California Gold & Black Gold Rush

Salah satu kelemahan terbesar manusia adalah emas. Dalam sejarah tak sedikit kisah yang menceritakan konflik karena logam ini. Wajar saja karena sebelum mata uang disederhanakan menjadi kertas, emas menjadi alat tukar utama di dunia. Setelah emas mulai menipis, negara-negara Eropa mulai mencari sumber emas baru di luar Eropa, Afrika dan New World, alias Amerika menjadi tujuan utama.

Setelah dipublikasikan luas oleh Columbus -mengesampingkan propaganda bahwa dia yang ‘menemukan’ Amerika- ekspedisi dan penguasaan Amerika menjanjikan sumber daya alam yang jauh lebih besar dari bagian Eropa manapun. Hal ini memicu perang antara pendatang dan suku asli Indian, dan setelah itu, Amerika memerdekakan diri dari Inggris pada 1776.

Declaration_independence
Declaration of Independence

Sebagai negara baru, Amerika berdiri dengan 13 koloni utama di pesisir timur. Namun kekayaan tanah Amerika tidak hanya di timur, bagian tengah dan barat juga memiliki kekayaan yang berlimpah. Hal yang sama berlaku di California. Sebelum Gold Rush atau demam emas, wilayah ini belum bergabung dalam USA.

Kisahnya dimulai selama 7 tahun dari 1848, terjadi demam emas di California. Tukang kayu James Marshall menemukan emas di Sutter’s Mill pada awal tahun ini, tak butuh waktu lama berita menyebar luas diiringi kekecewaan John Sutter akan masa depan Rancho Nueva Helvetia miliknya jika terjadi gold rush. Wajar saja karena John Sutter mengimpikan kerajaan agrikultur.

Tak lama setelah penemuan emas, Perang Mexico-Amerika berakhir dan California dalam proses untuk bergabung dengan USA. Di tahun yang sama, koran lokal San Francisco menghembuskan kabar ini dan tak lama kemudian, koran berpengaruh dari pesisir timur New York Herald menjadi yang pertama mengabarkan ini. Di pertengahan tahun 1848, 3/4 pria di San Francisco pergi berburu emas.

Di akhir tahun 1848, presiden James Polk mengkonfirmasi kebenaran gold rush pada kongres. Karena menjadi headline pada 1849, istilah forty-niners digunakan untuk menyebut mereka yang menjadi penambang emas di California. Untuk mengikuti kebutuhan para penambang, kota-kota berkembang pesat di California, diiringi dengan hukum yang melemah, termasuk perjudian dan prostitusi seiring banyaknya emas.

Transcontinental_railroad_route
Jalur kereta lintas Amerika pertama

Diperkirakan setidaknya $81 Juta dengan kurs waktu itu berhasil ditambang. Pada 1863, jalur kereta transkontinental pertama mulai dibangun, dan pembukaannya 6 tahun kemudian mengandalkan uang dari gold rush. Efek lain dari gold rush diantaranya; masuknya California sebagai negara bagian ke-31 USA, mulai hilangnya native Americans, dampak ekonomi global, dan California Dreams.

San Francisco menjadi metropolis bagi dunia baru, ekonomi berkembang pesat. Pada akhirnya sekitar 300.000 orang datang ke California demi logam kuning ini dan di akhir dekade, penduduk California mencapai 380.000 orang, dua kali lipat dari sebelum gold rush, namun kisah kejayaan ini tak sampai di kota para malaikat, Los Angeles.

20
Dari cerita Old California, Los Angeles sebelum gold rush persis yang digambarkan

Sebelum gold rush, Los Angeles hanya kota kecil. Setelah gold rush, dengan bergabungnya California ke dalam United States sebagai negara bagian ke-31 pada 1850 dan emas yang membuatnya menjadi kaya, California menjadi dreamland baru bagi manusia. Istilah terkenal Go West, Young Man juga lahir karena ini setelah dicetuskan oleh Horace Greeley.

Kini LA menjadi kota terbesar di pesisir barat USA, menggantikan San Francisco sejak penemuan emas hitam pada 1892 dan pada 1923, menjadi pemasok minyak terbesar USA. Pada 1910, Hollywood bergabung dalam LA dan uang yang dihasilkan dari industri ini membuat LA relatif tidak terpengaruh oleh Great Depression. Legacy LA memang tidak sebesar San Francisco, tapi bertahan lebih lama.

