Zodiac Under

Nogizaka Under Live 2017 yang dilangsungkan pada 20-22 April kemarin berlangsung dengan lancar. Untungnya, karena dengan jumlah hanya 12 orang, paling sedikit dalam sejarah Under Live, Under untuk Influencer ini bisa tampil dengan baik. Bahkan berhasil meraih total penonton hingga 32.000 dalam tiga hari. Jumlah ini didapat dari kapasitas Gymnasium yang mencapai 8000 kursi dikali 4 pertunjukan.

C2_0582

Ada sedikit perbedaan dengan Under Live 2016. Tahun ini hanya diadakan di Kanto, sementara tahun lalu diadakan di Nagoya dan Tohoku (Fukushima, Miyagi, Aomori, Akita, Iwate, dan Yamagata), entah memang jadwalnya yang belum keluar atau memang Under Live National Tour tahun ini dipangkas. Under Live 2016 juga menandai perginya Rarin dari Nogi.

Gimmick utama dalam Under Live kali ini adalah Fantastic 3 dimana 3 member terpilih menjadi center untuk lagu yang berbeda. Maaya mendapatkan kesempatan di Ookami ni Kuchibue wo, Jiyuu no Kanata, dan Koko ni Iru RiyuuJunna di Umareta Mama de, Hidari Mune no Yuuki, dan Senpuuki. Sementara Iori menjadi center untuk Kimi wa Boku to Awanai Hou ga Yokatta no Kana, Hatsukoi no Hito wo Ima Demo, dan Namida ga Mada Kanashimi Datta Koro.

B2_1851

Karena tidak ada -dan mungkin tidak akan pernah ada– link video untuk Under Live, aku hanya bisa mengatakan bahwa Under Live kali ini cukup membalikkan ekspektasi banyak orang. Sama seperti saat Juve mengalahkan Barca di leg pertama perempatfinal UCL kemarin. Ya, tidak sedikit yang skeptis saat mengetahui Under Member kali ini hanya akan berjumlah 12 orang.

Di tulisanku mengenai senbatsu Influencer, aku sendiri berharap bahwa Gen 3 akan dilebur secepatnya dengan Under. Tembok Berlin harus segera dihancurkan. Dengan jumlah Under hanya 12 orang, tentu saja banyak yang mengkhawatirkan dengan fisik dan mental member, mengingat jumlah ini hanya separuh dari normal. Senbatsu tidak ikut, Gen 3 juga tidak, hanya 12 orang ini saja.

Dari segi member, dari keduabelas orang ini, tidak adanya sosok yang bisa menjadi pemimpin seperti Bebitan, Sayu, Kanarin, Hime, Maichun, dan yang berpengalaman center seperti Ranze dan Hinachima jelas menjadi minus besar. Bebitan dan Hime malah masih memegang rekor member terbanyak yang menjadi Under Center. Mereka bukan cuma bisa menjadi pemimpin tapi juga daya tarik dari Under itu sendiri.

Jika mengatakan ini adalah Under terlemah, aku setuju dalam arti tidak adanya member yang bisa menjadi pemimpin dan member yang “menarik” adalah hal yang mengkhawatirkan. Biarpun bermental kuat, Johnson dan Rotti nyaris selalu berada di Under yang tidak seekstrim iklim Senbatsu, bisa dibilang tanpa sosok seperti SayuMari, tidak ada member yang bisa membagi iklim senbatsu ke dalam Under.

Dari Under sekarang, praktis hanya Johnson, Rotti, dan Karin yang paling dewasa dan secara mentalitas, nilai mereka cukup tinggi. Mengkhawatirkan tentu, tapi bagaimana jika dilihat dari sisi regenerasi? Dari Fantastic 3, kita mendapat Maaya, Junna, dan Iori sebagai center. Hanya Iori yang bisa dibilang lebih mentereng karena pernah merasakan senbatsu, Maaya dan Junna terbilang back row Under. Ngomong-ngomong, bagaimana member dipilih untuk Fantastic 3?

A3_1268

Miria baru sekali ini menjadi center Under, member seperti Renachi dan Aachan juga baru mendapat kesempatan di Influencer. Mengatakan regenerasi jelas sangat terlambat apalagi jika membandingkan dengan Gen 3 yang juga akan mendapat Solo Live di 9-14 Mei, sebelum dilanjutkan dengan solo lain seminggu kemudian. Yah, better late than never.

Namun bukan berarti Under kali ini sebegitu parahnya. Diversitas karakter mereka sudah terbagi dengan baik. Sebelum-sebelumnya aku sudah sering menulis tentang pengandaian member dengan planet dan bintang sesuai karakter dan kemungkinan mereka. Hal ini, cocok dengan jumlah Under sekarang, bisa juga dibagi dalam tanda zodiak.

Dari keduabelas horoskop, dibagi kedalam 4 tanda elemen dasar; Air, Api, Tanah, dan Udara. Tidak, ini bukan Avatar…

4 elemen dasar ini diyakini sebagai unsur yang ada di dalam manusia, ilmu astrologi diharapkan bisa membantu kita memahami diri kita. Memaksimalkan sisi positif dan mencegah sisi negatif. Empat elemen ini dibagi berdasarkan pengaruhnya dalam keseharian mulai dari karakter, emosi, tingkah laku, dan cara berpikir.

