The Sensational Six

Apa yang pertama terpikirkan mendengar judul ini? Karakter baru dari DC/Marvel Cinematic Universe? Spinoff dari film superhero? Dalam dunia Disney, julukan ini mengacu pada enam karakter paling terkenal mereka; Mickey Mouse, Minnie Mouse, Pluto, Goofy, Donald Duck, & Daisy Duck. Sensational Six, atau Fab Five jika tanpa Daisy, tokoh bontot dalam kelompok ini.

Jika diibaratkan, keenam karakter ini adalah pondasi bagi kerajaan Disney sekarang ini. Meski karakter baru terus bermunculan, Sensational Six tetap menjadi icon Disney. Sejak kemunculan Mickey 89 tahun lalu, menggantikan Oswald the Lucky Rabbit sebagai karakter utama Disney, Mickey menjadi tokoh kartun nasional Amerika. Mickey Mouse Club juga mencapai ketenaran sepanjang sisa abad 20.

Selain Mickey Mouse Club, ada juga House of Mouse yang menjadi fansclub utama Disney di era millenium. House of Mouse mengudara selama satu dekade sebelum curtain call pada 2009 dan digantikan Mickey Mouse Clubhouse. Sejak itu Sensational Six tidak pernah memiliki show bersama, hanya menjadi cameo di animasi karakter lain.

6 karakter dengan 6 kepribadian berbeda. Hal ini sama dengan jika kita melihat diri kita sebagai fans idol. Tentu semua sudah tahu kalau seringkali -bahkan selalu- ada perbedaan pendapat atau sudut pandang dalam menyikapi masalah. Dalam hal ini masalah dalam ngidol.

Contoh paling mudah tentang hubungan antara H.Keyaki dan K.Keyaki di internal Sakamichi, status Neru, atau bagaimana “layak” dan “tidak layak” nya member di mata orang lain. Bahkan saat setuju untuk hal yang sama pun, bisa jadi ada sudut pandang yang berbeda. Kali ini, aku akan membagi karakteristik fans idol seperti tokoh Sensational Six, check this out.


Michael “Mickey” Theodore Mouse sebagai karakter original Disney yang lahir dari tangan Walt Disney dan Ub Iwerks sendiri. Pada 1928, lewat Steamboat Willie, film animasi pertama yang menggunakan efek suara, Mickey membuat debutnya. Kemunculan Mickey adalah revolusi di dunia film animasi, memulai era animasi non-bisu.

Karakter Mickey sebagai “Mr. Nice Guy yang sebenarnya” dengan cepat membuat fans berbondong-bondong membeli produk Disney. Sebagai karakter utama, Mickey memiliki semua tipikal hero; jujur, pemberani, pintar, dan setia pada Minnie. Kekurangan Mickey hanyalah dia akan lebih fokus menangkap Pete atau penjahat lain ketimbang mementingkan Minnie atau hidupnya sendiri.

Fans tipe Mickey adalah fans yang menerima semua berita, baik atau buruk, dan menganalisis mengapa bisa begitu. Kemudian akan memutuskan apakah akan mendukungnya atau tidak. Fans tipe Mickey adalah fans-fans paling rasional di realita ngidol, dan biasanya pendapat mereka bisa jadi rujukan bagi fans lain. Hanya saja kadang momen untuk menyampaikannya bisa tidak tepat dan dianggap memancing.


Debut tak lama setelah Mickey adalah Minerva “Minnie” Mouse, yang selama 89 tahun kemudian masih menjadi sweetheart untuk Mickey -bicara mengenai hubungan tanpa arah yang jelas-Plane Crazy yang dirilis tahun 1929 yang juga membuat kolonel Charles “Lindy” Lindbergh sebagai cameo menjadi kemunculan pertama Minnie.

Minnie adalah heroine utama di dunia Disney. First Lady malahan, karena tanpa Minnie, karakter seperti Daisy atau bahkan Disney Princess tidak akan ada. Sebagai karakter, Minnie adalah epitomi dari “gadis ideal” bagi semua orang; cantik dan bisa mengimbangi Mickey dengan karakternya sebagai putri. Minnie berperan sebagai putri atau ratu dalam game Kingdom Hearts dan The Three Musketeers.

Fans tipe Minnie umum ditemui di dunia ngidol. Terutama karena mereka mendukung dan mencintai idol group mereka sepenuh hati. Kadang fans seperti ini tidak ingin menghadapi kenyataan pahit yang ada, cenderung denial, meski pada akhirnya mereka bisa menerima. Hal ini sama seperti Minnie yang sering tidak suka Mickey terlalu fokus memburu penjahat, tapi pada akhirnya juga akan membantu Mickey.


