Sakamichi Review : Umaretekara Hajimete Mita Yume

Tak terasa sudah setahun sejak aku menulis review tentang lagu-lagu dari album kedua Nogi, Sorezore no Isu. Nogi tahun ini kembali merilis album atau tepatnya kompilasi antara single yang dirilis sejak pertengahan tahun lalu atau Hadashi de Summer sampai pada Influencer termasuk beberapa coupling dan ditambah lagu baru.

Ini adalah album ketiga Nogi dalam 3 tahun terakhir. Album pertama dirilis pada 2014, membuat tren album tahunan. Sejujurnya, aku terbagi antara iya dan tidak dalam hal ini. Well, ini hanya pendapat pribadi jadi aku tidak mengharapkan semua orang setuju. Apa saja faktor setuju dan tidak setujuku? Ada di akhir artikel karena aku lebih ingin mereview terlebih dulu.

Covers Coverage

Tema utama untuk kesemua cover adalah kereta, mungkin sekuel dari Toumei na Iro? Well, sedikit mengecewakan karena kupikir temanya akan berbeda. Sorezore no Isu berbeda total dari Toumei na Iro, jujur aku berharap cover album ini akan mengambil, katakanlah, landscape dari Nogi Jinja dan membuatnya dalam format sequence, sayang tidak terwujud.

SRCL9437
First Press Limited Edition

Diisi oleh 12 member yang menjadi pilar penyangga Nogi -dare I say apostles? No- lebih baik kukatakan sebagai Zodiac. Kesan premium terdapat dari border yang berwarna silver. Nah, dari pemilihan top tier member sebagai cover, maka jelas aura yang dihadirkan berbeda, purple line terasa kental baik dari pewarnaan maupun image yang dijual Nogi; lady fashionista. Satu lagi, all but three member have had photobooks.

SRCL9440
Limited Edition A

Betelgeuse menjadi center di type ini, dengan Misa, Ikuchan, dan Miona. Himetan mencuri perhatian dengan menjadi shadow center, sementara hanya dua member dari current senbatsu lain; Hinachima dan Ranze. Sisanya adalah Under dan member Gen 3; termasuk disini adalah Mizuki yang sayangnya terlihat aneh. Well, ace dari Gen 3 tidak memberi impresi yang terlalu baik disini.

SRCL9442
Limited Edition B

Di type ini, jelas Double Suns satu lagi yang menjadi center, ditemani Sayuringo, Reika, dan Manatsu dari First Press. Disini Hoshimina dan Yuttan yang menjadi shadow. Disini Capt terlihat fantastik dengan rambut pirangnya. Hanya saja di cover ini aku mendapati mishap yang sedikit mengecewakan; proporsi member yang aneh, dan potongan gaun Manatsu terlalu rendah sampai pada taraf aneh.

SRCL9444
Normal Edition

Normal Edition berisikan mayoritas member muda. Bahkan yang menjadi center adalah Ashurin dan Ikoma. Yumi dan Kaz sebagai bagian dari Zodiac kali ini justru malah tidak terlalu terlihat. Cukup aneh mengingat di Limited A & B para Zodiac terlihat jelas. Tidak ada yang berada di dekat pole kali ini, mungkin belum adanya member yang bisa memegang tongkat estafet menjadi alasan utama?

4 cover dirilis kali ini dengan format berbeda; First Press Limited Edition, Limited A, Limited B, dan Normal Edition. Kesan pertama dari cover First Press adalah premium, hal ini terlihat dari border yang menggunakan aksen perak. Secara keseluruhan aku tidak bisa mengatakan mana yang paling bagus, karena jika dibandingkan Sorezore no Isu, artwork kali ini sedikit mengecewakan.

Mengecewakan dalam arti minimnya warna yang ada, terkesan two tone dan editing yang berlebihan. Toumei na Iro masih menjadi cover paling membosankan, tapi setelah diberi tema fashion dalam dua single berturut-turut dan kini album juga menggunakan tema yang sama, aku tidak bisa mengatakan cover ini “sangat” menarik.

Tracklist

Skydiving – Influencer Senbatsu – First Press Limited Edition

Instrumen gitar mendominasi di nomor ini. Secara keseluruhan terdengar menyegarkan, seperti prelude untuk summer single yang akan dirilis setelah album ini. Nuansa EDM juga cukup kental, keluhanku cuma pada tempo yang cukup lambat dan terkesan kurang cocok antara aransemen dan pembawaan member. Overall, lagu ini bagus, hanya cukup sedikit sentuhan lagi untuk mendapat nilai lebih tinggi.

Rate : ⭐⭐⭐

君が扇いでくれた Kimi ga Aoi de Kureta [You gave me a fan] – Influencer Under Member – First Press Limited Edition

Jatuh pada kategori lagu yang lebih klasik, Kimi ga Aoi de Kureta termasuk lagu idol yang staple tapi adiktif. Dibawakan oleh Under dari Influencer, vokal yang dihadirkan tidak berbeda dari Fuusen wa Ikiteiru, which is good, karena aku merasa dari segi vokal formasi Zodiac mereka bekerja dengan baik.

Main vocal untuk Zodiac memang tidak ada, tapi lebih pada meratakan pada tiap member. Hal yang bagus memang, tapi sedikit sayang juga tidak menekankan pada vokal member Under kali ini yang dihuni para vokalis kelas atas. Untuk aransemen keseluruhan, ini bisa kukatakan salah satu lagu yang paling kuat purple line-nya di album ini.

Rate : ⭐⭐⭐⭐

思い出ファースト Omoide First [Memories First] 3rd Gen – First Press Limited Edition

Lagu kedua Gen 3 hanya dalam tempo 3 bulan setelah Sanbame no Kaze. Lagu ini menggunakan formula yang sama dengan Sanbame, menjual nilai fresh member dan aransemen yang mudah dicerna. Bubblegum yang dihadirkan memang tidak diperuntukkan bagi musik yang lebih berat.

Lagu ini sedikit lebih mengeksplor vokal daripada Sanbame no Kaze. Karena aku hanya tahu Kubo satu-satunya yang dikatakan memiliki vokal yang bagus, harus kukatakan aku terkejut beberapa member memiliki suara yang lumayan, dan tune yang dihasilkan harus kukatakan decent, jadi tidak sabar melihat saat Gen 3 mendapat kesempatan unjuk vokal yang sebenarnya.

