O Chart : Little Glee Monster

Back with monthly O ChartKali ini, aku akan membahas salah satu grup favoritku di jagad J-Pop sekarang ini; Little Glee Monster. Grup yang dibentuk tahun 2013 ini pertama kali masuk radarku di tahun 2015, thanks to someone else blog, dan langsung jatuh cinta. Kekuatan vokal LGM menjadi faktor utama, jarang-jarang menemui vokal seperti ini di dunia idol.

LGM beranggotakan 6 orang; Serina, Asahi, MAYU, Karen, dan manaka. Satu member lagi, Maju, sedang dalam hiatus sejak bulan April kemarin. Jika dibandingkan Nogi atau Keyaki, rataan usia LGM termasuk lebih muda karena member tertua lahir 1998 dan yang paling muda tahun 2000.

Ki-ka; Serina, Asahi, MAYU, Karen, manaka

Lgm_jm_solo1_6
Arai Maju

Sejauh ini, LGM sudah menelurkan dua full album, dua mini album, 8 single, dan satu DVD konser Budokan. Sebuah pencapaian yang tidak main-main untuk mengadakan konser di Budokan. Kehadiran LGM memberi warna tersendiri bagi dunia idol, dan kini di tahun keempatnya, LGM semakin menunjukkan taringnya. Langsung saja, ini dia playlist lagu-lagu LGM favoritku.

Jinsei wa Ichidokiri

Lagu pertama yang kukenal dari LGM, dan bagaimana mereka bisa membuatku jatuh cinta di bait pertama. That vocal, that beautiful MV. Kata-kata tidak cukup untuk menggambarkan impact lagu ini di telingaku pertama kali. So magic, jika harus kubandingkan, mungkin lagu ini mirip dengan saat aku pertama mendengar Not Ready to Make Nice-nya Dixie Chicks.

Sukida

Salah satu lagu LGM paling terkenal karena ada di Youtube. Bagian favoritkud dari lagu ini -meski ini hanya ada di MV- adalah saat member menyanyikannya secara acapella. Selain itu, konsep MV yang super simpel, aku berharap unit dari Sakamichi akan mengambil konsep ini juga. Well, Another Ghost sudah sedikit mirip memang. Dan juga, di lagu ini jugalah aku menjadi paling menyukai vokal Karen.

Lady Marmalade

Bukan lagu original, tapi harus diakui LGM berhasil membawakan lagu ini dengan superb. Lady Marmalade bukanlah lagu asli Xtina seperti video diatas, lagu ini sudah malang melintang selama berpuluh tahun. Secara tema, Lady Marmalade memang bukan lagu ideal untuk idol seusia LGM, tapi harmonisasi vokal mereka tidak bisa dibilang remeh untuk lagu sekelas ini.

Houkago High Five

Major single pertama LGM. Juga lagu yang meluncurkan mereka ke tempat sekarang. Jika melihat MV-nya, aku mengira ini adalah fraud pertama kali. Bagaimana vokal seperti ini bisa keluar dari visual seperti ini, dan untungnya, vokal mereka adalah asli. Mata elang SONY sekali lagi berhasil.

I Want You Back

Sama seperti Lady Marmalade, I Want You Back bukan lagu original LGM melainkan remake dari lagu Jackson 5. Di versi Jackson 5, kita mendengar vokal Michael yang mendominasi, di versi LGM, kita menemukan harmoni vokal keenam member. Well, hampir sama seperti mendengarkan 6 Michael dengan range vokal berbeda-beda.

Brand New Me

Sebelumnya aku sudah pernah menulis lagu ini sebagai salah satu wake up call favoritku. Dan alasanku masih sama, Brand New Me memiliki tema yang sangat enak didengarkan jika membutuhkan suntikan semangat.

Towa ni

Setahuku, lagu ini adalah remake dari The Gospellers. Well, butuh penjelasan lagi? Jika iya maka aku akan menulis satu kalimat saja; it’s as good as hell.

My Best Friend

Sangat easy listening dan masih menonjolkan vokal LGM. Jika dibandingkan, ini adalah Nogizaka no Uta-nya LGM, dan sesuai temanya, lagu ini menggambarkan hubungan persahabatan. MV-nya juga memperlihatkan kedekatan member.

Nandodemo

Masuk di album Joyful Monster yang dirilis tahun lalu, Nandodemo adalah remake dari lagu DREAMS COME TRUE. Untuk kedua kali LGM mengambil lagu dari grup senior ini, dan untungnya bisa memberi nafas yang berbeda pada lagunya.

