XVIII Prediction : Planet Nine

Dalam solar system, kita mengenal 8 planet resmi; Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Sebelumnya kita mengenal ada 9 planet, dengan Pluto sebagai yang kesembilan. Tapi itu kini tidak berlaku lagi. Perdebatan tentang planet kesembilan dalam solar system masih berlanjut hingga saat ini, karena definisi “planet” yang dikeluarkan International Astronomical Union masih tidak disepakati semua pihak.

Pluto diturunkan menjadi dwarf planet di tahun 2006, dan penemuan beberapa dwarf planet memunculkan spekulasi bahwa jauh di belakang Kuiper Belt, di area terluar sebelum Oort Cloud, masih terdapat planet lain, bisa dibilang tetangga kita yang ada di ujung jalan. Sejak 1840, pencarian akan “Planet X” berakhir pada penemuan Neptunus di tahun 1846. Neptunus ditemukan berkat kalkulasi Urbain le Verrier berdasarkan gangguan pada orbit Uranus.

Di tahun 1900, Percival Lowell menciptakan observatorium yang dimaksudkan untuk menemukan Planet X. Lowell meninggal sebelum mencapai tujuannya, tapi Clyde Tombaugh menemukan Pluto melalui observatorium Lowell. Hanya memiliki massa 1/500 Bumi, Pluto tidak berada di kelas yang sama dengan planet pada umumnya. Hal ini juga tidak menerangkan adanya gangguan di orbit Neptunus, jadi pencarian masih berlanjut.

0x0

Di 2003, Sedna ditemukan dengan orbit elips 100-900 kali lebih jauh dari orbit Bumi. 2012 VP113 juga memiliki orbit elips yang sama. Begitu juga dengan empat dwarf planet lain. Orbit yang elips dan hanya di satu arah ini diteorikan akibat adanya obyek sangat berat yang mengorbit Matahari dengan jarak 600-1200 kali lebih jauh dari orbit Bumi.

Satu teori oleh Konstantin Batygin dan Michael E. Brown dari Caltech mengungkapkan 9th planet mengorbit matahari dengan jarak yang tak terbayangkan; 15.000 tahun untuk menyelesaikan satu kali orbit. Teory Batygin dan Brown ini masih harus dibuktikan kebenarannya, karena masih belum ditemukannya Planet Nine sampai saat ini. Super-earth biasanya berukuran 2-4 diameter Bumi, dan memang meragukan jika obyek sebesar ini masih belum ditemukan.

Keberadaan Planet Nine, jika memang ada, akan membuat manusia selangkah lebih maju dalam sains. Oke, aku sama sekali bukan kaum Flat Earth, I’m pretty much scientifically-based person. Bahkan bukan tidak mungkin, SpaceX akan mengalihkan fokus mereka pada Planet Nine alih-alih Centauri.

Sama seperti kedelapan planet di solar system, kita melihat delapan member sudah pernah merasakan zero position. Jika diurutkan; Ikoma Rina, Shiraisi Mai, Hori Miona, Nishino Nanase, Ikuta Erika, Fukagawa Mai, Saito Asuka, dan Hashimoto Nanami. Semua memiliki cerita sendiri selama 17 single, kini di 18th single, aku berharap pada Planet Nine, center baru yang akan mengisi posisi ini.

Dan bukan sekedar center baru, aku memprediksi bahwa nama-nama besar, yang belum pernah merasakan posisi center, terlibat dalam pemilihan center. Planet Nine dikatakan adalah Super-Earth, tapi tidak mencapai level Gas Giants. Jadi, mungkin dari sini sudah bisa ditebak siapa pilihan utamaku.

Untuk formasi, aku akan memprediksi sedikit lebih kecil dari Influencer, yaitu 20-nin senbatsu. Sementara untuk formasi, kembali dengan 9-6-5, aku lebih suka Fukujin dikembalikan menjadi lebih sedikit atau setidaknya tidak terus menambahnya menjadi Jyuu Fukujin+1/2 ketimbang terus memperbesar jumlahnya.

3rd row

Watanabe Miria (▲ newcomer Under)

Dalam 4 single terakhir, Under center selalu dipromosikan ke senbatsu single berikutnya; Miona, Hime, Hinachima, dan terakhir Ranze. Jadi tak muluk-muluk jika Miria akan naik kelas kali ini. Selain itu, Miria mendapat spotlight-nya saat ini, tak ada alasan dia tidak dinaikkan ke senbatsu.

Ikoma Rina (▼ 2nd row)

Jika harus memilih, Ikoma mungkin kembali terlempar dari Fukujin. Kembali ke Fukujin di Influencer, Ikoma juga terpilih untuk berperan di stage play Asahinagu. Tapi dengan penerimaan publik yang terbilang rendah, maka praktis tidak ada lagi senjata Ikoma untuk bersaing di Fukujin. Di Influencer Ikoma memecahkan rekor HS, tapi kembali kesulitan di Umaretekara.

Higuchi Hina (- 3rd row)

Hinachima kembali ke senbatsu di Influencer, ada peluang kembali ke Under -cukup besar malah- tapi firasatku dia akan bertahan kali ini. Tidak ada sesuatu yang bisa menjadi faktor pendukung keberadaan Hinachima di senbatsu memang, tapi Hinachima adalah salah satu member magnet bagi majalah.

Hoshino Minami (- 3rd row)

Aku tidak melihat progress naik dari Hoshi selama Influencer, dan sudah keberuntungan dia tidak turun ke Under kali ini. Yah, allow me to be frank dan bertanya satu hal; dimana Hoshimina selama 3 bulan terakhir ini? Well, satu-satunya jawabanku untuk ini hanyalah Mangetsu ga Kieta.

Shinuchi Mai (- 3rd row)

OL-san ini tidak akan turun ke Under. Popularitas Maichun sekarang bukan main-main, sampai bisa dibilang menginspiratif adanya idol group yang seluruh membernya adalah OL sekarang. Di Influencer dia sempat diragukan akan bertahan di Senbatsu, tapi malah bertahan dan kali ini dengan popularitas yang semakin naik, maka sulit membayangkannya turun ke Under.

Kitano Hinako (- 3rd row)

Dengan (rumor) photobook yang sudah berlangsung sejak awal tahun, Kiichan sepertinya mustahil akan turun ke Under. Memang belum ada kejelasan soal PB Kiichan, tapi bisa saja dirilis saat 18th rilis bertepatan dengan masa promosi. Jadi, taruhan aman adalah Kiichan bertahan.

Ito Marika (- 3rd row)

Menambah filmography-nya di awal tahun dan kembali ke layar lebar di Asahinagu, peluang Bebitan seharusnya besar untuk menembus 2nd row tapi apa daya, dia bukan management darling jadi aku tidak berharap banyak pada kemungkinan ini. Harapan tentu ada tapi harus tahu diri juga.

Inoue Sayuri (- 3rd row)

Sayujustice masih tetap (dan selalu) akan ada di 3rd row. Sama seperti Bebitan, dia mendapat peran di Asahinagu meski hanya di stage play. Tidak ada yang membagikan review stage play ini jadi aku tidak bisa menyimpulkan, tapi kemungkinan Sayu bertahan di senbatsu sama besarnya dengan bulan.