Rate : ⭐⭐⭐

設定温度 Settei Ondo [Preset Temperature] All Members – First Press Limited Edition

Jika tidak salah menangkap, lagu ini dinyanyikan oleh keempat-puluh-enam member bersama. Kesan opera yang didapat di chorus akan jauh lebih baik jika dipakai sebagai tema utama, sayangnya di keseluruhan lagu malah tertutup oleh drum dan piano yang terlalu dominan. Jika menggunakan opera dari awal, lagu ini akan menjadi masterpiece.

Dari segi vokal, well, harus kukatakan tidak begitu bagus. Terlalu bermain aman di range yang sama, tapi bukan seperti choir karena sekali lagi, penggunaan instrumen modern sedikit merusak citarasa nomor ini.

Rate : ⭐⭐⭐

Rewindあの日 Rewind ano hi [Rewind that Day] Sakurai Reika, Nishino Nanase, Wakatsuki Yumi – Limited Edition A

Salah satu nomor favoritku dari album ini. Bukan semata karena bias, tapi memang aransemen dan pembawaan lagu ini sangat eargasm. Sedikit funk yang fresh karena hampir tak pernah dipakai oleh Nogi. Lagu ini berada di sisi yang lebih dewasa, yang mana cocok dengan member yang membawakan.

Selain aransemen, vokal ketiganya bisa dibilang memuaskan. Reika sebagai salah satu vokalis paling distinguishable di Nogi, ditambah Yumi dan Naachan yang juga tidak ecek-ecek, tempo lagu yang slow juga membuat vokal ketiganya bisa lebih dinikmati. Disini aku melihat perkembangan Naachan setelah Another Ghost, jadi saat dia dominan aku tidak terlalu keberatan lagi.

Rate : ⭐⭐⭐1/2

ごめんね、スムージー Gomen ne Smoothie [Sorry, Smoothie] Ito Marika, Inoue Sayuri, Nakamoto Himeka – Limited Edition A

Trio Onsen mendapat kesempatan pertama bersama-sama di satu unit. Dan harus kukatakan aku kecewa berat. Ketiganya termasuk vokal yang diatas rata-rata untuk Nogi, aku membayangkan lagu yang lebih menekankan sisi vokal, atau setidaknya tidak terlalu idol atau anime. Sejak tracklist diumumkan, aku sudah pesimis dengan lagu ini dari judulnya saja.

Dan benar saja, bahkan efek yang dipakai seperti 8-bit alih-alih EDM, dan terlalu memaksakan membuat lagu yang kawaii ketimbang cool. Sure, these three are adorkable, but seriously?! Well, bagian yang menurutku paling membuat down adalah “gomen ne smoothie” cheesy dan vokalnya, duh.

Rate : ⭐⭐

醜い私 Minikui Watashi [Ugly Me] Eto Misa, Saito Yuri, Shinuchi Mai – Limited Edition A

Tiga member senior ini menyanyikan lagu yang sesuai usia mereka dan ditambah petikan gitar bernuansa Spanish. EDM memang tidak dipungkiri masih kental tapi sedikit tertutupi oleh kemampuan vokal ketiganya, jadi aku tidak bisa terlalu protes. Well, harus diakui vokal ketiga member ini termasuk kuat di lagu ini, cocok dengan karakter vokal mereka.

Misa sudah dikenal lama, tapi aku sedikit terkejut Yuttan dan Maichun bisa sampai di titik ini. Well, untuk Yuttan dia tidak jelek disini, hanya saja setelah Misa dan Maichun jadi sedikit down. Sejujurnya, aku kehilangan footage untuk Karaoke Battle dari 46 Hours, jadi tak bisa menulis lebih banyak, tapi seingatku vokal Yuttan dan Maichun tidak sampai pada level ini.

Rate : ⭐⭐⭐

硬い殻のように抱きしめたい Katai kara no you ni dakishimetai [I want to hold you like a hard shell] Saito Asuka – Limited Edition B

Solo song Ashurin ini sekilas mengingatkan akan Naimononedari. Setelah Wakusei Tantora, well, harus ada sedikit adjustment untukku bisa menulis pendapatku tentang lagu ini secara obyektif. Well, sebenarnya aku berniat menulis sedikit tentang Wakusei Tantora, tapi waktunya tidak cukup. Jadi hanya tentang solo Ashurin kali ini saja.

Ashurin menjadi member keenam yang mendapat solo, dan sama seperti Naachan dan Nanaminballad menjadi tipe lagu yang dipilih LLC. Well, aku tidak terlalu keberatan, apalagi kali ini tidak terlalu jelek. Tapi tidak juga bagus, karena pattern ini sudah terlalu sering dilihat dan dari segi vokal, aku tidak akan bilang Ashurin cocok dengan lagu setipe ini. Overall, this is not a bad song, but I won’t justify it as a good one either.

Rate : ⭐⭐⭐

満月が消えた Mangetsu ga Kieta [Full moon has disappeared] Ikuta Erika, Ikoma Rina, Hoshino Minami – Limited Edition B

Sangat terpengaruh Influencerbeat EDM dan petikan gitar a la Spanyol begitu mendominasi disini. Original tridente Nogi ini mendapat kesempatan reuni setelah sekian lama. Sama seperti Gomen ne Smoothie, kesan musik 8-bit juga terasa kental disini, jadi tergantung pada pendengar, suka musik seperti ini atau tidak.

Setelah Teitaion no Kiss, Ikuchan kembali mendapat lagu yang eksperimental. Untuk mengeksplor mungkin jadi alasan utama, untuk Ikoma dia mendapat solo yang cringeworthy jadi cocok dengan lagu seperti ini. Hoshimina pun demikian, suaranya tipikal lagu ini meski disini dia nyaris tidak terdengar. Well, kalau suka Perfume, mungkin kalian akan suka lagu ini.

Rate : ⭐⭐⭐

ワタボコリ Watabokori [Dustball] Kitano Hinako, Hori Miona, Terada Ranze – Limited Edition B

Sulit kukatakan kalau lagu ini menarik atau tidak. Jujur kuakui output sounds yang dihasilkan khas 80-90’an yang membuat lagu ini unik. Sedikit seperti Secret Graffiti hanya dengan tempo lambat. Entah kenapa aku sendiri malah teringat lagu-lagu Hawaii saat mendengarkan lagu ini. Cocoknya didengarkan di waktu santai, meski vokalnya tidak bisa dibilang soothing.