Water Signs : Cancer, Scorpio, Pisces

Dua member yang termasuk dalam elemen air adalah Miria dan Aachan. Mereka di bawah elemen ini biasanya emosional dan sensitif. Memiliki intuisi tinggi dan bisa sama misteriusnya dengan lautan. Elemen air terkenal dengan sisi kreatif dan memiliki rasa kebersamaan yang tinggi. Kata kunci utama dari elemen ini adalah saling ketergantungan.

Miria dan Aachan jelas bukan tipe member yang emosional sejauh yang terlihat dari luar. Miria hanya cenderung lebih dewasa dari umurnya dan itu adalah kualitas lain dari elemen air; emosi yang umum ditemui pada sosok ibu. Sementara Aachan jelas misterius, sesuatu yang identik dengan elemen air.

Fire Signs : Aries, Leo, Sagittarius

Sama seperti api, mereka yang ada di elemen ini adalah orang yang memiliki passion, dinamis, dan temperamental. Cepat naik darah tapi juga cepat memaafkan. Kualitas utama dari elemen api adalah intelegensi, kesadaran diri, kreatif, idealis, dan siap untuk action.

Member di bawah elemen api adalah HinapyonRottiIori, dan Junna. Yah, kecuali Iori, tiga member lain memiliki karakter ini. Meski dalam kasus Nogi, lebih pada kecenderungan untuk berbuat/menjadi bodoh ketimbang kesigapan untuk action.

Earth Signs : Taurus, Virgo, Capricorn

Sama seperti tanah, mereka yang berada di bawah elemen ini cenderung down to earth. Tidak neko-neko, konservatif, dan realistis. Selain itu, elemen tanah membawa loyalitas yang kuat, mereka tidak meninggalkan kelompoknya meskipun sedang dalam kesusahan baik secara kelompok maupun individu. Bisa dibilang paling tidak egois.

Maaya mungkin tidak terdengar cocok dengan deskripsi ini sama sekali, kecuali mungkin untuk karakter tidak neko-neko. Selama 5 tahun ini, dia hampir tak pernah mendapat kesempatan sama sekali, juga cenderung jadi pihak yang kalah dalam variety. Kotoko pun demikian, saking down to earth, kita tak mengerti sebenarnya dia serius atau tidak jadi idol.

Air Signs : Gemini, Libra, Aquarius

Komunikasi dan sosial menjadi kata kunci bagi elemen udara. Secara alamiah terlahir sebagai pemikir, kualitas utama dari elemen ini adalah intelektual, komunikatif, dan suka menganalisa. Mereka menyukai diskusi yang filosofis, social gatherings, dan buku yang bagus.

Hal ini menjadi sesuatu yang mudah dilihat dari Renachi dan Chiichan, yang termasuk member yang melanjutkan kuliah. Karin meski terlihat baka dan punya peliharaan Rocky tapi jago shogi. Johnson mungkin sama sekali jauh dari sini, tapi jangan lupa, dia memiliki kolom khusus untuk review film dan mendapat kesempatan di Vanguard.

B3_1141

Tidak ada yang namanya ketidakcocokan antar zodiak dalam astrologi, hanya kadarnya yang lebih atau kurang kompatibel. Zodiak yang berada dalam lingkup elemen yang sama cenderung bisa mudah saling cocok, sebagai tambahan Air cocok dengan Tanah sementara Api cocok dengan Udara.

Begitulah. Sama seperti semua hal di dunia ini, diversitas ada untuk saling melengkapi seperti puzzle. Jumlah Under Member yang hanya sedikit ini menguntungkan jika dilihat dari mudahnya per individu untuk standout ketimbang saat dengan jumlah diatas 20. Jujur saja, menurutku komposisi dibawah 15 terbilang ideal jika tidak ingin ada karakter yang sia-sia. Tapi hal ini susah dilakukan karena Nogi hanya satu entitas dengan dua kelas.

Under yang lemah? Tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Meski bagiku sendiri, aku akan bilang Under ini lemah tanpa adanya sosok yang bisa memimpin. Diversitas karakter yang seperti zodiak ini justru lebih membutuhkan pemimpin karena dari membernya sendiri pun, tidak ada yang bisa diandalkan. Bagaimana dengan Tridente Under?

B3_0137乃木坂46 『風船は生きている』.mp4_000022021

Masih sangat jauh. Mereka baru di-push di single ini, pengalaman di front row Under pun terbilang minim karena sebelumnya hanya menjadi tempat bagi buangan senbatsu. Belum lagi komposisi ini dipastikan akan berubah di 18th, karena dari tren, Under Center akan naik ke senbatsu di single berikutnya. Under ditakdirkan selalu berubah dan tidak akan pernah sama, hanya butuh penyeimbang yang sesuai agak tidak karam.

Hanya saja kesuksesan Under Live 2017 adalah berita yang menyenangkan setelah gempuran habis-habisan Gen 3, ditinggal oleh para petinggi Under ke Senbatsu, dan rasa “dicampakkan” yang masih kuat terlihat -mungkin hanya aku yang merasa begini, tapi aku bisa melihat ini dari beberapa hal- serta diversitas karakter member tanpa pemimpin ini.

