Sampo

Apa yang terlintas di kepala saat mendengar Finlandia? Negeri utara, Nokia, Kimi Raikkönen, Ievan Polkka, atau bahkan Ikuta Erika? Sebenarnya banyak lagi hal menarik tentang Finlandia, termasuk mitologi negara ini. Seperti umumnya negeri utara, Finlandia memiliki mitologi dan sejarah yang (sayangnya) kalah terkenal dari bangsa Norse, Viking, Briton, atau Roman. Salah satu mitologi paling terkenal adalah Kalevala.

Kalevala bukanlah mitos sebenarnya, melainkan kumpulan epik kuno Finlandia yang ditulis di abad ke-19 oleh Elias Lönnrot. Terdiri dari syair yang dikutip dari puisi Runic kuno Finlandia, Elias Lönnrot merangkum dalam satu epik Kalevala atau Tanah Para Pahlawan pada 1849. Kisah dengan tokoh utama penyihir abadi yang tahu segala, Väinämöinen.

nicolai kochergin_kalevala_01_how vainamoinen was born_01
Väinämöinen, sosok legenda dalam Kalevala, setara dengan Orpheus di Yunani

Jika dirangkum epik mitologi ini sangat panjang, sekitar 50 puisi runic yang masing-masing menceritakan kisah berbeda termasuk diantaranya Kelahiran Väinämöinen, kisah sang pahlawan Lemminkäinen, Ilmarinen yang menciptakan Sampo, perang antara para pahlawan dengan Louhi ratu penyihir dari Pohjola, penciptaan Kantele, dan hadirnya raja Karelia.

Ada satu bagian yang menarik, bagian Rune X, XLII, dan XLIII, yaitu kisah tentang Sampo, artefak sihir yang memproduksi gandum, garam, dan emas dari ketiadaan. Sudah dikatakan diatas bahwa Seppo Ilmarinen menciptakan Sampo, atas permintaan Väinämöinen sebagai hadiah untuk Louhi, agar Ilmarinen bisa menikahi putri Louhi. Setelah Sampo tercipta, Louhi menguncinya dengan sembilan kunci, menolak untuk membagi kekuatan Sampo dengan dunia luar selain Pohjola.

7ae436c82791c0ab0b1af9f011deed29
Ilmarinen menciptakan Sampo

Lebih buruk lagi, putri Louhi menolak lamaran Ilmarinen, dan kisah Kalevala berlanjut pada Lemminkäinen. Väinämöinen memberitahu Ilmarinen bahwa mereka harus merebut kembali Sampo di Rune XXXIX, Lemminkäinen pun bergabung dan tiga pahlawan Kalevala berlayar menuju Pohjola. Di Rune XLII, Sampo menjadi topik utama, terutama setelah Louhi menolak membagi kekuatan Sampo.

Väinämöinen membuat Louhi mengerahkan pasukan Pohjola untuk melawan mereka, dan dia memainkan Kantele, harpa yang dibuat Ilmarinen yang memiliki kekuatan magis, untuk membuat pasukan Pohjola tertidur. Tiga pahlawan kemudian menemukan Sampo, aman di gunung tembaga, dimana Ilmarinen harus menggunakan tenaga kerbau raksasa untuk melepaskan Sampo dari segelnya.

Kalevala-1128
Väinämöinen memainkan Kantele, musiknya begitu damai dan indah

Mereka membawa Sampo dan berencana menyembunyikannya di sebuah pulau. Di perjalanan pulang menuju Kalevala, dalam euforia menyelamatkan Sampo, Lemminkäinen bernyanyi begitu buruknya sampai membuat burung-burung lari. Sialnya, mereka lari ke Pohjola dan membangunkan seluruh pasukan Pohjola dan Louhi. Mengetahui Sampo telah diambil, Louhi membangkitkan Iku-turso, katak laut untuk mengejar tiga pahlawan.

Iku-turso bertarung melawan Väinämöinen dan kalah. Tak lama kemudian Ukko, dewa langit dan petir mengirim ombak besar yang mengakibatkan hilangnya Kantele. Tiga pahlawan nyaris tenggelam sebelum Väinämöinen meminta Ukko berhenti. Sementara Louhi terus mengejar tiga pahlawan, Väinämöinen menyihir agar muncul gunung untuk menghentikan pasukan Pohjola bersama Louhi, tapi si penyihir lolos dengan merubah dirinya menjadi elang.

Dalam pertarungan untuk Sampo, meski melanggar janji pada ibunya, Lemminkäinen melukai Louhi. Akhir dari pertarungan ini adalah Sampo jatuh ke laut dan terpecah menjadi banyak bagian. Di Kalevala, Väinämöinen yang berhasil menyelamatkan sebagian Sampo memohon pada Ukko agar melindungi Kalevala dari ancaman Louhi.

sammon_puolustus
Klimaks dalam perebutan Sampo

Sampai akhir epik Kalevala, Sampo tidak pernah terbentuk utuh lagi. Väinämöinen meninggalkan Kalevala dengan kapalnya, berharap suatu saat dia bisa membawa kembali Sampo secara utuh. Sampai saat ini, tidak diketahui pasti akan keotentikan Kalevala karya Lönnrot. Tapi legacy Kalevala dalam kebudayaan Finlandia masih kuat, 28 Februari diperingati sebagai Hari Kalevala, termasuk literatur dan musik.

Nah, setelah mengetahui tentang Sampo, apa yang ingin kubahas dari sini? Hal ini sedikit berhubungan dengan ramalanku di awal tahun, yaitu tentang graduation. Kenapa aku menulis ini di tengah tahun, di tengah euforia album ketiga dan tinggal sejengkal dari mimpi 1M? Jawabannya mudah, you can’t fight time.

Separuh member Nogi memang belum menjalani Seijin Shiki -thanks to 3rd gen- tapi jika melihat susunan member top, di senbatsu yang sekarang, hanya satu yang masih di U-20. Regenerasi seperti stuck di suatu titik. Aku tidak akan terlalu komplain, karena jika regenerasi dilakukan perlahan seperti ini juga ada sisi baiknya. Sisi jeleknya hanya jika yang muda terlalu lama ditutupi, bisa gugur duluan.