Rate : ⭐⭐⭐

流星ディスコティック Ryusei Discotique [Meteor Discotique] Shirashi Mai, Matsumura Sayuri – Normal Edition

Cukup saja. Hanya itu penilaianku. Jika harus kukatakan, Ryusei Discotique tidaklah spesial atau jelek-jelek amat, hanya jika mengekspektasikan sesuatu yang lebih setelah melihat siapa yang menyanyikan, lebih baik jangan kecewa. Terlebih ingat ketua SG ada disini, jadi siap-siap saja untuk tertawa.

Tapi jangan terlalu cepat berasumsi. Lagu ini secara mengejutkan menampilkan Sayuringo yang improve dari sebelum-sebelumnya. Entah yang improve itu dia aslinya atau autotune yang diset lebih tinggi, yang jelas kali ini masuk taraf bisa dinikmati, tidak sekacau Hakumai Sama. Maiyan? Well, masih dalam levelnya yang biasa. Overall, lagu ini terasa klasik dari segi aransemen, dan sama seperti Watabokori, cocoknya didengarkan saat santai.

Rate : ⭐⭐⭐

忘却と美学 Boukyaku to Bigaku [Oblivion and Aestethics] Akimoto Manatsu, Takayama Kazumi unit – Normal Edition 

Dari intro saja lagu ini terdengar berbeda. Piano dan gitar elektrik memberi kesan pertama yang bagus. Bahkan vokal Manatsu terdengar tidak separah biasanya -autotune- malah termasuk bisa diterima. Memang jika disandingkan dengan Kaz jelas Manatsu tidak bisa berbuat banyak, tapi sejauh ini, dari preview yang beredar aku bisa mengatakan cukup berimbang.

Saat mendengarkan lagunya secara penuh, dari intro saja sudah bisa dipastikan kalau lagu ini berbeda. Dan kali ini formulanya berhasil. Berbeda dengan mayoritas lagu lain yang lebih slow atau EDM, Boukyaku to Bigaku membawa angin yang berbeda, yang harus diakui menjadi variasi yang menarik di album ini.

Rate : ⭐⭐⭐1/2

Seifuku

Untuk album ini, ada seifuku khusus yang diperkenalkan. Sama seperti seifuku 16.5 yang dipakai setelah grad-nya Nanamin kemarin. Ada tiga model yang digunakan; dress dengan aksen garis hitam yang mengingatkan pada seifuku Natsu no Free & Easy, two piece dengan panjang rok khas seifuku musim panas Nogi, dan parka yang unik, kaena hanya menggunakan aksen dua garis di lengan kiri plus logo Nogizaka.

Secara keseluruhan, aku paling suka yang parka karena terkesan sporty dan berbeda. Untuk dua seifuku yang lain terkesan terlalu biasa. Masih belum jelas apa seifuku ini akan digunakan dalam promosi atau tidak.

Conclusion

Album ini dirilis disaat Nogi -entah iya atau tidak- sedang berada di puncak atas atensi publik untuk mereka. Jadi persepsi untuk album ini bisa berbeda. Diatas aku sudah mengatakan pendapatku tentang album ini terbagi. Terutama untuk topik album tahunan, ini adalah album ketiga Nogi dalam tiga tahun terakhir. Pertama, untuk iya, album tahunan adalah sesuatu yang bagus.

Kenapa? Satu, popularitas Nogi yang naik menjadi cash cow, dan fans butuh media untuk itu. Ada permintaan maka LLC menyediakan media, kali ini dalam bentuk album. Sejujurnya tidak salah juga, karena setelah melihat Bemars, jika aku manajemen aku tidak akan memaksakan sesuatu yang bisa menjadi bumerang untuk dijual ke fans.

2826116607_56e4ff9450_b
Jembatan ini adalah proses, akhir jembatan sudah terlihat

Pilihan untuk idol group hanya dua; album dan drama. Variety adalah makanan sehari-hari, sementara gig selalu hanya untuk individu, bukan grup keseluruhan. hal ini berlanjut ke poin kedua; memberi kesempatan bagi unit yang tidak berhasil menembus coupling di tiap single. Dengan kata lain, bisa memberi exposure yang tepat bagi member. Hidden gems masih banyak yang tercecer.

Sementara untuk ketidaksetujuanku, membuat album tahunan bisa dikatakan sedikit memaksa. Dalam artian hal ini hanya untuk memenuhi demand pasar dan mengesampingkan kualitas. Which is always the case. Merilis single baru tiap 4 bulan saja tidak menghindarkan lagu-lagu yang tidak semuanya gold, sometimes it’s just brass.

IMG_20170507_192023

Dari review diatas, kusimpulkan pendapatku tentang album ini adalah so-soPurple Line Nogi sedikit bergeser dengan bumbu EDM, yang mana harus kukatakan sedikit membosankan setelah setahun terakhir menjadi tema utama. Jujur aku ingin melihat akustik lagi seperti Shibuya Blues, atau full rock seperti Oto ga Denai Guitar. Semakin stabil dan naiknya popularitas Nogi, yang harus dikorbankan adalah eksperimen yang benar-benar out of the box.

Yang pasti, mixed reviews untuk lagu-lagu di album ini. Beberapa bagus, beberapa alakadarnya. Tapi sekali lagi, review ini bersifat subyektif. Bagus atau tidaknya tergantung pada yang mendengarkan. Oh, dan ada polling, kalau saja kelewatan.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

66 Comments

    1. Keluhan untuk lagu untungnya minor doang, tuh yang ane tulis kurang suka terang2an mungkin cuma 3. 😀

      Yang lain masih tetep; soal cash cow & turunnya kualitas dari dua album sebelumnya. Elemen kejutannya udah gak ada di album ini.

      Like

  1. Panjang juga, mantep reviewnya (Y)
    Untuk cover ane paling seneng yang first press, lebih elegan mungkin karena border nya ya min ?
    Untuk lagunya, 3 teratas ane :
    3. Boukyaku to Bigaku
    Suara manatsu gk nyangka bakal lebih bagus dari biasanya, awalnya gk nyangka unit ini bakal bagus, tapi ekspetasi ane salah.
    2. Rewind ano Hi
    Lagu nya enak, apalagi suara naachan (Y) bagus, dan sama yg kaya mimin bilang naachan agak dominan, jadi kaya naachan feat wakarei :v
    1. Minikui Watashi tapi ane juga suka lagunya Asuka
    Suara misa senpai ama maichun bagus, suara yuttan aga gimana gitu, tapi tetep enak didenger.
    Lagunya Asuka enak, ane suka tipe ballad kaya gini, lagu ini juga kalo gk salah lagu pertama yg di keluarin ke publik diantara lagu lagu 3rd album yg lain yah ?CMIIW Pertama denger langsung nyantol di kuping 😀

    Sedikit kecewa lagu bini ane gk begitu enak bagi ane 😦

    BTW mimin gk bikin list ranking lagunya ?

