Bloody Mary

Selama bertahun-tahun, legenda Bloody Mary menghantui orang di seluruh dunia. Kisah tentang hantu yang akan muncul di cermin jika kita menyebut namanya tiga kali. Dari sejarah, kisah Bloody Mary dimulai oleh mitos bahwa ada ritual yang bisa membuat seseorang melihat wajah suaminya di masa depan. Hal ini disebut necromancy.

Ritual ini mengharuskan seorang perempuan naik tangga dengan mundur serta membawa lilin dan cermin dalam rumah yang gelap. Jika melihat kedalam cermin, maka wajah suami masa depan mereka akan tampak. Tapi, ada kemungkinan mereka malah akan bertemu Grim Reaper, yang artinya mereka ditakdirkan meninggal sebelum menikah.

Tapi sekarang, Bloody Mary lebih diidentikkan dengan ritual untuk memanggil hantu dari Bloody Mary, yang tidak pernah diceritakan sebagai hantu yang bersahabat. Ada banyak versi dari Bloody Mary, namun yang akan kuceritakan adalah berdasarkan fakta sejarah, seorang Ratu Inggris yang terkenal akan kisah kejamnya. Ini akan sedikit panjang.

Bloody Mary adalah julukan untuk Mary I, putri Henry VIII dari Catherine of Aragon yang memerintah Inggris pada 1553-1558. Mary naik tahta setelah turbulensi di kerajaan serta perbedaan religius yang terjadi di tanah Inggris. Mary tidak mengalami masa kecil yang bahagia akibat Henry VIII yang memutuskan pernikahan dengan ibunya demi menikahi Anne Boleyn.

Perpisahan Henry dan Catherine berbuntut panjang. Dengan konflik antara ayahnya dan Gereja Katolik Roma akibat kengototan Henry memutuskan pernikahan tanpa seizin Paus -di masa itu adalah kewajiban untuk monarki di bawah Gereja Katolik- Henry menjadikan dirinya kepala Gereja Inggris dan membuat Inggris menjadi kerajaan Protestan.

henry8petworth
Henry VIII, kalau teliti ada yang salah dengan gambar resmi ini

Hal ini membuat nasib para penganut Katolik menjadi tidak jelas. Hal yang sama untuk Mary I karena dia dibaptis Katolik tiga hari setelah lahir. Tak lama setelah deklarasi Gereja Inggris, Thomas Cranmer yang menjabat Archbishop of Canterbury menyatakan pernikahan Henry dan Catherine dibatalkan.

Hubungan Mary dengan Henry juga tidak membaik. Setelah menikahi Anne Boleyn dan menghasilkan Elizabeth I, Mary menolak menganggap Anne sebagai ratu atau Elizabeth sebagai putri. Mary juga tidak diizinkan menemui ibunya sampai ajal menjemput pada 1536. Di tahun yang sama, Anne Boleyn dieksekusi mati akibat tuduhan incest. Elizabeth bernasib sama seperti Mary, dicoret dari calon pewaris tahta Inggris.

HenryKids
Edward VI, Mary I, Elizabeth I

Dua minggu setelah Anne dieksekusi, Henry menikahi Jane Seymour. Pernikahan ini memberikan putra yang diidamkan Henry, yaitu Edward VI. Namun Jane Seymour meninggal tak lama setelah melahirkan Edward, dan setelah baik Mary maupun Elizabeth dicoret dari pewaris tahta, Edward VI menjadi pewaris sah tahta Inggris. Namun sesuai wasiat terakhirnya, Henry menghendaki baik Mary dan Elizabeth sebagai pewaris tahta berikutnya jika Edward meninggal tanpa anak.