Tapi bukan itu intinya, melainkan bagaimana jika setiap member yang memiliki Sampo, dalam hal ini adalah mereka-mereka yang bisa dikatakan punya pegangan di luar grup atau secara kasarnya mereka yang sudah memiliki karir secara individu diluar Nogizaka dan atau masih berstatus idol untuk alasan lain?

SRCL9437

Kenapa aku menganalogikannya sebagai Sampo? Ada tiga faktor penting, sama seperti gandum, garam, dan emas yang dihasilkan Sampo, ada tiga hal yang paling penting bagi idol; variety, lagu, dan image. Tiga hal ini tidak bisa dipisahkan, dan Nogi bukan pengecualian. Contohnya, Zodiac di cover Umaretekara Hajimete Mita Yume, mereka punya segalanya diluar karir Nogi.

Ada enam official model, tiga langganan variety, dua langganan stage play dan satunya captain, itu belum menyinggung peran mereka di lingkup Nogi. Jika mereka grad, maka susah dikatakan apa mereka akan kesulitan atau lempeng saja setelah menanggalkan nama Nogizaka46 dan status idol.

Status idol masih menjadi alat elektabilitas yang tinggi untuk bertahan di industri entertainment Jepang, bahkan member super-populer seperti Kami-7 dari grup sebelah semuanya kesulitan untuk ini. Nogi sejauh ini memiliki dua member Fukujin yang grad, satu terbilang cukup bagus dengan beberapa kali mendapat kesempatan di layar kaca.

Menjadi idol yang populer =/= tetap akan populer setelah tamat idol. Apakah itu berarti Sampo yang kumaksud memang tidak ada? Tidak juga, hal ini tergantung pada pilihan. Pilihan saat masih menjadi idol dan setelah pensiun menjadi idol. Sejauh ini, dari Zodiac Nogi, sejujurnya hanya satu nama yang menurutku masih akan berhasil untuk meneruskan karir di entertainment setelah grad dari Nogi.

[2017.05.25-09.59] http www.oricon.co.jp news 2091283 full ref_cd=t Ikuchan

Okay, that wasn’t surprising at all, rite? Dan disini kukatakan entertainment dalam arti Ikuchan bisa menjadi aktris musikal yang populer. Status musikal mungkin bisa dikatakan lebih bergengsi dari aktris film, dan pengalamannya selama dua tahun ini membuat Ikuchan lebih dilirik oleh produser musikal. Dia memiliki Sampo untuk ini; vokal, kemampuan akting, dan image.

Bagaimana dengan Double Suns? Untuk Maiyan, mungkin dia bisa melanjutkan sebagai model, untuk banting setir ke dunia lain mungkin sedikit sulit. Yang mengkhawatirkan adalah Naachan, dia menjadi populer karena Nogi, hampir sinonim antara Nishino Nanase dan Nogizaka46, aku tidak ingin negatif, tapi Naachan tanpa Nogi akan sulit.

Untuk member lain, sejujurnya, akan sulit bertahan tanpa Nogi di entertainment. Mungkin pengecualian untuk Rotti, yang sering dianggap tersia-sia di Nogi. Sementara, meski cukup banyak member yang memiliki Sampo selama di Nogi, atau memiliki karir yang bagus secara individual, akan sulit untuk mencapainya lagi setelah grad.

968c158c

Jika diibaratkan, menjadi member Nogi saat ini seperti hidup di Kalevala, jika tidak ingin menjalani kehidupan di Pohjola setelah grad, member harus memiliki Kantele untuk mengumpulkan semua yang mereka punya agar memiliki Sampo sebagai jaminan setelah grad. Jalan untuk mendapatkan Sampo tidaklah mudah, banyak halangan terutama setelah memutuskan pergi, apa member siap untuk itu?

Punya pendapat lain tentang graduation dan efeknya bagi tiap member?

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

66 Comments

  1. Ane masih agak gimana kalau misal iku grad. Meski sekaranh dia dapet penghargaan, bisa aja dia tiba-tiba tenggelam. Contoh aja acchan dulu. Dia sering dapat job dan penghargaan sewaktu masih berstatus member, cuma sekarang paling banter masuk nominasi. Group masih berperan besar bagi iku.

    Dan begitu juga maiyang. Mungkin dia bisa kayak nyan yang masih populer jadi model, cuma gak menjamin itu bakal lama. Apalagi nanasayang. Dia yang paling belum jelas bakal kemana kalau udah grad. Mau nyanyi, bakal susah. Akting, duh mending jangan. Dan model, gak bakal bisa. Emang biasanya member populer dari group kalau udah grad bakal ngambang. Kecuali hashimoto kanna yang emang populer sebagai individu daripada sebagi member groupnya. Duh berat bahasannya soal grad 😀

    Like

    1. Tentu semua bisa kejadian, makanya ane juga berkaca sama kasus Acchan. Kalau membernya pengen lanjut di entertainment, harus siap sama keadaan begitu udah lepas dari status idol. Nah, Iku mungkin sedikit lebih bagus soalnya stage yang dia mainin dapet reaksi lumayan dari kritikus, kalau Double Suns mungkin jalannya di modelling, tapi itu juga harus diinget karena status idol mereka sekarang ini.