Seishun Photograph -ballad version-

Di waktu yang sama dengan rilisnya single ini, Asahi dan Maju juga lulus dari SMA. Sesuai dengan judulnya, dan momen lulusnya dua member, MV lagu ini dibuat dengan suasana kelulusan. Dari segi lagu, mungkin lagu #2 favoritku di tema ini setelah Sakura no Hanabiratachi, tapi yang kusukai adalah yang ballad version, bukan yang biasanya.

Hop step Jump!

Funk as hell. Salah satu rilisan terbaik LGM sejauh ini. Intinya, musik yang dihadirkan tidak akan mengecewakan, baik dari aransemen maupun vokal.

Orange

Little_Glee_Monster_-_Joyful_Monster_lim_muffler

Sayang aku tidak bisa menemukan satu video pun untuk lagu ini. Sebagai nomor dari album Joyful Monster, lagu ini adalah emas yang terpendam. Jika melihat judulnya, sekilas seperti lagu musim panas yang ceria, tapi sebaliknya, lagu ini adalah lagu yang slow dan penuh penghayatan.

Ai ni Yuku

Little_Glee_Monster_-_Joyful_Monster_lim

Masih dari album Joyful Monster, Ai ni Yuku adalah lagu yang tidak terdengar banyak. Sama seperti Orange, sayang sekali lagu ini tidak dirilis sebagai single. Bisa dibilang Joyful Monster jauh lebih baik dari Colorful Monster, album pertama LGM dari segi kualitas lagu.

Little_Glee_Monster_-_Dakara,_Hitori_Janai_promo

Well, sebenarnya, secara general, aku menyukai semua lagu LGM. Setidaknya sejauh ini semua cocok dengan seleraku dan tidak ada yang meh. Hanya, beberapa memang kunikmati tapi tidak akan kudengar sering juga, seperti Watashi Rashiku Ikite Mitai atau Hajimari no Uta.

Sejauh ini LGM menjanjikan warna berbeda di dunia J-Pop. Single terakhir mereka Dakara, Hitori Janai menjadi OST anime Boku no Hero Academia, sementara lagu Shiawase no Kakera dan Go My Way! dari single yang sama menjadi theme song dari berbagai media. Selain itu juga berhasil mencatatkan angka 28.316 di chart mingguan Oricon.

Memang cukup banyak lagu mereka yang hanya remake dari artist lain, hal ini menjadi kekurangan LGM. Tapi yah, karena remake mereka bisa dibilang bagus, jadi sedikit tertutupi. Hanya saja bernaung di bawah SONY, aku jelas mengharap sesuatu yang lebih. Apalagi bakat mereka tidak bisa dianggap sepele.

Tertarik untuk mengenal grup ini lebih jauh atau malah sudah jadi fans mereka juga?

An-Interview-with-Japanese-Acapella-Group-Little-Glee-Monster-5-1024x683
Aku masih menantikan kembalinya Maju dan kembalinya 6-member LGM

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

70 Comments

  1. Wih Tumben Bahas Idol Diluar Aki-P Kingdom 😀

    Meskipun LGM Gak Termasuk 5 Besar Idol Group Favorit Ane (Nogi, AKB, Momokuro, HKT, Babymetal) Tapi Ane Cukup Demen Sama Mereka. Ane Mulai Demen Sama LGM Pas Nyanyi Towa Ni Di Zip Fest Tahun Lalu (Video Diatas) Trus Semenjak Itu Ane Mulai Nyari2 Lagunya Yang Lain Dan Akhirnya Ane Demen… 🙂

    Btw Ada Niatan Mbahas Idol Group Lainnya Kah?

    Like

    1. @Mac:
      Kemungkinan Tentu Saja Ada Gan…
      Tapi LGM Harus Bersaing Dulu Sama Keyaki, NGT, Flower Dan Tentu Saja Grup Yang Udah Masuk 5 Besar…

      Kalo Ingin Buat Artikel Tentang Momokuro Atau Babymetal, Ane Bisa Bantu Nambahin Referensi Gan 🙂

      =========================
      @All:
      Oh Ya Kalo Ada Yang Pingin Lebih Tahu Tentang Momokuro Ane Bisa Kasih Kisi2nya