Setelah Henry VIII meninggal, tahta diturunkan pada Edward. Masa bakti Edward VI hanya bertahan 6 tahun -meninggal di usia 15 tahun setelah menjadi raja di usia 9 tahun- dan kemudian Lady Jane Grey naik tahta. Naiknya Lady Jane Grey juga akibat campur tangan Edward yang merencanakan agar Mary tidak mendapat tahta karena takut akan restorasi Katolik jika Mary berkuasa.

Namun nasib Lady Jane Grey tidaklah mulus. Urutan keempat dalam garis pewaris tahta, dia hanya bertahan 9 hari sebelum dieksekusi mati oleh pemerintahan yang kini ada di pihak Katolik dan Mary. Pada 1553, Mary I resmi menjadi Ratu Inggris yang pertama dalam sejarah, dengan gelar Queen of England and Ireland serta Queen Consort of Spain karena pernikahannya dengan Philip dari Spanyol.

Disini julukan Bloody Mary lahir. Sebagai penganut Katolik, Mary berbeda dengan ayahnya, Henry VIII dan Edward VI. Setelah menjadi Ratu, Mary memerintahkan pembakaran hidup-hidup pada penganut Protestan. Tercatat setidaknya 280 orang dibakar dalam 5 tahun kepemimpinan Mary. Hal ini jelas dikarenakan trauma masa kecilnya terutama karena perlakuan buruk ayahnya dan kematian ibunya.

Meski pada dasarnya Inggris adalah monarki Katolik, namun pemerintahan Henry VIII dan Edward VI yang membawa era Protestan membuat turbulensi di kalangan konservatif Inggris. Naiknya Mary jelas diharapkan membawa kembali Inggris yang lama. Namun Mary hanya bertahta selama 5 tahun. Pada 1558, Mary meninggal akibat komplikasi dan saudari tirinya, Elizabeth I naik tahta dan sekaligus yang terakhir dari Dinasti Tudor.

Legacy dari Mary I antara lain usahanya untuk mengembalikan Inggris ke lingkup Katolik berhasil memicu simpati dari banyak pihak. Namun hal itu tidak terwujud akibat pemerintahannya yang singkat dan penuh drama. Mulai dari pernikahannya dengan Philip yang tidak disukai rakyat dan propaganda yang dilakukan oleh banyak pihak setelah Elizabeth I naik tahta membuat image Bloody Mary yang tiran.

IMG_20160828_051617
Lord by Birth

Nah, apa hubungannya Mary I dengan Lord Kotoko? Alasan utamanya adalah karena baik Mary dan Kotoko memiliki nasib yang sama yaitu berada dalam bayang-bayang orang lain dan lebih dikenang karena hal yang -let’s say- negatif. Well, aku akan mengatakan tulisan kali ini sedikit keras. Pertama, untuk berada dalam bayang-bayang.

Dalam Dinasti Tudor, Mary I kalah populer dari kakeknya Henry VII yang membuat Inggris menjadi monarki yang  kuat; atau ayahnya Henry VIII yang terkenal karena kebiasaan kawin-cerainya dan konfliknya dengan Gereja Katolik Roma. Begitu juga Elizabeth I, monarki terakhir dari Dinasti Tudor, adik tiri Mary yang membawa Inggris ke era kejayaan sebelum Ratu Victoria.

IMG_20161017_130525

Sebagai Gen 2, Kotoko awalnya cukup populer karena satu faktor; visual. Yep, untuk ukuran visual bisa dikatakan Kotoko adalah salah satu yang paling tinggi dari Gen 2 selain Iori, Junna, dan Karin. Ini adalah pendapat yang bisa mewakili secara general. Karena siapa yang bisa bilang Kotoko tidak cantik? Jujur secara obyektif?

Tapi di Nogi -dan kurasa di tiap idol group- sekedar memiliki nilai visual lebih tidak akan membuatmu populer. Seperti yang diketahui, Miona mengambil alih posisi sebagai center dari Gen 2, sementara member seperti Kiichan dan Maichun meroket popularitasnya. Ada juga member seperti Iori yang habis terbakar.

