Theia

Sebelum-sebelumnya, aku hanya menulis artikel berbau sains pada Nogi, bukan Keyaki. Perbandingan antara Gen 3 dengan Rogue Planet, 4 member Gen 2 yang akan bersinar dalam waktu dekat, dan misi Cassini-Huygens yang juga cocok dengan Ranze. Kini akan pecah telur, berita terbaru dari Keyaki membuatku berpikir bagaimana situasi ini juga pernah terjadi dalam peristiwa astronomi yang terjadi 4.5 milyar tahun lalu.

Pernah mengamati bulan dan berpikir bagaimana benda yang paling terang di langit malam itu terbentuk? Apa bulan itu ada begitu saja sebagai satelit alami satu-satunya dari Bumi? Kenapa tidak berbentuk cincin seperti Saturnus, melainkan batu seperempat dari diameter Bumi? Dan kenapa, bulan masih satu-satunya obyek dimana manusia pernah menginjakkan kaki di alam semesta ini?

earth-moon

Sejak zaman kuno misteri bulan sudah menarik manusia. Dalam berbagai kebudayaan kuno diasosiasikan sebagai Dewa. Namun bulan memiliki satu misteri yang paling besar; ukuran. Dalam diameter, bulan adalah satelit alami terbesar kelima di Solar System dan terbesar dalam perbandingan satelit dengan planet asalnya, 3.474 KM dari Bumi 12.742 KM. Sebagai perbandingan, satelit terbesar Ganymede berdiameter 5.628 KM, dari Jupiter yang berdiameter 139.822 KM.

Mayoritas satelit adalah asteroid atau sisa-sisa dari awal mula lahirnya Solar System yang terperangkap dalam gravitasi planet. Namun cerita lahirnya bulan berbeda. Sekarang ini umum disepakati secara umum teori bagaimana bulan bisa terbentuk. 4.5 milyar tahun lalu, saat Bumi pun baru terbentuk dan Solar System belumlah cukup stabil seperti saat ini.

Kenapa 4.5 milyar tahun lalu? Karena usia Bumi juga diperkirakan setua ini. Hal ini didapat karena dari sampel batu bulan yang dibawa oleh 6 misi Apollo pada 1960-1970, didapat usia bulan yang sebenarnya. Usia yang hampir mirip dengan bumi ini memberi teori bahwa bulan dan Bumi terbentuk di waktu yang sama. Saat itu Bumi yang masih didominasi lava di permukaannya, mengalami tabrakan dengan obyek seukuran Mars yang diberi nama Theia.

Big_Splash_Theia
Ilustrasi tabrakan Bumi dan Theia

Diambil dari nama mitologi Yunani, Theia atau nama lainnya Euryphaessa -arti literalnya adalah bersinar terang- adalah Titaness, generasi kedua dalam mitologi Yunani sebelum para dewa Olympian. Istri dari Hyperion serta orangtua dari Helios, Selene, dan Eos. Sebagai ibu dari Selene atau Dewi Bulan, maka Theia menjadi nama dari teori lahirnya bulan.

Theia menabrak Bumi dalam sudut 45° yang mana juga diduga menjadi salah satu alasan sudut kemiringan ekstrim Bumi di 23.5°. Tabrakan ini menjadi teori paling masuk akal karena kandungan isotope yang hampir mirip. Isotope adalah obyek kunci dalam geologi planet, seperti sidik jadi bagi tiap obyek angkasa karena kandungan isotope berbeda-beda.

Efek dari tabrakan menghasilkan kandungan isotope yang ditemukan dari batu bulan sama persis dengan kandungan isotope yang terdapat di Bumi. Tapi ada satu fakta lain, Theia bukan satu-satunya yang melahirkan bulan karena jumlah isotope seharusnya tidak sama persis karena kembali lagi, kandungan isotope dalam setiap obyek angkasa berbeda satu sama lain.

Bagaimanapun, sebelum manusia mengkolonisasi bulan, misteri akan satelit alami kita masih belum akan terjawab. Memahami sejarah bulan akan membuka misteri yang lebih jauh tentang bagaimana alam semesta ini bekerja. Dan juga bisa menjadi jawaban akan pertanyaan dasar; apakah kita sendirian di alam semesta ini?