    Like

    1. Salah satu review ane yang paling panjang nih, soalnya 12 lagu sekaligus 😀

      Boukyaku to Bigaku dari awal preview dirilis ane udah kaget, lebih kaget lagi pas dengerin yang full.
      Rewind ano Hi setipe Another Ghost, yah mau gimana lagi, Naachan tetep Double Suns yang lebih populer dari Bebitan-Ashurin atau WakaRei, wajar aja dijadiin center
      Minikui Watashi kalau ada MV ane rasa bakal bahaya tuh 😀

      Katai Kara iya bener lagu pertama yang dirilis, biar enggak bentrok sama Wakusei Tantora mungkin 😀

      Lagu bini agan? Siapa?

      Ane gak bikin ranking karena udah kasih rate per lagu, kurang lebih begitu sih. Paling suka Kimi ga Aoi de Kureta, Rewind ano Hi, yang lain sama dan paling biasa Gomen ne Smoothie.

      Like

    2. Hahaha coba ada MV nya, makin panjang reviewnya 😀
      Sama min Boukyaku to Bigaku bikin penasaran soalnya waktu keluar previewnya cuma beberapa menit gk full.
      Iya karna Naachan Double Suns yah gini jadinya, tapi gk apa apa sih soalnya suaranya menurut ane emang bagus sih si Naachan 😀
      Wkwkwk bahaya kalo ada MV , member nya juga udah pada dewasa, apalagi ada Misa senpai :D, tapi ane gk berharap ada MV buat lagu ini, kalo ada lagu yg dibuatin MV nya ane pengen Settei Ondo biar banyak member nya 😀
      Kalo mimin ingin lagu yg mana ?

      Iya kayanya ya. Tapi di lagu ini ane gk begitu yakin kalo dinyanyiin waktu live dan gk lipsing, kuat gk suara nya Asuka, kayanya nada nya tinggi.

      “Bini agan ? Siapa ?” Sama kaya yg empunya kosan sebelah 😀
      Ikuchan = Ane gk suka lagunya, trus tepat di menit 2.00 jadi aneh lagunya, ane kira ganti lagu kepencet sama ane 😀
      Miona = Watabokori, di awal awal pas intro bagian gitar enak, tapi bagian reff nya aga monoton jadi agak ngebosenin. (Menurut ane yah)

      Oh yaudah, awalnya ane kira yg paling mimin suka yg Rewind ano Hi.

      Like

    3. Kalau ada MV, ya ane buatin artikel review sendiri kaya biasanya 😀

      Kalau dibikin MV…ane bakal milih Kimi ga Aoi de Kureta (lagu favorit), Rewind ano Hi (kelanjutan Muguchi na Lion), sama jelas Settei Ondo (butuh remake Nogizaka no Uta). Yang lain gak worth it.

      Buat dibawain live, ane rasa bakal pake MR jelas buat nada tinggi. Ashurin gak sampai range vokal ini kalau normal.

      Wah, ane makan popcorn aja kalau bininya samaan sama Bapak Delusi Nasional 😀
      Mangetsu ga Kieta ane rasa emang ditujuin buat fans musik yang spesifik, jadi gak bisa terlalu protes.
      Ya kaya komen yang lain, Watabokori cocoknya buat didengerin pas santai 😀

      Karena ada Yumi? Enggak lah, ane gak sebias itu 😀

      Like

  2. Baru Aja Download Filenya Dari Aidoru Dan Langsung Ane Dengerin Satu Persatu Sambil Baca Review 🙂

    1.Skydiving Rate: 2 dari 5
    Kurang Suka Sama Lagunya. Terkesan Flat.
    2.Kimi ga Aoi de Kureta Rate: 5 dari 5
    Suka Banget Sama Lagunya. Ada “Pepatah” Mengatakan Kalo Lagu Yang Baik Itu Adalah Lagu Yang Bisa Membuat Pendengarnya Seperti Berada Di Tempat Lain Dan Lagu Ini Sukses Melakukan Itu.
    3.Omoide First Rate: 3 Dari 5
    Sedikit Mengingatkanku Dengan Lagu2nya Watarirouka Hashiritai.
    4.Settei Ondo Rate: 2.5 Dari 5
    Versi Off Vocal Lagu Ini Pasti Lebih Bagus. 🙂
    5.Rewind ano Hi Rate: 3 Dari 5
    Suka Sama Bagian Reffnya
    6.Gomen ne Smoothie Rate: 2.5 Dari 5
    Kurang Suka Pas Lagunya Terutama Pas Bagian “Gomen No Smoothie”
    7.Minikui Watashi Rate: 2 Dari 5
    Berasa Dengerin Lagu Dari Setlist “Renai Kinshi Jourei” Yang Menurut Ane Merupakan Setlist Theater AKB Yang Paling Gak Ane Demen.
    8.Katai Kara no You ni Dakishimetai Rate: 5 Dari 5
    Berasa Dengerin Soundtrack Film Romance Jepang Macam Koizora, I Give My First Love To You Dsb. 🙂
    9.Mangetsu ga Kieta Rate: 2 Dari 5
    Kurang Suka Sama Lagunya.
    10.Watabokori Rate: 4 Dari 5
    Kental Banget Nuansa 90an-nya Dan Ane Suka 😀
    11.Ryusei Discotique Rate: 3 Dari 5
    Lagunya Cukup Catchy.
    12.Boukyaku to Bigaku Rate: 5 Dari 5
    Dari Intro Langsung Suka. Ane Demen Banget Sama Lagu Ini.

    Btw Gak Sekalian Review Bonus Videonya Album Ini Gan??

