New SG, the Wind of Change?

Tidak, aku tidak berniat membahas Scorpion kali ini. Tapi memang kali ini sedikit berbeda karena aku akan membahas sister group baru dalam keluarga 48G; Niigata dan Setouchi. I have to admit, belakangan ini mereka mencuri perhatianku karena absennya Sakamichi Sunday, aku mendownload MV dari lagu debut SG termuda, STU48, Setouchi no Koe.

Awalnya aku hanya penasaran dengan kualitas MV yang menggunakan teknologi 4K, tapi setelah menontonnya, harus kuakui cukup decent. Mirip Sakamichi? Aku tidak dan tidak akan pernah mengatakan begitu. Dalam trend, selalu ada yang lebih dulu, jadi tidak bisa dibilang meniru. Trend. Aku tidak akan se-childish itu.

NGT48 debut dengan lagu Seishun Dokei yang rilis pada April 2017 lalu. Dari segi member, karena aku tidak tahu siapapun kecuali Yukirin dan Kitarie disini, skip it. Fokus pada lagu dan MV-nya saja. Cukup banyak yang mengatakan MV debut dari NGT ini berbeda dari stereotipe 48G, dan setelah itu aku jadi penasaran dan mendownload MV-nya.

Well, aku tidak bisa bilang single debut NGT ini sangat berbeda, menurutku malah sama saja dengan ciri khas 48G, yaitu flashmob. Hal ini juga seperti menunjukkan bahwa brand 48 masih kuat secara mainstream. Untukku tidak ada unsur kejutan di MV-nya, akhirnya malah hanya melihatnya dengan kebosanan. Justru aku sedikit lebih tertarik pada lagunya.

Hanya lagu, that’s a difference. Memang tidak akan masuk playlist lagu favoritku, tapi hars kukatakan cukup bagus. Rap di beberapa bagian mirip-mirip Fuusen wa Ikiteiru, hanya saja kemudian dilanjutkan dengan vokal yang khas 48G. I won’t say it bad, just not really my taste. Aku lebih suka lagu-lagu yang cool dari 48G atau yang soothing seperti Bukiyou Taiyou misalnya. I miss Shojotachi yo though.

Overall, aku tidak berpendapat NGT begitu berbeda, hanya memang cukup fresh melihat bagian dari 48G tidak membawakan lagu yang sangat loli seperti HKT -untukku sendiri, aku menyerah pada mereka- NGT membawa sesuatu yang baru. Seperti seifuku misalnya, unik dengan dominan merah. Benang merah NGT dengan 48G kuat, tapi hembusan angin yang berbeda lama-lama mungkin bisa juga menggerakkan kincir angin, don’t you think?

Sementara untuk sister group terbaru yang berbasis di laut -benar atau tidak? aku tidak mengikuti 48G lagi- STU48, mereka langsung menggebrak dengan merilis MV beresolusi 4K. Yah meski 4K sendiri sudah so yesterday, karena sekarang benih 8K sudah mulai munculNah, just kidding.

4K masih menjadi sesuatu yang jarang dilakukan oleh act manapun. Dukungan pada resolusi tinggi ini masih belum meluas. Tapi langkah yang dilakukan STU48 adalah langkah bagus. Olimpiade 2020 direncanakan memakai siaran 8K, mulai mengimplementasikan ini tiga tahun sebelumnya kepada salah satu grup yang menjadi proyeksi 2020 Akimoto Yasushi adalah langkah strategis.

Setouchi no Koe, judul lagu debut STU48 ini mengambil panorama yang diambil di 7 dari 9 perfektur area Setouchi. Dan harus kuakui, MV ini diambil dengan bagus. Superb mungkin tidak berlebihan, mengambil gambar panorama Setouchi dengan teknik yang umum ditemui pada dokumenter termasuk berani.

Mungkin bisa dibilang groundbreaking juga, karena seingatku ini pertama kalinya aku melihat MV dari idol group yang seperti ini. Well, Sayonara no Imi membawa keindahan kaki gunung Fuji tapi itu hanya sekilas. AKB juga pernah beberapa kali di pantai, tapi siapa yang akan fokus pada panoramanya?