      Cara Mudah Untuk Mulai Mencintai Momokuro
      -Dengarkan Lagu2 Momokuro Terutama Hashire , Naittemo Iindayo, Saraba Itohiki Dan Ikuze Kaitou Shoujo
      -Download Film Documentary-nya Yang Berjudul “Hajimete No Momoclo”
      -Nonton Shin Domoto Kyoudai Episode Tanggal 5 Feb 2012 Sama 26 Jun 2012
      -Dan Karena Kekuatan Dari Momokuro Itu Ada Di Konsernya. Jadi Download DVD Konsernya Terutama Yang Never Ending Adventure (Konser Pertama Momokuro Di Nissan Stadium Alias Stadium Terbesar Di Jepun Selama 2 Hari + Ada Roller Coasternya) https://goo.gl/8fg28j Serta Yang Tohjinsai 2014 (Konser Di Nissan Stadium Dengan Tema Jepun Culture Dimana Pada Hari Pertama Ada Badai) https://goo.gl/2HIXiI

      Like

    2. Baru nyadar ternyata KEyaki gak masuk 5 besar 😀

      BABYMETAL udah pernah dua kali, cuma itu tahun kemarin sih. Belum ada niatan bikin lagi. Kalau grup lain, yah, only God knows.

      Wah lengkap nih listnya. Entaran deh kalau ane butuh hiburan lain coba sedot 😀

      Like

    3. Ane Demen Keyaki Tapi Kalo Dibandingin Sama Nogi, AKB, Momokuro, HKT Sama Babymetal Mah Masih Kalah Gan….

      Eh Babymetal Udah Pernahkah???

      Kalo Agan Cari Idol Yang Ceria, Koplak Dan Benar2 Mulai Dari Bawah…… Momokuro Jawabannya 🙂

      Like

    4. @brokoli, gak masuk 5 besar karena gak ada “saham” kah? 😀

      Udah, yang pertama soal hubungan Nakamoto Sister, yang kedua soal tur Amerika mereka.

      Ciah promosi 😀

      @mas, ngikutin Momoclo juga kah? 😀

      Like

    5. @Mac:
      Saham??? Kurang Paham Ane Gan…

      Untuk Artikel Tentang Babymetal Disini Ane Gak Inget Sama Sekali, Entah Itu Kelewatan Atau Lupa 🙂

      Biar Makin Banyak Yang Demen Sama Momokuro Gan 🙂

      @Mas:
      Ane Baru Aja Nyoba Dengerin Yang Versi Tankobuchin…
      Enak Sih Tapi Ane Lebih Demen Yang Versi Originalnya (Apalagi Yang Versi Live) 🙂

      Like

    6. Masa gak paham? 😀

      Udah lama soalnya, pas awal2 blog ini. Waktu visitornya masih kurang dari 10 orang , belum go public 😀

      Ane gak bisa dipaksa *ciah 😎

      Like

    7. Owalah….
      Bukan Karena Itu Juga Sih Tapi Menurut Ane Keyaki Itu Masih Kalah Menarik Aja Terutama Di Varietynya #NoOffense 🙂

      Ane Masih Muda Om….

      Enaknya Bisa Libur Panjang….
      Kalo Ditempat Ane Yang Bisa Ngambil Libur Panjang Cuma Golongan Tua….

      Like

    8. Kalau soal variety emang Keyaki maish kalah kemana2 😀

      Lah bilangnya pelupa 😀

      Kalau gak ada libur panjang di tempat ane, bisa2 aja penjarahan 😀

      Like

    9. Ciri khas Keyaki sejauh ini masih satu kata “Tecchi” 😀

      Ya semoga aja, toh One Man Live kemarin juga dinilai bagus meski minim gimmick.

      Like

    10. Agree With You 😀

      Kebanyakan Konsernya Aki-P Kingdom Group (Selain AKB Kouhaku Uta Gassen) Sebenarnya Punya Problem Yang Sama Yaitu Minim Inovasi…. Tata Letak Panggung Yang Gitu2 Aja, Setlist Yang Hampir Serupa Serta Gimmick Yang Kebanyakan Cuma Lemparan Bola Dan Dadah Dadah 😀
      Bahkan Overturenya Pun Makin Lama Makin Kurang Wah Karena Dari Konser Ke Konser Yang Diganti Cuma Video Di Layar Saja 😀
      https://goo.gl/6smX2Z
      https://goo.gl/nWbtve

      Like

    11. Sebelumnya, Pengertian “Radikal Dalam Urusan Konser” Menurut Agan Itu Yang Kayak Gimana Yak??? Takutnya Beda Pemahaman….
      Soalnya Radikal Menurut Ane Itu “Fanatik Terhadap Suatu Prinsip”….