California Gold Rush membuat Amerika menjadi salah satu negara adidaya di akhir abad 19, dan efeknya berskala global. Hal ini menunjukkan bahwa manusia selalu mencari yang lebih baik, dalam hal ini adalah emas. Bagaimana emas bisa membuat perubahan. California dari tempat terakhir para native American menjadi tanah impian bangsa yang lebih “modern”

momusu 2005
Momusu as I remember

Sama seperti Gold Rush, dalam ngidol pun kita sering menjumpai saat-saat dimana terjadi exodus fans. Karena aku sendiri tidak mengikuti idol pre-millenium, kita mulai saja dari generasi idol pertama di era 2000, Morning Musume. Momusu menjadi grup yang pertama bisa populer secara global, karena lahir di era internet. Dan tak perlu kukatakan besarnya fandom mereka di dekade 2000.

Harus kuakui, aku tidak begitu mengikuti Momusu -selain Mikitty dan Sayumi yang masuk kriteria ideal face untukku- bahkan lagu mereka pun sudah lama hilang dari harddisk. Tapi impact & legacy untuk Momusu adalah mereka membentuk persepsi tentang J-Pop idol group seperti yang kita kenal sekarang; jumlah member >10 orang dan HS.

Ya, formula ini tidak dipakai semua idol group saat ini, tapi karena Momusu mempopulerkannya, maka format yang sama dengan sedikit perubahan dipakai oleh Akimoto Yasushi. AKB48 dengan format “idol you can meet everyday” masih membawa legacy HS yang dipopulerkan Momusu. Aku akan mengatakan Momusu adalah gold rush pertama, Carolina Gold Rush.

AKB48 48th Single - Negaigoto no Mochigusare
Current AKB, member nyaris sepenuhnya berbeda dengan masa kejayaan

Di akhir 2000, tahta beralih dari Momusu pada AKB48 -secara spesifik, SG tidak dihitung, begitu juga act seperti Perfume- karena konsep mereka lebih fresh. Beralihnya tahta ini wajar karena dengan nama besar seperti Aki-P, pengalaman produser, melemahnya Momusu setelah ditinggalkan banyak member veteran dan hal “baru” yang ditawarkan.

Well, secara mainstream AKB baru dianggap di pembuka dekade 2010 setelah Hebirote. Meski naiknya mereka juga diiringi nada miring, tapi AKB membawa level HS sedikit lebih tinggi karena aku yakin pernah membaca HS Momusu di awal tidak sampai level nasional. Dengan cara ini dan jumlah member yang jauh lebih besar, AKB naik ke puncak dengan cara sparta.

Jika diibaratkan maka AKB adalah California Gold Rush, karena mereka bukan yang pertama tapi membuat perubahan yang besar. AKB mendapat international fame karena kontroversi dan melemahnya Momusu, gold rush di California sebagai wujud dari hasrat manusia akan new frontier dan emas. Efeknya abadi dan tidak mudah dilupakan. San Francisco dan AKB48 Theater adalah saksi bisu.

Jika AKB48 adalah California Gold Rush, maka naiknya Sakamichi ke puncak saat ini adalah cerita yang mirip dengan Los Angeles. Nogi hadir disaat AKB sedang di masa kejayaan sebagai rival, titel yang menjadi burden ketimbang pride selama beberapa tahun. Dari sini saja sudah kelihatan kan dengan intro artikel ini?

Baik Nogi dan LA mengawalinya dari emas hitam. Butuh waktu dan proses untuk menjadi baik, berbeda dengan emas kuning. Nah, aku tidak akan mengatakan AKB juga langsung melompat ke puncak karena memang bukan begitu. Penemuan emas hitam adalah Nogi era 2015-sekarang, tapi bagaimana dengan Keyaki?

Sebagai bagian dari Sakamichi, sisterhood Nogi-Keyaki berbeda dengan 48G karena jelas terlihat lebih independen. Keduanya merilis single di waktu yang sama, tidak terlihat saling menghindari. Bahkan Momusu dan Berryz Koubou pun tidak sering merilis single di waktu yang berdekatan. Keyaki dalam cerita Los Angeles ini adalah berdirinya Hollywood, karena menjadi faktor penting dalam kisah Sakamichi.

Seperti yang kukatakan, setelah penemuan minyak bumi dan berdirinya Hollywood, LA menjadi salah satu tempat yang tidak terpengaruh Great Depression, alias periode kelam ekonomi Amerika di dekade 1930-an. Nogi dan Keyaki memiliki peran yang sama dengan emas hitam dan Hollywood pada nama Sakamichi dan Los Angeles. Karena itu, mereka bisa bertahan -well, I hope relatif lebih lama dari 48G di puncak.

Tapi semua hal baik selalu ditemani hal buruk. Gold rush di California membawa efek buruk bagi native Americans atau Indian yang terpengaruh matinya hewan buruan akibat penambangan emas. Sementara naiknya LA sebagai metropolis di pesisir barat menambah efek rusaknya alam selain musnahnya penduduk asli.