Sementara lagu ini modest, jauh dari kesan party dan berkesan lembut. Sakamichi Style? Tidak karena 48G sendiri juga bukannya tidak pernah membuat MV seperti ini. Nilai jual utama dari STU48 ini adalah pengenalan diri. CMIIW, dari googling singkat, yang kudapat dari STU48 adalah mereka tidak punya theater dan ada sesuatu yang berhubungan dengan kapal, apa ini maksudnya dari scene kapal di MV-nya?

Well, apapun itu, MV ini membuatku kembali melihat MV 48G untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan, setelah Seishun Dokei. Dan harus digarisbawahi, yang dijual STU48 di Setouchi no Koe adalah panorama sekaligus self introduction. Untuk lagu memang bagus, kalem dan bisa menjadi ciri khas STU48, hanya saja aku tidak bisa bilang banyak untuk vokalnya.

Baik NGT dan STU adalah generasi terbaru dari 48G, keduanya tidak bisa dibilang berbeda total dari kakak-kakaknya tapi memang membawa angin perubahan. Dari single debutnya, NGT dengan kekuatan ala 48G dan STU dengan konsep yang baru. Keduanya memiliki member-member veteran, asal dengan perlakuan yang benar, bisa lebih besar dari HKT.

Untukku, mungkin masih terlalu jauh untuk memikirkan 2020, tapi apa yang dilakukan Aki-P sekarang memang menuju ke arah itu. Jelas tiga tahun lagi dua SG ini bisa lebih besar dan sangat mungkin berperan besar, atau malah mungkin juga menjadi titik sentral dalam kebangkitan 48G? Anything can happen.

Jika harus memilih, aku jelas lebih memilih NGT atau STU yang menjadi kebangkitan 48G ketimbang terus membawa Sakamichi dalam lingkaran 48G. Sekarang masih terlalu dini, apalagi sejauh komentar yang kubaca debut dua SG ini dikaitkan dengan Sakamichi dari segi style, padahal mereka berbeda jauh. Sekalipun memaksa bilang mirip memang sekarang trend-nya seperti itu, jadi mau bagaimana lagi.

Apakah angin perubahan akan terus berhembus? Dan untuk eksistensi Sakamichi, Trend or Threat?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

70 Comments

  1. Hemmm menurut ane ini project yang lumayan mahal..
    Baik dari teknologi yg dibawa ampe lokasi syuting sangat bagus…
    Soal music sependapat ama mimin ane juga suka dengan single mereka…
    Wow beneran make 8k olimpiade..??
    Yg jelas mungkin 3thn lagi baru punya tv 4k jadi belum bisa menikmati hahahahah…
    Tapi namanya promosi sih kalo g keren ya kurang nampol..
    keya make AR STU make 4k boleh2 ni persaingan teknologi hahahahahha

    Like

    1. Kalau 4K sih udah gak terlalu mahal lagi. Sekarang smartphone yang bisa ngerekam 4K juga udah umum kok.
      Wacana 8K dan 5G di olimpiade Tokyo hampir pasti kejadian kok.

      Resident Evil 7 yang dimainin Yuuka kemarin maksudnya? Atau yang 360 theater? Sayang gimmicknya cuma di Jepang sono 😀

      Like

  2. Hari gni baru pake 4k, kalah dong ama raisa 😀
    Tp perlu diapresiasi jg dan emg pemandangan kayak gtu kudu binti wajib pke teknologi itu sih. Dan jgn lupa quote legend “pakailah idol2 lokal untuk promosi keunggulan daerah”. Klo lagu, prtama liat previewx ane udah tau bkal kyak gmn dan itu kurang nampol di ane. Klo NGT suka bagian chikuu…takuuu…chikuuu…taku…. aja 😀
    Waktu awal liat mv ngt ane smpet kaget krn ane kira mrk jg kasih unsur kampanye lgbt krn ada adegan tgan 2 cewek yg dsuruh gandengan dan skitar ada unsur rainbowx tp stelah dtliti lagi tuh cewek trxata kembar, syukur….:D

    Klo soal seragam, lg musim yg longar2 y…
    Ngt warnax udah bgus sih cma itu pita segede gaban dipunggung rada ganggu dan bikin geli kayaknya . Dan STU sama warna oke motif dan modelnya g bgt, pdhal byangan ane mrk pke sailorfuku scara di kapal dan mv nya yg laut bgt. Bisa tuh nyontoh/terinspirasi nogi yg di stripe club edisi girl rule.