Kritik utamaku adalah terlalu maruknya manajemen mengirim pilar-pilar Under ke Senbatsu sementara Gen 3 sendiri diberi push yang sebegitu masifnya. Ya masih ada Rotti di Under, tapi setelah kasus jalan-jalan malam maka perhatian untuknya lebih ke konotasi negatif. Under memang hanya menjadi batu loncatan, tapi jika sampai seperti ini, aku akan bilang ini mengkhawatirkan jika diteruskan.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

58 Comments

  1. Huff,,lega akhirnya meski dapat pinalti untung gap cukup jauh,jadi no 2😆😆😆
    Termasuk lumayan juga sih masih gagah menghadapi gempuran gen3 tanpa amunisi yang memadai
    Para member ini lebih memilih mana sih,back dancer di senbatsu dengan minim spotlight,atau front row di under dengan peluang untuk terlihat yang lebih besar?

    Like

    1. Ngomongin apa ini?

      Dari segi exposure, front row Under jelas lebih bagus. Belum lagi ada Zenkoku Tour sendiri, kesempatan bangun fanbase lebih gede. Kalau jadi backdancer senbatsu, keuntungan cuma media appearances; TV & majalah. Itu juga minim. CUma kalau udah veteran di Under, jelas milih jadi backdancer senbatsu.

      Like

    2. Pinalty o.3second gk ngaruh sama posisi om vale *mudah2an makin jelas buat miminnya yg mungkin blum paham XD
      Itu aja XD

      Like

    3. Oalah motogp toh. Ane gak nonton, ketiduran sampe pagi 😀

      Semoga aja di 18th. Itu dalam artian rotasi ya, karena gak adil kalau mempertahankan member itu2 mulu di senbatsu/Under.

      Like

    4. Tuh agan @conan yang memperjelas(tandanya gak lupa lagi atau liat di detiksport nih?😆😆)

      Ane pengen nyusup ke LLC dan buat senbatsu nya yang 12😆😆(apa manajemen berani ga ya ngelakuin nya?)
      Tinggal liat konser gen3 nya,kalau lebih meledak bakalan kejang2 nih miria cs

      Like

    5. 12 itu terlalu sedikit buat ukuran idol group dengan member sebanyak ini. Kalau senbatsu cuma 12, sisa 34 membernya mau dikemanain coba?

      Mana konser Gen 3 dapet dua kali pula. Cuma kalah mentereng di kapasitas venue aja.

      Like

    6. @Mac:
      Iya, ane maklum, lagian orng yg dah tua gk bolehlah begdang2 XD

      ================

      @Kid:
      Sori ya gan, ane nonton live,
      season kali ini ane baru kelewatan satu kali gk nonotn motogp, dan parahnya yg kelewat itu seri pembuka
      *masih suka nangsi ane klo mengingt hal ini XD

      Like

  2. Seeeeeelamat pagi Mac-sensei. Lama nggak komen di post Sensei karena belum ada motivasinya. Terakhir komen di review MV Influencer. Oke, siap-siap. Panjang nih. crack my knuckles

    Jujur, aku sempat merasa salty dengan seluruh push management dan perhatian penggemar yang diberikan ke gen 3. Kadar garam yang kumiliki cukup tinggi sampai-sampai aku malas melirik timeline Twitter selama beberapa hari. Nggak dewasa sih, cuma nggak bisa menahan diri aja. Sekarang syukurlah sudah nggak.

    Tadi sempat baca beberapa blog anak under setelah senshuuraku live-nya selesai. Cukup emosional. Sejauh ini post yang paling menggugah hati adalah milik Maaya. Mereka memang katanya latihan lebih jor-joran (pastilah) dari biasanya. Masing-masing punya ambisi yang kuat. Ami dan Chiichan yang notabene sepuhnya under pun bilang kalau ini mungkin live terbaik yang pernah mereka jalankan. Mereka dapat triple encore di senshuuraku, loh. CMIIW, tapi ini sepertinya yang pertama kali di sejarah Nogi. (Sori, aku ga bisa berenti nyombongin ini.)

    Sebutan bahwa mereka adalah yang terlemah aku kira benar adanya. Naif kalau bilang mereka nggak lemah. Itu 12 orang biasanya menghuni row 2-3 doang, HS gak laku (beberapa sold out sih tapi you get my point), jarang nongol di majalah, karakter gak gitu menonjol, mana ada yang kena skandal. Sudah semalang itu, ketutupan hype dari gen 3 pula. (Sumpah ini aku udah nggak salty, kok.) Mereka lemah, tapi untungnya mereka mau untuk usaha keras supaya jadi kuat. Aku musti bersyukur dengan keputusan management untuk ngepush gen 3 abis-abisan, kalo nggak, mungkin under members ga akan setermotivasi ini.

    Tambahan, hari ini banyak laporan HS bareng Kotoko yang positif. Masih euforia dia, moodnya lagi baik kali ya?