      Like

    12. Tata Letak Panggung, Kostum, Guest Star, Aransemen Musiknya Selalu Ada Yang Wah Dan Itu Ditiap Konser Beda2…
      Kalo Agan Liat Link2 Yang Ane Kasih Diatas Pasti Paham Maksudnya https://goo.gl/woi8sT
      Selain Itu Konser Mereka Selalu Ada Tema, Sebagai Contoh Konser Yang Bertajuk Tojinsai Yang Bertemakan Japan Matsuri. Konser Tojinsai Gimmicknya Beda2 Di Tiap Konsernya Meskipun Temanya Sama https://goo.gl/nWbtve

      Itulah Kenapa Mulai Dari Tahun 2014, Momokuro Selalu Jadi Idol Group Cewek Dengan Jumlah Penonton Konser Terbanyak 🙂

      Like

    13. Duh ane masih susah loading youtube, sinyal parah banget hari ini…. Keyakake sama Kojichuu aja belum download….

      Tapi ane ambil kesimpulan kalau Momoclo menang di gimmick konser ya?

      Like

    1. Ane udah dengerin jinsei,sukida,my best friend …gilaaa ada ya idol dengan suara se wow gitu,,,suka sama suara karen dan arai(mungkin karena 6 kali ya,langsung tanda org nya,itupun dibantu page ini😆😆😆😆)
      Kalau di indo kyk DARR besutan gita gutawa

      Like

    2. Karen sama Maju? Kalau Arai doang mah FD-nya Nogibingo juga itu namanya 😀

      Ane pass lah kalau dalam negeri, sukanya sama Raisyana doang 😀

      Like

    1. Subhanallah! Suaranya! Ga hanya teknik, tapi soulnya dapet banget! 😀
      – Jinsei wa ichidokiri
      Langsung nemu 2 member favorit, yg pake baju garis2 dan yg keliatan hesonya. Suara mereka pas dihati ane. 😀
      – Sukida
      Favorit ane. 😀
      – Lady Marmalade
      Buffering…. 😦
      – Hokago High Five
      Suka banget! Dan, teknik mereka bener2 keliatan disini! 🙂
      – I Want You Back
      Manteb! Tapi, ga ada yg bisa ngalahin magicnya Jackson 5. 😀
      – Brand New Me
      Lupa ane lagunya. 🙂
      – Towa ni
      Emang lagu pelan paling pas buat nunjukin kemampuan menyanyi seseorang. Dan disini, beuhh! Para monster ini tampil edan. Mata ane sampe berkaca-kaca. Teknik oke, tapi yg lebih ngena bagaimana mereka menghayati lagu. Sampai ada beberapa bagian yg kayak ngetrance gitu. Manteb max! Jadi pengen nonton konser mereka karena lagu ini. 😀
      – My Best Friend
      Suka! Aransemennya manteb. Dan scene di toko baju mengingatkan ane pada Yumi cintaku ❤ di Natsu Free dengan bibir seksinya. 😀
      – Seishun Photograph
      Ceria banget! Ane juga suka ini.
      – Hop Step Jump
      Funk genre ane, jadi suka juga. 😀

      Kualitas vokal mereka bagus banget, tapi yg paling penting gimana suara 6 orang ini bisa nyatu. Dan yg buat enak, soulful. Ane jadi malu sendiri dengan Nogi. Mereka kalah jauh dari segi vokal, apalagi pas liat Under LIVE kemaren pas Ayane center dan nyanyi solo di Hatsukoi. Bagai surga dan neraka. Peace! XD Pengen LGM besar, itu yg ane mau. 😀

      Like

    2. Baju garis2 & yang keliatan hesonya? Serina sama MAYU itu, niat nanam saham juga? 😀

      Alasan buat Lady Marmalade wow banget dah 😀

      Terlalu menjiwai dengerin Towa ni kayanya 😀

      Ane lebih suka Seishun Photograph yang ballad, jauh lebih ngena ketimbang yang ini. Coba aja dengerin.

      Ya namanya juga vocal idol group, levelnya pasti beda sama idol normal lah.

