Juno

Planet terbesar di Solar System, Jupiter, menjadi obyek langit yang bisa dilihat dengan mata telanjang sejak dulu. Begitu besar dengan diameter mencapai 11.2 kali Bumi, dan secara massa, jauh lebih ekstrim. Jupiter lebih masif ketimbang tujuh planet lain di Solar System dijadikan satu. Daya tarik Jupiter sudah dimulai sejak space age pada era 60’an.

Film 2001 : A Space Odyssey yang dirilis pada 1968 menggambarkan bahwa pada Millenium manusia bisa melakukan perjalanan ke Jupiter. Memang tidak terjadi di dunia nyata pada 2001, tapi pada 2005, NASA menyetujui proyek baru untuk program New Frontiers yang ditujukan untuk mempelajari angkasa lebih jauh. Tujuannya; Jupiter.

juno_insignia01-lg
Logo untuk misi Juno

Proyek pertama dari New Frontiers adalah New Horizon, yang diluncurkan pada 2006 untuk mempelajari Pluto. Proyek kedua adalah Juno, nama misi yang digunakan NASA untuk probes yang dikirim ke sistem Jovian, yang kedua setelah Galileo space probes. NASA bertujuan mempelajari miniatur solar system di Jupiter, dan proyek ini memakan waktu 6 tahun untuk realisasi.

Tujuan utama Juno adalah untuk mempelajari kedalaman atmosfir Jupiter, tentang inti dari planet ini, mengungkap keberadaan air yang menjadi elemen kunci dalam terbentuknya solar system, bagaimana keadaan kedua kutub dan medan magnetnya, termasuk aurora luar biasa planet ini. Semua ini adalah misi yang tidak berhasil diselesaikan Galileo.

Di 2011, dengan roket Atlas V, Juno diluncurkan. Menggunakan teknik gravity slingshot, Juno kembali melintasi Bumi pada 2013. Tiga tahun kemudian, pada 2016, Juno akhirnya memasuki orbit Jupiter. Sejak itu, Juno mengirim berbagai data yang membuka pengetahuan baru akan Jupiter dan satelit-satelitnya.

567923main_junospacecraft0711_670

Juno menelan biaya 1.1 Milyar USD sejak proposal hingga kini. Hal ini karena teknologi yang digunakan termasuk paling modern. Juno menggunakan tenaga matahari, dimana menggunakan ini di tempat yang mataharinya 25 kali lebih redup dari Bumi, harus menggunakan panel surya paling canggih.

Selain Rosettaspace probes untuk mempelajari asteroid, Juno adalah satu-satunya yang menggunakan tenaga matahari di area luar Asteroid Belt. Selain itu untuk melindungi elektronik dari radiasi mematikan Jupiter, “dinding” Juno menggunakan titanium setebal 1 CM. Radiasi Jupiter yang banyak di khatulistiwa adalah area operasi normal Juno.

Sampai misi Juno selesai pada (perkiraan) 2018, Juno akan terus mengirimkan data sampai detik terakhir. Di akhir misi, sama seperti Cassini-Huygens, Juno akan dikirim kedalam atmosfer mematikan Jupiter untuk mencegahnya “mencemari” satelit yang berpotensi memiliki kehidupan seperti Galilean Moons, sekaligus mempelajari atmosfer Jupiter di saat terakhirnya.

juno_current_position_7_03_2016

Uniknya, di Juno, terdapat plakat dari Galileo, yang bertuliskan kata-katanya saat menemukan Galilean Moons pada 1610. Dan satu lagi yang unik, terdapat figurin Lego dari Jupiter, Juno, dan Galileo yang terbuat dari aluminium. Hal ini dimaksudkan untuk membuat anak-anak bermimpi untuk berminat pada STEM.

Ngomong-ngomong, kenapa aku merilis artikel berjudul Juno pada bulan Juli? Well, 5 Juli adalah hari dimana Juno tiba di Jupiter, tepat satu tahun lalu. Juno sudah memasuki bulan keduabelas dari 20 bulan masa hidupnya, dan apa yang kita dapat dari Juno sudah cukup banyak. Yang paling mengesankan adalah aurora di dua kutub Jupiter, yang sekaligus menjelaskan beberapa hal dari misi utama Juno.