「週刊少年マガジン」 第15号 2017.3.15 007

けやき坂46 atau dalam terms sendiri aku akan menyebutnya H.Keyaki akan menggelar audisi untuk member baru pada musim panas 2017. Hal ini diumumkan saat konser ulang tahun pertama Keyakizaka46 di Yoyogi pada 6 April kemarin. Hal ini cukup mengejutkan, dimana usia H.Keyaki sendiri relatif masih muda, baru resmi dibentuk di waktu antara SiMa dan Sekai ni.

Lagu debut didapat di Sekai ni dengan Hiragana Keyakizaka, dan baru di bulan September mendapat kesempatan pertama untuk muncul di publik lewat variety flagship Keyaki, Keyakitte, Kakenai? 4 bulan sejak pertama kali diperkenalkan ke publik. Setelah itu mendapatkan dua lagu Dare Yori mo Takaku Tobe! di 3rd single dan Bokutachi wa Tsukiatteiru di 4th single.

Setelah berusia 1 tahun, H.Keyaki relatif masih belum mendapat banyak spotlight, kisah mereka seperti mengulang kisah Gen 2 Nogi yang seperti Cinderella. Relatif hanya Half-Blood Princess yang masih tetap mendapat banyak spotlight, namun itupun karena dia bukan member penuh H.Keyaki.

Sebagai member paling kontroversial di Keyakizaka46, Neru punya segalanya untuk menjadi topik utama; gagal masuk di line up final original Keyaki karena faktor orangtua, timing masuk grup setelah Suzuki Mizuho mengundurkan diri dan Harada Mayu terkena skandal, kemudian yang paling utama, lahirnya Hiragana Keyaki. Bisa dikatakan Neru adalah H.Keyaki karena dia yang membuatnya ada.

u18_zero_10_07

Jujur saja, aku tak tahu apa konsep H.Keyaki akan diperkenalkan secepat itu jika tidak ada kasus Neru. Asumsiku, audisi untuk “original” H.Keyaki baru akan kejadian tahun ini tapi di realita, mereka muncul tahun lalu untuk menemani Neru. Membuat Under Group setahun setelah debut mereka akan cocok, tapi H.Keyaki lahir saat Keyakizaka sendiri baru berusia 3-4 bulan.

Hal itu memicu ambiguitas akan bagaimana sistem K&H akan berjalan, karena LLC menyatakan H.Keyaki=Under sementara K.Keyaki=Senbatsu. Hal ini memicu kontroversi karena 20 member yang terlibat di SiMa de facto adalah K.Keyaki, dan jika K.Keyaki adalah senbatsu, maka susunan 20-nin senbatsu akan menjadi permanen. Inilah yang menjadi concern fandom sejak awal.

Aku sendiri tak pernah menjadi penganut paham bahwa “Neru adalah Kennin maka sah-sah saja dia ada di senbatsu”. Dalam satu dua hal mungkin aku bisa menerima; Neru adalah tipikal member yang andal di variety dan punya nilai jual yang bagus dari segi visual. Tapi sebagai fandom, ambiguitas ini selalu dibiarkan dan aku sama sekali tak bisa menerima.

Benar saja, disaat sistem K&H sama sekali belum jelas, kini audisi generasi dua H.Keyaki dilakukan. Well, bukan tepat generasi dua, tapi disebut apa lagi coba? Wawancara dengan Nikkei Entertainment manajemen menyatakan H.Keyaki adalah grup independen di dalam Keyakizaka, dengan kata lain entitas yang benar-benar berbeda dari Keyakizaka yang biasanya. Dan yang mengatakan ini adalah Yoshio Konno.

Hiragana Keyakizaka46 – Bokutachi wa Tsukiatteiru - YouTube.MKV_000006047
Audisi member baru bisa menjadi jawaban untuk mereka

Nah, jika H.Keyaki dijadikan sebagai entitas tersendiri, maka bisa dikatakan konsep mereka yang paling mendekati adalah Team 8 dari AKB48. Karena jujur saja, aku tak pernah 100% memahami bagaimana konsep ini berjalan karena saat Team 8 lahir, aku sudah tak di fandom 48G. Yang bisa kutangkap hanyalah dengan adanya independensi dari H.Keyaki, maka intrik dan drama dalam Keyaki bisa lebih meningkat.

