😀

      Like

  3. Lagu fukyouwaon dan w-keya resmi masuk playlist ane,dan mvnya pasti akan sering ane tonton

    Eccentric juga akan cukup sering ane dengar,,setara jinsei nya nogi

    Yang lain nya pas,gak ada efek nagihnya buat nonton lagi atau dengerin lagi,tau deh kalau live nya,tapi kalau untuk liat mv atau dengerinnya lagi gak ada keinginan untuk itu

    Seifukunya ane suka,semakin pas untuk tari busung dadanya😍😍😍

    Like

    1. Fukyouwaon-wKeyakizaka-Eccentric doang, Tuning enggak?

      Kalau lagu emang kurang kan, tapi MV pasti bikin nagih kan buat diliat terus? XD

      Like

    2. Kyknya gitu,tuning gak,bukan sahabat kuping ane,lagu unit yang ada di playlist ane cuma hoka no hoshi kara(tiap buka yutub pasti ane liat mv,live consert sama live di nogishow)

      Mv baru dua kali ane dengar pas baru keluar abis itu udah,gak ada efek nagih,apalagi tuning,takut gak fokus,dari dua kali liat tetap aja jadi lupa buat fokus ke lagunya

      Like

    3. Iya sih,cuma gak nyangkut aja😃

      Beneran takut gak fokus…buat ngelap iler😆😆😆😆

      Like

    4. Dari pada nanggung,mending langkahi si kakak,,,pake yang two piece,,,wkwkwkwkwk seperti apa ya ledakan fandom kalau Keya kyk di mv manatsu no sounds good?kyaaaaaaa😻😻😻😻

      Like

    5. Ciee yang pengen,,,kunjng biasanya nafsuan tu,apalagi sering bareng patrick,iler bakal kemana-mana😆😆😆😆

      Like

  4. Fukyouwaon
    “Dan aku bukan penggemar EDM sampai memasukkan lagu tipe ini di smartphone, hanya sekedar menikmati secara kasual. Lagu ini mengejutkanku yang semula berpikir lagu ini tidak akan seadiktif jika dinikmati tanpa MV seperti SiMa. SiMa masih menjadi benchmark untuk Keyaki, dan aku akan bilang, untuk lagu tipe EDM, Fukyouwaon menang.” <- ane dipihak yg sama kyk ente Min 🙂
    Rate : ⭐⭐⭐⭐1/2

    W-Keya no Uta
    Masterpiece-nya single ini. Aransemen enak, lirik kuat, storyline MV yg wow.
    “Hanya sedikit yang membuatku berpikir, adalah bagian “We are Sakagumi”, bukan “We are Keyakizaka”” <- klo jawaban dari ane mungkin disini ada dua identitas 2 keyakizaka, maslah bakal terjadi dipenulisan lirik, klo we are Keyakizaka46, penulisan “Keyakizaka” nya pake Kanji atau Hiragana? bakal boros klo harus mengulang 2x dan mubazir krna pengulangan kalimat Keyakizaka (dengan penulisan kanji dan hiragana) sudah terjadi seblm bagian lirik ini, mungkin alsan pake “Sakagumi”.
    Rate : ⭐⭐⭐⭐⭐

    Hohoemi ga Kanashii
    Blum dengerin, belum punya file mp3, kuota dipake bwt download kakenai T.T
    Rate : ?

    Tuning
    Kyk komen seseorng dikosan sebelah, Yuichanzu sejauh ini dpt lagu yg belum eksplore kualitas vokal mreka, berharap suatu saat mereka dpt lagu yg bisa menggali lebih dalem lagi kualitas vokal Yuichanzu.
    Sejauh ini, 3 lagu mereka + yuuhi 1/3, masih bersahabat sama kuping ane XD
    Rate : ⭐⭐⭐⭐

    Wareta
    Setuju sma pendapat mimin, jgn berharap sama unit layaknya harapan dgn unit Yuichanzu klo dri segi vokal. Suara “unik” dgn arans emen lagu yg jg “unik”, ini yg ane liat dari lagu ini. XD
    Rate : ⭐⭐⭐⭐

    Bokutachi wa Tsukiatteiru
    Setelah cukup “???” di lagi Dare yori, akhirnya H.keya dapt lagu yg bisa ane terima lagi. Enak lagunya. Image yg ebda juga ane nilai +, tingal “maslah” kecil kyk dance aja yg masih jadi PR buat H.Keya
    Rate : ⭐⭐⭐⭐

    Eccentric:
    Belum dengerin versi bagusnya gra2 blum punya filenya, dan klo dengerin yg versi radio blum sampe selsai dah ane kelarin. RAP masih sesuatu yg abu2 buat ane, ada bbrp lagu ane suka ada jg yg enggak XD
    Rate : ?

