Training, Hard Way or Easy Way?

Nogibingo 8 baru saja dimulai, dan bintangnya adalah Gen 3. Untuk pertama kalinya, generasi baru Sakamichi langsung dihadapkan pada dunia yang langsung memegang tanggung jawab membawa nama grup. Gen 2 Nogi dan H.Keyaki tidak mendapatkan kesempatan seperti ini alih-alih -dare I say it- dianaktirikan.

Pertama-tama, harus kukatakan bahwa hal ini terjadi karena satu sistem KKS yang dimiliki Sakamichi. Bukan mengatakan sistem ini buruk atau bagaimana, namun aku punya pandangan sendiri tentang bagaimana sistem ini bekerja. Gen 2 dan Gen 3 berbeda. Gen 2 lebih keras dan panjang jalannya. Begitukah?

Hal ini sama dengan jika kita memilih jenjang karir sebagai astronot. Untuk memiliki kualifikasi sebagai astronot, hal yang wajib diikuti adalah NASA Basic Training dikatakan adalah gabungan situasi saat menjalani ujian akhir di MIT dan menjalani latihan dasar Green Beret secara bersamaan. Terdengar sulit? Well, apa yang didapat dari latihan ini sesuai; memiliki karir paling mentereng di dunia.

Sistem training ini melibatkan pelajaran tingkat lanjut untuk astronomi, fisika, matematika, geologi, metereologi, dan pelajaran dasar anatomi Space Shuttle dan sistem navigasi. Tidak ada kelas puisi atau musik sayangnya. Sudah menyerah? Ini baru teori. Selanjutnya adalah kelas praktek.

280703main_ED06-0072-2_full_full

Pilot maupun non-pilot dilatih menerbangkan jet T-38 Talon, pesawat yang juga digunakan militer Amerika sejak setengah abad lalu. Pilot wajib mencatatkan jam terbang hingga 15 jam per bulan, plus latihan tambahan mengendalikan Shuttle Training Aircraft yang butuh tambahan 100 jam. Non-pilot minimal mencatatkan 4 jam terbang per bulan.

Sebelum trainee bahkan diizinkan masuk dalam latihan terbang,  mereka dilatih dalam survival untuk militer laut. Dengan kata lain, sertifikasi scuba diving dan kemampuan berenang tiga kali panjang kolam renang Olimpiade dengan baju lengkap dan sepatu. Ditambah lagi survival di alam liar, dimana trainee belajar menentukan arah berdasarkan bintang dan bertahan hidup dengan apa yang ada di alam.

Siksaan belum usai. Untuk menyingkirkan yang lemah, trainee menjalani tes tekanan udara tinggi dan rendah yang extreme untuk menguji tingkat kesadaran mereka. Selanjutnya KC-135 menanti, pesawat tanker yang dimodifikasi sebagai pesawat simulator zero gravity. Beberapa akan menyukainya, yang lain gagal di tahap ini.

Kembali lagi ke teori, manual untuk segala jenis hal yang berbau teknis mulai dari flight control, pengoperasian hidrolis, hingga cara menggunakan toilet. Dari manual sebelum terbang hingga prosedur pendaratan darurat. Trainee juga dilatih di Johnson Space Center’s Natural Buoyancy Laboratory, kolam yang didesain khusus untuk zero gravity. Disini terdapat pula replika dari ISS, termasuk modul JAXA dan SpaceX Dragon.

jsc2012e238476
Zero Gravity Simulator

Latihan final adalah untuk misi spesifik. Tiap trainee melakukan simulasi yang tak terhitung berdasarkan area yang dipilih. Engineer melakukan latihan space walk berulang kali, pilot terus berada di simulator penerbangan. Setelah 2 tahun latihan, trainee mendapat pin perak sebagai tanda mereka adalah astronot. Setelah penerbangan pertama, mendapatkan pin emas.

Sementara di Sakamichi kita mengenal sistem KKS, sistem yang sama dengan 48G dimana member baru tidak langsung menjadi member melainkan di-training dulu dalam jangka waktu tertentu sebelum menyandang status sebagai full member. Meski dibilang Sakamichi juga mengadopsi ini, de facto hanya satu generasi yang mendapatkan status sebagai KKS dalam sejarahnya.

Gen 2 Nogizaka menjadi satu-satunya dari Sakamichi yang pernah mendapatkan status KKS. Dari 14 member Gen 2, yang pertama naik status ke full member adalah Miona yang langsung naik sebagai center. Selanjutnya Kiichan dan Maichun di Kidzuitara Kataomoi, Karin menyusul tak lama setelahnya. Di 2015 Iori naik ke senbatsu Inochi wa Utsukushii setelah dipromosikan akhir 2014.

Tiga KKS, Yonetoku Kyoka, Yada Risako, dan Nishikawa Nanami graduate di 2014. Sisa enam KKS lain baru dipromosikan pada Februari 2015 saat 3rd Birthday Live; Junna, Kotoko, Aachan, Ranze, Renachi, dan Miria. Mereka langsung mendapat lagu Border di single Inochi. Dipromosikannya enam member tersisa ini adalah akhir dari penantian panjang selama 2 tahun sejak mereka menjadi bagian dari Nogi.

Penantian panjang Gen 2 untuk mendapat spotlight adalah perjalanan yang memakan waktu hingga dua tahun. Dari tempo waktu itu, tiga orang gagal di tengah jalan. Lima member pertama bisa dikatakan mendapat kemudahan, namun untuk enam yang lain, jelas bukan hal yang mudah menyeimbangkan impian dan realita selama dua tahun tanpa akhir yang jelas.

Gen 2 hadir disaat Nogi masih memiliki mayoritas member Fukujin yang sedang dalam perjalanan menuju puncak. Bisa dikatakan masih sama-sama berjuang karena Nogi sendiri belum ada di posisinya sekarang, jadi Gen 2 hanya menjadi pelengkap Under dan penambal Senbatsu. Tidak kurang tidak lebih. Hal ini baru berubah di 2016.

Nogizaka46 2nd PB 1jikan Okure no I love you 077
Gen 2 masih mendominasi Under

Sejak single pertama pasca perginya Maimai, Fukujin pertama yang graduate, Gen 2 mulai “hidup” dengan kembalinya Kiichan ke Senbatsu. Miona dan Kiichan sampai Influencer masih ada di senbatsu, kini ditambah Maichun yang kembali ke senbatsu sejak Sayonara no Imi dan Ranze masuk di single pertama 2017. Butuh waktu hingga empat tahun bagi Gen 2 untuk memiliki empat wakil di senbatsu.