Kini, H.Keyaki praktis berperan sebagai Under Group sesuai proporsinya, namun jika dijadikan grup independen, maka mereka lepas dari status itu dan kemungkinan besar maka shift dalam susunan senbatsu akan terjadi dan tidak saklek 21-nin lagi. Bisa jadi malah Double A-side bukan lagi impian.

Dan aku jujur sama sekali tidak berharap ini adalah akhir perjalanan Neru di H.Keyaki. Sebagaimanapun minimnya kontribusi Neru bersama H.Keyaki yang terlihat, dia tetap member yang membuat ini ada. Kennin bukan jawaban, atau jika perlu, mix antara member K&H, karena juga tidak adil membebankan ini pada Neru seorang yang bukan Kanji tapi bersama mereka paling lama.

Inti dari artikel kali ini adalah, perjalanan Hiragana Keyakizaka tidak lebih aman dari bagaimana proses terbentuknya bulan. After destruction comes beauty. Tabrakan dengan Theia memiliki efek kiamat yang sebenarnya, namun kini menghasilkan satelit alami yang selain indah memiliki banyak kegunaan bagi umat manusia.

H.Keyaki dan K.Keyaki memiliki kadar isotope yang berbeda saat ini. Namun karena disini aku menulis mengenai bulan dengan kadar isotope yang sama dengan Bumi, maka audisi member baru untuk H.Keyaki ini adalah faktor lain yang adalah hal yang  akan membuatnya sama sebagai bagian dari satu nama Keyakizaka46.

Screenshot (47)

  1. Munculnya Neru adalah momen dimana Theia menabrak Bumi
  2. Lahirnya original H.Keyaki 12 orang adalah momen dimana material terlontar dari Bumi
  3. Bagaimana H.Keyaki berpartisipasi dalam setiap single dan kegiatan promosi sejauh ini adalah momen dimana materi dalam bentuk debris berkumpul
  4. Audisi member baru H.Keyaki adalah langkah awal dimana bulan mulai terbentuk

Momen kelima, dimana bulan sudah terbentuk dan menjadi satelit dengan banyak keanehan dan keindahan masih belum terjadi saat ini. Kuharap di akhir tahun nanti sudah akan jelas mengenai hal ini dan kita bisa menikmati bulan Keyakizaka46 dengan penuh.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

60 Comments

  1. Siang menikmati hangatnya matahari, malam melihat keindahan Bulan.
    72% permukaan bumi tertutupi air dan gravitasi bulan mempengaruhi pasang surut permukaan Laut.
    Bulan adalah salah satu kelemahan para Warewolf.

    Like

  2. Hmmm…
    Dari awal pembentukan Hiragana sampai sekarang, ane juga masih bertanya-tanya. Sebenarnya Hiragana itu apa sih? Mau dibawa kemana Hiragana? Kesannya, manajemen itu kaya terlalu terburu-buru membentuk H kalau cuma gara2 Neru dan skandal Harada Mayu. Terus, mau nambah member? Demi apa? Demi grup independen? Demi double A-side? Demi Lovatto? Holy Mother Mai!! 😀

    Like

    1. Karena Theia (Neru) terlalu cepat nabrak Bumi (Keyaki), jadinya ya begini, catastrophic awalnya, tapi semoga bisa jadi bulan (H.Keyaki) yang bisa dinikmati, karena toh udah hampir pasti H.Keyaki itu grup independen, paling gampang dibilang ya hubungan H.Keyaki dan Keyaki itu kaya bumi-bulan.

      Untung gak ada catchphrase “Demi Tuhan” yang populer dulu 😀

      Like

  3. Antara semakin Jelas atau semakin Pudar..
    ane rasa menejemen malah terlihat terlalu berani dalam bereksperimen..
    tapi entah juga sih otak ane akhir2 ini sering super negative …
    yah mencoba menerima dan menikmati dulu min hahhaha

    Like

  4. Seperti yang ane bilang di kosan sebelah,hiragana keya tidak seperti under kanji keya,dari dua lagu yang didapat tidak ada rasa kanji di hiragana,selain neru yang jadi penghubung tentunya,mungkin ini juga alasan neru kennin agar hiragana dan kanji tidak 100% terpisah

    Jadi hiragana keyaki adalah bulan?fix kalau begitu,sejatinya bulan tidak benar2 bercahaya,hanya memantulkan cahaya dari bintang😆😆😆😆semoga di next single dapat lagu yang wow,hingga tidak ada kesan ‘bulan hanya numpang bersinar’

    Like

    1. Nah gimana kalau dengan bertambahnya member ini, kennin Neru diakhiri dan dia balik ke Hiragana penuh atau malah transfer ke Kanji?