      Like

    2. Ya iku setidaknya lebih bagus karirnya ketimbang acchan. Nah maiyang kalau modelling emang paling bagus buat dia, tapi apa nanasayang juga? Dia fashionable, cuma kalau mau lanjut jadi model bakal kurang. Apalagi kalau mau jadi aktris. Emang nanasayang dapet tawaran job jadi pemeran utama, tapi ane yakin 80% itu karena dia yang paling populer di fandom. Cuma ya ane doain supaya kalau mereka grad mereka udah punya target masinh-masing

      Like

    3. Iku grad aja masih belum udah ngomong bagus aja 😀

      Kalau target mereka nikah dan menjalani kehidupan normal, dukung enggak? *serius tanpa delusi

      Like

    4. Ya kan emang bagus min. Masa mau bilang jelek kalau kenyataannya bagus? 😀

      Dukung lah. Cuma ya harus bertapa mendaki gunung dan menuruni lembah terus mandi kembang tujuh bulan baru bisa ikhlas 😀

      Like

    5. Ya kan udah sering ditulis di artikel dan komen kalau bagus selama masih jadi member =/= bagus pas udah grad 😀

      Ikhlasnya gak ikhlas itu namanya 😀

      Like

  2. Sama dengan pandangan ane. Hanya 2 member yg lumayan cerah setelah keluar Nogi, Iku dan Maiyan. Lainnya masih burem. 😀
    Menurut ane, lama waktu bergabung dengan grup Idol yg pas itu antara 4-5 tahun, setelah itu grad. Grup Idol bisa jadi tempat belajar tentang dunia hiburan dan bonus dapat popularitas buat bekal karir didunia hiburan. Kalo mereka bisa manfaatin masa saat bergabung, banyak keuntungannya. Mulai dari ilmu, informasi jadi tahu sistem kerja di dunia hiburan, membangun koneksi contoh suksesnya Sasshi, dan cari bakat yg ada didiri mereka.
    Jadi, berdasarkan itu, member yg sekarang seharusnya grad dan tancap gas, selain Iku dan Maiyan:
    – Asuka, dia karir modelnya mantab, diakui Bubka, jadi setahun lagi, bisa grad mulus + masih muda juga.
    – Rotti, bisa jadi penyanyi atau pengarang lagu. Musikalitas dia ga perlu diragukan lagi.
    – Iko, langganan jadi talent acara TV.
    – Maichun, pas banget usianya udah uzur + puncak popularitas. Kalopun gagal, bisa jadi OL.
    – KTK…dia mau lulus kapanpun pasti sukses! 😀

    Kalo soal Yumi. Agak khawatir, karena belum ada pandangan jelas gimana dia ntar. Drama musikal dan akting mungkin jadi cita2 dia. Tapi, bisa dibilang, dia masih dikalangan standar ke bawah. Kalo aja dia bisa dapat proyek gede dan penting, bisa jadi titik balik dia. Sampai sekarang, apa ada proyek sekelas itu? Memories Matsuko termasuk itu ga, min?
    Dan soal kemampuan desain Yumi. Meski pernah menang Nika, sekarang kayaknya ga kedengeran lagi. Apa dia udah ga fokus dibidang ini? Tapi, kalo menurut ane, ini bisa jadi bidang yg pas buat dia. Dia bisa jadi desainer, bukan seniman, dan keluar dari dunia hiburan, buat fokus dibidang ini. Setidaknya aman buat masa depan dia, meski ga seglamor dunia hiburan.

    Like

    1. Too bad, Sasshi punya resources yang memadai dan dia tebel kuping, ane gak bisa bayangin member Nogi yang banyakan humble kuat diteror kaya Sasshi.

      Ashurin punya keunggulan di umur, tapi kalau cuma jadi model, ujung2nya paling kaya Takeda Rena, main film medioker doang.
      Rotti belum tentu bisa jadi komposer, inget bisa nyanyi dan bakat nulis lagu itu beda.
      Maichun sih enteng aja bisa terus jadi OL, atau gabung sama OL idol sebelah 😀

      Memories of Matsuko cukup berhasil, tapi ane juga gak nemu review yang bilang kemampuan Yumi bagus, lebih banyak yang muji skenarionya. Mungkin dia lebih cocok stuck ke desain grafis, lebih santai gak terlalu menuntut, lagian pasti banyak yang mau dibikinin desain seandainya Yumi grad, mantan idol nasional gitu.

      Like

  3. Pertama liat judul ane kira Shampo mandi 😀

    Hampir sama min pendapatnya.
    – Ikuchan kalo grad punya masa depan yg bgus di bidang musikal, jadi Iku aman.
    – Maiyan bisa nerusin jadi model, tapi entah kenapa firasat ane dia gk akan terlalu lama jadi model. Maiyan harus cari sampingan yg lain.
    – Naachan masih agak burem masa depannya, ditambah sosok pemalu nya itu. Entah jadi apa kedepannya Naachan tapi moga aja dia sukses berkarir setelah grad.
    – Ikoma & Manatsu mungkin bisa jadi pengisi acara di acara – acara TV karena mereka emang bagus di variety.
    – Ashu masih muda, moga aja gk akan grad cepet cepet. Semoga aja pas dia grad udah jelas karir selanjutnya gimana.

    Untuk yg lainnya ane masih bingung, masih belom jelas gimana, apalagi sekarang usia udah banyak yg mateng buat grad.

    Kalo Maimai dia sekarang gimana min ?

    Kalo Waka grad langsung pinang aja min 😀

    Like

    1. Udah ane duga 😀

      Kalau selain member Fukujin, ada pandangan soal kelanjutan karir mereka?

      Maimai sekarang masih dapet peran2 kecil di dorama, sama jadi selebgram di kalangan fandom 😀

      Kalau sama Yumi sih udah, jadi gak usah dipertanyakan lagi 😎

      Like

    2. Entahlah min kalo selain Fukujin
      – Karin mungkin masih tetep bawain acara2 TV
      – Mahiro mungkin bisa jadi penyanyi cafe2 gitu min 😀

      Buat non fukujin yg lain masih burem kaya agan agan diatas.
      Mungkin Johnson bisa jadi Rapper join sama Wanyudou-san 😀

      Buat sisa member Fukujin mungkin bisa ngikutin jejak Maimai

      Mantap, yaudah Ashu buat ane aja 😀

      Like

  4. Oide shampooo….(bukan ya???)😆😆😆

    Iku dan Maiyan bisalah tetap bersinar meski udah grad dari nogi tapi akan tetap sulit melepas bayang2 nogi.setidaknya org2 akan tetap mengenal mereka sbg ex-nogi.Sama seperti aachan yang lebih dikenal org sbg mantan ace nya AKB,ketimbang ‘penyanyi dengan single brjudul seven code’.
    Begitu juga nantinya Iku dan Maiyan,mungkin karena nama mereka udah terlalu besar di nogi

    Untuk Naachan,ane setuju,masih abu2,,,masih terlalu nogi,sebaiknya ikutin jejak harunyan aja.Masa depan Naachan selain model,apa sih?

