J & K, How it is Different

Topik ini tidak akan pernah ada habisnya, tentang bagaimana dua negara ini bersaing dalam hal apapun. Jika menilik sejarah, hubungan antara kedua negara ini sudah terjadi sejak awal Anno Domini. Sejarah yang setidaknya sudah tertulis selama 1500 tahun. Tidak ada hubungan yang harmonis antar tetangga, melainkan selalu menjadi api dalam sekam. Well, untuk Asia Timur hal ini wajar.

Russia, China, Jepang, Korsel dan Korut, negara-negara yang merasa terlalu besar untuk menundukkan kepala pada yang lain. Sama seperti semua sejarah kuno, terlalu banyak kesalahan masa lalu yang mempengaruhi masa kini. Jepang menginvasi Manchuria, Korea, dan Russia, terutama Korea yang menjadi salah satu kisah tetangga paling panjang dan berdarah dalam sejarah.

Kembali ke abad ketiga, interaksi pertama Korea-Jepang didapat setelah Baekje dan Silla mengirim pangeran mereka ke Yamato di Jepang sebagai ganti dukungan militer. Setelah itu, sejarah lebih berpihak pada superioritas Jepang. Contoh terakhir adalah pendudukan atas Korea di Perang Dunia II. Buntutnya masih berlangsung hingga sekarang.

japkor

Pada 1910, Korea menjadi bagian dari Jepang menyusul Perjanjian Persatuan Jepang-Korea, membuat mereka menjadi distrik spesial. Kekalahan Jepang di PD II mengakhiri pendudukan Jepang di Korea, dan awal mula dari pecahnya Korsel dan Korut. Soviet mendeklarasikan perang pada Jepang yang kini berada di pihak Amerika,

Semenanjung Korea dibagi dua; Korut dibawah pemerintahan komunis Blok Timur dan Korsel dibawah pemerintahan liberal Blok Barat. Pecahnya semenanjung Korea ini mirip dengan cerita Jerman Barat dan Jerman Timur. Dan hal ini berbuntut pada isolasi Korut di dunia internasional, resminya, hingga kini Jepang tidak mengakui kedaulatan Korut.

Kembali pada hubungan Korea-Jepang secara general, tidak akan pernah ada titik temu yang bisa memuaskan kedua belah pihak. Terlalu panjang sejarah yang tertulis, dan perspektif itu masih bisa dilihat oleh generasi muda kedua negara saat ini. Yah, dalam tahun-tahun terakhir kurasa sedikit terbantu oleh tukar budaya kedua negara.

Dari sini kita beralih pada ngidol. Tidak jarang terjadi gesekan diantara purist J-idol atau K-idol. Nah, apa perbedaan dari keduanya? Well, butuh adaptasi dan menghargai perspektif untuk hal ini. Pertama, dari selera. Suka yang ramai-ramai a la J-Idol atau sedikit tapi nearly perfect dari K-idol?

Kemudian faktor besar di dunia J-idol, unsur pure dan kawaii tak bisa dipisahkan, meski tentu ada pengecualian untuk beberapa. Katakan saja BABYMETAL, atau BiSH. Sementara untuk K-idol, mereka menjual image yang lebih sexy, atau setidaknya lebih terpoles ketimbang J-idol. Hal ini karena perbedaan sistem dasar dimana ada sistem training yang jauh lebih panjang untuk K-idol.

Training yang bisa memakan waktu bertahun-tahun itu membuat kesan idol yang lebih pro dari K-idol. Sementara untuk J-idol, waktu training yang tidak terlalu lama atau seringkali malah debut lebih dulu membuat kesan “asal bisa debut”. Untuk musik, aku akan mengatakan keduanya sama-sama generik, dalam era sekarang dimana EDM mendominasi, suara yang dihasilkan kurang lebih sama.

Kemudian beralih ke dance. Di J-idol hal ini masih dipengaruhi oleh unsur kawaii jadi mayoritas kurang lebih sama. Perbedaan tentu ada tapi tidak bisa dibilang major. Diversitas di K-idol sedikit lebih terasa karena masing-masing grup memiliki image dan mereka akan stuck dengan itu untuk waktu yang lama. Jumlah member yang lebih banyak bisa membuat koreografi yang lebih kompleks meski tentu tidak setinggi yang bisa kita bayangkan, sementara lebih sedikit berarti lebih bisa stand-out.

Kedua, suka atau tidak suka antara keduanya tidak seharusnya didasarkan hal bodoh seperti rumor, termakan isu tanpa mengecek lebih jauh adalah tindakan konyol. PS atau rumor hubungan asmara, well hal ini kembali pada perspektif masing-masing. Childish fans atau mature fans, pilihan ada pada diri sendiri.

Untuk J-Pop, sudah jelas di stan mana aku berada; Sakamichi. Sementara untuk K-Pop, aku tidak terlalu intensif seperti saat berada di fandom SONE dulu, karena tidak adanya grup yang bisa menarik perhatianku. Well, tentu saja ada beberapa nama seperti TWICE, G-Friend, sedikit lebih tua ada Girl’s Day yang kuikuti setelah GG.

Membicarakan TWICE, kini mereka mempersiapkan debut mereka di Jepang, dan harus kukatakan aku cukup excited. Seperti nostalgia kembali ke awal dekade ini dimana GG melakukan debut di Jepang di era keemasan AKB. TWICE sebagai current favorite dan Sakamichi bisa menjadi hiburan tersendiri. Dan aku berharap suatu saat akan ada interaksi Sana dan Ashurin.

Yah, berkaca pada GG dulu, aku tidak berharap akan terjadi sesuatu yang revolusioner dengan debutnya TWICE di Jepang. Hanya sekedar gimmick dalam maksud mengejar profit dari pasar Jepang. Selama J-idol tidak mengekspansi pasar Korea, jalan untuk membuat hubungan keduanya lebih lebur masih tertutup.

Memang sulit bagi J-idol untuk menembus pasar Korea karena secara tradisi dan sejarah orang Korea bisa dikatakan lebih tertutup pada idol dari Jepang. Yah, tidak bisa disalahkan karena secara internal pun, masih ada perang yang bisa meletus kapan saja antara Utara dan Selatan.

N32cTGK-650x650

Sementara itu, Keyaki diundang untuk event Summer Sonic 2017, bisa dibilang pencapaian yang cukup membanggakan. Meski bukan yang pertama untuk Keyaki tampil di event musik yang tidak berorientasi idol, kali ini aku sedikit khawatir juga. Stigma akan fans idol yang sedikit “kacau” bisa menjadi bumerang apalagi fans Keyaki tidak terkecuali kalau berkaca dari kejadian sebelumnya.

Hal ini berlaku di Jepang, sementara di Korea, mayoritas act disana adalah idol jadi tidak ada kekhawatiran berlebih soal ini. Dari segi diversitas dan usaha untuk merangkul penggemar musik dari genre lain, J-idol bisa dibilang lebih unggul. K-Pop lebih global, aku tidak bisa bilang tidak, dan J-Pop tidaklah hanya berorientasi ke dalam seperti yang dipikirkan.