      Kaya yang ane bilang di komen atas, semua aspek dari bulan bisa jadi cerita untuk Sakamichi, tinggal ane pilih yang mana 😀

      Like

    2. Pengennya transfer penuh ke kanji,biar sama2 enak,neru bisa lebih eksplore kemampuan untuk membuktikan dia adalah the another choosen one dan hiragana juga bisa membuktikan mereka bukan sekedar bulan,tapi juga bintang,bersinar

      Like

  5. Ah, merinding baca bag pertama artikelnya. Semakin buat ane cinta sama alam. Karena itu, All Hail Link! XD

    Firasat ane, harapan juga, ntar Neru full transfer ke Kanji, dan mnjmn ambil 10 member baru, biar pas H dan K sama2 21 membernya. Kemungkinan dobel A side juga ada, tapi menunggu popularitas H mapan dulu. Semoga aja harapan mimin di akhir artikel terwujud. 😀

    Soal Neru, di K, ane selalu liat dia seperti Matsuren di Nogi dulu. Itu aja. 😀

    Like

    1. Ujung2nya tetep aja XD

      Ane sih gak ngarep Neru dipindahtugas, biar gimana dia tetep yang bikin H.Keyaki ada. Kaya gak bertanggung jawab aja.

      Rena mending, dari grup yang bener2 beda. Lah Neru?

      Like

    2. Sahabat bumi. 😀

      Tapi di H, dia terlalu menonjol. Itu yg kadang bikin ane kasian sama anak2 H lainnya. Jadi mendingan dia dipindah, dan H ga lagi bergantung pada Neru soal popularitas. Ini juga bisa jadi penegasan kayak kata Konno soal H dan K adalah dua grup yg berbeda. Tapi, kalo ane liat secara obyektif, kennin Neru tetep ada, sampai popularitas H melonjak dulu. Setelah Zenkoku tour yg bisa ngeboost mereka, baru ada keputusan lagi. 😀

      Bukan itu. Tapi masalah posisi 7 dan Oz, disini ane agak bias ke adek ane. 😀

      Like

    3. Aktivis link 😀

      Itu karena manajemen di awal terlalu bikin Neru jadi Sol Invictus H.Keyaki, jadi counterpart Tecchi makanya malah backfired. Karena apa? H.Keyaki gak punya kesempatan sebanyak K.Keyaki. Gak jauh2 individual job, di Keyakake aja episode kemunculan mereka masih banyakan sebelah jari tangan ane.

      Tapi tetep, kalau bikin Neru pindah ke K.Keyaki sendirian, dan gak ada yang di-demoted ke H.Keyaki, image dia makin antagonis.

      Ozeki paham, tapi maksudnya 7?

      Like

    4. Demi kelestarian alam dan warisan untuk anak cucu nanti. 😀

      Namanya juga bisnis, ada yg sedikit menjual dengan kisah Cinderellanya, ya diperes abis-abisan sama mnjmn. Tapi, meski begitu, anak H mulai unjuk gigi, kalo liat dari HS mereka. Popularitas mulai mereka dapat. Dan mungkin, Zenkoku Tour itu hadiah buat mereka, pas K aja belum dapet. Ane yakin, ini strategi cerdik mnjmn, yg ingin buat fans jadi lebih ingin tahu H, dengan minimnya penampilan mereka di media. Begitu ditampilin, pasti langsung diserbu, dan alhasil HS mereka juga baik, konser juga diminati dan yg pasti profit masuk terus.
      Jangan pake kata demote, lah. Kesannya kalo H itu lebih buruk dari K. Dan, kayaknya ga mungkin, member K dipindah ke H.

      Dulu Oz menempati posisi 7 di SiMajo. Tapi, akhirnya dia harus menyerahkan posisi itu ke member H (grup lain) yg dikennin ke K. Ga adil aja rasanya.

      Like

    5. Iya aja lah XD

      Kalau ane mikirnya masih sama. K.Keyaki dipake buat promosi media sama single utama. H.Keyaki buat promosi terjun langsung apalagi pake Zenkoku Tour ini.