    Like

    1. Favoritnya Kimi ga Aoi de Kureta, Boukyaku to Bigaku, sama Katai Kara? Sebelas duabelas nih sama ane 😀
      Sempet ya download dan review, padahal kirain lagi sibuk bertapa? 😀

      Ane capek bener review ini kemarin, sekarang mau download bonus video rasanya mager banget. Rasanya kalau download dan nonton, entar bakal keluar hasrat buat nulis reviewnya juga sih 😀

      Like

    2. Akhir2 Ini Lagu2nya Senbatsu Kalah Mulu Sama Coupling Songnya 🙂

      Ane Udah Download Dari Kmaren Tapi Cuma Yang Konser Aja Yang Udah Ane Tonton Itupun Ane Skip2 😀

      Like

    3. Btw Ane Kurang Setuju Sama Pernyataan Agan Yang Ini “kalau suka Perfume, mungkin kalian akan suka lagu mangetsu”. Soalnya Ane Demen Sama Lagu2nya Perfume Tapi Gk Demen Sama Lagu Mangetsu. 😀

      Like

    4. Bukan cuma akhir2 ini aja sih. Udah sering banget kejadian.

      Download di suki, tulisan 720p tapi ternyata cuma 480p, males nontonnya.

      Ane asumsi gitu sih, soalnya Mangetsu kan setipe lagu2 Perfume. 😀

      Like

  3. Limited “Zodiac” edition jelas yg paling mantab! Aura para monster ini jelas beda dengan 3rd row, Under atau gen3. Ane suka banget! 😀
    Lagunya:
    Rewind Ano Hi – musiknya genre ane banget, jadi salah satu favorit dan moodbooster ane. Obat kangen suara melas Naachan, funk Reika dan sengaunya Yumi. ★★★

    Ryuusei Discotique – genre ane juga. Disko dan funknya kental. Vokal ga jadi masalah, entah karena autotune atau bukan. ★★★

    Katai Kara – suka juga, setelah lama ga ada lagu slow yg nyangkut setelah Tsuribori. Yg disayangin, ambil nadanya ketinggian. Mungkin kalo diturunkan 1 atau 2 nada, Ashurin ga perlu falseto terus di reff. Lebih nyaman jadinya. 😀 ★★★

    Omoide First – meski mengingatkan ane pada grup sebelah, berusaha untuk menerima, karena ane sayang semua member gen3. Pertama denger lagu ini, ane inget mirip dengan lagu yg dipake Ue di episode Valentine KeyaKake. Setelah cari tahu ternyata lagunya Watarirouka Hashiritai. Pantes kok ada aroma grup sebelah. XD ★★

    Settei Ondo – lumayan. Pertama denger intronya kesannya dark. Setelah itu ada purple linenya. Lumayanlah. ★★

    Watabokori – pertama denger versi radio langsung suka. Di versi jelas tambah suka. Genjrengan gitar stringnya kedengeran jelas! Aransemen mentahan kayak gini yg bikin ane suka. Bisa dibilang lagu favorit ane di album ini. Lagu ini yg juga buat ane jatuh cinta sama Ranze. 🙂 Sayang seribu sayang, bagian awal agak down, pas Miona nyanyi lirik Nani wo yarateru, cadelnya itu! 😥 Padahal di awal pas Miona menyanyi Aa boku wa koko de, manteb banget dengan nada rendahnya. 🙂 Untung terobati dengan suara Kiichan dan Ranze. 😁 ★★★★

    Skydiving – plain, biasa. ★

    Gomen ne Smoothie – kawaii. Suara ketiganya terdengar jelas. Bukan favorit, tapi agak seneng karena bisa denger suara Hime setelah lama ga denger dia di Nogichuu. 😀 ★

    Boukyaku to Bigaku – Sangar! Suka! Pertama denger intronya langsung bikin ane merinding. 😀 Manatsu juga ga terlalu ganggu. Suara Kaz pas banget dengan lagu macam ini. Ane bisa bayangin kalo Kana juga masuk, pasti lebih sangar karena suara di setipe sama Kaz. 😀 ★★★

    Kimi ga Aoi – Suka! Sekali lagi karena arasemen mentahannya. Nadanya sederhana, ga ngepush vokal member sampai limitnya. Tapi, bukankah Koes Plus yg nada lagunya sederhana juga enak? 😀 ★★★

    Mangetsu ga Kieta – sebenernya ane suka dengan genre macam ini. Tapi terlalu mungkin terlalu arts, jadi kuping ane rada kaget. XD Terus dibagian tengah pas melodi ane kira file ane rusak. Ini juga bikin ane kaget. XD Kesimpulannya, lagu yg bikin kaget, tapi ane suka, karena ada aroma funknya. 😀 ★★★

    Minikui – ane agak ga nyaman dengan bas drumnya. Tapi, melodi lagunya lumayan enak. Jadi masih bisa diterima. Dan ternyata enak juga. 😀 ★★★

    Kostum, ane suka banget. Kesan elegannya ada, plus ane suka yg putih2, seperti kaki Rentan. 🙂
    Overall, lumayan memuaskan lagu2 di album ini. Mungkin karena ane agak jengah dengan lagu Keya dan artis lain, kali. XD

    Like

    1. Ane kalau disuruh milih ya milih First Press, soalnya gak ada alternatif yang lebih bagus.

      Ane rasa Skydiving terlalu berusaha mirip Kikkake, cuma karena udah pernah dipake, jadinya gagal. Semoga aja gak ditambahin gimmick kaya MV.

      Yang paling disuka Watabokori nih? Pasti karena Ranze 😀

      Seifuku, hmm, semoga aja bisa dipake lah, gak berharap ada di variety, tapi dipake di event2 gitu. Sayang aja soalnya ini termasuk desain fresh.

      Like

    2. Mungkin ga, kalo dibandingin dengan AKB, member di First Press ini macam OGnya AKB. Artinya, setelah mereka lulus, grup ini akan mengalami penurunan?

      Ane lupa lagunya Skydiving gimana. Cuma dengerin sekali. Mungkin penilaian ane akan naik setelah dibawain di Mste. 🙂

      Kebalik min. Gara2 Watabokori, Ranze masuk list ane. 😀

      Kemungkinan seifuku summer? Kalo liat dari desainnya yg pake kain tipis dan lengan pendek.

      Like

    3. Selama gak langsung dua-tiga member di Zodiac ini grad bareng, relatif aman lah. Maimai & Nanamin juga dikhawatirin bakal bikin grup kehilangan taste tapi masih aman.