B-cOiZmCEAAT-lH

Sementara Kotoko, dia termasuk member yang baru dipromosikan terlambat. Baru pada 3rd Birthday Live dia menjadi full member setelah 2 tahun menjadi KKS bersama 5 member lain; Aachan, Miria, Junna, Renachi, dan Ranze. Hanya Ranze yang tembus ke senbatsu saat ini. Sementara dari 4 member sisanya, Kotoko jelas tidak lebih baik, bahkan dari HS adalah yang paling rendah jika dibandingkan.

Untuk poin kedua, dimana Kotoko lebih diingat karena hal yang kurang enak, hal ini karena satu hal; saat member lain mulai mengembangkan karakter, Kotoko masih stuck di karakter anime otaku yang tidak berbeda dari awal. Well, Ikoma dan Sayuringo juga bertahan dengan karakter ini tapi tak perlu kusebutkan lagi berapa banyak mereka berkembang dari waktu ke waktu.

Kotoko? Dia tidak mengubah karakternya sama sekali dan terkesan terkungkung di zona nyaman. Well, I’ll try to not biased. Apa yang terjadi pada Kotoko adalah dia -ini murni pendapat pribadi- terlalu bergantung pada nilai idol yang mengutamakan visual dan karakter yang untouchable. Jika harus kukatakan formula yang sama dipakai oleh Mayuyu. Negatif? Ya.

Hal ini sama seperti Mary I yang berakar Katolik yang kuat, cenderung mengagungkan tradisi dan akhirnya melakukan pembakaran pada umat Protestan. Kotoko melakukan kesalahan dasar yaitu terperangkap dalam zona nyaman dan sama saja dengan bunuh diri mengingat tren Nogi bisa dengan cepat berubah dalam setahun.

Apa yang dibutuhkan Kotoko kalau begitu? Jawabannya adalah waktu. Mary gagal mengembalikan Inggris menjadi Katolik karena hanya bertahta selama 5 tahun. Kotoko pun begitu, kini Gen 2 sedang dalam timing, mengingat untuk pertama kalinya memiliki 4 wakil di Senbatsu. Meski harus diakui juga bahwa antrian di depan Kotoko setidaknya masih mencakup Miria, Acchan, dan Renachi.

Selain waktu, yang dibutuhkan adalah keluar dari cangkang. Laporan HS akhir-akhir ini menunjukkan Kotoko mengalami peningkatan baik dalam jumlah slot maupun interaksi. Sayangnya S48 sementara sedang down jadi aku kehilangan track untuk HS terakhir dari Influencer. Jika dia bisa terus mempertahankan ini, maka tidak sulit untuk naik kelas dari backdancer Under.

Yang ketiga adalah keberuntungan. Setelah kedatangan Gen 3 yang dipenuhi bintang, nasib front row Under masih sedikit terombang-ambing apalagi backdancer. Meski aku jelas mendukung Gen 3 menjadi Under dulu, tentu ada kekhawatiran akan nasib Kotoko dan member senior lain. Jika tak ada keberuntungan, nasib Kotoko tetap akan sama.

IMG_20160828_051908
Signature pose Lord Kotoko, double peace

Mary I adalah Ratu yang disukai oleh rakyatnya meski ada ganjalan, namun sejarah lebih mengingatnya sebagai Bloody Mary. Karakter “Lord” Kotoko cukup disukai, tapi tanpa perubahan fandom hanya akan melihat dan mengingatnya sebagai karakter gagal. Terkesan terlalu memaksa Kotoko? Well, di dunia idol ini adalah hal wajar. Apalagi Kotoko dan Iori adalah dua member Gen 2 yang paling anomali, sekaligus yang kudukung meski levelnya tidak intense.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