      Gimana lagi, kalau de facto H.Keyaki=Under dan K.Keyaki=Senbatsu ya demoted dong namanya.

      Momentumnya gak dapet itu aja. Ane ada rencana bikin revival artikel setahun lalu soal impresi member, dan gimana mereka berubahnya. Bahas disana aja entar.

      Like

    6. He..he.. 😀

      Mungkin ini juga strategi buat gaet fans yg beda. K buat ambil fans mainstream, H buat wota. Tapi sayang aja, potensi H lumayan bagus, kalo ga diekspos lebih lagi, rugi banget.

      Setahu ane, yg menyatakan kalo H adalah Under hanya Tsuchi dan KeyaKake. Konno udah bilang kalo K dan H adalah 2 grup yg berbeda. Jadi, menurut ane, ga bakalan ada demote atau semacamnya, dari K ke H. Yg mungkin, kennin baru dari H ke K.

      Oke! Ditunggu! Gambar HD! XD

      Like

    7. Persis. Makanya ane bakal bilang ini sistem kalau beneran jalan, gak adil buat member H.Keyaki. Apalagi selama status Neru belum jelas.

      Konno baru bilang ini di recent interview, selama masih belum ada praktek nyata, status Senbatsu-Under masih jalan kan. Meski yah ada ambiguitas abadi dari satu member.

      Entar protes loading lama XD

      Like

    8. Status Neru sebenarnya udah jelas dengan adanya kennin. Artinya, dia asal dari grup beda dan pegang dua posisi. Sebenernya, ini juga bisa jadi penegasan K dan H 2 grup beda. Yg bikin bingung mungkin masa depan Neru. Apa masih di H atau full transfer ke K. Dan soal H, satu2nya cara biar adil, ya buatin mereka acara sendiri. Tapi, biaya membuat acara gede banget. Dan kalo ga ada member H yg populer banget yg bisa “menjual” acara itu ke pengiklan, ya sulit juga.

      Setidaknya, kita udah dapat gambaran yg mungkin rencana Konno dan mnjmn buat H di masa mendatang. Saat ini mungkin belum jelas, tapi mungkin akhir tahun ini, baru keliatan. 😀

      Bukanya pas malam, pas lancar2nya. XD

      Like

    9. Masalahnya, kalau K&H ini jelas baru deh kennin bis diterima meski ane sendiri prefer gak pake istilah ini, udah terlalu tercemar sama hal negatif. Lagian, ikutin diskusi soal kosongnya posisi Zuumin di MSte kemarin juga bikin mikir.

      Dari timeline, emang paling mungkin akhir tahun kalau bukan malah tahun depan. Audisi member baru di tengah tahun, liat progress H.Keyaki kemarin, kayanya malah tahun depan deh. Soalnya di 6th jelas persiapan Kohaku.

      Like

  6. Mau komen apa ya?
    Dari smalam dan buka nih page dari notif google meski pas dibuka malah “page not found”, knp bisa gitu dan ini bukanyg pertama (FYI).

    Sejauh ini meski masih abu2, ya nikmati aja, anggap ini jadi nilai jual jg buat Keya, semakin bingung n penasaran fans, mka berhasillah taktik manajemen buat menarik perhatian fans XD

    Dari audisi nanti, hrapan ngambil hasil finalnya gk banyak2, dibawah 15 atau tepatnya 10 aja trus gadis2 yg kepilih juga berkualitas baik dari krakter maupun visual 😎

    Buat status Neru, klo emng mau kenninnya dihapus, K / H? ane pilih Kanji, solanya klo di H dia terlalu populer utk H yg laen, jadi mending di K biar di H ada monster lain yg dimunculkan XD

    K & H, ♪ Saka-gumi da ♪ 🙂

    Like

    1. Kemaren habis post, ternyata tanggalnya salah, ane edit tanggalnya makanya link yang ane set otomatis jadi gak valid. 😛

      Duit lagi duit lagi XD

      Ya ane sih berharap belasan aja, kalau kebanyakan entar gak imbang sama K.Keyaki dong.