      Lah baru juga berapa hari 😀

      Oh kebalik ya? 😀

      Enggak mungkin, ada single baru jelas seifuku baru. INget 16.5 yang dibilang bakal jadi seifuku Influencer? Akhirnya keluar yang baru juga kan.

      Like

  4. -Rewind ano hi
    Sjak awal rilis setlistx ane udah jingkrak2 tuh,trus dputer dradio malem2 malah ane g bsa tdur gra2 musikx adiktif dan bikin goyang bgt, trutama bgian bridgex asik bgt. Overall utk lgu ini perfect! Dan saya puas bgt. Dan ane jg g msalahin naachan yg dominan krn pattern kyak gni udah sring dan biasa kyak PSD, spice girl,e-girl?
    -skydiving
    Awal dngerin sih meh krn kbrisikan ocehanx misa senpai, bru stelah liat CMx dinogichu kok jd suka y dtmbah lg buat bgm manequin challange kmren. Intronya ane suka bgt, bnyak yg blang kyak lgunya bump of chicken. Yg jlas nih lagu bkal nemenin ane dsaat prjalanan,krn suasana yg dhdirkan oleh lgu ini mnyenangkan.
    -Settei ondo
    Suka jg sih,pnasaran ama pas livenya. Smoga jgn ada yg grad dlu biar smpurna 😀
    -kimi ga aoi de kureta
    Under slalu dapat diandalkan tp ane jd ikut sedih klo liat situasi under saat ini 😦
    -omoide first
    Fresh dan suka. Mngingatkan lgu awal2 akb and i keep telling my self klo aki-p msih berkuasa 😀
    -solo asuka
    Suaranya asuka suka bgt,cma y itu kasihan dy nada2 yg dplihin buat dy ktinggian. Jd agak g nyaman pas dy ambil nafas jd kdengeran bgt. Dan ane suka part trakirx, smoga pas live bsa mnyanyikanx dg baik 😀
    Dan lgu ini bkal msuk playlist 1grup dg tsuribori 👍
    Btw agan mw ngulas wakusei tantora jg?
    -trio BABA
    Retro kesan yg ane tangkep dan ccok buat mrka. Untungx suara yuttan g trlalu dominan ato sngaja g ddominanin?
    -trio onsen
    Bubbly,cocok ama krakterx himetan. Hnya perlu waktu dan suasana yg pas buat dengerin lgu ini.
    -trio ikuihoshi
    Pantesan di lporan HS,minami bilang lgunya fushigi dan Ane smpet kesel tuh krna suara ikuchan dbuat macam itu, tp stelah ane dngerin lgi g bruk2 bgt kok mlah bs jdi adiktif klo bgian bridge diilangin krn mrip radio rusak. Dan mngkin ikuchan dksih musik bginian utk mmbri pesan bhwa ini ikuchan si idol ktk brsama nogi bkan ikuchan si aktris musikal.👍
    -duo sayumai
    Ane sneng akhirx bsa nemuin tune yg cocok utk ringo. Lgu ini bkal ane dngerin pas mlem2 dtngah musim panas dan angin yg brhembus sepoi2 smbil leyeh2 dtras dtemani sgelas susu dingin 😀
    -duo variety
    Ane shock wktu prtama dengerin,bsa y nogi buat lgu macam ini 😀
    Pdhal ane g brharap lbih dri duo ini tp trxata mrk ksih kejutan yg tdk mngecewakan. Lgu ini ada yg blang ada unsur kalafina? Dan ada yg blang inspirasinya dri malice mizer, band gothic jadul jepang.
    -trio gen2
    Hori emg cocok dg suara rendah,dan ranze aduhai suaranya apalagi pas bgian cengkokx 👍
    Ane kira nih lgu trinspirasi dri kojin pv nya hori yg kmren, hori stardust 😀
    Enak ddngerin smbil xnte siang2lah👍
    -Sragam
    Tuh kan kta siapa fashion sense lork ktk jelek,nogi smpe buatin jersey khusus itu bukti lord ktk jg ikut andil 😀
    Ane suka bgt jerseynya,nabung ah 😀
    Dan ane jg suka yg terusan, kesan konservatif/orthodoks tp ttep anggun jg kuat. Itu seragam bukanya utk jualan aja ya gan?
    Nyasar wotagadis yg krg trsentuh ama pb 😀

    Like

    1. Ada kekhawatiran soal “Naachan & Friends” sih setelah Another Ghost & Rewind ano Hi. Untungnya cuma di unit, ane rasa masih dalam batas wajar sih, soalnya mendingan begini daripada solo yang meh terus2an.

      Pertama yang bilang Skydiving bagus nih. Yah, ane rasa selera emang gak bisa bohong.

      Hahaha, sedih sama Under kenapa? Karena terlalu dikit atau eksplorasi yang minim?

      Kalau gak bentrok sama artikel terjadwal (yang biasanya udah kacau begitu ada berita yang worth writing) ane bakal rilis pendapat soal Wakusei Tantora 😀

      Mangetsu ga Kieta sejauh ini masih lagu paling underrated ya kayanya. Ane sendiri belum liat komentar positif sejauh ini.

      Eh, Kojin PV Miona judulnya Hori Stardust? Yang mana ini? Yang dari Influencer?

      Hahaha, Lord Kotoko mulai menyebarkan paham alirannya ke LLC 😀
      Ane jujur lupa tweet pas gambar2 seifuku diatas itu isinya apaan. 😛 Jadi ane konklusiin ini seifuku 17.5 aja…

      Like

    2. Well,klo gndenganx naachan sih hrus siap ama hal gtu. Hanya maiyan yg bsa mnyamai/mnutupi sinarx. Kapan bsa ada lgu duo wakarei…plis make it happen 🙏
      Skydiving krna ane rasa fresh aja krn di 2 album trdahulu lgu utama ballad mulu, mski ane suka ballad tp klo g variasi y bosen jg 😀

      Smuanya,dtmbah lgunya ada aura “pahit” jg jd paslah. Iya dlagu ini g ada line solonya y,brarti kmungkinan ini pmbagian nyanyix kyak fuusen kmren y yg dbgi 3 org per partx?

      Iya,kojin pv dri single influencer koplak bgt. Cba tengok gan,di beamsub udah ada subx kok.