Tidak bisa dipungkiri bergantiannya Momusu, AKB48, dan Nogizaka46 di puncak hirarki idol group adalah fase yang pasti berjalan. Suatu saat Nogi pun akan lengser keprabon dan sejarah akan berulang. Hanya saja untuk saat ini, sebagai fans Sakamichi, aku ingin menikmati sepenuhnya.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

44 Comments

  1. ane malah lebih menganggap keyakizaka seperti sebuah keberadaan yang berbeda dibanding mereka berdua…. seperti kebaradaan yang mematahkan hukum keberadaan yang lain….

    Like

    1. Dari segi image mungkin, tapi sisterhood yang berbeda kaya gini juga bukan pertama kali kejadian. Hello Project emang gak bisa dijadiin contoh karena bukan sisterhood, tapi Sakamichi lebih ke independensi mereka ketimbang sisterhood 48G.

      Like

    1. Ane dulu punya buku yang bahas soal Tiger-tiger Joseon ini, pernah punya manhwa-nya juga, pernah kepikiran sih buat naikin artikelnya tapi karena males buat cari referensi online gak kesampaian mulu 😀

      Like

  2. Nogi nih mesti hati-hati.. Member sempaksu terutama fukujin sebagian besar udah 22++ dan mereka bisa caw kapan saja. By the way, Ashu-Miona kayanya dijadiin “figure” buat Nogi yang baru. Bagus sih, asal gak berhenti ditengah jalan aja. Dan kalau bisa manajemen jangan lagi deh buat bikin Nns-Maiyan center kecuali kalau single kelulusan. Bosan liatnya hehe… Tapi 21-nin senbatsu bagus sih asal rolling member lebih bervariasi dan masukkin 2nd gen juga, kasian gen tahan banting dibanting terus wkwkwk

    Single ke 18, udah dapat pencerahan gak min? Hehe… Himetan bakalan masuk sih.. Center gen 3? Momoko? Kalau gak gen 3 sih Ashu-Miona sounds great.. Alias siapapun boleh ASAL gak Nns dan/atau Maiyan lagi.

    Like

    1. Ane di akhir tahun kemarin bikin prediksi, 3-4 nama bakal grad di tahun ini, meski sekarang udah hampir musim panas dan belum ada tanda, ane malah lebih siap buat mass graduate seandainya beneran terjadi.

      18th? Ane masih nunggu 3rd album rilis dulu. Masih mager buat bikin prediksi juga masih liat kesempatan terakhir sebelum pemilihan 18th senbatsu. 😀

      Like

  3. kalo kata ane sih, nogizaka punya waktu sisa 6 tahun, maksimal banget.
    keyakizaka 10 tahun lagi, itupun kalo techi kaga grad dan nikah di umur 20

    Like

    1. Well, ane rasa justru Tokyo 2020 yang bakal jadi titik penting gan. Apalagi nafsu Aki-P biar grup buatannya tampil disana masih gede banget. Justru gimana nasibnya bakal keliatan dengan sukses enggaknya event itu kalau beneran ikutan.

      Like

  4. Problem Nogi emang di usia. Angkatan 92, 93, 94 udah waktunya untuk lulus. Ane gak bisa bayangin kalau misalnya 1 atau 2 tahun lagi bakal ada graduate besar2an. Untungnya gen 3 hadir dan semoga siap buat gantiin peran senpainya.
    Kalau utk Keyaki, rata-rata usia member juga lumayan tinggi utk grup yg masih berusia 1 tahun. Member U-17 cuma beberapa orang. Gak tahu deh entar 5 tahun lagi gimana.

    Like

    1. Jangankan 1-2 tahun lagi, tahun ini mass graduate bakal dimulai. Ramalan ini fix bakal kejadian.

      Kaya yang ane bilang di komen atas, semua bakal tergantung sama bisa enggaknya Aki-P group tampil di Tokyo 2020. Gimana dengan ini, punya pendapat?

      Like

    2. Ya, tahun ini mungkin ada 1 atau 2 nama besar yg lulus. Nama besar, dalam hal ini nama2 yg udah stabil di fukujin. Ane sih gak masalah sama member yg mau lulus. Asalkan lulusnya bertahap. Yg jadi masalah itu mass graduate, kaya SKE dulu. Bener2 bikin nyesek. 9 member lulus sekaligus. Itu yg ane takutkan sama Nogi.