      Ane sih sebaliknya. Soalnya di OG K.Keyaki sendiri, masih banyak rakyat jelata yang kelaparan masa mau imigrasi penduduk baru sih? XD

      Like

    2. Emng setiap mau posting harus edit2 tgl?

      “Duit lagi duit lagi” < ini pemikiran dasar LLC kan? XD

      Selain klo banyak gk imbang, repot juga buat ngapalin klo banyak2 XD

      Emang sih masih banyak member jelata, tpi nambah Neru ke Kanji jg gk ngaruh banyak buat member jelata, toh dah banyak member populer dan jelata XD ketimbang Neru terlalu super di H>keya yg bisa2 menutup member lainnya XD
      Atau Neru masih megang posisi kennin, cuma di H.dia gk terlalu dominan, sekedar pemanis, ntar klo H.keya dah kuat dgn sosok selain neru, baru deh Neru di full transfer ke kanji XD

      Like

    3. Ya iyalah, emang bisa bikin postingan sekali jalan? Kan tanggalnya sesuai kapan draft dibikin XD

      Makanya upgrade tuh memori XD

      Ane tetep stick di Neru harus tetep di H.Keyaki ketimbang bikin K.Keyaki jadi overpopulation. Lain cerita kalau dia gak sendiri ke K.Keyaki tapi ada temennya.

      Ide kennin bikin jauh lebih ambigu, lagian kaya yang ane bilang, gak ada member yang bakal bisa punya posisi kuat di H.Keyaki selama mereka gak punya kesempatan sendiri. Neru bisa jadi “penarik” sebenernya, biar H.Keyaki punya acara sendiri misalnya dan jadi mentor/MC.

      Like

    4. Oh soal postingan hasil drft toh, tpi bukannya meski draft dri sebulan lalu tpi pas di publish ya harinya ngikutin pas hari dipublish bukan ngikutin hari draft dibuat, bukannya gitu?

      Gk ada lagi yg jual mode memori yg kyk ane pake skrng , dah gk diproduksi lagi katanya mode yg kyk ane pake XD

      “Gak ada member yang bakal bisa punya posisi kuat di H.Keyaki selama mereka gak punya kesempatan sendiri. Neru bisa jadi “penarik” sebenernya, biar H.Keyaki punya acara sendiri misalnya dan jadi mentor/MC.” <- ane setuju, tpi apa yg terjadi sampe skrng, sejak Neru kennin di H & K, H keya masih gini aja, Neru jauh lebih sibuk dgn K, tpi pas rilis single atau konser H, baru dia nongol dan terlalu dominan, jadi ktimbang gini klo mnurut ane mending Neru full aja di K n cari sosok “penarik” asli sebelum semua ini berjalan terjauh (Halah), untuk penarik visual alias center Memi misalnya, penarik “ketertaikan n kesruan alias mood maker” misalnya dpt variety, si Gumi mungkin.

      Like

    5. Neru sebaiknya jangan di kanji atau hiragana,tempat terbaiknya dihati ane😆😆😆😆😆

      #kaboooooorrr

      Like

    6. Waduh, ada srigala yg macem2 rupanya, mau kabur kmn klo dah berurusan sama boneka voodo ane 😎

      Like

    7. Enggak, tergantung pas kita ngeditnya, kadang ada bug di aplikasi wordpress-nya, versi mobile sama PC sama aja.

      Emang kalau udah tua itu susah ya XD

      Nah, satu-satunya cara biar ini kejadian cuma H.Keyaki punya acara sendiri, kalau terus numpang di Keyakake selama K.Keyaki gak absen ya percuma. Padahal harusnya Neru bisa tuh minta/ngusulin segmen H.Keyaki dibanyakin.

      Eh, ada hiburan, popcorn mana popcorn XD

      Like

    8. Terdengar lebih merepotkan ktimbang blogger XD

      Nah disini bukan soal tua, tpi memory y ane punya emng limited dedtion, jd rada susah klo mau upgrade XD

      itulah, mudah2an ntar disalah satu tur Hiragana ada pengumuamn mereka bkal punya acara TV sndiri, acara TV jgn acara streaming online XD

      Gk usah repot2 beli popcorn, ini hanya hiburan sesaat 😎

      Like

    9. Tapi mendingan aplikasi wordpress kemana2 dibanding blogger, template-nya juga banyak XD

      Memori batu tulis ya? XD

      Gak harus acara TV yang beneran tampil di TV, pertama2 bikin acara lewat Youtube atau platform streaming di Jepang yang populer apa tuh namanya, lupa ane. Bukan SHOWROOM yang jelas.