J-idol dan K-idol berbeda, hal ini pasti. Aku tidak mengerti kenapa ada purist yang kadang terlalu mendewakan salah satu dan memanusiakan yang lain dalam hal ini. Perbedaan idol dan kultur ngidol diantara kedua negara ini juga bisa dijadikan contoh bagaimana menyikapi perbedaan, setidaknya meski dalam substansi ngidol, bisa membuat kita lebih terbuka. Dan jangan lupa, Selamat Hari Lahir Pancasila.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

168 Comments

  1. Wah seharusnya salah satu pengunjung kosan sebelah yg suka bawa2 k-pop dan baru saja mengikrarkan diri mengamati TWICE harus ke sini nih XD

    Mau komen apa lagi ya? ane buta soal K-pop sih

    Harapn buat Keyaki aja deh, moga sukses perfom di Summer Sonic 2017,, mudah2an fans nya jg lancar2 aja menikmati perform idol mereka, gk rusuh2an XD

    Like

    1. Siapa?

      Komen soal pendapat perbedaan Jepang dan Korea aja gih, daripada nganggur XD

      Kalau komen soal ini, ane udah di tempat ente jadi iya aja lah XD

      Like

    2. Yang “Sakamichi forever” XD

      Perbedaan apanya? K-pop gk nikmatin, k-drama jg jrang menjurus ke gk pernah nikmatin, soal hubungan kedua negara? ane terlalu sibuk mikirin hubungan ane sma sang suter XD
      Yg ane tau (dari nonton acara on th* spot klo gk salah) ya kyk yg dah dijabarin disni, klo B/G band korea emng trainingnya lama n berat, dunia hiburan sana jg keras klo gk salah inget trutama pandangan n “serangan” dari fans bisa bikin sang idol mengakhiri hidup klo gk kuat mental

      XD

      Like

    3. Iyakah? Kok ane gak baca?

      Hubungan sama suster jalan mundur aja dipikirin pak XD
      Ya ane hargai udah mau komen deh, gini aja pasti udah ngebul XD

      Kalau soal tiga member Jepangnya tuh, menurut ente bisa jadi keuntungan apa enggak buat TWICE debut di Jepang?

      Like

    4. Ya ente jrng maen kepostingan 48 sih, dia kan maen kepostingan 48 tapi yg dibahas sakamichi atau idol group laen bahkan bawa2 GB korea XD

      Justru gra2 maju-mundurlah dipikirn, klo lancar2 aja ya gk usah dipikirin om XD
      Beh, bukan ngebul lagi, ini dah tambal sana tambal sini pak, apalagi dikosan sebelah juga nguras pikiran saol ssk idol groups sebelah XD

      3 member itu member yg punya power / top member gk di TWICE itu sndiri? klo cuma member pelengkap ya sulit, klo top member mungkin bisa

      Like

    5. Oke ane baru tau setelah ente nulis ini. Kurang kerjaan bener ane sampe cari komen macam itu XD

      Oh, berarti yang lancar2 aja kaya sama 7 bini itu udah gak perlu dipikirin, enaknya cari tantangan baru dalam sosok Kyoko? XD
      Curhat? Jangan sama ane, sama psikiater aja. XD

      Member visual, udah cukup ngejelasin kan? XD
      Jujur aja, selain BLACKPINK Jisoo, ane rasa Sana itu idol di jagad K-Pop paling cantik sekarang ini.

      Like

    6. Hahahah, sapa yg nyuruh cari, bukannya cari duit malah cari komen XD

      Ya merka jg gak lancar, banyak rintangan dan cobaan yg datng dri luar XD
      cari tantangan baru sama kyoko sih enak, yg gk enaknya banyak tukang kompor yg ikut campur XD
      curhat ke suster aja bisa gak? gk usah ke psikiater XD

      Ya klo cuma visual trus disuruh ngemban tugas kyk gitu ane ragu, yg cakep juga banyak di jepun, tpi gk taulah ya, klo pribadinya ok, mungkin bisa

      Like

    7. Siapa yang suruh? ENte bikin penasaran. Kasih link langsung enak ane langsung jump ke komennya XD

      Cih, buru2 menjilat ludah sendiri XD
      Susternya udah pulang, pasiennya kelamaan ditunggu gak dateng2 XD

      Pribadinya di Korea sih pemalu, cuma siapa tahu kalau di bahasa ibunya cerewet kan? Soalnya TWICE juga gak ada variety yang bisa diikutin sih. Yang jelas, Sana itu ponkotsu, tapi gak selevel Mama Aoko XD

      Like

    8. Ane gk kasih pensaran, ane kaish info aja, sapa suruh dijadiin penasaran XD
      Hahaha, ane kan lagi melatih daya juang ente, sanggup gk ente berusaha cari tuh komen XD

      BUkan menjilat, cuma mengungkap fakta XD
      Ciyaaah, besok jam kerjanya 1 x 24 jam lah XD

      Yee, dibandingin sama Berika, ya gk tertandingilah XD
      Tpi ente tau si sana itu ponkotsu dri mana?
      Jadi meski nih group dikatain group manca negara tpi fokus pasar mereka yg utama itu korea ya?

      Like

    9. Males bacanya pak, panjang2 XD

      Dengan kata lain, ngeles XD
      Besok kan sabtu menuju minggu, ya pulang cepet lah XD

      Kan ane udah tulis tuh, TWICE termasuk salah satu grup yang ane lagi demen sekarang ini. Ya pasti tau lah karakteristik membernya. XD
      Fokus di pasar Korea aja dampaknya bisa world tour, harus diakui kalo efek K-Pop jauh lebih global dari J-Pop. Salah satu faktor utamanya ya fansubnya itu banyak dan rajin2. *ehm

      Like

    10. Gile lu Ndro, panjangan juga tulisan2 di kosan ini XD

      Bukan ngeles, skedar bersilat lidah XD
      XD

      Ya maksa cuma dri demne tau dia ponkotsu, pasti ada referensinya lah, misalnya info dari forum2 atau gmn gitu
      fansub korea banyak ya?