    Like

    1. Saingannya jangan sama mbak satu itu dong 😀

      Ane liat lagi Seishun Dokei setelah baca komen ini, ternyata kelewatan ane. Ada juga yang begituan dan ane gak nangkap 😀

      Kayanya trend musim panas tahun ini tuh baju gamis 😀
      Ane liatnya seifuku STU kaya Natsu no Free & Easy cuma warnanya lebih nyatu, garis sama warna dasar mirip2. Sayang panorama bagus tapi seifuku pas2an.

      Like

  3. Hebat ente Min, bisa dpt gambar STU yg foto bareng, pdahal gk ngikutin, luar biasa sercingnya 😀

    Pas baca judulnya, langsung ke inget sama scorpion, untung langsung dijeasin klo bukan bahas tuh band 😀

    Klo dri lagu ane lebih suka NGT, klo dari MV ya jelas STU menang
    Dari kostum, beda tipis, andai baju STU gk ada corak garis2nya, alias biru polos, ane pasti milih kostum STU, ya selera sih 😀

    Untuk MV debut, OK-lah dua grup ini, sama2 menonjolkan khas group,
    MV NGT dengan suasana Niigatanya,
    STU dgn Setouchinya
    Moga emng 2 grup ini membawa angin segar lah 🙂

    Like

    1. Luar biasa apanya, mampir ke thread STU, page terakhir juga udah dapet. *budayakan jangan malas 😎

      Kalau Scorpion ngidol, mungkin ane bahas 😀

      Ane sih lebih milih seifuku STU, lebih simpel aja. Kalau lagu milih NGT soalnya ada rap dikit. MV, jelas STU, enak aja nontonnya. Tetep aja sih, dua SG ini belum bisa bikin ane ngelirik 48G lagi.

      Kalau soal kecengan baru, ente pasti punya ya? 😀

      Like

    2. Sampe terjun ke therad STU, warbiasa 😀
      Asem, nyakitin wak 😀

      Mreka ngidolnya underground alias diam2 😀

      Ikut2an ane aja soal milih seifuku, lagu sama MV nya, kreatif dikit lah 😀
      Sama, meski ane bilang lagu NGT ane suka tpi tetep gk bisa tembus playlist HP ane 🙂

      Kecengan baru? maksunya incaran member di 2 group ini? Sejauh ini gk ada 😀

      Like

    3. Karena ane gak males kecuali berhadapan sama orang yang malesin 😎

      Gimana lagi, baru juga serius liat dan dengerin kemarin 😀
      “Ikut2an ane aja soal suka lagu tapi gak masuk playlist, kreatif dikit lah” 😀

      Cepet paham ya kalau soal inceran baru 😀

      Like

    4. Emng ente pernah ngadepin orng yg malesin? 😀

      Nah kan, copas punya ane lagi, kreatip dikitlah, jgn cara ngutang ente aja yg kreatip 😀

      Ane kan cerdas 😎

      Like

    5. 😀

      Nah bisa tebak ane, pasti balasan komennya gini 😀

      Sejak kpn ane punya darah srigala, darah ane darah murni, percuma dong ane punya suster2 yg merawat ane 😀

      Like

    6. Biar ente ngerasa aja 😀

      Yg namanya hidup emng saling memanfaatkan, nama nya aja manusia makhluk yg lemah Hahahahaha

      Like

    7. &^%&^%^#$^%^%$%^$*

      Kyk situ gk manusia aja, oh iya ya, ente sejenis makhluk mitos gitu ya? 😀

      Like

  4. Pasti ada big things sampai seorang agan Mac ngelirik 48,misalnya sabda dari lord KTK kali😆😆😆

    Pemandangan mv stu keren,,,semoga keya uta edisi revisi make 4k juga

    Like

    1. Cuma kata2 4K aja yang bikin liat, apalagi kemarin gak ada Sakamichi Sunday, Inuyasha kelar sekarang ganti MV STU. Kalau MV NGT udah pernah liat sekali di Youtube dulu.