      Buset, baca sekilas kaya hiburan “sesat” XD

      Like

    10. Klo soal banyak2an tempale, blogger jg banyak kyknya.

      Hahahaha, bisa aja, mau nyama2in ane sama situ ya yg make memori tulis di dinding2 gua XD

      Klo ane sih langung berharap acara Tipi XD
      Bukan showromm? apa? hulu? rakuten? nico2? amazon?

      Makanya, dipake dong kacamata kudanya XD

      Like

    11. Tapi ya pilihannya itu lagi-itu lagi *malah perang blogger x wordpress XD

      Loh, kan situ sendiri yang bilang memori langka, apa lagi yang lebih langka dari batu tulis? XD

      Hulu. Sampe lupa ane. Gak pernah nonton Nogiroom sih 😀

      Kuda, kuda, ane gak ngefans sama Yuuka 😀

      Like

    12. XD

      Langka disini gra2 memori ane versi limited edition, bukan langka dari segi tahun produksi XD

      Lah, keyaroom gk nonton jg? kan sma2 hulu, bilang aja lupa gra2 umur XD

      Tpi kan stiu manika MLP XD

      Like

    13. Oh, jadi udah produksi lama limited edition juga? XD

      Kan udah sering bilang, palingan nonton ‘-room’ itu ya pas di episode regulernya doang. Tapi gak pernah nonton penuh. Satu-satunya yang ane pernah nonton penuh ya pas masih ngesub dulu. Bingo 3/4 kalau gak salah XD

      Gapapa MLP daripada MLM XD

      Like

    14. Ya klo diproduksi dlm jumlah banyak ya gk limited la XD

      Oh jadi cuma nonoton room yg di bingonya, gk full hulunya? kasian ya XD

      XD

      Like

    15. Gk ada lagi rumput disekitar ane, dah jdi bangunan semua XD

      Ya ampun, room paling 150mb kebawah, Kojin gk sampe 100an, konser keya sama Nogi aja di download (eh iya kan?) msk yg begituan gk bisa,
      HDD? rampok dulu sana XD
      Smlm ane baru nonton pair pv adek ente si manafi sama mei

      Like

    16. Ya begitulah, dingin ala AC *apaan XD

      Ckckcckck…

      Ajigiel, “waow” nya hijaiyah XD
      Enak, manafi sama si mei pkae kansai-ben, ketawa2, happy2, naek helikopter, dan adek ente sm kyk ane, tkut ketinggian (FYI aja sih) XD

      Like

    17. Yah namanya jg suami-istri, ya pasti ada lah kesamaan dibeberpa hal 😎

      XD

      Bukan nyama2in tpi emng sama, sama bukan brrti mau macem2 kan XD
      Download lah pair PV Hiragana, mana tau bisa jdi bahan artikel misalnya dari kualitas akting mreka,kan bagus tuh klo bisa namba2h antrian drft XD

      Like

    18. Iya aja lah XD

      Terlalu banyak serigala makanya harus waspada setiap saat XD

      Kok banyak yang maksa ane download Kojin PV ya? Ada konspirasi apa ini? XD
      Ane aja bingung mau rilis draft yang mana dulu, ada 3 yang tinggal berangkat ini XD

      Like

    19. Emang iya 😎

      kan ane bukan dari kaum itu XD

      Gk maksa, sekedar himbauan aja XD
      Wah 3 dah mau lepas landas ya, ane siapin otak dulu lah klo gitu XD

      Like

    20. Soalnya ane gak ada urusan sama Berika, mau Aoko aja jadiin bantal XD

      Semua terlihat seperti serigala XD

      Himbauan yang sifatnya maksa XD
      Siapin aja koneksi internet, toh yang diliat gambarnya XD