55 Comments

  1. Lagi enak baca sejarahnya, pas scroll ke bawah ada mata yg ane kenal. Ngakak deh! XD Tapi, scroll ke bawah lagi, kok jadi deg2an. Cantik banget ternyata. 😛 Sial jadi ngedelusi KTK ntar nih, kayaknya!!! Untung belum Ramadhan. XD

    Soal KTK, sebenernya ini bukti, bila yg paling penting di dunia Idol adalah karakter. Mungkin karakter KTK sebagai anime otaku cukup kuat, tapi itu udah umum. Perlu ada tambahan, macam karakter jijisan atau koplak. Contoh mudahnya si Manatsu. Nyanyi, dance jelas ga banget. Wajah, dibanding KTK, jelas KTK unggul. Tapi karakternya kuat banget, plus bisa memanjakan fans pas HS. 😀

    Selain itu, KTK juga terlalu biasa. Anehnya dia juga normal, ga seeksentrik Ranze atau Ringo. Ga tau dia terlalu nyaman seperti kata mimin, atau emang tujuan utama jadi idol, bukan untuk masuk dunia hiburan, cuma cari pengalaman. Lagian dia juga pernah bilang pengen jadi pegawai kantoran pas berhenti dari Nogizaka. Jadi, mungkin ini yg bikin dia santai2 sekarang.

    Untuk bisa berubah, selain 3 hal yg ada diatas, ane rasa cara paling mudahnya adalah merubah penampilan. Paling cepet, dia coba ganti gaya rambut, misal potong sependek Iko atau Kanarin, atau warnain rambutnya macam kapten. Dari sini, dia bisa gampang memperbaiki karakternya mengikuti gaya barunya itu. 🙂

    Like

    1. Awas, Kotoko kalau udah keluar Lord-nya member selevel Maiyan & Misa pun tunduk XD

      Itu dia, tapi ini juga anomali sih, soalnya rata2 idol yang punya karakter begini itu biasanya punya fanbase yang kuat. Flaws Kotoko yang lain, dia dance kaya senam SKJ, kaku bener. Well, kalaupun emang tujuan utama dia cuma cari pengalaman, hype Nogi lagi gede banget, masa iya sih gak sadar dianya? Kelar idol mau jadi OL, coba liat Maichun. Biarpun gak peka tapi hal kaya gini pasti kentara dong.

      Kalau ganti penampilan sih, ane pernah tuh diskusi sama kos sebelah yang lain -Madoka- soal kemungkinan Kotoko lepas dari hairstyle 7:3, dan konklusinya itu sulit terjadi 😀

      Like

    2. Setelah liat liputan Under kemaren, ane berharap banyak sama anak ini. Dia bilang ke fans dia mau berusaha keras untuk lebih baik di Under Live, kan? Dan winknya pas tampil, sangar banget! Terpesona ane. 😀 Semoga aja ada gebrakan baru dari KTK di tahun ini. 🙂

      Btw, KTK mirip Cecilia Ceung, ya? 🙂

      Like

    3. Itu dia, apa perubahan yang dia maksud bisa bikin dia naik level atau enggak, itu yang ane tunggu.

      Dikit, cuma di mata doang sih kalau buat ane.

      Like

    4. Ane pengen di jadi S. Kalo perlu ditambah jadi pemancing macam Manatsu, Misa atau Rena. 🙂 Sayang aja, wajah secantik dia ga dia manfaatkan sebaik2nya.

      Bibirnya juga. 🙂

      Like

    5. Sebenernya ga perlu tsurishi sih. Dia masih bisa manfaatin sisi otakunya, buat ngebentuk karakter yg unik. Misal, dari wajah dan tinggi badan, paslah buat jadi model ojousama gitu. Tapi, ternyata ada sisi otaku gila dibaliknya. Gap macam gini ini bisa buat fans tertarik. Dan perubahan yg baik ini juga tergantung sama KTKnya sendiri dan mnjmn. Ane yakin, kalo misalnya mnjmn ngasih push yg pas ke dia dan dia juga mau berubah, ga lagi ngedance asal2an, hilangin kebiasaan ngomong secukupnya dengan topik ga menarik dan hilangin juga ekspresi dia yg kurang, ane yakin dia bisa jadi top HS seller dan mungkin, pilar penting Nogi nantinya.
      Dan, kayaknya, dia termotivasi untuk berubah karena 2 hal, dia jadi center di Under LIVe atau di Natal kemaren, dan dia liat Gen3 yg sangar abis. Mau ga mau harus berubah sekarang juga, mumpung masih muda. Kalo ga, ilang deh dari peredaran. 🙂