      Like

    11. Ya panjang tapi disono topiknya ane udah putus nyambung kan XD

      Apa2 lidah dasar muridnya Ijiri XD

      Liat dari varietynya aja udah cukup keliatan kok XD
      Banyak lah, yang paling ane suka itu banyak acara TV korea, ada atau gak ada idolnya, tetep disub. Jepang? Boro2 dah XD

      Like

    12. Alsan aja, jgn bawa2 soal “panjang” deh sbg alasan XD

      Peropero XD

      Emng mereka ada acara variety sndiri? atau pas jadi bintang tamu sebuah variety?
      Iyakah, ane kira fansub jejepangan lebih jaya ktimbang yg laen

      Like

    13. Ya udah, lebar XD

      Muridnya Kanarin juga? XD

      Acara variety punya sendiri belum ada lagi, cuma pas debut doang. Nah, seringnya jadi guest.
      Justru kebalik pak, nih contohnya yang paling aktif kshowonline.com/list

      Like

    14. Panjang-lebar XD

      Satu kelas aerobik kemarin sama dia XD

      GB korea yg top sama kyk di jepun gak? maksudnya ada acara mreka sndiri gitu.
      Jepun juga bertebaran kan fansub2, jadi ane pikir klo soal fansub, jepun yg bertebaran

      #1-4
      #4-1

      Like

    15. Tapi gak nyambung *eh XD

      Pasti #HBD-in dia XD

      Enggak semua punya. Kalaupun punya biasanya cuma beberapa episode.
      Tapi gak ada yang jadi satu kan. Lagian fansub Jepang tuh moody.

      Kekalahan kali ini layak diterima. Komen entar aja di postingan yang ane bakal rilis.

      Like

    16. Bahas apa sih? XD

      Enggaklah, wong ane kakak seperguruan dia, mungkin dia yg mau HBD-in ane XD

      Gk sampe ratusan episde kyk akbing, koujichu sama kakenai lah ya
      Hmm, ya sudahlah, knp jadi bahs fansub pula XD

      OK!

      Like

    17. Masalah kosan ente XD

      Ngarep! Ngimpi! XD
      Eh ada siapa tuh di belakang ente bawa2 golok? XD

      Gak mungkin lah, membernya aja cuma berapa, minta variety ratusan episode XD
      Entahlah, mungkin butuh hiburan XD

      Like

    18. XD

      Bukan ngarep atau mimpi, ane hanya mengungkapkan analisa ane XD
      Siapa? gk ada tuh,
      sapa tuh dibelakang ente bawa2 kapak? oh Akanen, mau potong kayu lagi buat masak? XD

      Oh iya ya, member GB gk serame IG Jepun XD

      Like

    19. Analisanya Kogoro Tidur itu, penuh harapan palsu XD

      Dia sebenernya bawa2 kapak mau ke Cardiff nyari wasit, tapi ane tahan soalnya hidup harus ada yang menang ada yang kalah 😎

      Di sono sih 9 member udah banyak, tapi lumayan dikompensasi biasanya karakternya kuat2.

      Like

    20. Loh, analisa Kogoro juga pernah betul loh, bahkan analisa dia lebih tepat ktimbng analisa detektif cilik XD

      Oh, kirain mau motong kayu lagi buat masak di dapur XD
      Wajar lah klo Aka marah, dalam kamus hidupnya kan gk pernah mau kalah XD

      Ada yg diatas 10 member?

      Like

    21. “Pernah betul” pernahnya ini yang selama 20 tahun ceritanya gak sampe 20 kali kejadian XD

      Biarlah kemarin jadi pelajaran hidup buat dia 😎

      Gak ada. Pernah ada sih tapi udah bubar gegara habis kontrak.

      Like

    22. Yg pentingpernah, tetep perlu di apresiasi itu XD

      Pelajaran hidup atau tuntutan hidup? XD

      Ciyaaah, habis kontrak, gk keren amat alasannya buat GB sekelas negara korea XD

      Like

    23. Ngomong2, filmnya yang tahun ini udah ada link?

      Tuntutan hidup ane emang selalu ane jadiin pelajaran hidup buat adek2 ane 😎

      Loh, disana kalau habis kontrak biasanya emang kalau gak bubar, ya ganti nama. Beda sama di Jepang yang terserah kapan grad-nya, itu juga banyak yang pensiun dari entertainment. Kalau di Korea jebolan idol biasanya kalau gak jadi solois ya aktris.

      Like

    24. Klo dari situs yg sering ane kunjungi (conandotwebdotid) belum keluar tpi ntah klo di situs laen.
      Baru trailer doang XD

      Kasihan, kan tuntutan hidup ente yg pait2 XD

      Oh emng gitu sistemnya, ane kira kyk dijepun,
      sedih amat lah klo gitu, dah training lama, trus pake sistem kontrak?

      Like

    25. Rada lama ya, biasanya tengah tahun gini udah mulai keluar linknya.

      Pait dan keras, bisa jadi contoh yang bagus 😎

      Iya lah pake kontrak, lah biarpun 48/46 juga pake kontrak kan, bedanya sistem graduate seolah bikin mereka gak pake sistem ini juga.

      Like

    26. Film yg ke-20 aja baru keluar minggu lalu link nya (klo di conanID)

      Beda ya sama khidupan bini2 n adek2 ane, belajar kehidupan dgn keadaan yg sejahtera XD

      Tau ah, gelap, gk ngerti, ane cuma ngerti menikmati keindahan wajah2 bini2 n adek2 ane XD

      Like

    27. Ya, minggu lalu lah, ntah knp bisa lama gitu

      Hidup ente? gk usah dikasih tau ane jg dah paham kok XD

      Anggota twice?

      Like

    28. Ciyaaahhh XD

      Yakin? XD

      Enggak, gk ada niatan juga ane XD

      BTW, ngetik gini ( XD )gk jadi emot ketawa lagi ya?

      Like

    29. Beberapa hari lagi baru premiere tuh filmnya yang baru di kota ane, cuma rada males nontonnya XD

      Hidup ane terlalu cool untuk diungkapkan XD

      Sejujurnya, sulit percaya sama kata2 siapapun dari kos sebelah. Sekarang enggak sedetik lagi iya XD

      Iya, gak tau nih apa wordpressnya yang error atau gimana.

      Like

    30. Males liat dompet yang kosong ya pak? XD

      Cool atau hampa? XD

      Tulah, hidup ente penuh suuzon, susah jadinya XD

      Kirain ente ada kotak-katik

      Like

    31. Tuh bioskop sepi gra2 bioskopnya ditengah hutan, ente tinggal di pedalaman, atau perekonomoan masyarakat sekitar ngenes kyk ente jd gk bisa nonton di bioskop? 😀

      Senyumnya mematikan wak 😀

      Dah keadaan kos sebelah mengkhawatirkan, ada pula yg buka bimbel buat pra kaum kosan sebelah 😀

      Like

    32. Karena ada gosip ada penunggunya *seriusan ini 😀

      😎

      Itu untuk mendidik tapi apa daya, malah yang punya kos aja gak ngerjain PR 😀

      Like

    33. Klo menurut bola kristal ente, apa emnga ada penunggunya? 😀

      Yg punya kosan sibuk emnghadapi penghuni kosannya kali (baca:para kaum srigala) 😀

      Like

    34. Mata batin ane terlalu tinggi untuk hal selevel hantu 😀

      Alasan aja padahal kencan mulu sama suster, kebangetan tuh orang. Bini udah 7 masih aja 😀