Setiap hero membutuhkan sidekick. Setahun setelah debut Minnie, The Chain Gang yang menampilkan tokoh Pluto dirilis. Berbeda dengan tokoh Disney lain dimana hewan tampil seperti manusia, Pluto adalah karakter hewan sebenarnya. Menariknya, di tahun yang sama dengan debut Pluto, Clyde Tombaugh menemukan planet Pluto, rumornya Pluto dinamakan sesuai penemuan planet baru.

Karakter Pluto yang tidak anthropomorphic melainkan sebagai anjing biasa membuatnya spesial. Hal ini karena Pluto secara umum bisa dianggap sebagai hewan peliharaan ideal. Seringkali Pluto berperan sebagai sahabat terbaik Mickey, dan cukup sering terlibat masalah karena sifatnya yang ingin tahu segala, ditambah sedikit temperamental dan mudah panik.

Fans tipe Pluto biasanya tipe fans baru, fans yang ingin tahu semua tentang interest baru mereka, dan cenderung melebih-lebihkan sesuatu. Yah, semua orang pasti melalui fase ini, dan biasanya fans tipe ini langsung mencari tahu dari fans tipe Mickey. Selalu menyenangkan melihat ada fans seperti ini, karena mudah untuk digoda.


Melengkapi tokoh di sekitar Mickey, Disney memperkenalkan tokoh baru pada 1932. Animasi Mickey’s Revue menampilkan karakter Dippy Dawg atau kini lebih dikenal dengan nama Goofus “Goofy” D. Dawg. Karakter Goofy yang eksentrik, clumsy, pintar tapi selalu terlihat bodoh dengan mudah mencuri hati fans.

Dalam beberapa cerita Goofy memiliki alter-ego sebagai superhero yaitu Super Goof. Dan Goofy adalah satu-satunya tokoh major Disney yang memiliki anak, Max Goof. Tokoh lain biasanya diceritakan memiliki keponakan atau sepupu, meski Goofy juga memiliki keponakan yaitu Debbie. Sebagai single parents, Goofy dan Max memiliki hubungan sedekat Mickey dan Donald dengan keponakan-keponakan mereka.

Fans tipe Goofy lebih eksentrik dalam artian mereka menganggap ngidol memang perlu berpikir tapi lebih suka membawanya santai. Sama seperti Goofy, yang berperan sebagai partner Mickey di banyak petualangan, seringkali memiliki pandangan yang berbeda dengan orang lain lebih menguntungkan dalam memecahkan masalah. Memang terkadang mengesalkan, tapi memiliki karakter seperti Goofy akan disukai banyak orang.


Baru pada 1934, Donald Fauntleroy Duck melakukan debutnya di komik pendek The Wise Little Hen. Lewat animasi Orphan’s Benefit, untuk pertama kali Mickey dan Donald muncul bersama. Karakter Donald yang pemarah dan kata-katanya sulit dipahami berbanding terbalik dengan karakter Mickey. Tapi itu juga yang membuatnya populer.

Sejak itu rivalitas mereka terus berkembang dan kini Donald menjadi karakter Disney dengan jumlah animasi dan komik terbanyak. Donald memiliki hasrat untuk menjadi bintang terbesar Disney, tapi seperti yang dikatakan Scrooge; “Donald memiliki kecenderungan abadi untuk menghancurkan diri sendiri” dibandingkan Mickey yang jauh lebih kalem. Hasil akhirnya? Sudah bisa ditebak.

Sebagai anak bermasalah dari keluarga Disney, maka fans tipe Donald jelas tipikal pemancing kerusuhan. Sumbu pendek dan bertindak sebelum berpikir menjadi karakteristik fans seperti ini. Seringkali fans seperti ini dilihat sebagai gangguan, dan tidak heran karena seringnya sudah salah malah ngeyel. Fans seperti ini memiliki karakter temperamental Donald, tapi tidak sisi baik Donald yang juga patut dicontoh.


Tidak lengkap jika Donald tidak memiliki pendamping, maka Disney memperkenalkan Daisy Duck pada 1940 lewat animasi Mr. Duck Steps Out. Sebenarnya pada 1937, Daisy membuat debut sebagai Donna Duck di animasi Don Donald, tapi fakta ini baru terungkap pada 1999. Selain sebagai pendamping Donald, Daisy juga adalah sahabat sejati Minnie.