      Like

    6. Kalau ini dipake dari dulu, ane yakin bisa sukses. Masalahnya, udah 4 tahun Gen 2 dan sekarang Gen 3 aja udah dateng. Kotoko udah terlalu jauh ke karakter untouchable, tapi rada sengklek, cuma dance kaya papan dan ngomong seadanya udah paten. Jadi anggota SG, ane harap dia bisa ketularan gilanya member lain, apalagi dia jadi vice captain, cuma jatuhnya kecewa juga.

      Kalau dia mau berubah, ane berharap dia bisa jadi Kotoko yang kuat di performer dan gak terlalu ngejar variety.

      Like

  2. Emang ‘sisi negatif’ KTK karena apa sih?

    Setidaknya KTK masih punya teman,Junna dan Iori sama-sama masih betah di zona nyaman mereka.

    kyknya dulu ada juga member nogi yang mirip sama KTK,yang atlet renang,udah grad ya?

    Like

    1. Gampangnya, dia nyasar, tapi gak tanya arah.

      Yakali mau gitu terus. Berusaha aja kemungkinan disalip sama Gen 3 udah besar, kalau gak ngapa2in ya malah di-overlap.

      Yonetoku Kyoka? Kalau mirip enggak lah.

      Like

  3. Kira2 Mary I cara ngomongnya unik jg gk ya kyk KTK? XD

    KTK member ke-3 gen-2 yg ane lirik setelah Double M, tpi brhubung dulu gk terlalu ngelirik Nogi + gen-2 ibarat antara ada dan tiada (kecuali Miona) kala itu, akhirnya berlalu aja pantauan ane ke KTK. Ya kyk kata miminnya, ngelirik KTK awal2 pasti krena visual nya dia.

    Acara agent hazap Kotoko sama Ayane ane harap bisa jadi jalan buat Kotoko naikin populeritas, tpi dri apa yg ane liat 2 episoe awal acara itu, meh, 2 member itu cuma duduk depan komputer trus kasih info ke bos Kasino (warkop kali) trus kelar deh, mudah2an next episode mereka terjun kelapangan trus si Kotoko jadi liar dengan Otaku karakternya.

    Klo menurut ane (dgn segala ilmu sok taunya), dibanding perbaiki atau memperkuat krakter, KTK benerin dulu cara fan service dia di event HS, KTK bukan kyk Paruru, meski “asem” di event HS tpi Paruru dpt support/push dari group. Benerin HS, HS meningkat, mnajemen ngelirik, sering tmpil di acar group, mempertajam karakter. KTK nih kyk gabungan Berika n Nananko, ponkotsu + “aneh”, cuma Nanako sama Berika member itu dapat review bagus di HS mereka, jadi meski dengan krakter yg sudah umum, trutama Berika dgn ponkotsunya tpi masih tetep bisa duel dgn member lain.
    Sekian penjabaran sok tau ane XD

    Like

    1. Ya kalau ente punya rekaman dari abad pertengahan boleh dibagi XD

      Double M? Maichun? XD

      Eh, ada kelanjutannya itu Hazap? Ane kirain cuma satu episode doang.