      Beuh,klo seifuku 17 ada 17,5 bnyak bgt dah seifuku single ini. Mana seifuku buat HS nasional ada sndiri lg yg vest kmren. Tp emg klo soal seifukuan jualan nogi pling laris, kmren baju yg buat perform influencer aja mpe sold out in a blink of eye 😀

      Like

    3. Wakarei duet gitu? Harapan buat di single cuma 20%, atau nunggu album keempat? 😀

      Kemungkinan gitu, soalnya pas ane dengerin pun mirip2 Fuusen gitu vokalnya.

      Judulnya beneran Hori Stardust? Mirip David Bowie nih 😀

      Atau ambil jalan tengah, seifuku album. 😀
      Soalnya seifuku merah biru Sorezore no Isu juga kepakainya cuma sekali kan kalau gak salah? Kalau yang ini sih sayang kalau dipake cuma sekali.

      Like

    4. Double cast stageplay aja bsa gan,msa cuma 1 lagu doang imposiburu…:D

      Iya bneran,kan hori critanya jd martian yg mw pulkam gtu trus ngadain konser trakirx. Ah,jd spoiler kan ane…:D

      Iya tuh seifuku album2 kmren cma buat perform 2 kali doang,pdhal anggun bgt. Tp msa mw perform skydiving pke seifuku yg putih trusan itu?
      Kykx itu lbh ccok jd PDH drpd perform.
      Btw poster buat promo tiap mmber yg fto di pole kreta ane agak krg nyaman,sbagian besar kliatan bitchy then sexy :p

      Like

    5. Yah kalau stageplay kan keliatan duitnya. Kalau cuma duet? Inget ini LLC 😀

      Coba download deh entar, jadi penasaran.

      Ane pengen liat perform pake parka, keren kali tuh.
      Ane masih belum dapet tower poster yang clean, tau nih pada kemana ahli scan 😀

      Like

    6. Wah,si agan ngeremehin wakarei shipper 😀

      Pngen yg ini buat perform?https://pbs.twimg.com/media/DAvoMwqUQAEmHPf?format=jpg&name=small
      Klo buat outdoor sih mngkin bsa tp klo kyak mste ato acara musik yg ckup formal agak g ccok deh kyakx. Liat mnggu dpan aja di mste mrk bkal tmpil pke issho apa,pke yg dcover album kyak sorezore kmren ato bner2 baju baru lagi.

      Lha bukanx poster tower kmren udah dsbar ditwitter jg y gan,ato nunggu yg dri bookletnya?

      Like

    7. Kekuatan shipper ini cuma terbatas di delusi 😀

      Iya yang ini. Tapi iya kayanya sulit kalau di acara formal kaya MSte, tebakan ane sih bakal pake kostum yang bener2 baru dah. Kalau dari tiga seifuku diatas gak ada yang ngewakilin image Nogi soalnya.

      Iya udah tapi masih ada tulisan “sample” gede banget kan. Ane carinya yang clean. Aslinya buat bahan artikel ini ketimbang pake PP Influencer sih, tapi karena gak keluar2 ya sudahlah.

      Like

    8. Hahaha…
      Brarti kosan agan masih dselamatkan dri serangan srigala buas nan lapar. Bsa bahaya klo yg tower poster dpajang mana pose para mmber seductif smua 😀
      Bsa jd ntar pas tmpil d mste pke kostum jumper cuttlepack yg biasa buat skydiving 😀

      Like

    9. Kalau sampe kosan ini penuh iler, ane tau siapa yang harus disalahkan uhukyang punya kos sebelah uhuk XD

      Kostum yang mana ini maksudnya?

      Like

    10. Agan ingat kostum ikuta pas mau skydive di guam kmren?
      Kira2 macam itu lah…:D
      Tp itu cma delusi koplak ane aja kok 😀

      Like

  5. Skydiving
    Intronya sprti menjanjikan, tpi didengerin sampe habis, hmmm, gk bagus gk jelek juga, bukan sahabat kuping ane
    rate: 3/5
    Rewind Ano Hi
    Pas part awal yg solo Naachan, serasa dengerin another ghost, lagi2, hmmm, gk bagus gk jelek juga, bukan sahabat kuping ane
    rate: 3/5
    Katai Kara no You no Dakishimetai
    Sbenarnya bagus, tpi gra2 dengerin Wakusei Tantora, rate lagu yg sharusnya bisa nytuh 4 jdi turun buat ane XD
    rate: 3.5/5
    Kimi ga Aoi de Kureta
    UNDER SAIKO!!!!
    rate: 4/5
    Ryuusei Discotique
    Sayurin masih dgn khasnya, gk nemu apa yg harus dikomentari,
    rate: 3/5
    Gomen ne, Smoothie
    Lumayan, cuma agak risih pas bagian “Gomen ne Smoothie, yeay ye”
    rate: 3/5
    Mangetsu ga Kieta
    Lagu yg paling ane sering dengerin sejauh ini, sering soalnya ane mau mastiin benran lagu ini bkal ane kasih rate segini, ternya ane yakin, edm trus gk banyak variasi irama lagunya
    rate: 1/5
    Omoide First
    Masih klah saing klo mau di adu sama sanabanme, dan kyk kta gan2 diatas, pas awal reffnya, mirip, eh tidak, sama persisi kyk lagu unit akb Watarirouka Hashiritai 7 – Valentine Kiss
    rate: 3/5
    Boukyaku to Bigaku
    Kaget, nilai tinggi ane ke lagu ini lebih ke suara 2 member ini, serasa dengerin lagu yg dinyanyiin cewek n cowok. Klo dari lagunya sndri standar
    rate: 4/5
    Minku Watashi
    Cocoklah image lagunya sama trio baba, cuma ane ngersa purple linenya dikit dri lagu ini
    rate: 3/5
    Watabokori
    Fyuuh, untung lagu bini ane satu ini gk sprh lagu unit bini ane yg satunya. enak.
    Cm ane blum bisa bedain suara kiichan sama ranze, lbih tepatnya gk tau suara mereka, habis part solo Miona siapa? Kiichan?
    rate: 4/5
    Settei Ondo
    Lumayan, musiknya enak. cuma dari vokal maunya di variasiin, kan ini 46 member, maunya kyk ada backing vocal orkestranya kyk “uuu~”‘ “ooo~” atau “aaa~” gitu XD
    rate: 3.5 /5

    Like

    1. Skydiving vs Kikkake, milih mana?

      Masih gak percaya Mangetsu ga Kieta dapet rate serendah itu. Ini murni karena lagu kan, gak ada faktor eksternal (baca:terbakar cemburu)? XD