Ya, Gen 2 memiliki cerita yang paling berbeda dengan generasi lain di Sakamichi. Mereka mengambil sistem yang dimiliki 48G dan terkesan tidak memiliki dasar yang kuat saat mengaplikasikannya. Jujur saja, ingatanku soal KKS Gen 2 ini mulai kabur, yang pasti saat Iori dan 6 member tersisa berpartisipasi di Inochi, hype yang ada bisa dikatakan besar karena akhir dari penantian panjang.

wp-1491825587147.jpg
Easy way

Sementara untuk Gen 3, mereka bisa dikatakan mendapatkan jalan yang mudah. Well, mereka jadi yang kedua mendapatkan audisi final melalui SHOWROOM setelah H.Keyaki, jadi fans sudah mengerti cara kerjanya. Selain itu, sebagai generasi baru Nogi setelah 3 tahun, antusiasme fans tidaklah kecil. Sejak awal, hype untuk Gen 3 jauh lebih besar dari Gen 2.

Dari audisi yang menarik hingga 48.986 orang, sampai pada audisi final yang mencakup 13 orang, dan berakhir pada 12 member yang kini kita kenal. Bahkan aku sendiri menulis bagaimana Gen 3 melampaui ekspektasiku. Namun ada satu status ambigu yang menggantung, tentang bagaimana status mereka di dunia Nogi?

Sampai saat ini, tidak ada kejelasan tentang bagaimana status Gen 3 di Nogi, apa mereka melewati prosedur KKS seperti Gen 2 atau langsung berstatus Member seperti OG. Di halaman Gen 3 di Wiki48, mereka masih berstatus KKS meski terms ini tidak pernah digunakan. Nah, jujur saja bagiku sendiri, ada tidaknya status sebagai KKS cukup berpengaruh.

Sama seperti bagaimana untuk menjadi astronot dibutuhkan pelatihan yang lama, ada tidaknya sistem KKS dimana member “disembunyikan” dari radar sampai menjadi full member adalah sistem yang bagus. Karena apa? Pertamatrainee bisa fokus pada hal dasar seperti vocal & dance, juga observasi tentang aspek penting: variety. Kedua, generasi diatas mereka baru saja berkembang setelah 4 tahun. Ketiga, haste makes waste. 

Kultur idol di Jepang relatif berbeda dengan negara tetangganya, dimana membutuhkan waktu bertahun-tahun sebelum bisa debut, tapi hasil yang didapat biasanya berbanding lurus, act yang debut adalah yang terbaik yang tersaring. Sementara di Jepang, well, terkadang raw-nya lah yang dijual. Tapi, Gen 3 tidak membawa DNA raw, mereka membawa DNA growl.

Dari segi visual, obyektif, Gen 3 menang dari Gen 2 meski memang tidak ada satu standar kecantikan. Disini DNA growl mereka terlihat superior. Dari segi karakter, harus kuakui jika dibandingkan dengan Gen 2 pada awalnya, Gen 3 terlihat sedikit lebih unggul. Sunshine Zukki, duo crybaby MomoKubo, Pikachu Riria, dan Maiyan doppelganger Ume sudah menjual.

Selain itu, mereka mendapatkan Solo Live sendiri, menjadi event kedua setelah Principal. Perbedaan push begitu kentara. Tapi jika ini adalah training dalam artian berbeda, maka tidak ada masalah. Yang jadi masalah adalah perbedaan perlakuan ini mudah memantik api dalam sekam. Seperti saat Gen 3 tampil bersama senbatsu, beberapa member Gen 2 menyampaikan perasaan pahit mereka secara terbuka.

Dalam pandanganku, status KKS yang dibawa Gen 2 selama 2 tahun adalah training yang efektif. Memang bisa dikatakan membuat member menjadi late bloomer seperti Maichun, namun dalam dua tahun terakhir terutama di 2016 kemarin Gen 2 tidak melulu hanya terfokus pada nama Miona seorang. Diversitas karakter berkembang dengan baik meski butuh waktu lama.

Di sisi lain, push yang didapat Gen 3 membuat mereka seolah mendapat jalan yang mudah, tapi jelas tidak begitu. Menurutku malah lebih berat karena mereka sudah dilepas ke publik, tidak lagi hanya di belakang layar. Tidak adanya status KKS -setidaknya resminya begitu- juga membuat kecenderungan bahaya untuk apapun yang bisa mengganggu nama dan image Nogizaka46 semakin besar.

Intinya, baik Gen 2 dan Gen 3 hanya tinggal meneruskan dan menjaga legacy yang dibangun oleh member OG. Dengan cara yang berbeda, tapi sama beratnya seperti menjalani NASA Basic Training. Butuh tekad yang kuat untuk menjalaninya, namun hasilnya sepadan. Punya pendapat lain mengenai masalah KKS ini? Share it below.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

82 Comments

  1. “Seperti saat Gen 3 tampil bersama senbatsu, beberapa member Gen 2 menyampaikan perasaan pahit mereka secara terbuka.” boleh tau apa kata gen 2 gimana min? Kasian sih mmg gen 2, minim promosi saat debut 😭

    Like

    1. Kalau gak salah di FNS atau apa gitu, yang ane inget ada Miria & Renachi yang “curhat” lewat 755. Intinya gimana Gen 2 yang masih Under cuma bisa nonton dari TV alih-alih ikutan perform bareng.

      Like

  2. Sistem KKS dan penantian panjang Gen2 jelas punya efek mantab. Member Gen2 sekarang, bisa dibilang semua pantas masuk Senbatsu, setidaknya untuk baris ke-3. Beberapa nama sudah pas buat Fukujin, bahkan ada yg pas buat Center. Ane lebih setuju yg kayak gini, karena mental dan kemampuan mereka lebih terlatih. Meski harus ane akui, sistem ini hanya jiplak sebelah, pas imej dan sistem Nogi belum jelas kayak sekarang. 😀
    Gen3, yg ane khawatirkan, titik jenuh ke mereka datang lebih cepat. Apalagi, mereka diplot sebagai penerus monster gen1. Tentu akan dibandingkan dengan senpainya. Kalo ga bisa memenuhi ekspektasi fans, bisa masalah buat Nogi. Kemungkinan alasan kenapa Gen3 dipromosi gila2an, mnjmn baru sadar, adanya lubang saat member gen1 grad. Atau, seperti biasa, kejar setoran.

    Like

    1. Kekurangan dari sistem training tertutup Gen 2 cuma satu; waktu gak bisa dilawan, umur bertambah. Cuma ini. Liat Maichun yang baru dapet senbatsu keempat pas udah 25 tahun, usia yang biasanya udah siap2 angkat koper tapi malah popularitasnya lagi di atas.

      Titik jenuh jadi kekhawatiran utama soal push Gen 3 ini, apalagi member cuma 12 orang. Sekarang aja sepertiganya udah punya karakter kuat, 8 yang lain juga gak bisa dibilang bosenin. Tapi balik lagi, kalau mereka emang gak dibikin jadi KKS melainkan langsung jadi full member, bakal lebih cepat bosenin.

      Like

    2. Kalo waktu, ga terlalu masalah sih. Mayoritas Gen2 sekarang masih dibawah 20. Jadi, masih panjang, dan ane yakin bakalan naik terus popularitas mereka, pas banyak gen1 grad. Tentunya harus disertai push yg pas dari mnjmn. Dan Maichun bisa diperas abis macam MaiMai oleh mnjmn, buat ambil untung sebanyaknya.