Nah, kembali ke topik ngidol. Nogi mengumumkan beberapa hal dalam Manatsu Zenkoku Tour kemarin, termasuk pengumuman senbatsu 18th single minggu ini, Under Live di Kyushu pada bulan Oktober mendatang, konser di Tokyo Dome -setelah menunggu sekian lama- dan yang paling mengejutkan, Under akan mendapat album!

Semua pengumuman diatas terkesan wajar. Under Live? Well, no news. Tokyo Dome? To be honest, what’s the surprise. Under Album? Nah, ini yang paling mengejutkan. Bagiku hal ini seperti…well, katakan saja, jika melihat faktor non-bisnis, cukup mengejutkan.

Dari segi bisnis, jelas bahwa popularitas current Under memang ada di level tertinggi selama ini. Konser 12 orang Under Live bisa dilakukan dengan baik dan hal ini jelas menaikkan derajat Under ke level yang lebih tinggi. Apalagi harus diakui bahwa nama-nama front row Under selama beberapa single terakhir hijrah ke senbatsu Influencer.

Nogizaka46 Under Live Zenkoku Tour 2017 08

Apa yang dilakukan Under Influencer memang patut diapresiasi dan jelas kali ini LLC menjalankan strategi bisnis peti uang mereka. Fans member Under memang tidak semasif member senbatsu, tapi rata-rata adalah tipe fans yang setia mendukung. Yah, Mickey & Minnie-style, seperti itu lah.

Tapi yang paling membuatku berpikir adalah maksud akan hadirnya Under Album ini. Dari segi komersil sudah jelas, tapi dari segi estetika Nogi itu sendiri, perlukah?

philosoraptor-newthumb

Mungkin pendapatku tentang ini sedikit bercabang. Di satu sisi, aku senang-senang saja Under mendapat album karena cerita mereka sudah sepanjang cerita Nogi, dan kali ini harga yang layak untuk kisah itu. Selama 5 tahun ini Under selalu dianggap member kelas dua di hirarki Nogi, meski kontribusi mereka tidaklah sedikit. Under Live menjadi contoh.

Nah, menyinggung hirarki, ini yang menjadi pemikiran utamaku. Status Under secara kelas memang seharusnya ada di senbatsu, dimana secara literal adalah member pilihan. Seiring waktu ekslusivitas senbatsu Nogi memang masih cukup terjaga, karena rotasi terbilang minim -a hell I say- 

Status sebagai member senbatsu terus dikejar karena menjanjikan individual jobs yang lebih tinggi dibandingkan Under. Dari keempat puluh enam member saat ini, tidak menghitung member Gen 3, hanya 6 orang yang belum pernah merasakan senbatsu -sampai tulisan ini dibuat-. Mereka masih stuck di Under, dan mungkin yang paling diuntungkan dengan adanya album Under ini karena mereka akan berpartisipasi “penuh” disini.

Skema ini mungkin akan berubah seiring pengumuman senbatsu 18th single hari minggu nanti. Tapi bagaimanapun, pasti diantara mereka akan ada yang masih ada di Under saat rilis albumnya nanti. Tapi mengenai partisipasi, masih harus ditunggu apakah Under Album ini memiliki lagu-lagu baru atau hanya sekedar fanservice kelas teri perampok uang fans.

Bagiku Under Album ini sama seperti mengirim Juno ke Jupiter. Bagaimana kita masih belum tahu banyak tentang potensi sebenarnya dari Under -dalam hal ini aku mengambil referensi Under Influencer- dan mungkin saja dengan membuatkan mereka album hal ini bisa sedikit menjembatani gap antara mereka yang biasa tampil di media dan yang tampil di daerah.

Singkatnya, bagiku membuatkan album Under sedikit eksperimental. Jika hal ini dilakukan ke Keyaki dengan dualisme mereka tentu tidak masalah. Hanya saja Nogi sudah melakukan sistem yang, meski tidak bisa dikatakan adil, terbukti bisa berjalan selama 5 tahun ini. Tiba-tiba membuat hadiah seperti ini sedikit mengkhawatirkan.

Mengkhawatirkan dalam hal? Well, in few words, kestabilan sistem, ambisi senbatsu, prestise, semua ini dalam jangka panjang tapi aku sudah mengatakan hal seperti ini saat Maimai mendapatkan center di single terakhirnya; it could be a habitMindset seperti “jika berhasil, lanjutkan” atau “jika gagal sekali berikutnya pasti berhasil” ini bisa berbelok ke arah yang salah.