      Like

    35. Loh, kan ane suruh pake bola kristal ente bukan mata batin ente 😀

      Biarlah, itu hidup dia, biarkan dia senang2 😀

      Like

    36. Oh, mklumlah ane gk tau dunia hitam kyk gitu 😀

      Klo bapak kos sebelah paling bilang “ditenggelamkan? ditenggelamkan dlam lautan cinta” 😀

      Like

    37. Ya kan hubungan ane sama dukun ane cuma sekedar ane kasih catatan tugas apa yg harus mereka kerjakan, soal dunia hitam ane gk tau 😀

      Kan dah ane bilang, kli ini ane gk mau terlalu mengumbar kehidupan pribadi ane ke publik 😎

      Like

    38. Emngnya klo sama suter harus disuntik, kan bisa aja cuma dikasih obat
      Sudahlah, gk jelas bha apa 😀

      Takut nama baik ane jadi jelek gra2 urah orng2 diluar sana yg aktivis fitnah, kompor dsb 😀

      Like

    39. Ceileh, kmbarannya dipromosikan disni 😀

      Apasih yg gk bisa jelek klo dah ada campur tngan tukang hasut, kompor dsb,
      maknya ane takut 😀

      Like

    40. Jgn fitnah, dia terllau muda klo mau dibandingin sama ente yg udah reinkarnasi berulang x 😀

      Bagi ane sama aj, sama2 bahay orng kyk gitu 😀

      Like

    41. Penampilan yg menipu 😀

      Hal kyk gitu gk cukup utk bikin ane trauma, ane hanya mawas diri saja 😎

      Like

    42. Aktivis kompor, skrng nambah lagi, aktivis tukang tipu, warbiasa ente min 😀

      Ya bedalah pak, trauma trdiri dari 6 huruf, sdngkan mawas diri, tiung sndiri deh 😀

      Like

    43. Jangan nambah2in profesi ane. Ane emang terlalu keren untuk orang berusia ribuan tahun 😎

      Waktu sekolah pas pelajaran bahasa malah baca komik begini nih 😀

      Like

    44. aktivis yg burk kok mlah bangga trus ngatain keren, heran ane sma kehidupan zman skrng 😀

      Loh, cobajujur sma perasaan ente sndiri gan, bener kan yg ane bilang? 😀

      Like

    45. Gk pernah dgar pantun kyk gini ya?
      “Tua2 main selotip, makin tua makin sensitip” 😀

      Mau apa, transfer uang? syukuran?
      dah ketebak ntar balasan komen ente ke ane, jd mkasih ajalah 😀

      Like

    46. Masak ente yg dah reinkarnasi bbrpa x gk tau pntun ini, ane tau pantun ini dari buyutnya buyut ane yg scra generasi trus mewariskannya 😀

      Balesan yg hanya akan merendahakn harkat dan martbat ane 😀

      Like

    47. Prnah dengar puisi “dmn bumi dipijak, distu langit di junjung”?
      Brhubung yg punya kosan ini tua ya terpksa ane pake pntun yg pernah diucapin buyutnya buyut ane 😀

      Semua gra2 klan srigala, tukang kompor n tukang hasut,

      Like

    48. Stidaknya inggris IkuMio ❤ ❤ gk buruk2 amatlah, gk sparah, maaya dkk 😀
      Tinggl nunggu giliran dek Riria ❤ n Reno ❤
      Miria blum pernah (emot nangis gmn?)

      Like

    49. Cengengesan lagi, gk ada rasa bersalah sama sekali 😀

      Kan ke gadis2 yg dah sah jdi milik ane 😎
      Gini, T.T ? 😀

      Like

    1. bisa dibilang karena peralihan selera pribadi dan menemukan teman baru yang kebetulan orang jepang asli yang mudah ditanyakan tentang masalah budaya jepang dan berbagai hal yang menarik lainnya

      Like

  2. Wah,ane kira bkal sdikit nyikut soal kasus minegishi minami trxata gak y. Gpp sih 😀
    Ane dlu jg brasal dri K sblm bralih ke J, YG stan. Ane jg ngeh tuh konflik tp sebodo amat ane cma nikmati musiknya aja. Lgian pas bigbang tiap rilis album dijepang jg slalu dtrima dg baik,dome tour mrk jg sukses malahan mmber bigbang kbnyakan lbih mlih nyari cewek jepun trutama si leader ceking 😀
    Tp stelah 2ne1 hiatus trus disband kmren dtmbah bigbang juga hiatus gra2 kena wamil, otomatis ane g trlalu ngikutin perkepopan lg bhkan drama korea jg rada males.
    Dan jyp ent mlalui twice ane kira ckup brani ngerekrut gadis2 jepang jd mmber, smpet ada kekhawatiran sih tuh mmber bakal baik2 saja g ya? Dmn budaya bully di korea cukup keras jg.
    Emangx twice debut dijepang kapan gan?
    Stahu ane bru2 ni mrk ckup wira wiri di tv,di line jg ada acara reguler? Ane g tw pasti soalx.
    Boleh dong kpan2 sepanggung pas mste ato acara lainya,nunggu kapten lulus les bahasa korea dlu biar komunikasinya lancar 😀

    Like

    1. Emangnya Miichan kenapa?

      BIGBANG punya tempat sendiri sih, kaya video diatas, kalau ditanya KPop rata2 jawab BIGBANG. Tapi ngomongin BIGBANG, ane heran si Bingu kok kena kasus marijuana baru2 ini padahal lagi wamil?

      Nah itu dia, pertama ane denger bakal ada member Jepang di TWICE rada ragu juga. Soalnya dari kasus2 sebelumnya member Jepang kurang bisa diterima, sekarang Sana Mina Momo juga gak terlalu disukai juga sih sebenernya. Debutnya akhir bulan ini, album covernya juga udah rilis kok.

      Gak perlu nunggu Capt lulus kok, kan ada juga trio member Jepang, kalau nunggu Capt lulus sih kelamaan 😀

      Like

    2. Kasus miichan ada hbunganx ama jang geun seuk. Ktanya dy nyinggung soal operasi plastik pas entah sesi wawancara ato talk show ane krg jlas jg. Biar agan ein kali y yg lbih jlasx 😀

      Bigbang emang sesuatu buat ane gan, boyband asia prtama dan satu2nya yg ane demen. Music, fashion,aksi panggung semuanya sempurna bgi ane 😀
      Halah,klo soal kyak gtu mah sering artis2 korea kyak gtu. 2thn lalu artis YG lainya se7en jg kna skandal “jalan-jalan” pdhal lg wamil jg. Lgian udah rahasia umum gan klo wamil buat artis korea itu ecek2 ato dienakin tgasx makanya msih bsa foya2 jg. Beda ama rakyat biasa yg wamil bs dkrim keplosok plus kepangkatan yg rendah/sulit.