      Tentu aja, khususnya kalau saingan mereka gen1 dan 2 yg udah mapan. Karena itu, Gen3 butuh pengembangan karakter lewat acara2 variety. Nogibingo udah pas buat mereka. Tapi, itu ga reguler dan hanya 3 bulanan, yg jelas ga cukup. Butuh acara sendiri, dan yg pasti, bukan Nogiten karena itu acaranya anak Under.
      Gen3 bukan Under atau KKS. Ane liat, mnjmn pake cara baru disini, yaitu group within group, macam H dan K, meski mnjmn ga segamblang H dan K soal Gen3 ini. Tapi, dari perlakuan mnjmn ke Gen3, keliatan mereka berusaha buat imej grup beda untuk Gen3, meski dari sisi konsep, ane liat sama dengan Nogi. Dengan grup yg berbeda, mnjmn bisa ambil keuntungan lebih, atau menutupi target pemasukan, dengan sistem minim gimmick mereka.

      Like

    3. Kalau tongkat estafet pasti dikasih ke Gen 2 sih mending, lah disini nama U-20 yang lama di Under kaya Hinachima juga ikutan naik, gimana gak dilema coba?

      Hold on, bukannya de facto harusnya Gen 3 juga masuk ke Under? Prosedur, prosedur… Menurut ane image Gen 3 enggak sebeda itu sama Nogi 1&2 kalau diliat dari image, masih sama aja. Ada yang diem2 gila kaya Zukki, ada yang senggol nangis kaya MomoKubo, jadi masih general lah.

      Mungkin bsia lebih jelas soal bedanya ini?

      Like

    4. Berarti bisa dibilang mnjmn sukses push banyak member dong. 😀

      Imej mungkin bukan imej soal elegan koplak dan semacamnya. Maksudnya, gen3 as a group. Dan, ini juga yg bikin mereka ga dimasukkan ke Under, karena Under saat ini formasinya terlalu kuat untuk dipecah. Bisa dibilang, Nogi mirip Akb, ada tim2 gitu sekarang. 😀 1M mungkin alasan kenapa begini. 🙂

      Like

    5. Senbatsu makin crowded iya, kalau gini sih 20-nin senbatsu bakal jadi kewajaran tahun ini. Spotlight makin dikit iya, jadi masuk senbatsu kurang sophiticasted.

      Semoga aja enggak, sistem generasi yang teratur emang bagus tapi kalau dipecah jadi semacam team, bikin konflik internal malah. Udah pernah kejadian, dan gap push Gen 3 yang tumpah2 ini yang jadi masalah.

      Like

  3. Jadi astronot ternyata ribet banget ya, baru tau prosedurnya kayak gitu.

    Hmm bener juga ya, kalo dibandingin gen2, keliatannya gen3 ini diistimewakan banget, dapet MV, dapet variety. Mungkin sistem yang baru sedang diujicobakan ke gen3.

    Like

    1. Ini ane tulis rangkumannya aja, masih banyak detail yang lebih brutal 😀

      Yang jadi masalah itu sistem baru ini bisa enggak bikin member Gen 3 jadi tahan banting kaya seniornya? Perlu diinget bahkan Gen 1 yang gak ada sistem KKS juga banyak yang gugur karena masalah push.

      Like

    2. Abis balik dari luar angkasa, kena radiasi, jadi astronot gak enak 😀

      Kalo gen1 ane kurang tau, tapi sepertinya beberapa member gen1 mampu berperan sebagai kakak, ex Shiraisi, Hashimoto, Fukugawa. Sehingga banyak member bisa bertahan karena dukungan para kakak. Dan sekarang, yang dulunya jadi adik, udah jadi kakak juga bagi gen2 dan gen3^^

      Sistem baru untuk gen3:
      – mental (-)
      – kekompakan (-)
      – visual (+)
      – popularitas (+)
      Dampaknya: bertahan bersama-sama hanya selama 1 tahun lagi sebagai satu-kesatuan gen3. Setelah 1 tahun, sibuk sebagai individu dengan job masing-masing. Jadi sepertinya gen3 dipersiapkan untuk kuat sebagai individu, bukan grup.

      Dari gen1 ke gen3 udah mengalami mutasi gen 😀

      Sekian *asal-asalan komen aja 😀

      Like

    3. Itu dia, tapi kalau bikin sesuatu yang viral di luar angkasa, balik2 bisa jadi selebritis. Contoh paling terkenal Chris Hadfield yang jadi orang pertama yang ngerekam lagu di angkasa. 😀

      Hahaha, iya, ane selama ini selalu liat Ashurin jadi sainenshou, pas dia ngenalin Hazuki di Kojichuu kemarin, ada rasa gimana gitu. Mungkin mereka siap, tapi ane liatnya jadi agak sedih. Waktu kok cepet amat berlalu 😀

      Mental ane rasa bisa dibilang positif, karena Principal dan konser jelas butuh kekuatan dari sini. Kekompakan iya minus, di S48 ada yang pernah bagi chart hubungan member, ada gap buat beberapa https://goo.gl/91EVpf visual dan popularitas ane setuju positif. Kalau ditekankan soal individualitas, ane harap sih enggak ya, entar jadi rigid kaya tetangga.

      Like

    4. Rekaman di luar angkasa? Keren.. Baru tau, kudet banget soalnya 😀

      Asuka-chan baik banget dan terlihat perhatian pas ngenalin Mukai Hazuki, dibandingin Hori pas ngenalin Kubo 😀 Padahal seingat ane Asuka S ya.

      Link-nya error.. mungkin karena gak punya akun di stage48. Gak tertarik gabung juga, karena isinya bahasa inggris semua 😀

      Barusan liat Nogibingo sama Nogiroom, dan ternyata gen3 menarik untuk diikuti, fresh banget dan lucu.
      Nogibingo:
      – Ijiri-san dan pasukannya, ane yang nonton aja merasa horor, apalagi Ozono yang ngerasain langsung 😀 pasti trauma
      – Mouso Kame ikutan milih oshi, dan Mizuki cantik banget pas cream di wajahnya udah dibersihin.
      Nogiroom:
      – Riria cara ngomongnya unik
      – Umezawa Tamami kowaii kowaii, tapi elegan
      – Christie sepertinya mirip Hashimoto Nanami
      – Ozono ternyata santai banget di Nogiroom.
      Sepertinya ane gak akan men-judge mereka terlalu cepat, diikuti dulu deh drama bikinan manajemen Nogi^^

      Like

    5. https://youtu.be/KaOC9danxNo > cover dari lagu Space Oddity
      https://youtu.be/AvAnfi8WpVE > I.S.S, Is Somebody Sleeping
      dua-duanya direkam di International Space Station 😀

      Cuma bawaan Sadist-nya makin2, soalnya menjerumuskan Hazuki. Kebanyakan gaul sama Nanamin sih dia 😀

      Ini gambarnya, ane upload sendiri https://goo.gl/Zhyv1Y

      Ane cuma nonton Bingo-nya, kalau Room gak pernah nonton. Yang bikin ane rada geregetan ya Kamiyama yang milih Zukki, masih aja ini orang 😀
      Riria buat ane tipikal yang suaranya ngeselin, soalnya kalau bawain lagu terlalu cempreng gimana gitu, cuma buat variety, menang. Kebalikannya Kaz sih dia.