    My Iko dan Manathan bisalah sibuk variety,,passion mereka ada disitu,atau iko ke indo aja,tv disini lagi boomingnya variety2 absurd😆😆😆😆belajar sama haruka aja,,,hahahaha

    Peluang terbesar untuk menjadi lebih terkenal jika sudah grad adalah Rotti,,mempunyai peluang dan daya ledak tinggi

    Ada gak sih,mantan idol yang memiliki nama besar setelah grad bahkan lebih terkenal lagi daripada saat mreka masih di dunia idol?

    Like

    1. “Ada gak sih,mantan idol yang memiliki nama besar setelah grad bahkan lebih terkenal lagi daripada saat mreka masih di dunia idol?” <- HASHIMOTO KANNA 😀

      Like

    2. “Ada gak sih,mantan idol yang memiliki nama besar setelah grad bahkan lebih terkenal lagi daripada saat mreka masih di dunia idol?” << Ada Beberapa Gan/Sis… Tapi Yang Paling Fenomenal Itu Aya Ueto Sama Nakama Yukie

      Like

    3. @zidan:Kanna ex rev from dvl ya?yang katanya idol yg muncul sex 1000 tahun itu ya?

      @brokoli: Aya ueto yang main film azumi 1 dan 2,nakama yukie film sadako juga idol dlu ya?wah baru tau
      Takahiro Morita dulunya jug idol?wah ternyata lumayan banyak juga ya,,,,

      Kalau ex member idol aki p?

      Like

    4. Iya Gan, Aya Ueto Itu Yang Jadi Azumi Dan Nakama Yukie Itu Yang Jadi Sadako….
      Taka One Ok Rock Dulu Itu Anak Johnny’s Gan 😀 Tepatnya Tergabung Sama NEWS (Fans 48 Pasti Tau Soalnya Ini Itu Grupnya Tegoshi 🙂 )

      Kalo Ex-Member Aki-P Yang Sukses Setelah Grad Ada Beberapa Gan Diantaranya
      – Shizuka Kudo (Ex-Onyako Club) : Tetep Dapat Banyak Job Sebagai Singer + Lagunya Enak2 Dan Cukup Laris. Salah Satunya Lagunya Juga Jadi Salah Satu Lagu Favorit Ane https://goo.gl/J4YqMW
      Selain Itu Doi Juga Sukses Jadi Istrinya Aktor Yang Membintangi Drama Dengan Rating Tertinggi Sepanjang Sejarah J-Dorama Sekaligus Idol Johnny’s Paling Tenar Kimura Takuya.
      – Nyan Nyan (AKB) : Masih Sangat Eksis Sebagai Model, CM Yang DIbintanginya Banyak Tayang Pas Jam Prime Time
      – Achan, Yuko : Meskipun Tidak Setenar Dulu Tapi Mereka Masih Sering Main Drama Bahkan Mereka Udah Beberapa Kali Maen Drama Prime Time Yang Ratingnya Tinggi.

      Tapi Diantara Mereka, Idolnya Aki-P Paling Sukses Adalah Mamiko Takai (Ex-Onyako Club) Yang Sukses Menggaet Bosnya Sendiri (Baca: Aki-P) 😀

      Like

    5. @kid, Naachan paling mungkin jadi host acara anak2, selain jadi model. Kalau jadi aktris sih jelas susah kemana2.

      @all, kalau ex-idol yang jadi lebih populer sih setuju nama Kanna, terus ada yang medioker kaya Ami Kikuchi (yang pernah muncul di Keyakake) lumayan sering muncul di TV, sama kaya banyak ex-Hello Pro. Terus ada juga ex-idol yang sukses internasional, Suzuka 😀

      Like

    6. Kalo Kikuchi Ami Mah Setelah Grad Dari Idoling Jarang Dapat Job Gan…
      Kalo Ex-Hellopro Banyak Yang Berhenti Dari Dunia Entertain Meskipun Pas Masih Jadi Idol Punya Nama Besar Macam Sayumi Michishige ❤ Dan Momoko Tsugunaga

      Like

  5. Sampo ini mirip periuk ajaib yg ada dicrita2 rakyat itu y,macam priuk ajaib istrinya jaka tarub dan istrinya si danau toba. Yg klo smpe diintip sisuami bakal ilang keajaibanya yaitu mnghasilkan beras.
    Pada ngomongin grad,kayak kuat aja klo bneran kejadian 😀
    Ikuchan emg brsinar di musical tp kyakx dy blom pngen grad dlu dlam waktu dkat krn di SR album kmren di nyeletuk klo digrup dia bs jd drinya sndiri sdangkan klo pas dilingkungan musikal harus jaim jd dy krg nyaman. Dan masa depan ikuchan setelah nogi udah jgn ditanya dg capaian spt skrg sprti yg ane ungkapin dikos sblah dlu,masa dpanx udah bak digelarin karpet merah plus lmpu sorot udah ngarah ke dia tinggal jalanin aja 😀
    Dtmbah si kakek ikuta jg dri lingkungan teater/musikal,jd y bs dkira2 sendiri lah 😀
    Dan lainx ane prediksiin yg diatas usia 20 aja y
    -maiyan,emg g slamanya bkal didunia model tp dg wajah macam maiyan dan fashion sense dy bs lah mnimal jd ambasador merk tertentu ato jd tv personality
    -naachan,setuju ama agan masih abu2 lgian naachan sendiri ngakuin klo dy lack of motivation jd asal jalan aja. Ini yg bahaya smoga dy bs brubah dan g cm ngandalin doiyasan aja 😀
    -misa senpai, sblumx dy udah trjun di dunia hiburan dluan jd dy udah tau bkal kayak gmn slanjutx. Dan ane harap sih g trperosok dunia hitam tp jd pngisi acara yg agak mnjurus kmungkinan ada 😀
    -maichun,OL/pnyiar radio krn tmpat krja asalnya kyakx brgrak dbidang media jg
    Ringo,seiyuu meski hrus brbuat lbih kras lg krn efek scandal. Lgian klo g brhasil kuliah lg aja toh pinter ini
    -ikoma/manatsu/kaz, variety,tv personality dan khusus kaz dy mngkin bkal lbih mndalami dunia tulis menulis krn di nlog dy srg update soal karyanya.
    Sayunyan, jd gdis yg prlu ditolong di film2 sentai/tokusatsu 😀
    Tp sbagian bsar anak2 nogi klo grad nnti kyakx bakal nerusin karir stageplaynya krn udah dkasih modal itu diawal. Kayak mai2,nene,seitan.