      Untuk Tokyo 2020, ane kira itu cuma guyonan dari Aki-P aja. Gak taunya itu serius ya. Yg ane lihat, publik itu juga udah muak sama grupnya Aki-P. Baik itu 48 maupun 46. Komentar pedas juga selalu ane lihat dari situs2 maupun forum2 jepang, kaya girlschannel.
      Malah ane lebih setuju kalau idol2 kaya Perfume, BABYMETAL yg tampil. Gak tau juga kalau 2020 mereka masih exist atau nggak.

      Like

    3. Mungkin sama kaya Maimai dan Nanamin, satu single satu member, mungkin paling parah satu Fukujin + 1 non-Fukujin.

      Ane yakin bukan becandaan. Emang sih interest publik lagi turun bener, naiknya Nogi juga gak mungkin dong gak ngundang haters. Yakali bisa gitu. Tapi liat tanda2 -SakamichiAKB contohnya- sih kayanya masih menuju ke situ.

      Perfume sama BABYMETAL ane yakin masih exist, mungkin juga bakal muncul idol baru yang bisa monster. Kalau ane sih, ngarep LGM bisa perform juga 😀

      Like

    1. Nah itulah min,nikmati dan rasakan sensasi’y 😀
      kl sama Nogi kyk’y bakal lama saya jd fans’y,ada sesuatu yg tdk bisa di ungkapkan dr Nogi yg saya suka 😀

      Susah move on tuangkan dalam fanfict yg entah kmn alur cerita’y 😀
      atau lirik sama idol lain macam fruitpochete,TIFKALB,atau Deadlift Lolita,tentu saja Baby Metal tetap no.1 sbg pilihan utama 😀

      Like

    2. 2 bidadari yg disebut faktor pelengkap,sepenuh’y sih memang suka Nogi’y 😀

      Baby blue atau LGM gak tahu,diluar genre metal atau kawaiimetal kurang tahu 😀

      Like

  5. Ane suka kalimat penutupnya min. Nikmati selagi masih di puncak. Kita juga gak tau kearah mana angin bakalan berhembus. Bisa aja bukan mreka yg bakalan turun, tapi selera kita yg berubah. Sapa yang tau. Selama masih cocok ya nikmati aja.

    Like

    1. Quote dari Albus Dumbledore “konsekuensi dari tindakan kita begitu beragam sehingga meramalkan masa depan itu sangat sulit”, yang paling penting jelas menikmati selagi bisa dengan cara positif.

      Like

  6. Tamak bin maruk udah sifat dasar manusia dan itu susah utk dbendung. Ane g tau sama skali ttg momusu bgitupun akb yg msih cetek pengetahuan ane jd ane hanya bisa angkat topi dan kasih bunga buat 2 grup itu krna walo lg turun dan ttap msih brtahan hngga skrg itu luar biasa. Karna yg susah y mmpertahankan eksistensi.
    Dan utk nogi, krna mrk jg mngawalinya dri “remahan” dan bru skrg mnikmati hasilx smbil mmpersiapkan jg. Ibarat kata dulu nambang minyakx masih tradisional yg masih pke tarikan tenaga manusia trus mulai pke alat modern dan akhirnya mulai nyadangin minyakx. Kmren dtinggal pilar pnting nogi sdkit g trpngaruh dluar tp ntah dalemx. Ane jd brtnya2 sosok siapa yg bkal kasih goncangan trbesar klo dy grad?
    Manatsu?kazumin?maiyan?
    Dan lihat popularitas gen3 skrg,apa krn efek naikx nogi skrg y?
    Tp indikator tiket konser yg kejual hnya dalam 1 mnit dan yg apply tuh konser smpe 240.000 pdhal cma muat 6000 an, it must be something rite? Ato cuma wajah mrk fresh aja dtmbah push manajemen yg jor2an.
    Dan keyaki lg on fire bgt nih mngkin yg prlu dlkuin skrg hnya moles hiragana aja kli y biar makin ketjeh kyak katoshi ato kyonko 😀

    Like

    1. Ane sebenernya rada tertarik buat nostalgia lagi sama Momusu, pengen coba2 liat Momusu 17 juga tapi gak ada waktu 😀

      Ane bakal bilang yang paling berpengaruh kalau grad itu Manatsu. Karena kagum gak sama dengan respek.

      Ane yakin popularitas Gen 3 imbas dari naiknya Nogi. Biar gimana pasti ada fans2 baru yang juga milih member baru selain fans laama yang pengen liat Gen 3 sampe tiketnya overload begitu.

      Kalau ane liat malah Keyaki rada ngerem sekarang ini. Strategi marketing kali ya, biar gimana sisterhood gak bisa saling memangsa. Waktunya Nogi sekarang ini, dan Keyaki masih stall.