Nakamoto Himeka (▲ absent)

Sedikit ragu untuk ini, karena track record Hime yang tidak menjadi pilihan utama soal senbatsu. Kembali ke sesi HS di Umaretekara, Hime sekarang hanya membutuhkan 5 slot lagi untuk SO, padahal dia juga mendapat jatah full. Fans Hime tidak main-main untuk 18th, meski kemungkinannya masih 50-50.

2nd row

Akimoto Manatsu (▼ front row)

Mendapat front row di Influencer karena PB, jadi Manatsu akan kembali ke “habitatnya” di 2nd row. Tidak ada alasan yang pasti, karena Manatsu adalah permanen disini. Yah, mungkin jika Miria benar-benar naik ke senbatsu, maka Manatsu bisa dibilang berhasil “mempromosikan” anggotanya.

Wakatsuki Yumi (- 2nd row)

Inuyasha bisa dibilang berhasil menarik penonton, sampai-sampai disiarkan di TV. Yumi juga akan kembali memainkan stage play keempatnya akhir tahun ini, jadi kemungkinan dia masih akan tetap di-push untuk sementara waktu ini. Dan lagi, jangan lupa dia juga ambil bagian di Asahinagu.

Ikuta Erika (- 2nd row)

Sama seperti alasan kenapa Ikuchan turun ke 2nd row di Influencer, kali ini stage play Mozart menjadi kambing hitam. Jadwal menjadi alasan utama. Sampai sekarang belum ada informasi apakah Ikuchan juga akan kembali absen di HS. Kalau sampai absen total lagi, dia akan kembali di-bash oleh fans. Wajar saja sebenarnya.

Matsumura Sayuri (- 2nd row)

Sayuringo mendapat jumlah individual jobs paling banyak bagi dirinya selama Influencer, meski harus dikompensasi dengan absen total dari HS Influencer. Seiyuu di Clione no Akari dan Dragon Kingdom, Musikal FILL-IN, dan film Asahinagu, Sayuringo mengamankan posisi Fukujin. Selain itu bisa dikatakan popularitasnya semakin membaik.

Sakurai Reika (- 2nd row)

Capt kemungkinan bertahan atau kembali ke 3rd row kali ini. Dia mendapat cukup banyak individual jobs yang menggaransi satu tempat aman, termasuk di movie Asahinagu. Partisipasinya dalam Hangul de Kouza juga menarik perhatian dan simpati dari penggemar K-Pop.

Takayama Kazumi (- 2nd row)

Well, sama seperti Manatsu, Kaz adalah penghuni nyaris permanen 2nd row. Sudah bertahun-tahun sejak dia terlempar dari Fukujin, dan aku tidak melihat itu akan terulang dalam waktu dekat. Yah sebagai salah satu main vocalist Nogi, memang sebaiknya Kaz ada di posisi ini.

Front row

Shiraishi Mai (- front row)

Double Suns, nuff said. Well, sekarang Maiyan mendapat predikat sebagai pemilik photobook terlaris 2017, sesuatu yang membuatnya lengser dari front row adalah kemustahilan. Sejujurnya, bukan tidak mungkin dia akan menjadi center 18th jika manajemen memanfaatkan momentumnya. Kandidat terkuat untuk center kali ini, tapi prediksiku berbeda.

Saito Asuka (- front row)

Asahinagu versi stage play memang flop, tapi itu tidak terlalu mempengaruhi popularitas Ashurin. Sebagai center dari summer single sebelumnya, Ashurin akan bertahan di front row. Selain itu, gelombang regenerasi sedang berjalan, jadi bisa saja Ashurin menggeser Double Suns dari sisi center.

Eto Misa (- front row)

Misa kembali menjadi member pilihan utamaku untuk menjadi center. Planet Nine, menjadikan Misa center tidak akan ditentang karena dia memang layak. Selain itu, kali ini adalah summer single, Misa punya semua kualitas center untuk musim panas. Selain itu, analisis Planet Nine adalah “dekat tapi begitu jauh”, cukup kan untuk menggambarkan?

Hori Miona (- front row)

Miona kembali ke front row dalam 3 tahun di Influencer, dan posisinya bersama Ashurin mengapit WCenter. Jadi tidak salah kalau dia bertahan di posisi ini. Yah, memang hal ini bisa memancing fanbase member lain, apalagi jika dilihat, selain menjadi official model ar, Miona memiliki gigs sebagai MC radio.

Nishino Nanase (- front row)

Setelah menjadi WCenter, aku rasa Naachan out dari kandidat center kali ini. Apalagi dia bukan pilihan utama untuk center summer single. Pilihan untuk Naachan memang hanya front row, tapi itu dibayar dengan baik selama ini. Kali ini, lebih bijak membuat Naachan mengalah pada AshuMiona, sama seperti Maiyan.

17th Senbatsu Final Prediction

Watanabe Miria-Ikoma Rina-Higuchi Hina-Hoshino Minami-Shinuchi Mai-Kitano Hinako-Ito Marika-Inoue Sayuri-Nakamoto Himeka

Akimoto Manatsu-Wakatsuki Yumi-Ikuta Erika-Matsumura Sayuri-Sakurai Reika-Takayama Kazumi

Shiraishi Mai-Saito Asuka-Eto Misa-Hori Miona-Nishino Nanase

Sadly Out

Aku tidak menemukan alasan Ranze bisa bertahan, bahkan ide rotasi dengan Renachi terbilang masuk akal. Dia tidak memberi kesan istimewa dan sangat mungkin dikembalikan ke Under. Hal yang sama berlaku untuk Kanarin dan Yuttan. Hinachima juga termasuk tapi mungkin dia punya posisi sedikit lebih kuat sebagai member eye candy.

Another Scenario

21-nin senbatsu, dengan formasi yang sama hanya ditambah dengan Ranze. Jika Hinachima bertahan dari Influencer, aku tidak melihat alasan Ranze tidak bisa. Skenario lain adalah dengan membagi Senbatsu dan Under menjadi sama 23 member, maka opsi member 21-nin ditambah dengan Renachi dan atau Aachan, yang menjadi Tridente di Under Influencer. Jujur aku akan lebih memilih mereka ketimbang Kanarin dan Yuttan.

Member-member Under yang mungkin bisa naik ke senbatsu kali ini termasuk Renachi dan Kotoko. Atau jika melihat senbatsu Influencer yang penuh kejutan, bisa saja ada nama lain yang mendadak dipromosikan ke senbatsu. Aku masih menunggu enam member Gen 2 untuk akhirnya naik kelas.

Conclusion

18th single adalah single penting dimana kemungkinan besar mimpi 1M akan terwujud kali ini. Apalagi, Nogi kini menikmati nilai atensi publik tertinggi, meski belum bisa dikatakan sebagai national idol group. Nogi memiliki Sampo, tapi Louhi dan Pohjola masih mengintai.

Selain itu, ini adalah summer single, mengingat track record Nogi yang kurang bagus dengan summer single, butuh sesuatu yang lebih. Tahun lalu saat Ashurin menjadi centerhype didapat karena seperti jaminan bahwa akhirnya member generasi lebih muda akan mengambil alih. Tidak kejadian di 16th dan 17th, tapi langkah kesana sudah terlihat.