Road signs - 'One way' and 'Or another'.

Yang terlintas di kepalaku saat mendengar Under Album adalah hal ini akan dijadikan blueprint untuk dualisme Keyaki. Bukan hal mengejutkan mengingat sebelumnya juga pernah seperti itu. Under Album akan seperti misi Juno untuk kita. Menelusuri potensi Under sebisa mungkin, membuat mereka lebih dilirik.

Atau sebaliknya, bisa jadi tidak mendapat apa-apa selain kekecewaan. Under memang obyek yang menarik secara keseluruhan, dan album adalah hadiah diluar impian. Hal semacam ini baru pertama kali karena aku yakin di grup sebelah pun hal semacam ini tidak pernah kejadian. CMIIW.

Under Album ini bisa menjadi dua sisi Jupiter, di satu sisi fascinating sebagai miniatur solar system, di sisi lain radiasinya begitu berbahaya. Well, ini adalah pendapat subyektif dariku, ada pendapat lain tentang album ini, tulis saja. Open discussion, share your thoughts. Karena aku belum melihat ada yang membahas serius tentang hal ini sebelumnya.

All images used is credited to it’s respective owners

Advertisements

55 Comments

  1. Prediksi Ane, Formula Tracklist Under Album Nantinya Bakal Sama Kayak Nogi Album. Kompilasi Lagu Lama + Beberapa Lagu Baru + Video Sedih 😀

    Sebenarnya Ane Juga Pengen Lagu Under Yang Masih Belum Ada MV Dibikinin MV Dan Dimasukkan Di Under Album Sebagai Gimmicknya…..
    Karena Kalo Musti Nunggu MV Collection Part 2 Kayaknya Kelamaan….

    Like

    1. Komen Ane Tentang Tracklist Ini Secara Tidak Langsung Udah Ngejawab Pertanyaan Agan Tentang Nilai Prestise Senbatsu 🙂
      Yap, Hirarki Senbatsu – Under Gk Akan Berubah Karena Ini Cuma “Kompilasi” Lagu Lama + Beberapa Lagu Baru. Namanya Kompilasi Ya Musti Nunggu Berapa Single Baru Bisa Rilis Dan Hal Itu Tentu Saja Gk Bakal Mengendorkan Keinginan Member Under Untuk Jadi Senbatsu…..
      Intinya, Member Under Emang Naik Kelas Tapi Itu Juga Karena Senbatsu Naik Kelas. Ibarat Kata Sekarang Senbatsu Sama Under Kapasitas Mesinnya Sama2 Naik Dari 800cc Ke 1000cc Tapi Yang Satu Repsol Honda Yang Satu Lagi Suzuki Ecstar 😀

      Jiyuu No Kanata, Kimi Ga Aoi De Kureta….
      Lagu Unitnya Anak Under Macam Border Dan Yokubo No Reincarnation Juga Dapet MV….

      Like

    2. Untuk gampangnya, ini semua karena uang dan gak ada udang di balik batu gitu ya?
      Entah kenapa ane masih negative thinking soal ini semua, mungkin cuma perasaan aja, semoga.

      Yah, kalau itu karena di album kan. Kirain yang dari single 😀
      Kalau yang mirip Border bakal ada kan, tuh Gen 2 mau dapet MV sendiri 😀

      Like

    3. “Kalau yang mirip Border bakal ada kan, tuh Gen 2 mau dapet MV sendiri ” << Mirip Bukan Berarti Sama Gan..
      Btw Lagu Yang Menang Voting Dan Dapat MV Di MV Collection Part 1 Itu Kanashimi no Wasurekata Sama Apa Ya?? Lupa Ane…

      Like

  2. Mungkin akan ada member monster yang ‘dipaksa’ pindah ke under,sebagai pelipur lara dikasihlah album biar gak sedih2 amat,karena under,seberapa besar pun,tetap saja under,,,
    Tapi yah,tunggu minggu depan jelasnya ya,,

    Himetan udah comeback belum?atau jangan2 kejadian lagi,himetan comeback buat grad,sebagai center under,dikasih album under dah,alih2 center di senbatsu

    #Himukoforcenter 😆😆😆😆😆😆😆

    Like

    1. Kalau dibilang “monster” mungkin enggak juga, soalnya member 30-slot banyak yang “anak asli” Under.

      Hime udah kembali, dia ikut HS di Umaretekara kok.
      Kalau grad, Hime emang lagi banyak dibilang bakal grad. Masih spekulasi tapi gak ada yang “iya” banget sih dari ini, soalnya yang dijabarin juga udah cukup sering kejadian.