      Like

  7. Komen agan2 diatas dah mewakili pikiran ane, angkatan 92, semua ada zamannya, selera, ya ikut mimin ajalah ane, nikmati aja buat skrang XD

    Like

    1. Ini komen kesekian, dan ane belum nemu yang dapet inti tersembunyi yang coba ane sampaikan.

      Ane ngomong begini soalnya komen ente gak tau juga harus bales apaan XD

      Like

    2. Udah full? Makanya ganti dulu tuh. XD

      Ane gak bakal bilang, hint aja; sourdough miners & honkytonk. Artinya googling deh, terus coba resapi.

      Like

    3. Bah, ya udh ntar ane krim no rekening ane #loh XD
      Nak buat sekuel “Sus…” aja gk kelar2 gra2 otak dah full,
      pdahal si bpak nasional delusi dah keluarin cerita kedua

      Like

    4. Isi maksudnya, dah tau ane sering typo masih aja dipermasalahkan

      BBB, Bapak-bapak Biasa, Bapak-Bapak Bangkota, Bapak-Bapak Berumur, Bapak-Bapak BABA XD

      Like

    1. Yep, fandom bisa bertahan lebih lama dari grupnya sendiri. Selama ada kedekatan spiritual (elah) sama act-nya, bisa tahan lama. Ya, mirip2 Beatlemania gitu deh, atau gak jauh2, dalam negeri aja, Nike Ardilla 😀

      Liked by 1 person

  8. Mikitty jadi istrinya komedian yg salah satu jokenya teriak Mikittyyy!!, kan? XD
    Sejarah menarik, mirip banget sama mnjmn Idol yg juga maruk dengan duit. 😀 Tapi itulah sifat dasar manusia, kan? Artinya ga ada yg salah dengan mnjmn yg pake segala gimmick buat ambil keuntungan sebesar2nya. XD

    Soal Keyaki ane malah khawatir sama Tecchi. Pas ane baca translatean dia yg tampil di radio bersama AkiP, AkiP bilang ingin Tecchi terus ngerebel dan jadi chuunibyou. Tanda Keya bakalan pasang dia terus jadi center, atau bisa juga imej grup yg ga akan berubah. Ini bisa jdi bumerang karena pasti ada titik jenuh. Dibandingin Nogi yg bisa bikin imej yg beda, mulai kalem, cool, kawaii dan semuanya dibalut dengan keeleganan ala Nogi. Ini yg mungkin bisa lebih tahan lama.

    Setuju sama mimin soal “menikmati” member Nogi dan Keya selagi masih dipuncak. XD

    Like

    1. Duh jangan pake diingetin deh. Gak tau gimana patah hatinya waktu ane tau Mikitty nikah T.T

      Radio yang mana tuh? Yang MC-nya Tecchi sendiri itu bukan? Atau acara lain?

      Emas hitam bakal berjaya sampe cadangannya di perut bumi habis. Kalau ane ibaratkan, Nogi sekarang ada di titik sebelum 1973, belum sampe puncak.

      Like

    2. Fansnya Momuse min? 😀 Ane malah ga tau Mikitty itu yg mana, cuma tahu komediannya, tapi lupa namanya. Komediannya suka pake cawat dong kalo ga salah. XD

      Yang dia, Jurina, AkiP sama member Nogi atau sapa gitu. Lupa ane, cuma baca sekilas translateannya di s48. Kalo imej dia gitu terus, bosen juga. Ini juga udah keliatan kalo imej ini bakalan tetep ada di dia dari trailer dramanya Keya.
      Ada ga kemungkinan, AkiP buat grup Idol baru dengan anggota para member top dari 48 & 46? Dengan status kennin, member2, termasuk Tecchi, Yukka, Aka, Asuka, Hori, gabung dalam grup itu, khusus buat 2020.

      Gen3 bisa jadi cadangan bahan bakar terbaharukan, ga? Atau mungkin, kalo emas hitamnya habis, fans mungkin pindah ke bahan bakar yg lebih ramah lingkungan, alias GREEN energy? 🙂

      Like

    3. Kan ane udah bilang tuh, idol group pertama yang ane tau itu Momusu, awalnya karena dulu ada komiknya, suka tuker2an komik sih dulu sama semua orang 😀

      Oh, kirain baru2 ini, kalau yang itu udah agak lama kan?
      Liat gimana progress setahun belakangan, nightmare itu udah bukan hal yang gak masuk hitungan lagi…

      Kalau pindah total ke Keyaki, rasanya enggak juga. Emang sih gak begitu kentara, tapi rasanya gak semua fans Nogi cocok sama Keyaki.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s