[2017.05.30-13.53] SHOWROOM(2)

Memasukkan member Gen 3 ke senbatsu sekarang lebih seperti taruhan nekad untukku. Fandom Nogi relatif lebih resistan terhadap airdropped push, buktinya sudah banyak, dan kecuali memang butuh langkah ekstrim ini sekali lagi, aku masih menentang melemparkan member Gen 3 ke senbatsu, apalagi jika mereka belum dilebur kedalam Under.

Untungnya, Kuboshi keceplosan mengatakan bahwa kali ini, tidak akan ada Gen 3 di senbatsu. Kiichan kedua? 😀

Lebih baik stick pada formula aman kali ini, mengingat banyak hal yang dipertaruhkan apalagi jika lagunya (kembali) so-so. Senbatsu harus disesuaikan dengan musimnya, dan Planet Nine, member yang sudah terkenal di luar dan dalam fandom, sebagai center akan menjadi pilihan terbaik untuk musim panas ini.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

126 Comments

  1. mudah-mudahan singles ke-18 ini member Under girls masuk senbatsu, dan list yang gua perkirakan adalah seperti dibawah ini dan mudah-mudahan salah satunya masuk senbatsu di singles ke – 18 seperti perkiraan gua di singles ke -17 kemarin, Terada Ranze bener-bener masuk Senbatsu untuk singles INFLUENCER

    Under Girls yang masuk senbatsu di singles – 18 menurut gua

    1 . Watanabe Miria

    2 . Terada Ranze

    3 . Kitano Hinako

    4 . Saito Chiharu

    5 . Wada Maaya

    6 . Nakamoto Himeka

    dan ini hanya perkiraan gua sendiri aja yach, dan untuk center kali ini hanya 1 aja bukan seperti singles ke – 17 WCenter dan kemungkinan besar ada 2 kandidat yaitu Ikoma Rina Kembali menjadi center atau Nishino Nanase yang menjadi center.

    Like

    1. Kiichan udah di senbatsu 3 single terakhir loh gan, udah semi-perma senbatsu dia. Hime juga bukan Under de facto, cuma dia hiatus aja.

      Miria kemungkinan besar ikut, udah tradisi center Under, Ranze yang agak mengkhawatirkan. Kalau Chiichan sama Maaya sih butuh keajaiban. Sama kaya kemungkinan Ikoma jadi center lagi.

      Liked by 1 person

    2. yach siapa tau aja gan, soalnya kita ngak bisa nebak dari yang sebelum-sebelumnya gan karena ini N46 gan bukan seperti 48G yang kita sudah tau siapa-siapa yang member senbatsu, UG dan lain sebagainya.

      walaupun Himetan dan Kiichan sering masuk senbatsu bukan berarti mereka seperti Kazumin, Reika, dan Manattsu gan yang selalu jadi member Senbatsu. dan untuk oshi gua Ranze gua ngak berharap dia masuk jadi member Senbatsu lagi karena gua pengen lihat dia di UG dari pada Senbatsu. sedangkan untuk center Ikoma-chan gua berharap sekali dia jadi center sekali lagi walaupun kemungkinan besarnya hanya 1,0% dari 10% kenapa ? karena seperti yang kita tau sendiri bahwa di beberapa singles terakhir ini kita sering melihat Naachan dan Maiyan yang mendominasi jadi center baik itu single center maupun WCenter tapi bukan berarti mereka terus kan yang jadi center ?

      dan jika dilihat dari beberapa center yang belum kembali (come back center again) adalah Miona, Ikuchan, dan Ashurin. jika memang antara center-center ini come back lagi maka akan semakin sulit menebak siapa yang menjadi center. tapi siapa pun yang menjadi center nanti nya gua selalu dukung N46 kok karena tidak ada nama nya persaingan di antara member N46 seperti 48G yang memiliki ambisi besar menjadi center dan menjanjikan sesuatu ke fans, karena di N46 hanya ada kerjasama group dan saling support demi nama besar Nogizaka46. dan maaf kalo ada yang ngak suka dengan koment ku yang menyinggung fans 48G Hounto Ni Sumimasen….?

      Like

    3. Kalau ane malah sebaliknya, Nogi jauh lebih staple dan kemungkinan airdropped lebih kecil dari 48G sih 🙂

      Untuk level mereka yang selalu senbatsu dari awal -Naachan, Maiyan, Kaz, Ikoma, Ringo, Reika- jelas Kiichan & Himetan dibawah mereka. Miona pun enggak masuk level itu. Bahkan dibandingin Manatsu & Iku yang de facto gak pernah turun ke Under.

      Untuk center, milih Ikoma jadi center ketujuh kali cuma bakal bikin riot. Ane udah pernah lihat ini kejadian dan enggak pengen liat lagi. Pilihan lain di Ikuchan, jelas susah, dia aja kemungkinan absen banyak lagi. AshuMiona jadi pengganti Double Suns, tapi butuh waktu yang tepat. Member lain? Cuma Misa yang pantas.

      Untuk 48G, ane no comment deh 🙂

      Like

    4. Maybe ? Tapi gua secara pribadi pengen ngelihat Ikoma jadi center sekali lagi karena sekarang ngak ada lagi yang namannya Kennin antara 48G & 46 jadi wajar ajalah kalo menurut gua.

      kalo untuk Misa gua masih belum yakin untuk jadi center, yach walaupun gua tau dia member tua tapi untuk dia tidak untuk sekarang mungkin butuh waktu (menurut gua pribadi)

      gua juga sama untuk 48 ngak akan banyak bicara karena gua bukan fans 48.

      Like

    5. Bikin Ikoma jadi center lagi butuh timing sama push yang cukup, dan lebih lagi bisa diterima mayoritas fandom. Sekarang trend-nya AshuMiona kalau milih center diluar Double Suns atau staple Fukujin. Ikoma jelas ada peluang, tapi sekali lagi, dia gak punya “pegangan” diluar grup untuk posisi center.

      Misa untuk skenario paling meh bisa jadi center buat single grad, tapi udah dibahas juga di kolom komen ini kalau itu skenario yang gak menguntungkan sama sekali.

      Like

  2. Untuk single ini, ane gak begitu tertarik soal siapa yg bakal jadi center. Udah dapat bocoran di 2ch, kalau Nanase yg bakal jadi center. MV nya juga udah dibuat dan lagunya bakal dijadiin soundtrack Asahinagu. Tapi siapapun centernya entar, ane ya terima aja. Hampir semua fukujin single kemarin juga udah punya kapabilitas jadi centre. Amazing Thailand kayanya juga memberi sedikit bocoran tentang siapa yg bakal jadi fukujin.

    Malah ane lebih tertarik ke jumlah senbatsu dan siapa aja yg keluar masuk senbatsu. Setelah mereka udah all out pakai formasi 21-nin di single kemarin, ane gak begitu yakin mereka pakai formasi ini lagi.
    Masuk senbatsu: Miria, Himetan.
    Keluar: Higuchi, Kana, Yuttan, Minami, Sayunyan.

    Untuk posisi gen 3 disini, ane harap mereka masih independen. Dibuatin lagu di single ini. Meskipun gitu, semoga mereka cepat melebur sama senbatsu dan under. Kalau digantung kelamaan, takutnya mereka kehilangan momentum.