      Like

    6. Barusan nonton videonya, dan menarik. Kembaran ane biasanya suka video cover nih, nanti mau ngajakin dia nonton video itu di yutub.

      Makasih banyak gambarnya ^_^ cukup informatif.

      Liked by 1 person

  4. “Training” gen-2, training awal tnpa melibatkan pantauan fans,
    Sedangkan “training” gen-3 langsung sambil melibatkan pantauan fans, principal, solo live, MV.

    Resiko “training” ala gen-2, ya kyk komen2 diatas, waktu = umur.
    Resiko “training” ala gen-3, titik jenuh, cepat puas diri, mental yg mungkin gk kuat, mungkin.

    Kelebihan “training” ala gen-2, Mental kuat setelah melewati seleksi latihan dan penantian.
    Kelebihan “training” ala gen-3, Nogi bisa lebih cepat menutupi kekosongan lubang2 yg udah maupun bakal ditinggalin senior2nya (harapannya gitu).

    Bagusan sistem training yg mana? klo diliat dari umur gen-3 yg cuma 3 member yg berusia diatas 17thun (minamin 18, kaede 19 & Ayati 21), maunya sih di training dulu ya minimal 3 single perilisan single Nogi cuma ya mungkin manajemen punya taktik sndiri + mungkin sudah tau n paham kualitas 12 member gen-3 ini lewat proses audisi kmarin makanya PeDe langusng orbitkan mereka.

    Like

    1. Wah iya ya, ane jg baru baca lagi komen ane, tumben bener, kesambet apa jari jemari ane XD

      Dan klo gk salah, audisi gen-3 ini sedikit berbeda kan, sebelum pendaftaran (klo gk salah), manajemen ngadain seminar, mungkin diseminar itu udah dikasih tau gmna kerasnya dunia idol dll, jadi ya mungkin 12 member ini emng udah terseleksi dgn baik, jadi gk pake KKS sgla langusng beraksi XD

      Like

    2. Copas kah? XD

      Iya kan ada seminar emang. Lupa? Maklum deh XD
      Inget kan di audisi final kandidat #2 gak lolos ke lineup final Gen 3? Korban terakhir kah, gagal karena gak sanggup dengan syarat tertentu? Jelas bukan masalah SHOWROOM karena ane inget dia salah satu yang lumayan viewersnya.

      Like

    3. Asem, hasil karya sndiri itu T.T

      Bukan lupa, cuma UP buat memperjelas n memperpanjang komen saja XD
      Ya mungkin, atau pas dia tampil di SR ketauan sama emaknya yg sebenarnya gk kaish izin XD

      Like

    4. Gitu aja mewek XD

      Iya sih jadi panjang, pinter cari caranya buat manjangin komen, padahal awalnya lupa XD
      Kaya cerita siapa gitu ya? XD

      Like

    5. hati ane terlalu lembut utk disakiti XD

      Beneran gk lupa, cuma emng dicicil biar ada stok buat komen slanjutnya, klo baru 1 komen tus komen ke-2 dah menyimpang kan gk enak ane XD

      emgn ada kisah member yg dramatis kyk gitu? XD

      Gk ada niatan tuh bikin artikel klo member kanji ada yg hiatus, haruskah member hiragana menggntikan posisi member knji trsebut?
      *ini usulan biar komen panjang aja, gk ditanggepin jg gk apa2 XD

      Like

    6. Lembut? Pake deterjen apa pak? XD

      Lah, lempar batu sembunyi tangan, biasanya dari komen pertama juga udah menyimpang XD

      Mitosnya sih ada, tapi siapanya gak tau XD

      Kamvret XD
      Gambar aja dulu, XD

      Like

    7. Emng hati ane baju… *tepok-jidat

      eh sori ya, ane selalu mnjga rekor ane, komen pertama gk pernah nyimpang XD

      Urban legend kah? XD

      Ok, skedar saran aja, mumpung mash anget soalnya XD

      Like

    8. Emang bukan? XD

      Gak pernah “terlalu” nyimpang, tapi nyerempet nyimpang XD

      Semacam bigfoot gitulah XD

      Antrian 3 aja belum ada yang berangkat mau nambah lagi? Gile lu Ndro XD

      Like

    9. Ane udah gak tau ini ngomongin apaan XD

      Perasaan ane biasanya bener XD

      Kalau belain artikel buat Zuumin, yang lain keburu basi. Lagian apa sih yang mau dibahas dari hiatus? XD

      Like

    10. Apa algi ane yg emngandalkan memori otk yg limited edition ini XD

      Kali in salah XD

      Hahahah
      Ya yg dibahas bukan hiatusnya, hiatus jad jln pembuka aj, inti yg dibahas klo ada yg hiatus apa harus ada cari penggnti? tpi klo liat dri mste hari ini, pertanyaan itu dah kejawab XD

      Like

    11. TUmben ngaku XD

      Gak pernah salah, ramalan aja selalu bener XD

      Nah itu jawabannya udah ada ngapain dibahas lagi? Kebiasaan orang Indonesia gini nih, udah jelas pake dibikin rumit XD

      Like

    12. Kpn sih ane nutup2in kepribadian ane, ane sellau jujur klo ane tuh masih muda, otk limited edition, bukan srigala, berbini 7 + 3 adek (sampai komen ini ditulis) 😎

      Iya deh iya XD

      Ya kan ane ngsuslinnya sjak kmarin dan kmarin masih remang XD

      Like

  5. Sistem KKS maupun instant push emang punya kelebihan dan kekurangannya masing2, seperti yg udah dijabarin diatas.
    Ane lihat, manajemen Nogi cerdas dlm mempromosikan gen 3. Manajemen gak langsung nge-push mereka habis2an, melainkan sedikit menahan gen 3 untuk tampil di publik. Hasilnya, publik penasaran sama mereka karena cuma bisa tahu mereka dari blog, majalah, showroom, dsb. Dan ketika dilepas… BOOM!!
    Menurut ane cara promosi gen 3 ini lebih efektif daripada Hiragana. IMO, Hiragana mendapat porsi push yg lebih besar daripada gen 3, melalui konser dan tampil bareng Kanji.

    Dan untuk melatih mereka jadi tahan banting, biarlah waktu yg menjawab (elaaahhh 😀 ). Setidaknya, ambisi mereka udah kelihatan dari proses audisi sampe diterima. Bayangkan dari 49k peserta! 1: 4000. Terbanyak dalam sejarah 46/48G. Hampir gak mungkin kalau motif mereka masuk Nogi cuma karena iseng doang.