      Iya, Td ane bru liat video trailer debut mrk. Wah brabe jg dong bgi mmber trsebut, bully an org korea kan g kira2 mana twice skrg lg naik daun bgt. Ato sbenerx debut djpang jg skalian mlarikan dri aksi bullying netter korea?
      Ane lupa klo ada mmber orisinil jepang, Maklum ane ngikut hypenya si kapten yg lg smangat blajar hangul sih. Mana kapten makin mirip org korea aja tiap episodenya 😀
      Btw agan udah liat kaos seintansainya yuttan?
      Dy makin mmproklamirkan dri sbg twice big fan aja 😀

      Like

    3. Wah kalau sama fans nya JGS sih ane gak heran. Pas Yoona dapet kiss scene 3 menit aja udah riot banget dulu.

      Kasusnya Se7en kayanya udah lebih dari dua tahun deh. Kalau ane gak salah inget dua tahun lalu itu malah lagi keras2nya aturan soal wamil ini?

      Sebenernya dibully-nya trio ini karena mereka rada boring tiap kali muncul di TV, padahal mereka termasuk yang paling dipush buat jadi representatif. Taulah nasionalismenya orang sono gimana. Karena suka gak suka juga, Sana Mina Momo ini juga termasuk member visual sih, makin2 deh 😀

      Ane liat screenshotnya doang sih, gak download lagi acaranya Reika. Tapi emang iya makin stylish dia 😀

      Udah, yang warna pink itu kan? Ini cuma harapan ane sih, tapi pas TWICE debut semoga Yuttan bisa wawancara mereka 😀

      Like

    4. wih sama ane juga dulu pas demen kpop YG stan. sekarang juga masih YG stan sih, tapi cuma sebatas hyukoh sama epik high aja. Bigbang udah jelek sekarang, 2NE1 gak gitu bagus sejak I’m the best, dan grup barunya YG jelek semua.

      kalo ane sih ngeliat kpop stan, mereka kaga mau nerima kritik, misal ke yutub mereka bilang lagunya jelek padahal lagu sebelumnya suka semua tetep dibully, kayak ane jaman bigbang ngerilis fuck it sama last dance

      btw summer sonic ada hyukoh sama keyakizaka, tiketnya mahal tapi 16.500 yen, bisa bakal makan 2 minggu itu di jepang haha

      Like

    5. JGS ane demen bgt pas gundul pas awal2 debut drama beethoven virus tp stelah rambutx dpnjangin jd ogah. Mana fans wece dy gila semua, apa aja ditubirin 😀

      Yah gmn g mw dikerasin org artisnya bnyak yg songong, main sogok pula. Si psy kan jg smpet kna kasus jg kan soal masa wamil dy.
      Org korea mah walopun sama wrga negara beda wrna kulit aja ditubir apalgi beda segalanya. Ane prnah liat film indi korea yg nyeritain anak blasteran macam asuka tp blasteran filipin. Itu si anak dbully sampe abis g bsa skolah g bsa gaul ama siapa2 mana dtinggal pula ama si bapak koreanya dri bayi. Yah smoga tuh mmber twice kuat dan tabah 😀

      Pas reikanya ane suka gan,tp pas bagian got7 ane geli lgs skip2 😀
      Klo soal yuttan mngkin bsa diundang diradio dy macam hori yg kmren kdtengan tamu ex kara, tp tuh siaran radio yuttan am/fm?

      @riduch
      Ane klo epik high msih trus ngikutin gan syg mrk klo ngluarin album/single pelit bgt, jangka waktunya itu lho panjang2. Tp emg tiap rilisan lagunya mantep2 sih 😀
      Artis baru YG g ada yg mnarik hati sma skali, bkal susah si emg lha sesepuhnya raksasa semua. Smpet noleh bentar ama blackpink tp stelah itu udah lha wong copaste dri 2ne1 buat apa.

      Like

    6. Nah itu dia, fans JGS mirip2 sama fansnya Johnny’s 😀

      PSY dua kali wamil karena narkoba+dugaan wamil nama doang.

      Rasisnya orang Korea ini sering jadi tubiran netizen kok. Untungnya mulai banyak yang sadar sekarang, sampe dalam negeri juga kritik hal ini. Kasus terakhir seinget ane beberapa bulan lalu ada komedian yang ngecat tubuhnya coklat biar keliatan kaya orang kulit hitam. Viral tuh.

      Eh iyakah Miona kedatangan tamu ex-Kara? Siapa? Jiyoung?

      Like

    7. Iya,ane rasa korea udah sdkit mulai mmbaik soal isu2 sensitif. Menariknya lg dtmbah soal film the handmaiden kmren, film kolab 2 negara ngangkat isu sensitif pula tp boom smpe msuk cannes sgla. 😀

      Iya, 2-3 episode radio rekomen yg lalu. Ane g apal namanya siapa cb aja cek twitter si otekinori ato oa rekomenx itu sndiri. Hori smpet 2 shot jg kok, ato minta konfirm sendiri aja ama bpak kos sblah yg ngakunya sbg suami 😀

      Like

    8. Ane google sebentar, liat cast kok kayanya menjanjikan ini film. UDah ada yang ngesub?

      Bapak kos sebelah tau sendiri lagi nguber2 suster, mana sempat mikirin bininya yang (udah kelewat) banyak XD

      Like

  3. Kukira karena mimin sini triggered soal Minegishi baru baru ini atau ricuh kosan sebelah beberapa waktu lalu. 😀

    Ane bilang sih perbedaan itu wajar, tapi kalau perbedaan yang horizontal divertikalkan, bersiaplah untuk beradu dengan orang lain. Chance are, semua ingin menang, tapi ga semua siap kalah. Dan kadang itu yang membedakan mana yang dewasa mana yang bocah. 😀

    Like

    1. Ane jg gk ngeh awalnya soal hubungan korea n Miichan, untung dikosan sebelah ada yg bahas ini, jadi pham deh sekarang XD

      Like

  4. Kalo Ngomongin Kpop Yang Masuk Di Jepun,
    Ane Demen Sama Lagunya JY – Sukina Hitoga Irukoto Yang Dirilis Di Jepun Pada Summer Tahun Lalu. Nih Lagu Sukses Banget Di Jepun Bahkan Bisa Dibilang Ini Summer Song Terpopuler Di Jepun Tahun 2016.
    MV Yutubnya Udah Lebih Dari 25 Juta Views (Khusus Area Jepun) https://goo.gl/3tIdu8

    Btw Untuk Performnya Keya Di Summer Sonic Itu Mereka Dapet Stage Apa Yak? Kalo Dapet Di Marine Stage Mantep Tuh…..
    Ane Punya File Summer Sonic Concert 2011 & 2012 Dan Di 2 Concert Tersebut, Marine Stage Selalu Paling Ganas 😀
    Ini Ane Kasih Sedikit Cuplikan Performnya Salah Satu Band Jepun Favorit Ane, Maximum The Hormone Di Marine Stage Summer Sonic 2011 https://goo.gl/4NZRUX

    Like

    1. Kkangjji!!! Udah lama gak kedengeran nih 😀
      Sukses lah buat karirnya di Jepang, salah satu maknae favorit ane ini 😀

      Belum ada berita kalau soal main di stage mana kan?