    Like

    1. Bocoran di 2ch sih antara iya dan enggak, so I won’t bite. Kalau pake Fukujin dari Amazing Thailand sih, fans OL bakal seneng tuh 😀

      Justru ane rasa mungkin banget mereka tetep pake 21-nin dengan catatan Gen 3 dilebur ke Under. Kalau gitu jadi seimbang lagi komposisinya. Bisa lebih dari 21-nin malah tapi ane gak ngarep juga sih. Yang jelas, Gen 3 butuh kepastian nasib.

      Like

  3. Prediksi ane :

    Center :
    1. 80% Nanasayang
    2. 60% Maiyang
    3. 50% Ashu-Miona
    4. 35% Sayuringgo

    Front row
    1. 80% Nanasayang, Maiyang, Sayuringgo, Ikuchan, Ashu, Miona, dan Misa
    2. 60% Yg diatas kecuali Misa dan Sayuringgo diganti Ikoma sama Yumi

    Second Row
    1. 60% Hoshimina, Marikacinta, dan Sayurin
    2. 80% Kazumin, Manatsu, Ikoma, Yumi, Kapten, dan siapalh 😀

    Third Row
    1. 80% Masih sama kayak influencer kecuali Kanarin, Yuttan, dan Hinachima
    2. 80% Miria naik
    3. 60% Renacchi atau Ayane naik

    Sekian

    Like

    1. itukan ada ‘cinta’ satu min, eh bang ipar 😉
      Dan itu kuboshi lucuk amat keceplosan gitu. Minta disayang emang ❤

      Kalau emang ada gen 3, menurut mimin siapa yang bakal naik? Ane 80% Momoko-Zuuki, 75% Yoda, 70% Kuboshi-Riria 😀

      Ane gak pake persenan hari raya, pake kas biar lebih berkah XD

      Like

    2. Cih, masih aja serigalain adek ane >:D
      Sekarang pake nambah Kubo, dasar serigala 😎

      Ane pernah nulis soal siapa Gen 3 yang kemungkinan besar bakal naik ke senbatsu pertama, dan itu gak berubah.

      Like

  4. Oh ini toh kosan yg sering diomongi di kosan sebelah, jadi tertarik buat komen 😀 😀

    Ane sangat setuju misa center asal bukan single grad, tapi ane mau yg senbatsu juna. Maichun – hinachima turun, hoshimina naik 2nd row 🙂 🙂

    Like

    1. Wah anak kosan sebelah nih 😀
      Btw disini kalau mau jadi serigala ada Pojok Delusi sendiri 😀

      Kalau graduation, emang gak bisa dipungkiri Misa punya kemungkinan besar tahun ini. Bisa jadi sih.
      Junna masih butuh waktu buat masuk senbatsu, selama dia masih susah masuk front row Under. Tapi kemungkinan besar, dia bisa jadi front Under kali ini.
      Kalau Maichun sih susah buat turun gan, lagi di puncak dianya 😀

      Like

  5. Taqobbalallaahu Minna wa Minkum, mohon maaf lahir dan batin min 😀
    Bagi bagi THR nya dong min 😀

    Planet Nine 😀

    Soal Center ane juga punya firasat Misa senpai jadi center, tapi apakah bakal jadi single kelulusan ? Who knows, tapi kalo iya ini pasti bakal bagus.

    Baru bisa komen dikit, ane lagi mudik, jauh dari laptop.
    Padahal banyak yg mau disampein 😀

    Like

    1. Akhirnya pulang mudik, bisa ngomen lagi nih 😀
      Makasih banyak THR nya, tapi ane lebih berharap THR nya Ashu jadi punya ane aja 😀

      Menurut mimin, kalo misalkan Misa grad di 18th, ada kemungkinan di 19th ada yg grad juga nggak ?
      – Buat Front row ane pengen Iku masuk, cocok Iku di Front row summer single menurut ane 😀 Bareng Miona.
      – Kenapa Ikoma nggak bertahan di Second row ? Trus apa alasan Ikoma naik ke second row dari 16th ke 17th ?
      – Ane ada firasat Maichun naik ke Second row min, popularitasnya seperti yg Mimin bilang nggak main main.
      – Ranze kayanya masih Stay senbatsu menurut ane.

      Ane juga setuju soal jumlah Senbatsu sama Fukujin, makin banyak Fukujin kesan kerennya ilang hehe 😀

      Like

    2. Silakan hadapi dulu dia kalau mau coba2 sama Ashurin https://goo.gl/fFvfKE 😎

      Ane udah bilang di awal tahun, bakal ada 2-3 nama yang grad, jadi bukan enggak mungkin emang bakal ada yang grad dalam waktu dekat.

      -Ya, masalahnya kalau Iku ada jadwal musikal juga jadi mungkin rada susah.
      -Ikoma di Influencer HS-nya sampe ke level tertinggi, 28/28, sekarang naik 30 tapi gak stabil, termasuk yang SO paling lambat. Jadi momentumnya udah agak lepas, jadi kemungkinan balik ke 3rd row.
      -Entahlah, setelah Amazing Thailand kemarin ane juga mulai sedikit berharap sama Maichun 😀
      -Ranze malah baru belakangan ini mulain naik lagi, sebelum2nya enggak terlalu. Tahu deh kalau dia.

      Like

    3. Wah bahaya https://goo.gl/yEhJ7H 😀
      Gk jadi ah ane setia Ikuchan Miona sama Master Yoda 😀

      Hmm gitu yah min, ane ngebayangin Maiyan grad di Tokyo dome setelah Misa.
      Sekalian Fall Single 19th jadi sotsugyou single Maiyan kaya Nanamin.

      Iya nih Iku sibuk mulu, sampe gk ada waktu ama ane hahaha 😀
      Gitu ya min ? Ane gk terlalu merhatiin Slot HS, kadang juga sih liat di S48
      Ya kan ? Maichun bisa jadi Fukujin nih, walau gk berharap ane.
      Ranze makin cantik ngelat di ep ep lalu kojichu 😀

      Like

    4. Master Yoda yang dimaksud ini yang di Star Wars atau yang di Nogi? 😀

      Oh, kalau Maiyan sih relatif aman. Ane masih pegang kata2 dia yang gak akan grad tahun ini. Ngumumin grad mungkin, tapi baru bakal kejadian tahun depan.

      Soal Iku no comment, dia kan sibuk sama Romeo *eh 😀
      Ranze makin greget di akhir “masa bakti” di Senbatsu, gak tau bakal “diperpanjang” atau enggak 😀

      Like

    5. Yang Nogi dong min 😀

      Bagus dah, tapi kata nya Maiyan kalo mau grad di tokyo dome, dan ini ada kesempatan konser disana. Ah ane mah yang terbaik buat Maiyan aja deh 😀

      Kampret dah 😀 https://goo.gl/hozRSG
      Kekuatan sebenarnya Ranze baru dikeluarin sekarang biar stay di senbatsu 😀
      Entah kekuatan Lord kapan dikeluarinnya hahaha, atau mungkin gk akan pernah.

      Like

    6. Auto save 😀 Makasih hehe.

      Entahlah ane tertarik aja, soalnya ane nunggu last single tiap member, kecuali oshi oshi ane.