    Like

    1. Pertama baca kok tumben bener komennya detail, taunya copas XD

      Fukyouwaon iya aja lah XD

      W-Keyakizaka, nah kalau lirik, tuh Studio48 kapan sih update soal lirik? Cari yang lain juga belum jelas. XD

      Pake kuota atau kelupaan download ini album pas memanfaatkan fasilitas? BIsa aja pak XD

      Tuning emang lebih nyantai kali ini, belum bisa explore lebih jauh, tapi gak jelek juga sih. Mereka balik pake MV aja udah bagus.

      Coba kalau vokal individu mendingan, rate Wareta bakal lebih tinggi. Masalahnya enggak banget di bagian ini, jadi ya pendapat banyak yang negatif.

      Sayang ente gak ada adek di H.Keyaki, kalau ada mungkin pendapat bakal lain XD

      Like

    2. Asem XD

      Soal lirik W-Keya, liat di therad lyric+trnaslation keya aja di S48, dah ada kan klo gk salah

      Sori ya, klo fasilitas gk pernah ane pake buat download file2 keculai download gmbar utk keperluan blog, hina dong diri ane klo ane ngelakuin itu, “dah manfaatin link, pake fasilitas lagi” gk sehina itulah ane XD

      Iya, lagu2 yuichanzu emng gak jelek cuma ya itu klo boleh berharap jika mrek dpt lagu lagi, ya beri sesuatu yg lebih biar makin2 jos XD

      Ya begitulah, seharusnya dari awal gk pasang tinggi soal vokal dgn unti satu ini XD

      “Sayang ente gak ada adek di H.Keyaki, kalau ada mungkin pendapat bakal lain” <- ini soal apa?

      Like

    3. Mana gak ada typonya dari notifications, kirain tuh jari2 udah tobat. Setelah baca penuh, pantesan kalimatnya bagus XD

      Eh ada ya? Ane belum login ke S48 dari ponsel, jadi belum sering main kesono.

      Gak harus percaya kan? XD

      Kalau ane sih, misal mau bener2 explore vokal mereka sampe limit, kasih lagu beroktaf tinggi kaya lagunya diva 90’an.

      Lagian dari awal ekspektasi harusnya di-set ke “member visual” bukan “member vokal” salahnya disini XD

      BwT lah.

      Like

    4. Asem, ini terlalu mengjelek2kan ane dan terllau muji situ XD

      ponselnya gk ada kuota ya? XD
      Iya ada…

      Gk harus sih, tpi wajib XD

      Nah itu.
      Lagu kojin PV si Zuumin disingle ke-2 kyknya ada part yg nada tingginya, dan OK klo menurut ane

      “Lagian dari awal ekspektasi harusnya di-set ke “member visual” bukan “member vokal” salahnya disini” Nah XD

      Oh, emgn ane gk ada adek tpi kan ada bini ane disitu 😎

      Like

    5. Loh kan bener XD

      Aplikasi aja masih banyak yang belum keinstall, LINE aja belum sempat bikin lagi, padahal lumayan link dari ZAKA line chat XD