    Like

    1. Kurang lebih begitu, tapi bacaan ane impor sih 😀
      Kalau grad, tergantung siapa yang grad, tapi misalkan Yumi & adek2 ane, ane sih bakal lanjut support dua2nya. Childish aja oshi grad ikutan grad 😀

      Apalagi Ikuchan punya Romeo *ini satu2nya ship yang mungkin bakal diiyain sama fans sepanjang sejarah idol 😀

      Maiyan paling mungkin lanjut modelling, Naachan entah kenapa ane mikir dia bisa jadi MC di acara buat anak2, Misa kemungkinan besar kembali jadi senpai, Maichun bisa gabung grup OL idol, Sayuringo jadi seiyuu, Bebitan jadi ilustrator/desainer, Lord Kotoko jadi Lord yang sebenarnya 😀

      Like

    2. Cintailah ploduk2 indonesia gan 😀
      Lokalan aja bnyak smpe nyarinya ke negri mika hakinen sgala.

      Hahaha,kyak memberx momusume yg jd istrinya yamazaki ikusaburo, jelas ane setuju bgt klo kasusx kyak gtu.
      Dripda hdup mnderita hdup digbuk kos sbelah, MIRIS DAN MASA DEPAN SURAM 😀

      Soal naachan dy pikiranx random bgt dtmbah keberuntungan dy jg bagus jd y smoga aja itu lnjut smpe lulus ntar tp titik blikx bs ada di projek asahinagu klo bgus bs jd modal klo jeblok yasudahlah 😀
      Marika pernah ngomong dlu klo g di doko ato dmn gtu klo dy pngen jd sutradara dan itu ane aminin. Lgan krya di indvidual pv kmren udah bgus dtmbah pas nogibingo7 kmren. Dy tau hrus ambil angle mana.
      Maichun bs lgs nyenter entar dgrup itu 😀
      Lord KTK mah g bkal grad smpe umur 30 trus stelah grad pngen jd OL, trus ama maichun diajak gbung grupx yg baru agar bs mnguasai dunia peridolan 😀

      Like

    3. Ane cinta lokal, tapi malah dapet cobaan, contohnya #AksiBelaIslan 😀

      Duh, jangan digedein lah miris dan suramnya, yang bersangkutan lagi mau pindahan tuh 😀

      Punya taruhan berapa Asahinagu bakal sukses?
      Bebitan jadi sutradara? Ane sebagai abangnya cuma bisa support, tapi alamat dia bakal nyeleneh, bikin film2 yang artsy 😀
      Kalau Maichun gabung aja udah narik perhatian, apalagi kalau Kotoko diajak, tamat riwayat monopoli Aki-P 😀

      Like

    4. Ini satu lgi barisan sakit hati,tp ane jg setuju kok #aksibelaislan. Gila aja kagak trima ane chelsea ama tuh makhluk,smoga cepet putus g trvarokahi 😀

      Itu tanda sbenerx suruh ngelepas ikuchan utk bebas dan bahagia brsama romeo 😀

      Ane g brani taruhan gan,apalgi ini bulan puasa takut dosa 😀
      Ane dlu jg g trlalu brharap bnyak sih tp stelah iku masuk ane ckup pnya harapan, yg jelas ane udah sgt seneng bakal bsa liat akting anak2 nogi lg mlalui film krn jlas beda akting stageplay dan film.
      Hahahaha,entar malah aki-p yg nyembah kotoko.

      Btw g ada yg khawatirin nasib anak under stelah grad nih?
      Yg jlas diantara anak under karir karin yg ckup bsa mnjanjikan melalui shogi. Oh y td ada rilisan trbaru soal karin klo dy dpet ngisi acara disney channel yg kira2 tyangnya bulan july ntar. Akhirx karin dilirik jg ama disney pasti sneng bgt tuh anak 😀

      Like

    5. Ane denger kasus ini udah kaya matinya harapan di dunia entertainment dalam negeri 😀

      Udah ikhlas ya kayanya *mana orangnya nih 😀

      Ane harap kualitas aktingnya meningkat dari Bemars, kalau masih kaya gitu aja sih alamat deh. Kena bash lagi mereka.

      Under? Jelas lah khawatir, paling banter ya cuma bisa jadi solois atau radio DJ.
      Ada beritanya soal Karin & Disney? Dimana?