      Kampret dah malah ngirim ginian, udah min ampun hati ane gk sekuat bapak kos sebelah hahaha 😀

      Hahaha asli ngakak ada ada aja nih 😀

      Like

    7. Ciah, awas #HBD 😀

      Kalau ini sih semua juga begitu 😀

      Belajarlah dari bapak kos sebelah, itu om dibully kaya apa juga tahan, soalnya bininya banyak jadi ada cadangan 😀

      Demam Lord Kotoko melanda 😀

      Like

  6. Prediksi Ane

    Tetep 21-Nin
    3rd Row
    Wakatsuki-Miria-Reika-Sayu-Himetan-Marika-Ranze-Minami-Ayane
    2nd Row
    Maichun-Kazumin-Ringgo-Misa-Kichan-Manatsu-Ikoma

    Front Row
    Maiyan-Ashu-Nanase-Miona-Ikuchan

    Like

    1. Dalam satu kalimat; Generasi Muda berkuasa! 😀

      Wow, Maichun & Kiichan Fukujin? Sayu & Bebitan digebuk sampe segitunya dong 😀

      Ikuchan balik ke front row mungkin rada susah kalau buat ane, sekali lagi, jadwal.

      Like

    2. “Sayu & Bebitan digebuk sampe segitunya dong” << Ya Mau Gimana Lagi, Selama Periode 17th Single Sama 3rd Album Mereka Kalah Job…

      Sebenarnya Ane Ragu Antara Ringo Atau Ikuchan Yang Dapet Frontrow…
      Skenario Lain: Ikuchan Tuker Posisi Sama Ringgo 🙂

      Like

    3. Ane Gk Pernah Bilang Sepi Job Loh Bahkan Bisa Dibilang Sayu Sama Dek Marika Dapet Banyak Job Di Periode Ini….
      Tapi Kalo Dibandingkan Sama Job Yang Didapet Sama Maichun, Kayaknya Masih Kalah…..

      Like

  7. Nanase center ,,,meski pengen banget center nya org baru tapi lama,semoga misa senpai kalau beneran center,gak lantas grad,kyk yang udah2…

    Berani gak ya manajemen bikin sesuatu yang gila,misalnya giliran senabtsu yang 12 org?

    Kalau miria naik senbatsu,under butuh sosok yang benar2 mampu mengisi kekosongan itu(bahkan harus membuat under lebih besar)atau apa sudah saatnya lord menyampaikan titah nya?

    Untuk ikoma❤kuh,dimana pun posisimu,apapun yang terjadi aku tetap padamuuuùuuu…..

    Like

    1. Duh spoiler lagi 😛

      Mungkin aja, kalau bisa milih monster mana yang mau ditendang ke Under.

      Kalau Miria naik, masih ada Renachi & Aachan. Udah ada penerus seenggaknya dari tridente sebelumnya. Lord mungkin masih harus antri 😀

      Nah udah sama Ikoma aja, gak usah gangguin adek2 ane 😎

      Like

    2. Momen si sendu menawan lagi pas😆

      Kalau ane milih row 3 influencer ke under kemudian dapat lagu diatas umareta

      Pengen iori yang maju atau junna

      Ikoma cinta PERTAMA ane,punya tempat spesial di hati ane,meski bukan SATU-SATU nya😆😆😆😆

      Like

    3. Yakali 3rd row Influencer ke Under, senbatsu 12-nin gitu? 😀

      Kalau tanpa tedeng aling2 Iori atau Junna, duh, ane gak pengen nulis artikel Iori untuk kedua kali, jujur aja.

      SERIGALA. 😎

      Like

  8. Pertama tama, selamat hari raya idul fitri gan.
    Mohon maaf lahir dan batin y…:D

    I don’t give a damn who’s the center,i just need to see my smol baby karin get in to senbatsu this time! 😀
    (Dan ini bukan harapan tp perintah, #kokmaksa y 😀 )

    Maichun dan marika fukujin,posisi wakarei side by side kyak pas harujion. Cma itu kok harapan ane g muluk2 kan? 😀
    Oh y,dan sopiler dmna2 itu agak ganggu sbenernya tp ya sudahlah. Kira2 bkal ngambil tema apa y kali ini buat cover dan singlenya sendiri?
    Ane pngen tuh slah satu aransemen lagunya dbikin rasa2 musim panas di pedesaan prancis, it would be nice and romantic 😀

    Like

    1. Sama2 😀

      Wah kalau Karin juga ane pengennya gitu, apalagi setelah Disney kemarin. CUma ane tahu diri lah maksain dia masuk juga rada susah 😀

      Maichun & Bebitan doang nih? Dia-yang-tidak-pernah-Fukujin satu lagi enggak? 😀

      Well, berhubung ini summer single, palingan ya ceria2 gitu lagi. Atau disesuaikan sama filmnya (sigh)

      Cuma kalau ane, jujur pengen lagu yang rada santai, gak kawaii over the top, ada nuansa akustik, summer song yang beda aja.

      Like

    2. Manajemen mkin bingung dg bnyaknya plihan krn smuanya capable bgt bhkan utk gen 3 skalipun. Dan ane jg pngin kriteria msuk senbatsu hrus jd center under/front row bukan jd tolak ukur, dlu wktu maaya,kawago,hinachima msuk senbatsu krn emg udah saatnya pdhal popularitas y gtu2 aja. So utk kasus gen2 lainya bsalah kyak ksus org tsb. 😀
      Sayuranger maksudnya?
      Hemmm,aura fukujinnya blom kluar jd y sbar aja dlu. Msih brtahan di senbatsu aja udah syukur 😀
      Tp sbenernya ane jg pngen bgt liat muka2 lama yg kmbali msuk senbatsu macam johnson, chii-chan ato bhkan rotty?
      Bkalan menarik klo rotty malah msuk senbatsu stelah kasus jalan2 kmren 😀

      Mngkin bsa,krna skydiving kmren udah cukup summer-ish 😀
      Dan krn mngkin bakal jd ost asahinagu, mngkin musiknya dbuat sdkit dramatis utk keperluan filmnya.
      Dan status gen 3 bkal ditentukan di single ini kah?
      Msuk under ato msih ttep kenkyusei dg nama gen3. Tp klo lihat gimmick manatsu zenkoku tour yg tiap gen diksih jatah sendiri mngkin msih pisah y.
      G byangin tuh gen 2 yg cma ber11 dan gen 3 yg ber 12 ngehandle crowdx jingu. Apalgi gen3 yg msih hijau dan awkward

      Like

    3. Ya bedanya dulu sama sekarang, mau gak mau pengalaman jadi tolak ukur, atau seenggaknya HS gak jeblok banget. Kalau pas Gen 1, semuanya diatur biar dapet sampe Chiichan. Gen 2? Tunggu dulu….

      Sakit bener jadi Sayu, udah pensiun dini dari dunia superhero, di grup masih susah 😀

      Kalau kejadian Rotti senbatsu, mau gak mau mikir kalau itu single terakhirnya 😀

      Ane termasuk yang meh sama Skydiving, yang jelas kalau summer single kaya begini sih males banget deh.