    Like

    1. 6 bulan emang kerasa lama pake banget sekarang pas Nogi di puncak. Dulu sih ane cukup geregetan liat Gen 2 masih ada yang KKS setelah dua tahun, tapi gak gini2 amat. Efek monster mereka yang udah keliatan dari awal kali ya 😀

      Entahlah, kalau dibilang besar mana, ane bisa bilang tergantung cara pandang. Segmentasi H.Keyaki lewat Zenkoku Tour lebih ke peran mereka yang ambil promosi langsung ke publik, sementara K.Keyaki di media. Kalau Gen 3 kan jelas arahnya, buat nambah dan gantiin peran senpai.

      Jadi 1:4000 tuh…pasti berat. Ane pas masuk SMK dulu saingannya aja cuma 1:40 😀

      Like

    2. Yah anggap aja yg 6 bulan itu akselerasi yg 2 tahun. Emang kalau cuma 6 bulan belum bisa memberikan kesan seperti yg 2 tahun. Tapi yg 6 bulan itu bener2 bikin geregetan nunggunya. Rasanya kaya nungguin gebetan buat denger jawaban “ya” atau “tidak” dari doi (alah jadi curhat 😀 ).

      Perasaan ane dulu SBMPTN rasanya udah berat bgt. Tapi SBMPTN masih belum ada apa2nya sama audisi ini. 😀

      Dan setelah nonton nogiroom sub dari mastoppu, ternyata ada yg cuma iseng-iseng daftar Nogi. Salah satunya Momoko. 😀

      Like

    3. Akselerasi, kalah sekolah 😀
      Ciah malah curhat digantungin 😀

      Ane gak pernah nonton -room, dari Nogiroom Keyaroom sampe Showroom, jadi gak tau deh 😀

      Like

  6. Ini mungkin buat referensi aja.

    HKT 4th gen debut 12 Juli 2016. Penampilan perdana mereka dilayar kaca itu Variety48 eps #55 tgl. 25 Desember 2016, kemudian Odekake secara bertahap.selepas tahun baru.
    NMB 5th gen debut 28 Juni 2016. Penampilan perdana lewat acara mereka sendiri yang tayang di Kawaiian TV mulai 17 Juli 2016-sekarang. Itu channel TV satelit btw.
    AKB 16th gen debut 8 Desember 2016. Penampilan perdana di AKBingo kemarin(11 April 2016), meskipun sebelumnya sudah ada konser untuk 16th gen sendiri tanggal 18 Januari 2017.
    SKE 8th gen debut 19 November 2016. Penampilan perdana di TV? AKB Show #137 24 Desember 2016. Full member tampil di studio? Kagak!. Cuma proses audisi sama foto yang lolos. 😀

    Persamaan dari ke-4 contoh diatas + audisi Sakamichi yang sekarang? SHOWROOM.
    Kesimpulan? Ini trend-nya. Debut cepat, push cepat.
    Mendatangkan kecemburuan? Ohh jelas ada di tiap grup. Manusiawi
    Bisa diperbandingkan? Bisa, tapi perlu diupdate lagi 2 tahun kedepan.

    Nambah kerjaan aja dah. 😀

    Like

    1. Ternyata banyak Gen baru ya di 48G? Kos sebelah kayanya gak pernah update soal ini, palingan yang pada grad aja XD

      Punya pendapat soal trend ini? Dari segi probabilitas suksesnya dari yang keliatan sekarang termasuk dari 48G?

      Asal gak jadi live fast & die young aja sih kalau buat ane.

      Like

    2. Gimana yah, disadvantage 48G yang kentara yah ini.
      Jumlah member turah2, yang dihapal orang awam cuma member popular atau member push doang. Mana ada yang kuat hafalin semua, apalagi update berita. Bisa seharian ngetik itu. 😀

      Ini relatif, tergantung tujuan dan ekspektasi awal audisi. SKE/NMB dengan jelas buat nambal line-up theater KKS, HKT buat persiapan tim ke-3, TII, AKB Gen-16, rada2 mirip Nogi Gen-3, mulai cerita dari awalan 0 lagi. Yang begini yang biasanya ga bisa ditebak.

      Asal keurus dengan benar aja sih kalau buat ane.

      Like

    3. Gimana lagi, kaya ane yang palingan ngikutin dari blog berita doang, kalau gak ada berita ya gak tahu 😀
      Atau mungkin yang punya kosan baper karena udah gak ada bini di 48G? 😀

      Tunggu bentar, Team TII bukannya udah ada dari dulu ya?

      Masalahnya, bisa enggak ngurus dengan bener, soalnya kecenderungannya masih berat sebelah.

      Like

    4. Well, ane akuin berat kok jadi wartawan blog kalau ga punya interest lagi, seperti bini. Kebanyakan yang bener2 grad ngidol kan bukan karena kecewa, tapi karena ga ada bini cadangan,atau kalaupun masih ada, ga menarik lagi baginya. Ane udah siap-siap itu kalau kos sebelah banting setir jadi full 46G. Portal berita ada banyak ini… 😀

      Udah ada TII, tapi cuma 10 member. Cukup sih kalau cuma syuting MV.

      Kalau di SG, masih ada keadilan disana.. SKE (sempat)punya fans yang bisa ngamuk di SSK. NMB punya manajemennya sendiri yang cuma fokus sama member NMB, HKT (sempat) sedikit jumlah membernya, jadi kue push masih bisa dibagi rata. NGT karena masih hangat.
      Tapi di Flagship, ane udah lepas tangan. Million sales atau Pro Ori-AKB. Sudah tidak bisa lagi 2 hal itu berjalan beriringan sekarang. Terlalu banyak ane lihat member transfer/kennin di AKB jadi kambing hitam dari pilihan million sales sekarang.
      (Btw, moga2 agan dzaky di kosan sebelah baca komen ane disini, ane ga nyaman bahas serius di-sana)

      Like

    5. Wah kata2 agan membuat pertanyaan baru: tuh bapak kos masih punya bini baru kah di 48G? 😀

      Nah, masalahnya kan di grup utama, kalau yang lain anggaplah bisa berdiri sendiri andaikata gak direcokin sama grup pusat, mungkin nasib mereka lebih baik gitu kan?
      Btw yang SG baru yang di kapal2 itu gimana, udah debut?

      Kalau harus milih buat grup pusat, antara nerusin streak 1M atau start dari pit stop karena mesin baru, pilih mana?

      Hahaha, ane gak yakin yang bersangkutan tahu kos ini malahan 😀

      Like

    6. Kayaknya punya lagi. Anak team 8. Makanya ada berita konser 3rd Anniversary team 8, tapi ga ada berita konser graduation Shu/Kei, atau konser Tournya SKE. 😀

      Ane ga tau apa nasib lebih baik, tapi yang pasti tiap-tiap grup cabang punya waktu untuk bikin 3 single/tahun. Tapi pasti ada konsekuensinya, Bisa ada single yang bentrok rilisnya, atau isi dompet fans yang makin terbelah.