      Like

    21. Baguslah klo gk ada urusan XD

      Trmasuk situ? XD

      kira2 ane butuh siapin folder baru jg gk buat gmabr2nya? XD

      Like

    22. Entar aja kalau wifi ane masalah ane ada urusan sama Berika XD

      Pembentuk organisasi anti-serigala kok ane XD

      Tau deh, yang pasti ane gak bakal ngasih link downloadnya wek XD

      Like

    23. Call ane aja klo ada urusan masalh wifi, klo pembicaraan soal biaya sepakat, ntar ane tugasil Berika ❤

      Yg penting ada kalimat srigalanya jg kan XD

      Ya tinggl save dari postingan stu lah, ngapain cari link lagi XD

      Like

    24. Ane kasih whisk*s satu karung, lumayan nutupin makan Pe-chan XD

      Situ juga serigala berarti XD

      Yakin? Hampir 50-an gambar loh kali ini XD
      Palingan subuh entar ane rilis, awali hari dengan yang manis XD

      Like

    25. Ah kemewahan itu, kasih ikan asin aja dah bahagia si pechan XD

      Tau ah gelap XD

      Makjang, 50-an gmbar?
      tp gk semua gmabr berpotensi ane save kan? pling yg ane save yg berhubungan sama ane aja
      atau smua gmbar itu gambar bini2 ane? klo itu yg terjadi ane rela deh #myRIPmyFINGER XD

      Like

  7. Otak yoshio konno agak geser gara2 kena pentung kazumin jankenpon di 46jikan tv kmren,makanya lgs bikin eksperimen dg hiragana 😀
    Knp g bikinin program khusus macam nogiten buat hiragana aja dripda audisi mmber baru, ane rasa 12 mmber lbih dri cukup kok. Bingung ane sumpah, dtonton smbil makan aja lah….:D
    Oh akhir2 ni ane jg lg merhatiin ngt krn polanya sama prsis ama sakamichi,ngt mau jd sepupu jauh gtu y 😀

    Like

    1. Efeknya berjangka panjang berarti sampe mau season 2 😀

      Hmmm, kalau dibilang 12 itu cukup, ane sih terbelah. Karena biasa liat jumlah member yang banyak, 12 itu jadi kerasa kurang. Tapi pengalaman di GG juga 9 orang aja cukup, intinya kan di karakter.

      Ane cuma khawatir satu; kalau 12 member ini jujur aja, gak punya karakter sekuat itu. Bukan karena mereka masih jarang muncul makanya ane ngomong begini, tapi feel yang didapet emang gitu dari 3 Keyakake mereka. Dari blog member juga.

      NGT? Ane belum ngikutin soalnya emang gak ada minat, MV pertama mereka yang pake baju merah itu sih download, tapi karena gak ngasih direct impact, ya kesannya lewat gitu aja sih 😀

      Like

  8. Mau ikut nimbrung dong 😁

    Jadi neru tuh member K atau H atau keduanya ? Kalau di liat pas one man live waktu overture kan ada tuh tampilan jumlah member di layar (yang sering nonton pasti tau) nah di situ terlihat 21+11=32 jadi neru tuh udah termasuk K atau sekedar H yang bisa masuk senbatsu ? Pas tampilan 11 member H di one man live pun ada gambar neru tapi hanya sekedar gambar tak di hitung sebagai H ?

    Like

    1. Untuk sekarang Neru itu berstatus Kennin di Kanji & Hiragana.

      Jadi de facto dia Hiragana, tapi plus de jure dia lebih banyak perform bareng K, kalau ada event H, dia ikut H.
      Kalau kaya W-Keyakizaka no Uta, dia gabung H.

      Like

    2. Sungguh benar benar anak emas, seperti halnya goods keyaki (towel) dia mendapatkan dua tempat yang berbeda dalam satu halaman 😁

      Kalau H independen dan memiliki perbedaan konsep dari K berarti neru memiliki dua kepribadian yang bisa di terima di K dan bisa menyatu di H ? Dan kalau H sudah benar benar jadi 21 member apakah neru akan tetap di K dan H untuk jadi jembatan antara keduanya ? Lagian juga apa tidak mubazir hanya mengambil 9 orang dari audisi “original” H keyaki untuk melengkapi member menjadi 21 ?

      Like

    3. Masih belum ada kepastian kapan H.Keyaki bakal independen. Neru sejauh ini masih jadi kennin yang cukup memuaskan selain berat di K aja. Sampe Masshirona juga belum ada tanda2 dari tracklist. Prediksi ane sih baru tahun depan bakal mulai jelas statusnya. Dan juga belum tentu H.Keyaki bakal jadi 21 setelah audisi generasi duanya, masih banyak yang harus ditunggu sih.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s