      Gen 3? Ane harap sih jelas naik ke Under, tapi kalau liat jadwal sih, masih ada event yang pake nama Gen 3, yah semoga aja cepet dilebur 😀

      Like

  9. Pas ngintip artikel ini Misa ❤ warna’y berbeda,makasih lho min dah prediksiin Misa ❤ jd center..semoga saja terwujud dan bkn single grad krn Misa skrg punya kapasitas buat jd center..suara oke,visual oke,dance jg oke,dah jd model reguler,main stage play,yg kurang hanya acara variety yg dihadiri sendiri serta dorama dan film 😀
    Kl jumlah senbatsu gak terlalu yakin,bisa jd 16,18 atau ttp 21 menurut saya,tp entah 😀
    Siapapun yg masuk gak masalah,krn semua member layak menurut saya,cm saya harap yg blm prnh masuk,kali ini bisa masuk 😀

    Like

    1. Iya gak kyk double suns dan ikoma yg punya variety tetap sendiri,Misa blm punya 😀

      Saya harap setidak’y satu yg naik,yaitu Kotoko..tp lebih bagus lebih dari 1,Kotoko,Ayane,Miria 😀

      Like

    2. Yakin apaan?kl sama Misa sudah pasti yakin rasa ini 😀

      Kan skrg lagi memperluas dgn cara jd agen intelejen 😀

      Like

    3. Makan’y nanya,yakin sama apa :p

      Iya gpp ayane juga,siapapun di Nogi pantas kok masuk senbatsu 😀

      Like

  10. 15.000 tahun buat sekali keliling, pantes aja 9th planet gak ketemu-ketemu ya, jaraknya jauh banget. Tapi mungkin juga planet ini gak ada kan, keberadaannya sekedar hipotesis yang gak terbukti.

    Eto Misa center ya, hmm boleh juga. Watanabe Miria dan Higuchi di 3rd juga bagus. Seandainya ada 1 orang dari gen3 untuk 3rd juga sepertinya bagus 🙂

    Like

    1. Semua masih hipotesa, tapi dengan teknologi sekarang, teori semacam ini lebih mungkin kejadian 😀

      Ane jujur nentang adanya Gen 3 di senbatsu sih. Kalau sis sendiri milih siapa kira2?

      Like

    2. Untuk ngeliat planet bisa pake itung-itungan rumus, kayak Neptunus dulu, atau paling mudah pake teleskop, tapi mungkin perlu waktu beberapa tahun lagi deh buat bikin teleskop dengan resolusi tinggi.

      Senbatsu 18 orang, tapi ini cuma sekedar kepengen aja kok 😀 Gak ada analisisnya.
      Susunan: 5-6-7
      1st row: Asuka, Hori, Ikuta, Nishino, Shiraishi
      2nd row: Manatsu, Marika, Misa, Sakurai, Takayama, Wakatsuki
      3rd row: Higuchi, Himetan, Ikoma, Inoue, Kitano, Miria, Umezawa
      Center 1st: Shiraishi (sekalian grad) hehe
      Center 2nd: Misa
      Center 3rd: Umezawa

      Like

    3. Gak perlu lama lagi kok, tahun depan JWST, teleskop penerus Hubble udah siap meluncur. https://goo.gl/izbUH

      Wah, kalau Maiyan sih udah ngasih jaminan gak akan grad tahun ini kok, jadi aman lah 😀 Cuma ane setuju, Maiyan center=Girl’s Rule Ressurected 😀

      Kalau bisa, Maiyan x Ume, biar dapet 😀

      Like

    4. Wah kalo gitu moga para astronom dapetin planet 9th nya, dan planet 10, 11, dan lainnya 😀

      Harapannya sih Shiraishi sama Matsumura grad secepetnya, jadi bisa lepas dari manajemen dan lepas juga ikatan mereka dengan fans 😀 Job nya juga sepertinya bakalan aman-aman aja kalo grad.

      Selain Umezawa, Yoda juga punya karakter seksi 🙂

      Like

    5. Manusia cuma bisa berharap 😀

      Mungkin tahun depan ya kalau Maiyan. Kalau Sayuringo bisa akhir tahun ini. Mungkin sih. Kalau soal job setelah grad….hmm ane udah bahas di artikel sebelumnya 😀

      Cuma Yoda terkesan terlalu pendek jadi sexy-nya kurang dapet 😀

      Like

    6. Wkwk ^_^ biasanya kalo ke sini, prioritas buat dibaca itu artikel paling atas, jadi artikel yang di bawahnya jarang kebaca. Selain itu juga, sekarang ini lagi moody banget buat baca apapun 😀

      Like

    7. Iya nih sekolah lagi T.T masih pengen santai. Tapi dilematis juga ya, libur panjang justru bikin otak gak produktif 😀

      Like

    8. Masa sih melar, emangnya perut karet ya hahaha xD Dijaga kesehatannya pak, jan lupa olahraga ya nanti, kalo sakit ntar gak ada yang nulis artikel lagi 😀

      Like

  11. Ane ikhlas kalo para under influencer “dilangkahin” gen 3. Istilahnya mereka sudah “kadaluarsa”, kita (atau cuma ane :D) butuh yg fresh 😀 😀
    Atau 1/2 member monster turunin ke under boleh juga 😀

    Like

    1. Ane tarik kata kata ane soal nurunin member monster ke under 😀 bingung juga siapa yg diturunin, semua masih pantes di senbatsu 😀
      Prediksi ane (18nin) 😀
      3rd: sayu, hime, yumi, marika, maichun, kichan, hoshimina, ikoma
      2nd: kaz, reika, ikuta, manatsu, sayuringo
      Front: mai, ashu, nanas(c), miona, misa

      Like

    2. Nah kan bingung 😀

      Semua member senbatsu sekarang levelnya udah 30/30, mau gak mau pasti butuh pengorbanan kalau mau ngelengserin member selevel ini ke Under 😀

      Like

  12. rasional dan realistis. selalu suka dgn prediksinya sensei hahaha. masih jagoin misa terus ya? bakal jadi kejutan yang manis kalo sampe kejadian.

    prediksiku ya kurang lebih mirip lah. 18/20nin senbatsu. cuma utk miria, aku lbh prefer dia di under dulu. kayanya msh banget dibutuhin di sana? aku merasa kl renachi dan ayane sbg center msh kurang reliable. chiichan aja deh yg naik pangkat kali ini hehe. sedangkan utk ranze, kanarin, yuttan, memang udh saatnya didepak. sebetulnya pingin kanarin masuk fukujin tp halah, mustahil. sisanya ya aku sependapat.

    kalo center, bingung siapa sih haha. banyak yg bilang naachan tapi plis jangan. selama ini center summer single hampir beda terus. semoga pattern-nya tetap sama. prediksiku hori atau mungkin wcenter hori-ashu, tapi kalo preferensi pribadi pinginnya misa atau marika. (alias ga bakal kesampean.)

    lain kali bikin prediksi under aja sensei, biar lbh seru 😜

    Like

    1. Misa for Summer Single! 😀

      Nah, kalau Miria naik dan Ranze turun, Under masih aman kan? 😀
      Dan lagi, sosok2 kaya Kanarin itu lebih dibutuhin Under ketimbang cuma jadi backdancer Senbatsu.