      STFU? Lagu pertama mereka nanti di coupling single-48. Tanpa MV.
      Paling nanti pas SSK, mereka debut besar2an.

      Ane pertama netral cenderung whatever, Grup pusat selalu banyak simpatisannya ini. Cuma kok setahun terakhir fandom AKB makin “Retard”. 1M itu kan juga karena semua member 48G ikut menjual slot HS, maka beberapa member 48SG secara tidak langsung berhak mengirimkan perwakilan mereka di senbatsu sebagai timbal balik.
      KOK timbal balik itu tidak diapresiasi, malah dijadikan dasar bahwa member Transfer/SG/Kennin mengambil jatah member Ori-AKB dan karena itu, biang kerok kemunduran AKB.
      Dengan sistem seperti ini, akan ada member SG lain yang masuk di senbatsu AKB. Hari ini HKT yang dituding, besok?

      Ane sekarang mau lihat opsi mesin baru hasilnya bagaimana. Bukan buat mobil/motor-nya. Ane cuma mau lihat seberapa toxic sih fandom grup pusat sekarang. Perasaan dulu ga begini amat.

      Ini warning juga buat fandom Sakamichi. Kemungkinan fandom 46G bisa separah ini juga karena (1)Sekarang banyak gelombang eksodus fans, dan (2)makin besar fandom, biasanya cenderung makin sombong, dan makin toxic, serta (3) Kita ga tau masa depan bakal seperti apa.

      😀

      Like

    7. Misi, cuma numpang lewat aja dan kebetulan ane dipercaya bawa amanat dari bapak kos sebelah. XD

      Soal bini di 48G, kata bapk kos sebelah, gk ada dan gk ada niatan nyari.

      Soal angkt berita team 8, kta bapak kos sblah itu “service” buat pngunjung yg request berita team 8, laman diskusi akbingo, ya semua sbg “service”. XD

      Gk angkat berita grad Keichi, Shu n Reinya gra2 diserang penyakit M(ales), dah nyari beritanya, dpt infonya, begitu liat isinya yg pnjang (berita konser emng slalu pnjng + setlist lagi) langsing di close tab beritanya XD

      Sekian 😎

      Like

    8. @Ein, Oh udah punya ya? Duh kok gak bilang2 takut ditagih makan2 kali ya XD

      Nah ini dia, kalau masih mentingin grup pusat sih, ibaratnya kaya negara Commonwealth kan gampangnya. Boleh dibilang merdeka, tapi tetep kepentingan Inggris jadi prioritas.

      Kalau soal perwakilan SG di senbatsu AKB, ane rasa bisa nangkap poinnya. Ya kalau dari segi ini bilang ngerampas jatah member OG, dan bukan sepenuhnya salah kennin ane setuju. Toh kennin juga gak selamanya granted di senbatsu. Kalau ane sih, mungkin begini ya pertanyaannya; OG AKB dan JPN48, sejujurnya mana yang lebih diharapkan? Salah dari awal kah?
      Dan ane mau tanya juga, sistem HS di 48G sama kah kaya Sakamichi?

      Nunggu gelombang member2 baru kah? Atau berharap sama member old yang masih ada?

      Ane masih nyimpen harapan yang sama untuk Sakamichi. Datang dari ane yang udah pindah lama, mungkin terdengar naif tapi yah, masa iya sih masih mau terjatuh di lubang yang sama? Exodus emang bikin banyak glory hunter yang datang, juga manajemen yang bisa makin ijo matanya, dan biasanya ini yang bikin riak. Ya sedikit khawatir juga sih.

      @conan, oh kenal ya sama bapak kos sebelah? XD

      Titip salam aja, kalau emang punya bini baru gak bakal ditagih makan2 kok, tahu kok kondisinya XD

      Like

    9. Kenal dekat si enggak, cuma sering liat tuh bapak lewat depan rumah ane aja XD

      “tahu kok kondisinya” <- situ kenal dekat sama tuh bpk kos? kawan senasib ya dlm hal rezeki? XD

      Like

    10. Ngeri dah, bapak kos sebelah sudah mengutus pengirim pesan jauh sebelum ane nagih traktiran, besok bisa iler yang diutus… 😀

      @Mac
      Yup Commonwealth.

      Kemungkinan JPN48, karena AKB sudah termasuk di dalamnya. Cuma mungkin karena itu AKB dijadikan titik pusat.
      Entah itu bisa disebut kesalahan dari awal atau pilihan alamiah. Abu-abu. 😀
      Yup sama. Kasih tiket yang sudah dicap, dikasih tau dapat berapa detik, jabat tangan, selesai, ke pintu exit. Secara praktik, hampir semua sama.

      Kalau strategi mesin baru…..Paling masuk akal kombinasi. Center Airdrop muka baru, Ga sulit sih, cuma lepas 1M paling.

      Ane doakan yang terbaik aja.

      Like

    11. @Mac:
      Iya, kdang mondar-mandir dia dijalan,
      pas ane tanya “cari aja pak?”,
      dijawab, “kali aj nemu voucher kuota”
      ampundah bpk satu itu XD

      Kos2an srigala sih XD

      ================================

      @Ein:
      Agan aktivis penagih traktiran jg? XD

      Like

    12. @Ein, Kalau ane sih ngerasanya dulu pas makin banyak kennin di AKB, udah bergeser ke JPN cuma dalam nama AKB. Dulu masih rada tenang soalnya monster2 masih ada, baru sekarang kerasa gak ada OG yang bisa gantiin peran itu. Jujur, menurut ane kesalahan perhitungan dari awal.

      Kira2 ada kandidat airdrop center yang bisa dibilang “layak” enggak?

      Butuh talisman yang bener2 kuat untuk Sakamichi, jujur aja.

      @conan, ckckck, kasian ya tuh orang. Denger2 doyan makan garam juga XD

      Gitu masih mau nambah bini? XD

      Like

    13. @conan
      Masih merintis. Belum jadi kerjaan full-time. 😀

      @Mac
      Kandidat airdrop….banyak sih. Cuma mayoritas KKS menjanjikan di 48G sekarang kan non-ori. Nah lho…. 🙂

      Macam “Piece of Eden” di Assassin Creed? 😀

      Like

    14. @Mac:
      Gk perlu dikasihani, biarkan aja dia mnjalani hidup dgn caranya dia XD

      ==============

      @Ein:
      XD

      Like

    15. @Ein, eh masa dari Gen 11 sampe 16 ini gak ada yang bisa dipertimbangkan?