      Like

  3. Juno. 🙂

    Apa ini strategi mnjmn, buat tutup biaya yg dipake untuk sewa Tokyo Dome?
    Kalo khawatir akan hilangnya eksklusivitas, ane rasa nggak akan ada. Ini cuma album, bukan single.
    Yg jelas ane seneng, karena sebagian besar lagu Nogi favorit ane adalah lagu Under. XD

    Like

    1. Jangan keinget film itu 😀

      Sounds likely, but also unlikely 😀

      Ane harap enggak akan hilang, prestise senbatsu emang sedikit bullshit dalam setahun terakhir tapi ane harap enggak ngerubah hirarki. Eksperimental banget sih ini.

      Like

  4. Hmmm ane cuma bisa bilang, “Ga ada penawaran kalau ga ada permintaan.”

    Cuma kalau panjang lebar, ini bisa tl:dr. Jadi bs lah dibahas satu-satu atau di lain kesempatan.

    Like

  5. Hadeh, bahas yg berat lagi TT

    Yg jadi pertanyaan, klo nanti penjualannya sukses, ini hanya sekali ini, atau bakal jadi trend baru LLC untuk meraup keuntungan? 😀

    Ane rasa meski under rilis album dan akhir2 ini under jg bnyak dpt job solo, “hasrat senbatsu” tetep ada krna dimata ane hanya level antara snebatsu sama under yg skrng gk jauh berbeda, klo soal kelas teetp senabtsu paling tinggi.
    *) tolong jgn tanya ane apa beda “level” sama “kelas” yg ane maksid disini, ini hanya biar komen ane terliat berisi aja, ntah berhasil atau enggak 😀

    Untuk saat ini, ane hanya ingin mnikmati kebahagiaan Uder yg semkin diperhatikan(?) LLC 😀

    Like

    1. Bentar lagi ane bahas TWICE kok pak, lagi demen sama TT kayanya 😀

      Itu yang ane khawatirkan, bisa jadi kebiasaan. Duit, aduh duit.

      Bahasa ente ajaib, tapi yang lebih ajaib ane bisa paham 😀
      Tapi dari kata2 ente, yang ane sedikit kontra itu dari mana member masih punya hasrat senbatsu? Kalau di Under pun udah terjamin.

      Alah, bilang aja ngarep Miria gak naik ke senbatsu biar menang banyak 😀

      Like

    2. Hahaha, habis gk tau sih emot nangis di WP pake apaan 😀

      enaknya gmn? hanya sekali ini, setahun sekali, 2 tahun sekali, atau gmn? 😀

      Puja bahasa ajaib, lulululuulululululu 😀
      Ane anggap terjamin ini soal job dan pendapatan ya,
      Ntah pas gunain perumpamaan ini atau enggak, ya sama aja kyk moto gp, baik moto gp atau moto2 atau moto3 sama2 terjamin (alias dibayar dsb), diliput media balapannya, nge-gas di sirkuit yg sama, tpi tetep ada nilai gengsi, kebangaan kan klo dah naek ke “kelas para raja”, nah mungkin ini jg gitu, Under boleh terjamin, dpt job, tpi yg namanya gengsi “kelas” pasti ada, kyk kta agan Kid diatas “karena under,seberapa besar pun,tetap saja under,,,”
      *) ngebul kpla ane 😀

      kalau soal Miria, galau ane, pengen dia naek atau bertahan dan ditempa lagi 😀

      Like

    3. Bilang aja mulai ngefans 😀

      Sekali seumur hidup. Udah cukup.

      Itu pendapat fans, oke mayoritas termasuk ane bisa bilang gitu juga. Tapi gimana dengan member? Karin aja udah mondar2 di TV, kemarin liburan pake Disney Cruise. Aachan & Kotoko makin laris jadi builder & agen intelejen. Junna lagi in di stage play. Miria sama Renachi posisinya cuma kuat di fandom, kalau gak senbatsu, mereka gak bakal dilirik.