      Kalau sebaliknya, J-act yang debut di Korea kira2 bakal gimana jadinya?

      Like

    2. Bantu jawb soal stage keyaki di summer sonic. Mrk bakal tmpil di rainbow stage klo g salah.

      Like

    3. Bantu lengkapin 🙂

      19 Agustus 2017 @ Tokyo
      RAINBOW STAGE: miwa – Keyakizaka46 – Mrs. GREEN APPLE – SILENT SIREN – Hyukoh – Mio Yamazaki – Kero Kero Bonito – amazarashi

      20 Agustus 2017 @ Osaka
      WHITE MASSIVE: Keyakizaka46 – Kehlani – Honne – DADARAY – Nulbarich – KANDYTOWN – BERRY GOODMAN – FABLED NUMBER

      Like

    4. @Mac:
      “Maknae” Itu Apaan Yak?
      Baru Kmaren Ngebahas Tentang Korya – Jepun. Eh Hari Ini Di AFC Champions League Pemainnya Jeju United (Korya) Ribut Sama Urawa Red Diamond (Jepun) https://goo.gl/4Bj52i

      @Mac, Kochan, Conan:
      Oh Di Rainbow Stage Yak….
      Meskipun Bukan Stage Utama Tapi Udah Lumayanlah Bisa Sepanggung Sama Amazarashi Dan Silent Siren 🙂

      Like

    5. Eh Doi Itu Masih Muda Kah??

      Masa Sih Gk Bisa Diplay Gan? Padahal Itu Video Yutub Loh….
      Video “Tawuran” Pemain Jeju United Sama Pemain Urawa Reds Diamond. Trending Yutub Japan Hari Ini Kebanyakan Isinya Kalo Gk Video Tentang Ini Ya Video Yang Ngebahas Prelim SSK AKB

      Like

    6. Ya waktu di KARA jelas member paling muda 😀

      Koneksi ane rada gak bersahabat sama Youtube sekarang ini.
      Tapi kalau bahas sepakbola sih, enggak heran bakal ada baku pukul, udah terlalu sering kejadian.

      Like

    7. “Koneksi ane rada gak bersahabat sama Youtube sekarang ini” << Maksudnya Ini Kuota Ya Gan 😀

      “Kalau sebaliknya, J-act yang debut di Korea kira2 bakal gimana jadinya?” << Kalo Ini Ane Rasa Udah Banyak Sih Gan Tapi Lebih Ke Karyanya Yg Tenar.
      Sebagai Contoh Film Kimi No Na Wa Yang Laris Manis Korya Beserta Ost2nya Juga Laris Manis Macam Nandemonaiya. Video Performnya Kamishiraishi Mone Nyanyi Nandemonaiya Di Yutub Banyak Komen Korya https://goo.gl/6xla7L
      Contoh Lain, Ada Banyak Manga Dan Drama Yang Tenar Di Korya Sampe2 Dibikinin Versi Koryanya Macam Itazura No Kiss, Hana Yori Dango, Nodame Cantabile Dll.
      Kalo Act-nya Yang Tenar Di Korya Juga Ada Tapi Gk Banyak Soalnya Act Jepun Kebanyakan Udah Nyaman Kalo Udah Tenar Di Negara Sendiri Soalnya Jepun Merupakan Pasar Industri Pop Terbesar.

      Like

    8. Bukan operator ane sepanjang minggu kemaren buat ngedit postingan aja setengah mati apalagi buka youtube. Minggu kemarin jadi pesakitan pokoknya 😀

      Nah ini, karyanya yang tenar bukan orangnya. Pernah ada member SMAP yang debut di Korea tapi juga flop. Kalau idolnya, mungkin karena gak terlalu suka karena standar Korea yang generalnya lebih tinggi dari Jepang ya. Hal yang sama untuk aktor/aktris. Jepang emang industri hiburan paling besar kedua di bumi sih, jadi wajar kalau terkesan susah dan ogah ekspansi ke luar negeri.

      Like

    9. Owalah, Ane Kirain Karna Terhambat Kuota Kayak Biasanya 😀

      Kenapa Jarang Act Jepun Jarang Ada Yang Tenar Di Korea?
      Selain Dari Faktor Yang Ane Dan Agan Sebutin Diatas. Act Jepun Yang Pengen Ekspansi Ke Luar Negeri Pun Lebih Milih Ekspansi Ke China Daripada Korya Juga Sih Gan.
      Setau Ane Act Jepun (Saat Ini) Yang Lumayan Tenar Di Korya Itu Yama-P Sama Pikotaro Doang….

      Like

    10. “Bapak kos sebelah yang bermasalah sama kuota” << Bukannya Ente Temen Seperjuangannya Bapak Kos Sebelah Gan 😀

      “Ada emang yang ekspansi sampe ke CHina sekarang ini, yang dari Jepang?” << Selain Franchise 48 Dan Act Dibalik Kesuksesan Kimi No Na Wa. Ada Juga Furukawa Naoki, Honoka Miki, Yamazaki Kento Dan Sakaguchi Kentaro Gan.

      Like

    11. Kenapa Gan Matanya? Kalo Mulai Rabun Dekat Itu Berarti Karna Faktor Umur Gan

      Furukawa Naoki Sama Honoka Miki Itu Terkenal Karna Drama Itazura Na Kiss 1 & 2 Gan https://goo.gl/aYj0Dy
      Kalo Yamazaki Kento Sama Sakaguchi Kentaro, Karyanya Yang Booming Mah Banyak Banget Gan.
      Kalo Agan Lihat List Film Dan Drama Yang Pernah Mereka Mainin, Hampir Semuanya Booming.

      Like

    12. Seau Ane, Itazura Na Kiss Itu Terkenal Di China, Hongkong, Taiwan Dan Negara2 Asia Tenggara Gan. Kalo Gk Salah Dulu Yuki Pernah Meet & Greet Di Indonesia Juga Dan Yang Hadir Banyak.

      Furukawa Naoki x Honoka Miki Ini Juga Salah Satu “Ship” Favorit Ane Selain Song Hye Kyo x Rain (Full House) 😀

      Like

    13. Kalau yang fansmeeting di Indonesia dulu ane juga inget sih. Kalau gak salah Itazura na Kiss pernah diputer di Waku-waku japan ya?

      Ciah, ship beda generasi 😀

      Like

  5. Weduh, Kpop, ya? Ane ga ngerti. Cuma dulu, suka beberapa lagunya karena sering dimainin adek ane. Yg ane ingat, Lonely-nya 2NE1 (kalo ga salah inget), MissA – Goodbye baby, GDragon yg nyanyi di kereta, BigBang yg diparodiin Okelah kalo begitu, dan yg nyanyi akustikan diatap. XD
    Ane ebih ke KDrama, macam Full House, Secret Garden, Dream High, Naughty Kiss, Princess Hour meski ga sampe tamat, terus yg ada Kang Hye Na, dan drama favorit ane, Pasta. 😀
    Kalo GB yg pake helm sepeda, dulu pernah ke Jepang terus tampil diacara bareng member Nogi atau AKB, ya? Lupa ane.