      Duh kalau game ane cuma main NFS sama PES, yang lain lewat deh. Palingan nambah Tic Tac Toe 😀

      @conan, bikin miris bacanya XD

      Like

    16. @mac
      Gen 11 muncul saat OG masih merajalela. Jangankan airdrop center, airdrop senbatsu aja sudah sesuatu. Praktis cuma Kawaei yang bisa masuk lubang jarum. Lalu kemudian, dia grad.
      Gen 12 sudah wasted dari awal ketika yang digadang2 justru sang Eguchi Aimi. Ada sih Juri yang sering senbatsu, tapi sekarang dia ga diplot sebagai calon center. Nah lho….
      Gen 13 ada kan yang langsung dapat posisi bagus di drama AKB 2012, yang bareng Johnny. Kemudian grad.
      Lalu setelah Ryoka grad, yang masih ada peluang yah Yuiri. Tapi tau sendiri….
      Gen 14 yang diplot center itu Mako, yang meledak Okada. Tapi masa iya dia center sekaligus Kapten Kennin?
      Gen 15 ga usah dijelasin yah? 😀
      Pada dasarnya 11-15 itu sudah dipertimbangkan, tapi biasanya yang dijual cuma satu pentolannya yang dilirik Aki-P.
      Ketika pentolannya jeblok/grad, muncul audisi gen baru dan satu gen itu sudah terlanjur hilang faktor fresh-nya.
      Dengan kata lain, sudah terlanjur kadaluarsa buat airdrop.
      Yang tersisa yah gen-16.

      Satu lagi jeleknya fandom 48G sekarang, yang dibahas member pusat, pusat, dan pusat terus. Makanya ketika member SG yang jarang dibahas naik daun, banyak yang bodo amat. Ketika member SG itu masuk senbatsu AKB, orang-orang malah sakit pantat. 😀
      Bersyukurlah kalian member idol group Sakamichi. Meskipun ada yang dibawah macam Under dan Hiragana, kalian masih sering jadi topik bahasan dan bukan bahan cacian. 😀

      Jiah, katanya butuh talisman yang bener2 kuat? Ane bingung cari contoh real di dunia nyata soalnya. 😀

      Like

    17. Gen 13 itu Mitsumune Kaoru bukan? Yang rambutnya pendek? Yuiri ini Murayama Yuiri maksudnya? Emang dia kenapa?

      Gen 15 yang ane tau cuma bininya seseorang, yang lain buta sama sekali 😀

      Gen 16 masih belum ada yang bisa dipertimbangkan?

      Untungnya masih dalam tahap kronis tapi masih bisa diselamatkan, cuma butuh dokter sekelas Stephen Strange kali ya 48G ini, kalau masih aja harus dibawa ke Kamar-Taj 😀

      Gimana ya, kalau disini mungkin karena dari dulu yang komen di artikel Sakamichi dari kos sebelah yang lama isinya becanda mulu sih, makanya soal tubir2an ya cuma jadi kentut aja 😀
      Kalau di S48 untungnya gak ada yang terlalu savage 😀

      Ya kalau ibaratnya game, intelegensi ane cuma sekelas batu kali 😀

      Like

    18. Yoha Mitsumune Kaoru.
      Udah rahasia umum bagi fans-nya Yuiri, kalau dia disuruh milih senbatsu atau teater, dia milih teater.
      Wekekekeke 😀

      Belum untuk Gen-16 sekarang.. They are still as raw as rock.

      Setuju soal anggap kentut. Moga2 mayoritas fansnya masih bisa berpikir jernih. 😀
      Di S48 Mungkin karena sejauh ini di-Nogi ga banyak keputusan kontroversial dari LLC.
      Paling Ikoma, Airdrop Manatsu/Miona, Ikoma center lagi. Sisanya terhitung jinak, bisa dipahami fans dan ga jadi bensin buat rusuh. Tenaga fans jadi bisa dialihkan buat becandaan, nge-sub, fanart, dst.

      Batu kali itu sering dipakai jadi fondasi bangunan lho. Jadi intelegensi segitu malah bagus konotasinya. 😀

      Like

    19. Ternyata ingatan ane masih tersisa 😀
      Eh iya kah? Alasannya apaan kok gitu?

      Ya biasanya kan yang dari yang mentah begini suka main airdrop aja.

      Energi fans Sakamichi dihabisin buat delusi 😀

      Hahaha, ternyata jadi batu kali bisa dibanggakan 😀

      Like

    20. Mau jadi dewi teater dia. Mecahin rekor jumlah penampilan di teater.
      Tapi baguslah, yang mindset begini ga melihat teater sebagai tempat kasta rendahan atau degradasi. 😀

      “Ya biasanya kan yang dari yang mentah begini suka main airdrop aja.”
      Betul sih, lalu kemudian yang di-airdrop itu berubah salty atau menggendats dan kemudian grad beberapa tahun setelahnya karena egois ingin mengejar solo karir. Itu yang mau diulang lagi? 😀
      Kayaknya ane salah ngomong soal center airdrop. Harusnya ga pernah ane bahas dari awal. Dan malah ini yang jadi bahasan utama. It’s bullshit. 😀

      Like

    21. Ane baru keingetan sekarang. Track record AKB soal center airdrop itu sangat buruk. Banyak yang ga kuat mental.
      Moga2 ga ada kejadian lagi deh.

      Ambil aja Mion atau Okada. Beruntung mereka ga di-airdrop diawal jadi mental pejuangnya terbentuk. 😀

      Beneran ini nambah kerjaan aja… 😀

      Like

    22. Patut diapresiasi kalau gitu mah. Jadi bikin nama theater gak kaya TPA gitu deh.

      Wah kalau itu sih, diluar kemampuan ya. Yang ane heran kenapa banyak kasus yang kaya gitu, apa karena pressure atau apa?

      Kalau gitu pilihannya balik ke member yang tipenya Yuko, antara ada dan tiada, nah pertanyaan selanjutnya, ada gak nih yang bisa kaya Yuko?

      Like

    23. Yoi… 😀

      Secara common sense, Pressure itu pasti. Dan setiap AKS nge-airdrop seseorang atau nge-gori push seseorang dari yang benar-benar mentah, tagline-nya selalu sama, “She is AKB next star!” . Otomatis dong ekspektasi dan pressure naik berkali-kali lipat. Ga mungkin kalau ga berpengaruh ke mental orang tersebut. Antara ego-nya naik karena dia merasa lebih, apatisme-nya naik karena terus-menerus dikritik, atau selera makan yang naik.
      Tapi kembali ke masing-masing individu sih.

      Nah begini, Yuko itu jadi center pilihan manajemen setelah Acchan grad. Berapa tahun coba dia ga dianggap?
      Yang kayak Yuko itu, ga akan dapat push kecuali AKS sudah kepepet ga punya pilihan lain. Jadi pertanyaan yang lebih tepat itu bukan “Ada gak nih yang bisa kaya Yuko?”, tapi “Ada gak nih yang mau bernasib kaya Yuko?”. 😀

      Like

    24. Balik ke thread. Karena ini, ane apresiasi bagaimana Nogi gen-3 dipush. Mereka ga dipush satu-satu secara individu, tapi langsung dipush semua. Taglinenya bukan, “Dia next star Nogi”, tapi “Mereka next star Nogi”. Jadi pressurenya, ga cuma di satu orang.