      Like

    6. Yah jgn jadiin bemars sbg patokan dong gan,tuh drama kan cma fanservice doang. Lgian udah 2 taon ini dtmbah main bnyak stageplay pula pastinya ada peningkatan dong 😀

      Wah2 di agan ngeremehin under nih 😀
      Dan lagi2 karin dilupain, gemes ane 😥
      http://www.nogizaka46.com/smph/news/2017/06/post-12547.php?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter&utm_campaign=officialnews?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter&utm_campaign=officialnews
      Satu lagi dri blog karin
      blog.nogizaka46.com/karin.itou/smph/2017/06/039239.php?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter&utm_campaign=officialblog?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter&utm_campaign=officialblog

      Karin bakal ngisi disney traveler yg mana bkal syuting diatas kapal pesiar 👍

      Syg bgt sih brita ginian g diangkat dikos sbelah,lgi2 anak under yg trpinggirkan 😢

      Like

    7. Bukan “pastinya” tapi “semoga” soalnya review Asahinagu, tau sendiri kan?

      Ane sih jujur aja, info utama berita dari Twitter atau 2ch matome. Males buka webnya Nogi 😀

      DIsney cruise ya, itu harga tiketnya aja bikin nangis darah, enak bener dah Karin. *fans Disney yang iri

      Biasa, disebelah yang punya kos itu nepotisme, sama yang diincer yang diutamakan 😀

      Like

    8. Hasil akhir asahinagu ane rasa so-so krna ada individu yg aktingx bagus ada yg kurang jg.

      Tuh info jg blom ada yg bahas dmn2 kok gan, fansub2 jg blom ada yg nyikut tuh brita. Taon ini karir karin mantep jg ane hrap dg job disney ini bsa bawa karin masuk senbatsu 18. Krna image karin summer bgt siapa tau ntar bs bkin mv single 18 di kapal pesiar 😀
      F.A.B.O.U.L.O.U.S!!!

      Like

    9. Ane mewakili bpk kos sebelah (GeEr aja ini)

      klo soal berita, bukan cuma soal berita Karin yg gk di up, kesibukan kawago sang model terlupakan di event popteen aja gk di-up, bapak kos sebelah emng pilih kasih 😀

      Like

    10. @kochan

      Nah, itu seenggaknya bisa kasih gambaran kan?

      Kalau buat 18th, ane rada ragu sih Karin bisa masuk meski ane yakin dia bisa masuk senbatsu tahun ini. Odds-nya kecil.

      @conan, ente emang siapanya bapak kos sebelah? 😀

      Sama keluarga sendiri aja pilih kasih, tuh tukang ramen diresmiin aja gak woro2 atau apaan boro2 syukuran 😀

      Like

  6. Yg dibayangin baca judulnya: https://goo.gl/EuP5oN
    Yg dibayangin pas kalimat pmbuka ada soal finland: https://goo.gl/ZZkia3

    Disini bnyak yg meragukan Naachan ya yg ane baca, ane pernha bilang kyknya, ntah disini atau di kosan sbelah, Naachan ada bintangi variety jg kan, yg judulnya Lion2 apa itu, brhubung ane gk sedot tuh filenya jadi ane gk tau, tpi setidaknya dri situ Naachan jg dpt pengalamn lah, mudah2an bisa jadi bekal masa depan dia klo gk sma grup lagi 🙂
    Dan skrng dia dipercaya jadi pemeran utama film, jadi mungkin ada bbrp pihak yg ngakuin kualitas akting Naachan, lumayan amanlah kyknya nih anak 😀

    Ikuku oklah dah dibahas sama miminnya sama pengunjung lain.

    Miona gmn ya?

    Like

    1. Shampoo yang ente pake ya itu? 😀

      Lion no Guutachi? Itu cuma jadi MC kok, jadi gak bisa dibilang bisa jadi bekal juga. Tapi kayanya emang Naachan cocoknya jadi yang begini.

      Loh, cuma karena udah dibahas jadi gak mau bahas Iku nih? 😀

      Miona? Jadi Jason 13 aja 😀

      Like

    2. Gk sanggup beli pak, mahal sampo merek itu, tony stark aja gk sanggup beli 😀

      Yah bisa dibilang bekal juga lah pak, atau bisa juga jadi lahan buat cari perhatian orng2 dibalik layar 😀

      Bukan gk mau dibahas pak, nulis komen ini pas tau kosan kena lapor 2x, mumet kpla semalam, sibuk nge-backup 😀

      Dia sampe DO kan demi dunia showbiz, mudah2an ja bisa ttp di dunia showbiz klo dah lulus, model? mudah2an 🙂

      Like

    3. Beli sampo itu gratis replika Mjolnir 😀

      Ane sebenernya punya tanggapan yang jauh lebih keras soal cari perhatian produser, tapi ini butuh tempat khusus.

      Apa guna itu bini 7+5 kalau sakit kepala dikit aja ngeluh? 😀

      Mentang2 baru jadi M-series ngarepnya lari ke modelling 😀
      Miona udah cocok jadi pemain film horor aja, atau buat dia jadi bintang dengan shooting di Labyrinth of Fear sendirian 😀

      Like

    4. Jgn2 justru replika Mjolnir nya yg bikin mhal tuh sampo 😀

      Hahaha, tkut ada yg tersinggung ya sampe harus butuh tmpat khusus? jadi, dmn tmpat khususunya?

      Ane cuma berbagi hal2 kebahagian sama mereka, ane gk tega klo berbgai mslah trus liat mreka khwatir n nangis, aku tuh gk bisa liat yg kyk gitu 😀

      Hahaha, dan spertinya stage asahinagu juga buat dia suka dunia stageplay, mudah2an jadi langkah bagus, trus ikutin jejak Ikuku 😀 (emot lope disini kyk gmn sih bikinnya?)