      Like

    1. Kirain Dah Didownload…

      Btw Dintara Lagu2 Yang Ada Di Single Barunya AKB, Ane Masih Lebih Suka Single Utamanya (Negaigoto No Mochigusare) Daripada Setouchi No Koe…

      Like

    2. Ane gak download singlenya sih, jadi gak tau lagunya yang jernih kaya gimana. CUma dari MV Negaigoto yang ane download awal minggu, ane rasa lagunya lumayan decent.

      Like

  5. Dua yang ane pelajari dari tren NGT dan STU,
    1. Bikin Idol grup yang ga berbasis di Tokyo itu risky kalau ga disupport pemkot/komunitas lokal. Lebih riskan lagi kalau ga jor-joran supportnya dari hari pertama.
    2. Fans, terutama yang nubi dan kutu loncat, selalu senang muka2 yang baru, masih kinclong, dan fresh. Apalagi kalau bisa mengklaim diri sbg fans grup tersebut sejak hari pertama.

    Jadi yah, here comes the new Cool Kiz on the Block! 😀

    Like

    1. Regionalism kaya gini sebenernya ane pengen liat di Indonesia loh, sayang masih jauh dari harapan.

      Dari sudut pandang fans SKE, gimana nih soal dua SG baru ini?

      Like

    2. Bakalan masih jauh selama beberapa tahun ke depan, lha infrastruktur dan pemahaman teknologi di Negara kita ini masih Jawa-sentris banget. Dan kalau bahas pembentukan sister group di Indonesia, (Ane pernah ngomong disini kayaknya)90%+ arus perputaran rupiah itu masih berkutat di Jakarta. Dengan kata lain, Rp 100 ribu(50 ribu bagi pelajar) itu masih angka fantastis lho di daerah. Dan kalau ada sister group dibangun di suatu kota selain Jakarta, jangan kaget kalau theaternya sepi. Kita belum siap 😀

      Kalau ane ngambil sudut pandang fans SG lama.,
      1. Tahun pertama berdirinya SG di 48G itu tahun yang sangat krusial, dan masih butuh momongan pusat. Sudah pasti mereka dianakemaskan nanti. Kita sudah liat bersama bagaimana NGT dianakemaskan di event2 besar 48G selama 2016-2017, sebelum debut singlenya muncul(Ane anggap mimin mac ga begitu ngikutin ini, jadi ane singkatkan saja). Hal yang sama bakal kejadian untuk STU entar. 😀
      2. Kalau dari segi fans, ane buka kartu aja soal NGT. Karena mereka dibawah studio rekaman Sony, event HS mereka secara otomatis juga dilakukan melalui ForTUNE Music, sama persis dengan Sakamichi. Dan secara mereka bertiga(Nogi, Keya, NGT) ini satu atap, ada event HS mereka yang sebelahan(Satu venue, beda hall) kemarin.
      Karena potensi interaksi ini, fans NGT sering promosi grup mereka ke fans Nogi yang ramean di hall sebelah, siapa tau dapet durian runtuh yang mau lompat pagar. Sampai dibuat operasi tidak resminya lho, dan masih kejadian sampai sekarang. 😀

      Untungnya SKE beda atap, kita jadi ga banyak interaksi dengan fans mereka. Kalau ada yang mau ngelirik, yah kebebasan masing2. Cuma kalau udah masa2 SSK, diharapkan prioritas utama kembali ke SKE. Wwkwkkw

      Nah, sekarang gimana nih sudut pandang agan mac, sebentar lagi loncatkah? 😀

      Like

    3. Ane ngerasain betul gimana duit 100 ribu itu berharga besar loh, soalnya kota ane termasuk deretan pinggiran 😀

      Untuk poin pertama dimana ane gak ngikutin, so damn right 😀

      Ane sempet denger NGT juga di Sony, tapi gak nyangka soal HS juga bisa satu tempat. Wah kalau sampe ada yang promosi segala sih berarti fans NGT cukup inisiatif juga.

      Hahaha. Eh SKE kan mau rilis single baru, sama anak baru (dari yang ane baca di sebelah) ini anak yang jadi center gimana nih? Gori push dan emang layak kah?