      Tapi bukan berarti LLC bersih disini. Kalau ada yang perlu dikritisi dari bagaimana mereka mengurus gen-2, itu bukan tentang lamanya mereka dipush. Ada satu orang kan dari gen-2 yang langsung diplot jadi “Dia next star Nogi” ?
      Mau taruhan mental dia kena efek samping dari push juga? 🙂

      Like

    25. Sayang rewards paling tinggi cuma jadi Theater no Megami kalau gitu…

      Intinya karena gak ada dualisme ya, sole center doang. Hmm, hal ini juga kejadian sekarang sih di Keyaki. CUma untungnya sejauh ini karena Tecchi sendiri introvert, jadi belum meledak. Ya ane gak berharap bakal meledak juga sih.

      Kalau ane bilang dengan influence yang Yuko punya, pasti banyak yang mau ikutin jalan dia. Gak sedikit kan yang bilang fans Yuko karena itu masuk AKB -yah ini referensi dari beberapa tahun lalu sih- cuma karena sekarang nasib grup aja makin gak tentu ya jelas banyak yang ogah.

      Mungkin sedikit ralat, ane gak pernah nemu referensi mereka disebut new stars tapi sekedar New Gen. Yah pernah sih ada majalah yang ngasih subtitle “Nogizaka New Ace” sama Zukki, tapi untungnya sampe sekarang masih belum dihabisi sama LLC kecuali urusan photoshot. Ini dualisme bahkan trinitas malah, soalnya center Momoko yang diplot, terus ada Zukki & Kubo yang jadi tridente OG, sekarang ketambahan Master Yoda yang pelan tapi pasti. Mungkin julukan macam “Nogizaka xxx” itu bakal selalu ada, 48G dengan jumlah yang masif jelas sulit kaya gini kan.

      Miona? Di awal dulu ane ngerasa gitu, tapi lama2, liat secara obyektif, untungnya pelan2 dia bisa pull Gen 2 yang lain. Inget awal2 Kojichuu kan?

      Like

    26. Ironi teater yang konon adalah jantung kehidupan 48G 🙂

      Yah mau gimana lagi, semua ingin sukses dan ga mau ditelantarkan manajemen. 🙂

      Well, teori awal ekspansi 48G kan karena jumlah yang masif, fans jadi punya banyak pilihan oshi.
      Teori itu ga menyebutkan jumlah yang masif itu bisa populer semua. 😀

      Ohh, awal Kojichuu ane masih belum tertarik untuk tau seluk beluk Sakamichi Series(Cuma tau Rena dikennin kesana dan Kazumin pilihan pertama oshi ane dari awal Nogidoko, but whatever with the rest).
      Tapi dari maraton episode-nya ane bisa bilang, layaknya gori-push membuat seseorang dicap fans sebagai favorit manajemen, men-drop orang tersebut dari senbatsu punya efek membersihkan itu. Kalau bisa sekalian membersihkan mental dan ego-nya(meskipun 100% atau tidaknya wallahu alam), it’s better then.

      Like

    27. Masalah mental kalau ini, kadang terlalu dimanja sama dikasih mimpi kebanyakan kali ya diawal.

      “Punya banyak pilihan tapi belum tentu bisa populer semua” nah ini, yang ngenes yang ngoshiin member yang gak dilirik.

      Kasus gori push cuma dua kali kejadian di Nogi, pertama Ikoma kedua Iori. Ikoma jelas kenapa. Iori dari baru balik jadi member langsung ke senbatsu di Inochi, ditambah faktor kalau dari visual dia termasuk top tier. Langsung deh dihabisi dan Iori sendiri gak bisa nunjukin progress yang setara, apalagi langsung drop ke Under dan gak balik2 sampe sekarang. Kasus Iori sering keliatan kan di 48G? Makanya asal main push emang gak bisa dilakuin di Nogi kalau gak punya base kuat.

      Liked by 1 person

  7. ane ngikutin sakamichi kao diitung belum genap 1 tahun wkwkkwkwk..
    cuman dari kacamata ane:
    sepertinya menejemen pengen buat baik fukujin/under sama bagus nya
    yang ane khawatirin beberapa nama member gen 2/3 cukup berbahaya merusak kesetabilitas grup tapi nama masih rahasia belum ada bukti otentik ahhahahhaha

    Like

  8. “To the infinity and beyond” kata astronot tembem buzz lightyear 😀
    Dan prcayalah gen2 akan brjaya dibwah kepemimpinan lord KTK. 😀
    Klo ane mah g pke ribet udah adain royal battle aja gen2/under vs gen3 biar lbih plong dan mnghibur jg 😀
    Bakal lbih asyik lg tuh battle jd gimmick di konserx asal g dbawa bneran aja ddunia nyata 😀
    SAVAGE skalian g usah tanggung2!
    *ketularan sadis gara2 nogivariety

    Like

    1. Wah temennya Karin 😀

      Kapan Dinasti Lord Kotoko mulai berjaya? Udah capek nunggunya 😀

      Battle terbuka antara Gen 2 & Gen 3? Ane jelas dukung ide ini, mungkin di Nogibingo season ini akhirnya bakal kejadian, kalau enggak di 46 Hours deh, ada lagi gak ya tahun ini?

      Like

    2. Lord ktk lg magang dulu jd agent Hazap 😀
      Ane dukung 1jt% 46 jikan tv dg tmbahan feature baru, yg jlas konser grad mai2 ama nanamin wajib ada ato 4th BDL. btw agan udh liat setlist dvd/cd album 3 nogi?
      Kira2 reveal lgunya kpanx….

      Like

    3. Entah cuma ane yang ngerasa begini, cuma Hazap kemaren tuh acara apaan sih??
      Ngarep acaranya Yumi gak ada yang bagi link, ini sekalinya ada acara member tapi absurd 😀

      DVD graduation concert wajib ada? Hahahaha, ini LLC loh 😀

      Belum sih, baru tahu kalau cuma bakal ada 4 type, tapi tracklistnya belum.

      Like

    4. Oh acarax waka yg fujisama kmren y? Iya ane jg nungguin tp g ada info sma skali apa krna tv lokal kali y….
      Hahahaha…walo absurd tp liat prkembngan 2 mmber paling unik nogi tsb lmyan mnarik. 😀
      Yah,mngkin kpala yoshio konno prlu dgetok lagi biar trcerahkan 😀

      Like

    5. Iya tuh, padahal kayanya bagus. Tapi ya nasib deh. Acaranya Reika juga baru di episode 2 ada link, My First Baito malah aneh lagi, cuma 2 menit padahal di jadwal resminya 6 menit. 😛

      Masih aja berasa ada jarak ya diantara mereka.

      Di 46 Hours nanti deh, getok pake palu beneran 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s