      Nah, kaya yang ane tulis, review HS Kotoko mulai naik belakangan ini, ini bukan satu dua orang yang ngomong. Jadi masih ada setitik harapan lewat HS. Tapi jelas ini bukan satu2nya yang bikin Kotoko bisa naik. Banyak yang HS bagus tapi masih di Under, contoh paling nyata Mama Rocky, stabil di level menengah tapi belum senbatsu. Kotoko menang di karakter sampe2 bisa jadi agen Hazap, tapi ancur di HS sama kaya Rotti jadi kesempatan minim.

      Like

    2. Katanya situ dah hidup dari zaman dahulu kala, masak gk pernha ketemuan sama Mary I XD

      Ya kali harus ane jelasin Double M yg ada dalm kehidupan ane ini XD

      Masih, dah 2 episode dan kyk ane bilang, 2 member Nogi cuma duduk manis depan komputer sambil kasih info ke bos agen, Kasino XD

      Satu lagi yg harus diubah KTK, gaya busananya,
      tinggalin dah tuh busana dengan karakter2 absurd kky gambar beruang XD
      Karin masih di under tpi jelas jam terbang job indiv dia jauh dari KTK, itu salah satu reward dari manajemen x berhubung senbatsu masih penuh sesak tpi disatu sisi HS Karin bagus, nah KTK bisa mulai dari situ, bagusin HS (dan seperti info yg didaiapt, dia mulai sadar),mudah2an manajemen lirik, trus klo pun blum masuk snbtasu setidaknya dikasih job diluar XD
      Dah Hazap mudah2an bisa jaid jalan juga buat KTK sama Ayane, besar ksempatan dari Hzap buat narik fans XD

      Like

    3. Waktu Mary naik tahta, ane lagi di ekspedisi Amerika XD

      Harus jelas dong biar gak mancing serigala XD

      Ada link episode 2?

      Kalau busana sih, itu udah pakaian “kebesaran” Dinasti Lord Kotoko XD

      Argumen masuk akal, cuma masalahnya sekarang Kotoko gak punya charm kaya Karin. Karin bisa shogi makanya habis2an disitu, Kotoko? Anime lagi?

      Like

    4. Ya kan gak mesti liat dia pas naik tahta, ente juga jadi saksi kehidupan yg ia jalani kan? msk gk tau gaya bicaranya gmn XD

      Srigala gk dipancing jg nongol sndiri, mereka kan sosok yg terkenal gk diharapkan tpi tetep aja nongol dmn2 XD

      https://goo.gl/X7uwdR

      Wah busana gk bisa diganggu gugat lagi ya, yo weslah klo gitu XD

      Argumen masuk akal” simple, tpi rasanya waw sekali pas baca ini XD
      Ya dri pda harus nyari2 krakter lagi, maksimalin aja dulu krakter yg dah ada skrng XD

      Like

    5. Dikata tahun itu ada wifi berita Inggris bisa nyampe Amerika XD

      Awas ngomong gitu kosan ente sepi. Kan peminatnya serigala semua XD

      Pakaian kerajaan itu XD

      Berasa dapet jackpot ya? Biasanya dibully karena typo XD
      Ya masalahnya karakter anime otaku itu gak bakal tahan lama.

      Like

    6. Dulu sma skrng gk jauh beda, dulu kan ada burung putih alias merpati buat kirim pesan, klo skrng burung biru, cuma upgrade aja XD

      Allahmak, eh tp kan mereka gk pernh mrasa srigala, jadi gk akan msalah dengn komen ini XD

      XD

      Iya, rasanyanya tuh kyk puasa seharian trus berbuka dengan air putih dingin, sederhana tpi melegakan XD
      Iya kyk ane bilang, andalin aja yg dulu ada, sambil nyusun strategi baru XD

      Like

    7. Nah tahu, emang dasarnya situ generasi tua (banget) sih XD

      Serigala yang gak merasa serigala adalah yang paling parah XD

      Puasa aja belum. Ini pasti pas puasa baru mulai udah mikir lebaran XD

      Strategi barunya ini yang gak jelas arahnya.