    Perihal Fantastic 3 itu, jadi ceritanya mereka memilih 3 member untuk jadi center di setiap show. Kan ada 4 show tuh, ada 12 member pula, nah jadi semua kebagian nyenter. Kalo under live yang lalu-lalu kan diundi satu lagu satu center aja. Setlist lengkapnya diupload sama @misami_circle dan @stamp_hobby di Twitter kalau mau lihat.

    Naaaaah sekarang baru nyerempet ke elemen-elemenannya. Iya juga ya, pas semua. Ini pengelompokannya sesuai sama zodiak mereka kan? Kecuali Iori sih. Imejnya lebih sesuai sama elemen tanah kalo menurutku. Ga neko-neko dan setia (sama panutannya di gen 1 😛).

    Untuk ke depannya mau digimanain ya under ini… Jujur aku nggak kepingin ada yang naik ke senbatsu malah HAHAHA. Jahatnya. Soalnya aduh, sempurna sekali formasi ini buatku. Biarkan aku menikmati kesempurnaannya untuk beberapa saat lagi sebelum single ke-18 rilis lah. Kalau sosok pemimpin… saat ini kupercayakan sepenuhnya pada Karin. Dan Renachi sebagai sidekicknya mungkin. Jujur dia terlihat lebih bisa diandalkan ketimbang yang lain.

    Alah ini komen panjang-panjang isinya curhat sama uneg-uneg doang dah. Mohon dimaklumi T_T Thank you atas postingan ini juga by the way!

    Like

    1. Iya udah lama nih 😀

      Hahaha, ya mau gimana lagi, manajemen jor2an, ya sebagai fans cuma bisa nelen aja soal ini 😀

      12 orang itu emang terlalu sedikit untuk kelas Nogi, soalnya minimal formasi lagu pake 16-nin. Jelas mereka harus latihan ulang mulai dari blocking sampe vokal. Lemah di karakter & ability, untungnya masih ada sisi kerja keras yang bisa nutupin itu semua. Ya emang semua hal itu saling berkaitan kan.

      Soal Fantastic 3 ini ane belum sepenuhnya ngeh. Kalau semua kebagian center, kok cuma tiga ini yang jadi ‘Fantastic 3’? Dan lagi masing2 cuma jadi center untuk 3 lagu?

      Yep sesuai sama zodiak mereka. Lagian cocok semuanya dapet satu zodiak, cuma dua yang zodiaknya sama. Panutan Iori dari Gen 1 emang gak neko-neko, tapi bahaya 😀

      Cuma selama Under Live ini mereka bakal tampil pake formasi ini, jadi yah gak bisa terlalu ngarep. Kecuali ada acara sendiri kaya Under Christmas.

      Like

    2. Lagi menanti post yang tepat untuk ngebawel huahahah. Btw sering-sering bikin O Chart di luar Idol lagi dong, Sensei. Suka bacainnya dan lumayan untuk referensi lagu baru.

      Kirain under banyak dikirim ke senbatsu krn 3rd gen mau dimasukkin loh. Kaget juga pas pertama tau akhirnya cm ber12. Vokal sih untung msh ketolong sama rap linesnya ya? 😁

      Fantastic 3 itu nama projectnya, Sensei. Project buat nge-feature 3 member jadi center tiap 1 show itu. Iya, nyenterin 4-5 lagu sih sebetulnya. Sisanya ya Miria semua yg nyenter.

      Ah, masa sih bahaya? 😝

      Kenikmataan untuk sesaat hhh. Under live kali ini cuma sebentar bgt… nggak bakal ada streamingan/keluaran DVD lagi. Kampretnya… Christmas live harus beda lagi nih gimmicknya biar seru hahaha.

      Like

    3. Kalau O Chart, ane bikin bulanan kok 😀

      Dua Under Song terakhir kebantu sama banyaknya rap, tapi rada susah kalau kena yang berat di vokal kaya Kimi wa Boku to Awanai Hou ga Yokatta no Kana atau Hatsukoi no Hito wo Ima Demo, soalnya yang jadi center aslinya bagus sih.

      Oh gitu, berarti sumber ane kurang lengkap nih *lirik yang punya kos sebelah 😀

      Bahu dimana2, mancing mulu kerjanya, sekarang mau nyebarin virus ke Gen 3 juga 😀

      Like

    4. Asik, asik. Ditunggu yang bulan Mei ya. Temanya apa nih ntar?

      Panjang banget itu judul lagu yak 😅 Tapi masih ada Rotti, Ami, Karin juga sih. Chiichan, Junna juga lumayan. Ternyata ga ambyar-ambyar amat.

      Sering nemu term “kos sebelah” di sini tapi karena aku msh baru di lapak ginian, ga ngerti “kos sebelah” itu mksdnya yg mana aja T_T

      Musti di-ban pas bulan Ramadhan!