Daisy memiliki temperamen yang tidak lebih baik dari Donald, hanya saja dengan pengendalian diri yang jauh lebih baik. Dia juga glamor dan tipikal pacar yang menuntut sangat tinggi. Dalam cerita Three Caballeros Ride Again, Donald mengatakan “jangan bicara masa lalu keras-keras, Desi sedang ada di negara sebelah” menunjukkan bahwa ketakutan Donald pada Daisy kadang melebihi temperamen panasnya.

Sama seperti fans tipe Donald, fans tipe Daisy adalah tipikal fans yang suka memancing hanya saja dengan cara yang lebih halus. Atau dalam kata lain, fans tipe Daisy akan membeberkan fakta buruk tanpa tedeng aling-aling dan membuat fans lain triggered untuk membalasnya. Tapi dia bisa jadi tidak bermaksud seperti itu melainkan hanya caranya untuk mengatakan ngidol terkadang harus berpikir juga.


Begitulah tipe-tipe fans ngidol jika dibagi dalam karakter Sensational Six. Sebelumnya aku juga pernah menulis artikel ini dalam Are You Fit To Be A Prince?, jadi kali ini aku ingin kembali melihat fans menilai diri mereka sendiri dan selamat vote!

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

86 Comments

  1. Pertamax kh ane? Yeay 😀

    Ane tipe mana ya? kyknya tipe Minnie sama Goofy.

    Klo soal bini2 n adek2, trutama soal good/bad news yg berkaitan dgn mreka, ane kyk Minnie sprtinya, misal soal bad news, mencoba denial dulu, klo dah kebukti bad newsnya beneran, baru deh diterima meski uring2an 😀

    Nah klo utk yg bukan berkaitan dgn bini2 n adek2 ane, ane cndrung kyk Goofy, dipikirn dulu good/bad newsnya, klo bad news dipikir dlu (dikit aja mikirnya 😀 ) klo disuruh tanggepin ya tanggapannya dibawa asyik aja 😀

    Like

    1. Kalau yang beginian cepet ye 😀

      Pilihan yang tepat, cuma kalau kebukti bad news buat bini ente, kayanya bakal lebih parah dari Donald 😀

      Ente jadi Goofy bagus, cuma gak ada nilai eksentrik+setia khas Goofy, Goofy mah bininya cuma satu, ditinggal mati gak kawin lagi. Lah ente? 😀 😀 😀

      Like

    2. Cuma disuruh milih dan gk meras otak sih, jadi cepet 😀

      Hahahahaha, yg jelas soal bad news ane dah berpengalaman 😀
      Tp meski gitu ya tetep aja, bad news itu pait pait pait 😀

      Ya eksentrik ane ya disitu, bini banyak 😀

      Like

    3. Kirain cepet karena males nulis artikel 😀

      Nah kan, ujung2nya bilang pait, berarti Daisy nih, aslinya gak terima tapi pura2 menerima 😀

      Bini banyak sih bukan eksentrik tapi serigala 😀

      Like

    4. Sering2 deh liris artikel yg “ringan” kyk gini 😀

      Ya bed news mau gmn juga tetep paitlah, klo nerima pun itu udah pake maksa banget 😀

      Srigala klo bini bnyak trus hasil ngerebut punya org laen, klo ane kan enggk gitu 😎

      Like

    5. Yg ringan bukan brrti gk mikir kan 😀

      Klo nangis nya kyk gitu brrti ane butuh partner dong, minat? 😀

      Pembuat virus penangkal maksudnya kan 😎

      Like

    6. Postingan ringan tuh kaya di sebelah. 😀

      Eh, gak mau panggilin yang punya kos sebelah, tau gak siapa yang dimaksud @ein di komen bawah 😀

      Like

    7. Asem

      Manggil buat apa? soal hangout?
      kosan bapak sebelah kan sering kena gusur, yg bikin yg akunnya aman ja 😀

      Like

    8. Nah iya, yg mana nih? kosan sbelah trlalu bnyak sih 😀

      Enggak, gk pernah ane buka lagi tuh email 😀

      Like

    9. Jadi yg pasntas apa? Jacob? 😀

      “Sepi itu grup” <- komen ente kesannya kyk tuh hangout pernah rame aja 😀

      Like

    10. Itu hanya bahan joke Iku, bukan idola dia

      Rame apa, cuma komentari soal nama grup, udah selesai gk ada lagi yg nongol 😀

      Like

    11. Cemburu kan tnda cinta 😎

      Klo mau rame itu kunci nya ada di lo, krn gk ada lo, gk rame
      * korban iklan 😀