      Like

    8. Waktu kecil ane sering diceritakan kehidupan zman dahulu sama eyang ane XD

      XD

      Curhat pak? XD

      Nah makanya, maksimalin dulu yg ada, ktimbang pusing mikirin bikin hal baru XD

      Like

    9. Sama aja kalau eyang situ kelahiran 1500, ente palingan 1800 XD

      Curhat? Lah yang bahas puasa duluan siapa? XD

      Sama aja pusing, yang ada juga gak jelas arahnya kok.

      Like

    10. Setidaknya digit angka usian ane gk sebanyak digit angka umur ente yg dah 9k lebih XD

      Ane mengibaratkan, ente yg crhat XD

      Klo dah jelas bukan lord KTK namanya XD

      Like

    11. 9K? Ane kaya lagunya Bruno Mars, 24 K XD

      Jadi siapa yang curhat sebenernya? XD

      Tapi sepi amat yang komen disini, harga diri ane sedikit sakit XD

      Like

    12. Gk tau ane, pas deh XD

      Entelah XD

      Mungkin krn ini ttg lord KTK, jadi mau mengelaurkan pndapt pun ngeri2 sedap, salah komen soal lord KTK, fatal akibatnya XD

      Like

    13. Ane taunya cuma mencintai bini2 ane, menyayangi adek2 ane dan mengeluhkan soal kuota

      “Ini misteri karena ane gak merasa curhat” klo gitu, saatnya menelpon trio kwek2 ini XD
      https://goo.gl/U4gdoZ

      Salah komen bisa dikutuk jadi berung trus dijadiin gmbar kaosnya XD

      Like

    14. Pengorbanna? mknan hari2 itu, pengorbanan dan perjuangan dlm menghadapi srigala2 yg nyerang bini2 n adek2 ane + pengorbanan dan perjuanagn agar modem ada kuotanya XD

      Dih susah sih jelasin sma orng yg gk ada tipi gra2 dijual buat beli kuota XD

      Beruang mksdnya XD

      Like

    15. Kuota gk akan lekang dimakan waktu, hidup bru bisa dibilang hidup klo udah ngerasain pait getrinya akibat kuota XD

      Bilang aja ente dah jual tipi buat beli kuota streaming XD

      Itu beruangnya lord KTK XD

      Like

    16. Gk usah ngomong tua deh klo ente jauh lebih tua XD

      Mksunya beli kuota utk streamingan XD

      Bahkan logo kerajaan ya gmbar beruang XD

      Like

    17. Mak jang, segitu blum dikatain tua, gmn tuanya?

      Ko bisa internetan tpi gk tau kuota, mengada-ada aja nih XD

      Merida terinspirasi dri KTK x XD

      Like

    18. Tua itu kalau udah kebanyakan bini kaya ente XD

      Ane gak kenal apa itu kuota, zamannya udah lewat 😎

      Kalau gitu bapaknya Kotoko itu level up dari bapaknya Hinachima XD

      Like

    19. Apa hubungannya banyak istri sama tua?

      Dah dibialng yg namanya kuota gk lekang dimakan masa, jd gk mungkin udah lewat zamannya XD

      Iya x XD

      Like

  4. Lord KTK pasti spesial pke tlor y drilisx dihari raya para buruh 😀
    Gmn g positif tuh review hs,wong dy akhirx pke 2 tangan. Itu jg yg bikin ane brtanya2 sgitu g trmotivasinya si KTK smpe hsnya halfassed jg pntesan slalu 0 slot dy.
    Untungnya nih anak msuk nogi dan msih dicariin job individual,cb msuk grup sblah ntah bkal jd apa.
    Btw itu fto2 lord ktk udah yg paling bagus yg brhasil agan tmuin?
    Segitu absurdnya kah pose2 dy? 😀
    Smoga dg deklarasi dy di underlive kmren bner2 kjadian,mmpung dy masih muda dan ada waktu jg. Kan syg klo late bloomer

    Like

    1. Untung ane gak ikutan demo 😀

      Karena gak pernah ada footage HS Nogi, ini masih jadi urban legend. Mungkin juga manajemen yang gak kasih izin soalnya yang begituan gampang mancing haters.