      Like

    5. Yang bikin mahal tuh kumis jenggotnya 😀

      Ane masih susah bikin page-nya, soalnya butuh password segala. Atau di hangout aja? 😀

      Cuma kebahagiaan doang yang mereka bagi? Ente suami atau pesuruh? https://goo.gl/fVcxvi 😀

      Oh iyakah dia suka stageplay? Siap ikutin jejak Iku? Ente udah siap nangis darah lagi? 😀
      Pake mau hiasin emot merah pula, cari tahu sendiri aja 😀

      Like

    6. Hahahaha

      Hangout yg kmarin ane bikin aja sampe bersarang laba2, kyknya jrng yg ngecek hangout 😀

      “Cuma kebahagiaan doang yang mereka bagi?” ane yg berbagi kebahagan aja ke mereka, klo kesulitan enggk ane share, ane kan gk tegaan klo liat mata bini2 atau adek2 ane berkaca-kaca gra2 khawatir mikirin ane 😎

      Pait emng, tpi mau gmn lagi, demi terwujudnya cita2 mereka, bara api pun siap ane telan, hahahahaha
      Tes dulu ❤

      Oh iya, bicara soal job gini, kok Keya yg booming jrng dpt job kyk membernya tmpil diacara lain, atau bintangi produk gitu ya? ya meski baru tpi kan kehadiran mereka termasuk wow jg, msk gk ada yg mau manfaatin ketenaran mereka, sejauh ini CM keya udh ada brp ya?

      Like

    7. Ane ngecek sih, sebulan sekali 😀

      Di rumah gak bagi kesusahan, di kosan sendiri dan di kos orang lain kerjanya ngeluh doang 😀

      Karena kesusahan sembako, sekarang ente mau debus? 😀
      Wah gawat bentar lagi kerusuhan merah ini 😀

      CM? Ane ingetnya Lotte, sama yang seifuku itu. Kayanya cuma itu aja sih. Yah, santai aja, toh masih baru setahun, masih panjang jalannya jangan kemaruk 😀

      Like

    8. Nah ente yg rajin aja (wueeeek) cuma liat sebulan sekali

      Emng ane pernah ngeluh selain ngeluh soal bini2 n adek2 ane yg diserang srigala? kyknya ane gk pernah ngeluh soal kehidupan ane 😎

      Hanaya berusaha mengingat kembali ilmu yg ane pelajari selama seminggu waktu di banten 😀
      Wah tesnya berhasil ya.
      ANaKaMiRiKaRu MiRiaNoMiYoko
      ❤ ❤ ❤ ❤ ❤ ❤ ❤ ❤ ❤ ❤ ❤ ❤
      😀

      4 brrti, pertama CM yg pake them song simajo, lupa ane nama produknya,
      satu lagi yg manipa2 apa gitu, yg card itu

      Like

    9. Duh muji pake tepuk tangan segala 😀

      Bukan ngeluh soal diserang serigalanya pak, tapi soal kuota 😀
      Sama kalau deket sama Romeo 😀

      Gak komen ah takut dibilang rasis kalau komen soal daerah 😀
      Merah dimana2, dasar serigala 😀

      Mechakari iya sih, tapi itu udah lama banget. Kalau yang card ini ane gak tau. Link?

      Like

    10. Kok di tempat ane kaya tepuk tangan? 😀

      Kan, kenapa gak dishare sama bini aja? Takut dipandang kasihan ya? 😀
      Katanya ngedukung, ujung2nya ngeluh juga 😀

      Jangan ikutan kaum bumi datar dan patih Gaj Ahmada lah 😀
      Kayanya sekarang bakal sering merah 😀

      Ah iya ane lupa yang ini. Abis cuma satu versi, itu juga hypenya cuma seminggu.

      Like

    11. Situ sehat pak?

      Kan dah ane bilang, ane gk tega klo liat bini2 n adek2 ane ikut sedih, apalagi cuma mslha kuota 😀

      😀
      Asal merah di nama bini2 n adek2 ane sndiir gk mslah kan? 😎

      Bilang aja lupa gra2 fktor umur, salahin soal hype cuma seminggu sgl 😀

      Like

    12. Enggak 😀

      Bilang aja takut dikasihani 😀

      Iya aja lah iya 😀

      File download CM ini juga ane gak yakin udah download atau belum, soalnya gak ada di folder sih makanya lupa 😀

      Like

    13. Pantesan 😀

      Ya, takut dikaishani krn mereka terlalu asyang sma ane 😎

      😀

      Ckckckckck,
      * gk tau mau bales apa 😀

      Like

    14. “Belum ada tanda2 senbatsu ya?” <- nah skrng ane yg bingung mau jawab apa atas pertanyaan ini, ente dah tau kan jawabannya 😀

      Like

  7. Baca2 di Nikkei kemaren ada yg review kalo Cosette nya Iku adl yg terbaik. Dan boleh dibilang, Cosette Iku adl yg paling ikonik dan hampir menyamai fenomenalnya Cosette nya Saito Yuki. Pas ane bandingin dg performnya Kanda Sayaka, emang penampilan Iku lebih solid, meski konon kadang volume suaranya kurang stabil (problem jamak buat aktris musikal nubi)

    Iku

    SayaKanda

    Dia sbg idol punya dy mobilisasi yg besar. Tapi poin plus pas dia udah bikin performa ikonik sbg Cosette. Untungnya dia ga sepenuhnya aji mumpung. Dr sblum masuk nogi udah jelas kapabilitasnya sbg aktris anak. Jd boleh dibilang Iku aman. Dia punya semuanya sbg entertainer: nyanyi, instrumen, akting, visual, variety. Dan dia juga berani ambil tantangan dan risiko. Di Asahinagu, Iku dpt peran yg paling menantang, antagonis, intens, plus butuh belajar dialek.

    Maiyan, sbg model ga perlu dipertanyakan. Dia udah nge boom. Dia hanya perlu rajin2 ikut project akting. Siapa tahu nanti bisa mengikuti jejak Karina (yg dulu jg model Ray), Kiritani Mirei, Nanao, dan Sasaki Nozomi. Akting biasa, tapi ttep laris, karena cantik dan populer.

    Nanase, sebenarnya punya kans buat jd seperti Atsuko Maeda. Cuma kalau Nanase = N46 sepertinya kurang tepat. Nana paling populer di kalangan wota, tp dia bukan wajah nogi. Ini yg bikin ga hbs pikir. Udah 3 tahun ga pernah tergeser dr 3 besar. Dapet screentime, job luar, dan selalu jd prioritas buat mewakili grup, tapi di luar popularitas masih nyangkut di urutan ke-4 . Dia punya banyak peer kalau mau lanjut. Jd inget idol lokal. Nana seperti Veranda. Ikoma = Melody, Maiyan= Harugon, Iku=Nabilah.