      Like

    12. Hidup gk selalu amnis, pasti ada paitnya, tpi gmn menghadapi hal yg pait itu biar jd manis, itu kuncinya
      *ngemeng epe 😀

      Pergaulan ente titpis sih, iklan cuma tau mouse, hadeh 😀

      Like

    13. Itu kata2 yg slalu guru spritual ane, patrick star katakan ke ane 😀

      cuma liatin adek ente, Yumi diapain? 😀

      Like

    1. hahahaha entahlah 😀

      tp baik good news ataupun bad news enggak terlalu saya permasalahkan sih, asal bad news nya enggak berhubungan dengan oshi wkkwkwkwk

      dan yg penting lagunya menurut saya bagus ya saya jadi ngikuti :v

      apa yg seperti ini bisa dikatakan fans ? 😀

      Like

    2. yap betul sekali, lebih suka ke musiknya aja dan yg pasti ada oshi juga wkwkwkwkwk

      jadi masih disebut fans ya yg seperti saya ini 😀

      Like

    1. Sebenarnya gak suka gantung juga,cuma abg nya aja yang doyan gantungin perasaan adik2nya😆😆😆

      Like

  2. Goofy dan Minnie minus unsur denial. 😀
    Agak sedikit keras pas jadi fans HKT dulu, tapi setelah ke Sakamichi, ane lebih tenang dan lebih sayang. 🙂

    Like

    1. Wkkwkwkkwkww….Ya sudah ane tambahin 😀

      Mickey ini sebenarnya ga “Nice Guy” banget. Hanya punya beban lebih banyak, karena dibanding Minnie yang pasif atau Goofy yang happy-go-lucky, dia dituntut harus selalu update dan (almost)know-it-all (termasuk bad news) jauh lebih cepat dari yang lain. Dan karena kerja kerasnya itu, ini tipe yang paling rentan.
      (Kenapa? Ane jelaskan nanti.)

      Minnie itu silent majority. Ngidol dalam diam, setia dalam diam, pensi dalam diam. Tipe yg paling sehat karena ga terjerumus terlalu jauh di lembah ngidol, dan ane sarankan sebaiknya tetap begitu 😀

      Goofy ini punya 2 kecenderungan,
      1. Karena tujuan ngidolnya cukup utk have fun, biasanya dia setia dalam have fun-nya, setiap tikungan ada bini-nya. Banyak ini contohnya 😀
      2. Karena tujuan ngidolnya harus utk have fun, biasanya loyalitasnya (hanya)sebanyak bininya. Maka tipe ini harus terus ditambah bininya. Kalau tidak, begitu bini terakhirnya grad, pensi lah sudah karena ga fun lagi.
      Untunglah tipe macam ini sadar diri dengan poin diatas dan rela dibully massa. Makanya tipe Goofy ini cocok jadi admin fanblog/page. 😀

      Pluto itu bisa jadi indikator kemajuan suatu grup idol karena namanya juga fans baru euy.
      Tapi juga bisa jadi indikator kemunduran komunitas fandom-nya jika Pluto-Pluto ini sudah didoktrin salah dari awal.(Kok bisa? Ane jelaskan nanti)

      Fans Donald itu punya satu keyword: #Sakitpantat.
      Makanya Donald itu sempurna buat pengingat, “Amit-amit ada yang ngidol kok begitu.”.
      Tapi hati2, orang ga langsung jadi Donald dari hari pertama ngidol. Seringkali, Donald itu muncul dari Pluto yang salah doktrin, Minnie yang salah info, atau bisa juga Goofy yang sudah jengah dengan keadaan.
      (Tapi disisi lain, ada satu sisi positif dari tipe ini, mudah dimanipulasi. Ane jelaskan nanti.)

      Fans Daisy ini ga selamanya buruk. Ane jelaskan saja kenapa.
      Tipe Daisy tidak mungkin berasal dari tipe Minnie yang jarang bicara keras, atau tipe Goofy yang males rusuh. Pluto masih naif, sementara Donald terlalu emosian. Dengan kata lain, Tipe Daisy ini adalah Tipe Mickey kalau sudah konslet…
      Alasan konslet-nya bisa lebih bermacam-macam dari Tipe Donald, dan karena Pluto selalu mencari tahu dari Mickey, ups,….