      Like

    5. Masih belum tahu, biasanya spontan aja ane bikinnya 😀

      Kalau mau gampang, biasanya ane sebut aja judulnya “Under Song-nya Inochi” 😀
      Ane jujur aja kaya mau ketawa pas tau Maaya jadi center lagu ini, padahal center aslinya Hime, kaya langit sama sumur 😀

      Kos sebelah itu ya blog-nya Anakamirikaru & blog lain yang ane tulis di blogroll. Kalau ada yang mau nambahin kasih info dong 😀

      Untungnya pas puasa nanti bakal disuguhi drama Keyaki 😀

      Like

    6. Jomplang bat ya. Mana katanya dibikin banyak solo lines di lagu itu kmrn

      Aku ngebookmark ocehanrei.blogspot.co.id sih. Dia suka translate beberapa blognya anak Keyaki (mostly Risa sama Yuuka sih). Lumayan gece juga

      Walah lagi puasa malah nntn misteri. Makin laper gegara kebanyakan mikir ntar. Udah drama kedua aja nih ya Keyaki. Yg pertama aja blm nntn sampe abis. /headdesk

      Like

    7. Ya sayangnya ini gak bakal bisa dikonfirmasi sama orang diluar yang gak bisa nonton langsung live kemarin…

      Coba deh ane mampir entar, kali aja bisa tuker2an blogroll 😀

      Ane gak nonton Tokudare. Bemars cuma tahan 4 episode malah. Yang baru ini juga kayanya gak bakal ane tonton 😀

      Like

  3. Kok gk ada notif postingan ini ya di email ane?

    Baru tau ane klo ane masuk elemen tanah, pantes sifat ane tidak neko-neko, konservatif, realistis, loyalitas yang kuat (ke 7 bini + 3 adek ane), paling tidak egois, ane banget ini mah 😎

    klo soal milih fantastic 3 ane juga kurang tau, apa pake undian gitu ya membernya, soalnya kyk pernah liat under member ambil bola dalm box (ya kyk undian gitu) dan kyknya fantastic 3 ini beda2 tiap harinya soalnya di democrazy ada info fantastic 3 hari kedua itu si kawamura, kotoko sama karin.

    Klo dibilang pengen tembok berlin gen-3 sam under cepat runtuh, ane malah pengen dlm setahun ini gini aja dulu, asal porsi “push” antara gen-3 sama under sama, jgn banyakan ke gen-3 XD

    Pokoknya salutlah sama Under kali ini, mereka sadar mereka cuma 12 member dan harus berjuang ekstra.
    BTW bagi yg ada link nogiten2 ep 20 keatas bisa ditebar dong, ane cuma punya yg ep 22, soalnya klo gk salah dari ep 20 keatas itu mengupas persiapan under member buat under live (klo ane gk salah)

    Like

    1. Tuh kan ane bilang juga apa, modem ente pasti enggak kuat XD

      Oh elemen tanah ente? Pantesan baunya kok bau…. XD

      Iya yang pake ngambil bola kan di Under XMas kemarin kalau gak salah. Makanya ane bingung juga sama kata @raachan diatas. Bilangin gih bapak kos sebelah, kalau nyediain info yang lengkap XD

      Orang kedua yang berharap Under kali ini bakal awet. Kenapa?

      Nogiten biasanya di VK ada kan? Masa udah gak ada?

      Like

    2. Apa hubungannya kekutaan modem ane sama ada/enggaknya notif, lagian postingan2 yg lalu ada,
      apa tnpa ane sadari kehapus ya notif? XD

      Bau tanah? ya iyalah, kan ane manusia, emang situ terbuat dari api, situ jin yg dah berabad2 kan XD

      Ya bapak kos sebelahkan cuma nulis berdasarkan sumber,
      lagian gk mungkin lah dijelasin proses pemilihannya XD
      *ntar minta imbalan ah sama bapak kos sebelah gra2 dah ane belain XD

      Bukan berharap awet, biar gen-3 gak terlalu dimanja aja XD

      Ep 22 & 22 dah nemu, yg 21 gk nemu di vk

      Like

    3. Biarkan itu tetap jadi misteri XD
      Atau suruh itu profesor botak buat nyelidiki XD

      Emangnya ane dari negara api? Keyaki dong XD

      Imbalan apaan paling dikasih seplastik buah asem XD

      Kontradiktif tuh kata2 ente XD

      Ane mencoba paham meski akhirnya gagal. “Ep 22 & 22 dah nemu” ini maksudnya apa XD

      Like

    4. Biarkan waktu yg menjawab XD

      “Emangnya ane dari negara api? Keyaki dong” <- keyaki dong disini mksduny apa?

      eh dikasih buah asem klo ane kreatif bisa menghasilkan juga loh itu XD

      Kontradiktif gmn? XD

      Allahmak, mksudnya 20 sama 22 dah punya, 21 yg belum XD

      Like

    5. Lama XD

      Tuh ada videonya diatas. Jangan bilang gak muncul di device ente.