      Ada ayatnya sampe wajib? XD

      DUh kalau kojin PV sih pass ane XD

      Nah apanya? XD

      Oh iya ya? Habis bini ente gak kaya H.Keyaki sih XD

      Like

    6. Ya tpi gk usah dipertegas gitu la XD

      Ane dah istall tpi gk buat akun LINE, tkut kuota makin terkuras XD

      Bagi yg punya hati yg suci gk perlu diyakini pake ayat XD

      “DUh kalau kojin PV sih pass ane” <- oh iya ya, lupa ane, ajak bicara org yg salah XD

      ya “nah” itu nya XD

      Dia emng gitu, dia yg buat Hiragana lahir, tpi dia jrng sama hiragana XD

      Like

    7. Biar jelas dong XD

      Situ mainna MiRC sih, makanya LINE gak punya XD

      Entar kalau pake ayat dikasih fatwa XD

      Salah pake banget kalau ngomongin Kojin PB ke ane XD

      Mana bau-baunya bakal dipindahtugas pula, antagonis! XD

      Like

    8. Penindasan sama krakter ane itu namnya

      Apa itu MiRC? teknologi dizaman dahulu ya? ane gk tau

      pake ayat UUD aja XD

      Kojin PB? keseleo pak jarinya? XD

      Ane akan selalu mendukung dia XD

      Like

    9. Emang karakter situ kaya gimana? XD

      Teknologi sebelum millenium XD

      Yang udah diamandemen atau belum? XD

      Cuma sekali ini, situ gimana? XD

      Ya soalnya udah terlanjur klaim, coba kalau belum XD

      Like

    10. Baik, setia, tipe [ria sejati lah 😎

      Pantes ane gk tau, ane kan anak era milenium XD

      Yg udah aja XD

      Ya ane kan emng dah mendarah daging adi biasa, klo situ kn jrang, makanya ane mau sekedar konfirmasi XD

      XD

      Like

    11. Pria punya selera? XD

      Mau bilang “millenium pertama kan?” Entar dibilang pembunuhan karakter, repot XD

      Yakali harus selalu bener, autocorrect aja sering ngawur kok XD

      Like

  5. Lagu ranking ane sih :
    W-keyaki no uta
    Udah jlas kyakx alasanx apa,lagu kebangsaan 😁
    Eksentrik
    Sprti yg ane blang di artikel sblumx lgs suka prtama denger, musikx kyak cmpuran igai break dan fuusen. Dan saya bsa mrsakan sisi lain kanji keyaki 😀
    Fakyuwaon
    Asyik emg tp efekx kyak edm pd umumx tiada brbekas.part pling ane suka di fukyuwaon adalah di part discordo,,discordo yeah discordo, sangat brcengkok dan jdnya dangdut 😀
    Klo influencer asyik buat zumba, fukyuwaon asyik buat cardio. Mensana in corporesano 😀
    Tuning
    Introx cukup mirip tsubasa wa iranai AKB dan shibuya blues eh salah shibuya gawa masih yg trbaik di tlinga ane.
    Bokutsukiateru
    Ane msih suka yg ini sih drpda daretobe, lbih sweet aja.
    Hohoemi
    Pas dulu deh krn blom denger tp klo dliat dri vokal emg agak jomplang sih kayak karaage sister gtu y?
    Seifuku
    Klo ane agak krg sreg di warna tp seifuku buat w keyaki suka bgt.
    Dan trakir, happy debutversary dan slamat atas pnjualan singlex 😀

    Like

    1. Kok ane masih belum dapet ya Fukyouwaon dikatain dangdutnya itu darimana? Padahal temen ane tiap hari nyetel dangdut keras2 😀

      Tuning cocok buat nyantai, Eccentric cocok buat keren2an, Bokutachi wa Tsukiatteiru buat yang berbunga-bunga, Fukyouwaon buat yang lagi high, Hohoemi gak cocok buat apa2 kayanya 😀

      Warna seifuku kali ini terlalu gelap ya?

      Like

    2. Hahaha…
      Agan denger dangdut yg mana dlu nih?beda era beda kualitas 😀
      *sok ngerti dangdut
      Ada cengkok dbagian pelafalanx gan,bukan dri musikx 😀
      Iya tuh tuning cocok buat sore2 sambil tea party ama zukki+bananaman.
      Dbilang gelap g jg sih,cma ada yg krg aja jd plain jtuhx. Beda ama sblum2x.

      Like

    3. Segala era, kalau temen ane kumat dangdut impor India juga diputer 😀
      Ane masih belum nangkep sih, soalnya pas coba nyetel di kantor langsung diganti tuh 😀

      Emang tuh bini ane menjerumuskan adek sendiri 😀

      Kalau ane sih kurangnya cuma cut bagian atas yang terlalu tinggi, jadi kurang enak liatnya.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s