      Ane ga tau ane tipe apa. Mungkin salah satu dari 6 itu, mungkin juga kombinasi. Ane serahkan ke publik saja untuk menilainya sendiri. Kalau positif, alhamdulillah 😀

      (Btw, kalau mau khusus bahas diskusi baku pukul, kita pm2 aja. Ane punya rujukan sendiri yang mungkin menarik, tapi bisa juga upsetting bagi yang ga siap membacanya . 😀 )

      Like

    2. Wah ternyata diem2 fans Disney juga nih. Karena efek Mama Rocky atau emang anggota Mickey Mouse Club dari dulu nih ? 😀

      Poin Goofy itu kok kaya kisah seseorang dari sebelah ya? Perasaan ane doang kah? 😀 😀 😀

      Hahaha, untung tipe Daisy itu konsletnya Mickey ke arah yang lebih bagus. Suka mancing=hiburan tersendiri 😀

      Kalau yang terakhir ini, PM aja di S48 deh, atau di…grup Hangouts yang dibuat bapak kos sebelah aja kali ya?

      Like

    3. Ga juga, memang franchise Disney ini membumi dan mudah dipahami kok. 😀

      Jadi kepikiran, ini Goofy kok mirip-mirip Serigala yah? Mana banyak pula Goofy di polling. 😀

      Kaya agan Mac bilang, Daisy ini mancing buat orang-orang mikir ala Mickey, bukan buat diladenin ala Donald. Mampuslah kalau ada yang Donald karena yang aslinya aja ga berani lawan Daisy. 😀
      Tetep inget aja kalo setiap Daisy itu pernah jadi Mickey. Dan setiap Mickey punya potensi jadi Daisy.
      Ngidol bisa mengubah orang jadi bermacam2 stereotip yah? 😀

      Link invite dong untuk grup Hangout-nya 😀

      Like

    4. Yang bilang gini mungkin ngerasain zaman Mickey Mouse Clubhouse diputer di RCTI 😀

      Yah kan Goofy juga sejenis anjing, anjing turunan serigala 😀

      Mungkin kosan sebelah perlu bikin palang artikel ini di depannya biar pada baca semua *ehm 😀

      Bentar ane cari dulu, pake email yang ini?

      Like

  3. Agan mac g mau kalah kyakx ama karin 😀
    Si karin lg hedon di disney sea dan si agan lg brgulat ama avangernya disney, yg pnting sama2 disney lah 😀

    Klo ane sih lbih milih goofy aja, ahiyak…
    Kasih enjoy aja jgn rusuh 😀
    Btw itu typical pluto lbih ke fase deh kyakx krn kan psti dialami semua fans newbie trmasuk ane dlu sblum brevolusi jd goofy, ahiyak 😀
    Apalagi liat kondisi saat ni,beuh exodus besar2an datang.

    Btw poster stageplay waka yg baru ane kira ada nojounya 😀

    Like

    1. Persaingan sesama keluarga Disney 😀

      Wah banyak yang milih jadi Goofy, padahal ane kira Minnie bakal jadi yang paling populer 😀
      Coba aja cari video kartun Pluto, pasti tau alasan kenapa ane ngasih bold di bagian suka melebih-lebihkan, dan fans kaya gini masih banyak kan. Gak niat rusuh cuma kadang lebay 😀

      Hahaha, si om2 kumisan itu? 😀

      Like

    2. Iya,mirip nojou pas di nogibingo kok bsa pas gtu y. Jgn2 ntar waka jg dgrepe2 😀
      Klo kyak gtu agan brubah jd donald kah?
      Amankan sgala kmungkinan trbruk gan 😀

      Like

    3. Ane gak akan kehilangan kontrol kaya Donald, tapi bakal lebih kaya Duck Avenger kalau ada adegan begitu 😎 duck avengers

      Like

    1. Bukan cari aman min…
      Tapi kadang kayak pluto juga sih..
      Hahahahaha…
      Agh ane bingung ane fans macem apa yg jelas ane ga terlalu dalem suka sama kayak ginian..
      Kecuali kasus luarbiasa macem ssk kemaren itu beda cerita hahahahah

      Like

    2. Bukan cari aman min…
      Tapi kadang kayak pluto juga sih..
      Hahahahaha…
      Agh ane bingung ane fans macem apa yg jelas ane ga terlalu dalem suka sama kayak ginian..
      Kecuali kasus luarbiasa macem ssk kemarin

      Like

    1. hahaha. kalo tipe mickey atau minny ane gak banget, karena suka nyinyir juga.dan peduli setan sama banyak aspek ngidol, kayak showroom, sebagian variety, photoshoot. paling ane baru vokal kalo ada pengumuman senbatsu sama review single/album aja
      tapi ane juga bukan donald atau lebih ke ditahan-tahan biar kaga donald sih.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s