      Ane? Loncat ke 48G? Yah sama kaya peluang ane kembali ke SONE kalau gitu ceritanya 😀

      Like

    4. Soal kelayakan, anak ini sudah 2 tahun di grup sebelum akhirnya masuk senbatsu. Mungkin sama kondisinya dengan Miona yang kurang dari setahun sudah masuk senbatsu. Atau Kiichan dan Iori yang cuma setahun. Layak ga? 😀

      Like

    5. Eh udah dua tahun? Ane baca di kos sebelah kok banyak yang nulis “muka baru” ane kira anak baru?

      Kok malah tanya ane layak enggaknya? Kalau disamain Miona, ane gak enakan sama (yang ngaku) suaminya, kalau sama Kiichan ane takut dipentung wajan, kalau sama Iori, ane udah pernah tulis artikelnya 😀

      Like

    6. Yah mau gimana lagi, tau sendiri fans lokal. 😀

      Hayah, giliran sama member Nogi ga enakan, giliran sama member grup lain nanyanya ga pake tedeng aling2.
      Ane juga berhak dong ngeles begitu 😀

      Kapan2 deh di chat privat, setau ane ada akun MacOrion deh di discord. Punya agan kan?

      Like

    7. Wah ane dijebak 😀

      Hahahaha, Ya habis mau komen gimana juga ane gak ngikutin dia sama sekali, beda cerita sama member Nogi kan. Jadi mau bilang layak enggaknya juga susah 😀

      Iya sih tapi jarang ane buka setelah banyak kolom yang dihapus, kaya Kojichuu & Keyakake.

      Like

    8. Di bagian mananya sekarang? Ane cuma liat welcome, Q&A, sama dua thread lain. Dimana Nogishows sama Keyakishowsnya? Ane bukanya pake browser.

      Atau di S48 aja, soalnya kalau itu pasti. 😀

      Like

  6. Review 48G ? Apakah mimin mulai ngelirik 2 SG ini ? 😀

    NGT lagu single nya lmayan enak didenger menurut ane
    Ane juga cuma tau Yukirin secara dia oshi ane di 48G dulu, Kitarie, sama centernya Nakai Rika
    Trus banyak yg bilang cover single nya mirip sakamichi ? Bener gk ini min ?

    STU ane gk nonton full, di skip skip, jadi gk begitu merhatiin semuanya, tapi menurut ane MV nya bagus.
    Ngambil tema pantai, ane kira bakal pake Mizugi 😀
    Membernya gk ada yg ane kenal, cuma emak Sashi ama Nachan doang.

    Untuk eksistensi sakamichi ane gk tau ah 😀

    Like

    1. Kayanya heran bener gitu liat review 48G 😀

      Ane cukup suka lagunya Seishun Dokei, yah so-so lah.
      Cover? enggak juga sih menurut ane. Plain aja https://goo.gl/0G7jCA

      Nah, itu dia. Based di laut, musim panas, biasanya mizugi, tapi ini enggak dan malah ngambil panorama. Nice touch.

      Like

    2. Gk biasanya aja min hehe 😀

      Iya lumayan enak, easy listening juga bagi ane.
      Enggak yah ? Soalnya di Forum di FB banyak bilang gitu.

      Mungkin ini perkenalan setouchi yg berbasis di laut, jadi ngambil panorama.
      Lagian menurut ane bakal aneh kalo single debut langsung ber mizugi 😀

      Like

    3. Ane sendiri karena cukup tertarik sama MV-nya STU makanya pengen nulis. Lagian gak ada draft terjadwal sih 😀

      Mungkin dibilang gitu soalnya rada beda dari kostum yang longgar ala Sakamichi aja sih.

      Ane bisa bilang ini alternatif bagus dari lagu “xxx48” yang udah diremake kebanyakan. Biasanya di theater, sekarang di laut.

      Like

    4. Hmm gitu min, kirain ada inceran baru di STU atau NGT 😀
      Lagi gk ada jadwal, bikin prediksi 18th aja min 😀

      Iya kostum longgarnya min, jarang ada di 48G atau mungkin ini pertama kali min ? CMIIW

      Setuju min (Y)

      Like

    5. Ane bukan serigala kaya penghuni kos sebelah 😀
      UDah beres kok prediksinya, cuma ane gak mau mendahului kehendak Kojichuu 😀

      Seinget ane pernah sih, Kaze wa Fuiteiru.