      Grup sebelah yang mana ya? 😀

      Itu foto yang ketemu dari ribuan foto yang belum kesortir. Berjam2 ketemunya itu. Saking “Lord” nya sampe fotonya aja susah dicari 😀

      Kebangetan aja sih kalo sampe jadi late bloomer padahal gabung Nogi di usia segitu.

      Like

    1. Hahaha, ane saranin jangan terlalu dalam tertarik sama Lord Kotoko soalnya pilihannya cuma dua; jeblos jauh makin suka atau malah ilfeel sampe akar 😀

      Like

  5. Wih Dedek Ane Yang Paling Ane Sayang Lagi Dibahas 🙂

    Setuju Sekali Dengan Pernyataan “untuk ukuran visual bisa dikatakan Kotoko adalah salah satu yang paling tinggi”. Menurut Ane, Visual Dedek KTK Merupakan Yang Paling Tinggi Di Gen 2. Bahkan Kalo Dibandingkan Dengan Visual Member Nogi Secara Keseluruhan, Dedek KTK Berada Di Puncak Bersama Ashu.

    Kecantikan Dedek KTK Bahkan Beberapa Kali Jadi Perbincangan Di Kalangan Fans 48 Maupun General Publik. Tidak Sedikit Dari Mereka Yang Menyatakan Kalo Dedek KTK Merupakan Member Yang Paling Cantik Di Nogi.

    Selain Cantik, Dedek KTK Juga Memiliki Kepribadian Yang Unik Dan Itu Pula Yang Membuat Dia Makin Mempesona Di Mata Ane. All Hail My Beloved Sister KTK. https://goo.gl/PZ11vE

    Like

    1. Makin jarang aja keliatan,masih bertapa? XD

      Ane yakin dulu pernah ada bahasan macam ini kalau gak di 2ch ya dimana gitu, soal level visual Kotoko, cuma ane udah gak nemu lagi. Kalau soal rank visual Nogi sih, masih ane garap.

      Kotoko punya kepribadian unik, tapi ini juga yang bikin dia stuck. Masih mau gini terus dianya?

      Like

    2. Lagi Sibuk Syuting Sekuel Film Twilight Terbaru Nih 😎 😀

      Yap Di 2ch Pernah, Di Girls Channel Juga Pernah.
      Wih Ditunggu Gan Artikel Tentang Rank Visual Di Nogi. Kalo Bisa Gen 3 Juga Dimasukin 🙂

      Tentu Saja Ane Pengen Di Berkembang Tanpa Perlu Menghilangkan Keunikannya Seperti Apa Yang Dedek Ayane Lakukan.

      Like

    3. Jadi serigala ya? 😀

      Kalau bisa cepet selesai ya pasti cepet rilis. CUma kalau besok jelas bukan ini yang ane rilis.

      Nah, punya masukan kira2 Kotoko harus gimana?

      Mendingan tanya @mastoppu deh kalau soal ava, soalnya dia stabil tuh ava-nya.

      Like

    4. Pass deh, kalau mau delusi pada threadnya aja, udah tau kan? 😀

      Tugas berat itu, soalnya subyeknya Lord Kotoko 😀

      Gak heran sih, namanya juga Kotoko, diem aja bisa mancing pembicaraan 😀

      Like

    1. Ilmu ane masih cetek soal gen 8 SKE. Baru juga berapa bulan mereka hadir. 😀

      Nantilah bagaimana caranya ane tulis kalau ada waktu luang. I’m not a decent writer. Cek aja blog ane isinya macam gambar anak SD. 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s