      Kreatif contohnya? XD

      Ya gitu lah, males jelasinnya udah gede juga ente XD

      Pantesan. Kirain kaya bener ente episode sama download dua kali, habis ngerampok siapa coba XD

      Like

    6. Bukannya slm ini dah belajar kesabaran gra2 ulah LLC? XD

      Video?
      Ciyaaaaaah, buka lewat Handphone bru keliatan videonya :p <- tepok jidat klo dikosan sbelah

      Jual ke ibu2 komplek yg mau bikin sayur asem XD

      Hahahahahahaha… XD

      Hahaha, kayalah ane, kan banyak penghasilan dari jual buah asem XD

      Like

    7. Lama2 begini bisa jadi batu saking sabarnya XD

      Tuh kan, PC ente perlu dirukiyah XD

      CKckck, makin kasian sama bini2 ente, jualan asem segala XD

      Like

    8. Ya tinggal reinkarnasi aja, kan situ dah sering ngalamin kyk gitu XD

      Hahaha, besok dipostingannya klo ada video atau vote2an dikaish tau deh XD

      Gk usah kasihan, mereka justu bangga slm ane gk sampe jual badan XD

      Like

    9. Ane tau, sbnarnya ente tuh curhat, cuma biar gk ketauan x curnat trus ngelibatin ane deh.. hhhh

      XD

      Loh loh loh, jgn pndang sbelah mata sma badan atletis ane yg klo duduk tuh perutnya langsun belipat XD

      Like

    10. Beda tipis itu XD

      Ya gitulah, klo duduk, perut langsung berbentuk kyk sabuk champion para petinju yg bulet besar ditengah XD

      Like

    11. Bagi dong link vknya. Link ane di vknya AKB Group yg ada Nogitennya ga bisa diakses, katanya error butuh jadi member grup dulu baru bisa akses.

      Like

  4. Berani2nya agan mmpertanyakan motivasi lord KTK, ini sama kayak mmpertanyakan keberadaan alam smesta 😀
    Ane ingat diawal rilisan single influencer kmren kan katanya ingin bntuk nogi yg baru, mngkin ini jg slah stu alasanx. Sngaja senior2 under dtarik ke snbatsu buat nyari sosok baru yg bsa diandalkan dan skligus memotivasi under jg. Buktinya KTK smpe bersabda dy bakal brubah 😀
    Ah syg rarin udah grad,cba klo belum bsa smakin panaslah battle ini. Ini jg yg jd prtanyaan ane apakah diawal msukx gen2 dlu dtmbah hori yg tba2 jd center bsa segaduh ini?
    Ane mau quote omongan rarin “it should be unders before the 2nd gen” ngeri ga tuh. Dan mungkin sosok ngeri itu skrg turun ke miria.
    Btw gen3 jg ikut andil kan y di underlive kmren hari 3 y? Mrk bawa lagu sndiri ato colab ama under?

    Like

    1. All hail Lord Kotoko 😀

      Sedikit terlalu harsh aja sih kalau menurut ane, ibaratnya nyuruh Under kali ini ke medan perang tanpa pedang & tameng. Untungnya, mereka bawa balon jadi masih bisa terbang. Oh sama kekuatan Lord Kotoko tentu 😀

      Berhubung waktu itu ane pun masih bener2 baru di Nogi, gak bisa bilang dengan pasti sih. Ane cuma dapet ampasnya aja dari kalangan fanbase member non-Miona. Ini juga ane coba inget2 dulu pas ane masih baru ada kejadian apa aja sih buat artikel yang udah ane janjiin.

      Ane jujur gak tau, cuma tau berita ini seadanya dari kos sebelah dan dari TokyoPopLine, gak sempat nyari ke sumber lain.

      Like

    2. Agan lupa satu lagi,tuah si rocky 😀
      Makhluk absurd bersarang di under smua. Apa yg trjd jg lord ktk masuk senbatsu?🎉🎊
      Tp emg dlihat2 g ada fto/lporan soal kolab under dan gen3 y,interesting 😒
      Lgian bentuk solo performancex gen3 jg blum jlas kan

      Like

    3. Rocky tuh semacam Gajahmada ya di Dinasti Lord Kotoko? 😀

      Lord Kotoko masuk senbatsu? Bumi gonjang-ganjing kali 😀

      Diliput media aja ane udah seneng kok, inget aja strata Under sekarang paling rendah.

      Solo performance? Solo live besok maksudnya?

      Like

    4. Yah tp sblum lord ktk snbatsu ane pngen karin sih yg lbih dlu masuk 😀
      Bsa dpet CM masa g bsa msuk snbatsu 😀
      Eh,ada min di democrazy smpet dbhas klo g slah ttg momoko, entah apa pling juga nangis lagi. 😀
      Iya mksud ane solo live.

      Like

    5. Ane juga mikir begitu, soalnya dari banyak sisi Karin jelas pilihan yang lebih bagus untuk sekarang.

      Mendingan belajar dulu jadi agen Hazap yang baik dan benar 😀

      Momoko mah beritanya kalau gak nangis ya bahas kebiasaan meletnya 😀

      Iya masih belum jelas gimana konsep solo live besok. tunggu aja deh.