      Ditempa lagi? Gembel, palingan alasannya karena “mendingan jadi Under center dapet album” 😀

      Like

    4. Gmn mau mulai ngefns, ada orng yg janji mau aksih link HD tpi sampe skrng ntah kmn larinya tuh orng? gk dikaish2 link nya 😀

      Mak, klo gitu pait pait pait x 😀

      Iya muncul di tipi, tpi blum di acar2 tipi bergengsi kan, misalnya lah kyk MSte, blum lagi klo ngitungin CM, dah snbtaus aja blum tntu sering nongol di tipi krn didalam snbatu masih ada klompok kecil lgi, fukujin
      Dan rata2 job yg didapet under lebih ke individu atau duo atau trio, klo dah puas sm job sprti itu alias bukan tmpil di tipi / cm sebagai sebuah grup, kyknya grad lebih menguntungkan 😀
      Ane berpikir positif aja, kelas “senbatsu” masih jd impian stiap member, lebih2 impian masuk fukujin. tampil di acara2 besar pasti lebih membuka jalan utk kehiudpan masa depan yg lebih baik, setidaknya bgitulah 😀

      Hahahahahahahaha, soalnya gk ad jaminan Miria mausk snbatsu trus di tempatin baris kedua lebih2 front row, klo dibaris 3, dia tuh mungil, repot ntar mata ane cari keberadaan dia di MV atau pas perform, klo di under kan kmungkinan front row dianya 😀

      Like

    5. Kan bilangnya kalau nemu. Kan gak nemu mau gimana coba 😀

      Mau diterusin juga gak jelas. Album ini sukses bisa lanjut, gak sukses pun masih bisa lanjut.

      Ane harus bilang, wide show gak kalah dari golden show dari segi menarik enggaknya buat penonton. Ini semua balik lagi ke mindset member sih.
      Ane harus bertolak belakang sama ungkapan terakhir ini karena contohnya udah banyak sih ya.

      Tuh kan, pake alasan yang inilah itulah, ujung2nya juga jelas kenapa pengen Miria di Under terus 😀

      Like

    6. Ah gk hebat brrti cara berburu link ente, msaka gk dapet 😀

      Hahahahaha

      Ya sih cuma ya pda akhirnya (halah), “hasrat senabstu” itu pasti maish ada disetipa jiwa2 Under *lebay banget bahasanya 😀

      “…pengen Miria di Under terus”
      gk pake kata ‘terus’ jg x pak, tega amat ane berhrap Miria under selamanya 😀

      Like

    7. Emang ente punya? 😀

      Hasrat senbatsu harus terus ada, kalau hasrat buruk bolehlah dimatiin 😀

      Under selamanya=gak lebih jelek dari banyak senbatsu tapi gak pernah Fukujin. 😀

      Like

    8. Masalahnya twice bukan target buruan ane, jadi ane gk berburu = gk punya, ane cuma nunggu hasil buruan seseorng 😀

      Jgn komen kyk gini ke ane, komen kyk gini tuh ke hatake kakashi 😀

      Ya klo under slamanya jg blum ada jaminan Miria front row mulu klo ntar gen-3 dah beraksi 😀

      Like

    9. Nunggu dipancing doang, halah 😀

      Lagi latihan chidori kayanya, udah agak lama gak komen 😀

      Terus ente maunya gimana dong sekarang? Miria naik gak ke senbatsu? 😀

      Like

    10. Bukan nungguin dipancing, tpi lagi nunggu janji yg nth kpn direalisasikan 😀

      cie cie cie, kangen ya 😀

      Kan an dah bilang, ane galau, tpi utk kali ini aja, inget! kali ini aja, jgn lagi bilang “pengen Miria di under terus” lgi 😀

      Like

    11. Sehabis pengumuman senbatsu 18th 😀

      Gak ada yang bisa dibully 😀

      Iya aja lah, iya 😀
      Miria cuma butuh mancing lagi biar posisi di senbatsu terjamin 😀

      Like

    12. “Sehabis pengumuman senbatsu 18th” <- in mksdunya apa? janji baru lagi? 😀

      Ane kira cuma ane satu2nya sosok yg di bully, ternyata ada juga yg senasib 😀

      Mancing siapa dan apa? 😀

      Like

    13. Deadline minggu depan artikel TWICE, karena besok ada senbatsu mungkin ane bakal nulis soal itu dulu, terus TWICE.

      Jangan merasa jadi yang paling apes gitu lah 😀

      Mancing fans, lewat foto “mancing” 😀

      Like

    14. Cuma soal link ane harus nunggu sampe jamuran? Yasudahlah 😀

      Disini kan ane emng selalu apes, untung ane sabar dan tawakal 😀

      Miria masih blum cukup umur, dah ane kasih srn jgn mancing dengan foto yg mancing 😀