      Udah di Budokan, masih kurang besar? Susah lah apalagi mereka bukan idol kelas ikan paus-nya SONY kaya Sakamichi 😀

      Like

    1. Tadi baru download 3 file LGM yg ada di decade, 2 album 1 single, tinggal nunggu giliran buat ane eksekusi 😀

      Like

    2. Iya, kebetulan link 48&46 yg ane amanin dah numpuk jadi sekalian aja 😀

      Dah dengerin lagu2 yg ente tulis di atas, Hmmmm, sejauh ini blum ada yg bisa bikin ane tertarik ikutin nih group, lagunya enak tpi sebatas itu blum bisa narik selera ane. Ya mungkin gra2 ane cuma dngerin file mp3 gk sekalian liat video2nya, mungkin klo skalian liat MVnya bisa berubah penilaian ane 😀

      Yg salut dri grup ini ternyata membernya masih muda2 trus lagunya bnyk jug brbhasa inggris, pantes pronounce mereka OK, gk kyk IG nya aki-p 😀
      Suara jg Mantap.

      Ane mlh skrng lagi mau coba nyari tau soal SCANDAL, baru download 1 MV mreka, take me out

      Like

    3. Berapa jam nempel di kursi warnet? 😀

      Ya itu diatas kan ada MV juga, tonton kali pak. Jangan bilang gak keluar juga 😀

      Lagu English mereka itu coveran doang, tapi jelas jauh lebih mantap dari Inggris pinggiran Nogieigo 😀

      Ane mau bahas SCANDAL juga, tapi lagi males buat dengerin lagu2nya lagi 😀

      Like

    4. Cepet pak, warnet langganan ane tembus 6Mb buat download2 😀

      Ya itulah, sangkin fokusnya download file48&46, gk sempet sedot MV diatas 😀

      Oh coveran, bukan lagu ori mreka?

      Bahaslah gan, ya meski ane blum tau tpi stidaknya bisa kasih ane referensi buat sedot file mereka 😀

      Like

    5. Pantesan betah 😀

      DOwnload pake kuota 😀

      Perasaan ane udah tulis deh diatas 😀

      Ada yang minta Momoclo, ada yang minta SCANDAL, ane bahas TWICE aja entar 😀

      Like

    6. Oh iya pak, klo warnet ditempat ane cuma tembus 500kbps, ane berhenti ngidol 😀

      Lupa ane amnin linknya, klo link yg gk ane masukin ke notepad di flasdisk ane bakal gk ane sedot 😀

      Eh iya kah? 😀

      Ya paling ane cuma komen yg gk jelas klo ente Up bgituan lagi 😀

      Like

    7. Itu kan warnet, kalau di rumah berapa kbps? 😀

      Mabok lem pak? Kan itu MV-nya ada diatas 😀

      Baca atau liat gambar atau lompat komentar sih? 😀

      Cari saham baru lah di luar Sakamichi *mancing 😀

      Like

    8. Dirumah? 1mbps itu klo ngalong, selebihnya naik turun gunung 300~900 kbps 😀

      Iya, klo dah diwarnet tuh ane fokus ngamanin link yg udah ane masukin di notepad khusu link yg bkal disedot, nah MV2 diatas / link page ini lupa ane masukin ke notepad itu 😀

      Kyknya pas info soal cover lagu gk kbaca sma ane 😀

      Nah ini lagi mau cri sham laen, SCANDAl, bru download albumnya td, ntah album yg mana, maen sedot aja td 😀

      Like

    9. Wih Doyan Scandal Juga Toh Pak …..
      Ane Dulu Pernah Nonton Konsernya Di Tennis Indoor Senayan Dan Itu Pecah Banget…..
      Oh Iya Ane Rekomendasiin Coba Lagunya Scandal Yang Judulnya Harukaze, Namida No Regret, Shunkan Sentimental Sama Shoujo S

      Like

    10. @Brokoli:
      Baru mau cari tau gan.
      Kmarin2 maen ke yutub trus nemu video take me out mreka dan ane selalu lemah klo dengerin lagu yg di awal aja udah dipancing sama permainan gitar yg asik 😀
      Ok, kyknya lagu yg agan sebut ada di album ‘scandal’ yg bru ane sedot, tinggal play ntar 😀

      Like

    11. Hahahaha, kyknya klo ane mau cari asupan gizi lain diluar 48&46 pngan cari yg kyk scandal, yg konspenya band, bukan group vocal

      Like

    12. “selama ada yang bening?” klo soal inin bisa dikonedisikan lah, lagi bener2 nyari lagu yg bawa suasana baru buat ane, bosan jg hari2 asik sakamichi mulu 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s