      Like

  5. ane malah konsen di vidio ne kocak tapi kreatif + sangar…
    Semua berubah ketika Keya menyerang wkkwkwkwkkwkw….

    coment serius nya baru mikir min hahahha belum ngeh ama zodiak zodiak

    Like

  6. Zodiac jadi inget ini https://goo.gl/21KFnP XD
    Ane sempet bingung, water dan air kan sama? Ternyata bahasa Inggris. XD

    Kalo soal zodiak, ane ga percaya yg gitu2an, jadi no komen deh. 😀 Tapi kalo liat deskripsi sifat, lumayan pas juga. Meski kalo kecocokan, sebenernya Miria dan Renacchi deket banget, jadi agak ga pas. 🙂

    Under terlemah, ane ga akan pernah menyebut Under sebagai yg terlemah, second rate group, kasta bawah atau semacamnya dari dulu. Bahkan, ane bisa bilang, Under jadi penyelamat (meskipun tidak semuanya) single utama Nogi dengan lagu2 mereka yg enak2. Bahkan ane lebih condong ke Under, karena Oshimen ane juga mantan Under untuk single yg ga banget buat ane. 😀

    Kali ini pun begitu. Bisa dibilang, tidak adanya pemimpin atau member paling menonjol (pemakluman untuk posisi center) membuat Under dapat kesetaraan yg ga akan bisa ditemukan di Senbatsu. Dan seperti komen ane disini dan sebelah, pengalaman mereka ga akan bisa dikalahkan Gen3 meski dengan push gila2an dari mnjmn. Ane udah liat sendiri waktu konser Under Christmas kemaren. Dibandingin dengan Keya, yg bisa dikatakan lebih mentereng dari sisi push, popularitas atau lagu (sama posisinya seperti Gen3 sekarang), konser Under lebih menyentuh. Kerasa atmosfir serunya, meski ane nonton dari layar laptop, ane merasa ikut nonton langsung, ikutan ngedance dan teriak pas member favorit ane muncul. XD Aura dari pengalaman dan kematangan mereka lebih baik. Jadi ane ga ngerti maksudnya lemah dan nggak ada yg bisa diandalkan disini. Dalam hal kepemimpinan? Atau, PR?

    Sebenarnya beban berat ada di Gen3. Apa mereka bisa tampil sebagus, jangan Senbatsu dulu, tapi Under? Setelah push besar2an dengan mengatas namakan regenerasi (yg ane yakin itu hanya beberapa persen dari tujuan proyek ini), kalo ga bisa, ini hanya akan menjadi hype sesaat, terus turun dan Nogi balik lagi bergantung ke member monster. Akhirnya, Nogi kehilangan momentum, terus kesalip sama adeknya. Apalagi centernya mengkhawatirkan gitu.

    Like

    1. Zodiac Killer, pernah mau angkat jadi artikel tuh ane, cuma gak tau arahnya mau kemana XD

      Memang gak bisa dibilang kasta kedua, tapi karena hirarkinya gitu, mau gimana lagi. Under selamanya bakal ada di bawah.

      Untuk magis live, ane bisa dibilang download konser itu cuma buat menuh2in HDD aja, jadi gak pernah nonton sampe bener2 nikmatin gitu deh. Jadi gak begitu paham ini maksudnya 😀

      Kaya yang ane bilang, kelemahan di sini itu gak adanya sosok pemimpin jadi minus utama. Kesamarataan di grup tanpa pemimpin emang kadang bagus, tapi jujur aja buat ane, kurang oke. Reika kelakuan kaya gitu, tapi di backstage “cukup” diakui bisa mengayomi member, ya peran kaya ginilah yang hilang.

      Untuk Gen 3 emang masih belum jelas, tapi ane 100% mereka harus ngelewati fase Under dulu, jangan main airdrop lagi karena udah kebukti flop. Tapi ya khayalan semata karena jelas beberapa member jadi kandidat kuat senbatsu 18th meski cuma di 3rd row. Selama manajemen gak maruk2 bener, ane rasa masih aman soal popularitas Gen 3 asal steady, gak perlu gede2 asal tetep jalan.

      Like

    2. Angkat aja, arahnya, kasih pesan buat para serigala, kalo ga jera bakalan kayak korban si Zodiac. XD

      Itu yg juga bikin ane agak sebel. Padahal banyak anak Under yg bagus2. Tapi, emang sistemnya gitu, ya, cuma bisa terima, kita.

      Mungkin ane aja yg lagi stress, jadi sampai kebawa gitu pas nonton. XD

      Tapi, bukankah meski pas dulu ada Kana, Hime, Chima atau Rarin, posisi mereka di Under masih sama rata? Ga ada yg dituakan gitu. Semuanya jalan bareng tanpa memandang posisi dan sejenisnya. Mungkin, sifat member yg seperti kakak ini yg dibutuhkan. Dan kalo soal itu, udah ada di Miria, yg bisa dibilang mentalnya udah tua dibandingkan member seumurannya.

      Ane juga setuju, kalo Gen3 harus ke Under dulu. Tapi, kemungkinan ada juga peluang mereka ke Senbatsu, melihat gimana mnjmn push gila2an dengan konser dan semacamnya. Jangan sampai aja, ini buat tingkat stress member semakin tinggi terutama Under dan Gen2. Takutnya, ga kuat hadapi persaingan, mereka grad dan belok.

      Like

    3. Situ bakal mati pertama dong XD

      Ya mau gimana, yang bisa lebih menjual ya itu yang dijual.

      Kamvret ane nanggepin komen orang stress XD

      Sama rata bener. Yang ane bilang, leadership gak sama dengan menonjolkan diri. Ane yakin Miria cukup dewasa untuk kelasnya, tapi inget, sekali pernah dapet status sebagai yang paling muda, siapapun pasti banyakan sisi manjanya.