      Like

  7. Waah jarang jarang ni mimin sini bahas 48g wkwkwkk kesambet apaan min? 😀

    Menurut saya si bagusan setouchi no koe daripada seishun dokei, lebih bening dan lebih lembut(?) Lagu sama mvnya. tapi klo sama max toki… 11 12 lah untuk saya 😀

    Untuk stu cuma tau nachan, emak, takino yumiko sama fu doang(adeknya shu member nmb), tapi emak cantik lo disini daripada di single akb, gataudeh knp 😀 (walaupun tetep gabakal ngoshiin)

    Like

    1. Haram bener kayanya ane nyinggung 48G 😀

      Ane gak tau Max Toki ini, lagunya kaya gimana dan MV-nya juga. 😛

      NMB ane taunya cuma dikit gan 😀
      SayaMilky, Kawakami Rena, sama Yagura Fuuko 😀

      Like

  8. Model pakaian yg lebih simple tertutup dan elegan emang lagi tren di jepun. Di runway, di majalah, cenderungnya ke sono. Dan salah satu yg bikin buming adl sakamichi, terutama Nogi yg udah lbih mapan di bidang fashion. (Makanya, menurut ane cukup bs diterima kalau di Garuwa nogi dpt influencer award)

    Dan besar kemungkinan grup lain termasuk 48 juga sedikit terpengaruh trend ini.

    Khusus NGT, setahu ane emang sempat ada pernyataan kalo konsep mereka 47, 48 yang punya citarasa 46. Kalo ga salah yg bilang tim kreatif ato siapa gitu (lupa tepatnya, di matome atau thread SD di S48 ada).

    Sementara STU, yg ane tahu dr mereka ada member yg mirip Nanase. Iwata Hina namanya. Cuma mirip wajah, kalo personality, si Iwata kemungkinan jd calon fisher.

    Like

    1. Wah udah lama nih 😀

      Iya, keliatan dari photoshot non-no beberapa bulan terakhir, ar juga gitu.

      Eh iyakah? Kalau gitu sih gak heran kalau dimirip2in sama fans. Si engkong pemilik bilang gitu juga atau enggak?

      Sempet liat wiki-nya, emang gak bisa dibilang mirip, tapi feel-nya iya sih 😀

      Like

    2. Di sebelah juga jarang 😀

      Wah, kalau sampe segini sih, ane gak tau deh mau ngomong apa lagi. 47? Seriously?

      Ya mau gimana kalau miripnya sama fandom darling 😀

      Like

  9. Ane mikirnya bakal dibandingin sama MaxToki taunya sama Seishun dokei 😀 jujur aja meski ane fans NGT ane gak suka konsep mv yang cuma nari-nari doang. Di single Seishun dokei ane sukanya Junjo Yoroshiku, soalnya istri muda ane jadi centernya ❤ Dan soal konsep yg disama-samain sakamichi, ya itu mungkin karena konsep NGT itu “47”. Cuma banyakan 48nya menurut ane.

    Ane ngeloading post ini dari lusa loh min. Gak niat ganti template gitu?

    Like

    1. Ane gak tau soal Max Toki soalnya 😀

      Ciah bini muda. Tanam saham di 48G juga ternyata 😀
      Contoh banyakan 48-nya menurut agan apaan?

      Eh iyakah? Ane rasa masih sama aja loadingnya. Baru2 ini atau udah lama susah bukanya?

      Like

    2. MaxToki lagu 48 paling bagus sejak 2016 min. Ya setidaknya menurut ane.

      Ane emang ngikutin NGT dari debut. Jadi ya udah banyak tanem saham di sana 😀
      Banyakan 48 dari segi image groupnya, bikiniannya, karakter membernya (banyakan tukang pancing + sok imutnya), paling yang ada rasa 46 cuma musik sama kostum itupun dikit.

      Baru-baru ini. Biasanya gak sampai bermenitan, ini udah hampir sejaman ane nunggu gak bisa 😀

      Like

    3. Ane tahun kemarin sama sekali gak ngikutin 48G kecuali kolab pertama sama Nogi 😀

      Eh, udah ada bikiniannya? Ane kira belum?
      Hahaha, khas 48G masih banyak lah ya 😀

      Itu untuk semua artikel atau khusus yang ini? Kalau yang ini doang mungkin karena youtube-nya.