      Boukyaku to Bigaku vokal cowok-cewek? Siapa cowok siapa cewek nih? XD

      Ane mau aja bales komen vokal siapa yang mana di Watabokori, cuma kuping ane nolak buat dengerin lagi setelah kemarin maraton XD

      “uuu” “ooo” “aaa” apaan? Puja kerang ajaib? XD

      Like

    2. Kikkake, dgn nilai unggul yg tipis XD

      Murni krna musinya, gk ada bumbu2 sprti cmburu gitu, toh itu nulis koemnnya sblum berita pait itu datang XD

      Ya simanats cewek si kazumin cowoknya,
      unit tersukses di album ini pantas disematkan ke mereka berdua

      Halah itnggl kaish tau aja, habis part solo si Miona trus siapa? Kiichan kan

      Tarzan kota XD

      Like

    3. Nah ini, padahal dua2nya pake format yang sama, musiknya juga setipe, tapi Skydiving mayoritas dinilai lebih rendah kenapa? Karena formula yang sama gak akan bekerja dua kali.

      Kayanya barengan sih ya, mungkin aja belum naik artikel, tapi udah tau beritanya dan ngefek ke penilaian XD

      Sukses dalam arti kejutan, iya. Tapi dari overall quality, dari progresif, Mangetsu ga Kieta yang menang.

      Kalau gak Kiichan ya Ranze deh XD

      Woah Bang Ben, nostalgia pak? XD

      Like

    4. Ntahlah, ada yg kurang nendang aja sama skydiving ini, enaknya tuh kyk gk maksimal XD

      Enggklah, blum ada berita kyk gituan, yg da tukang kompor yg panas2in, tpi ane tetep fokus nilai ke musiknya, gk ada pengaruh diluar itu 😎

      Iya, kejutan, trus pas aja suara merek sma karakter lagunya, yg laen juga pas sih tpi ya itulah, nilai lebihnya di kejutannya

      Asem, itu ane juga tau, ya klo gak kiichan ya ranze, masak iya suara KTK XD

      Tau juga? nostlagia jg ya? XD

      Like

    5. Semoga aja gak dikasih MV. Apalagi yang modelnya kaya Kikkake.

      Dipanas2in? Ya biar hatinya gak dingin terus gabung organisasi hitam aja tuh XD

      Untungnya kejutan dalam arti bagus, soalnya kalau ancur2an kaya SG/MRG sih kasian Kaz-nya XD

      Loh mungkin aja, Lord Kotoko ada dimana2. Bisa aja dia nyamar XD

      Pernah liat DVD-nya *lah XD

      Like

    6. Ya berhubung gk ada 46jikan, kyknya gk ada MV yg terlahir dri album ini, klo yg 24jikan kan kerja sama dgn M-on, mungkin bkla ribet klo ngembat adegan dri 24 jikan

      XD

      Ane jrng dengerin suara per member, trus pas battle2 karaokean aen gk sedot, jadi cukup kaget sam suara Kaz

      Emangnya KTK masih ada turunan sama si mutan Mystique? XD

      Pernha liat DVD nya? DVD sapa yg ente hembat? XD

      Like

    7. Mungkin aja kan. Tuh alasannya udah ente jabarin sendiri XD

      Eh? Ente juga gak punya footage karaoke dari 46 Hours? Kalau link punya?

      Asal2 Kotoko kan penuh misteri. Ada yang bilang dia sama kaya Superman asalnya dari Krypton XD

      Eh ternyata bukan DVD. Temen ane pas film itu diputer ngerekam pake ponsel XD

      Like

    8. XD

      Kan ane dah sering bilang, 46jikan ane cuma sedot yg srigala2an, makanya ane gk terllau tau suara member.
      Link? enggak XD

      Hush, sudahlah, tar klo ketauan KTK bisa kena kutuk pula XD

      Pati ngerekam pake ponsel 3310 XD

      Like

    9. Dan akhirnya kejadian pertama, Skydiving di MSte…

      Download werewolf game doang? Pengen tau virus buatan ente udah sampe sejauh mana ya? XD

      Takut? Ente kalau dikutuk kan ada suster (yang senior maksudnya) XD

      Motorola StarTac kali pak XD

      Like

    10. Hahaha, moga2 bisa merubah penilain lagu ane stelah liat perform n ksotumnya XD

      Ya itu yg menurut ane seru + ada subnya XD

      Yg senior? suster sadis Ikuchan mksdunya?

      Bah XD

      Like

    11. Semoga aja. Semoga…ane gak tahu harapan ane soal ini gimana XD

      Kalau karaokean sih gak perlu subs juga bisa kali XD

      Oh? Milih Hime kah ceritanya? XD

      Like

    12. Ya udah gk usah berharap XD

      Ya mksdunya gk terllau tertarik juga, yg srigala2an kmarin aja ane gk tau knp bisa tertarik, pdahal awlanya gk tau tuh game gmn, pas disedot n dinikmati, seru juga XD

      Enggk sekedar memastikan, ntar ane bilang iya tk taunya yg ente mksud suster yg laen XD

      Like

    13. “nanamu adalah harapan” gk berlaku disini XD

      Siapa yg bikin game itu di LINE? ane mau kenalan XD

      Setdah, gk ada yg lebih serem lagi

      Like

    14. Mac Ramadhan XD

      Jangan deh, levelnya terlalu tinggi soalnya. Cuma orang2 yang udah berjalan di jalan yang benar yang bisa ngomong sama dia XD

      Curhat lagi XD

      Like

    15. ckckckck, kasihan, untung masih ada selai walau ane yakin selainya pasti selai kadaluarsa XD

      Gk ad ayg berani angkat true story kehidupan ane, trlalu berat kata para produser XD

      Like

    16. Ane taunya selai nanas, cuma kuningnya beda XD

      Itu pastilah, namanya juga ada 7 bini + 3 adek yg harus ane nafkahi, blum lagi akhir2ini ada sosok baru hasil hasutan XD

      Like

  6. paling demen mangetsu ga kieta, kalo kata ane 8/10, lagu yang enak banget didengerin kalo lagi ngebir di pub.
    lagu baru yang lain kaga ada yang demen, apa yak, tanggung banget semuanya

    Like

    1. Setuju deh, kesan elektronya dapet banget ini lagu. Tapi sekali lagi, ini segmentatif banget, jadi gak heran banyak yang gak terlalu suka.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s