    Like

    1. Masih aja bilang gak ngerti, padahal kemarin2 minta fotonya Nayeon mulu XD

      GB pake helm sepeda? Crayon Pop itu. Prnah tampil bareng waktu lagu mereka hits banget, tapi setelah itu mereka ancur2an sampe sekarang 😀

      Like

    2. Karena dia sekilas mirip Ue. Lagu mereka ane ga tau. Aksi panggungnya juga. 😀

      Konsep mereka kurang kuat mungkin. Enak ngikuti Sakamichi aja deh. Lebih gampang. 🙂

      Like

    3. Aksi panggungnya menggoda iman? 😀

      Konsepnya sih bagus, beda dan lagu2nya sebenernya easy listening, cuma manajemennya aja yang newbie.

      Like

  6. Ane juga hasil hijrah k ke j. terakhir ikut Red Valvet tapi sekarang udh enggak. Lagu terakhirnya aja ane gak dengerin samasekali. Tapi dulu sempet suka banget sih sampai rutininitas sabtu minggu malem dengerin radio kpop zone di pas FM. Suka GG banget dulu gara2 lagu Mr. TAXI yg ternyata japanese version. terus ikut Kara yang ternyata masih salah satu girlband korea paling sukses di jepang walau udah bubar, sempat suka Brown Eyed Girl, 4minutes yg juga udah bubar, 2ne1 udah bubar juga, Miss A yg sisa 3 abis Jia cabut, After School, F(x), Rainbow, BigBang dan banyak yg udh lupa. Dulu seneng banget kalau ada member Girl Band muncul di Running Man, malah kadang tuh episode gak bosen2 tak ulang. Tapi semua berubah abis keracunan anime, dari anime ane tau jpop dan dari anime juga ane dengerin sakamichi pertama kali. wkwkwkwkwk
    Tapi ane malah baru tau Jepang sma Korea agak kurang akur. Tapi itu masalalu lah, indonesia juga punya sejarah kelam sama jepang. Tapi itu masalalu lah, biar terkubur sama orang2 lama yang haus kekuasaan. Toh ares juga udh mati di bunuh Wonder Women. #eh

    Like

    1. Wah senior juga di KPop ternyata 😀
      Running Man dulu masih sering ngundang girl group, sekarang mah jarang 😀

      Jelas beda sih kalau dibandingin sama relationship antara Indonesia-Jepang, hubungan J & K jauh lebih panjang, berdarah, rumit. Ya bayangin aja kalau kita dijajah sama negara tetangga.

      Like

    2. Jangankan dijajah, senggol dikit aja udh langsung keluar istilah ganyang. udh mulai redup kayaknya running man
      terkahir kalau gak salah Gary, Kim Jong Kook sama Song Ji Hyo keluar. Sebagai mantan fans ane prihatin.

      Ane bukan fans EDM sih makanya ane kurang tertarik K lagi yang rata2 baru2 main EDM. Ane tertariknya sama suara piano dan kebetulan nogi banyak main piano makanya ane langsung suka. apalagi ada membernya yg jago main piano, langsung nyerah dan ane. hehehe

      Like

    3. Kang Gary emang keluar, tapi Commander sama Ace masih bertahan kok. Sekarang malah nambah dua member baru dan harus ane akuin, sekarang fresh lagi formatnya.

      Sebenernya kalau dibilang EDM juga Sakamichi juga sekarang mainnya itu. Udah jarang juga yang musiknya gak terlalu kena efek EDM jadinya rada bosenin.

      Like

    4. Ane Pernah baca rumah Sparta Kook sama Mong Ji mau cabut kirain beneran. Brarti jumlahnya balik kayak awal ya? cuma gary sama jongki udh ada yg gantiin.
      Ya namanya juga kekinian, yang banyak main EDM sih keyaki sih dan ane samasekali gak tau cara nikmatin lagu EDM, ketimbang EDM ane masih lebih suka rock atau metal macem Slipknot. Ane juga lagi coba denger2 BabyMetal seru juga ternyata. hehehe
      Nogi juga main EDM tapi masih ada aja lagu yg berbau musical yang bisa bikin ane stick di Nogi. Image Ojuosama paling cocok sama lagu yg agak musical sih menurut ane.

      Like

    5. Sempet jadi bola panas tapi akhirnya situasi jadi adem setelah pertemuan empat mata. Jumlahnya sekarang 9 orang, coba tonton lagi, bagus loh 😀

      Ciah kena demam Babymetal nih. Sayang ane cuma pernah sekali nulis soal mereka 😀
      Sayangnya yang pake instrumen akustik pun sekarang udah disusupi EDM, kaya yang di album ketiga. Ane kangen sama yang pure akustik kaya Shibuya Blues, tapi gak yakin manajemen bakal seberani itu ngerilis lagu kaya gitu lagi.

      Like

    6. Cuma kadang2 kalau lagi pengen denger metal ya ane iseng dengerin aja Babymetal, ane emang suka rock atau metal sih dari dulu. Vokalnya Suzuka gahar juga ternyata. Lebih enak di denger sih ketimbang Hime.
      Emang agak susah kalau cari yg pure gak pake EDM. Tapi asal enak di denger gpp deh dikit2. hehehe
      Ane bukanya gak mau download RM sih, tapi abis pindah kota ane agak susah koneksi. Pake yg pake Kuota eman2 di kuotanya juga, belum lagi kendala lemot. wkwkwkwkw. Dulu masih di Jakarta mah enak, udah ada yg downloadin, ambilnya yg di atas 1 gb. kira2 720 px kali ya. Sekarang mau pasang indihome aja gak bisa, jaringnya gak ada. Padahal orang telkomnya udh ke rumah survey, maklum rumah di pinggiran.

      Like

    7. Ya jelas lebih enak, kan dia main vocal di Babymetal. Lah Hime? 😀

      Ane gak pernah download RM yang HD dari zaman baheula. Mentok selalu di 480p, sayang HDD soalnya 😀
      Kalau Indihome sih jangankan pinggiran, rumah ane yang tinggal ngesot dari pusat kota aja sinyalnya mendaki gunung lewati lembah 😀

      Like

  7. K-Pop ane taunya cuma blackpink itupun gara-gara adek misan ane demen banget muter lagunya sampe suaranya kedengeran sama tetangga. Dan pas ane liat, lumayanlah membernya cakep 😀

    Buat keya, semoga makin banyak fans dari yang bukan fans idol kepincut sama pesona mereka. Kejer setoran 1juta tinggal sebentar nih kayaknya 😀

    Like

    1. Wajah itu bisa mengalihkan segalanya min 😀 Cuma ane gak sampai masukin lagunya di playlist ane. Masih aneh ane denger bahasa korea soalnya ane emang dari dulu itu suka jepang.