      Like

    15. Kalau hari ini gak ada pengumuman senbatsu, ya ane rilis besok pak 😀

      Iya aja lah, percaya kok. Iya percaya, yakinlah. 😀

      ANe liat foto di blognya masih menjurus tuh, emang dasar anggota MRG 😀

      Like

    16. Ya sduahlah, ane harus ikhlas menjalani penantian pnjang ini 😀

      Good, pasti ini pegaruh lord KTK 😀

      Masak sih, mancingan mana dgn Yumi yg selalu pasang ekspresi muka memancing? 😀

      Like

    17. Tengah minggu pasti rilis kok 😀
      Siap2 kena pancing 😀

      Kotoko strikes again! 😀

      Ente yang kepancing? Kalau iya ane tangkap dan goreng sekalian terus kasih kucing 😎

      Like

    18. Yg penting link HD perform nya dulu, link HD nya dulu 😀

      Selalu melibatkan KTK dlm sgl aktivitas hidup, itulah salah satu ajarn lord KTK 😀

      Klo ane sih enggak kepancing meski Yumi berusaha keras buat mancing ane 😀

      Like

    19. Yg ane tunggu itu link nya, bukan tgl maennya 😀

      Hahaha, ini buka soal kepercyaan sprti itu, jd gk perlu khawatir ada label hram 😀

      Dan kmarin giliran si Aka yg mancing pake gmbar yg pake sensor2 sgla,
      dasar kluarga tukang pancing 😀

      Like

    20. Mudaha2an ente bukan tipikal politikus yg skedar umbar janji tnpa bukti 😀

      KTK 😀

      Bukan stalking, lp emng ada yg share jd mau gmn lagi 😀

      Like

    21. Ntar klo ad ayg kena virus twice, ente jgn mrah2 ya, kan ente yg sebarin 😀

      😀

      Dah srigala, karbitan lagi, level paling hina wak *pose TT 😀

      Like

    22. Loh, kalau kena ya oke, asal jangan sama satu member, udah ane klaim 😀

      Tumben gak ngebantah, akhirnya menerima kenyataan kalau situ serigala? 😀

      Like

    23. “Udah ane klaim” emng selama ini hal sperti itu dipatuhi srigala??? 😀

      Ane gk ngebantah tpi gk meng-iyakan jg kan? ane cuma ngebayangin, dah dikatain srigala, karbitan pla *pose TT 😀

      Like

    24. Ngebicarain pengalam ane sndiri tepatnya, pngalam bini2 n adek2 ane yg dah ane klaim tpi tetep aja diganggu srigala karbitan 😀

      Udah, cuma janji ente blum ditunaikan 😀

      Like

    25. Nah, berarti di TWICE gak boleh ngeliat Sana, udah ane klaim. Kan ente bukan serigala 😀

      Makanya diliat dulu pak, main gak ada aja 😀

      Like

    26. Diliat boleh lah, klo gk diliat gmn ane baca postingan ente pak, yg gk boleh itu di klaim 😎

      Emng gk ada kan

      Like

  6. Hmmm ane setuju soal keinginan masuk senbatsu kemungkinan menurun, karena di under juga bisa dapet individual job (contoh terbaru my love junna). Dan dgn adanya album under ini, under lbh ‘menguntungkan’ krn di umareta under dapet jatah juga. Kesimpulannya ane seneng dgn adanya album ini, tapi cukup sesekali under dpt hadiah kya gini 🙂 🙂

    Like

    1. Buat ane Under Album ini simalakama, kalau belok ke arah yang salah bisa destruktif. Kesannya lebay ya? Tapi ini karena ane lebih khawatir sama hirarki dan lain-lain, termasuk jangka panjangnya dan mindset fans juga.

      Like

  7. om request dong bahas nogi 3rd sama hiragana keyaki, bukan membandingkan sih, tapi seperti review aja ane pengen tau sudut pandang ente sebagai sesepuh wkwk

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s