      Like

    4. Ane malahan bener-bener ngikutin sakamichi mulai tahun lalu. Meski ane emang suka maiyang dari dulu 😀

      Bikiniannya udah banyak min. Apalagi rikachan. Bini muda ane juga udah terkontaminasi. Cuma ya berhubung dia udah 17, ane terpaksa mengikhlaskan 😀

      Kayaknya kemarin lama loading gara-gara ane pake kartu tiga. Sekarang ane pake sayatiga kayak biasa loadingnya 😀

      Like

    5. Ciah, suka dari kejadian apaan nih?

      ….ini maksudnya gravure ya? MV pake bikini maksud ane. Kalau gravure sih gak usah diceritain lah, udah paham 😀

      Setdah, ane salah baca kirain pake kartu dari Salatiga 😀

      Like

    6. Suka apaan dulu nih? Nogi apa maiyang? Kalau maiyang suka gara-gara dia cakep dan dia temennya ringgo. Ane kan dulu fanatik banget sama ringgo jadi apapun yang deket sama dia ane suka 😀
      Kalau nogi ya sukanya sejak imahana. Berhubung ane animelovers dan soundtrack dari nogi selalu bagus, ya ane mulai mencoba mengenal lebih jauh nogi. Terlebih gara-gara akb mulai membosankan dan mamah parulove hiatus. Makanya, pas maimai grad ane biasa aja. Sedihnya justru samaan pas gradnya nanamin 😀

      Kalau di mv belum min. Ngt masih pake seifuku di mvnya. Ane pengennya kayak tim 8 gitu yang gak diizinin bikinian sama toyota (kalau gak salah inget). Masa sony gak bisa gitu? 😀

      Periksa mata gih min. Cek plesnya udah berapa 😀

      Like

    7. Dulu fanatik sama Sayuringo, sekarang? 😀
      Paruru hiatus apa grad? Bukannya grad?

      Iyakah Team 8 begitu? Unik dong. Jadi soal MV bikini, NGT belum kan, peluang debut tahun ini? 😀

      Ane udah ganti pake mata cyborg 😀

      Like

    8. Sekarang biasa aja 😀
      Paru kan hiatus sejak akhir 2015 min. Makanya gara-gara paru hiatus makin bosen ane sama akb 😀

      Makanya mungkin itu juga yang ngebuat tim 8 banyak oshinya. Masih suci membernya 😀 Kalau mv bikinian ngt kayaknya gak min. Belum jelas ngt bakal dapet 3 single pertahun atau kayak hkt yg cuma 2 single. Jadi kemungkinan gaklah bikinian. Tapi di threadnya hinata ane baru baca berita kalau mjmn pengen hinata banyak gravuran. Susah punya bini yang asetnya bagus emang 😀

      Like

    9. Gak ada Bunshun yang terlibat kan dalam faktor ini? 😀
      Eh dia hiatus dulu sebelum grad?

      All hail Team 8 lah ya? 😀
      Ah sampe sekarang penyakit single gak jelas waktu rilisnya masih ada di 48G toh?
      Kalau soal bikini gravure sih, ini 48G, ngarep gak ada ya mendingan pindah ke Sakamichi 😀

      Like

    10. Duh jangan menggores luka lama min 😀 Sakit kalau diinget :’D
      Iya paru hiatus gara-gara sakit, dan itu juga yang buat dia mutusin grad.

      Ane udah sakamichi, cuma masih 48 ya gara-gara ngt doang 😀 Dan kalau ditanya ya yang paling ane sayang sekarang nogi 😀

      Like

    11. Emangnya ane gak ikut sakit waktu itu? 😀
      Pasti karena di rumah (?) dia gak diurus dengan baik sampe sakit 😀

      NGT doang STU enggak? 😀

      Like

    12. Ya mimin kan beda. Ane dulu ngefanatikin sayuringgo alay banget pokoknya 😀 Di mana lagi bisa nemuin manusia seksi dan seimut doi disaat yang sama? Bahkan sekarang dia masih aja gitu. Udah gak usah bahas yang lama lah min 😀

      Stu ane kayak hkt. Suka karena ada sasshi. Cuma bedanya di hkt ane ada sakura sama miku 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s