      Ya cuma tiga member yang ane tulis di post sebelumnya+Momoko yang paling berpeluang naik ke senbatsu pertama kali. Kalau diluar mereka, bakal jadi twist yang oke banget sih. Ane malah rada ngarep yang begini.

      Like

    4. Ini yg salah kaprah. Ane bukan serigala, loh. Hanya saja, Oshimen ane kebetulan sama dengan mimin sini dan miminnya kandang serigala. Jadi, dibilang serigala deh. 😀

      Hukum bisnis ya. Kadang, ane kasian sama member Idol ini. Karena sistem yg kayak gini, mereka seperti harus ngelakuin apa aja buat menjual diri mereka, biar dapat popularitas, lalu posisi bagus digrup dan jalan buat karir mereka ke depannya. Tapi, Idol kayak gini emang jadi jalan pembuka yg mudah buat berkarir di dunia hiburan. Bisa bangun banyak koneksi dan ngerti gimana cara kerja dunia ini, secara aman, meski ga aman2 juga. 🙂

      Mau gimana lagi, para bidadari Idol ini yg bisa bikin stress ane ilang. 😀

      Setuju juga. Setelah liat Nama Idol tadi, ane bisa bilang sosok macam Kana dibutuhin di Under. Sosok yg ga hanya macam kakak, tetapi juga tegas dan berpengalaman.

      Tama? Member yg menurut ane punya peluang dikit banget masuk Senbatsu, tiba2 bisa masuk, seru juga. 😀 Tapi, semoga aja ga begitu. Setidaknya Gen2 yg belum pernah ngerasain Senbatsu harus diangkat dulu, baru Gen3. Tapi, kayaknya ga mungkin juga, ya. Karena Gen2 yg belum ngerasain Senbatsu ini, popularitasnya juga kurang, macam Junna atau KTK. Tridente Fuusen yg mungkin berpeluang kalo liat dari popularitas. Pertanyaannya, sapa yg bakalan diturunin ke Under. 😀
      Btw, udah nonton Gen3 di Nama Idol? Adeknya mimin ternyata ga suka dipanggil Zukki, ya. 😀

      Like

    5. Situ bukan serigala? https://goo.gl/N245vR

      Posisi bagus di grup bisa jadi jaminan karir kedepan? Well, kayanya udah terlalu banyak contoh buat ini. Justru seringnya yang nugu di grup malah bisa lebih populer pas grad.

      Ini komen dari yang bukan serigala? 😀

      Nah, ini yang ane sayangkan hilang dari Under.

      Kalau siapa yang harus turun ke Under, ane sendiri masih butuh waktu sampe seenggaknya album ketiga rilis baru bisa bikin prediksi 😀

      Ane udah download sih, tapi kayanya keliru cuma download yang 480p jadi belum nonton.

      Like

    6. Bukanlah, serigala kan suka comot sana comot sini. Ane cuma 2 bini dan adek2. Jadi, bukan, kan? 😀

      Ane liatnya sih, Idol itu macam sekolah. Kalo member ngegantungin karir mereka di Idol, sulit berkembangnya. Dan mereka yg berhasil di Idol, biasanya dapat koneksi lebih baik. Ini dia yg bisa dijadiin bekal pas grad ntar.

      Kan Idol adalah hiburan. Ga salah dong, pake buat ngilangin stress? 🙂

      Ntar kalo Gen3 gabung ke Under, Minami, Ayati atau Mizuki bisa memimpin. 😀

      Sulit, karena hampir semua member pas buat Senbatsu. 😀

      Emang ada yg resolusi lebih gede? Ane dapatnya juga yg 480p.

      Like

    7. Tebar love dimana2 tanda serigala 😀

      Gak selalu. Misal Acchan, emang lumayan kebantu namanya pas masih di AKB. Yuko? Ilang gak tau kemana, padahal CV-nya juga mantan IOPE.

      Ngeles aja kaya bajaj 😀

      Makin ancur dong yang sekarang ada di backdancer Under?

      Biasanya ada kan? 4846video tuh biasanya HD.

      Like

  7. Ane cuma bisa bilang, seni ngidol itu saat lu dengan bangga mendukung yang ga mainstream dan lagi anjlok sampai benar-benar bangkit.

    Tapi untuk sekarang medan perang ane di grup lain. Good luck? 😀

    Like

    1. Sampai Vale berhenti balapan? Eh salah, itu kalo MotoGP 😀

      Sampai ane ga nemu passionnya aja.
      Ane sih selalu paham fandom 48G itu mayoritas AKB-sentris, cuma sekarang borderline SG-hate juga.
      Karena itu sekarang SKE lagi underrated di fandom, ane malah semangat. I saw injustice there.
      Mungkin karena ane yakin nasib SG cuma akan jadi bantalan grup utama dengan sistem sekarang dan ga akan bisa mandiri. Bless Keyaki for the enlightenment.

      Sekali lagi, sampai ane ga nemu passionnya aja. 😀

      Like

    2. Hahaha, kalau yang itu sih bakal berat juga buat ane 😀

      Susah emang kalau salahnya itu dari awal…btw peluang SKE bikin kejutan di SSK tahun ini? Bentar lagi kan?

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s