      Sayangnya 80% Naachan emang jadi center, tie in sama proyek Asahinagu. Kalau WCenter AshuMiona, cuma bisa berharap lagunya seeksentrik Ano Kyoushitsu, bisa bayangin lagu gitu jadi summer single? Mantap 😀

      Prediksi Under? Wah kalau itu cuma bisa milih center doang dong 😀

      Like

    2. aman sih tp aku prefer dua-duanya di under huahaha 😆 sayang bgt ya. kesempatan buat dptin posisi kaya di oide shampoo udh ga bakalan ada.

      memanglah naachan si management darling, pdhl berharap bgt hori di-up lg jd center. atau siapa gitu.

      untuk 18th under sblmnya aku ngarep centernya bakal karin/rotti tapi HAHAHAH satunya kena skandal. ya sudahlah~ 😂

      Like

    3. Dapetin posisi kaya di Oide Shampoo? Yang mana?

      Ralat, fandom darling yang jadi management darling. 🙂
      Miona ane juga berharap ada sedikit kesempatan sih…

      Kalau dari prediksi senbatsu ini, kemungkinan yang bakal jadi Under Center itu Ranze, meski ane gak bakal nolak kalau Renachi/Aachan/Karin jadi center 😀

      Like

    4. eh itu yg posisi oide shampoo lg ngomongin nakada btw… lupa nyebut namanya.

      ah tp bukan darlingnya aku sih 😌

      3rd gen gimana nih menurut terawangan sensei? ada yg masuk under kah atau msh akan tetap bareng2?

      Like

    5. Oalah, pantesan ane bingung 😀

      Hahaha, emang darlingnya siapa? Lord Kotoko kan? 😀

      Ane harap sih dilebur ke Under ya. CUma kalau liat event2, sama schedule, kayanya masih terpisah antara Under & Gen 3.

      Like

    6. darlingnya mac sensei 😘 hahahaha

      yah biarpun masuk ke under, semoga ga nyerobot posisi-posisi front lah 😏 kasian maaya ntar 😂

      Like

    7. Wah ane udah ada Yumi ❤ 😀

      Well, mungkin yang levelnya Tridente Gen 3 bakal nyerobot jelas 😀
      Ngomongin Maaya, belakangan dia kelihatan makin oke 😀

      Like

  13. Rumor: publisher menunda PB Kiichan sebab dia stagnan dan di drop dr senbatsu.

    Sejauh yg ane tahu, presence Hoshi lebih terasa kalo dibanding Kii, Sayu, dan Ranze. Aktivitas luar grup di variety, photosht, dan radio meningkat dg cukup tajam. Mungkin efek dr tugas dia untuk kampanye album sementara sebagian member kejatah Asahinagu.

    Center: yg pasti Nanase. Mungkin Wcenter bareng Ashu. Misa? Realistis, sebelum ada pengumuman grad, ga ada posisi zero untknya.

    Soal bash ke member, kalo bash ke member yg absen HS, lebih banyak yg dialamatkan ke Matsun-Maiyan. Ada juga yg buat Iku, tapi bash untuknya lbh banyak soal adegan ranjang dan ciuman di Romijuri dan LeMis. emang datengnya dr anti. Dan yg namanya anti mmg sukany cari2. Setelah projectnya Matsun diumumkan mereka diem tuh. Baik yg terang2an ngebash sampai yg low key. Anti-Ikuta juga makin kehabisan bahan setelah review positif dr kritikus, pengahargaan Iwatani, dan NHK yg makin mepet ke Iku. Dan setuju, Iku dan Matsun perlu tetap di 2nd row spy mereka lbh fleksibel buat menstabilkan karier solo dan aktivitas grup. Untuk tahun ini Maiyan-Iku-dan mungkin Matsun adl member yg menopang value grup di media. Jd kalo mereka absen HS lagi, rasanya tdk masalah. Dr sisi penjualan single, gen 3 masih bs ngecover. Himetan udah balik.

    Prediksi penjualan di pekan pertama: 890k dg kondisi standar, dan 900 jika slot separuh gen 3 naik.

    Bakal ngechart lumayan tinggi di rechocoku dan i tunes kalo film asahinagu ngehit. Hanya saja kemungkinannya kecil: tdk ada aktor mayor yg ikutan main. triler kurang nendang. Biarpun digarap sutradara Heroine Shikaku, mungkin paling bagus Asahinagu bakal nge-chart di tempat kelima di weekly box office.

    Like

    1. Eh iya kah? Wah kalau gitu makin drop dia…

      Kalau dibilang meningkat tajam sih, ane kurang lebih setuju. Rasanya emang lumayan sering liat radio yang ada Hoshi-nya di youtube. Cuma dari segi impact sih, masih sekedarnya. Dibilang promosi ya…..dia gak banyak ngomong juga…

      Gegara spoiler udah berkelebatan diman2, ane jadi rada keganggu juga setelah rilis artikel ini 😀

      Well, Iku & Sayuringo udah bisa dibilang cukup aman karena proyek mereka banyak dan bisa dibilang oke. Maiyan yang sedikit masalah, soalnya gak ada yang signifikan kecuali Asahinagu padahal dia absen total juga. Modelling? Jadwalnya kurang lebih masih sama kaya biasa.

      Ane liat trailer Asahinagu, harapan gak tinggi, habis kaya liat Bemars versi layar lebar doang 😀

      Like

  14. 3rd: Wakatsuki – Himetan – Kotoko – Miria – Marika – Kiichan – Maichun

    2nd: Ikoma – Manatsu – Misa – Reika – Kazumin

    1st: Sayurin – Miona – Ashu – Nanase – Ikuchan – Maiyan

    Asal nebak aja ini 😀

    Like

    1. Ya gitulah, sibuk lebaran + sibuk “bersih” dikosan sebelah 😀

      Hahah, ntah, lagi pngen aja amsukin dia, mana tau manajemen tergugah sama “perubahan” dia 😀
      Sbennarnya pngen masukin semua gen-2 yg blum prnah masuk snbatsu, tpi pening sapa yg mau dikorbanin 😀

      Like

    2. “Bersih” maksudnya apa ya? 😀

      Manajemen belum liat berkembangnya Lord Kotoko Cult di Indonesia sih. COba tahu, udah senbatsu dari dulu 😀

      Masih ada 6 yang belum senbatsu, ya mikir aja siapa 6 member yang siap ditendang kalau mau masukin mereka 😀

      Like

    3. Ya “bersih2” inbox gmail kosan sebelah 😀

      undang dulu LLC ke indo bair mereka lait btpa tumbuh subr dan berkembang pesatnya “kprcayaan” lord KTK 😀

      Nah itulah, llc mungkin jg gk bakal nahan lama2 gen-3 utk gk dipromoin ke snbatsu, makanya mana tau llc brani ambil tindakan langusng naekin 6 mmbr yg blum pernah nyicip snbatsu biar next singlenya klo naekin gen-3 ke senbatsu tidak ada pihak2 yg menangis 😀

      Like

    4. Email baru aja apanya yang dibersihin 😀

      Kan kepercayaan ini masih underground, males didemo ormas tertentu 😀

      Langkah ekstrim sekaligus gila. Soalnya kasian entar karakternya tumpang tindih. Karin, Miria, Junna, Kotoko, Aachan, Renachi sekaligus? Mau jadi apa senbatsu 😀