    Ikoma, Manatsu, Kazumin, mereka bisa jd TV talent.

    Mattsun, dia juga udah di trek yg bener. Cuman masih agak cemas. Kslau ke depan gabung di SME. Makin mulus jalan dia ke depan. Agensi powerful.

    Asuka, dia tipe yg populer di kalangan wota. Tapi juga punya potensi buat boom ke luar. Asal dia ga terjebak posisi nyaman kayak Nanase.

    Semua member yg cukup punya bekal untuk sukses di luar berani ambil risiko.

    Maiyan, PB dia paling berani tapi imbang dg kualitas jd ga murahan. Dia juga berani profesional totalitas di loan shark.

    Iku, dia berani mendidik fansnya baut dewasa. Dia idol dan aktris musical, di panggung musikal dia harus profesional. Salah satunya urusan adegan kiss.

    Mattsun, dia kena skandal kelas kakap. Tapi berani bertahan di grup biarpun banyak anti. Muka tembok juga.

    Manatsu, dia pinter main karakter (fisher, object bully, ga bisa nyanyi).

    Ikoma, dia berani ngomong ceplas-ceplos biarpun kadang kena kritik penonton. Tp dia juga berani minta maaf. Kulit dia udah lumayan tebel lah.

    Ashu lebih berani dr Nanase. Tinggal keluar dr zona nyaman aja

    Like

    1. Iyakah ada yang review Les Miserables? Bagi link dong.

      Wah kalau Maiyan bisa kaya Nozomi sih ane bakal seneng tuh. TInggal butuh keberanian tampil menantang di movie 😀

      Fandom darling+management darling beda sama jaminan popularitas kan. Untungnya, Naachan cukup berhasil dan lebih jauh lagi, dia humble. Jadi gak terlalu di-bash, beda sama Acchan yang hatersnya numpuk.

      Sayuringo tinggal nunggu FILL IN gimana hasilnya, kalau seiyuu sih ane rasa aman. Ashurin udah boom diluar kan? Tapi ya sekedar itu aja, belum sampe level Hashimoto Kanna.

      Selain member2 ini, gimana dengan member2 lain? Capt atau Yumi misalnya? Atau Kotoko yang lagi booming?

      Like

  8. Emang sih, yg paling siap untuk lulus sekarang ya cuma Ikuchan sama Maiyan.
    Aktris selama ini udah dianggap sebagai jalan aman bagi idol kalau suatu saat akan lulus. Aktris musikal juga masih langka. Jadi bisa dikatakan masa depan Iku cerah kalau ngambil jalur ini.
    Kalau model, ane masih ragu. Shinoda Mariko yg dulu karir modelnya melejit, sekarang ya gak kedengaran lagi.

    Menurut ane, IkuMai lebih dibutuhkan Nogi, daripada mereka membutuhkan Nogi. Tapi sebenarnya jantungnya Nogi itu ada di Naachan.
    IkuMai (dan Ikoma) tugasnya untuk menarik perhatian publik. Sementara Naachan tugasnya seperti menjaga kestabilan fandom. Mereka sama2 penting. Tapi rajanya disini ya Naachan, seperti analoginya Karin di segmen Shogi di koujichu.

    Sebenarnya ane lebih tertarik ke “bagaimana Nogi bisa bertahan tanpa mereka” daripada “bagaimana mereka bisa bertahan tanpa Nogi”. Topik yang selalu jadi bahan bullyan Nogi di 2ch dan matome. 😀

    Like

    1. Ya meski hasil akhirnya mungkin cuma bakal selevel Maimai, masih bisa dibilang jalan aman emang. Seenggaknya fans gak kehilangan kontak sama idol.

      Kalau dibalik, ane sebenernya ada draft juga. Bagaimana Nogi bisa bertahan tanpa Fukujin? Udah ada rangkanya kok. TInggal tunggu waktu aja.

      Like

  9. Buanglah Sampo pada tempatnya! 😀

    Ane sebenarnya rada peduli setan juga soal grad. Kenapa?
    Ichiki Rena grad. Ngilang berapa tahun dari peredaran. Tau-tau udah jadi pembawa acara berita.
    Fukagawa Mai grad. Klaimnya mau kembali ke kehidupan normal. Tau-tau udah berada dibawah agensi yang menaungi aktris.
    Rumornya itu Hashimoto Nanami sebenarnya mau diajak gawe di intern SME. Di divisi N46LLC pula.
    Sayang buyar gara2 paparazzi.

    Intinya, masa depan itu ga bisa ditebak. Tapi meskipun random, mereka yang rawan lulus ini juga ga mati-mati amat. Kalau ga terus di dunia hiburan, masih bisa kok jual nama di dunia kerja. Banyak kan member yang ambil S1 macam Yamazaki Rena di universitas prestisius tanpa aktivitas Nogi-nya terhambat. Semua pasti ada jalannya.

    Gitu aja kok dibikin repot? 😀

    Like

    1. Awas didenger orang Finlandia 😀

      Hahaha, masa depan gak bisa ditentukan, ane jadi inget Dumbledore 😀
      Siapa aja member yang kuliah sih, selain Renachi sama Ikuchan?

      Yah, namanya juga fans. Apalagi ane, kalau gak ada bahan tulisan ya nganggur dong 😀

      Like

    2. Beberapa NMB, webshow SKE, Nogikoko ane udah skip 90%, HKT untung akhir2 ini skippable, AKB mah yolo lah. Drop jauh interest ane kalau episode lama.

      Perasaan ane udah bilang dulu dah. 😀

      Like

    3. NGT itu palingan yg show bareng HKT sama yg sekarang NiigataFurendo, masih belum ketinggalan.
      STU paling radio show/acara 5 menitan. Belum ada yang must watch. 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s