      Keya gak perlu ngorbanin banyak hal. Anak hiragana yang baru kalau ikut hs juga bakal ngeboost penjualan. Cuma rasanya gak adil ke nogi 😀

      Like

    2. Hahaha, mungkin harus membuka kesempatan lah. Ane sebenernya ada rencana mau naikin artikel grup favorit ane dari Korea sekarang, cuma masih ragu 😀

      Gak adil karena?

      Like

    3. Mimin suka snsd kan? Ane taunya cuma jesika soalnya dulu teman ane fans berat jesika 😀

      Umpanya, nogi udah capek-capek bersihin kerikil dan mastiin gak ada kerikil yang tersisa di jalan, eh keya main serobot tancap gas di jalan itu. Dan keya juga serba salah. Keya sekarang lagi ditikungan dan ada dua pilihan yang harus mereka lakukan. Tetep tancap gas, tapi hati-hati. Atau ngerem baru tancap gas lagi.

      Like

    4. Itu kan yang lama, yang baru ada dong 😀

      Pioneer sama pengikut jelas beda. Untungnya kasus SKE gak kejadian di Nogi, dimana pembalap2 terbaik SKE malah dicomot sama tim balap pusat dan akhirnya malah cuma jadi tim junior. Nah, di Sakamichi, persaingannya bisa dibilang lebih sehat.

      Like

    5. Twice ya? Naanya ❤ suka twice, cuma ya itu ane coba denger lagunya rada menggelitik telinga 😀

      Makanya itu, meski persaingannya sehat jadi gak adil aja. Entah kenapa akhir-akhir ini ane bosen sama keya. Gimana ya, lagunya gak replayable buat ane. Gitu-gitu aja. Ini ane ngomongin main singlenya. Meski couplingnya bisa diutak-atik, tetep aja kalau main songnya begitu-gitu aja ya ngebosenin juga. Ane sih pengennya keya kayak nogi yang meski main songnya temanya beda-beda, tetep ada purple linenya. Simajo, sekaini, futasezon, dan fukyou temanya sama. Yaitu gimana “cool”nya keyakizaka46. Dan kalau perform, mungkin gara-gara kebiasaan lagunya tema “cool” kebanyakan membernya belum bisa “senyum” dengan benar. Makanya ane ubah harapan ane buat keya di summer ini. Semoga centernya BUKAN tecchi dan lagunya penuh gula. Dan btw mimin udah buat prediksi belum? Post lah 😀

      Like

    6. Setdah, pake merah2 dibelakang Naanya, entar satpamnya keluar 😀
      Mau diangkat artikelnya biar lebih tergelitik? 😀

      Nah kan, ane udah prediksi se-cool apapun konsep Keyaki, pasti cepat atau lambat bakal bosen. Beneran kejadian kan? Makanya di 5th single, ane harap bakal sedikit berubah, yah seenggaknya kaya Sekai ni lah, sedikit lebih santai. Prediksi buat 5th single? Ane baru bikin konsepnya, kalau buat 18th Nogi sih udah kelar, tapi ane masih nunggu pengumuman dari Kojichuu. 😀

      Like

    7. Satpamnya naanya ❤ jahat min. Sampai sekarang berira tentang stageplaynya naanya ❤ gak di up-up. Ngomong bini muda tapi perlakuannya kayak gitu 😀

      Mimin prediksinya biasanya bener, kalau gitu bisa gak prediksiin kira-kira kapan peresmian cinta ane sama marika? XD
      Ane gak tau ini bisa dibuat sebagai tambahan materi (?)biat prediksi 5th single. Ane lupa juga pernah baca di mana tapi tahun ini member keya yang paling banyak menyedot perhatian publik itu risa. Baru setelahnya rika sama zumiko. Yang ane heranin ane gak nemu nama tecchi sama neru di sana. Ane sih gak heran risa banyak yang mulai tertarik sama dia. Secara dia baru aja jadi official model dan lebih sering dapet job pribadi ketimbang yang lain.
      Dan postlah min yang 18th single 😀

      Like

    8. Satpamnya mau pindah rumah lagi tuh 😀

      Sama Bebitan ane? 5 huruf doang aja, n-e-v-e-r 😎

      Banyak pertimbangan buat prediksi 5th single, mungkin bakal jadi prediksi ane yang paling panjang. FYI, prediksi buat 18th single hampir sama panjang kaya Sakamichi Review. Ane tunggu dulu deh, kalau gak males2 mungkin minggu atau senin ane rilis prediksi 18th.

      Like

    9. Gak sekalian aja nama blognya jadi kandangserigala(dot)blogspot(dot)com biar gak ada yang berani ngusilin 😀

      Yah si mimin liat marika cintakuh jadi nangis. Jahat calon abang ipar ke dedeknya XD

      Gak apa panjang min. Yang penting cepet di post 😀 #pemaksaan

      Like

    10. Loh, alamatnya kan emang pindah, nama kosannya aja tetep kandang serigala 😀

      Itu hanya delusi anda semata 😎

      Ane aja mau rilis satu artikel nunggu berita showroom kok 😀

      Like

  8. Korea ya, kalau ngeliat dari antusiasme temen-temen sih, yang sering diomongin itu boyband, girlband, dan drama. Kalo Jepang, yang sering diomongin itu manga dan anime, yang ternyata genrenya itu banyak banget >_< Sedangkan untuk idolgrup jepang sih sepertinya kurang diketahui.. Jadi K-pop lebih populer nih.

    Like

    1. Iya, soalnya tradisi animanga lebih mendunia sementara kalau Korea yang lebih dikenal itu dramanya, karena real life jadi wajar lebih terkenalan yang orang beneran (idol), kalau idol Jepang ya paling banter orang luar taunya BABYMETAL atau pas ngisi OST anime.

      Like

    2. Beda banget ya kulturnya. Jepang = anime, Korea = drama. Dan mungkin kekurangan orang Jepang: bahasa Inggris 😀

      Babymetal, adiknya Himetan kan, pernah liat sebentar, gak sampe selesai 😀 Give me chocolate!!

      Like

    3. Engrish ala Jepang emang kebangetan sih, jauh lebih mending Korea kalau soal english 😀

      Coba dengerin aja, banyak lagunya yang enak2 loh. Ada ‘Iine’ yang EDM-influenced atau ‘No Rain No Rainbow’ yang menang banget di vokal Suzuka, ‘Onedari Daisakusen’ yang kaya lagunya Asuka-Minami versi rada metal 😀

      Like

    4. Hmm jarang banget ane ngederin lagu, mungkin pengetahuan musiknya sekitar nol koma sekian persen aja deh.. 😀 Tapi boleh deh nonton lagunya ntar, mungkin bisa jadi hiburan sekaligus inspirasi 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s