      Like

    5. Sepele, bapak kos sebelah kan bnyak relasi rekan bisnisnya 😀

      Tenang, gk ada yg berani menentang masuknya “kepercayaan” ini ke indonesia 😀

      Ya sekali x LLC bertindak ekstrimlah jgn maen aman mulu 😀

      Like

    6. Rekan bisnis ini bacanya “sesama fakir kuota” kah? 😀

      Dikira paham radikal kali *emang enggak 😀

      Yakin? Kalau Iku atau Miona yang absen gimana? 😀

      Like

    7. Biar fakir kuota, asal bukan pencuri wi-fi n penikmat fsilitas 😀 😀 😀

      Makanya, pasti gk ada yg demo, ini pham yg membawa kebahagian keseluruh dunia 😀

      Gk apa2*
      Asal mreka W-center klo turun ke under 😎
      *) sambil megang golok

      Like

    8. Iya, curhat soal prinsip hidup ane 😎

      😀

      Ya gk mungkin lah absen (tnpa alasan yg jelas)
      bini2 ane kan trmasuk member monster nogi saat ini, hohohohohohohhohoho 😀

      Like

    9. Iya aja lah, iya 😀

      Kata siapa gak mungkin. Yang satu pengen fokus di musikal yang satu pengen bertapa mengembangkan aliran bahu terbuka 😀

      Like

    10. Emang iya 😀

      Musikal Iku tahun depan, jadi utk single ke-18 masih bisa dipaksa amanlah 😀
      Miona ckup lewat foto2 aja utk menyebarkan aliran yg dia anut slma musim pnas ini, jd gk mungkin sampe harus absen 😀

      Like

    11. Itu titik2 nya perlu ane isis atau gmn? 😀

      Klo chemistry mah dah terbangun sjak lama 😎
      Panas gmn? ane blum ada keliling 😀

      Like

    12. Terserah deh pak 😀

      Contohnya? 😀
      Yah udah agak lama sih, di Nogizakamatome ada tuh tapi mungkin udah di page 2/3. Cari aja sendiri, ada hubungan sama Bunshun *kata2 magis ini pasti bikin cepet cari 😀

      Like

    13. Gk usah lah, males 😀

      Gk prlu ane umbar disini 😎

      Ane bru nyelam dikit (soalnya pke hp, jd cma dikit, ribet) Gk pham, yg dpermslahkan iti apa? Soal baju? Trus hubungannya ke bunshun apa?

      Like

    14. Hahahaha.

      Sakit? justru trlalu romantis, ntar klo ane jabarin paling entr ente komen kyk gini, “bleh muntah gk?”

      Yg ane tngkap itu cuma praduga saja dri fans/anti
      f**k <- ktularan Techi 😀

      Like

    15. Gak akan komen “boleh muntah” tapi “Ciee yang berusaha menghibur diri” 😀

      Nah, ini bisa jadi contoh balesan komen ane “melarikan diri dari kenyataan nih ye” 😀

      Like

    16. Panas jg baca komen2 diforumnya, nebaknya terlalu jauh, pergi sama inilah, ngelakuin itulah, pdahal di 755 ny dah dibilang klo my luv pergi sama emaknya, gk perlu cari hiburan ane menanggapi hal ini, tar klo si bunsun brtindak, bru deh cari hiburan 😀

      Like

    1. Ane juga udah bikin statement permintaan maaf tuh 😀

      Lagian bukan cuma Yumi, soal Tecchi aja aslinya ada cuma gegara kejadian sial kemarin ane jadi ogah upload, merembet ke artikel Yumi juga soalnya deketan.

      Like

  15. misa jadi center oke sih. cakep, suara bagus, seksi, tapi kayaknya nanti deh dia kalo mau grad.
    ane sih berharapnya yang suara bagus, salah satunya misa, tapi prediksi ane antara asuka/miona

    Like

    1. Duh, begini ini nih yang ane khawatirin dari Harujion. Stigma “Fukujin mau jadi center? Grad aja entar juga dapet” ini annoying banget, jadi kesannya gak ekslusif lagi.

      AshuMiona jadi kandidat kuat center sekarang2 ini 😀

      Like

    2. iyatuh gan, sebenernya ane kurang setuju juga sih model begini, grad>jadi center>lagu menye
      mending yang grad dikasih lagu solo perpisahan aja

      Like

    3. Untungnya lagu grad gak jelek2 amat sejauh ini, cuma ya jatuhnya itu yang ngeselin. Bikin zero position gak ekslusif sama ngurangin kesempatan member “aktif”. Apalagi kaya Nanamin kemarin, udah center masih dapet solo.

      Like

  16. Prediksi saya:
    Acchan-Miria-Hime-Bebitan-Sayu-Ranze-Yumi-Reika-Renacchi
    Kaz-Misa-Iku-Iko-Ringo-Kiichan
    Maiyan-Miona-Manatsu-Ashu-Nanase

    Ranze member muda, sayang banget kalau pushnya setengah jalan
    Kalau 21-nin Hinachima masuk sih, dia muda dan kayanya manajemen lagi suka sama dia
    Gen 3 ane pikir bakal masuk, Oozono mostly. Tapi dek Kubo bersabda seperti itu, yoweslah
    Yumi Reika sepertinya lagi sibuk2nya, sepertinya mereka bakal digempet lagi disudut row 3
    Iko tidak akan berpindah kayanya, waduh dia anak emas, susah haha
    Kii lagi ngehit nya nih, sayang aja kalau tidak dimanfaatin. Gen 2’s time tho
    Manatsu center! Dia di skydiving imut lho btw dont bully me jadi keknya gabakal jadi mimpi buruk juga sih kalau dia jadi center. Itung itung penghargaan handshakenya yang superb.

    Like

    1. Wah langsung nih newcomer Aachan Miria Renachi 😀

      Sebenernya bukan masalah mudanya, tapi Ranze malah pas mau pergantian senbatsu gini malah diikutin di CM Jalan, jadinya cukup ambigu.
      Hinachima kemugnkinan masih stay, meski gak ada lagi “pegangan” diluar grup.
      WakaRei sama Ikoma itu susahnya karena sama2 langganan Fukujin, siapa yang harus ngalah?
      Kiichan ada masalah di PB, mungkin kaya yang disinggung diatas.

      Hahaha, karena ane meh sama Skydiving jadi gak bisa ngasih komentar soal Manatsu. Tapi kalau dia center, siap2 aja sakit telinga 😀

      Like

  17. Masih berharap Rena ke Senbatsu. Dia juga sering up blognya belakangan ini, padahal sebelumnya ga sesering ini. Jadi kemungkinan ada hal baik, macam Senbatsu atau Center Under. 🙂
    Kalo soal Center Senbatsu, feeling ane Miona. Tapi, ane lebih penasaran sama kostumnya ntar. Dan lagunya semoga ada seksi2nya gitu. 🙂

    Like

    1. Yah, tinggal nunggu aja seminggu lagi. Lagian dari master2 deduksi di S48 dll, gak ada hint menjurus soal center & formasi 😀

      Lagu yang sexy? Ane malah ngerasa bisa jadi kali ini bikini bakal dilibatkan.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s